P. 1
User Guide E-BPOM

User Guide E-BPOM

|Views: 9|Likes:

More info:

Published by: Nanda Pramudya Wardani on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2014

pdf

text

original

                                                     

USER GUIDE

APLIKASI E-LICENSING BPOM

Copyright © 2008. Badan Pengawas Obat dan Makanan

DAFTAR ISI

Daftar Isi .............................................................................. 1 Registrasi .............................................................................. 2 Penyetujuan Registrasi ........................................................... 8 Pengajuan Permohonan Ijin .................................................... 12 Pemeriksaan ......................................................................... 20 Tindak Lanjut ....................................................................... 25 Rekomendasi ........................................................................ 30 Webform NSW ...................................................................... 37

 

1

REGISTRASI

Tahap pertama pengajuan sertifikasi secara elektronik (E-Licensing) adalah sebagai berikut : Buka internet explorer, ketik http://e-bpom.pom.go.id/ akan tampil halaman muka (Homepage) dari aplikasi E-licensing BPOM.

Pilih Registrasi diperuntukkan bagi mereka (Perusahaan dan sejenisnya) yang baru akan mendaftarkan sebagai pelanggan. Tampilan halaman pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut :

 

2

Form Registrasi Calon Pelanggan BPOM ini terbagi menjadi 3 bagian form yaitu: - Informasi Tentang Perusahaan - Informasi Tentang Penanggung Jawab - Informasi Tentang Login langkah selanjutnya yaitu mengisikan form Register seperti gambar berikut ini :

 

3

Gudang   Nama perusahaan yang mengajukan permohonan Alamat perusahaan yang mengajukan Kota dimana perusahaan ini berada Kode Pos dari daerah perusahaan Nomor telepon perusahaan Nomo fax perusahaan Jenis usaha dari perusahaan Nomor Ijin Usaha dari perusahaan Tanggal Ijin Usaha dari perusahaan Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan Alamat NPWP Nomor Angka Pengenal Importir Alamat Gudang Perusahaan Nomor Telepon Gudang 4 .Informasi Tentang Perusahaan > Nama Perusahaan > Alamat > Kota > Kode Pos > Telepon > Faksimili > Jenis Usaha > No. Ijin Usaha > Tanggal Ijin > NPWP > Alamat NPWP > API/APIT > Alamat Gudang > Tlp.

seperti gambar berikut:   5 . klik tombol Preview untuk memeriksa isian form registrasi yang telah diisi tadi.Informasi Tentang Penanggung Jawab > Nama Nama penanggung jawab dari perusahaan yang mendaftar > Alamat > Telepon >Nomor Penugasan/SIK > Jabatan > Email Jabatan Penanggung Jawab Email penanggung jawab Alamat penanggung jawab Nomor telepon penanggung jawab Nomor Surat Penugasan atau Surat Izin Kerja Informasi Tentang Login > User Login > Password >Konfirmasi Password >Ditujukan ke Nama user yang digunakan untuk login Password Pelanggan untuk login Konfirmasi Password pelanggan Direktorat atau Balai yang dituju Setelah form register terisi lengkap.

Jika data yang diisikan sudah sesuai.   6 . langkah berikutnya klik tombol Daftar. maka data registrasi Anda akan diproses oleh administrator di BPOM.

Setelah itu pelanggan akan mendapatkan email konfirmasi sebagai berikut apabila registrasi telah di approve:   7 .

Berikut dijelaskan cara penggunaannya.id/ akan tampil form halaman muka sebagai berikut : Isikan userlogin dan password untuk login sebagai admin.go. buka internet explorer. Kemudian akan muncul tampilan halaman admin sebagai berikut.   8 .pom. kemudian klik Calon Pelanggan pada menu untuk melihat daftar calon pelanggan. lalu ketik url berikut http://e-bpom.PENYETUJUAN REGISTRASI Admin adalah petugas di lingkungan BPOM yang bertugas untuk menyetujui registrasi/pendaftaran dari perusahaan yang mengajukan permohonan.

Kemudian akan muncul tampilan daftar calon pelanggan sebagai berikut:   9 .

Pilih calon pelanggan baru yang akan disetujui atau di Approve selanjutnya pilih Approve Calon Pelanggan pada dropdown menu dan tekan Proses.   10 .

Pada Option Approve pilih Ya untuk mensetujui atau Tidak untuk tidak disetujui.   11 . Kemudian Klik Proses!. mengedit atau melihat data user dapat dilakukan di menu Daftar Pengguna. menghapus. pada halaman ini admin dapat memeriksa data isian yang telah diisi oleh calon pelanggan. untuk menambah.Kemudian akan muncul Data Permohonan Calon Pelanggan Baru sebagai berikut. Maka proses penyetujuan calon pelanggan menjadi pelanggan telah selesai dilakukan.

id/).pom.go. Masukan Userlogin dan Password dengan benar lalu klik Login.PENGAJUAN PERMOHONAN IJIN Setiap user yang telah diberi hak akses oleh administrator masing-masing maka dapat mengajukan permohonan ijin dalam aplikasi ini. adapun caranya sebagai berikut : Buka Homepage Aplikasi E-Licensing BPOM dari sisi pengguna/Customer/Pemohon (http://ebpom. Maka akan muncul tampilan User Area seperti dibawah ini:   12 . masuk ke halaman muka aplikasi lalu isikan login seperti ini.

Pada buku manual ini contohnya untuk membuat Surat Ijin Untuk komodisi Bahan Baku Obat. pada Menu klik Pilih Dokumen Baru kemudian piih jenis komoditinya. Setelah itu klik Hal.Untuk melakukan mengajukan ijin. Akan muncul tampilan untuk Penambahan Detil Produk sebagai berikut:   13 . Kemudian akan muncul form Surat Permohonan Ijin seperti gambar berikut: User kemudian mengisi dengan lengkap dan benar Form Surat Permohonan Ijin yang menerangkan data komoditi yang akan disertifikasi. Berikutnya.

klik Updload Detil Akan muncul tampilan updload dokumen CSV sebagai berikut:   14 . B. Kemudian tekan Simpan untuk menyimpan data produk tersebut.A. Memasukkan Detil Produk Menggunakan Dokumen CSV Untuk memasukkan detil produk menggunakan dokumen CSV. Memasukkan Detil Produk Menggunakan Form Entry Isikan Data produk tersebut secara lengkap.

Anda dapat mendownloadnya pada halaman Upload Dokumen CSV ini. untuk mencari file CSV yang akan diupload. Setelah itu klik tombol Open.Bila anda belum memiliki Template Dokumen CSV. Bila anda telah memilih file CSV yang akan di upload. Klik tombol Browse. akan muncul tampilan sebagai berikut:   15 .

Untuk memulai proses entry detil produk dari file CSV tersebut klik tombol Simpan. Kemudian akan muncul Confirmation Box seperti berikut ini: Produk akan masuk kedalam daftar. anda dapat menghapus atau mengedit data produk tersebut dengan memilihnya pada dropdown kemudian pilih Proses.   16 . Pilih Produk yang akan ditambahkan dokumen kemudian pilih Tambah Dokumen Produk dari menu dropdown dan pilih Proses. untuk menambahkan dokumen produk. Setiap produk tersebut harus dilengkapi dengan Dokumen Produk.

Untuk menambahkan dokumen pelangkap tersebut. kemudian tekan simpan untuk menyimpan Dokumen Produk.Akan muncul tampilan/form penambahan dokumen produk seperti berikut: Isikan form penambahan produk tersebut. Untuk melanjutkan proses selanjutnya. Surat permohanan ijin harus dilengkapi Dokumen Pelangkan seperti BL/AWB dan Invoice. klik Dokumen Pelengkap. Akan Muncul tampilan/form Penambahan Dokumen Pelengkap seperti berikut:   17 .

Isikan form tersebut. Akan muncul tampilan sebagai berikut: untuk   18 . Setelah mengisi semua data yang dibutuhkan. Klik tombol memeriksa isian Surat Permohonan Ijin tersebut. kemudian tekan Simpan untuk menyimpan dokumen pelengkap tersebut.

Anda harus melengkapi data-data tersebut. Klik untuk melengkapi data. Klik tombol mengirimkan data tersebut. Bila semua data telah diisi dengan lengkap. untuk   19 .Bila terdapat kekuarangan data yang mandatory. langkah selanjutnya adalah mengirimkan data tersebut untuk dilakukan proses selanjutnya oleh BPOM. akan muncul tampilan sebagai berikut: Untuk mengirimkan data.

masuk ke halaman muka aplikasi seperti ini.id/).go. Maka akan Anda akan masuk ke halaman Pemeriksa seperti dibawah ini.bpom.PEMERIKSAAN Data Aplikasi yang diajukan User yang telah masuk ke BPOM harus diperiksa terlebih dahulu oleh Pemeriksa.   20 . untuk kelengkapan data dan sebagainya. Masukan Userlogin dan Password untuk Pemeriksa dengan benar lalu klik Login. Adapun tahapan pemeriksaanya adalah sebagai berikut: Buka Homepage Aplikasi E-Licensing BPOM dari sisi Pemeriksa (http://e-bpom.

Akan muncul daftar data yang belum diperiksa yang dikirimkan oleh perusahaan. Klik menu Belum Diperiksa yang ada di menu Inbox.Untuk melakukan pemeriksaan data-data yang telah dikirimkan oleh Perusahaan. Seperti berikut ini:   21 .

Pilih data yang akan diperiksa Kemudian pilih Lihat Data pada dropdown menu dan klik Proses Akan muncul tampilan View Persetujuan untuk memeriksa data-data yang telah dikirimkan oleh perusahaan seperti berikut ini:   22 .Untuk melakukan pemeriksaan.

Atau bila Anda ingin mencetak Draft Surat Keterangan klik tombol Preview. Anda dapat memberikan catatan pada lembar tersebut. klik tombol Lengkap.Jika data-data tersebut telah sesuai dengan ketentuan. Kemudian akan muncul lembar Penerimaan Dokumen seperti berikut. setelah itu klik Selesai:   23 . jika tidak klik tombol Tidak Lengkap (Data akan dikembalikan ke perusahaan).

Maka Pemeriksaan Surat Permohonan Ijin tersebut telah selesai dilakukan dan selanjutnya untuk dilakukan langkah penindak lanjutan.   24 .

go. Kemudian masukkan userlogin dan password tindak lanjut untuk melakukan tindak lanjut.id/). Untuk melakukan tindak lanjut Buka Homepage Aplikasi E-Licensing BPOM (http://ebpom.   25 . langkah berikutnya yaitu dilakukan Penindak Lanjutan. Maka akan muncul Menu Tindak Lanjut seperti dibawah ini. masuk ke halaman depan aplikasi seperti ini.TINDAK LANJUT Setelah data diperiksa oleh Pemeriksa.pom.

Seperti berikut ini:   26 . Akan muncul daftar data yang belum ditindak lanjut.Lalu klik Belum Ditindak Lanjut pada menu untuk melakukan tindak lanjut yang ada di menu inbox.

Kemudian pilih Lihat Data pada dropdown menu dan klik Proses Akan muncul tampilan View Persetujuan untuk ditindak lanjut data-data yang telah dikirimkan oleh perusahaan seperti berikut ini:   27 . Pilih data yang akan ditindak lanjut.Untuk melakukan tindak lanjut.

setelah itu klik Selesai:   28 . Kemudian akan muncul lembar Penerimaan Dokumen seperti berikut. Anda dapat memberikan catatan pada lembar tersebut. klik tombol Ditindak Lanjut.Jika data-data tersebut telah sesuai dengan ketentuan. Bila tidak klik tombol Tidak Ditindak Lanjut (data akan dikembalikan ke pemeriksa) Atau bila Anda ingin mencetak Draft Surat Keterangan klik tombol Preview.

Maka Penindak Lanjutan Surat Permohonan Ijin tersebut telah selesai dilakukan dan untuk selanjutnya dilakukan langkah rekomendasi.   29 .

pom. Kemudian masukkan userlogin dan password perekomendasi untuk melakukan rekomendasi.id/).   30 .REKOMENDASI Setelah data Ditindak Lanjut oleh Penindak Lanjut. masuk ke halaman depan aplikasi seperti ini. Maka akan muncul Menu Rekomendasi seperti dibawah ini. langkah berikutnya yaitu dilakukan Rekomendasi. Untuk melakukan rekomendasi Buka Homepage Aplikasi E-Licensing BPOM (http://e-bpom.go.

Lalu klik Belum Rekomendasi pada menu inbox untuk melakukan tindak lanjut. Akan muncul daftar data yang belum direkomendasi. Seperti berikut ini:   31 .

Pilih data yang akan direkomendasi. Kemudian pilih Lihat Data pada dropdown menu dan klik Proses Akan muncul tampilan View Persetujuan untuk direkomendasi data-data yang telah dikirimkan oleh perusahaan seperti berikut ini:   32 .Untuk melakukan rekomendasi.

Anda dapat memberikan catatan pada lembar tersebut.Jika data-data tersebut telah sesuai dengan ketentuan. klik tombol Rekomendasi. Bila tidak klik tombol Tidak Direkomendasi (data akan dikembalikan ke penindak lanjut) Atau bila Anda ingin mencetak Draft Surat Keterangan klik tombol Preview. Kemudian akan muncul lembar Penerimaan Dokumen seperti berikut. setelah itu klik Selesai:   33 .

klik menu Rekomendasi Selesai yang ada di menu inbox. Masih login sebagai perekomendasi. Akan tampil data-data yang telah direkomendasi seperti berikut ini:   34 .Maka Rekomendasi Surat Permohonan Ijin tersebut sekaligus pengiriman data ke NSW telah selesai dilakukan dan untuk selanjutnya dilakukan langkah pencetakan Surat Keterangan Impor.

Akan muncul Preview Surat Keterangan Impor sebagai berikut:   35 . Kemudian pilih Cetak Data pada menu drop down.Untuk mencetak data. kemudian klik tombol Proses. Pilih data yang akan dicetak.

Setelah itu maka proses perijinan telah   36 .Untuk mencetak klik tombol selesai dilakukan. yang ada di menu bar.

Pada halaman depan aplikasi e-Licensing BPOM. kemudian akan muncul tampilan halaman web form NSW sebagai berikut:   37 . Pada menu admin pilih Webform NSW. ikuti langkah berikut ini: 1.WEBFORM NSW Fasilitas web form digunakan untuk mengirimkan data ke NSW bagi anda yang telah memiliki Surat  Keterangan Impor secara manual.  Untuk cara penggunaan Web Form. Kemudian akan muncul halaman admin sebagai berikut: 3. login sebagai admin. 2.

Isikan form header permohonan ijin tersebut sesuai dengan SKI yang telah dikeluarkan. untuk melanjutkan proses pengisian webform tersebut. Akan muncul halaman/form isian untuk mengisikan detil dan dokumen produk sebagai berikut:   38 . Setelah Anda mengisi dengan lengkap form tersebut klik tombol Halaman Selanjutnya. 5.4.

Untuk menyimpan detil produk yang telah Anda isikan tersebut. Detil produk tersebut akan masuk ke dalam list. Klik tombol Simpan. kemudian klik tombol Proses.   39 .Isikan form isian detil produk tersebut secara lengkap. Anda dapat menghapus detil tersebut dengan memilih Hapus Data pada dropdown menu.

  40 .6. maka pada list data yang ada akan berstatus Terkirim. 7. untuk melakukan perbaikan klik tombol Edit. maka Anda dapat mengirimkan data tersebut ke NSW. Jika masih terdapat kekurangan pada data isian. Akan muncul halaman untuk memeriksa isian webform tersebut. Untuk mengirimkan data ke NSW. Klik tombol Kirim. Jika data tersebut berhasil dikirimkan ke NSW. klik tombol Preview. 8. Setelah mengisikan web form tersebut dengan lengkap. Jika data isian tersebut telah diisikan dengan benar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->