Bahasa

Apa itu bahasa???

Pengertian bahasa sangat bergantung pada sisi apa kita melihat bahasa. Dalam pengertian umum bahasa diartikan sebagai sistem lambang bunyi berartikulasi yang bersifat arbitrer dan alat komunikasi .

Bahasa itu sistematik. Bahasa itu manasuka (Arbitrer) Hakikat Bahasa Bahasa itu vokal Bahasa itu simbol Bahasa itu mengacu pada dirinya Bahasa itu manusiawi Bahasa itu komunikasi .

Ada Pertanyaan? .

Sejarah Bahasa Indonesia ????????????? Bahasa Indonesia yang kita gunakan saat ini berasal dari bahasa Melayu. Kenapa bahasa Melayu dijadikan cikal-bakal bahasa Indonesia? .

kalau tidak dipakai bahasa Melayu. .Beberapa alasan yang menyebabkan diangkatnya bahasa Melayu sebagai bahasa Indonesia 1. Bahasa melayu merupakan lingua franca Prasasti-prasasti pada zaman kerajaan Sriwijaya (kisaran abad VII) ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu. pengajaran di sekolah-sekolah Bumi Putera diberi dalam bahasa Daerah.

kerelaan berbagai suku di Indoensia untuk menerima bahasa Melayu sebagai bahasa nasional bangsa Indonesia. Kongres Pemuda Indonesia tanggal 28 Oktober 1928 4. Alat perhubungan antara orang-orang yang berlainan bahasanya di Indonesia . 3. kesederhanaan sistem bahasa Melayu yang tidak memiliki tingkatan. sehingga mudah untuk dipelajari. kesanggupan bahasa Melayu untuk dipakai sebagai bahasa kebudayaan dalam arti yang luas.2.

. "Bahasa negara adalah bahasa Indonesia". Bab XV. didasarkan pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional dan sebagai Bahasa Negara. ahasa Indonesia sebagai bahasa negara didasarkan pada UUD 1945.Bahasa Indonesia. Pasal 36 yang berbunyi. sebagai bahasa nasional.

Sebagai alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda latar belakang sosial. bahwa dengan adanya bahasa Indonesia dan penggunaan bahasa Indonesia bangsa Indonesia mendahulukan kepentingan nasional ketimbang kepentingan . Artinya. Artinya.Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional: • 1. Sebagai lambang kebanggaan nasional. • 3. Sebagai lambang jati diri atau identitas nasional. dan bahasanya. bahwa bahasa Indonesia merupakan cerminan kepribadian bangsa Indonesia secara eksistensi. Artinya. budaya. Sebagai alat perhubungan antarbudaya dan antardaerah. bahwa bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai social budaya yang mendasari rasa kebangsaan bangsa Indonesia. bahwa bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi di seluruh pelosok Indonesia. Artinya. • 4. • 2.

Sebagai bahasa pengantar resmi di lembagalembaga pendidikan. sebagai bahasa resmi di dalam kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. • 3. . Sebagai bahasa resmi negara. • 2. Sebagai bahasa resmi dalam perhubungan pada tingkat nasional.Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara: • 1. baik untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan maupun untuk kepentingan pemerintahan • 4.

Ragam bahasa diartikan sebagai variasi pemakaian bahasa yang karena adanya sarana. situasi. norma dan bidang pemakaian bahasa yang berbeda-beda segi norma pemakaiannya segi sarana pemakaiannya Ragam Bahasa Indonesia segi situasi pemakaiannya segi bidang pemakaiannya .

Ragam bahasa Indonesia tulis Berdasarkan sarana pemakaiannya Ragam bahasa Indonesia lisan .

Lisan Ragam bahasa Indonesia resmi (formal) Tulis Berdasarkan situasi pemakaiannya Lisan Ragam bahasa Indonesia tak resmi (informal) Tulis .

Sesuai dengan kaidah tatabahasa Indonesia yang berlaku Ragam Baku Berdasarkaan norma pemakaiannya Pergaulan sehari-hari Ragam Tidak Baku Tidak sesuai dengan kaidah tatabahasa Indonesia yang berlaku .

Bahasa Indonesia Jurnalistik Bahasa Indonesia Sastra Berdasarkan bidang pemakaiannya Bahasa Indonesia Ilmiah Bidang kehidupan lainnya .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful