KONSEP DASAR PENYAKIT ASAM URAT A.

Definisi Asam urat merupakan zat hasil akhir metabolisme purin di dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin (Wijayakusuma, Hembing, 2006). Asam urat adalah asam yang berbentuk kristal-kristal yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin (bentuk turunan nukleoprotein), salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh (Junaidi, Iskandar, 2006) Seseorang dikatakan menderita asam urat jika kadar asam urat dalam darahnya meningkat. Asam urat merupakan sisa metabolisme berupa Kristal purin yang secara alamiah berada dalam darah pria dewasa adalah 3,5-7,2 mg/dl dan pada wanita 2,6-6,0mg/dl. Bila senyawa ini terakumulasi dalam jumlah di atas normal, akan memicu pembentukan Kristal yang berbentuk seperti jarum. Kristal-kristal ini biasanya terkonsentrasi di daerah sendi seperti kaki, lutut, siku dan jari tangan yang mengakibatkan radang di persendian (Sitanggang, 2006). B.Etiologi 1. Dehidrasi dan Fungsi Ginjal Ketika air dan cairan lainnya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, ginjal tidak akan berfungsi dengan baik. Asam urat tidak akan dikeluarkan dari darah melalui ekskresi, dan akan menjadikan kadar asam urat dalam jumlah abnormal (lebih tinggi). 2. Makanan yang mengandung banyak purin Purin mengandung senyawa nitrogen, baik dilakukan di dalam sel-sel tubuh, atau dibawa ke dalam tubuh dengan makanan. Kelebihan purin dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat, yang dapat terakumulasi dalam jaringan dan bentuk

kaldu (ekstrak kerang. keju. buncis. Sayuran. • Buah-buahan seperti durian. • Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir. jerohan (hati. asparagus. kangkung. paru dan otak. daun singkong. tape. Tinggi (150-800 mg) Sardin. bayam. ginjal. buncis. daging). melinjo. kacang tanah. kacangan. serealia kembang kacang buah- kacang. tuak. telur. kaldu atau kuah daging yang kental.buahan. kerang.kristal. air kelapa. kepiting. polong. babat. susu kedelai). hati. susu. anggur. nanas. tauge. sehingga menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah. usus. kol. asparagus. limpa. . tauge. • Makanan laut seperti udang. kacang hijau. • Daging. cumi. • Sayuran seperti daun bayam. Sedang (50-150 mg) ayam. ginjal). Makanan tinggi purin antara lain : • Lauk pauk seperti jeroan. oncom. jamur Daftar kandungan purin dalam makanan : Jenis Makanan Teobromin (kafein cokelat) Limpa domba/kambing Hati sapi Ikan sarden Jamur kuping Kandungan purin dalam mg/100 gram 2300 773 554 480 448 bayam. • Makanan kaleng seperti kornet dan sarden. angsa. wiski. burung bebek. • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe. Rendah (0-50 mg) ikan. Daging. emping. alpukat. kembang kol. telur. tauco.

5. Obat-obatan Obat-obat tertentu. seperti yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. leukemia dan kondisi medis lainnya. Konsumsi Alkohol 366 290 222 190 141 108 444 269 339 160 256 241 200 175 243 169 165 138 239 160 234 118 136 Alkohol (bir. C. anggur. atau hasil olahan lainnya) dapat meningkatkan kadar asam urat. bayam Biji melinjo Kedelai & kacang-kacangan Tempe Tahu Limpa sapi Ginjal sapi Paru-paru sapi Lidah sapi Jantung sapi Jantung kambing/ domba Daging kuda Dada ayam dengan kulit Hati ayam Daging ayam Daging angsa Daging bebek Ikan teri Ikan Kakap Udang Udang Lobster Kerang 3. vitamin C dan niasin. seperti anemia sel jantung dapat menyebabkan peningkatan kerusakan sel-sel tubuh dan mengakibatkan hyperuricemia (kadar asam urat yang tinggi). Kemoterapi untuk pengobatan kanker juga bisa menjadi penyebabnya. Kanker Kanker sabit dan tertentu gagal seperti limfoma non-Hodgkin. 4. serta aspirin.Daun melinjo Kangkung. limfoma Hodgkin. dapat memproduksi kadar asam urat tinggi. Tanda dan Gejala .

D. 3. 5. panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. telinga) Kristal dalam jaringan Kristal urat dalam cairan sinovial sendi Fagositosis kristal Peradangan dan kerusakan jaringan Nyeri Intoleransi aktivitas Pembengkakan sendi Gangguan citra tubuh . Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur. kemerahan. 4. Sakit di ujung jari kaki. Kesemutan dan ngilu pada persendian.1. Patofisiologi Faktor genetik Faktor hormonal Pola makan Penyakit darah Obat-obatan Obesitas Intoksikasi DM alkohol Gangguan metabolisme Purin Hipoxantin Xantin Asam urat Penumpukan kristal monosodium urat (ibu jari. tangan. Sakit ditumit. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak. 2.

berat badannya harus diturunkan dengan tetap memperhatikan jumlah konsumsi kalori. Maka yang harus dilakukan adalah membatasi asupan purin menjadi 100-150 mg purin per hari (diet normal biasanya mengandung 600-1. Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula. Kalori sesuai kebutuhan Jumlah asupan kalori harus benar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh berdasarkan pada tinggi dan berat badan. Penderita gangguan asam urat yang kelebihan berat badan. arum manis. Rendah protein . 2. Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. Asupan kalori yang terlalu sedikit juga bisa meningkatkan kadar asam urat karena adanya keton bodies yang akan mengurangi pengeluaran asam urat melalui urin. Penatalaksanaan  Diet : Berkaitan dengan pola makan maka diet yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1. roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah. gulali.E.000 mg purin per hari). 3. 4. Namun karena hampir semua bahan makanan sumber protein mengandung nukleoprotein maka hal ini hampir tidak mungkin dilakukan. permen. Tinggi karbohidrat Karbohidrat kompleks seperti nasi. Pembatasan purin Apabila telah terjadi pembengkakan sendi maka penderita gangguan asam urat harus melakukan diet bebas purin. singkong.

7. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu. Karena itu. belimbing manis. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. blewah. 5. . atau kopi. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 5070 gram/hari atau 0. karena keduanya mempunyai kandungan lemak yang tinggi. 6. Makanan yang digoreng. Tanpa alkohol Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat mereka yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. buah-buahan yang lain juga boleh dikonsumsi karena buah-buahan sangat sedikit mengandung purin. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi. Rendah lemak Lemak dapat menghambat ekskresi asam urat melalui urin.Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.8-1 gram/kg berat badan/hari. cairan bisa diperoleh melalui buah-buahan segar yang mengandung banyak air. Konsumsi lemak sebaiknya sebanyak 15 persen dari total kalori. Selain buah-buahan tersebut. teh. Tinggi cairan Konsumsi cairan yang tinggi dapat membantu membuang asam urat melalui urin. Anda disarankan untuk menghabiskan minum minimal sebanyak 2. serta margarine dan mentega sebaiknya dihindari. Selain dari minuman.5 liter atau 10 gelas sehari. bersantan. melon. ginjal. keju dan telur. nanas. otak. Buah-buahan yang disarankan adalah semangka. Buah-buahan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat dan durian. Air minum ini bisa berupa air putih masak. paru dan limpa. dan jambu air. misalnya hati.

Dosis awalnya 100 mg diberikan selama 1 minggu. akan mengurangi frekuensi kekambuhan gout akut. Uricosuric Obat ini memblok reabsorpsi tubular dimana urat disaring sehingga mengurangi jumlah urat metabolik. F. Saat diberikan secara kombinasi dengan colchicine. Asuhan Keperawatan 1. Kadar asam urat serum akan dicapai dengan dosis harian 200-300 mg. gout yang namun akut. Obat ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan gagal ginjal atau batu urat yang tidak dapat diberi urocisuric. Seringkali kombinasi allopurinol dengan uricosuric akan sangat membantu. kemudian dinaikkan jika kadar asam urat masih tinggi. 2. probenesid diindikasikan Pembentukan kristal urat dalam urin bisa terjadi dengan urocisuric dan penting untuk memastikan jumlah urin cukup yaitu 2000 ml atau lebih untuk mencegah pengendapat kristal urat di saluran urin. Uricosuris seperti probenesid dan sulfinpirazon dapat diberikan tidak sebagai pengganti untuk allopurinol. Allopurinol Sebagai penghambat xantin oksidase. Pengkajian . mencegah pembentukan benjolan baru dan memperkecil ukuran benjolan yang telah ada. Pengobatan : 1. allopurinol segera menurunkan plasma urat dan konsentrasi asam urat di saluran urin serta memfasilitasi mobilisasi benjolan. Uricosuric tidak efektif pada pasien dengan gangguan renal dengan serum kreatinin lebih dari 2 mg/dL. Biasanya obat ini diberikan sekali sehai sebab metabolit aktif allopurinol waktu paruhnya panjang. Allopurinol tidak dianjurkan untuk pengobatan hiperurisemia asimtomatik dan gout yang aktif.

.

Jakarta: Departemen Kesehatan RI Anonim.Jakarta: PT. Informatorium Obat Nasional Indonesia 2000. Judith M. Jakarta: EGC Wilkinson. Donna. Monica ( Ed ) 1999. 2000. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. 1995. 2000. Sender Company Price. Jakarta: EGC Anonim. sylvia. Medical Surgical Nursing Philadephia. Patofisiologi.DAFTAR PUSTAKA Sylvia A. Patofisiologi konsep klinis penyakit. 2006. Price. 2007. MIMS Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: EGC Ignatisius. Info Master .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful