PENGARUH FAKTOR SOSIAL BUDAYA TERHADAP PENGGUNAAN SARANA PELAYANAN KESEHATAN DI KALANGAN MASYARAKAT

Divisi Bioetika Humaniora Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

PENDAHULUAN  Ada perbedaan pola penggunaan pelayanan kesehatan pada beberapa daerah  Ada faktor-faktor sosial budaya yang berperan penting terhadap tidak digunakannya fasilitas pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

TEORI PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN 1. Teori Zola : Hal yang berhubungan dengan keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

Intervensi aktivitas sosial seseorang oleh gejala-gejala penyakit Divisi BHP FK USU . Krisis interpersonal yang mengakibatkan timbulnya gejala sakit pada individu 2.Teori Zola  Hal penting dan berhubungan dengan keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan : 1.

Perbandingan gejala sakit yang dirasakan dengan gejala sakit yang telah dialami seseorang Divisi BHP FK USU . Sanksi terhadap individu yang menderita sakit 4. Ancaman terhadap pekerjaan seorang individu 5.Teori Zola  Hal penting dan berhubungan dengan keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan : 3.

TEORI PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN 2. Teori Anderson : Faktor yang mempengaruhi penggunaan pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

Adanya kebutuhan pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .Teori Anderson  Faktor yang mempengaruhi penggunaan pelayanan kesehatan : 1. Adanya faktor-faktor yang menjamin terhadap pelayanan kesehatan yang ada 3. Mudahnya menggunakan pelayanan 2.

TEORI PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN 3. Teori Rosenstock (1982): ‘Health Belief Model’ Divisi BHP FK USU .

‘Health Belief Model’ (Rosenstock)  Seringkali dipertimbangkan sebagai kerangka utama dalam perilaku yang berkaitan dengan kesehatan manusia Diuraikan sebagai usaha untuk mencari cara menerangkan perilaku yang berkaitan dengan kesehatan & meramalkan perilaku peningkatan kesehatan  Divisi BHP FK USU .

tentang apa yg baik untuknya  Divisi BHP FK USU . tanpa memperdulikan apakah motif & kepercayaan tersebut sesuai atau tidak dengan realitas atau dengan pandangan orang lain.‘Health Belief Model’ (Rosenstock) Perilaku individu ditentukan oleh motif & kepercayaannya.

5 Unsur HBM 1. Besarnya risiko dan kesulitan yg akan dialami akibat suatu penyakit (‘perceived threats’) Divisi BHP FK USU . Pandangan individu tentang beratnya penyakit (‘perceived seriousness’) 3. Persepsi individu tentang kemungkinannya terkena suatu penyakit (‘perceived susceptibility’) 2.

informasi dari teman/ keluarga yang terserang penyakit yang sama) Divisi BHP FK USU . Faktor pencetus (‘cues to action’) yang datang dari dalam diri individu (munculnya gejala-gejala penyakit itu) ataupun dari luar (nasehat orang lain. Pertimbangan keuntungan dan kerugian dari tindakan kesehatan (‘perceived benefits and barriers’ ) 5.5 Unsur HBM 4. kampanye kesehatan.

psikologi) Biaya pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU     .Pengaruh Faktor Sosial dalam Penggunaan Pelayanan Kesehatan  Umur : penggunaan pelayanan kesehatan tinggi pada anak-anak dan lansia Pendidikan : Pendidikan >> penggunaan >> Ekonomi : Ekonomi Tinggi >> penggunaan>> Persepsi sakit (sosial. ekonomi.

Pengaruh Faktor Budaya dalam Penggunaan Pelayanan Kesehatan  Pengetahuan masyarakat tentang penyakit  Rendahnya penggunaan pelayanan kesehatan pada suku yang terpencil (pengetahuan << tentang penyakit dan sistem medis moderen)   Kekuatan ikatan keluarga Sikap dan kepercayaan masyarakat terhadap penyedia pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful