Sistem pencernaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Langsung ke: navigasi, cari

Diagram sistem pencernaan manusia bagian perut Sistem pencernaan atau sistem gastroinstestin, adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda. Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.Selanjutnya adalah proses penyerapan sari - sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa - sisa makanan melalui anus.

[sunting] Diagram sistem pencernaan

Diagram sistem pencernaan
1. Kelenjar ludah 2. Parotis 3. Submandibularis (bawah rahang) 4. Sublingualis (bawah lidah) 5. Rongga mulut 6. Tekak / Faring 7. Lidah 8. Kerongkongan / Esofagus 9. Pankreas 10. Lambung 11. Saluran pankreas 12. Hati 13. Kantung empedu 14. Usus dua belas jari (duodenum) 15. Saluran empedu 16. Usus tebal / Kolon 17. Kolon datar (tranverse) 18. Kolon naik (ascending) 19. Kolon turun (descending) 20. Usus penyerapan (ileum) 21. Sekum 22. Umbai cacing 23. Poros usus / Rektum 24. Anus

[sunting] Pranala luar

Dalam darah oksigen dibawa ke jantung kemudian dipompakan oleh jantung diedarkan ke seluruh tubuh untuk digunakan sampai tingkat sel. Oksigen masuk ke dalam sel dan di dalam mitokondria digunakan untuk proses-proses metabolisme yang penting untuk kelangsungan hidup. bronkus. Tidak adanya oksigen dalam 3 menit akan mengakibatkan seseorang kehilangan kesadaran. Ventilasi paru yaitu keluar masuknya udara antara atmosfer dan alveoli paru. Bersamaan dengan itu dikeluarkannya karbondioksida yang juga berdifusi dari darah dan kemudian dikeluarkan bersama udara. faring. . Dalam sistem pernafasan terdapat empat peristiwa utama yang sangat fungsional yaitu sebagai berikut : 1. Difusi oksigen dan karbondioksida antara alveoli dan darah. laring.SISTEM PERNAFASAN Untuk kelangsungan hidupnya manusia butuh bernafas. Dari atmosfer (udara) oksigen masuk melalui mulut/hidung. Dari alveoli oksigen berdifusi masuk ke dalam darah dan dibawa oleh eritrosit (sel darah merah). Oksigen dalam udara dibawa masuk ke dalam paru-paru dan berdifusi dalam darah. Sedangkan karbondioksida merupakan sisa hasil metabolisme yang tidak digunakan lagi dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh. trakea. Oksigen dibutuhkan oleh semua sel dalam tubuh untuk kelangsungan hidupnya. Sistem pernafasan sangat penting dimana terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. 2. Sedangkan karbondioksida berjalan arah sebaliknya dengan oksigen. Salah satu organ yang sangat mebutuhkan oksigen dan peka terhadap kekurangannya adalah otak. Perjalanan oksigen dan karbondioksida . 5 menit tidak mendapatkan oksigen sel otak akan rusak secara irreversibel (tidak bisa kembali atau diperbaiki). bronkiolus sampai dengan alveoli.

Cara lain untuk mengembangkan rongga dada adalah dengan mengangkat tulang iga dan sternum (tulang dada). Begitu juga sebaliknya udara dapat keluar (ekspirasi) karena tekanan udara dalam paru lebih tinggi atau positif. diafragma bergerak naik turun. Transpor oksigen dan karbondioksida dalam darah dari cairan tubuh ke dan dari sel. Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang ventilasi paru. 4. 2. Pengaturan ventilasi dan hal-hal lain dari pernafasan. Pengembangan rongga dada terjadi karena pada waktu istirahat posisi iga miring ke bawah dan sternum (tulang dada) turun ke belakang. Sedangkan proses yang lain akan dijelaskan pada artikel lain selanjutnya. Rongga dada dapat membesar dan mengecil melalui beberapa cara sebagai berikut : 1. Tekanan udara dapat berubah sejalan dengan membesar dan mengecilnya rongga dada.. depresi (penurunan) dan elevasi (pengangkatan) rangka iga untuk melebarkan diameter depan belakang rongga dada. Udara dapat masuk terhirup (inspirasi) karena tekanan udara di dalam paru lebih kecil atau negatif dari tekanan di atmosfer. Dalam diafragma terdapat otot yang jika berkontraksi akan mengakibatkan diafragma turun ke bawah. 3.. Ventilasi Paru (masuk dan keluarnya udara) Pada prinsipnya udara dapat keluar masuk paru oleh karena adanya perbedaan tekanan udara antara atmosfer dan dalam paru.3. Bila iga dan . Hal tersebut akan memperbesar ronggan dada. Jika otot tidak berkontraksi diafragma akan naik kembali sehingga rongga dada mengecil. kontraksi otot perut dapat mendorong diafragma ke atas pada saat ekspirasi maksimal. Tekanan udara dapat berubah sejalan dengan membesar dan mengecilnya rongga dada beserta mengembang atau mengempisnya paru-paru.

sehingga udara dapat masuk ke paru-paru.tulang dada dielevasikan (diangkat) maka rongga dada akan mengembang karena diameter depan belakang menjadi lebih lebar. Yang mengangkat rangka-rangka dada ini adalah otot. 2. interkostalis internus (antar iga dalam) yang menurunkan iga-iga. 3. . Sedangkan pada waktu akitvitas fisik yang lebih berat. 2. Hal ini bisa terjadi karena udara dapat keluar dari paru-paru hanya karena daya elastisitas paru-paru yang mengembang sebelumunya akibat terisi oleh udara dan bukan karena otot ekspirasi. Sedangkan otot yang menurunkan rangka dada untuk ekspirasi (otot ekspirasi) adalah sebagai berikut : 1. energi yang dikeluarkan untuk otot ekspirasi relatif tidak ada. Diperlukan kontraksi otot yang lebih banyak dan lebih keras untuk tujuan tersebut. Sedangkan pada waktu ekspirasi biasa. interkostalis eksterrnus (antar iga luar) yang mengangkat masing-masing iga. skalenus yang mengangkat 2 iga teratas. Otot ini disebut sebagai otot-otot inspirasi yaitu sebagai berikut : 1. Pada saat bernafas biasa (waktu istirahat) tubuh membutuhkan energi untuk kontraksi otot pernafasan pada saat inspirasi saja (otot inspirasi). otot perut yang menarik iga ke bawah sekaligus membuat isi perut mendorong diafragma ke atas. sternokleidomastoid yang mengangkat sternum (tulang dada). tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk kontraksi otot pernafasan karena tubuh memerlukan oksigen lebih banyak dan harus mengeluarkan karbondioksida lebih banyak pula.

Saluran nafas yang dilalui udara adalah hidung. Di dalam rongga dada terdapat juga jantung di dalamnya. Diantara pleura visceral dan pleura parietal terdapat cairan pleura yang berfungsi sebagai pelumas sehingga memungkinkan pergerakan dan pengembangan paru secara bebas tanpa ada gesekan dengan dinding dada. sternum (tulang dada) tempat sebagian iga-iga menempel di depan. Misalnya yang terjadi pada keracunan obat pelemas otot seperti diazepam. (hw) ANATOMI DASAR SISTEM PERNAFASAN Sistem pernafasan pada dasarnya dibentuk oleh jalan atau saluran nafas dan paru-paru beserta pembungkusnya (pleura) dan rongga dada yang melindunginya. Rongga dada dipisahkan dengan rongga perut oleh diafragma.Disini dapat kita lihat bahwa otot-otot pernafasan sangat berperan dalam sistem homeostasis tubuh untuk bisa menyediakan oksigen dan bisa membuang karbondioksida dengan baik. Pleura ada yang menempel langsung ke paru. faring. laring. Rongga dada diperkuat oleh tulang-tulang yang membentuk rangka dada. dan vertebra torakal (tulang belakang) tempat menempelnya iga-iga di bagian belakang. Paru-paru dibungkus oleh pleura. bronkiolus dan alveoli. Hal-hal yang dapat mengakibatkan melemahnya otot-otot pernafasan akan sangat mengancam jiwa seseorang. bronkus. Di dalamnya terdapat suatu sistem yang sedemikian rupa dapat menghangatkan udara sebelum sampai ke alveoli. Terdapat juga suatu sistem pertahanan yang memungkinkan kotoran atau benda asing yang masuk dapat dikeluarkan baik melalui batuk ataupun bersin. disebut sebagai pleura visceral. Rangka dada ini terdiri dari costae (iga-iga). trakea. . Sedangkan pleura parietal menempel pada dinding rongga dada dalam.

interkostalis eksterrnus (antar iga luar) yang mengangkat masing-masing iga. Sistem otak dan pernafasan mempunyai peranan yang kuat dalam menentukan kejayaan aktiviti manusia itu. 5. Otot-otot yang berfungsi dalam bernafas adalah sebagai berikut : 1.Sistem paru-paru berfungsi secara automatik dan ia akan bertambah kuat bekerja apabila ada aktiviti gerak. sternokleidomastoid yang mengangkat sternum (tulang dada). paru-paru akan terus bekerja.com/T_sistem%20pernafasan.htm Sistem paru-paru berkaitan pernafasan . Bila anda tarik nafas paru-paru akan mengembang dan apabila nafas di lepaskan paru-paru akan mengecil. naik tangga dan sebagainya.Terdapat otot-otot yang menempel pada rangka dada yang berfungsi penting sebagai otot pernafasan. . seperti berlari. berjalan. otot perut yang menarik iga ke bawah sekaligus membuat isi perut mendorong diafragma ke atas. Ia akan mengepam masuk dan keluar udara. Semuanya berlaku secara automatik.ilmusehat. bronkus dilapisi oleh cincin tulang rawan untuk menjaga agar saluran nafas tidak kolaps atau kempis sehingga aliran udara lancar. 2. http://www. Sistem paruparu juga berhubung kait dengan sistem yang lain dalam badan. 3. 6. Tetapi kualiti dan kuantiti kita bernafas itu yang menentukan kadar aktiviti sel dan zarah dalam badan kita. otot dalam diafragma yang dapat menurunkan diafragma. Percabangan saluran nafas dimulai dari trakea yang bercabang menjadi bronkus kanan dan kiri. Sepanjang hidup anda. skalenus yang mengangkat 2 iga teratas. Ia kembali normal apabila anda dalam kedaan rehat atau tidur. interkostalis internus (antar iga dalam) yang menurunkan iga-iga. 4. Sampai dengan percabangan bronkus terakhir sebelum bronkiolus. Masing-masing bronkus terus bercabang sampai dengan 20-25 kali sebelum sampai ke alveoli.

“ kita boleh hidup berhari-hari tanpa air dan makanan. baki 90% lagi tidak di gunakan sepenuhnya. . sesungguhnya aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat (yang asal dari lumpur) hitam yang di beri bentuk. Seorang pakar bernama Sidney Newton Bremer. Selain batang otak sistem dalam paru-paru itu sendiri yang akan mengubah proses pernafasan. Setiap tarikan nafas yang anda lakukan merupakan suatu keajaiban. Seorang itu akan menjadi hebat jika ia mampu mengawal sistem pernafasannya sendiri. apakah akan berlaku kalau kita tingkatkan kadar penyedutan oksigen O2 dan membuang CO2. Darah yang tercemar akan di tukar kepada darah baru dalam paru-paru. telah berkata . Ia adalah untuk kebaikan anda. O2 adalah unsur hidup. 28-29. Roh dan nafas mempunyai kaitan. Teknik bernafas yang betul akan di bincangkan nanti. Jika kadar CO2 berada dalam kepekatan yang tinggi signal yang terletak dalam batang otak akan memberi signal kepada pusat penafasan untuk menambah kelajuan dan kedalaman bernafas. Nafas anda adalah juga hidup anda. Kita akan berasa lebih sihat. Lakukan pernafasan sebagai kesempatan bagi mengisi tubuh anda dengan kekuatan yang Allah beri. Maka apabila telah menyempurnakan kejadiannya dan telah menitipkan kedalam roh ciptaan Ku. ia ada penciptanya. yang bermaksud “ Dan ingalah ketika tuhan berfirman kepada malaikat. Darah merah yang baru akan mengalir ke seluruh tubuh kita. Roh kembali kepada penciptaNya dan jasad akan di semadikan di dalam liang lahad. apabila kita menarik nafas. tiada nafas maka tiada lagi roh di jasad sesaorang. . Ilham itu datang dari firman Allah dalam surah Al Hijr. Jelas disini nafas mempunyai pengaruh besar kepada kehidupan ini dan ia ada hubung kait dengan alam ini. Anda akan belajar nanti. maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”. tetapi kita hanya dapat bertahan berberapa minit saja tanpa ada udara”. Sistem itu akan berfungsi dengan sendiri tanpa henti 24 jam kecuali mati. Untuk tampak lebih sihat kita perlu berlajar cara bernafas yang teratur dan betul. Kekuasaan yang Allah beri pada anda adalah sistem pernafasan anda.Sistem yang diciptakan ini memang ajaib kerana alat penerima (signal) di kawasan batang otak akan terus menerus bekerja mengendali kadar karbon dioksid (CO2) dalam darah. Ulama atau orang sufi telah mengamalkan teknik pernafasan sebagai cara untuk menjaga kesihatan mereka. Sistem bukan datang dengan sendirinya. Orang normal biasanya menyedut 10% sahaja kadar oksigen (O2).

 Cara Penularan Penyakit TBC Penularan penyakit TBC adalah melalui udara yang tercemar oleh Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan/dikeluarkan oleh si penderita TBC saat batuk. dimana pada anak-anak umumnya sumber infeksi adalah berasal dari orang dewasa yang menderita TBC.htm Penyakit Tuberkulosis (TBC) Penyakit TBC adalah merupakan suatu penyakit yang tergolong dalam infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Di Indonesia khususnya. tulang. Bakteri ini berbentuk batang dan bersifat tahan asam sehingga dikenal juga sebagai Batang Tahan Asam (BTA). Bahkan penyakit TBCpada paru-paru pun dikenal juga sebagai Koch Pulmonum (KP). kaya dan miskin serta dimana saja. Penyakit ini terus berkembang setiap tahunnya dan saat ini mencapai angka 250 juta kasus baru diantaranya 140.com/rahsia. Untuk mengenang jasa beliau maka bakteri tersebut diberi nama baksil Koch. kelenjar getah bening dan lainnya meski yang . Bahkan bakteri ini pula dapat mengalami penyebaran melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening sehingga menyebabkan terinfeksinya organ tubuh yang lain seperti otak.2 milimeter. Jenis bakteri ini pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Robert Koch pada tanggal 24 Maret 1882. Terdapat sekitar 300 juta alveoli di kedua paru dengan diameter masing-masing rata-rata 0. Bakteri ini masuk kedalam paru-paru dan berkumpul hingga berkembang menjadi banyak (terutama pada orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah).  Penyebab Penyakit (TBC) Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. tua. Bahkan Indonesia menduduki negara terbesar ketiga didunia dalam masalah penyakit TBC ini. Penyakit TBC dapat menyerang pada siapa saja tak terkecuali pria.diriandajutawan.Bagian terakhir dari perjalanan udara adalah di alveoli. wanita.000 menyebabkan kematian. (hw) http://www. muda. ginjal. saluran cerna. Di sini terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida dari pembuluh darah kapiler dengan udara.

meningkatnya jumlah penduduk yang tidak mempunyai tempat tinggal dan adanya epidemi dari infeksi HIV. Lain hal pada orang yang memilki sistem kekebelan tubuh rendah atau kurang. bakteri ini akan mengalami perkembangbiakan sehingga tuberkel bertambah banyak. belum optimalnya fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat. Akibatnya bakteri TBC tersebut akan berdiam/istirahat (dormant) seperti yang tampak sebagai tuberkel pada pemeriksaan Xray atau photo rontgen. dimana segeralah terjadi pertumbuhan koloni bakteri yang berbentuk bulat (globular). Sehingga tuberkel yang banyak ini berkumpul membentuk sebuah ruang didalam rongga paru. Seseorang dengan kondisi daya tahan tubuh (Imun) yang baik. Maka orang yang rongga parunya memproduksi sputum dan didapati mikroba tuberkulosa disebut sedang mengalami pertumbuhan tuberkel dan positif terinfeksi TBC.paling banyak adalah organ paru. sel-sel pada dinding paru berusaha menghambat bakteri TBC ini melalui mekanisme alamianya membentuk jaringan parut. Ruang inilah yang nantinya menjadi sumber produksi sputum (riak/dahak). Berkembangnya penyakit TBC di Indonesia ini tidak lain berkaitan dengan memburuknya kondisi sosial ekonomi. Masuknya Mikobakterium tuberkulosa kedalam organ paru menyebabkan infeksi pada paru-paru. bentuk tuberkel ini akan tetap dormant sepanjang hidupnya. Hal ini juga tentunya mendapat pengaruh besar dari . Dengan reaksi imunologis.

gejalanya adalah demam tinggi.Pada anak-anak dapat mengenai otak (lapisan pembungkus otak) dan disebut sebagai meningitis (radang selaput otak). akan menimbulkan suara "mengi". lemah. .  Gejala Penyakit TBC Gejala penyakit TBC digolongkan menjadi dua bagian. dapat disertai dengan keluhan sakit dada. adanya penurunan kesadaran dan kejangkejang. virulensi dan jumlah kuman yang memegang peranan penting dalam terjadinya infeksi TBC. Gejala khusus (Khas) .Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru).Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama. 2. .  Penegakan Diagnosis pada TBC Apabila seseorang dicurigai menderita atau tertular penyakit TBC. 1. suara nafas melemah yang disertai sesak.Penurunan nafsu makan dan berat badan. . Gejala umum (Sistemik) .Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah). . Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul. Maka TBC dapat terdeteksi kalau diketahui adanya kontak dengan pasien TBC dewasa. . dilaporkan 30% terinfeksi berdasarkan pemeriksaan serologi/darah. Pada anak usia 3 bulan – 5 tahun yang tinggal serumah dengan penderita TBC paru dewasa dengan BTA positif. pada muara ini akan keluar cairan nanah. bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar.Bila mengenai tulang. maka akan terjadi gejala seperti infeksi tulang yang pada suatu saat dapat membentuk saluran dan bermuara pada kulit di atasnya. yaitu gejala umum dan gejala khusus. . Sulitnya mendeteksi dan menegakkan diagnosa TBC adalah disebabkan gambaran secara klinis dari si penderita yang tidak khas.daya tahan tubuh yang lemah/menurun. . biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam.Tergantung dari organ tubuh mana yang terkena. terutama pada kasus-kasus baru.Perasaan tidak enak (malaise). Pada penderita usia anak-anak apabila tidak menimbulkan gejala. Sekitar 30-50% anak-anak yang terjadi kontak dengan penderita TBC paru dewasa memberikan hasil uji tuberkulin positif.

Maka ada beberapa hal pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk memeberikan diagnosa yang tepat antara lain : . yaitu berkisar dari 6 bulan sampai 9 bulan atau bahkan bisa lebih. Adapun obat-obtan yang umumnya diberikan adalah Isoniazid dan rifampin sebagai pengobatan dasar bagi penderita TBC.com/2007/12/penyakit-tuberkulosis-tbc.  Pengobatan Penyakit TBC Pengobatan bagi penderita penyakit TBC akan menjalani proses yang cukup lama.html . sputum. untuk mengetahui perkembangannya yang lebih baik maka disarankan pada penderita untuk menjalani pemeriksaan baik darah.Rontgen dada (thorax photo).Anamnesa baik terhadap pasien maupun keluarganya. Penyakit TBC dapat disembuhkan secara total apabila penderita secara rutin mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter dan memperbaiki daya tahan tubuhnya dengan gizi yang cukup baik. cairan otak). .infopenyakit. . . http://www. Selama proses pengobatan.Pemeriksaan laboratorium (darah.Pemeriksaan patologi anatomi (PA). . namun karena adanya kemungkinan resistensi dengan kedua obat tersebut maka dokter akan memutuskan memberikan tambahan obat seperti pyrazinamide dan streptomycin sulfate atau ethambutol HCL sebagai satu kesatuan yang dikenal 'Triple Drug'.Pemeriksaan fisik secara langsung. urine dan X-ray atau rontgen setiap 3 bulannya.dan Uji tuberkulin. dahak. .

ahli perang Cina. Tapi jika kamu tidak mengenal musuhmu dan dirimu maka kamu membahayakan diri sendiri". Seperti kata Sun Tzu. tulang. sekitar 5-10 persen berkembang menjadi penyakit dan 40 persen yang terkena penyakit berakhir dengan kematian.Pendahuluan Berdasarkan data dari WHO tahun 1993 didapatkan fakta bahwa sepertiga penduduk Bumi telah diserang oleh penyakit TBC. Kuman ini biasanya menyerang paru-paru. Sekitar 8 juta orang dengan kematian 3 juta orang pertahun. . Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari RS "Prof Dr Sulianti Saroso" tiap tahun terdapat 583. Jika kita ingin memenangkan peperangan dengan TBC. tetapi dapat juga menyerang bagian lain dari tubuh seperti ginjal.8 juta orang yang terkena infeksi (dengan asumsi 1 orang dapat menularkan 10 orang) Dengan data dan fakta seperti diatas sangat wajar bila jaman dahulu orang menyebut sebagai penyakit kutukan dan tidak bisa diobati.000 diantaranya meninggal.000 kasus dan 140. Pengertian TBC (Tubercolusis) Tubercolusis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tubercolusis. Itu karena kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini. Diperkirakan dalam tahun 20022020 akan ada 1 miliar manusia terinfeksi. Indonesia menduduki kedudukan ketiga dibawah Cina dan India. dan otak.000 penduduk terdapat 100300 orang yang terinfeksi TBC. Diperkirakan diantara 100. kematian akibat TBC lebih banyak 2-3 kali lipat dari HIV/AIDS yang berada di urutan kedua. dalam bukunya Art of War: "Jika kamu mengenal musuhmu dan dirimu. Jika tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian. Kasus TBC di dunia sekitar 40% berada di kawasan Asia. kamu akan memenangkan ribuan pertempuran. kita harus mengetahui musuh kita. Kalau tidak ditangani dengan baik maka dalam tahun berikutnya akan terdapat 5. Mari kita mengenal musuh dan diri kita. TBC di kawasan ini menjadi pembunuh nomor satu.

Diagnosis Diagnosis is made through a physical exam with complete medical history and a chest X-ray.Aspiration pneumonia is a precise form of lung infection (pneumonia) that progresses when oral or gastric contents such as (food. This is due to the anatomy of the bronchial tree and gravity: in patients who are upright. the patient is very young or older and there are other health risks involved. especially in the geriatric population and infants. An iatrogenic cause is during general anesthesia for an operation and patients are therefore instructed to be nil per os (NPO). especially at the beginning stages of the disease. Sometimes an X-ray can indicate the type of organism that is causing the pneumonia. and bacterial pathogens (particularly anaerobic bacteria) may add to the inflammation. complications. Location The right lower lobe of the lung is the most frequent location of aspiration pneumonia. or nasal secretions) go into the bronchial tree. An X-ray does not always show pneumonia. for at least four hours prior to surgery. a collapsed lung or another condition such as lung cancer or acute bronchitis. saliva. treatment may begin immediately without other tests. Chest X-rays are used to check for changes in the respiration system that can indicate pneumonia. nothing in mouth. such as occurs in some forms of neurological disease (a common cause is strokes) or while a person is inebriated. The sicker a patient is. Depending on the acidity of the aspirate. Causes Whether aspiration pneumonia represents a true bacterial infection or a chemical inflammatory process remains the subject of considerable controversy. a chemical pneumonitis can result. More tests are usually needed when symptoms are severe. fluid in the chest cavity. the more tests that will be used. Based solely on the exam. the . Both causes may present with related similar symptoms. <> Aspiration pneumonia <> Aspiration pneumonia is frequently caused by an ineffectual swallowing mechanism.

Antibiotic treatment can last up to 14 days depending on the medication and the severity of the pneumonia. a condition in which the acid in the stomach washes back up into the esopha more. such Fluoroquinolones. such as as Ery-Tab. Macrolides. Veetids Veetids. or dyes. Antibiotic treatment is chosen based on age of patient. severity of symptoms and the need for hospitalization.. is used to treat infections caused by bacteria. Avelox. Lansoprazole Lansoprazole belong to a class of drug known as proton pump inhibitor (PPI). All antibiotics have a high success rate for fighting pneumonia. or Lansoprazole.. emphysema. such as doxycycline (Vibramycin.. or Penicillin V. If the immune system is damaged. A broad spectrum antibiotic that kills a wide range of bacteria is the first choice of treatment. Biaxin XL. Zithromax. or COPD (chronic obstructive pulmonary disease). It works by decreasing the amount of acid produced in the stomach. preservatives. is used to treat conditions in which there is too much acid in the stomach. Patients that stay home. This medication will not treat bronchospasm while it is happening but more of more. symptoms... the treatment may need to last longer. or narrowing airways in the lungs... and Levaquin. in people with bronchitis.7 of 7 <<previous | next>> Prevacid Prevacid. Tequin. Biaxin.. 1 . should get plenty of rest and increase their fluid consumption. If hospitalization is not required. . Lansoprazole is used to treat and prevent stomach and intestinal ulcers. It works by killing bacteria or by preventing its growth. Treatment: Antibodies are used to treat bacteria causing pneumonia. Be sure to tell your doctor of any allergies you have whether it is to medication or food. like duodenal and gastric ulcers and gastroesophageal reflux disease (GERD). leaving it at higher risk to be the target of aspirated secretions. and Doryx). here are some of the antibiotics that are prescribed: • • • Tetracyclines. Ipratropium inhalation Ipratropium inhalation is used to prevent bronchospasm.bronchus serving this lobe is leaning almost vertically. Also more. erosive esophagitis (damage to the e more.

Cefzil Cefzil. tell your doct more. or become pregnant. membunuh hampir 90% penderitanya.. also called Cefprozil. Kita semua memiliki keluarga atau teman yang mengidap kanker. They work by killing bacteria or by preventing their growth. Karsinogen . preservatives. yaitu kanker paru-paru.. Namun sesungguhnya justru kanker paru-parulah yang paling mudah dicegah. Be sure to tell your doctor of any allergies you have whether it is to medication or food. Tabel berikut memaparkan jumlah pengidap kanker di US tahun 1993.. or are breastfeeding. atau hampir 30% dari seluruh kematian akibat kanker. Also. Surver dalam beberapa dekade menunjukkan bahwa satu-satunya penyebab mayoritas kanker paru-paru adalah asap rokok. Jumlah Jumlah Persen Kematian Penderita Kematian dari Seluruh Kanker Paru-Paru 170 000 149 000 28% Usus Besar 152 000 57 000 11% Payudara 183 000 46 300 9% Leukemia 93 000 50 000 9% Prostat 165 000 35 000 7% Kanker pembunuh terbesar. Metronidazole Metronidazole is used to treat infections. and is used to treat infections caused by bacteria. or dyes. dan kira-kira seperempatnya akan meninggal karena kanker. tell more. Tell your doctor immediately if you are. diperkirakan sepertiganya akan pernah menderita kanker.. preservatives.. Also. or dyes. Tentang Kanker Anak-anak yang lahir tahun 1985. is one of a group of Cephalosporins are used in the treatment of infections caused by bacteria. Be sure to tell your doctor of any allergies you have whether it more. Be sure to tell your doctor of any allergies you have whether it is to medication or food.. Penicillin Penicillin V is a systemic antibacterial.

3. dsb) selama kurang lebih 6 bulan. dan sembuh.Zat-zat karsinogen (pemicu kanker) yang terkandung pada rokok adalah: • • • vinyl chloride benzo (a) pyrenes nitroso-nor-nicotine Satu-satunya zat yang lebih berbahaya daripada asap rokok dalam memicu kanker paru-paru adalah zat-zat radioaktif. . Penggunaan vaksin BCG (bacille Calmette -Guerin). Itu pun jika dimakan atau dihidap dalam kadar yang cukup. Pengobatan pada pasien active tuberculosis dengan menggunakan antibiotik (isoniazid. rifampin. 2. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk terapi TBC adalah : 1. Gambar di kanan (diperbesar) menunjukkan alveoli yang terkena kanker. Efek Kanker Paru-Paru Gambar di bawah menunjukkan paru-paru yang dirusak oleh kanker. Selanjutnya yang akan dibahas lebih lanjut adalah tentang penggunaan vaksin BCG untuk pencegahan TBC. Tujuan terapi untuk TBC adalah sedapat mungkin bersifat preventif atau pencegahan timbulnya infeksi oleh Mycobacterium tuberculosis dan bila telah terjadi infeksi maka menghilangkan gejala TBC. mencegah keparahan. Pengobatan pada pasien latent tuberculosis. Sasaran untuk terapi TBC adalah pada bakteri Mycobaterium tuberculosis dan pada sistem imun tubuh.

Pasien dengan gangguan imunitas (immunosuppressed) seperti pasien HIV. .8oC serta terlindung dari cahaya. Selain itu. Vaksin BCG secara signifikan mengurangi resiko terjadinya active tuberculosis dan kematian. jalur vaksinasi. akan tetapi efikasinya menunjukkan hasil yang bervariasi yaitu antara 0 80% di seluruh dunia. Vaksin BCG merupakan suatu attenuated vaksin1 yang mengandung kultur strain Mycobacterium bovis dan digunakan sebagai agen imunisasi aktif terhadap TBC dan telah digunakan sejak tahun 1921.1 ml (0.Vaksin merupakan suspensi mikroorganisme yang dilemahkan atau dimatikan (bakteri. meringankan.15 tahun. dan beberapa dipengaruhi oleh faktor lingkungan. 2. atau baru saja menerima transplantasi organ. Sehingga re-vaksinasi pada anak-anak umumnya dilakukan pada usia 12 -15 tahun. pasien yang mengkonsumsi obat-obat kortikosteroid (immunosuppressan). cara/teknik vaksinasi.05ml (0.1mg). Vaksin BCG dikontra-indikasikan untuk pasien yang mengalami gangguan pada kulit seperti atopic dermatitis. Penyimpanan sediaan vaksin BCG diletakkan pada ruang atau tempat bersuhu 2 .05mg). serta baru saja menerima vaksinasi lain (perlu ada interval waktu setidaknya 3 minggu). Vaksin BCG tidak diindikasikan untuk pasien yang hasil uji tuberculinnya posistif atau telah menderita active tuberculosis. vaksin BCG juga harus diberikan kepada tenaga kesehatan yang bekerja di lingkungan dengan pasien infeksi TBC tinggi. Walaupun telah digunakan sejak lama. virus. Sebelum digunakan serbuk vaksin BCG harus dilarutkan dalam pelarut khusus yang telah disediakan secara terpisah. Vaksin BCG juga tidak diberikan untuk : 1. Dosis yang digunakan adalah sebagai berikut: 1. karena pemberian vaksin BCG tidak memiliki efek untuk pasien yang telah terinfeksi TBC. atau mengobati penyakit yang menular. atau riketsia) yang diberikan untuk mencegah. Vaksin BCG sebaiknya digunakan pada infants. Untuk anak-anak di atas 12 bulan dan dewasa diberikan 1 dosis vaksin BCG sebanyak 0. dan anak-anak yang hasil uji tuberculinnya negatif dan yang berada dalam lingkungan orang dewasa dengan kondisi terinfeksi TBC dan tidak menerima terapi atau menerima terapi tetapi resisten terhadap isoniazid atau rifampin. Pemberian vaksin BCG biasanya dilakukan secara injeksi intradermal/intrakutan (tidak secara subkutan) pada lengan bagian atas atau injeksi perkutan sebagai alternatif bagi bayi usia muda yang mungkin sulit menerima injeksi intradermal. Perlindungan yang diberikan oleh vaksin BCG dapat bertahan untuk 10 . Untuk infants atau anak-anak kurang dari 12 bulan diberikan 1 dosis vaksin BCG sebanyak 0. Vaksin BCG merupakan serbuk yang dikering-bekukan untuk injeksi berupa suspensi. Sebelum dilakukan pemberian vaksin BCG (selain bayi sampai dengan usia 3 bulan) setiap pasien harus terlebih dahulu menjalani skin test. Efikasi dari vaksin tergantung pada beberapa faktor termasuk diantaranya umur.

Kini penelitian asma nampak cukup menjanjikan bagi penderita asma berat. Kelebihan dosis dan pemberian vaksin pada pasien dengan tuberculin positif. dan timbul reaksi alergi Beberapa contoh vaksin BCG yang tersedia di Indonesia adalah : Vaksin BCG kering (Bio Farma) dan BCG Vaccine SSI (Statent Serum Institut . serangan asma menjadi momok bagi penderitanya. demam. DIarsipkan di bawah: Pengobatan. dan Vaksinasi Terhadap Virus Dulu sebelum ada bronkodilator maupun kortikosteroid inhalasi. sesak. Wanita hamil dan menyusui.Denmark). yang berujung pada hendaya dalam aktivitas sehari-hari. Beberapa adverse reaction yang mungkin terjadi setelah pemberian vaksin BCG antara lain: • • • Nyeri pada tempat injeksi. Terapi. 1 Attenuated vaksin : vaksin yang disiapkan dari mikroorganisme atau virus hidup yang dibiakkan di bawah kondisi yang tidak sesuai agar kehilangan virulensinya tetapi tetap mempunyai kemampuan untuk menginduksi kekebalan.2. Sakit kepala. . Penggunaan inhibitor TNF-α terbukti meningkatkan kualitas hidup mereka. walaupun belum ada data yang menunjukkan efek bahaya dari pemberian vaksin BCG terhadap wanita hamil dan menyusui. Napas terasa berat. terjadi ulcer atau keloid karena kesalahan pada saat injeksi.

Penelitian Berry dan rekan kemudian membuktikan bahwa TNF-α adalah efektor utama hiperresponsivitas bronkial pada penderita asma yang sulit disembuhkan dengan terapi kortikosteroid. dan meningkat tahun 2003 menjadi dua kali lipat lebih yakni 5. Kenaikan prevalensi di Inggris dan di Australia mencapai 20-30%.5% anak dan 26. Penderita yang mengaku mengalami keterbatasan dalam berekreasi atau olahraga sebanyak 52. Penyebab asma berhubungan dengan genetik dan sistem imun sehingga pengobatan asma sampai sejauh ini baru pada tahap mengendalikan gejala. batuk. prevalensi asma masih 2. Pada penderita asma berat ditemukan bahwa tingkat ekspresi gen TNF-α lebih besar daripada pada penderita asma sedang maupun yang terkontrol. jumlah TNF-αnya sama dengan penderita asma yang terkontrol.3% penderita mengaku terganggu tidurnya paling tidak sekali dalam seminggu. aktivitas fisik 44. terapi efektif untuk penderita asma berat sangat dibutuhkan. pemilihan karier 37.1%. pada asma sedang. Selain itu. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwa penderita asma berat memiliki TNF-α yang lebih tinggi konsentrasinya dibandingkan dengan orang normal. aktivitas sosial 38%.5% orang dewasa. Di Indonesia. terutama pada malam atau dini hari. National Heart. Asma terbukti menurunkan kualitas hidup penderitanya. Lung and Blood Institute melaporkan bahwa asma diderita oleh 20 juta penduduk amerika. Berbeda dengan pada asma berat.6%. cara hidup 37. Serangan asma biasanya berupa episode berulang yang berhubungan dengan obstruksi aliran udara pernapasan. Dalam salah satu laporan di Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2003 dinyatakan bahwa dari 3. Oleh karena itu. Baru-baru ini Howarth dan rekan menemukan bahwa ekspresi dari sitokin yang disebut tumor necrosis factor alpha (TNF-α) pada saluran napas berkaitan dengan tingkat keparahan asma.9%. total biaya pengobatan untuk asma di USA sekitar 10 milyar dollar per tahun dengan pengeluaran terbesar untuk ruang emergensi dan perawatan di rumah sakit. Namun faktor TNF-α ini tidak berlaku pada semua tipe asma. adalah penghambat TNF yang pada awalnya ditujukan untuk penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau . Fakta tersebut mendorong para peneliti untuk menerapkan terapi baru untuk penderita asma berat dengan menghambat aktivitas TNF-α.1%. sesak nafas dan dada terasa penuh. dan pekerjaan rumah tangga 32. Bahkan 28.7%. meskipun telah dilakukan terapi kortikosteroid dosis tinggi. penelitian pada anak sekolah usia 13-14 tahun dengan menggunakan kuesioner ISAAC (International Study on Asthma and Allergy in Children) tahun 1995 menunjukkan. Dari tahun ke tahun prevalensi penderita asma semakin meningkat. Substansi yang memiliki kemampuan menghambat pengeluaran TNF-α adalah etanercept.207 kasus yang diteliti. TNF-α adalah salah satu sitokin inflamasi yang berhubungan dengan alergi.Asma adalah suatu penyakit inflamasi kronik pada saluran napas yang menyeb abkan hiperresponsivitas saluran nafas Gejala dan tandanya yaitu bising mengi. Absen dari sekolah maupun pekerjaan dalam 12 bulan terakhir dialami oleh 36.1%. 44-51% mengalami batuk malam dalam sebulan terakhir.2%. Etanercept.

namun lebih bijaksana untuk menunggu hasil penelitian lebih lanjut yang lebih besar sebelum digunakan untuk penanganan pasien secara individu. insiden munculnya efek samping tersebut rendah sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang melibatkan pasien yang lebih banyak untuk menentukan apakah inhibitor TNF-α tersebut memang benar meningkatkan risiko infeksi saluran respirasi yang serius seperti pneumonia dan meningkatkan risiko terjadinya kanker. Sebagian dari partisipan diberi etanercept dua kali dalam seminggu selama 10 minggu. dua kelompok tersebut ditukar pemberian obat dan plasebonya. Bahkan jika penelitian yang lebih besar tersebut berhasil.<Primz> . Setelah satu bulan istirahat. Meskipun studi awal mengenai terapi antiinflamasi untuk asma terlihat menjanjikan. tetapi akan tetap dikombinasikan dengan penanganan asma berat yang sudah ada. Penggunaan etanercept pada penderita asma yang sulit disembuhkan dengan kortikosteroid tersebut menunjukkan hasil positif dan menurunkan hiperresponsivitas bronkial Namun.spondilitis ankylosing. Hal ini disebabkan pada kasus yang lebih ringan tidak memiliki kadar TNF-α yang tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang menderita asma berat. Hasil yang didapatkan menunjukkan skala kualitas hidup meningkat tujuh poin. Pada suatu uji coba untuk menilai peranan inhibitor TNF-α pada asma yang sulit disembuhkan. sebagian lagi menerima plasebo. sedangkan mereka yang menderita asma ringan dan sedang tidak. Menurut penelitian Berry dan rekan. Para ahli menjelaskan bahwa hanya mereka yang menderita asma berat yang memberikan respon terhadap etanercept. skornya meningkat rata-rata satu poin pada mereka yang diberi etanercept dibandingkan dengan plasebo. terapi TNF-α -inhibitor tidak akan difungsikan sebagai terapi pengganti. para ahli melakukan tes dengan memberikan TNF-α inhibitor (etanercept) kepada partisipan yang menderita asma berat. penyakit limfoproliferasi dan reaktivasi tuberkulosis. penggunaan inhibitor TNF-α juga ternyata memiliki efek samping yang serius seperti kelainan demyelinasi.

90% penderita meninggal dalam 3 tahun setelah diagnosis.Kematian umumnya bukan terjadi karena kesulitan bernafas yang diakibatkan oleh membesarnya kanker. dari berbagai penelitian menunjukkan korelasi yang sangat positif dan sangat konsisten bahwa satu-satunya penyebab kanker paru-paru secara umum adalah konsumsi rokok. Penyebaran metastase ke arah otak dan bagian kritis lainnya lah yang mengakibatkan kematian itu. tetapi karena posisi paru-paru dalam sistem peredaran darah menjadikan kanker mudah menyebar ke seluruh tubuh. Namun grafik-grafik di bawah. Korelasi Dengan Rokok Industri rokok menganggap bahwa kaitan antara jumlah penderita kanker paru-paru dengan tingginya konsumsi rokok hanay merupakan kebetulan. .

.

.

maka bisa menjalani uji fungsi paru. kebanyakan anak penderita asma juga menderita alergi dan harus menjalani evaluasi alergi dalam perawatan mereka. Pada anak-anak. 5. Untuk memberikan diagnosa asma pada anak. gejala asma dapat dipengaruhi oleh kegiatan sekolah serta ekstrakulikuler. alergen (seperti hewan peliharaan) atau olahraga? Seberapa sering dan parahkah gejala yang terjadi? Apakah anak Anda merindukan sekolah? Apakah batuk dan mengi menyebabkan Anda dan anak anda terbangun di waktu malam? Bila anak Anda cukup umur (biasanya lebih tua dari 5-6 tahun). 3. mengi. Dua pemicu asma pada anak-anak adalah dingin dan alergen (zat pemicu alergi). 6. Orang tua mungkin menyadari anak mereka memiliki daya tahan yang kurang selama bermain daripada kawan sebayanya.www. kecoa. Diagnosis Lebih dari 80% dari anak-anak penderita asma memberikan gejala sebelum usia 5 tahun.apakah dingin. Tanda asma. Apakah anak Anda batuk. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa batuk kronis mungkin merupakan gejala tunggal dari asma dan bahwa anak tidak harus menderita mengi untuk menderita asma! Anak dengan penyakit saluran pernafasan. sesak nafas atau nafasnya pendek? Apakah anak Anda sering terkena pilek dan lebih lama sembuh daripada saudara lainnya? Apakah anak anda setelah olahraga. seperti bronkitis mungkin menderita asma. bermain dan tertawa. atau saat sedang marah mengalami batuk atau mengi? Apakah dalam keluarga ada yang asma atau alergi? Apa yang menyebabkan gejala pada anak muncul. 8. mengi (muncul bunyi saat bernafas). 7.Asma pada Anak 05/05/2006 . Gejala asma pada anak dapat berupa batuk asma. serbuk sari dan . dokter anak mungkin akan menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini: 1. bulu hewan. Hasilnya akan memberitau bagaimana fungsi paru anak anda sebenarnya. Dokter anak harus sangat hatihati mengobservasi pada orang tua anak untuk memberikan diagnosa yang tepat.aaaai.org Asma merupakan penyakit serius pada anak-anak. 4. debu. Uji ini tidak hanya membantu menegakkan diagnosa tetapi juga membantu dokter untuk mengetahui tanggapan tubuh terhadap pengobatan yang djalani. Faktanya. sesak nafas dan nafas yang pendek. Asma pada anak telah menyebabkan banyaknya kunjungan ke dokter serta banyak yang dirawat tiap tahunnya. Alergen yang umum adalah tungau. seperti sesak nafas sering tidak dikenali oleh anak. atau mereka mungkin melihat anak mereka mencoba membatasi atau menghindari aktivitas fisik untuk mencegah batuk atau tersengal. Kadang mereka akan mengeluh bahwa dada mereka sakit atau sesak nafas. 2.

berarti gejala asmanya tidak terkontrol. Dapatkah anak saya berolah raga? Orang tua mungkin memiliki keinginan untuk membatasi aktivitas fisik anak untuk mencegah terjadinya sesak nafas. Anak juga dianjurkan untuk ikut serta dalam aktivitas normal lainnya sebanyak-banyaknya. Jika seorang anak mengalami gejala lebih dari dua kali dalam seminggu atau bangun di malam hari lebih dari dua kali dalam sebulan. Dokter seharusnya tidak hanya meresepkan hal tersebut. inhaler dengan dosis terukur. asma dapat di kontrol dengan perawatan dan pengelolaan yang baik. Personel sekolah dan orang tua harus menciptakan suatu lingkungan yang mendukung. Tiap anak yang memiliki asma harus memiliki rencana pengelolaan asma yang tertulis. nebulizer untuk mengantarkan uap obat. tetapi tidak melemahkan secara progresif. BELAJAR dan BERMAIN Bila asma membuat terbangun pada malam hari: bila anak tidak bisa melakukan aktivitasnya hingga tidak masuk sekolah. Bagaimanapun. Asma di Sekolah Anak. Seperti peak flow meter untuk mengukur kemudahan bernafas. Meski asma merupakan penyakit kronis. yang menyebabkan peradangan. Banyak negara yang memiliki hukum untuk mengijinkan seorang anak menyimpan inhalernya di tas sekolah. Dengan seijin dari dokter dan orang tua. untuk kebanyakan anak. tetapi ada juga yang memburuk.anak penderita asma dapat memiliki fungsi paru yang normal atau nyaris normal dengan pengobatan dan pengelolaan yang memadai. dokter dan personel sekolah harus bekerja sama untuk mencegah atau mengontrol gejala asma di sekolah. keluarga. ingat bahwa beberapa atlet Olimpiade memiliki asma.jamur Pengelolaan Tujuan pengelolaan asma pada anak sangat mudah. Sebagai bagian dari rencana pengelolaan asma yang efektif. anak penderita asma di usia sekolah diijinkan membawa inhaler dengan dosis terukur sepanjang waktu untuk digunakan sewaktu-waktu. babyhaler atau volumatik yang disambung ke inhaler. Pertanyaan yang sering ditanyakan: Apakah asma dapat ditularkan? Asma bukanlah penyakit menular. Beberapa anak yang mempunyai gejala asma akan bertambah baik selama masa remaja. orang tua dapat mengambil langkah proaktif sebagai berikut: . bagaimana pengobatannya saat anak mengalami gejala yang meningkat dan kapan saat untuk memanggil dokter. karena dapat meningkatkan fungsi pernafasan. dokter anak harus memberikan pengobatan dan alat bantu yang khusus. anak dengan asma harus bisa untuk: TIDUR. Asma adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu. Untuk memastikan perawatan optimal di sekolah. inhaler serbuk kering atau obat oral (tablet). sebelum asmanya tidak terkontrol. Dapatkah asma disembuhkan? Sebenarnya. Anak dengan asma sangat mungkin untuk unggul di bidang atletik. tetapi juga mengajarkan anak dan orang tua bagaimana menggunakan alat-alat tersebut dengan benar. tidak ada penyembuhan untuk asma. Rencana ini memberikan kontrol pada pasien dan orang tuanya serta memberikan kemungkinan perawatan dini saat gejala muncul. Tetapi bila anak telah menjalani pengobatan yang layak. mereka seharusnya ikut terapi jangka panjang. Di beberapa kasus anak menemukan kesulitan karena harus ke gedung sekolah bagian lain untuk ke tempat pengobatan. penyempitan yang bersifat sementara. Banyak anak penderita asma yang merasa malu atas kebutuhan mereka dalam pengobatan. olahraga aerobik harus menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Obat asma yang diberikan seperti obat penyelamatan atau penyembuhan cepat terhadap gejalagejala asma (seperti albuterol) dan obat jangka panjang untuk mengontrol pembengkakan yang menyebabkan asma. Rencana ini memberi tahu anak dan orang tuanya pengobatan apa yang harus digunakan saat kambuh.

keluarga dan perawat kesehatan secara efektif harus berhubungan dan bekerja sama untuk menganjurkan anak mengambil bagian dalam aktivitas dengan kawan sebaya mereka. dan aman bagi anak – baik dalam dan luar sekolah dan menjamin perawatan asma sebaik mungkin. 2. Bertemu dengan guru. Bagi anak dengan asma agar berfungsi dengan normal. perawat sekolah. guru olahraga dan mungkin kepala sekolah saat awal masuk sekolah. Usaha tim akan menolong menimbulkan lingkungan positif. Biarkan dokter yang menangani anak anda untuk menuliskan rencana bila asma kambuh di sekolah. personel sekolah.1. sehat. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful