P. 1
Presentation 1

Presentation 1

|Views: 12|Likes:
Published by Hendrik Vidi
pancasila
pancasila

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hendrik Vidi on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/24/2013

pdf

text

original

dalam arti bukan komunis dan liberalis. Pancasila dikembangkan secara kefilsafatan dengan maksud untuk menunjukkan jalan tengah untuk keduanya.1. .FILSAFAT PANCASILA • 2. Konsepsi filsafat Pancasila • Filsafat Pancasila dasarnya merupakan pengembangan dari pancasila sebagai filsafat hidup yang di gunakan untuk mengimbangi filsafat komunis maupun liberalis yang keduanya merupakan suatu sistm kemasyaratan yang berbeda.

sedangkan tujuan khususnya adalah : Untuk memahami dan menjelaskan lima prinsip kehidupan manusia dalam bermasyarakat dan bernegara. . Pengertian Filsafat Pancasila Filsafat adalah mencintai perbuatan yang baik berdasarkan putusan akal yang sesuai dengan rasa kemanusiaan. Secara sederhana.1. Pancasila di bedakan menjadi dua yaitu : #atas dasar penghayatan material Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa di definisikan : “suatu pandangan hidup bangsa yang berketuhanan berkemanusiaan berpersatuan berkerakyatan dan berkeadilan” #atas dasar penghayatan formal pancasila sebagai dasar negara didefinisikan : “suatu ideologi negara yang bertuhanan berkemanusiaan berpersatuan berkerakyatan dan berkeadilan”. Filsafat Pancasila adalah pemikiran secara kritik dan sistematik untuk mencari hakikat atu kebenaran lima prinsip kehidupan manusia. filsafat diartikan sebagai pemikiran secara kritik dan sistematik untuk mencari hakikat atau kebenaran sesuatu. mengajukan kritik dan prinsiptersebut.2. menemukan hakikatnya secara manusiawi serta mengatur semuanya itu dalam bentuk yang sistematik sebagai pandangan dunia. Secara umum.1. Tujuan Pancasila secara umum adalah untuk menandingi filsafat komunis dan liberalis.

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia berfungsi sebagaipemersatu bangsa Indonesia. Pancasila Dasar Filsafat Negara Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berfungsi sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia.1. melandasi semua pola kehidupan yang bersifat hakiki. pola pelaksanaanya keempat poko pikiran dalam Pembukaan. Pancasila yang berfungsi sebagai pedoman hidup bernegara. yang merupakan pelaksanaan objektif Pancasila. yaitu untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. kemudian dijabarkan ke pasal-pasal UUD 1945. sebagai alat persatuan dan kesatuan.2.2. yang berkaitan dengan Poleksosbud hankam dan berkaitan juga dengan HAM. yang di dalamnya terumuskan langsung cita-cita bangsa Indonesia dalam bernegara. yaitu pasal 26 sampai dengan pasal 34. .

. Adapun pokok pikiran yang keempat merupakan landasan kejiwaan yang di rumuskan : Negara berdasar atas ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab..... karna persatuan inilah yang menjadi dasar terbentuknya suatu negara....... berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan keadialan”........ Ketiga pokok pikiran di atas ini dalam satu kesatuan disebut sebagai fundamen politik negara. Dalam pokok pikiran pertama yang diutamakan dalah adanya persatuan dalam negara....... yaitu tata cara dalam suatu aturan kenegaraan yang tersusun secara harmonis antara bagian satu dengan yang lain saling berhubungan dan menjadi satu kebulatan.... dan pokok pikiran ini sering disebut sebagai sistem negara.. ...... Pokok-pokok Pikiran Pancaran Pancasila Ada empat poko pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945..3...... yang merupakan tujuan bangsa Indonesia dalam bernegara... yaitu : •Pokok pikiran pertama: “Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia”...... •Pokok pikiran kedua: “Negara hendak mewujudkan keadialan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.... •Pokok pikiran ketiga: “Negara yang berkedaulatan rakyat.... •Pokok pikiran keempat: “Negara berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa menurut dasar Kemanusiaan yang adil dan beradab”..... Pokok pikiran kedua........... yaitu untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat.... Keempat pokok pikiran itu tidak lain adalah pancaran dari dasar fisafat negara Pancasila.. .. Pokok pikiran ketiga...2.1.

........... Fungsi sila masing-masing adalah : Sila 1 berfungsi sebagai : Moral Negara Sila 2 berfungsi sebagai : Moral Negara Sila 3 berfungsi sebagai : Dasar Negara Sila 4 berfungsi sebagai : Sistem Negara Sila 5 berfungsi sebagai : Tujuan Negara Bentuk Susunan Hierarkis Piramida Pancasila yang sila-silanya merupakan suatu kesatuan keseluruhan... dan tiap sila merupakan pengkhususan dari sila di mukanya.. bukan lima dasar negara.. perwujudan sila persatuan Indonesia............... dan keseluruhan membina bagian-bagian..... kesatuan dan susunan Pancasila Pancasila sebagai dasar filsafat negara merupakan satu kesatuan. .1..... Kesatuan dalam Pancasila ini merupakan hal yang mutlak sebagai dasar filsafat negara... yang terdiri atas organ-organ manusia..... misal sila ketiga dihilangkan tidak ada sifat persatuan.......... maka tidak ada Pancasila itu... Digram hierarkis piramida Pancasila menunjukkan sekelompok himpunan manusia yang mempunyai sifat-sifat tertentu... Dengan adanya rumusan Pancasila yang saling mengualifikasi ini jelaslah bahwa sila tidak dapat dipisahkan dengan sila yang lain selalu berkait-kaitkan merupakan suatu kesatuan yang utuh yang biasanya sering disebut dengan istilah majemuk tunggal... menurut Notonagoro susunannya adalah Hierarkis dan mempunyai bentuk piramida. yang paling dominan manusia terdiri atas jiwa dan raga.. tetapi majemuk tunggal.... uraian Notonegoro dapat ditanyakan bahwa bentuk sususnan hierarkis piramida Pancasila ialah : Kesatuan tiap tingkat yang bertiap sila di muka sila lainnya merupakan basis / pokok pangkalnya..... Kesatuan organik adalah seperti halnya manusia. tetapi satu dasar negara yang terdiri atas lima unsur...... Kesatuan Pancasila Saling Mengualifikasi....2..... Satu himpunan yang terdiri lima himpunan yang identik.... Kesatuan saling mengualifikasi ini diartikan : kesatuan saling menyifati yang tiap sila mengandung keempat sila lainnya sehingga sila-sila Pancasila itu merupakan satu kesatuan tidak terpisahkan... sehingga susunannya tidak tunggal.. sehingga unsur-unsurnya juga mutlak harus ada... .. yang meskipun berbeda tidak saling bertentangan akan tetapi saling melengkapi bersatu untuk mewujudkannya keseluruhan...... Sosialisme Indonesia dan sistem ekonomi indonesia yang tidak lain merupakan penjelmaan dari sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Demokrasi Pancasila adalah penjelmaan dari sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratn perwakilan... Jika tidak ada salah satu unsur. Secara singkat...... Nasionalisme Indonesia yang merupakan penjelmaan...... Rumusan pancasila yang saling mengualifikasi/saling menyifati berarti sila yang satu berkaitan dengan keempat sila yang lainnya.2.... Kesatuan Majemuk Tunggal Bersifat Organik Terdiri atas bagian-bagian yang tidak terpisahkan dalam hal kesatuannya itu masing-masing bagian mempunyai kedudukan dan fungsi tersendiri..........

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->