P. 1
Paper Perseroan Terbatas (Kamil AP)

Paper Perseroan Terbatas (Kamil AP)

|Views: 77|Likes:
Published by Kamil Arif Patarai

More info:

Published by: Kamil Arif Patarai on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2013

pdf

text

original

Perseroan Terbatas (PT.

)
Perseroan Terbatas (PT), dulu disebut juga Naamloze Vennootschap (NV), adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari sahamsaham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang disebut dividenyang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas. Selain berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka mendapatkan bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau ruginya perseroan terbatas tersebut.

Alasan Memilih PT
Setiap badan usaha tentunya memiliki ciri khas tersendiri dan oleh karenanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan si pendiri. Maka dari itu, berikut kami sampaikan pertimbangan dalam memilih PT sebagai kendaraan dalam menjalankan bisnis, yaitu: 1. PT sebagai badan hukum dirasakan lebih menjaga keamanan pengusaha untuk melakukan kegiatan usaha; 2. Merupakan badan usaha yang dapat berskala kecil hingga besar, dengan jumlah modal dan tenagakerja yang besar juga; 3. Dirasakan lebih mudah untuk menjalin hubungan kerjasama dengan pihak swasta atau pemerintah; 4. Dapat melingkupi kegiatan usaha mulai dari Usaha Kecil (UKM) hingga menjadi PT bertaraf internasional; 5. Metode yang diaplikasikan bagi Pemilik modal lebih mudah, dapat dengan hanya menanamkan modal dan tidak terlibat dalam pelaksanaan kegiatan usaha;

2. Pemegang saham dalam PT. atau ruko. 8. untuk perusahaan yang berdomisili di lingkungan perumahan) khusus luar jakarta  Kantor berada di wilayah perkantoran/plaza. biasanya penyelenggara tender atau lelang mensyaratkan peserta untuk berbadan hukum PT. modal ditempatkan. perubahan anggaran dasarnya. Kekayaan para pendiri atau pemegang saham terpisah dengan kekayaan PT. tidak hanya perorangan namun dapat juga badan hukum seperti PT dan Yayasan. atau tidak berada di wilayah pemukiman. peleburan.  Siap disurvei . 10. atau pembubarannya seperti yang diatur dalam UUPT.Ilustrasi 1. 4. Syarat Pendirian PT Syarat umum pendirian Perseroan Terbatas (PT)        Fotokopi KTP para pemegang saham dan pengurus. Adanya keharusan melaksanakan kegiatan usaha harus berbadan hukum PT seperti mendirikan lembaga pembiayaan (Bank). 9. penggabungan. 7. 3. Memiliki jati diri yang jelas dengan nama PT yang tidak sama dengan nama PT lainnya. Untuk mengikuti tender atau lelang.Adanya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang memiliki wewenang/kuasa tertinggi dalam mengambil keputusan yang tidak dimiliki oleh Direksi atau Dewan Komisaris. Adanya pengakuan modal dasar. Memiliki dasar hukum yang jelas tentang pendiriannya. PT lebih populer di kalangan pebisnis di Indonesia. Resiko bagi PT sebagai badan hukum dengan tidak melibatkan harta pribadi pemiliknya kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan. modal disetor yang secara jelas disebutkan dalam Anggaran Dasar PT. 6. minimal 2 orang Fotokopi KK penanggung jawab / Direktur Nomor NPWP Penanggung jawab Pas foto penanggung jawab ukuran 3X4 (2 lembar berwarna) Fotokopi PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan Fotokopi surat kontrak/sewa kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha Surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran  Surat keterangan RT/RW (jika dibutuhkan. 5. Pemakaian nama PT dilindungi oleh peraturan perundang-undangan.

dan lain-lain. dalam perseroan terbatas juga terdapat modal yang ditempatkan. keduanya tentang perseroan terbatas) Setelah mendapat pengesahan. 1 Tahun 1995 & UU No. 40 tahun 2007. 7 ayat 4)  Modal dasar minimal Rp. dahulu sebelum adanya UU mengenai Perseroan Terbatas (UU No. harus dengan menggunakan akta resmi (akta yang dibuat oleh notaris) yang di dalamnya dicantumkan nama lain dari perseroan terbatas. PMA Mekanisme Pendirian Perseroan Terbatas Untuk mendirikan PT. 1 tahun 1995) Perseroan Terbatas harus didaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat. 40 tahun 2007 diubah menjadi merupakan kewenangan/kewajiban Menteri Hukum dan HAM. 40 Tahun 2007. 1 tahun 1995 tersebut.Syarat pendirian PT secara formal berdasarkan UU No. kewajiban pendaftaran di Kantor Pendaftaran Perusahaan tersebut ditiadakan juga. Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). 1 tahun 1995 berlaku pengumuman tersebut merupakan kewajiban Direksi PT yang bersangkutan tetapi sesuai dengan UU No. kecuali dalam rangka peleburan (pasal 7 ayat 2 dan ayat 3)  Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI (ps. yang pada waktu pendiriannya merupakan jumlah yang disertakan oleh para . modal. dan perkembangan tetapi selanjutnya sesuai UU No. 50 juta dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (pasal 32 dan pasal 33)  Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris (pasal 92 ayat 3 & pasal 108 ayat 3)  Pemegang saham harus WNI atau badan hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia. bidang usaha. modal yang disetorkan dan modal bayar. Modal yang ditempatkan merupakan jumlah yang disanggupi untuk dimasukkan. Untuk mendapat izin dari menteri kehakiman. kecuali PT. Sedangkan tahapan pengumuman dalam Berita Negara Republik Indonesia (BNRI) tetap berlaku. Selain modal dasar. harus memenuhi syarat sebagai berikut:    Perseroan terbatas tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan Akta pendirian memenuhi syarat yang ditetapkan Undang-Undang Paling sedikit modal yang ditempatkan dan disetor adalah 25% dari modal dasar. hanya yang pada saat UU No. 40/2007 adalah sebagai berikut:  Pendiri minimal 2 orang atau lebih (pasal 7 ayat 1)  Akta Notaris yang berbahasa Indonesia  Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham. (sesuai dengan UU No. alamatperusahaan. Modal dasar perseroan adalah jumlah modal yang dicantumkan dalam akta pendirian sampai jumlah maksimal bila seluruh saham dikeluarkan. maka akta pendirian tersebut harus didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Perusahaan (sesuai UU Wajib Daftar Perusahaan tahun 1982) (dengan kata lain tidak perlu lagi didaftarkan ke Pengadilan negeri. Setelah tahap tersebut dilalui maka perseroan telah sah sebagai badan hukum dan perseroan terbatas menjadi dirinya sendiri serta dapat melakukan perjanjian-perjanjian dan kekayaan perseroan terpisah dari kekayaan pemiliknya. tetapi setelah berlakunya UU No.

Modal yang disetor merupakan modal yang dimasukkan dalam perusahaan. membawa akta pendirian yang sudah mendapat pengesahan dari Departemen Kehakiman beserta surat keputusan pengesahan dari Departemen Kehakiman tersebut ke kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri yang mewilayahi domisili Perseroan Terbatas untuk didaftarkan. Departemen Kehakiman. serta pula surat dari Panitera Pengadilan negeri tentang telah didaftarnya akta pendirian PT tersebut ke kantor Percetakan Negara. Setelah itu ditetapkan surat keputusan terakhir dari Departemen Kehakiman tentang akta pendirian Perseroan Terbatas yang bersangkutan. maka perubahan itu harus ditetapkan lagi dengan akta notaris sebagai tambahan akta notaris yang dahulu. para pendiri datang di kantor notaris untuk diminta dibuatkan akta pendirian Perseroan Terbatas. maka notaris mengirimkan akta tersebut kepada Kepala Direktorat Perdata.maka PT yang bersangkutan sudah sah menjadi badan hukum. maka hal itu dapat diserahkan pelaksanaannya kepada notaris yang bersangkutan.  Ketiga. sebagai hasil musyawarah mereka. Sesudah akta pendirian PT tersebut diumumkan dalam Tambahan Berita Negara RI. para pendiri atau salah seorang atau kuasanya. Panitera yang berwenang mengenai hal ini mengeluarkan surat pemberitahuan kepada notaris yang bersangkutan bahwa akta pendirian PT sudah didaftar pada buku register PT. Tambahan akta notaris ini harus mnedapat pengesahan dari Departemen Kehakiman.  Keempat. tetapi dalam hal ini Kepala Direktorat Perdata tersebut harus ada surat pengantar dari notaris yang bersangkutan. maka para pendiri. melakukan perbuatan hukum sebagai yang tersebut dibawah ini:  Pertama. maka Kepala Direktorat Perdata atas nama Menteri Kehakiman mengeluarkan surat keputusan pengesahan akta pendirian Perseroan Terbatas yang bersangkutan. . yang biasanya terdiri dari 2 orang atau lebih. para pendiri membawa akta pendirian PT beserta surat keputusan tentang pengesahan dari Departemen Kehakiman. Yang disebut akta pendirian itu termasuk di dalamnya anggaran dasar dari Perseroan Terbatas yang bersangkutan. Modal bayar merupakan modal yang diwujudkan dalam jumlah uang. setelah pembuatan akta pendirian itu selesai. Anggaran dasar ini sendiri dibuat oleh para pendiri. Akta pendirian tersebut juga dapat dibawa sendiri oleh para pendiri untuk minta pengesahan dari Menteri Kehakiman.persero pendiri. Kalau penelitian akta pendirian Perseroan Terbatas itu tidak mengalami kesulitan. Prosedur Pendirian Perseroan Terbatas Bilamana seseorang akan mendirikan perseroan terbatas.  Kedua. Kalau para pendiri merasa tidak sanggup untuk membuat anggaran dasar tersebut. yang menerbitkan Tambahan Berita Negara RI. Kalau ada hal-hal yang harus diubah.

sesudah itu didaftarkan dan kemudian diumumkan seperti biasa.50. Penyetoran atas modal saham selanjutnya diatur pada pasal 34 ayat 2 dan 3.Modal dasar paling sedikit Rp. 40 Tahun 2007. Perubahan atas besarnya jumlah modal perseroan harus mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman.40 tahun 2007. Penyetoran atas modal saham dapat dilakukan dalam bentuk uang dan/atau dalam bentuk lainnya (Pasal 34 ayat 1).(Pasal 31 (1)).  Modal yang disanggupkan atau ditempatkan diatur pada pasal 33 UU No.000. yang terdiri dari:  Modal perseroan atau modal dasar. Modal dasar perseroan terdiri atas seluruh nilai nominal saham. yakni modal yang benar-benar telah disetor oleh para pemegang saham pada kas perseroan.  Modal yang disetor. Termasuk dalam harta kekayaan perseroan terbatas adalah modal. Diatur pada pasal 34 UU No.00 (Pasal 32 ayat 1).Ketentuan modal dasar diatur pada pasal 31-32 UU No.Struktur Permodalan Perseroan Terbatas Perseroan mempunyai kekayaan sendiri terpisah dari kekayaan masing–masing pemegang saham perseroan.40 Tahun 2007. Paling sedikit 25% dari modal dasar sebagaimana dimaksud dalam pasal 32 harus ditempatkan dan disetor penuh (Pasal 33 ayat 1).000. yaitu jumlah maksimum modal yang disebut dalam akta pendirian. Dokumen yang akan diproses dan jangka waktu panjang .

Dalam RUPS sendiri dibahas masalah-masalah yang berkaitan dengan evaluasi kinerja dan kebijakan perusahaan yang harus dilaksanakan segera. Dalam PT. Struktur organisasi perseroan terbatas terdiri dari pemegang saham. melalui komisarisnya melimpahkan wewenangnya kepada direksi untuk menjalankan dan mengembangkan perusahaan sesuai dengan tujuan dan bidang usaha perusahaan. direksi berwenang untuk mewakili perusahaan. C. Pembagian Wewenang Dalam Perseroan Terbatas Dalam perseroan terbatas selain kekayaan perusahaan dan kekayaan pemilik modal terpisah juga ada pemisahan antara pemilik perusahaan dan pengelola perusahaan. PT Kosong Perseroan terbatas kosong adalah perseroan yang sudah ada izin usaha dan izin lainnya tapi tidak ada kegiatannya. bahkan bila perlu memberhentikan direksi dengan menyelenggarakan RUPS untuk mengambil keputusan apakah direksi akan diberhentikan atau tidak. Isi RUPS:    Menentukan direksi dan pengangkatan komisaris Memberhentikan direksi atau komisaris Menetapkan besar gaji direksi dan komisaris . Apabila terjadi kerugian yang amat besar (di atas 50 %) maka direksi harus melaporkannya ke para pemegang saham dan pihak ketiga. Komisaris memiliki fungsi sebagai pengawas kinerja jajaran direksi perusahaan. memberi petunjuk. Bila pemegang saham berhalangan. diperjualbelikan melalui bursa saham.Pembagian Perseroan Terbatas A. PT Terbuka Perseroan terbuka adalah perseroan terbatas yang menjual sahamnya kepada masyarakat melalui pasar modal (go public). Pengelolaan perusahaan dapat diserahkan kepada tenaga-tenaga ahli dalam bidangnya (profesional). semua pemegang saham sebesar/sekecil apapun sahamnya memiliki hak untuk mengeluarkan suaranya. B. dan lain-lain. Dalam RUPS/Rapat Umum Pemegang Saham. dia bisa melempar suara miliknya ke pemegang lain yang disebut proxy. PT Tertutup Perseroan terbatas tertutup adalah perseroan terbatas yang modalnya berasal dari kalangan tertentu misalnya pemegang sahamnya hanya dari kerabat dan keluarga saja atau orang kalangan terbatas dan tidak dijual kepada umum. Hasil RUPS biasanya dilimpahkan ke komisaris untuk diteruskan ke direksi untuk dijalankan. dan sebagainya. Dalam kaitan dengan tugas tersebut. direksi. Jadi sahamnya ditawarkan kepada umum. Contoh-contoh PT. menegur direksi. untuk kemudian dirapatkan. para pemegang saham. dan komisaris. Pertamina. Telkom. mengadakan perjanjian dan kontrak. Komisaris bisa memeriksa pembukuan. PT. Terbuka adalah PT.

pemegang saham sebuah perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk obligasi dan hutang perusahaan. Aset dan struktur perusahaan dapat melewati masa hidup dari pemegang sahamnya. 2. Perubahan atas nama perseroan dan/atau tempat kedudukan Perseroaan. . Akibatnya kehilangan potensial yang "terbatas" tidak dapat melebihi dari jumlah yang mereka bayarkan terhadap saham. Untuk hal ini. Untuk mendirikan sebuah PT tidaklah mudah. Tidak hanya ini mengijinkan perusahaan untuk melaksanakan dalam usaha yang beresiko. Dan dengan menempatkan orang yang tepat. pejabat atau direktur. 4. 3. sehingga terlihat tugas pokok dan fungsi masing-masing. Perubahan besarnya modal dasar. Kewajiban terbatas. Manajemen dan spesialisasi memungkinkan pengelolaan modal yang efisien sehingga memungkinkan untuk melakukan ekspansi. tetapi kewajiban terbatas juga membentuk dasar untuk perdagangan di saham perusahaan. yang dapat menjadiinvestasi dalam proyek yang lebih besar dan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada aset perusahaan tetap dapat menjadi subyek disolusi dan penyebaran. Hubungan antar perorangan juga lebih formal dan berkesan kaku. Hal-hal hasil RUPS yang harus mendapatkan pengesahan dan yang hanya cukup didaftarkan Menurut Undang-undang Perseroan Terbatas Nomor 40 Tahun 2007 hal-hal dari hasil RUPS yang perlu mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Ham adalah 1. Dan juga adanya pemisahan antara pengelola dan pemilik perusahaan. 3. PT juga membutuhkan akta notaris dan izin khusus untuk usaha tertentu. lihat Statute of Mortmain. efisiensi maksimum dari modal yang ada. 2. Kelebihan ini juga sangat penting dalam periode pertengahan. biaya pengorganisasian akan keluar sangat besar. Lalu dengan besarnya perusahaan tersebut. ketika tanah disumbangkan kepada Gereja (sebuah perusahaan) yang tidak akan mengumpulkan biaya feudal yang seorang tuan tanah dapat mengklaim ketika pemilik tanah meninggal. Belum lagi kerumitan dan kendala yang terjadi dalam tingkat personel. Efisiensi manajemen. Tidak seperti partnership.    Mengevaluasi kinerja perusahaan Memutuskan rencana penambahan / pengurangan saham perusahaan Menentukan kebijakan perusahaan Mengumumkan pembagian laba (dividen) Keuntungan Membentuk Perusahaan Perseroan Terbatas Keuntungan utama membentuk perusahaan perseroan terbatas adalah 1. Selain biayanya yang tidak sedikit. Ini menyebabkan stabilitas modal. Kelemahan Perusahaan Perseroan Terbatas Kerumitan perizinan dan organisasi. Perubahan Maksud dan Tujuan serta kegiatan usaha perseroaan. Perubahan jangka waktu berdirinya Perseroaan. Masa hidup abadi.

Pengangkatan dan pemberhentian Dewan Komisaris dan Direksi 2.5. Perubahan Perseroan dari status tertutup menjadi terbuka atau bisa juga sebaliknya Sementara itu hasil RUPS yang cukup didaftarkan saja adalah 1. Perubahan pengurangan modal ditempatkan dan disetor. Penambahan modal ditempatkan atau disetor . dan/atau 6.

Profil salah satu Badan Usaha Perseroan Terbatas PT.Minangkabau No. Sistem pembayaran bonus harian tanpa syarat 2. Melia .: +622183702766 No.BPOM: POM TI 124 646 701 Melia Biyang: No. Dengan keunggulan dan kelebihan pada sistem marketing plan akan memudahkan peluang seluruh anggotanya untuk memperolek Kesuksesan. Jenis dan perhitungan bonus yang sederhana 3. PT.58 Pasar Manggis. Melia Sehat Sejahtera adalah perusahaan yang memasarkan produk .Setia Budi Jakarta Selatan 12970 Telephone: +622183702857-83787348 (hunting) Fax No. Website pribadi yang selalu di perbaharui setiap hari dan bisa diakses setiap saat.SIUPL: 8/1/SIUPLS/PMDN/2012 Produk: Melia Propolis: No. Mengembangkan jaringan dengan kecepatan pembayaran serta mampu mengatasi trauma masyarakat pada sistem mulilevel marketing yang mempergunakan tutup poin. Tentang Marketing Plan PT.Sistem pemasaran produk mempergunakan sistem pemasaran jaringan atau multilevel marketing.supexteam. Pembayaran bonus yang besar 4. Melia Sehat Sejahtera adalah sebuah perusahaan multilevel marketing di Indonesia yang pertama kali membuat terobosan terbaru di sistem marketing plan yang berpihak kepada member.com Tentang Perusahaan PT.meliasehatsejahtera. Mengatasi masalah keuangan.BPOM: POM SI 124 603 441 Website Perusahaan www.com Group Platinum Spx www.produk makanan kesehatan yang berkualitas tinggi. MELIA SEHAT SEJAHTERA Motto: Bersama kami menuju hidup lebih baik Alamat: Jl. yaitu: 1.

Melia Sehat Sejahtera menyadari bahwa produk adalah modal dasar anggota untuk berkembang menjadi pelaku bisnis jaringan yang sukses.Semua produk PT. belanja ulang terjadi jika seorang anggota memperoleh bonus. Juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan melia propolis PT. Tentang Produk PT. Melia Sukses Sejahtera memiliki produk yang mampu menjaga kesehatan masyarakat dari serangan berbagai penyakit serta mampu membantu penyembuhan terutama pada penyakit yang disebabkan oleh VIRUS. PT. Rahasia awet muda ada dalam genggaman Anda Produk-produk yang berkualitas akan memudahkan anggota untuk mempromosikan produk kepada calö prospekan. Melia Sehat Sejahtera juga memiliki produk awet muda melia biyang yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Fisik serta mampu menunda penuaan.Malaysia. Stamina. . Mental.Melia Sehat Sejahtera diproduksi di pabrik yang memiliki standar tinggi dan GMP oleh Herbal Science Sdn.Bhd.Sehat Sejahtera memberlakukan belanja ulang otomatis. BAKTERI dan JAMUR..

Merupakan badan usaha yang dapat berskala kecil hingga besar. Bagi Anda yang mendambakan hidup sehat dan sejahtera serta peluang usaha silahkan bergabung. Produk PT. 3. dengan jumlah modal dan tenagakerja yang besar juga. yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Syarat pendirian PT secara formal berdasarkan UU No. c.MSS memiliki reaksi yang sangat cepat terutama untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. Pendiri minimal 2 orang atau lebih (pasal 7 ayat 1) b. b. Akta Notaris yang berbahasa Indonesia . apa saja? a.dan jamurserta untuk meningkatkan stamina tubuh. 2. 4. Contoh soal: 1.bakteri.Yang mampu dijangkau masyarakat Indonesia. b.Produk-produk PT. d.Melia Sehat Sejahtera telah diakui oleh pemerintah Republik Indonesia dengan telah diberikannya Surat Izin Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPPOM RI). dan c.sangat dibutuhkan masyarakat luas tanpa ada efek samping serta dapat dipakai berulang dengan segmen pasar yang tidak terbatas serta tidak mengenal batas umur dan jenis kelamin. Sebutkan 3 alasan biasanya orang memilih mendirikan PT? a. 40/2007. Keunggulan dan kelebihan produk-produk PT. Apakah yang dimaksud dengan Perseroan Terbatas? Perseroan terbatas adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham. Dirasakan lebih mudah untuk menjalin hubungan kerjasama dengan pihak swasta atau pemerintah. Harga sangat relatif dan murah dibandingkan dengan produk sejenis di perusahaan MLM lain atau di pasar bebas. Konsumeable.Melia Sehat Sejahtera adalah a. Berasal dari manakah modah dari Perseroan Terbatas? Modal Perseroan Terbatas berasal dari saham dan obligasi. PT sebagai badan hukum dirasakan lebih menjaga keamanan pengusaha untuk melakukan kegiatan usaha.

Telkom. seperti minuman ringan dalam botol. Studi Kasus A. PT Tertutup Perseroan terbatas tertutup adalah perseroan terbatas yang modalnya berasal dari kalangan tertentu misalnya pemegang sahamnya hanya dari kerabat dan keluarga saja atau orang kalangan terbatas dan tidak dijual kepada umum. diperjualbelikan melalui bursa saham. Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI (ps. kecuali PT. PT Kosong Perseroan terbatas kosong adalah perseroan yang sudah ada izin usaha dan izin lainnya tapi tidak ada kegiatannya. Modal dasar minimal Rp. dengan cakupan pemasaran yang cukup luas di wilayah Indonesia. Perusahaan ini berkedudukan di kota Jakarta. Niaga Oriens  Latar belakang masalah PT. dan lain-lain. Sebutkan jenis pPerseroan Terbatas PT Terbuka Perseroan terbuka adalah perseroan terbatas yang menjual sahamnya kepada masyarakat melalui pasar modal (go public). 7 ayat 4) e. Perusahaan pemasaran ini mempunyai skala aktivitas yang cukup tinggi yaitu dengan omzet penjualan tahunan mencapai Rp. Pemegang saham harus WNI atau badan hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia. Niaga Oriens adalah sebuah perusahaan pemasaran untuk produk yang dikategorikan dalam produk-produk yang dapat dikonsumsi. PMA 5. Jadi sahamnya ditawarkan kepada umum. Studi Kasus Judul : Tata Ulang Manajemen Pemasaran pada Perusahaan Garmen PT. snack dan kue-roti. PT. Terbuka adalah PT. .c. 50 juta dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (pasal 32 dan pasal 33) f. Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris (pasal 92 ayat 3 & pasal 108 ayat 3) g. Contoh-contoh PT. Pertamina. Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham. kecuali dalam rangka peleburan (pasal 7 ayat 2 dan ayat 3) d.

dengan memperkerjakan sejumlah agen dan salesman. Semarang. Ari dan Afong. untuk mencapai distribution coverage yang tinggi.000. sedangkan 55% sisanya berasal dari penjualan distributor atau agen-agen luar kota. 6. makanya mereka dibebani target yang lebih daripada tiga orang lainnya.000. Strategi Umum Melihat data di atas. masing-masing diantaranya berada di kota Bandung. Hal ini ditengarai dari karyawan yang bernama Marno. yang kemudian sejak pertengahan 1994 tenaga penjualannya menjadi 14 orang.000.6. Surabaya. perusahaan menggunakan 6 orang salesman.000. Kalau dilihat dari target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Kalaupun ada keluhan. setelah menganalisis pekerjaan salesman.000. yaitu strategi umum dan strategi khusus : A. Komposisi hasil penjualan yang diperoleh selama ini menunjukkan bahwa kurang lebih 45% omzet berasal dari penjualan langsung di wilayah Jabotabek.000. Seorang konsultan. hanya saja mereka ragu apakah NIAGA ORIENS dapat berkinerja hingga mencapai tingkat seperti yang telah dicapai oleh pesaingnya selama ini? Adapun target penjualan yang akan dicapai pada tahun 1995 adalah Rp.. Sejauh ini tidak pernah ada keluhan pelanggan yang sangat menonjol. menilai bahwa optimum call untuk pelanggan kategori produk ini tidak lebih dari 280 call perbulan dengan effective call sebesar paling sedikit 60%.000. sedangkan PT.000. Oriens hanya mampu mencatat omzet Rp. 18. Jumlah agen yang dimiliki adalah 5. itupun hanya keluhan-keluhan kecil saja.-.000.000. Ujung Pandang. Hal seperti ini tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja.-. karena imbasnya dapat menularkan contoh-contoh yang tidak baik kepada karyawan . dan Padang. sampai dengan pertengahan tahun 1994.  Proses/ pemecahan masalah Strategi ini dibagi menjadi 2. harga dan kemasan juga dapat diterima baik di masyarakat.000.  Input / masalah Manajemen berharap agar kinerja perusahaan ini dapat ditingkatkan. seperti salesman tidak sempat mengunjungi pelanggan. tiga karyawan yang saya sebutkan di atas tergolong dalam karyawan yang dapat di bilang senior di bidangnya.000. yang mana mereka tidak mampu untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan perusahaan. 12. Manajemen menilai bahwa kinerja penjualan yang diperoleh saat ini masih jauh dari memadai. Perusahaan pesaing dengan skala operasi yang kurang lebih sama berhasil mencatat omzet penjualan tahunan sebesar Rp. dapat dikatakan bahwa tidak semua tenaga penjualan bekerja dengan maksimal. Sedangkan di Jabotabek.-.

Ketika sudah diterima menjadi karyawan. Untuk mengantisipasi agar jangan sampai realisasi penjualan berada di bawah angka Rp. maka dari jumlah target Rp.-. bahwa 45% pemasukan perusahaan berasal dari jabotabek. perusahaan ini hanya mampu menggaet 1556 outlet saja.000.000. sebagai contoh : 7 orang beroperasi di wilayah Jakarta.000. 2. dan 7 orang lagi beroperasi di wilayah Tangerang dan Bekasi. sebaiknya diberikan dulu pelatihan-pelatihan tentang pemasaran dan bagaimana bergaul dengan baik dalam kepentingan untuk mencari empati dari pelanggan. Jika ke empat belas karyawan (baik yang sudah lama ataupun yang masih baru) sudah sehati dan sesuara dengan visi dan misi perusahaan.000. dll. 18.-. sebaiknya dilakukan pemilahan daerah jabotabek. Dari total outlet industri sebesar 14. Berikut akan kami sampaikan upaya-upaya yang harus dilakukan dalam tujuan untuk mencapai target penjualan Rp. atau dapat dikatakan hanya 11% yang mampu dijadikan partner usaha. Terlebih dengan ditambahnya tenaga penjualan. . Dengan penambahan tenaga penjualan menjadi 14 orang.000. maka Outlet Share juga harus meningkat.000. maka diharapkan para tenaga penjualan mampu meningkatkanreal call performance. terutama bagi tenaga-tenaga penjualan yang notabene merupakan ujung tombak perusahaan. 8. hendaknya manajemen (lebih khusus manajer SDM) lebih memperhatikan proses perekrutan. Kalau dilihat dari Real Call Performance yang mampu mencapai 200%. terlebih bagi karyawan yang menjadi free rider.000. 18.000. dan siapa-siapa lagi di Jakarta Timur. Outlet Share perusahaan Niaga Oriens masih terlalu rendah.-. 8. dan memberikan peringatan/punishment bagi karyawan yang tidak mampu mencapai target. di mana di tahun tersebut perusahaan ingin meningkatkan laba yang nilainya fantastis.100.yang lain. berarti dengan waktu kerja yang ada sesungguhnya tenaga-tenaga penjualan perusahaan mempunyai waktu yang cukup untuk berbuat lebih.-. Dalam rangka peningkatan real call performance. Jika menilik dari keterangan yang diperoleh. Saya menganjurkan perusahaan memberikan bonus/insentif kepada karyawan yang mampu mencapai target penjualan.100.000.-. Strategi Khusus Strategi Khusus yang perlu ditetapkan oleh perusahaan adalah sebagai berikut: 1. B. maka perusahaan harus menaikkan target menjadi Rp. harus ada pembagian wilayah-wilayah lagi.500.000. Dari wilayah yang sudah dibagi itupun. maka sudah barang tentu target penjualan juga perlu ditingkatkan. maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasang adalah strategi khusus. 8. Jakarta Pusat. Karena tenaga penjualan sudah meningkat. Terlepas dari karyawan yang sudah ada.000.000. siapa di Jakarta Utara. sebaiknya jangan langsung diterjunkan untuk memasarkan barang. Tentunya hal ini tidak boleh terjadi di tahun 1995. yang semula hanya 6 orang sekarang menjadi 14 orang.000. Dalam hal perawatan karyawan dan kesejahteraannya hendaknya juga tidak boleh dilupakan oleh perusahaan supaya mereka dapat bekerja maksimal bagi perusahaan. yang harus diperoleh dari wilayah jabotabek adalah Rp. siapa di Jakarta Barat.

 Feedback / umpan balik 1) Hasil omzet yang diinginkan akan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. sekarang tinggal meningkatkan Outlet Coverage perusahaan. memberikan perhatian kepada mereka sebagai wujud kepedulian perusahaan (perhatian tersebut dapat berupa kartu ucapan hari raya keagamaan. Outlet yang diperlakukan dengan baik pasti akan juga loyal. maka diharapakan effective call performance di tahun 1995 dapat meningkat menjadi minimal 12. sehingga waktu dan jarak tempuh menjadi lebih kecil dan biaya operasi dapat dihemat.di tahun 1995 dapat dicapai.. sekarang tinggal mengandalkan kemampuan berkomunikasi tenaga-tenaga penjualan perusahaan.Hal ini dimaksudkan untuk mencapai efiseinsi dan efektivitas dalam memasarkan produk. dll). Jika effective call performance sudah terpenuhi. maka dapat dipastikan omzet sebesar Rp.5% menjadi 85% . asalkan seluruh komponen perusahaan bekerja sama dengan penuh semangat untuk tujuan tersebut. Effective call performance dapat ditingkatkan dengan memberikan bonus-bonus pembelian bagi para outlet. Kalau sudah demikian pasti kita dapat melakukan call lebih banyak daripada sebelumnya. Jika perusahaan sudah mampu untuk menjangkau seluruh wilayah jabotabek dan meningkatkan real call performance. Diharapkan pelatihan-pelatihan teknik pemasaran yang baik. maka diharapkan seiring meningkatnya tenaga penjualan dan dengan strategi pembagian wilayah pemasaran. 18.000.000 outlet untuk setiap tenagan penjualan. yang pernah diperoleh oleh mereka dapat diaplikasikan dalam dunia perdagangan yang sesungguhnya. atau sekitar 38 outlet per hari per tenaga kerja (6 hari kerja) sehingga NOA dapat meningkat pula dari 4% menjadi minimal 80%.  Output / Hasil Dengan penataan ulang manajemen (terlebih pada tenaga penjualan) dan rancangan strategi pemasaran yang baru. Diharapkan dengan strategi yang sudah terpasang di atas. Jika sebelumnya dari 3363 real call performance diperoleh 997 effective call performance. . atau dengan kata lain 1. 4.000.000. memberikan feed back positif bagi perusahaan. maka outlet coverage bisa meningkat dari yang sebelumnya 19. Perusahaan harus senantiasa mensupport outlet-outlet yang sudah resmi membeli produk perusahaan Niaga Oriens agar selalu termotivasi untuk menjual produk perusahaan. kartu ucapan ulang tahun.000.95%.000. Perusahaan harus menetapkan real call performance sebesar jumlah outlet industri yang ada yaitu 14. memberikan bonus bagi outlet yang aktif memasarkan produk perusahaan Niaga Oriens. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai maksud tersebut. 3. diantaranya dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para outlet.

2) Manajemen dan pemasaran bekerja lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. 4) Perusahaan akan dapat terus berdiri. selain karena penataan ulang juga disebabkan personil manajemen dan pemasaran yang baru. . 3) Kesejahteraan karyawan dapat dijamin.

ac.hukumperseroanterbatas.wikipedia.Daftar Pustaka http://www.com/pengertian-perseroan-terbatas/ .biz/karakteristikperseroanterbatas.htm http://www.usu.com/pendirian-perseroan-terbatas-pt/ http://repository.com/2012/12/05/anggaran-dasar-perseroanterbatas/#more-195 https://id.pdf http://badanusaha.com/pt-dunia-data-indonesia http://www.lawindo.org/wiki/Perseroan_terbatas http://legalakses.legal4ukm.id/bitstream/123456789/18477/3/Chapter%20II.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->