JARINGAN KOMUNIKASI PADA KOMUNIKASI KELOMPOK

Disusun sebagai Tugas Mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi Semester I Pengampu Monika S.Y., S.Sos., M.Si.

Oleh:

Wimbo Aji S Septian Arif S Waskhito I H Catur Andi R Kelas C

L100120102 L100120116 L100120106 L100120112

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2012

Jaringan komunikasi merupakan kombinasi tertentu dari penghubung saluran diantara komunikator yang secara jelas mempunyai fokus pada saluran yang memungkinkan komunikasi mengalir diantara individu. 1986: 183) B. . Kelompok ini bisa kecil. Jelaskan mengenai jaringan komunikasi pada komunikasi kelompok? 2. Jelaskan teori difusi inovasi serta berikan contoh dalam kasus nyata? C. Sedangkan Jaringan Komunikasi merupakan suatu jaringan secara jelas mempunyai fokus pada saluran yang memungkinkan komunikasi mengalir di antara individu. LATAR BELAKANG MASALAH Komunikasi kelompok merupakan komunikasi antara seseorang dengan sekelompok orang dalam situasi tatap muka. (Fisher. RUMUSAN MASALAH 1.BAB I PENDAHULUAN A. tetapi beberapa jumlah orang yang termasuk kelompok kecil dan berapa jumlahnya yang termasuk kelompok besar tidak ditentukan dengan perhitungan secara pasti. TUJUAN PENULISAN Untuk memahami jaringan komunikasi pada komunikasi kelompok yang di dalamnya terdapat teori difusi inovasi sebagai efek dari komunikasi kelompok tersebut. Hubungan komunikasi antar individu ini akan menghasilkan terbentuknya jaringan komunikasi dalam suatu kelompok. dapat juga besar.

1. dapat juga besar. Frame or reference komunikan tidak diketahui secara individual. Kelompok ini bisa kecil. b. Pengertian Komunikasi Kelompok Komunikasi kelompok ialah komunikasi antara seseorang dengan sekelompok orang dalam situasi tatap muka. Terdapat kontak pribadi. Seperti halnya dengan komunikasi antarpersonal. KOMUNIKASI KELOMPOK A. briving. Suasana lingkungan komunikasi dapat diketahui. Kerugian a. dalam komunikasi kelompok dibedakan antara komunikasi kelompok kecil dan komunikasi kelompok besar. indivudu-individu dalam kelompok kecil bersifat rasional sehingga setiap pesan yang sampai kepadanya akan ditanggapi secara kritis. dalam komunikasi kelompok kecil si pemimpin dapat melakukan antarpersonal dengan salah seorang peserta kelompok. c. tetapi beberapa jumlah orang yang termasuk kelompok kecil dan berapa jumlahnya yang termasuk kelompok besar tidak ditentukan dengan perhitungan secara eksak. Dengan lain perkataan. yang dimaksudkan dengan komunikasi kelompok di sini ialah komunikasi secara tatap muka . Umpan balik bersifat langsung. dan upacara bendera. oleh karena itu . dengan ditentukan berdasarkan ciri dan sifat komunikan dalam hubungannya dengan proses komunikasi . brainstorming.BAB II PEMBAHASAN I. seperti komunikasi yang terjadi dalam rapat. Berbeda dengan kelompok besar. Keuntungan dan kerugian berkomunikasi dengan kelompok kecil ialah sebagai berikut : Keuntungan a. Komunikasi kelompok kecil (small group communication) Komunikasi kelompok kecil ialah komunikasi antara seorang manajer atau administrator dengan sekelompok karyawan yang memungkinkan terdapatnya kesempatan bagi salah seorang untuk memberikan tanggapan secara verbal. .

5). dalam suatu situasi komunikasi hampir tidak terdapat kesempatan untuk memberikan tanggapan secara verbal.b. kecil sekali kemungkinannya bagi komunikator untuk berdialog dengan komunikan. 8). Gagalnya komunikasi dapat mengakibatkan hilangnya ethos seseorang pemimpin. berikut ini disarankan untuk memperhatikan hal-hal seperti berikut : . 10). Petunjuk-petunjuk tersebut perlu dipahami oleh setiap pemimpin untuk mencegah terjadinya kehilangan ethos. jelas. Peliharalah kontak pribadi selama berkomunikasi. Kemukakanlah fakta dan opini dalam uraian yang sistematis dan logis.erdasarkan kenyataan tersebut. kemampuan. dalam komunikasi dengan kelompok besar. Tunjukan diri sebagai komunikator terpecaya. yang berkaitan dengan kepentingan seluruh karyawan. Adakanlah persiapan yang saksama sebelum berkomunikasi. 3). Jangan bersikap super. Bicaralah dengan tegas. Dengan lain perkataan. dan menyakinkan. Jangan “ngotot”. Kondisi fisik dan mental komunikan tidak dipahami secara individual. moral. Ethos adalah paduan nilai-nilai yang terdapat pada diri seseorang yang mencakup kehormatan. 7). Jangan emosional. dalam melancarkan komunikasi kelompok kecil tatap muka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut : 1). Sehubungan dengan itu. dan itikad baik. Dalam hal-hal tertentu seseorang kepala jawatan atau pemimpin perusahaan berkesempatan tampil dalam forum menghadapi kelompok besar seperti dalam konferensi atau kongres. Komunikasi kelompok besar (large group communication) Kelompok besar (large group) adalah kelompok komunikan yang karena jumlahnya yang banyak. Bangkitkanlah perhatian begitu komunikasi dimulai. Dalam komunikasi internal suatu jawatan atau pemimpin perusahaan jarang sekali terjadi komunikasi dengan kelompok besar kecuali dalam upacara bendera yang sering dipergunakan oleh seorang kepala atau pemimpin untuk memberikan informasi yang sifatnya umum. 2). Hormatilah kritik komunikan. 6). 2. 9). kepercayaan. 4). kejujuran.

sebuah kelompok tidak memiliki pemimpin. Dimana pola atau model jaringan komunikasi tersebut mempengaruhi penyeberan informasi antar individu dalam suatu kelompok. 3).1). (Fisher. Tunjukkan diri sebagai komunikator terpercaya. Sebagian besar penelitian tentang jaringan komunikasi telah dilakukan dalam setting kelompok dan organisasi. 7). Kemukakanlah pesan komunikasi yang menyangkut kepentingan komunikan. bukan kepentingan komunikator semata-mata. Peliharalah kontak pribadi selama berkomunikasi. Pola Lingkaran Dalam pola lingkaran. Jaringan komunikasi Walaupun penelitian tentang persuasi dan efek media mempuyai aroma perspektif psikologis. Bicaralah secara meyakinkan. Setiap posisi diduduki oleh seseorang yang berperan sebagai sumber atau penerima. Pola jaringan komunikasi lingkaran ini. Ada 5 pola atau model jaringan komunikasi. 1986: 183) Dari berbagai pengertian tersebut di atas. Karena itu. yaitu: a. Aturlah intonasi sehingga menimbulkan gairah. penelitian tentang jaringan komunikasi hampir seluruhnya bersifat mekanistis. membentuk pola-pola atau model-model jaringan komunikasi tertentu. 2). 4). 6). 5). B. Variabel utama dalam struktur jaringan komunikasi yaitu memusatkan jaringan tersebut agar menunjukkan secara jelas satu atau dua posisi dalam struktur tersebut yang lebih memusat daripada yang lain. kombinasi tertentu dari penghubung saluran diantara para komunikator merupakan struktur jaringan komunikasi. Bangkitkanlah perhatian sebelumkomunikasi dimulai. Adakanlah persiapan yang saksama sebelum berkomunikasi. semua anggota kelompok memiliki kekuatan yang sama untuk mempengaruhi kelompok. pada semua anggota . Jaringan komunikasi menyatakan struktur kelompok dengan memfokuskan saluran yang dipakai oleh individu ketika mereka secara langsung berkomunikasi dengan individu lainnya. Suatu jaringan secara jelas mempunyai fokus pada saluran yang memungkinkan komunikasi mengalir di antara individu.

Individu hanya dapat secara resmi berkomunikasi dengan orang-orang tertentu saja. yakni individu yang posisinya di pusat. Pemimpin dalam pola roda ini memiliki kekuasaan penuh untuk mempengaruhi anggota kelompoknya. Pada intinya setiap anggota kelompok dapat berkomunikasi dengan dua anggota lain disisinya. tetapi keefektifan itu hanya mencakup masalah yang sederhana saja. individu tersebut adalah pemimpin kelompok tersebut. sebuah kelompok memiliki pemimpin yang jelas. sedangkan ketiga anggota lainnya terbatas hanya dengan satu orang saja. Pada pola ini sejumlah saluran terbuka dibatasi dan komunikasi bersifat sentralisasi. Pola “Y” Dalam poa Y ada dua orang individu yang menjadi sentral yang menyampaikan informasi kepada anggota lainnya pada batas luar suatu pengelompokan. Penyelesaian masalah dalam pola roda ini cukup efektif. c. Anggota ini dapat mengirim dan menerima pesan dari dua anggota lainnya. Pemimpin ini merupakan satu-satunya orang yang dapat mengirim dan menerima pesan dari semua anggota. . Pola Roda Dalam pola roda. b. tetapi semua anggota lain berperan sebagai pemimpin kedua.dapat terjadi interaksi pada setiap tiga tingkatan hirarkinya tetapi tanpa ada kelanjutannya pada tingkat yang lebih tinggi dan hanya terbatas pada setiap level. Dalam pola ini ada seorang individu yang berkomunikasi dengan masing-masing anggota kelompok . Dalam pola Y ini terdapat pemimpin yang jelas.

Individu yang berada di tengah lebih berperan sebagai pemimpin dibanding mereka yang berada di posisi lain. Pola Rantai Dalam pola rantai dikenal komunikasi sistem arus ke atas (upward) dan ke bawah (downward) yang artinya menganut hubungan komunikasi garis langsung baik ke atas maupun ke bawah tanpa terjadinya suatu penyimpangan.d. Pada pola ini seluruh saluran terbuka setiap orang berkomunikasi dengan setiap orang lainnya. diana struktur ini dapat lebih efektif untuk pemecahan masalah secara kreatif dan lebih bagus untuk pergerakan informasi secara tepat. Dalam pola ini. individu hanya dapat secara resmi berkomunikasi dengan orang-orang tertentu saja. Pola Bintang Pola Bintang ini hampir mirip dengan pola lingkaran. Keadaan terpusat juga terjadi dalam pola ini. Sistem komunikasi dalam pola rantai hampir sama dengan pola lingkaran kecuali para anggota yang paling ujung hanya dapat berkomuikasi dengan satu orang saja. (Rakhmat. e. 2001: 162-163) . Pola ini menggunakan struktur desentralisasi. dalam arti semu anggota adalah sama dan semua memiliki kekuatan yang sama untuk mempengaruhi anggota lainnya. sejumlah saluran terbuka dibatasi.

Waktu tidak ada secara sendirinya dalam suatu peristiwa. Jika suatu ide dianggap baru oleh seseorang maka ide tersebut adalah inovasi untuk orang itu. (2) keinovatifan seseorang: relatif lebih awal atau lebih lambat dalam menerima inovasi. Dimensi waktu yang ada dalam proses difusi inovasi (1) proses pengambilan keputusan inovasi. Tetapi jika komunikasi dilakukan untuk mengubah sikap atau perilaku penerima secara personal. Sifat hubungan pertukaran informasi antara sepasang individu menentukan kondisi sumber yang akan atau tidak akan menularkan inovasi untuk penerima lain. dan (3) kecepatan pengadopsian inovasi dalam sistem sosial. maka saluran komunikasi yang paling tepat adalah saluran interpersonal. tetapi merupakan aspek dalam setiap peristiwa. 1983: 5-24) . 2. Rogers dalam bukunya. praktek. Waktu Waktu adalah unsur penting dalam proses difusi inovasi. Konsep ”baru” dalam ide yang inovatif tidak selalu harus baru. Saluran komunikasi Merupakan sarana penerimaan pesan dari satu orang ke orang lain. atau objek yang dianggap baru oleh seseorang atau sekelompok orang. 4. Kebaruan inovasi dipresepsikan secara subjektif menurut pandangan seseorang yang menerimanya. 3. Terdapat 4 elemen dalam teori difusi inovasi: 1.Teori Difusi Inovasi Menurut Everett M. dari mulai seseorang mengetahui sampai memutuskan untuk menerima atau menolaknya dan pengambilan keputusan itu sangat berkaitan dengan dimensi waktu. Inovasi Suatu Ide. Sistem sosial Sekumpulan unit yang saling terkait dan terlibat satu sama lain dalam pemecahan masalah bersama untuk mencapai tujuan bersama. teori difusi inovasi pada dasarnya menjelaskan proses bagaimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran-saluran dan dalam kurun waktu tertentu kepada sekelompok anggota dari sistem sosial. Diffusion of Innovations.C. (Roger. Waktu merupakan variabel dari difusi merupakan proses keputusan inovasi.

seorang ibu rumah tangga dapat memanfaatkan konfor gas sepuasnya untuk memasak. Saat ini warga setempat tidak perlu membeli minyak tanah. * Pos Kupang (http://koransumba. Kecamatan Kota Tambolaka.Contoh kasus : TAMBOLAKA — Warga Tambolaka. lanjut Deta Rihi. kerbau. C. Sumba Barat Daya. hanya dimanfaatkan bila lampu penerangan listrik PLN padam. hampir setahun terakhir ini pihaknya mengembangkan program biogas. Hadirnya biogas ini dapat memberikan keuntungan ganda bagi masyarakat yakni menghasilkan energi gas untuk memasak. sudah 23 rumah tangga telah memiliki biogas yang tersebar di wilayah Dikira. karena potensinya cukup besar. Loura. Selasa (19/6/2012). Ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Tapi saat ini kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Yayasan Donders Weetabula yang telah memberi sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi kebutuhan gas dan penerangan listrik untuk kami. hampir sebulan terakhir ini.Warga tidak perlu khawatir terhadap ancaman ledakan tabung gas. Mereka perlahan beralih menggunakan biogas dengan alasan untuk menghemat biaya hidup. Khusus penerangan listrik. sapi termasuk kotoran manusia. “Dengan digester ukuran 12 m3 x 5 m3.” kata Deta Rihi. Pater Keraf mengajak Pos Kupang menyaksikan biogas hasil karya Yayasan Donders bekerja sama dengan Hivos di kediaman Agustinus Deta Rihi di depan SMA Seminari Sinar Buana Weetabula. Pater Mikael Keraf. pihaknya tidak lagi membeli minyak tanah ataupun kayu api untuk kebutuhan memasak. energi listrik dan limbahnya untuk pupuk tanaman pertanian rakyat.” jelas Direktur Yayasan Donders Weetabula. Kehadiran biogas ini memberikan manfaat besar. Dan secara otomatis diolah dan menghasilkan gas untuk kebutuhan masak dan energi untuk penerangan listrik. Karena sudah memiliki kompor gas.Ss. Pater Keraf menambahkan. “Awalnya kaami tak percaya kalau kotoran babi diolah dan menghasilkan gas dan penerangan listrik. Kecamatan Wewewa Timur. Sampai sekarang. kini mulai meninggalkan bahan bakar minyak tanah untuk urusan memasak. Potensi itu diolah dan bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Kotoran hewan yang terkumpul mengalir masuk ke dalam gester (reactor biogas/bak penampung). Rakyat SBD umumnya memiliki ternak dalam jumlah banyak.R kepada Pos Kupang di Desa Weelonda.com/warga-sbd-beralih-ke-biogas/) . sebab cara kerjanya ramah lingkungan. karena bisa menghemat dana untuk membeli minyak tanah ataupun kayu api untuk kebutuhan memasak. tetapi cukup menyalakan kompor gas yang bersumber energi panas dari kotoran hewan seperti babi. Tambolaka dan Kodi Utara. Agustinus Deta Rihi saat itu mengatakan.

. Teori difusi inovasi dapat dikatakan berhasil apabila dalam suatu kelompok terjalin komunikasi yang baik antar individunya. KESIMPULAN Teori difusi inovasi pada jaringan komunikasi merupakan jaringan yang terdiri dari individu-individu yang saling berhubungan dan dihubungkan oleh saluran komunikasi yang tersusun serta menjelaskan proses bagaimana suatu inovasi dikomunikasikan dalam kurun waktu tertentu kepada sekelompok anggota dari sistem sosial.BAB III PENUTUP A.

Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Psikologi Komunikasi. Diffusion of Innovation. . Soejono Trimo. Bandung: PT. Inc. Remaja Rosdakarya. Bandung: PT. New York: The Free Press A Division of Macmillan Publishing Co. Bandung: PT. Fisher. Everett M. Rakhmat. Teori-Teori Komunikasi terj.DAFTAR PUSTAKA Effendy. Onong U. Remaja Rosdakarya. Jalaludin. Remaja Rosdakarya. Roger. 2001. B Aubrey. 1986. 1983.. 2000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful