Pengertian PKMD

PKMD adalah rangkaian kegiatan masyarakat yang dilaksanakan atas dasar gotong royong dan swadaya dalam rangka menolong diri sendiri dalam memecahkan masalah untuk memenuhi kebutuhannya dibidang kesehatan dan dibidang lain yang berkaitan agar mampu mencapai kehidupan yang sehat sejahtera ( Nasrul Effendi, 1998:263). 1. Ciri-ciri Kegiatan PKMD a. Kegiatan dilaksanakan atas dasar kesadaran, kemampuan dan prakarsa masyarakat sendiri, dalam arti bahwa kegiatan dimulai dengan kegiatan untuk mengatasi masalah kesehatan yang memang dirasakan oleh masyarakat sendiri sebagai kebutuhan. Perencanaan ditetapkan oleh masyarakat secara musyawarah dan mufakat. Pelaksanaan kegiatan berdasarkan pada peran serta aktif dan swadaya masyarakat dalam arti memanfaatkan secara optimal kemampuan dan sumber daya yang dimiliki masyarakat. Masukan dari luar hanya bersifat memacu, melengkapi dan menunjang, tidak mengakibatkan ketergantungan. Kegiatan dilakukan oleh tenaga-tenaga masyarakat setempat. Memanfaatkan teknologi tepat guna. Kegiatan yang dilakukan sekurang-kurangnya mencakup salah satu dari unsur PHC. 2. Tujuan PKMD a. Tujuan Umum. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya swadaya masyarakat dalam meningkatkan swadaya masyarakat dalam meningkatakn kesejahteraan dan mutu hidup masyarakat. b. Tujuan Khusus. 1). Menumbuhkan kegiatan masyarakat 2). Membentuk kader-kader kesehatan yang berasal dari masyarakat yang mampu dan aktif dalam program pembangunan kegiatan desa. 3). Terjalinnya kerja sama kegiatan dari berbagai sektor masyarakat denganpemerintah secara terpadu.

b. c.

d. e. f. g.

4). 2). Pengenalan terhadap masyarakat. a) b) c) Pengenalam masalah melalui: Pengumpulan data (SDM) Penyajian yang dapat dimengerti masyarakat. Perencanaan Kegiatan PKMD 1). dll. bukan hanya kegiatan kesehatan secara langsung. perbaikan status gizi masyarakat. Dalam membina kegiatan masyarakat diperlukan kerja sama yang baik: 1). Persiapan masyarakat. lembaga-lembaga tersebut dengan masyarakat. Pembentukan kader dan pengorganisasian kader. kesakitan. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan turunnya angka kematian. Menyusun rencana kerja yang meliputi: a) Tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal masyarakat tidak dapat memecahkan masalah atau kehidupan sendiri. Antar dinas-dinas. Pokok-pokok Kegiatan PKMD a. b. 1). intansi-intansi. lembaga-lembaga lainnya yang bersangkutan. c. 3. Menetapkan jenis kegiatan 3). dan mampu berperan aktifdalam setiap kegiatan PKMD. 2). Prinsip-prinsip Dasar PKMD a. 3). Memilih prioritas masalah 2). intansi-intansi. Antar dinas-dinas. Kegiatan masyarakat sebaiknya dimulai dengan kegiatan yang memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. . Pelatihan kader kesehatan desa yang disebut “promoter kesehatan desa” b. ini berarti bahwa kegiatan tidak terbatas pada aspek kesehatan saja melainkan juga mencakup aspek-aspek kehidupan lainnya yang secara tidak langsung menunjang peningkatan taraf kesehatan. Menyelesaikan masalah yang ada dengan prioritas yang perlu ditanggulangi. yaitu upaya yang bertujuan agar masyarakat memahami PKMD. maka pelayanan langsung diberikan oleh sector yang bersangkutan. b) Strategi yang ingin ditempuh pengorganisasian. 4.4).

f. a) Ketepatan pelaksanaan b) Ketepatan waktu. Kader dan mahasiswa melaksanakan masing-masing tugas sesuai yang telah disepakati. c) Penerimaan dan penggunaan biaya. d) Penyediaan dan penggunaan biaya. Perluasan program PKMD. e) Hasil-hasil yang ingin dicapai. Penilaian (Evaluasi) PKMD 1). 3). Tindakan. Pengorganisasian. Waktu pelaksanaan. 2). e. Penilaian hasil akhir. Pelaksanaan kegiatan. 1). Dilakukan secara bertahap. d. Pembinaan PKMD Pembinaan berarti upaya-upaya untuk memelihara dan meningkatkan kegiatan yang telah dimulai dalam menjamin kelangsungan program. Dimonitori adalah rencana kerja yang disepakati. Dalam proses kegiatan selalu diadakan pertemuan-pertemuan (POKJAPOKJA) 4). Penilaian hasil kegiatan. f) Jumlah dan kualitas partisipasi masyarakat. 2). Kader dan pengurus desa serta petugas kesehatan memantau kegiatan.c) d) e) f) c. . Pembiayaan. Penilaian hasil sementara 3).