EMPATI

‫السالم عليكم ورحمة‬ ‫هللا وبركاته‬

PERLUNYA SIKAP EMPATI DOKTER TERHADAP PASIEN .

Muhammad Adibul Umam 4.Disusun Oleh:      1.Maula Nurfahdi 3.Muhammad Ainul Yaqin 5.Muhammad Danny Dzuhrizal /H2A009031 /H2A009032 /H2A009033 /H2A009034 /H2A009035 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG 2009 .Martinus Satya Gani 2.

DEFINISI EMPATI  Empati merupakan sikap seseorang yang mau hadir dalam perasaan orang lain. Empati adalah kemampuan kita dalam mendengarkan perasaan pasien tanpa harus larut.bukan untuk merecokinya melainkan untuk memberikan jalan keluar bagi orang lain tersebut. . Kemampuan ini dipandang sebagai kunci menaikkan intensitas dan kedalaman hubungan kita dengan pasien (connecting with).  Empati adalah kemampuan kita dalam menyelami perasaan pasien tanpa harus tenggelam di dalamnya.yang berlanjut dengan sikap mau berbagi rasa dan ikut memasuki permasalahan orang lain. Empati adalah kemampuan kita dalam merespon keinginan pasien bahkan yang tak terucap sekalipun.

Menunjang dokter dalam mendiagnosis penyakit.Untuk mempermudah dalam menggali informasi dari pasien. 2. . 3.Memberikan kepercayaan pasien kepada dokter.TUJUAN Tujuan empati bagi dokter : 1.

Pasien mendapatkan pelayanan yang memuaskan. .Pasien lebih mudah menyampaikan keluhan – keluhannya 2.Tujuan empati bagi pasien : 1.Meredamkan perasaan panik dan gelisah 4.Pasien merasa lebih nyaman 3.

Terjalinnya komunikasi dokter pasien dengan lancar 2.MANFAAT 1.Timbulnya rasa saling mempercayai 3.Terjadinya sambung rasa 4.Terciptanya hubungan kekeluargaan .

Tidak timbul rasa percaya pasien terhadap dokter 3.DAMPAK TIDAK ADANYA SIKAP EMPATI 1.Pasien tidak puas dengan pelayanan dokter .Pasien akan merasa canggung dalam menyampaikan keluhan – keluhan 2.

CONTOH SIKAP EMPATI DOKTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI Seorang pasien datang di salah satu praktek seorang dokter.pertama pasien merasa ragu –ragu untuk menyampaikan keluhannya.sehingga pasien merasa mendapatkan kepuasan.dokter dapat mengambil diagnosa secara tepat serta melayani dengan ramah.selanjutnya dokter berusaha untuk menyakinkan dan memberikan rasa empatinya kepada pasien.dokter itu dapat mengambil informasi yang banyak serta merespon dengan baik.bijak. .kemudian dokter menyadari bahwa pasien tersebut masih ragu –ragu untuk menyampaikan keluhannya.akhirnya pasien tersebut berani menyampaikan keluhan – keluhannya dengan terbuka si pasien.

ADIBUL TUMBAS PAKEAN ING PASAR CUKUP SEKIAN TERIMA KASIH WASSALAM .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful