P. 1
12 Menyampaikan Informasi Melalui Alat Bantu Visual

12 Menyampaikan Informasi Melalui Alat Bantu Visual

|Views: 120|Likes:
Published by yusupd
lain2
lain2

More info:

Published by: yusupd on May 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2013

pdf

text

original

Menyampaikan Informasi Melalui Alat Bantu Visual

CHAPTER 12 MEMPEROLEH MANFAAT DARI ALAT BANTU VISUAL Alat bantu visual yang didesain dengan baik dapat membantu pesan bisnis menjadi lebih hidup dan membantu para komonikatur berhubungan dengan para pembaca. Alat bantu visual meningkatkan kekuatan komunikasi secara lebih efektif dan efisien dari pada kata kata. Gambar juga merupakan cara yang efektif dalam berkomunikasi terutama dalam lingkungan bisnis. Para pembaca yang memiliki waktu sedikit atau sibuk dalam berutinitas sering meloncat pada gambar visual untuk mendapatkan intisari pesan, dan alat bantu visual yang menarik yang dapat mengantarkan pembaca untuk masuk lebih dalam pelaporan dan persentasi anda. Seberapa besarnya kekuatan komunikasi, alat bantu visual perlu direncanakan dan didesain seksama. Pastikan setiap visual yang digunakan harus mempunyai tujuan yang jelas. Pertimbangkan menciptakan alat bantu visual terlebih dahulu untuk memberikan sejumlah manfaat. Pertama, kerja anaisis format tabulasi atau grafik dapat menyortir dan memperhalus visual anda maka alat bantu visual akan dapat mendukung dengan tepat apa yang sebenarnya akan dikatan. Kedua, bila mengawalinya dengan alat bantu visual dapat mendukung pesan anda dari awal sampai akhir. Ketiga, karena teks anda akan merujuk pada tabel grafik dan diagram maka akan menghemat waktu. Contoh: Pertumbuhan produktivitas di perusahaan ALIANSI pada tahun 2005 naik 15% dari sebelumnya lalu turun 10% pada tahun berikutnya dan pada tahun 2007 – 2009 bertambah terus secara konstan sebesar 5%.

70 60 50
Produktivit

40 30 20 10 0 2006 2007 2008 2009

Tahun Dari kedua contoh diatas melalui alat bantu visual kita dapat mengerti bahkan dapat menilai secara detail dan dapat memahami secara mendalam tentang apa yang terjadi. Ketika anda mengalam kemajuan bersikaplah fleksibel dengan pendekatan, ketika mengerjakan dengan alat bantu visualdan kerangka teks dengan seksama dapat ditemuakn poin dimana apa yang direncanakan dan diujikan tidak sama maka sisakan cukup waktu dan jadwal untuk mengejakan dengan benar. Tujuan Menjelaskan Aplikasi Mendukung deskripsi teks tentang topic – topic “grafik” informasi kuantitatif atau angka penjelasan tentang tren, deskripsi Menyederhanakan Memecah deskripsi yang rumit menjadi komponen yang dapat digambarkan dengan model konseptual, diagram alur, bagan organisasi, atau diagram. Menekankan Memerhatikan poin penting tertentu dengan mengilustrasikannya dengan membuat grafik garis , grafik balok , dan bagan kue pai. Meringkas Meninjau ulang poin utama dalam narasi dengan memberikan bagan atau table yang meringkas data. Memerkuat Menyajikan informasi dalam bentuk visual dan tertulis untuk memerkuat ingatan pembaca.

Kapanpun Anda ingin membuat para embaca melihat hubungan seperti itu. • Connected (berhubungan). Alat bantu visual. Jika bagian tertentu dari pesan kelihatan membutuhkan deskripsi atau penjelasan yang luas. hubungan sebab dan akibat. korelasi. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menyampaikan gagasan tersebut dalam kata – kata. banyak data yang tidak mudah dimengerti . apakah sesuatu yang sesederhana bentuk tanda berhenti hingga yang serumit rencana lantai sebuah pabrik baru. maka laporan tersebut harus diberi alat bantu visual yang menarik dan tidak membosankan. Pikiran manusia teramat sangat mahir dalam memproses informasi visual. Tujuan kunci dari banyak pesan bisnis adalah memerlihatkan hubungan dari beberapa hal – kesamaan atau perbedaan. sering dipergunakan untuk menyediakan detail pendukung bagi gagasan utama atau merekomendasi sering mengharuskan Anda untuk memersempit material atau membuang detail . luangkan waktu beberapa menit untuk mencari ilham tentang beberapa kemungkinan alat bantu visual. atau ilustrasi lain dapat membantu. • Concise (ringkas). dan sebagainya. ketika anda memutuskan poin mana yang akan disajikan secara visualdapat dipertimbangkan kelima ini : • Clear (jelas). perhatikan apakah grafik.Menarik Membuat materi kelihatan lebih menarik dengan mendekorasi sampul atau halaman judul dan dengan memecah teks dengan alat bantu visual. lihatlah apakah ada cara untuk menyampaikan informasi itu secara visual. . terutama table. • Complete (lengkap). Memberi kesan Membentuk kredibilitas dengan mengemukakan gagasan dalam bentuk visual untuk menyampaikan kesan autentik dan ketelitian. Anda barangkali pernah mendengar ungkapan “Sebuah gambar bernilai seribu kata”. tabel atau alat bantu visual lainnya dapat memberikan detail ini tanpa memasuki peran utama. Mengidentifikasikan poin untuk diilustrasikan Untuk membantu mengidentifikasikan pesan mana yang dapat dibantu menggunakan alat bantu visual dapat dipertimbangkan dari tingkat kerumitan. Menggambarkan hubungan Menggambarkan hubungan antara poin – sebagai contoh dengan diagram alur. diagram.

Diagram lingkaran: Digunakan untuk memperlihatkan presentase yang menunjukkan keseluruhan. Memertahankan keseimbangan antara ilustrasi dan kata-kata Memberikan tampilan visual terlalu banyak ke dalam laporan dapat mengganggu pembaca dalam dua cara. pertimbangkan untuk menambahkan gambar visual agar membuat laporan atau persentasi lebih bersifat mendesak. 3. Tabel : Digunakan untuk menyajikan sekumpulan besar nilai numerik atau informasi text yang mendetail. 2. Peta dengan kode yang berwarna: Digunakan untuk menampilkan data yang dipecah-pecah secara geografis. Element visual jugadapat menjadi sarana pengiriman pesan kepada pembaca akan pentingnya berbagai bagian dari laporan atau presentasi.• Compelling (mendesak). Menyeleksi alat bantu visual yang tepat Setelah mengidentifikasi poin yang penting kita harus memilih alat bantu visual apa yang akan digunakan. Apakah satu atau lebih besar kemungkinannya untuk dibaca ? tentu saja. Grafik garis: Digunakan untuk memperlihatkan variasi data yang relative terhadap dumbu waktu. Kedua. Alat bantu visual juga perlu dirancang dengan menyesuaikan pembacanya. tetapi sekalipun sebuah poin tertentu dapat diekspresikan dengan cara yang sama baiknya melalui teks atau alat bantu visual. . 4. Para pembaca hidup dalam dunia yang sangat penuhvisual. Anda tidak pernah ingin menyelipkan bantuan visual hanya untuk tujuan dekoratif. Contoh alat bantu visual yang umum digunakan yaitu: 1. Pertama pembaca akan kesulitan untuk bolak-balik dari kata-kata ke elemen visual. ruang yang diisi oleh elemen visual dapat mengganggu alur text di halaman atau layar. Diagram batang: digunakan untuk membandingkan kelompok yang berlainan. 5.

Panduan untuk membuat tabel: Gunakan unit yang bersifat umum dan mudah dipahami Ekspresikan semua item dalam kolom di unit yang sama Namakan judul kolom dengan jelas dan gunakan subjudul jika perlu Pisahkan kolom atau baris dengan garis atau jarak tambahan Berikan jumlah total atau rata-rata dari kolom atau baris jika relevan Dokumentasikan sumber data dengan menggunakan format yang sama dengan footnotes 2. GRAFIK GARIS DAN PERMUKAAN Grafik garis menggambarkan tren selama beberapa waktu atau hubungan antara dua variable. Contoh – contoh grafik : GRAFIK GARIS : 1. Grafik garis tunggal . jumlah kolom dan baris perlu dikurangi agar tabel dapat dibaca dengan mudah. Tabel Tabel bersifat ideal jika penerima memerlukan informasi yang sulit ataupun membosankan bila diungkapkan dalam teks utama. Grafik garis dan permukaan Digunakan untuk memperlihatkan tren selama beberapa waktu atau hubungan antara dua variabel. Untuk dokumen online.Mempresentasikan data 1.

2. GRAFIK PERMUKAAN . Grafik garis dengan multigaris Grafik garis umumnya digunakan untuk memperlihatkan tren selama beberapa waktu atau hubungan antara dua variabel.

Diagram batang sangat berguna terutama ketika anda berkeinginan untuk : • • • • Membandingkan ukuran beberapa item pada satu waktu. membuat serangkaian angka mudah untuk dibaca atau dipahami. DIAGRAM BATANG.Grafik permukaan atau grafik area merupakan bentuk grafik garis dengan efek kumulatif. semua garis ditambahkan sampai garis yang paling atas. Memperlihatkan perubahan satu item selama kurun waktu tertentu. dan batasi jumlah strata hingga empat atau lima. Menunjukkan komposisi beberapa item selama kurun waktu tertentu. Bentuk grafik ini membantu anda menggambarkan perubahan komposisi sesuatu dalam kurun waktu tertentu. Memperlihatkan ukuran relative dari komponen secara keseluruhan. letakkan segmen paling penting pada garis dasar. yang menunjukkan totalnya. Ketika mempersiapkan grafik permukaan. BAGAN GANTT Diagram batang menggambarkan jumlah berdasarkan tinggi atau panjang batang persegi empat. PIKTOGRAM. DIAGRAM BATANG : .

BAGAN GANTT : .

Grafik ini lebih erat hubungannya dengan garis waktu. yaitu memperlihatkan berapa banyak waktu yang diperlukan utnuk menyelesaikan setiap tugas dalam proyek tertentu. Contoh: . Contoh:  Diagram Gelembung Diagram gelembung berfungsi membandingkan satuan-satuan dengan tiga variabel. DIAGRAM SEBARAN & GELEMBUNG  Diagram Sebaran (Diagram XY) Diagram sebaran berfungsi membandingkan satuan-satuan dengan dua variabel.

DIAGRAM LINGKARAN Diagram lingkaran merupakan cara yang efektif untuk memperlihatkan persentase atau membandingkan satu segmen dengan lainnya. Contoh: . yaitu dari persentase terbesar sampai terkecil atau sebaliknya Yang harus diingat adalah semua segmen harus berjumlah 100% apabila menggunakan persentase. jangan terlalu banyak potongan agar tidak terlihat rumit Gunakan warna dan pola yang berbeda untuk membedakan antara potongan satu dengan yang lainnya   Gunakan warna yang lebih terang agar lebih menarik Tiap potongan harus diberikan keterangan seperti nama potongan dan besarnya persentase potongan  Besarnya tiap potongan harus urut. Yang perlu diperhatikan dalam membuat diagram lingkaran antara lain:   Batasi jumlah potongan dalam lingkaran.

Konsep. kita dapat mempresentasikan jenis informasi lainnya mulai dari hubungan tempat hingga gagasan yang abstrak. peta. animasi dan video. Contoh diagram alur: . foto. dan Gagasan Selain dengan fakta dan gambar. diagram ini sangat diperlukan untuk menggambarkan proses prosedur dan hubungan yang berurutan. serta cara semuanya saling berkaitan.gambar. Bagan organisasi menggambarkan posisi. atau fungsi sebuah organisasi. unit.Mempresentasikan Informasi. diagram. bagan organisasi. Jenis alat bantu visual yang paling umum untuk aplikasi ini antara lain diagram alur. Diagram Alur dan Bagan Organisasi Diagram Alur menggambarkan urutan peristiwa mulai dari awal hingga akhir.

Contoh bagan Organisasi: .

Anda membutuhkan program khusus seperti Visio atau Adobe Illustrator. Gambar. sistem computer-added design (CAD) seperti Autodesk’s Autocad dapat menghasilkan gambar arsitektural dan teknik yang benar-benar sangat mendetail.dan lokasi pasar. Untuk tingkat yang lebih tinggi daripada program tersebut. Peta selain menyajikan fakta dan gambar. tetapi untuk ilustrasi yang lebih tepat dan profesional. peta juga berguna untuk menunjukkan teoriti pasar. dan Foto Program pengolah kata dan perangkat lunak presentasi menyediakan kemampuan menggambar tingkat dasar.Peta Peta digunakan untuk memerlihatkan statistik berdasarkan area geografis dan untuk memerlihatkan hubungan tempat. . jalur distribusi. Diagram.

Namun. • Cocokkan jenis file dengan aplikasi Mudah untuk memuat gambar beresolusi tinggi dengan kamera digital berkualitas. perhatikan panduan berikut ini: • Pelajari cara menggunakan perangkat image-processing dasar Langsung menaruh foto di program pengolah kata atau file presentasi. Gunakan gambar dan diagram untuk memerlihatkan bagaimana sesuatu berfungsi atau bagaimana sesuatu dibuat dan digunakan. dan langsung mentransfernya ke situs web. presentasi. Kecuali jika foto tersebut secara khusus ditawarkan dengan cuma-cuma. macam google atau bing. • Waspadalah dengan hak cipta dan izin penggunaan model Sama dengan informasi tekstual yang Anda dapatkan secara online. Apalagi sekarang kita dapat mencari panduan koleksi foto digital dengan mudah lewat search engine.Foto menawarkan nilai fungsional maupun dekoratif. Agar sukses dalam menggunakan foto. Anda tidak dapat begitu saja menyelipkan foto online ke dokumen-dokumen. . dengan segala kemajuan komputer. tentu saja. dan halaman web. para fotografer profesional bersikap hati-hati dalam memakai orang yang berpose di foto-fotonya dengan cara menandatangani formulir penggunaan model yang memberikan izin untuk menggunakan gambar orang itu. “mudah” tidak selalu berarti “efektif”. Pada masa lalu penggunaannya terbatas pada dokumen khusus seperti laporan tahunan dan brosur produk. gambar kadang-kadang lebih baik daripada foto karena gambar membuat Anda memfokuskan pada detail yang paling penting. namun sekarang semua penulis dapat menambahkan foto ke dalam dokumen cetak. tidak berarti Anda secara otomatis dapat melakukannya. Gunakan foto untuk daya tarik visual dan untuk memerlihatkan tampilan yang sebenarnya. tetapi hal ini tidak selalu berguna. Anda harus berasumsi bahwa seseorang memiliki foto tersebut dan anda berkewajiban untuk membayar. lalu menggunakan program tersebut untuk mengubah ukuran file agar sesuai dengan tempat tersedia. Selain itu. tetapi pendekatan ini tidak selalu merupakan yang terbaik. • Pastikan foto memunyai nilai komunikasi Hanya karena foto mudah ditaruh di dokumen.

Berbagai jenis peralatan juga tersedia untuk memproduksi video digital. tetapi komputer juga mememudah cara membuat alat bantu visual yang tidak efektif. Misalnya dalam menggunakan template yang ada di dalam program komputer. tetapi tidak secara otomatis memberi Anda sensibilitas desain yang dibutuhkan dalam alat bantu visual yang efektif. terutama yang tercakup dalam beberapa program perangkat lunak komersal. Anda tidak akan menghadapi banyak situasi yang membutuhkan bentuk tersebut. yaitu alat bantu visual yang menarik sekaligus efektif. keduanya menawarkan dampak visual yang tidak sejajar. anda dapat menganimasi bentuk dan teks di Microsoft PowerPoint. meskipun kemungkinan untuk menciptakannya terbatas – plus. Pada tingkat sederhana. dan beberapa lagi mengacaukan gambar karena adanya garis pembatas dan latar belakang yang terlalu indah sehingga mengalihkan penerima dari pesan yang sebenarnya. software seperti macromedia Flash memungkinkan penciptaan file multimedia yang terdiri dari animasi komputer. Memelajari cara menggunakan peralatan komputer akan menghemat banyak waktu dan mendapatkan hasil lebih baik. Kemungkinannya adalah anda tidak harus memakai sendiri peralatan ini.Apapun peralatan yang digunakan. hal yang mudah untuk menciptakan animasi mengacaukan pikiran daripada yang berfungsi. Komputer memermudah cara menciptakan alat bantu visual.Animasi dan Video Animasi komputer dan video merupakan bentuk yang paling khusus untuk alat bantu visual bisnis. tetapi ketika sesuai dan diterapkan dengan baik. pastikan hasilnya mengikuti semua panduan untuk pesan bisnis yang efektif. Beberapa didesain secara ’berlebihan’ dan tidak sesuai untuk penggunaan bisnis yang serius. perhatikan untuk selalu menyesuaikan gaya dan kualitas alat bantu visual dengan subjek dan situasi yang ditangani. Mendesain Alat Bantu Visual untuk Laporan dan Presentasi Perangkat lunak komputer menawarkan berbagai jenis peralatan. dapat dibuat alat bantu visual dasar yang dibutuhkan. membingungkan. tetapi jika anda memekerjakan seorang spesialis untuk menciptakan animasi atau video untuk situs web atau presentasi. Pada tingkat yang lebih canggih. dengan mengikuti beberapa prinsip desain dasar. Namun. . video digital dan elemen lain. bahkan benar-benar buruk.

Memahami Prinsip Desain Grafis Kebanyakan orang tampaknya secara tidak sadar dapat menilai bagus tidaknya sebuah desain ketika melihatnya. . Contoh. • Pengalaman dan harapan Budaya dan pendidikan mengondisikan orang untuk melihat sesuatu dengan cara tertentu. gambarkan item dengan warna yang kontras. sebaiknya Anda mengamati beberapa prinsip : • Kelancaran Pembaca melihat rangkaian visual secara keseluruhan. Keputusan desain dapat berdampak pada arti yang Anda sampaikan dengan alat bantu visual (kadang-kadang dengan cara halus). dengan asumsi bahwa elemen desain tiap halaman akan konsisten. di Amerika Serikat. hijau diasosiasikan dengan uang. • Kontras Pembaca mengharapkan perbedaan visual untuk mengimbangi perbedaan verbal. Oleh karena itu. sementara itu garis tipis dan kurva menggambarkan keringanan dan keanggunan. sekalipun mereka tidak tahu cara menghasilkan efek yang sama. Warna juga memiliki bahasa sendiri. Sebagai contoh. • Penekanan Pembaca berasumsi bahwa poin yang paling penting akan mendapatkan penekanan visual terbesar. termasuk dengan visual. seperti warna. atau ukuran. sajikan item kunci dalam grafik dengan cara yang paling mencolok. posisi. untuk menekankan kesamaan buatlah perbedaan warna yang lebih halus. Untuk menekankan perbedaan. tetapi berbeda dengan negara lain yang mata uangnya memiliki warna yang berbeda. garis yang tebal dan sudut kotak mengesankan kekuasaan dan kekuatan. • Kesederhanaan Batasi jumlah warna dan elemen desain yang digunakan. Saat mendesain alat bantu visual. dan menghindari elemen dekoratif yang dapat menggangu dokumen tanpa menambah informasi apapun yang tidak relevan.

Contoh: Total penjualan selama periode ini tetap.Waktu terbaik untuk memikirkan prinsip desain yang baik adalah sebelum memersiapkan alat bantu visual. membuat perubahan setelah selesai dibuat akan menambah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. alat bantu ini harus dengan jelas dirujuk dengan angka. Alat bantu visual akan memberikan semua detail ini. Sebaliknya gunakan bilangan bulat untuk meringkas pesan: Lebih dari dua pertiga wanita yang memberi jawaban berpenghasilan kurang dari $12 per jam. Menempatkan Alat Bantu Visual Letakkan setiap alat bantu visual sedekat mungkin dengan referensi dalam teks untuk membantu pembaca memahami relevansi ilustrasi dan untuk meminimalkan usaha untuk membaca. MEMADUKAN ALAT BANTU VISUAL KE DALAM TEKS Untuk menghubungkan alat bantu visual dengan teks. . banyak penulis lain menomori tabel dan gambar secara terpisah (segala sesuatu yang bukan tabel dianggap sebagai gambar). pada teks laporan. Bantulah pembaca untuk memahami pentingnya alat bantu visual dengan merujuk visual tersebut sebelum pembaca menemukannya di dalam dokumen atau layar. jangan membuat kesalahan hanya dengan mengulang-ulang data yang akan diperlihatkan. Beberapa penulis laporan merujuk semua alat bantu visual sebagai “peragaan (exhibit)” dan menomorinya secara urut di sepanjang laporan. tetapi bauran penjualan berdasarkan kategori berubah secara dramatis (lihat Gambar 2). perkenalkan alat bantu visual tersebut dalam teks dan letakkan di dekat poin yang diilustrasikannya. Merujuk pada Alat Bantu Visual Kecuali jika elemen visual sudah jelas dapat berdiri sendiri. seperti di sidebar. Pastikan untuk menekankan poin utama. tidak perlu mengulanginya di teks.

atau pilihan desain lain. Judul Informatif Penyusutan Kapasitas Kilang Minyak Akibat dari Permintaan Minyak Bumi yang Stagnan. Pastikan untuk mengecek alat bantu visual agar dapat melihat kekeliruan seperti kesalahan cetak. symbol yang membingungkan atau tidak terdokumentasi. dan elemen yang salah garis. seperti mengatur potongan diagram lingkaran dengan cara tidak Anda inginkan atau menggambar grafik garis dengan warna yang tidak biasa. Keterangan Alat Bantu Visual.Menuliskan Judul. jika sesuai. luangkan beberapa menit untuk memastikan bahwa alat bantu visual benar-benar akurat. Mengecek Alat Bantu Visual Meskipun keberadaan alat bantu visual adalah mendukung pesan yang terkandung dalam teks. bersama dengan label atau angka apapun yang Anda gunakan untuk merujuk pada alat bantu visual tersebut. judul informatif membantu pembaca untuk memahami kesimpulan yang akan ditarik dari ilustrasi. Judul deskriptif hanya mengidentifikasikan topik ilustrasi. yaitu memberikan deskripsi singkat yang idemtifikasi isi dan tujuan visual. alat bantu visual tersebut berdampak sangat kuat pada para pembca dan pada persepsi mereka tentang Anda dan pekerjaan. Keterangan alat bantu visual (Caption) biasanya menawarkan pembahasan tambahan tentang isi alat bantu visual dan dapat mencakup beberapa kalimat panjang. Judul Deskriptif Hubungan antara Permintaan Minyak Bumi dan Kapasitas Kilang Minyak di Indonesia. . terdokumentasi dengan benar dan jujur. dan Penjelasan Alat Bantu Visual Judul berfungi serupa dengan subjudul. penerapan warna yang tidak konsisten. Penjelasan alat bantu visual ini tidak selalu untuk grafik sederhana. tetapi sangat bernilai untuk grafik yang lebih rumit. Penjelasan alat bantu visual (Legend) membantu pembaca untuk “menguraikan kode” alat bantu visual dengan menjelaskan arti variasi warna. Pastikan bahwa computer Anda tidak melakukan sesuatu yang tidak diharapkan. simbol. Juga.

bagan organisasi. alat bantu visual yag didasarkan pada penelitian orang lain. Apakah setiap alat bantu visual menyampaikan pesan secara akurat? Apakah Anda telah menyisipkan foto. dan pastikan bahwa Anda telah memilih angka yang tepat untuk setiap grafik. tulislah daftar sumber itu pada. dan kapan pertanyaan diajukan. jika Anda mempresentasikan hasil peneitian survey. (Sekalipun desain grafis sepenuhnya merupakan bgian Anda. Ketika Anda sedang terburu-buru. Menyertakan semua poin data kunci 2. Untuk menghindari kekacauan pada grafik. dan gagasan membutuhkan kutipan yang lengkap. diagram. pastikan untuk : 1. peta. atau. Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan catatan pada keterangan pada alat bantu visual. Sebagai contoh. cobalah untuk mengntisipasi setiap pertanyaan atau perhatian dari penerima dan berikan mereka informasi tambahan sesuai keperluan. Untuk diagram alur. jadi pastikan bahwa setiap potongan informasi adalah benar. . dn file yang tepat. periksalah setiap rumus yang digunakan untuk menghasilkan angka. Apakah Alat Bantu Visual Didokumentasikan Dengan Tepat? Sama dengan elemen tekstual dalam laporan dan presentasi. bandingkan visual yang anda buat dengan visual yang direncanakan. Anda dapat menggunakan kutipan atau catatan yag diringkas pada grafik itu sendiri dan meletakan kutipan lengkap ditempat lain dalam laporan. Perangkat lunak akan membuatkan grafik untuk Anda dngan mudah. didekat grafik untuk membantu para pembaca meneliti informasi itu. Memertahankan skala ukuran yang konsisten. foto. Periksalah apakah informasi pada alat bantu visual tersebut sesuai dengan informasi di teks. mudah terjadi kesalahan pemilihan kolom angka di spreadsheet atau kumpulan angka di dalam kolom. Bila mendapatkan data dari sumber sekunder. Meneyebutkan setiap pengaruh luar terhadap data 3. terutama jika Anda membuat grafik dengan spreadsheet. dan alat bantu visual lainnya. informasi. Untuk mencegah grafik dan alat visual dari kesan yang salah. tetapi mungkin sangat tidak akurat. Untuk presentasi data. banyak yang memberi respons.Apakah Alat Bantu Visual Akurat? Komputer pembuat alat bantu visual mudah membuat kesalahan. setiap informasi dasar yabg diambil dari sumber lain harus didokumentasikan ) Selain itu.

. bergantung pada cara berbagai elemen itu diatur dalam gambar. Alat bantu visual dapat menjadi rusak akibat adanya kekacauan. nilai. Mengubah skala data grafik merupakan salah satu cara yang dapat dibuat oleh alat bantu visual untuk menekankan atau menghilangkan tekanan pada aspek tertentu dari informasi. Untuk meningkatkan penerimaan atas ukuran suatu produk. baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. pengiklanan akan memperlihatkan foto jarak dekat dari produk itu yang dipegang oleh seseoang yang memiliki tangan berukuran lebih kecil dari rata-rata. atau variabel terkait lainnya). tangan yang besar akan membuat produk kelihatan lebih kecil. begitu pula halnya dengan variasi desain minor dapat mempengaruhi pesan yang diambil pembaca dari grafik bisnis. Ekstremnya. Misalnya. foto dapat mempengaruhi persepsi ukuran fisik (dan barangkali kualitas. visual dapat berdusta dengan menyembunyikan data atau mengaburkan informasi yang merusak. bahaya. Sebaliknya.Apakah Alat Bantu Visual Bersifat Jujur? Sama seperti kata-kata yang halus menaungi makna tulisan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->