P. 1
Hakikat Belajar Dan Pembelajaran

Hakikat Belajar Dan Pembelajaran

|Views: 30|Likes:
Published by irfanjps

More info:

Published by: irfanjps on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2014

pdf

text

original

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Tim Dosen Belajar dan Pembelajaran PKn

Apakah kegiatan ini termasuk belajar?
• • • Andi tadinya tidak dapat berbahasa Inggris sekarang mahir berbahasa Inggris. Bayi yang tadinya tidak dapat tengkurep lalu dapat tengkurep Doni secara kebetulan dapat memperbaiki barang elektronik tetapi ketika harus mengerjakan hal yang sama dalam waktu yang berbeda menemui kesulitan.

CIRI-CIRI BELAJAR
• • Aktifitas yang dapat menghasilkan perubahan dalam diri seseorang baik secara actual dan potensial. Perubahan yang didapat sesungguhnya adalah kemampuan yang baru dan ditempuh dalam jangka waktu yang lama. Perubahan terjadi karena ada usaha dari dalam diri setiap individu.

HAKIKAT BELAJAR
• Gagne (1977): Belajar sebagai suatu proses perubahan tingkah laku yang meliputi perubahan kecenderungan manusia seperti sikap, minat, atau nilai dan perubahan kemampuannya yakni peningkatan kemampuan untuk melakukan berbagai jenis performance (kinerja). • Sunaryo (1989:1): Belajar adalah suatu kegiatan dimana seseorang membuat atau menghasilkan suatu perubahan tingkah laku yang ada pada dirinya dalam pengetahuan, sikap dan ketrampilan.

HAKIKAT PEMBELAJARAN
• Pembelajaran: suatu sistem atau proses membelajarkan subjek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar subjek didik/pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Pembelajaran sebagai sistem
• pembelajaran terdiri dari sejumlah komponen yang terorganisir antara lain tujuan pembelajaran , materi pembelajaran , strategi dan metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga , pengorganisasian kelas, evaluasi pembelajaran, dan tindak lanjut pembelajaran (remedial dan pengayaan).

Pembelajaran sebagai proses
Pembelajaran merupakan rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belaja, meliputi: • Persiapan, merencanakan program pengajaran tahunan, semester, dan penyusunan persiapan mengajar (lesson plan) dan penyiapan perangkat kelengkapannya antara lain alat peraga, dan alat evaluasi, buku atau media cetak lainnya. • Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan mengacu pada persiapan pembelajaran yang telah dibuatnya. Banyak dipengaruhi oleh pendekatan atau strategi dan metodemetode pembelajaran yang telah dipilih dan dirancang penerapannya, serta filosofi kerja dan komitmen guru , persepsi, dan sikapnya terhadap siswa; • Menindaklanjuti pembelajaran yang telah dikelolanya. Kegiatan pasca pembelajaran ini dapat berbentuk enrichment (pengayaan), dapat pula berupa pemberian layanan remedial teaching bagi siswa yang berkesulitan belajar.

Keterkaitan Belajar dan Pembelajaran
ENVIRONMENTAL INPUT

RAW INPUT

LEARNING TEACHING PROCESS

OUTPUT

INSTRUMENTA L INPUT

FAKTOR PENDUKUNG PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
LINGKUNGAN
LUAR
ALAM SOSIAL BUDAYA

INSTRUMEN

KURIKULUM PROGRAM SARANA GURU

FAKTOR BELAJAR SISWA

FISIOLOGIS

FISOLOGIS UMUM PANCA INDERA

DALAM

PSIKOLOGI

MINAT KECERDASAN MINAT MOTIVASI KOGNITIF

TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Teori Belajar Behavioristik Teori Belajar Kognitif Teori Belajar Konstruktivistik Teori Belajar Humanistik Teori Belajar Sibernetik Teori Belajar Revolusi-Sosio-Kultural Teori Kecerdasan Ganda

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->