P. 1
Faktor-Faktor BHP-K6-Sosial Dan Budaya Yang Mempengaruhi Masyarakat Di

Faktor-Faktor BHP-K6-Sosial Dan Budaya Yang Mempengaruhi Masyarakat Di

|Views: 112|Likes:

More info:

Published by: Grace Jessica Panjaitan on May 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

PENGARUH FAKTOR SOSIAL BUDAYA TERHADAP PENGGUNAAN SARANA PELAYANAN KESEHATAN DI KALANGAN MASYARAKAT

Divisi Bioetika Humaniora Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

PENDAHULUAN  Ada perbedaan pola penggunaan pelayanan kesehatan pada beberapa daerah  Ada faktor-faktor sosial budaya yang berperan penting terhadap tidak digunakannya fasilitas pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

TEORI PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN 1. Teori Zola : Hal yang berhubungan dengan keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

Intervensi aktivitas sosial seseorang oleh gejala-gejala penyakit Divisi BHP FK USU .Teori Zola  Hal penting dan berhubungan dengan keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan : 1. Krisis interpersonal yang mengakibatkan timbulnya gejala sakit pada individu 2.

Sanksi terhadap individu yang menderita sakit 4. Perbandingan gejala sakit yang dirasakan dengan gejala sakit yang telah dialami seseorang Divisi BHP FK USU .Teori Zola  Hal penting dan berhubungan dengan keputusan pasien dalam mencari pelayanan kesehatan : 3. Ancaman terhadap pekerjaan seorang individu 5.

TEORI PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN 2. Teori Anderson : Faktor yang mempengaruhi penggunaan pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

Adanya faktor-faktor yang menjamin terhadap pelayanan kesehatan yang ada 3.Teori Anderson  Faktor yang mempengaruhi penggunaan pelayanan kesehatan : 1. Adanya kebutuhan pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU . Mudahnya menggunakan pelayanan 2.

TEORI PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN 3. Teori Rosenstock (1982): ‘Health Belief Model’ Divisi BHP FK USU .

‘Health Belief Model’ (Rosenstock)  Seringkali dipertimbangkan sebagai kerangka utama dalam perilaku yang berkaitan dengan kesehatan manusia Diuraikan sebagai usaha untuk mencari cara menerangkan perilaku yang berkaitan dengan kesehatan & meramalkan perilaku peningkatan kesehatan  Divisi BHP FK USU .

tentang apa yg baik untuknya  Divisi BHP FK USU .‘Health Belief Model’ (Rosenstock) Perilaku individu ditentukan oleh motif & kepercayaannya. tanpa memperdulikan apakah motif & kepercayaan tersebut sesuai atau tidak dengan realitas atau dengan pandangan orang lain.

5 Unsur HBM 1. Pandangan individu tentang beratnya penyakit (‘perceived seriousness’) 3. Persepsi individu tentang kemungkinannya terkena suatu penyakit (‘perceived susceptibility’) 2. Besarnya risiko dan kesulitan yg akan dialami akibat suatu penyakit (‘perceived threats’) Divisi BHP FK USU .

Faktor pencetus (‘cues to action’) yang datang dari dalam diri individu (munculnya gejala-gejala penyakit itu) ataupun dari luar (nasehat orang lain.5 Unsur HBM 4. informasi dari teman/ keluarga yang terserang penyakit yang sama) Divisi BHP FK USU . Pertimbangan keuntungan dan kerugian dari tindakan kesehatan (‘perceived benefits and barriers’ ) 5. kampanye kesehatan.

Pengaruh Faktor Sosial dalam Penggunaan Pelayanan Kesehatan  Umur : penggunaan pelayanan kesehatan tinggi pada anak-anak dan lansia Pendidikan : Pendidikan >> penggunaan >> Ekonomi : Ekonomi Tinggi >> penggunaan>> Persepsi sakit (sosial. ekonomi. psikologi) Biaya pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU     .

Pengaruh Faktor Budaya dalam Penggunaan Pelayanan Kesehatan  Pengetahuan masyarakat tentang penyakit  Rendahnya penggunaan pelayanan kesehatan pada suku yang terpencil (pengetahuan << tentang penyakit dan sistem medis moderen)   Kekuatan ikatan keluarga Sikap dan kepercayaan masyarakat terhadap penyedia pelayanan kesehatan Divisi BHP FK USU .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->