1.

BUDAYA-BUDAYA ISLAM

Penyebaran Islam (1200 – 1600) Agama Islam muncul pada Abad ke-6 M kemudian masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M dan mulai berkembang pada abad ke-13 M. Perkembangan Islam di Indonesia hampir di seluruh Kepulauan Indonesia. Bertolak dari kenyataan tersebut, Islam banyak menghasilkan peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia yang sangat beraneka ragam. Peninggalan-peninggalan itu antara lain sebagai berikut: 1. Tempat Ibadah 2. Keraton 3. Batu Nisan 4. Kaligrafi 5. Seni Pahat 6. Seni Pertunjukan 7. Tradisi atau Upacara 8. Karya Sastra 2. GUA HIRA YANG LAMA DAN YANG BARU Jabal Nur dan Gua Hira : Di Sinilah

Sejarah

Islam

Bermula

Gua Hira yang lama

Gua Hira yang baru.

Disebelah utara Masjidil Haram kurang lebih 6 km, terdapat sebuah gunung yang dikenal dengan nama Jabal Nur. Tinggi puncak Jabal Nur kira-kira 200 meter, di sekelilingnya terdapat sejumlah gunung, batu bukit dan jurang. Sekitar 5 meter dari puncak gunung, terdapat sebuah lubang kecil. Itulah yang disebut Gua Hira, di mana Nabi Muhammad Saw mendapat wahyu pertamanya. Letak Gua Hira di belakang dua batu raksasa yang sangat dalam dan sempit. Panjang gua tersebut sekitar 3 meter dengan lebar sekitar 1.5 meter, dan ketinggian sekitar 2 meter setinggi orang berdiri. Dengan luas dimensi seperti itu, gua ini hanya cukup digunakan untuk shalat dua orang. Di bagian kanan gua terdapat teras dari batu yang hanya cukup digunakan untuk shalat dalam keadaan duduk dan terdapat lubang kecil yang dapat dipergunakan untuk memandang kawasan bukit dan gunung arah Makkah. Untuk menuju puncak gunung, seseorang rata-rata memerlukan waktu selama 1 jam bahkan lebih. Medannya cukup sulit karena tidak ada tangga. Para peziarah harus mendaki melewati batu-batu terjal. Jalan bertangga hanya ditemukan setelah tiga perempat perjalanan. Namun menjelang puncak gunung, medannya sedikit ringan, peziarah bisa mendaki dengan santai.

. Gua Hira terletak persis di samping kiri tulisan tersebut. Khadijah beberapa kali mengunjungi Muhammad. Tiba-tiba hati kami meronta-ronta hati untuk pergi ke sana. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.Kami rasa teerpanggil untuk berkongsi gambar-gambar lama Kaabah. tapi juga sebuah wisata religius. Dan tentu saja. Bacalah. Masih menunggu peluang dan ketikanya bagi memenuhi jemputan Allah ini…. Mekah seterusnya bersama dengan anda semua…. Dapat dibayangkan bagaimana beratnya medan yang ditempuh Khadijah Al-Kubra saat itu. terkadang di malam yang pekat. Senin 17 Ramadhan yang bertepatan dengan 6 Agustus 610 M— menurut Ibnu Sa‗ad dalam Al-Thabaqat Al-Kubra—kala Muhammad tengah khusyuk bertafakur. “Bacalah. Dan salah satu tempat ziarah yang paling diburu para jamaah haji atau mereka yang berumrah adalah Gua Hira yang terletak di Jabal Nur (Gunung Cahaya).Begitu tiba di depan pintu gua. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Saat itu pula Muhammad resmi dilantik sebagai Nabi dan Rasul Allah SWT. usia Muhammad sekitar 40 tahun 6 bulan 8 hari menurut kalender Qamariyah Dengan kondisi seperti itu. Beliau juga telah memperbincangkan tempat itu dengan istrinya. dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. terasa syahdu pula. perjalanan ibadah haji bukan hanya sekedar menyempurnakan prosesi atau ritual sebagaimana diwajibkan atau disunnahkan syariat. Khadijah binti Khuwailid. dan jauh dari keriuhan kota Makkah kala itu. 3. ketika mengunjungi suaminya di Gua Hira. Di atas tulisan itu terdapat tulisan dua ayat pertama Surat Al-Alaq dengan cat warna hijau. Salah satunya adalah dengan melakukan ziarah. dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Muhammad telah mempertimbangkan dengan matang pemilihan gua ini sebagai tempatnya 'mencari' Tuhan. Saat menerima penobatan sebagai Nabi ini. MEKAH YANG LAMA DAN YANG BARU Melihatkan koleksi gambar Kaabah Mekah lama seperti di atas ini. terdapat tulisan Arab ‗Ghor Hira‘ dengan cat warna merah.” (QS Al-Alaq: 1-5). Kalau dilihat dan dibandingkan Kaabah Mekah di zaman lampau iaitu lebih kurang seawal tahun 1902 . ia menerima wahyu pertama yang disampaikan oleh Malaikat Jibril. Oleh sebab itu. Bagi sebagian kaum Muslimin. Kota Suci Umat Islam iaitu Kaabah yang terletak di Mekah. Suasananya tenang. Jabal Nur dan Gua Hira ini sangat penting dalam sejarah Islam karena di gua inilah Nabi Muhammad saw menerima wahyu yang pertama yaitu surat Al'Alaq dari ayat 1 sampai 5. Gua Hira merupakan tempat yang ideal di Makkah bagi Muhammad untuk bertahannuts.

Mekah sekitar tahun 1937 . Mekah yang berdiri sekarang ini atau versi dewasa sudah semakin moden dengan tanggungjawab sepenuhnya diambil oleh pihak Kerajaan Arab Saudi bagi menjaga kesucian Rumah Allah ini. Kaabah. Kalau semasa musim haji dikatakan mereka akan mengangkat kain yang menutup Kaabah Mekah bagi mengelakkan ada kalangan jemaah yang gunting kain. Gambar Kaabah Mekah .sehinggalah sekarang ini. kononnya nak ambil berkat.Tahun 1880 Mekah Gambar Lama kaabah. memang terdapat banyak sangat perbezaanya.Tahun 1941 Kira-kira 70 tahun yang lalu…. Memang nampak bezanya antara Kaabah Mekah dulu-dulu dengan yang ada sekarang ini Gambar Banjir Sekitar Kaabah. Mekah .

Gambar Telaga Air Zam-zam Memang betul-betul ―telaga‖ kalau ikut sejarahnya Gambar Safa & Marwah dulu-dulu Konsep Baru Tata Kota Mekah Yang Baru .

Bukan hanya sekedar menjadi turis akan tetapi untuk melaksanakan ibadah umrah atau haji. Walaupun bukan termasuk warganegara arab.Mekkah kota dimana terletak bangunan yang menjadi Qiblat umat muslim di dunia menjadi tempat yang tidak pernah sepi dari pengunjung. kebanggaan sebagai muslim melihat kemegahan kota Mekkah. Semoga Allah azza wajalla memberikan keluasan rezeki kepada kita bisa hadir mengunjungi kota Mekkah untuk beribadah umrah dan haji. Dengan meningkatnya jumlah pengunjung dari tahun ke tahun. namun rasa bangga tertanam juga dalam hati. Semoga barokah . tak pelak membuat pemerintah Saudi Arabia terus mengembangkan sarana dan prasarana bagi para peziarah.

Kota ini berjarak kurang lebih 600 km di sebelah Utara Kota Mekkah. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa :‖Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) memiliki pahala 10000x dan Shalat di Masjidil Haram (Mekkah) memiliki pahala 100000x‖. (juga Madinat Rasul Allah. Bagi umat Muslim kota ini dianggap sebagai kota suci kedua. Sedangkan saat ini dapat ditempuh kurang lebih 6 jam melalui jalan bebas hambatan yang dibangun oleh pemerintah Arab Saudi. Terdapa tiga Khalifah yang memerintah dari kota ini yakni Abu Bakar. Saai ini selain menggunakan jalan darat. kota ini menjadi pusat dakwah.Selanjutnya ketika kekuasaan beralih kepada bani Umayyah. pemerintahan dipindahkan ke kota Baghdad. Disana terdapat Masjid Nabawi yang memiliki pahala dan keutamaan bagi kaum Muslimin. kota Madinah dapat diakses melalui Udara dengan badara berskala internasional yang terutama digunakan pada musim haji selain bandara king Abdul Aziz di Jeddah Secara geografis. Pada masa Nabi Muhammad SAW.4. . Madīnah an-Nabī) adalah kota utama di Arab Saudi. Dikenal sebagai pusat perdagangan. Kemudian ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah kota ini diganti namanya menjadi Madinah sebgai pusat perkembangan Islam sampai beliau wafat dan dimakamkan di sana. maka pemerintahan dipindahkan ke Damaskus dan ketika pemerintahan berpindah kepada bani Abassiyah. Selanjutnya kota ini menjadi pusat penerus Nabi Muhammad yang dikenal dengan pusat khalifah. Pada masa kekuasaan Usmaniyah Turki. Dalam Hadits. Pada masa lalu memerlukan waktu cukup lama untuk mencapai Madinah (kurang lebih satu bulan) dengan menggunakan Unta. Kini jalur itu sudah tidak ada lagi dan stasiun kereta api Madinah dijadikan Museum. Pada masa Ali bin Abi Thalib pemerintahan dipindahkan ke Kufah di Irak karena terjadi gejolak politik akibat terbununya khalifah Utsman oleh kaum pemberontak. Merupakan kota yang ramai diziarahi atau dikunjungi oleh kaum Muslimin. Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan. Dari kota ini Islam lalu menyebar ke seluruh jazirah Arabia dan lalu ke seluruh dunia. Pada zaman Nabi Muhammad SAW. MADINAH YANG LAMA DAN MADINAH YANG BARU Kota Madina yang lama Koda Madinah yang baru Madinah atau Madinah Al Munawwarah: ‫ هللا ر سول مدي نة‬atau ‫ال مدي نه‬. maka kaum Yahudi diusir keluar Madinah. Jalur ini dahulu digunakan untuk kelancaran pengangkutan jamaah haji. yang merupakan bagian dari jalur kereta api Istambul (Turki)-Haifa (Israel) yang dikenal dengan nama Hejaz Railway. terdapat jalur kereta api yang menghubungkan Madinah dengan Amman (Yordania) serta Damaskus (Syria). kota ini datar yang dikelilingi gunung dan bukit bukit serta beriklim gurun Kota Madinah pada masa sebelum perkembangan Islam dikenal dengan nama Yathrib. Namun karena penghianatan yang dilakukan terhadap penduduk Madinah ketika perang Ahzab. Kota ini dewasa ini memiliki penduduk sekitar 600. penduduk kota madinah adalah orang yang beragama Islam dan orang Yahudi yang dilindungi keberadaannya.000 jiwa. pengajaran dan pemerintahan Islam.

mengatakan bahwa Rasulullah saw. yang meniadakan manusia (yang buruk) sebagaimana ubupan (embusan tukang besi) meniadakan kotoran besi. Abu Hurairah r. Barangsiapa yang membuat bid‘ah (atau melindungi orang yang berbuat bid‘ah) di dalamnya. maka ia terkena laknat Allah.‘‖ 2) Sufyan bin Abu Zuhair r. ―Saya mendengar Rasulullah bersabda. mengatakan bahwa Nabi saw bersabda. bersabda. maka datanglah suatu kaum yang menggiring binatangnya. berkata. datanglah satu kaum yang menggiring binatangnya.‖ 2). Akhir orang yang dikumpulkan adalah dua orang penggembala dari (kabilah) Muzainah. jika mereka mengetahuinya. niscaya saya tidak akan menghardiknya. dan tidak boleh dilakukan bid‘ah di dalamnya. Madinah itu lebih baik bagi mereka. yang mau ke Madinah. Orang Yang Membenci Madinah 1)Abu Hurairah r.‖ 4. ―Namun. ―Seandainya saya melihat biawak memakan rumput di Madinah. Yaitu.‘‖ . telah keluar dari Tanah Haram. Sehingga. Kesucian Kota Madinah 1).a.‖ Kemudian beliau berpaling dan bersabda. Iman Itu Akan Berhimpun ke Madinah Abu Hurairah r. Seandainya mereka mengetahui Syam itu akan ditaklukkan.‖ (Dalam satu riwayat: ―Apa yang ada di antara dua batu hitam Madinah adalah haram. malaikat. Keutamaan Madinah dan Bahwa Madinah Itu Melenyapkan Manusia yang Buruk-Buruk Abu Hurairah r. lalu beliau bersabda. berkata. sedang Madinah itu lebih baik bagi mereka. Madinah. kalian masih ada di Tanah Haram. tidak boleh dipotong (ditebang) pohonnya.‖ 3. jika mereka mengetahuinya.‖) Abu Hurairah berkata. Padahal. ―Madinah itu haram (tanah suci) dari ini sampai ini. ―Saya kira kalian wahai bani Haritsah. ‗Mereka meninggalkan Madinah atas keadaannya yang terbaik. ‗Yaman itu akan ditaklukkan.‖ 2. mereka membawa keluarganya dan orang-orang yang menaatinya. Maka.‖ Nabi saw. Padahal. Mereka membawa keluarganya dan orang-orang yang menaatinya. mereka menyebutnya Yatsrib. Madinah itu lebih baik bagi mereka. ―Saya mendengar Nabi bersabda. Anas r. berkata. ―Saya mendengar Rasulullah bersabda.a. berkata. ‗Tidaklah seseorang membuat tipu daya terhadap penghuni Madinah melainkan ia akan hancur sebagaimana hancurnya garam dalam air. berkata. Irak akan ditaklukkan.a. maka akan datang padanya suatu kaum dengan menggiring binatang ternaknya dan membawa keluarganya dan orang-orang yang menaatinya.a. ‗Saya diperintahkan pergi ke suatu desa yang memakan desa-desa yang lain. setelah keduanya sampai di Tsaniyatul Wada‘. Dosa Orang yang Bermaksud Berbuat Buruk terhadap Para Penghuni Kota Madinah Sa‘ad r.1. Ia tidak didatangi selain oleh pencari rezeki (yang beliau maksudkan adalah binatang buas dan burung). ―Rasulullah bersabda. mereka tersungkur pada kedua wajahnya. Kemudian mereka mendapatinya telah menjadi binatang liar.‖ 5.a. bersabda. Keduanya berteriak memanggil-manggil kambingnya. Lalu.a.a. ―Nabi mendatangi bani Haritsah. ―Apa yang ada di antara dua batu hitam (tanda pembatas) Madinah itu diharamkan lewat lisanku. ―Sesungguhnya iman itu berkumpul ke Madinah sebagaimana ular berkumpul di lubangnya. dan manusia seluruhnya.

saya tidak pernah dapat melihat engkau yang lebih jelas daripada yang aku lihat hari ini. sebagian orang dari sahabat beliau kembali pulang (dan para sahabat Nabi pada waktu itu terbagi menjadi dua kelompok 5/31). ‗Bagaimana pendapatmu. Namun. Dajal Tidak Bisa Memasuki Kota Madinah 1) Abu Bakrah mengatakan bahwa Nabi saw. ―Tidaklah masuk kota Madinah ketakutan terhadap Masih ad-Dajal. ―Rasulullah menceritakan kepada kami sebuah cerita panjang tentang Dajal. ―Ketika Nabi pergi ke Uhud. ‗Tidak. padahal Allah telah membalikkan mereka kepada kekafiran disebabkan usaha mereka sendiri?‘ Nabi bersabda.‖ 8. berkata. (dan dalam satu riwayat: Dajal datang sehingga turun di sudut kota Madinah 8/102). ‗Dajal itu akan datang dan ia diharamkan masuk pintu Madinah.‘ Lalu. (dan 8/102) pada hari itu Madinah mempunyai tujuh buah pintu gerbang.[1] sebagaimana halnya api membersihkan karat besi (dalam satu riwayat: karat perak). Pada saat itu keluarlah seorang laki-laki yang merupakan sebaik-baik manusia atau dari golongan manusia yang terbaik. Ia berkata. Ketika menghidupkannya. Benteng-Benteng Kota Madinah Usamah r. apakah kamu masih meragukan terhadap persoalan itu?‘ Mereka menjawab. ―Rasulullah bersabda. dan dalam riwayat lain: kotoran yakni manusia-manusia kotor).6. ia berkata.‘ Beliau bersabda 8/89) ‗Sesungguhnya aku melihat tempat-tempat terjadinya fitnah di sela-sela rumah-rumah kamu seperti tempat tempat jatuhnya tetesan air hujan. berkata. Sehingga. ―Nabi naik ke salah satu benteng Madinah lalu beliau bersabda.‘ (Dalam satu riwayat: Lalu Dajal hendak membunuhnya).a. Raudhah (Taman) 1) Abu Hurairah r. ‗Pada pintu-pintu kota Madinah ada malaikat yang menyebabkan tha‘un ‗wabah‘ dan Dajal tidak memasukinya.‘‖ 3) Anas bin Malik r. ia singgah di sebagian kota Madinah yang gersang (dalam satu riwayat: di dekat Madinah). Dajal berkata.‖ 2)Abu Hurairah r. Allah mengeluarkan seluruh orang kafir dan munafik. Lalu yang satu golongan berkata. Mimbarku itu ada di atas telagaku. Kemudian Madinah menggoncang penghuninya tiga kali. (maka Dajal dan wabah tha‘un tidak akan dapat mendekatinya insya Allah 8/103).a.‖ 4) Abu Sa‘id al Khudri r. ‗Apakah kalian melihat apa yang aku lihat? (Mereka menjawab.‘‖ 7. ‗Demi Allah. ia mengeluarkan orang-orang (dalam satu riwayat: dosa-dosa. Lalu. ―Di antara rumahku[2] dengan mimbarku terletak sebuah raudhah (taman) dari taman-taman surga.‘ Lalu Dajal berkata. ‗Saya bersaksi bahwa kamu adalah Dajal yang Rasulullah telah menceritakan kepada kami tentang kamu. ‗Kita bunuh mereka. ‗Tidak.a. jangan bunuh mereka!‘ Maka. turunlah ayat 88 surah anNisaa‘. bersabda.a. ‗Tidak. ―Tidak ada suatu negeri kecuali akan dimasuki oleh Dajal selain kota Mekah dan Madinah yang setiap pintu gerbangnya ada malaikat-malaikat yang berbaris menjaganya. mengatakan bahwa Nabi saw. ia tidak diberi kekuasaan terhadapnya. mengatakan bahwa Nabi saw bersabda. Madinah Itu Dapat Melenyapkan Apa-Apa yang Buruk Zaid bin Tsabit r. berkata. ‗Maka. mengapa kamu terpecah menjadi dua golongan dalam menghadapi orang-orang munafik. bersabda.‖ . berkata.‘ Kemudian ia menghidupkan lalu mematikannya. di atas setiap pintu ada dua malaikat. ‗Saya bunuh dia.‘ Golongan yang lain berkata.‖ 9. Beliau menceritakan Dajal itu kepada kami dengan bersabda. jika aku matikan orang ini kemudian aku hidupkan lagi. ‗Sesungguhnya kota Madinah itu adalah (negeri yang bagus 5/181).a.a.

jadikanlah kami cinta kepada Madinah seperti cinta kami terhadap Mekah atau bahkan melebihinya. berkahilah di dalam (takaran) sha‘ kami dan mud kami. ‗Duhai Ayahanda.‖ . (4/246) Beliau berdoa. ―Ketika Rasulullah tiba di Madinah. bagaimana keadaanmu? Wahai Bilal. Sedang kematian lebih dekat daripada sepasang sandalnya’ Dan Bilal. ―Ya Allah. merinding bulu romaku Apakah nanti malam aku masih bermalam Di sebuah lembah Sedang di sekitarku ada pohon idzkhir dan pohon jalil? Apakah pada suatu hari aku akan sampai ke perairan Majannah Apakah akan tampak bagiku (bukit) Syamah dan Thafil?’ Ia berkata. Ya Allah. Utbah bin Rabi‘ah. Abu Bakar dan Bilal jatuh sakit.‘ Lalu aku datang kepada Rasulullah menginformasikan hal itu. karuniakanlah aku suatu anugerah.a. dan pindahkanlah panasnya ke Juhfah. ‗Ya Allah. berdoa. yaitu mati syahid di jalan-Mu (yakni dalam membela agama Mu).‘‖ Aisyah berkata.a. laknatilah Syaibah bin Rabi‘ah.‖ Ia berkata. sehatkanlah Madinah kepada kami. apabila demamnya telah hilang. ia menarik suara dengan perkataannya: ‘Ketauhilah. 3) Umar r. berkata. ―Buth-han waktu itu mengalirkan air. ―Kami datang ke Madinah yang waktu itu merupakan bumi Allah yang paling banyak wabahnya. Abu Bakar apabila terserang demam ia mengucapkan: ‘Setiap orang berpagi-pagi di kalangan keluarganya. dan jadikanlah kematianku di negeri Rasul-Mu. saya berkata. dan Umayyah bin Khalaf sebagaimana mereka telah mengusir kami dari tanah kami ke tanah waba ‗wabah‘. ‗Ya Allah. (Lalu saya menemui keduanya.‖ Ia maksudkan air yang telah berubah warna dan baunya. bagaimana keadaanmu?‘ 7/5).2) Aisyah r.