PERENCANAAN PROGRAM

R. ENKEU AGIATI PY. PELLA YOLANDA

PENGERTIAN PROGRAM
Program adalah rangkaian kegiatan-kegiatan atau seperangkat tindakan untuk mencapai tujuan. Suatu program dalam mencapai tujuan akan tersusun dengan melakukan perencanaan program.

Kebijakan program 4. Sasaran program 5. Langkah-langkah pelaksanaan program 7. Analisis keyakan program . Tujuan perencanaan program 3.DALAM PERENCANAAN PROGRAM HARUS MENENTUKAN : 1. Nama/Judul Program 2. Pelaksanaan program 6.

Ex: Penguatan keluarga b. Berkaitan dengan substansi masalah yang akan dikaji. Ex: di Bogor c. Mencerminkan fokus masalah yang akan dikaji. Menunjukkan lokus. d. Ex: adanya kelonggaran dalam funsi keluarga.1. NAMA / JUDUL PROGRAM a. . Menunjukkan adanya pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS).

Oleh karena itu tujuan harus. • Menunjukkan pada suatu kondisi. (lihat konsep indikator). • • . Menunjukkan teradap tertanganinya masalah.2. TUJUAN PERENCANAAN PROGRAM Tujuan menunjukkan sesuatu/target yang ingin dicapai oleh seseorang/lembaga dalam kegiatan yang dimaksud. Ex: Meningkatnya kemampuan keluarga dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap anggota keluarga. dengan menggunakan kata keadaan. Berkaitan dengan indikator keberhasilan kerja.

d. c. f. Undang-undang 1945 Undang-undang Peraturan pemerintah Keputusan Presiden Keputusan Menteri dll .3. e. KEBIJAKAN PROGRAM a. b.

c. Ex : Kepala Dinas Sosial. Menunjukkan kepada orang yang mengalami masalah (klien). Menunjukkan kepada lembaga / institusi. Ex. Menunjukkan kepada hubungan keluarga orang yang mengalami masalah. Ex: keluarga Sudibyo b. . SASARAN PROGRAM a.4. Orangtua keluarga Sudibyo. Ex : PSKW d. Menunjukkan pada Tupoksi Jabatan.

Ex: Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Bisa menjukkan kepada perorangan. PELAKSANAAN PROGRAM a. c. seksi-seksi. Bisa menunjukkan kepada kelompok orang (kepanitiaan). Sekretaris. Ex : Ketua. Ex : Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatra Utara .5. Bisa menunjukkan kelembagaan / institusi. Bendahara. d. Ex: Suryo b. Bisa menunjukkan kepada Tupoksi Jabatan.

Tahap Pengakhiran Evaluasi Terminasi .     b. 2) Social Marketing.  c.6.   Tahap Awal / Persiapan Identifikasi Masalah dan Sistem sumber Konsultasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait Evaluasi Tahap awal / Persiapan Pemantapan Tahap awal / Persiapan Tahap Pelaksanaan Program Melaksanakan program sesuai dengan materi yang telah ditetapkan. Ex : 1) Pembentukan Kelompok Bantu Diri. LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PROGRAM a. 3) Pembangunan Sosial.

7. Weakness : Kelemahan. ANALISIS KELAYAKAN PROGRAM  Apakah program yang diajukan layak untuk dilaksanakan atau tidak ? Kalau layak diteruskan . Teknik analisis kelayakan diantaranya adalah dengan menggunakan analisis SWOT ( Strenght : Kekuatan. kalau tidak jangan diteruskan. Opportunity : Peluang. Threats : Ancaman ). .

TEKNIK ANALISIS SWOT Apa itu S W O T ? SWOT adalah singkatan dari : S W O T : treangths ( Kekuatan ) S :Weakness ( Kelemahan ) : Opportunities ( Peluang ) Threats ( Ancaman ) : .

2000 ). ( Rangkuti. .Teori Analisis SWOT Analisis SWOT adalah suatu analisa kualitatif yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk memformulasikan strategi dalam suatu kegiatan.

.FUNGSI ANALISIS SWOT Analisis SWOT ini digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (weakness) dari faktor-faktor internal. serta peluang ( opportunities) dan ancaman (threats) dari faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi suatu program.

serta menekan kelemahan dan ancaman yang ada. serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. .Jut’ach • Untuk mengoptimalkan kekuatan dan peluang. sehingga menemukan konsep strategis untuk menyusun program yang bersifat strategis dan menemukan kiat-kiat strategis untuk mengoptimalkan peluang dan kekuatan.

atau negara (institusi) untuk melakukan perencanaan.SIAPA DAN KAPAN SWOT DIGUNAKAN ? Teknik analisis SWOT digunakan sebagai tindak lanjut dari langkah awal dan owner. . pemilik modal. pelaksanaan program. melakukan kegiatan untuk mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan.

LANGKAH TEKNIS ANALISIS SWOT Analisis Internal Factor Evaluation (IFE) Untuk mengidentifikasi / menginventarisasi / mencatat berbagai faktor kekuatan yang ada dalam lingkungan internal organisasi yang relevan dengan visi. . dan rencana kegiatan/aktivitas yang akan dilakukan. misi. sasaran. tujuan. apakah menggambarkan ketersediaan maupun keterbatasan sumber atau kondisi organisasi.

.Analisis External Factor Evaluation (EFE) • Untuk mengidentifikasi / menginventarisasi / mencatat berbagai faktor peluang dan ancaman yang ada dan mungkin di luar organisasi dengan menggambarkan kondisi dan keadaan lingkungan eksternal yang penuh ketidakpastian.

Strategi ST. yaitu dibuat dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. yaitu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman . Strategi SO. 2. yaitu : 1.Analisis Keterhubungan dan Tahap Pencocokan Pada tahap ini terdapat 4 alternatif strategi utama.

yaitu menciptakan strategi untuk meminimalkan kelemahankelemahan serta menghindari ancaman ancaman . Strategi WO. 4. yaitu menciptakan strategi untuk meminimalkan kelemahankelemahan dan memanfaatkan peluang – peluang yang ada. Strategi WT.Jut’ach 3.

Menyusun rencana program/kegiatan secara partisipasif . 4. 3. Mendiskusikan strategi prioritas yang dapat merangkum alternatif strategi yang telah dihasilkan. 2. Mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman ) program . Mendiskusiakan rencana strategi dengan menggunakan analisis matriks SWOT.TAHAPAN ANALISIS SWOT 1.

2. 4. Man Methode Many Mechine Mecanisme . yaitu : 1. opportunities.CARA MERUMUSKAN ANALISIS SWOT  Dalam merumuskan SWOT masing-masing dari strenghts. 3. Weakness. 5. dan threats harus dilihat dari 5 M.

Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful