TERM OF REFERENCE

“Manajemen Konflik dan Kastrat”

LKMM FK UNRAM 2012
I. TUJUAN

1. Mahasiswa mampu menganalisis konflik yang ada 2. Mahasiswa mampu menyusun strategi pengelolaan konflik 3. Peserta memahami sistem berpikir dan belajar dalam organisasi (mengapa-apabagaimana organisasi) 4. Peserta mengetahui dan memahami tentang organisasi pembelajaran STAR (Strategy Thinking Action and Reflection) 5. Peserta mengetahui dan memahami tentang system thinking

6. Peserta mengerti dan memahami tentang jenis-jenis hukum system thinking 7. Peserta mampu mengetahui dan memahami kebutaan terhadap berpikir sistemik

II.

HASIL YANG DIHARAPKAN Hasil yang diharapkan dari pemberian materi ini dalam rangkaian acara “LKMM FK Unram 2012” adalah terbentuknya mahasiswa yang tanggap akan hadirnya konflik dapat memanajemen konflik tersebut sehingga konflik tersebut sehingga konflik dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu juga dibutuhkan sistem berfikir ala kastrat dalam menghadapi permasalahan tersebut.

III.

WAKTU DAN PELAKSANAAN

Penyampaian materi ini dilaksanakan pada : Hari/tanggal Waktu : Sabtu, 8 September 2012 : 19.00 – 20.20 WITA

Pengertian berpikir sistemik 6. Pembelajaran organisasi STAR (Strategy Thinking Action and Reflection) . Teknik analisis konflik 4.Tanya jawab akan dipimpin oleh moderator dan banyaknya pertanyaan akan dibatasi oleh waktu yang tersedia VI. Pengertian konflik 2. KEPESERTAAN Peserta dari materi ini adalah peserta dari “LKMM FK UNRAM 2012” dengan kuota sebanyak 70 orang V. Teknik mengelola konflik 5. KISI-KISI MATERI 1. KONSEP ACARA (WAKTU 80 MENIT) 1. Ceramah Teknis : Materi akan dibawakan oleh pembicara dengan teknis yang menarik dan mudah dipahami 2. Tanya Jawab Tujuan : Memberikan jawaban langsung atas keingintahuan peserta tentang Manajmen Konflik dan Kastrat yang dirasa masih kurang jelas Teknis : . Faktor-faktor penyebab dan sumber konflik 3.Tempat : Asrama Haji Provinsi NTB IV.

PEMBUATAN PRE TEST DAN POST TEST 1. System thinking 8. disesuaikan dengan keinginan pemateri dan disesuaikan dengan kebutuhan VIII. Pemateri dan panitia juga membuat suatu kasus yang nantinya harus diselesaikan oleh peserta (kelompok) pada sesi simulasi kastrad VII.7. konsisten dan penuh semangat oleh semua pihak terkait. Jenis hukum System thinking 9. Pertanyaan pada pre test dan post test diserahkan pada panitia. Soal pada pre test dan post test bisa sama atau berbeda. . waktu pengumpulan disesuaikan berdasarkan kesepakatan dengan panitia yang bersangkutan 3. Pre test dan pos test dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 5 pertanyaan 2. PENUTUP Demikian Kerangka Acuan ini disusun sebagai acuan dalam penyampaian materi “Manajemen Konflik dan Kastrat” dalam acara “LKMM FK UNRAM 2012” dapat dipenuhi dengan optimal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful