PERENCANAAN PROGRAM

R. ENKEU AGIATI PY. PELLA YOLANDA

PENGERTIAN PROGRAM
Program adalah rangkaian kegiatan-kegiatan atau seperangkat tindakan untuk mencapai tujuan. Suatu program dalam mencapai tujuan akan tersusun dengan melakukan perencanaan program.

DALAM PERENCANAAN PROGRAM HARUS MENENTUKAN : 1. Nama/Judul Program 2. Analisis keyakan program . Sasaran program 5. Tujuan perencanaan program 3. Langkah-langkah pelaksanaan program 7. Pelaksanaan program 6. Kebijakan program 4.

Menunjukkan lokus. Mencerminkan fokus masalah yang akan dikaji. NAMA / JUDUL PROGRAM a. Ex: di Bogor c. Menunjukkan adanya pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS). .1. d. Ex: Penguatan keluarga b. Berkaitan dengan substansi masalah yang akan dikaji. Ex: adanya kelonggaran dalam funsi keluarga.

Menunjukkan teradap tertanganinya masalah. • Menunjukkan pada suatu kondisi. (lihat konsep indikator). TUJUAN PERENCANAAN PROGRAM Tujuan menunjukkan sesuatu/target yang ingin dicapai oleh seseorang/lembaga dalam kegiatan yang dimaksud. • • . Oleh karena itu tujuan harus. Berkaitan dengan indikator keberhasilan kerja. Ex: Meningkatnya kemampuan keluarga dalam melakukan fungsi pengawasan terhadap anggota keluarga.2. dengan menggunakan kata keadaan.

f. Undang-undang 1945 Undang-undang Peraturan pemerintah Keputusan Presiden Keputusan Menteri dll . d.3. KEBIJAKAN PROGRAM a. c. e. b.

Ex. c. Menunjukkan kepada orang yang mengalami masalah (klien). SASARAN PROGRAM a. Menunjukkan kepada lembaga / institusi. Ex: keluarga Sudibyo b. Orangtua keluarga Sudibyo.4. Ex : Kepala Dinas Sosial. Menunjukkan kepada hubungan keluarga orang yang mengalami masalah. Menunjukkan pada Tupoksi Jabatan. . Ex : PSKW d.

Bisa menunjukkan kepada Tupoksi Jabatan. PELAKSANAAN PROGRAM a. Ex: Suryo b. Ex : Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatra Utara . c. Ex : Ketua. Ex: Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Bisa menjukkan kepada perorangan. Bisa menunjukkan kelembagaan / institusi. d. seksi-seksi. Bisa menunjukkan kepada kelompok orang (kepanitiaan).5. Bendahara. Sekretaris.

 c. 3) Pembangunan Sosial. LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PROGRAM a. Ex : 1) Pembentukan Kelompok Bantu Diri.     b.   Tahap Awal / Persiapan Identifikasi Masalah dan Sistem sumber Konsultasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait Evaluasi Tahap awal / Persiapan Pemantapan Tahap awal / Persiapan Tahap Pelaksanaan Program Melaksanakan program sesuai dengan materi yang telah ditetapkan.6. Tahap Pengakhiran Evaluasi Terminasi . 2) Social Marketing.

Threats : Ancaman ). Weakness : Kelemahan. . Opportunity : Peluang.7. ANALISIS KELAYAKAN PROGRAM  Apakah program yang diajukan layak untuk dilaksanakan atau tidak ? Kalau layak diteruskan . kalau tidak jangan diteruskan. Teknik analisis kelayakan diantaranya adalah dengan menggunakan analisis SWOT ( Strenght : Kekuatan.

TEKNIK ANALISIS SWOT Apa itu S W O T ? SWOT adalah singkatan dari : S W O T : treangths ( Kekuatan ) S :Weakness ( Kelemahan ) : Opportunities ( Peluang ) Threats ( Ancaman ) : .

. ( Rangkuti.Teori Analisis SWOT Analisis SWOT adalah suatu analisa kualitatif yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk memformulasikan strategi dalam suatu kegiatan. 2000 ).

. serta peluang ( opportunities) dan ancaman (threats) dari faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi suatu program.FUNGSI ANALISIS SWOT Analisis SWOT ini digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan (Strengths) dan Kelemahan (weakness) dari faktor-faktor internal.

serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. . sehingga menemukan konsep strategis untuk menyusun program yang bersifat strategis dan menemukan kiat-kiat strategis untuk mengoptimalkan peluang dan kekuatan.Jut’ach • Untuk mengoptimalkan kekuatan dan peluang. serta menekan kelemahan dan ancaman yang ada.

pelaksanaan program. atau negara (institusi) untuk melakukan perencanaan.SIAPA DAN KAPAN SWOT DIGUNAKAN ? Teknik analisis SWOT digunakan sebagai tindak lanjut dari langkah awal dan owner. pemilik modal. melakukan kegiatan untuk mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan. .

dan rencana kegiatan/aktivitas yang akan dilakukan. . sasaran. misi. tujuan. apakah menggambarkan ketersediaan maupun keterbatasan sumber atau kondisi organisasi.LANGKAH TEKNIS ANALISIS SWOT Analisis Internal Factor Evaluation (IFE) Untuk mengidentifikasi / menginventarisasi / mencatat berbagai faktor kekuatan yang ada dalam lingkungan internal organisasi yang relevan dengan visi.

Analisis External Factor Evaluation (EFE) • Untuk mengidentifikasi / menginventarisasi / mencatat berbagai faktor peluang dan ancaman yang ada dan mungkin di luar organisasi dengan menggambarkan kondisi dan keadaan lingkungan eksternal yang penuh ketidakpastian. .

yaitu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman . 2.Analisis Keterhubungan dan Tahap Pencocokan Pada tahap ini terdapat 4 alternatif strategi utama. Strategi ST. yaitu dibuat dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya. yaitu : 1. Strategi SO.

Jut’ach 3. Strategi WO. Strategi WT. 4. yaitu menciptakan strategi untuk meminimalkan kelemahankelemahan serta menghindari ancaman ancaman . yaitu menciptakan strategi untuk meminimalkan kelemahankelemahan dan memanfaatkan peluang – peluang yang ada.

TAHAPAN ANALISIS SWOT 1. Mendiskusikan strategi prioritas yang dapat merangkum alternatif strategi yang telah dihasilkan. 4. 2. 3. Menyusun rencana program/kegiatan secara partisipasif . Mendiskusiakan rencana strategi dengan menggunakan analisis matriks SWOT. Mengidentifikasi faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman ) program .

opportunities. Weakness. 4. 2.CARA MERUMUSKAN ANALISIS SWOT  Dalam merumuskan SWOT masing-masing dari strenghts. 3. 5. yaitu : 1. dan threats harus dilihat dari 5 M. Man Methode Many Mechine Mecanisme .

Terima kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.