P. 1
Fungsi Dalam Excel

Fungsi Dalam Excel

|Views: 54|Likes:
Published by Vrey05
Belajar Excel
Belajar Excel

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Vrey05 on May 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2013

pdf

text

original

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

EXCEL

Disusun oleh:

Tini Kuslaeni, S.Kom STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

Tini Kuslaeni, S.Kom

1

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

EXCEL
Microsoft Excel adalah sebuah perangkat lunak pengolah angka –yaitu perangkat lunak yang dipergunakan untuk mengolah data yang berupa angka seperti table, pembuatan laporan, pengolahan database sederhana, kalkulasi, juga pembuatan bagain atau grafik- yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. Salah satu kelebihan dari Microsoft Excel adalah dalam penyediaan fungsi yang sangat komplek, yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang berkaitan dengan perhitungan beberapa fungsi yang digunakan dalam aplikasi pada modul ini adalah sebagai berikut: CARA MEMULAI MICROSOFT EXCEL 1. Klik tombol Start 2. Klik All Programs 3. Klik Microsoft Office 4. Klik Microsoft Office Excel 2003. Tampilan di layar adalah sebagai berikut:

Tini Kuslaeni, S.Kom

2

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG Bentuk tampilan Microsoft Excel adalah sebagai berikut:

Keterangan Gambar: a. Workbook b. Worksheet : file yang merupakan suatu buku kerja dalam Excel. Pada saat Excel dibuka akan ditampilkan file Workbook dengan nama book1 : lembar kerja yang terdapat di dalam Workbook yang terdiri dari lajur kolom dan baris. Jumlah kolomnya ada 256 diberi tanda kolom A, B, C, . . ., Z, AA, AB, . . ., IV. Sedangkan jumlah barisnya ada 65536. c. Title Bar d. Menu Bar e. Toolbar : baris judul yang digunakan sebagai identitas file yang aktif. : Tampilan menu-menu yang ada dalam Microsoft Excel. : Merupakan ringkasan dari sejumlah perintah. Beberapa perintah pada menu dapat diwakili oleh satu toolbar. Sebuah toolbar biasanya diwakili oleh gambar, maka penggunaan tollbar disamping lebih efisien juga lebih komunikatif dan menarik. f. Formula Bar g. Alamat Kolom h. Alamat Baris i. Name Box : baris yang digunakan untuk mengetik dan mengetahui formaula/rumus dari suatu proses. : judul/identitas kolom mulai dari A sampai IV (256 kolom) : judul/identitas kolom mulai dari 1 sampai 35536 : menunjukkan alamat cell aktif.

Tini Kuslaeni, S.Kom

3

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG j. Task pane : task pane atau jendela tugas adalah fasilitas baru Microsoft Excel. Pada jendela tugas ini tersedia beberapa fasilitas yang dapat digunakan dengan cepat dan mudah. Task pane biasanya ditampilkan saat Excel pertama kali dibuka. k. Gridline l. Cell : garis Bantu. : satuan terkecil dari suatu worksheet. layar ke kiri dan ke kanan) n. Scroll bar Vertical Tampilan Pointer Di dalam Excel tampilan kursor / pointer ada tiga, yaitu: 1. Tanda plus putih digunakan untuk menyeleksi / memblok cell. 2. Tanda plus hitam digunakan untuk menyalin / mengopi cell. 3. Tanda panah dengan 4 arah, digunakan untuk memindah cell Operator Hitung Operasi hitung yang sering dipakai dalam aplikasi Microsoft Excel antara lain: OPERATOR + (plus) - (minus) * (Asterik) / (Back Slash) ^ (Caret) = (Equal) Mengatur Bingkai 1. Menggunakan Ikon a. Klik / blok cell yang akan diformat / diatur b. Kik tanda panah pada ikon 2. Menggunakan menu Format a. Klik / blok cell yang akan diformat / diatur b. Kik Format, Cells, tab Border c. Lakukan perubahan sesuai dengan yang diinginkan dan diakhiri dengan OK Perhatikan tampilan kotak dialog Format Cells di bawah ini: Tini Kuslaeni, S.Kom 4 di formatting toolbar CONTOH Addition (1+2) Substraction (2-1) Negation (-1) Multiplication (1*2) Division (2/1) Exponentiation (2^3) Formula ARTI Penjumlahan Pengurangan Negatif Perkalian Pembagian Perpangkatan Awal Rumus : untuk menampilkan dokumen yang panjang ke bawah. (menggulung layar ke atas dan ke bawah)

m. Scroll bar Horizontal : untuk menampilkan dokumen yang melebar ke samping. (menggulung

c. Pilih model bingkai yang diinginkan, atau

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

Fungsi-fungsi yang umum dipakai pada Microxoft Excel 1. SUM Fungsi SUM ini digunakan untuk menjumlahkan seluruh data angka (numerik) dari sederetan angka. Bentuk umum dari fungsi SUM adalah: =SUM(number1,number2,…) Atau =SUM(sel ke-1:sel ke-n) 2. AVERAGE Fungsi AVERAGE ini berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari sederetan data angka (numeric). Bentuk umum dari fungsi AVERAGE adalah: =AVERAGE(number1,number2,…) Atau =AVERAGE(sel ke-1:sel ke-n) 3. MAX Fungsi MAX ini berfungsi untuk mencari nilai tertinggi dari sederetan data angka (numeric). Bentuk umum dari fungsi MAX adalah: =MAX(number1,number2,…) Atau =MAX(sel ke-1:sel ke-n) 4. MIN Fungsi MIN ini berfungsi untuk mencari nilai terendah / terkecil dari sederetan data angka (numeric). Bentuk umum dari fungsi MIN adalah: =MIN(number1,number2,…) Atau =MIN(sel ke-1:sel ke-n) CONTOH KASUS Tini Kuslaeni, S.Kom 5

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG KASUS 01 Daftar Upah Karyawan PT. Merpati Utama Sejahtera adalah sebuah penerbit dan percetakan, akan membuat laporan gaji karyawan untuk bulan Juni 2007. Laporan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Ketentuan: d. Bagian yang diarsir diisi dengan menggunakan formula atau rumus e. Upah kerja normal sebesar Rp. 7.500/jam f. Upah kerja lembur sebesar Rp. 10.000/jam g. Total upah Bruto adalah hasil jumlah antara Upah Kerja dan Upah Lembur. Gunakan fungsi SUM h. PPH (pajak) sebesar 10% dari Gaji yang diberikan pada seluruh upah Bruto karyawan i. Total Upah Netto adalah hasil pengurangan antara Total Upah Bruto dengan PPH j. Hitung Total Upah Seluruhnya dengan menggunakan fungsi SUM k. Hitung Rata-rata Upah Netto dengan menggunakan fungsi AVERAGE l. Hitung Nilai Tertinggi Upah Netto dengan menggunakan fungsi MAX m. Hitung Nilai Teendah Upah Netto dengan menggunakan fungsi MIN. Penyelesaian: Untuk menyelesaikan kasus tersebut di atas, gunakan rumus atau formula berikut ini:  Upah Kerja D6 =B6*7500  Upah Lembur E6 =C6*10000  Total Upah (Bruto) F6 =SUM(D6:E6)  Pajak 10% G6 = 10%*F6  Total Upah Netto H6 =F6-G6  Total Upah Seluruhnya H14 =SUM(H6:H13)  Rata-rata Upah Netto H15 =AVERAGE(H6:H13)  Nilai Tertinggi Upah Netto H16 =MAX(H6:H13)  Nilai Terendah Upah Netto H17 =MIN(H6:H13) Tini Kuslaeni, S.Kom 6

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG Hasil akhirnya akan terlihat seperti berikut:

LATIHAN 01 Faktur UD. Anugerah Sejahtera akan mengirimkan barang kepada PT. Setiawan Sentosa, sehingga diperlukan faktur penjualan terhadap barang tersebut. Buatlah faktur di bawah ini pada lembar kerja Microsoft excel!

Ketentuan: a. Bagian yang diarsir diisi dengan menggunakan formula atau rumus b. Jumlah Harga adalah hasil perkalian antara Jumlah dan Harga Satuan c. Hitung Subtotal untuk seluruh barang yang dibeli! d. Potongan (Pot.) diberikan sebesar 20% dari Subtotal e. Pajak (Ppn.) dikenakan sebesar 10% dari Subtotal f. Hitung Total Pembelian dari barang yang dibeli oleh konsumen!

Tini Kuslaeni, S.Kom

7

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG 5. COUNT Fungsi COUNT digunakan untuk menentukan berapa banyak data yang terdapat dalam range tertentu. Bentuk umum dari fungsi COUNT adalah: =COUNT (number1,number2,…) Atau =COUNT(sel ke-1:sel ke-n) Contoh

6. COUNT IF Fungsi COUNTIF ini digunakan untuk menentukan berapa banyak data yang terdapat pada range tertentu berdasarkan kriteria atau kondisi tertentu. Bentuk umum dari fungsi COUNTIF adalah: =COUNTIF (range,criteria)  Range : digunakan untuk menentukan range yang akan dievaluasi / diuji.  Criteria : digunakan untuk menentukan criteria atau kondisi tertentu yang akan dihitung. Kriteria ini dapat berupa huruf, angka, atau rumus. Contoh:

7. Fungsi SUMIF Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan seluruh data angka (numerik) dari sederetan angka khusus untuk angka yang memenuhi kondisi atau kriteria tertentu. Bentuk umum dari fungsi SUMIF adalah: =SUMIF (range,criteria,sum_range) • Range : digunakan untuk menentukan range yang akan dievaluasi atau diuji. Criteria : digunakan untuk menentukan kriteria atau kondisi tertentu yang akan dihitung. Kriteria ini dapat berupa huruf, angka, atau rumus. 8

Tini Kuslaeni, S.Kom

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG • Sum_range : digunakan untuk menentukan range data yang akan dijumlahkan atau dihitung.

Kasus 02 pada lembar kerja berikut akan dihitung jumlah keseluruhan dari masing-masing jenis barang yang terjual, yaitu jenis barang Mouse, Printer, CD-Rom, dan Keyboard.

8. Fungsi Logika IF Fungsi logika IF banyak berperan dalam menentukan scenario untuk menyelesaikan berbagai masalah. Fungsi IF mempunyai bentuk umum: =IF (tes logika,nilai jika benar,nilai jika salah) Fungsi logika IF ini menggunakan operator relasi =, <, >, <=, >=, dan <> dan juga menggunakan operator logika AND, OR, NOT. Misalnya sebagai berikut: ♦ Apabila nilai >= 60, maka dinyatakan LULUS ♦ Apabila nilai <= 60, maka dinyatakan GAGAL Maka penulisan rumus IFnya adalah: =IF(Nilai>=60,”LULUS”,”GAGAL”) Contoh:

8.1. Fungsi IF Bercabang Fungsi IF ini merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyelesaikan beberapa tes logika yang bertingkat. Kasus 03 Grade Nilai Siswa Pada lembar kerja sebelumnya ditambahkan ketentuan sebagai berikut: Nilai Ujian Huruf Keterangan 95 – 100 A Sangat Memuaskan 85 – 94 B Memuaskan 75 – 84 C Cukup 60 – 74 D Kurang <60 E Mengulang Tini Kuslaeni, S.Kom 9

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

Penyelesaian: Nilai Huruf pada sel D2, diisi dengan rumus: =IF(B2<60,”E”,IF(B2,<74,”D”,IF(B2<84,”C”,IF(B2<94,”B”,”A”)))) Predikat pada sel E2, diisi dengan rumus: =IF(B2<60,”Mengulang”,IF(B2,<74,”Kurang”,IF(B2<84,”Cukup”,IF(B2<94,”Memuask an”,”Sangat Memuaskan”)))) Hasil yang diinginkan:

8.2. Fungsi IF dengan Dua Tes Logika Fungsi IF ini menguji dua tes logika dengan menggunakan bentuk umum: A. Fungsi IF-AND =IF (AND(tes logika1,tes logika2),nilai jika benar,nilai jika salah) B. Fungsi IF-OR =IF (OR(tes logika1,tes logika2),nilai jika benar,nilai jika salah) Kasus 04 Tunjangan Istri Suatu perusahaan ingin memberikan Tunjangan Istri bagi karyawan laki-lakinya yang sudah menikah dengan ketentan: Tunjangan Istri diberikan sebesar Rp 150.000 bagi karyawan laki-laki yang sudah menikah.

Penyelesaian Tunjangan Istri pada sel D2 diisi dengan rumus: =IF(AND(B2=”L”;C2=”Kawin”)150000;0)

Tini Kuslaeni, S.Kom

10

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

LATIHAN 02 Perhitungan Gaji Karyawan CV. Dian Sejahtera akan mengadakan perhitungan gaji sehingga dapat diketahui berapa jumlah uang yang akan dibayarkan pada setiap karyawannya. Untuk menyelesaikan kasus tersebut, buatlah lembar kerja berikut!

Ketentuan: a. Status Perkawinan didapat dari Kode Status, yaitu apabila Kode Status K = Kawin, dan Kode Status T = Tidak. b. Jabatan Pegawai didapat dengan ketentuan:  Jika Kode Pegawai = “A”, maka Jabatannya adalah “Pimpinan”  Jika Kode Pegawai = “B”, maka Jabatannya adalah “Manager”  Jika Kode Pegawai = “C”, maka Jabatannya adalah “Staff”  Jika Kode Pegawai = “D”, maka Jabatannya adalah “Umum” c. Gaji Pokok didapat dengan ketentuan:  Jabatan Pimpinan sebesar Rp 3.500.000  Jabatan Manager sebesar Rp. 2.250.000  Jabatan Staff sebesar Rp. 1.000.000  Jabatan Umum sebesar Rp. 750.000 d. Tunjangan Jabatan hanya diberikan pada Jabatan Pimpinan dan Manager sebesar 3% dari Gaji Pokok e. Tunjangan Anak diberikan pada seluruh karyawan yang mempunyai anak, sebesar 5% dari Gaji Pokok (maksimal 2 anak). f. Hitung Gaji di Terima untuk setiap karyawan g. Hitung Total Pengeluaran perusahaan untuk membayar gaji karyawan. 9. Fungsi Text Fungsi tells yang banyak digunakan dalam aplikasi administrasi adalah:  =LEFT(data teks,jumlah karakter) Digunakan untuk mengambil karakter dari kiri  =RIGHT(data teks,jumlah karakter) Digunakan untuk mengambil karakter dari kanan  =MID(data teks,posisi awal karakter,jumlah karakter) Digunakan untuk mengambil karakter dari tengah  =VALUE(data teks) 11

Tini Kuslaeni, S.Kom

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG Merubah jenis data dari karakter/teks menjadi numeric/angka. Contoh:

Kasus 05: Biaya kursus di LPI SEJAHTERA

Ketentuan: Nomor Peserta terdiri dari: 00 301- L 01 Nomor urut peserta pendidikan Jenis Kelamin, L = Laki-laki dan P = Perempuan Nama Paket dan Biaya Pendidikan, Yaitu: 301 = Ms. Windows Biaya Rp 350.000 302 = Ms. Word Biaya Rp 500.000 303 = Ms. Excel Biaya Rp 650.000 Tahun Pendaftaran Jenis Kelamin pada sel C2 diisi dengan rumus: =IF(MID(A2,7,1)=”L”,”Laki-laki”,”Perempuan”) Nama Paket pada sel D2 diisi dengan rumus: =IF(MID(A2,3,3)=”301”,”Ms. Windows”, IF(MID(A2,3,3)=”302”,”Ms. Word”,”Ms. Excel”)) Biaya Pendidikan pada sel E2 diisi dengan rumus: =IF(MID(A2,3,3)=”301”,35000, IF(MID(A2,3,3)=”302”,500000,600000)) LATIHAN 03 Nilai Ujian dan Biaya Pendidikan LPI Sejahtera akan membuat daftar peserta yang telah mengikuti pendidikan pada bulan mei 2007, sehingga akan diketahui program studi, nilai rata-rata, nilai huruf, keterangan, dan biaya pendidikan yang telah diterima LPI Sejahtera. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, buatlah table pada lembar kerja Microsoft Excel seperti di bawah ini, lalu isilah bagian-bagian yang masih kosong dengan rumus yang sudah kalian pelajari!

Tini Kuslaeni, S.Kom

12

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

Ketentuan: 1. Nomor Siswa terdiri dari : AXX/YY di mana: A : Program Studi, yang terdiri dari: A : Komputer Administrasi K : Komputer Akuntansi S : Sekretaris XX : Jangka waktu semester yang digunakan dalam pembayaran, yaitu: 01 : Rp. 175.000 02 : Rp. 250.000 YY : Nomor urut siswa 2. Nilai Rata-rata didapat dari haisl rata-rata antara Nilai Mid dengan Nilai Akhir 3. Nilai Huruf ditentukan sebagai berikut:  Nilai Rata-rata <= 50 : E keterangan GAGAL  Nilai Rata-rata 50 - 65 : D keterangan MENGULANG  Nilai Rata-rata 65 - 75 : C keterangan LULUS  Nilai Rata-rata 75 - 90 : B keterangan LULUS  Nilai Rata-rata > 90 : A keterangan LULUS 4. Hitung seluruh total penerimaan LPI Sejahtera Tangerang untuk bulan Mei 2007 tersebut! 10. Fungsi Pembacaan Tabel Fungsi ini digunakan untuk membaca suatu tabel data. Fungsi ini terdiri dari:  =VLOOKUP(nilai kunci,tabel data,nomor indek kolom,jenis) Pembacaan tabel data yang disusun secara vertical.  =HLOOKUP(nilai kunci,tabel data,nomor indek baris,jenis) Pembacaan tabel data yang disusun secara horizontal.  =LOOKUP(nilai kunci,table pembacaan data) Pembacaan tabel data yang disusun baik secara vertikal maupun horizontal. Keterangan:  Nilai kunci : nilai / sel yang digunakan sebagai dasar pembacaan tabel.  Tabel data : range dari tabel data yang dibaca.  Nomor indek kolom : nomor urut yang menyatakan posisi kolom dalam suatu table yang dibaca. Dimulai dari 1.  Nomor indek baris : nomor urut yang menyatakan posisi baris dalam suatu table yang dibaca. Dimulai dari 1.  Jenis : Berisi TRUE (bila table data yang dibaca diurutkan secara menaik) dan FALSE(bila table data yang dibaca tidak diurutkan )

Tini Kuslaeni, S.Kom

13

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG

Kasus 06: Validitas soal di LPI SEJAHTERA Dimasukkan nilai-nilai siswa ke dalam sebuah table nilai pada Sheet UAS seperti table di bawah ini. Di mana nilai-nilai tersebut akan digunakan untuk menilai validitas dari soal yang digunakan oleh seorang guru. Note: Jawaban benar = 1, dan Jawaban Salah = 0.

Tini Kuslaeni, S.Kom

14

MODUL MEI semester VIII / STAI MUHAMMADIYAH TANGERANG Jumlah jawaban dari soal tersebut dimasukkan ke dalam sheet daya pembeda seperti tampak pada table di bawah ini. Isilah kolom BA dan BB dengan menggunakan fasilitas Hlookup seperti terlihat pada table di bawah ini!

Tini Kuslaeni, S.Kom

15

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->