P. 1
Rangkuman Makalah Industri Media Internet

Rangkuman Makalah Industri Media Internet

|Views: 111|Likes:
Berisi rangkuman yang bisa dijaadikan modal ujian karena bentuknya kecil
Berisi rangkuman yang bisa dijaadikan modal ujian karena bentuknya kecil

More info:

Published by: Rony Ramdhan Laatahzan on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2013

pdf

text

original

Media Massa : Saluran & sarana resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat

luas // Pembentuk kesadaran sosial yang menentukan persepsi orang terhadap dunia dan masyarakat tempat mereka hidup (Hedebro) Arti media massa: 1. Jangkauan media massa yang luas  Informasi tentang segala hal di dunia // Jika media massa berjalan baik, demokrasi modern terwujud // Ekspresi ide tanpa media massa tidak akan menjangkau khalayak // Menyebarkan ideologi dan tujuan komersial // Alat utama propaganda / iklan (Vivian). 2. Sumber Informasi -berita -iklan 3. Sumber hiburan 4. Forum persuasi -editorial -iklan Dampak media massa: Rata2 orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan media massa ketimbang tidak menggunakannya. (Biagi) Industri media Industri = Kegiatan memproses barang dengan memakai sarana peralatan // Industri berkaitan dengan upaya memperoleh laba. Media = Alat (sarana) komunikasi / perantara/ (KBBI). Industri media = Kegiatan memproduksi berita/iklan untuk memperoleh keuntungan tertentu dengan berbagai sarana (media cetak, elektronik, internet). - Salah satu karakter penting di era postmodernisme karena media menjadi perpanjangan indera kita, lalu membuat dunia sempit. - Kekuatan media massa membuat masyarakat yang sekuler karena perilaku orang ditentukan oleh media. (Ibrahim) Jenis Industri Media Buku : Sarana untuk mengajarkan nilai-nilai sosial pada generasi muda // Sarana utama memahami pelajaran dari generasi yang lalu. Koran : Medium utama untuk memperoleh berita // Pemberitaannya lebih mendalam dibandingkan media lainnya. Majalah : Mempengaruhi budaya nasional karena ide -ide besar bisa dijangkau oleh masyarakat luas // Menjadi perekat nasional karena majalah membuat para tokoh bangsa mempunyai audiens luas. Rekaman : Sudah menjadi bagian dari keseharian, dan ada dimanapun // Merupakan produk dari berbagai bagian kehidupan kita. Film : Memiliki kekuatan spesial dalam membentuk nilai budaya. Radio : Daya jangkaunya luas // mudah ditemukan dimana dan kapanpun. Televisi : Menjadi medium penting untuk mempengaruhi orang, budaya, & media lain // Sangat dominan perannya untuk hiburan dan menginformasikan sesuatu. Internet : Kehadirannya melampaui 7 media massa lain karena cakupannya luas dan rumit. Dampak Bisnis Media Media mempengaruhi hampir seluruh aspek // Media mengumpulkan sejumlah uang yang tidak diperkirakan sebelumnya untuk menyediakan hiburan & informasi. Martketing Media Massa Periklanan : Komponen utama ekonomi modern // Ciri masyarakat makmur // Berkontribusi pada kemakmuran.

!nsert dll). Regulasi : Pemantau Industri media Amerika // Pengadilan. Regulasi Kebebasan berekspresi tidak sepenuhnya bebas. // Jika tidak cocok. FTC (1914. Melindungi perusahaan jujur dari klaim palsu. Ragam informasi & hiburan makin banyak // Acara dibuat menarik demi rating // informasi sensasional demi menarik pemirsa // Akurasi informasi menurun // SDM meningkat // Pendapatan perusahaan meningkat // Pajak negara meningkat // Kesejahteraan meningkat // berita sama di banyak media massa // Memisahkan kita dari isu penting // Ketergantungan pada iklan // pengiklan berkuasa // Konsumtif. 32 th. Surat pernyataan. wartawan. FCC. akuisisi. 36 th. ada batas // Gelombang udara yang dipakai untuk siaran adalah milik publik. 11 th. karena dominasi kepentingan golongan // Tapi bisa mengoptimalkan pendapatan perusahaan (mis. pers nasional // Regulatornya Dewan pers. 2002 tentang Hak Cipta : Dewan Hak cipta. Media mengabdi pada profit. Konglomerasi Media Dampak globalisasi: Jumlah pemilik media sedikit karena merger. 19 th. 33 th. organisasi pers. Perundangan di Indonesia: UU no. 40 th. Industrialisasi Media Massal (jadi umum) // Cepat // Banyak // Kualitas dipertanyakan. . 1 berita bisa tampil di detikcom. buy out saham // Mempengaruhi diversivitas pesan // Kontrol media kendur // Publik tidak punya pilihan lain // Ruang publik semakin hilang. manajemen diganti. 2002 tentang penyiaran : KPI UU no. FCC: Mengawasi lembaga penyiaran // Konsep di balik aturan penyiaran adalah bahwa gelombang udara merupakan pelaku kepercayaan untuk menjaga kepentingan publik (Vivian). 5 th. jadi sering mengabaikan regulasi yang semestinya. 1999 tentang Telkom : mengatur telekomunikasi di Indonesia // Regulatornya badan regulasi telekomunikasi Indonesia. 1999 Larangan monopoli dan persaingan tidak sehat. Diangkat presiden atas persetujuan senat AS . Perusahaan ingin anak perusahaannya memperkaya pemiliknya secepat mungkin. Lisensi Pembajakan adalah isu ekonomi yang merugikan artis dan perusahaan media. 1999 tentang pers : perusahaan.Iklan di Media: Tulang punggung biaya perusahaan // sumber pemasukan utama // cara efektif menjual produk. Terima keluhan iklan. 2008 tentang ITE : Badan standarisasi transaksi elektronik UU no. UU no. Federal Trade Com: Badan pengawas utama iklan // Terima penulisan iklan dari masyarakat untuk diselidiki // Surat pernyataan dari pemasang iklan (letter of compliance) // bisa meminta denda pelanggaran. kantor berita. 2009 Perfilman : LSF UU no. Cerminan iklim politik. Badan pengawas iklan. UU no. “Media terlalu mengabdi pada profit sesungguhnya sering mengabaikan regulasi yang semestinya” (Vivian). dewan. Denda pelanggaran. UU no. tanpa peduli kualitas.

American Society of Composer. pertunjukkan dan atau penayangan film. Tantangan tidak hanya datang dari rumah produksi local. tetapi juga dari maraknya film Luar. pengeksporan. anggota ASCAP lainnya. hal tersebut belum dapat sepenuhnya tercapai di negara kita. Penonton dari golongan menengah ke atas cenderung datang ke bioskop hanya untuk menonton film asing. jasa. serta kualitas keterampilan pekerja teknis perfilman yang perlu ditingkatkan. Dalam 24 jam = 41% manusia menggunakan media. (BMI): Lisensi musik country soul. Hubungan media dan manusia Manusia tidak bisa lepas dari media karena semua kegiatan manusia terkait dengan media mulai dari bangun hingga tidur lagi. publisher musik. mencerminkan nilai-nilai sosial dan hiburan. membawa unsur politik. Kelebihan film adalah karakternya yang audio-visual menjadikan film lebih kuat dalam menyampaikan pesan kepada khalayak yang multikultur dan lintas kelas sosial Kekurangan dari film adalah sangat multitafsir. pengedaran. teknik. Disukai karena dapat dijadikan sebagai hiburan dan penyalur hobi. Film merupakan refleksi dari masyarakat pembuatnya. Namun. . 33% istirahat. Masih minimnya tingkat menonton film di Indonesia ditenggarai salah satu penyebabnya adalah fasilitas ketersediaan layar bioskop. informasi dapat dikonsumsi dengan lebih mendalam karena film adalah media audio visual. Perfilman : seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan. Broadcast Music Inc. potensi industri yang tergarap baru sebagian kecil. 26% bebas media. perlu analisa untuk memahami unsur-unsur semiotik yang ditampilkan // Film yang dibuat dalam universalitas membentuk apa yang disebut common cuture yang dapat mengikis lokalitas masyarakat tertentu Peluang bisnis film di Indonesia sebenarnya sangat menjanjikan. Periklanan adalah sumber pendapatan utama Industri media agar bisa terus berjalan. dengan beberapa kebijakan dan langkah pemerintah yang belum mantap. Lewat film. mengecek daftar lagu di radio 12-14 bulan susun formula distribusi pendapatan. berbentuk fiksi atau non fiksi. juga sebagai sarana beriklan yang cepat dan murah. pengimporan. Film digunakan sebagai media yang merefleksikan bahkan membentuk realitas. Authors and Performers (ASCAP) 2% dari penerimaan stasiun radio dibagi rekaman selama 6 jam dibagi ke komposer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->