PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN

Kelompok IV :       Cisilia Septiany Naufal Mowandy Dwi Fitrah Ariani Bahar Siti Mutmainnah Sunar Amalia Nur Syahbani Ikramullah Mahmuddin J111 12 264 J111 12 265 J111 12 266 J111 12 267 J111 12 268 J111 12 269

A. PENDAHULUAN a. Latar Belakang Pengetahuan sebenarnya telah diperoleh manusia sejak muncul di permukaan bumi. Pengetahuan ini terus-menerus mengalami perkembangan sehingga dapat dikatakan perkembangan pesat terjadi pada pengetahuan. Namun, pengetahuan itu tidak langsung berkembang menjadi pesat tetapi melalui berbagai tahapan yang dibagi ke dalam beberapa zaman. Perkembangan ilmu yang terus menerus dan pesat mengakibatkan seseorang tidak mungkin menguasai berbagai ilmu secara mendalam sehingga pada perkembangannya, ilmu pengetahuan ini akan diklasifikasikan menjadi beberapa cabang ilmu. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka akan menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap manusia. b. Rumusan Masalah  Bagaimana sejarah dari ilmu pengetahuan manusia?  Apa saja ruang lingkup perkembangan ilmu pengetahuan?  Bagaimana pengembangan ilmu pengetahuan?

farmasi. . Penemuan penting yang tetap digunakan hingga saat ini adalah penulisan bilangan (angka Arab) dan decimal yang menghasilkan ilmu aljabar. Ahli lainnya pada abad ke-10 yaitu Ibn Al-Haitham dan Al-Biruni. Avicenna (ibn-Shina). Pada zaman ini. akal sehat. Kemajuan pola piker saat itu ditandai dengan penggabungan antara pengamatan. PEMBAHASAN a. kimia. Sejarah Ilmu Pengetahuan Manusia Perkembangan pengetahuan manusia telah dimulai sejak ratusan tahun sebelum masehi. Zaman Yunani (600-200 SM) Pada zaman ini. Pengetahuan manusia zaman ini diperoleh melalui pengalaman dan mitos. Adapun filosof pada zaman pertengahan meliputi Al-Zahrawi. dan biologi. logika. Zaman Purba Zaman ini ditandai dengan ditemukannya alat-alat yang terbuat dari batu dan tulang belulang. Para ahli membagi sejarah perkembangan pengetahuan manusia menjadi beberapa zaman antara lain: 1.B. astronomi. Pada zaman ini. beternak dan nomaden. kemampuan berpikir manusia sudah mulai lebih maju yang ditandai dengan adanya penemuan alat bantu yang lebih baik dan mulai menggunakan akal sehat sehingga mitos dengan berbagai legendanya perlahan-lahan ditinggalkan. banyak dikembangkan metode eksperimentasi yang memungkinkan perluasan bidang kedokteran. 2. Al-Jazari. manusia bercocok tanam. 3. pengalaman. Zaman Pertengahan (Keemasan Islam) Pengaruh bangsa Arab sangat menonjol pada zaman ini. dan pola pikir lebih rasional yang kemudian dikenal dengan faham rasionalisme. dan Abbas Ibn Firnas.

dan psikologi. pendidikan. Metode sains modern bersifat empirisme yang mengandalkan kemampuan indrawi dan kebenaran harus dapat dibuktiakn secara empiris. kimia (Chemistry). b. paduan atau gabungan senyawa membentuk materi yang lebih besar. unsure. Adapun cabang ilmu dari ilmu pengetahuan sosial adalah meliputi sosiologi. di mana kebenaran harus bersifat logis atau dapat diterima oleh nalar. b) Ilmu Pengetahuan Alam (Natural Science) Ilmu ini banyak membahas tentang alam semesta yang sangat kompleks beserta isinya mulai dari materi berskala sangat kecil. Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Ilmu pengetahuan atau sains diklasifikasikan atas a) Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science) Ilmu ini banyak membahas mengenai hubungan manusia sebagai makhluk sosial. Sains modern juga bersifat rasionalisme yang mengandalkan kemampuan akal atau otak kirim. ekonomi. Ilmu ini terbagi menjadi beberapa cabang yaitu fisika (Physics). sejarah. senyawa atau molekul. Zaman Modern Zaman ini dimulai pada abad ke-15. sampai materi yang sangat besar dan begitu kompleks.metode induksi menjadi panutan zaman ini yang merupakan dasar perkembangan metode ilmiah sekarang. Ruang Lingkup Perkembangan Ilmu Pengetahuan 1.4. etnologi. antropologi. dan biologi (Biological Science). c) Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (Earth Science and Space) . banyak penemuan yang mengubah pola pikir sebelumnya terutaman dengan penemuan empiris yang didukung oleh alat bantu yang lebih baik Zaman ini dikuasai oleh suatu gerakan yang disebut Ranaissance yang berarti kelahiran kembali. Cara berpikir induktif ini terkait dengan empirisme.

beberapa bidang tampak melaju dengan sangat menonjol dan oleh karena itu berpengaruh besar terhadap manusia dan kehidupannya. Untuk dapat menguasai bidang ilmunya dengan baik. 2. Fokus Pembentukan Multidisiplin Ilmu a) Pemfokusan Ilmu Ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya sehingga tidak memnungkinkan lagi seseorang dapat menguasai beberapa atau bahkan satu bidang ilmu tertentu. Pengembangan Ilmu Pengetahuan Tidak semua bidang atau cabang ilmu pengetahuan maju dan berkembang sama pesatnya pada setiap kurun waktu dan tempat. Bioteknologi (Biotechnology) 4. dan ruang angkasa dalam tata surya. Sedangkan interdisiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunkan satu kelompok disiplin ilmu saja. Bidang yang dimaksud meliputi: 1. Cabang ilmu yang masuk kelompok ini meliputi geologi. b) Multidisiplin dan Interdisiplin Ilmu Multidisiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan lebih dari satu kelompok disiplin ilmu. Dalam masa belakangan ini. astronomi. dan geografi. c. planet lain. maka seseorang akan lebih memfokuskan atau menspesialisasikan dirinya ke dalam salah satu fokus disiplin ilmu tertentu.Ilmu ini membahas tentang bumi. Ilmu informasi dan komunikasi (Communication and Information Science) 5. Ilmu-ilmu kimia (Chemistry Science) 3. Ilmu-ilmu antariksa (Space Science) . Ilmu-ilmu nuklir ( Nuclear Science) 2.

dan zaman modern. zaman Yunani. b. maupun tidak langsung melalui bidang atau disiplin yang lain. dan prinsip yang dianutnya dan lingkungan hidupnya. masyarakat. c. Perkembangan ilmu pengetahuan manusia dibagi menjadi 4 zaman yaitu zaman Purba. zaman pertengahan (keemasan Islam). C. Ruang lingkup ilmu pengetahuan meliputi klasifikasi ilmu pengetahuan dan pemfokusan ilmu pengetahuan. Ilmu penginderaan (Inpact Science) Kemajuan dalam tiap-tiap bidang ini mempunyai akibat yang jauh baik langsung terhadap manusia. Pembaruan-pembaruan yang ditimbulkan tidak hanya karena perkembangan kebutuhan manusia tetapi juga rutin direncanakan oleh kelompok khusus yang bertugas untuk itu. DAFTAR PUSTAKA Tim Dosen Wawasan Ipteks Unhas.6. Tidak semua bidang atau cabang ilmu pengetahuan maju dan berkembang tidak bersamaan dalam kurun waktu dan tempat D. Makassar: Unhas . KESIMPULAN a. 2012. Wawasan Ipteks UPT MKU UNHAS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful