Midterm Paper International Management

URUGUAY

By: ANGGI PRAMITA
19120009

1

1% Asia 0.9% African 4.9% Pribumi 1.1% Agama : Roman Katolik 2 .314 jiwa : 18.215 km2 : 3.65 jiwa/km2 : Caucasian 93.Universitas Pelita Harapan Graduate School Management 2012 URUGUAY Ibu kota Luas area Populasi Kepadatan Demografi : Montevideo : 175.286.

Pemberontakan ini mendorong Presiden Uruguay saat itu menyerahkan kontrol kepemerintahan kepada militer di tahun 1973. Sebagai benteng militer. Pada akhir tahun. Saat ini. yang pada saat ini merupakan ibu kota Uruguay. Pada awal abad 20. Pada tahun 1960. namun militer terus memperluas cengkraman atas pemerintah. Montevideo diklaim oleh Argentina. Uruguay merupakan wilayah yang ditemukan dan dimiliki oleh Spanyol pada tahun 1726. Pada tahun 1821. namun tidak lama dianeksasi oleh Brasil. Uruguay tadinya dipergunakan oleh Spanyol sebagai benteng militer yang dikenal dengan sebutan Montevideo. sosial. Presiden Jose Battle melakukan reformasi politik. Uruguay menyatakan kemerdekaannya dan dijamin kebebasannya pada tahun 1828 setelah perjuangan selama tiga tahun. sekaligus mengakhiri 170 tahun kontrol politik yang sebelumnya dipegang oleh pihak Blanco. terjadi pemeberontakan yang dipimpin oleh seorang penganut Marxisme bernama Tupamaros.Pendapatan : Total US$ 50.656 Mata uang : Peso Bahasa resmi : Spanish 1.908 juta Per kapita US$ 15. memenangkan pemilihan nasional. Frente Amplio. Uruguay dikenal sebagai salah satu negara dengan kondisi politik dan tenaga kerja paling bebas di dunia. Empat tahun kemudian. dan ekonomi yang meluas dan membentuk tradisi negara tersebut. koalisi partai kiri. SEJARAH Sebelum menjadi negara merdeka. Pada tahun 2004. Pemerintahan sipil dikembalikan pada tahun 1986. Montevideo mendatangkan keuntungan bagi Spanyol dengan menjadi pelabuhan alami yang berguna sebagai pusat komersial yang penting. 3 . pemberontakan berhasil ditumpas.

015 km2 dan luas perairan sebesar 1200 km2. GEOGRAFI WILAYAH Uruguay terletak di antara Argentina dan Brasil. ANALISIS BUDAYA (GEERT HOFSTEDE’S CULTURAL DIMENSIONS) Sumber: Country culture – Geert Hofstede 4 . Uruguay merupakan negara empat musim dengan iklim relatif seragam di seluruh wilayahnya. Uruguay memiliki luas total 176.215 km2. dengan luas daratan sebesar 175.2. Uruguay merupakan negara terkecil kedua di Amerika Selatan setelah Suriname. dan berbatasan dengan Samudera Atlantik. 3.

Uruguay memiliki skor 38. Negara yang feminin pada umumnya berfokus pada bekerja untuk hidup. 3.1 Power Distance Pada dimensi Power Distance atau tingkat kesetaraan. Uruguay memiliki skor 36. Uruguay memiliki skor 61. Hal ini menandakan bahwa Uruguay memberlakukan sistem hierarki. masyarakat didorong untuk membangun hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya. Layaknya negara-negara di Amerika Latin. Pendapat banyak orang menjadi salah satu poin penting untuk dipertimbangkan dalam mengambil keputusan. terutama dalam hal pengambilan keputusan. Di dalam budaya kolektif. Hal ini juga diwujudkan dalam lingkungan kerja di mana karyawan memiliki solidaritas pekerja yang tinggi. Karyawan senang akan insentif seperti waktu luang dan fleksibilitas. Hal ini juga tercermin ke dalam pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan secara bersama-sama. Uruguay merupakan masyarakat yang feminin.3. Negara yang feminin biasanya 5 . dimana masing-masing orang memiliki posisi masing-masing. Sistem hierarki menggambarkan ketidaksetaraan. Dari segi bisnis. masyarakat Uruguay menganggap waktu kebersamaan dan kontak pribadi merupakan hal yang penting.3 Maskulinitas vs Femininitas Pada dimensi ini. sentralisasi. Hal ini menunjukkan bahwa Uruguay merupakan negara yang memiliki budaya kolektif. dan autokrasi. 3. Konflik diselesaikan dengan kompromi dan negosiasi.2 Individualisme vs Kolektivisme Pada dimensi ini. hal ini menandakan bahwa mayoritas organisasi di Uruguay memiliki struktur yang tinggi (tall organization structure).

Uruguay terkena dampak krisis ekonomi global dan kekeringan yang kuat. 3. perlu ditempatkan manajer yang suportif dan pengambilan keputusan harus dilakukan secara kolektif. Uruguay dihidupkan kembali dengan pertumbuhan yang lebih tinggi dari 6% di tahun 20042008. Berkat adanya peningkatan ekspor dan dinamika permintaan domestik di tahun 2010.5% dari GDP.9%). Pada 2011 kecenderungan ini berlanjut dengan tingkat pertumbuhan 6%.1 Indikator Ekonomi Selain inflasi. Berbeda dengan banyak negara lain. Setelah mengalami resesi yang mendalam pada tahun 1999-2002. Budaya Uruguay bukan merupakan budaya yang menjunjung ambiguitas sehingga masyarakat Uruguay sulit untuk mentolerir ide dan perilaku tidak lazim.4% pada tahun 2011. semua data ekonomi makro yang sehat dan negara mempertahankan citranya stabilitas politik dan ekonomi.cenderung berfokus pada kesejahteraan. 4. Pada tahun 2008. Hal ini didukung oleh peningkatan belanja publik dan investasi. Uruguay telah menyimpan pertumbuhan positif pada tahun 2009 (2. pertumbuhan meningkat menjadi 8.4 Uncertainty Avoidance Pada dimensi ini Uruguay memiliki skor 100 sehingga dapat disimpulkan bahwa Uruguay berpatokan pada aturan dan norma yang berlaku untuk menghindari ketidakpastian. KONDISI EKONOMI 4. yang lebih dari 5. Di dalam organisasi. 6 .

Sementara itu. yang merupakan setengah dari kegiatan industri. Pertanian dan pangan hewani. jagung dan tebu. Sektor jasa. Perdagangan luar negeri mewakili 7 .Anggaran tahun 2010-2014 telah menempatkan penekanan pada pengurangan utang publik. tekstil. menyediakan lapangan kerja bagi hampir dua pertiga penduduk Uruguay dan berkontribusi lebih dari 50% terhadap GDP. Sementara setengah kegiatan industri lainnya adalah kegiatan manufaktur. bahan kimia. domba. mewakili sekitar seperempat dari GDP. Pada tahun 2011. tingkat pengangguran menurun menjadi 6% dari populasi yang aktif. Hampir 90% dari lahan dikhususkan untuk peternakan (sapi. dalam rangka mendorong pertumbuhan. 4. kuda dan babi).3 Perdagangan Asing (Foreign Trade) Uruguay memiliki perekonomian terbuka. Uruguay salah satu negara yang memiliki GDP per kapita tertinggi di Amerika Selatan. yang meliputi minuman (terutama anggur). Ada juga perkebunan dan pertanian buah serta industri anggur yang tumbuh di sepanjang pantai Rio de la Plata. Beras adalah tanaman utama. pemerintah berusaha untuk mengembangkan proyek-proyek investasi di sektor energi dan transportasi mempromosikan kemitraan publik dan swasta. dan perikanan memberikan kontribusi 30% terhadap GDP. 4. Uruguay memiliki lahan pertanian yang kaya. bahan bangunan. terutama jasa keuangan dan pariwisata.2 Sektor Industri Utama Pertanian. peningkatan pengeluaran infrastruktur dan pendidikan. penciptaan dana yang akan memungkinkan dalam menghadapi fluktuasi pada biaya produksi listrik karena cuaca buruk. minyak dan batubara. sebagai sektor ekspor terbesar. diikuti dengan gandum.

China dan Uni Eropa. serta pariwisata. Negara tujuan ekspor yang utama antara lain.5 9. Breakdown of Economic Activity By Sector Employment By Sector (in % of Total Employment) Value Added (in % of GDP) Value Added (Annual % Change) Sumber: World Bank Agriculture Industry Services 11. bahan bakar mineral dan minyak.7 26. jasa perbankan.2 64. sereal dan wol. Brazil. peralatan listrik dan elektronik. Uruguay adalah anggota dari MERCOSUR yaitu organisasi ekonomi Amerika Selatan. serta plastik. kulit dan kulit mentah. pertanian dan peternakan. Pariwisata memberikan besarnya jumlah mata uang asing. Di lain pihak. Daging dan sereal merupakan 30% dari semua ekspor dan industri kertas 7%. Uruguay juga mengandalkan impor komoditas dari Argentina. produk susu. Komoditas yang diimpor oleh Uruguay antara lain. kendaraan. Cina dan Amerika Serikat. 8 . Brazil.6 0.0 8. perdagangan. Komoditas yang diekspor terutama daging. sesuai dengan 6% dari GDP pada tahun 2011.9 7.sekitar 55% dari GDP.9 Ekspor merupakan salah satu alat ekonomi bagi Uruguay.8 21.6 67. mesin. Perekonomiannya didasarkan pada industri.

Sumber: Comtrade Main Customers (% of Exports) 2009 Brazil Argentina China Russia Venezuela Other Countries 20.5% 61.0% 3.4% 4.3% Sumber: Comtrade 9 .4% 6.3% 4.

1 Asosiasi Uruguay adalah anggota dari Asosiasi Integrasi Amerika Latin. 5. FDI Uruguay mencapai US$ 2.2 Foreign Direct Investment FDI Uruguay telah bertumbuh tiga kali lipat dalam tujuh tahun terakhir. Grafik Tingkat Pertumbuhan FDI di Uruguay (dalam US$ juta dan %GDP) 10 .5.5 triliun. dan telah menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan Meksiko. PELUANG BISNIS 5. Pada tahun 2011. Hal ini juga milik Mercosur. Negara ini telah menandatangani perjanjian perdagangan dengan 21 negara lain di Putaran Paulo São dari Global System of Preferences Dagang antara Negara Berkembang (GSTP).

ketika Uruguay mulai melaporkan investasi yang besar yang berasal dari investasi pada pabrik kertas. Tren pertumbuhan FDI Uruguay tetap menunjukkan peningkatan meskipun di tahun 2009 Uruguay terkena dampak krisis ekonomi global. Pemerintah Uruguay melaporkan tingkat pertumbuhan FDI rata-rata 26% selama 2006-2011.4% dari GDP. Pada tahun 2011. FDI dalam hal GDP telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini dan mencapai level tertingginya di tahun 2006. Pada tahun 2010 investasi lainnya pada pabrik kertas terwujud.Sumber: Central Bank of Uruguay Grafik di atas menunjukkan lompatan signifikan yang dialami sejak 2005. Investasi tersebut memiliki peranan penting dalam menunjang kenaikan angka FDI Uruguay di tahun tersebut dan pada tahun-tahun yang akan datang. yaitu 8% dari GDP. FDI mencapai 5. Dengan dikeluarkannya peraturan ini menjadikan Uruguay sebagai negara dengan 11 . Tren investasi yang berkembang di Uruguay salah satunya dipengaruhi oleh dikeluarkannya Keputusan 455 yang mengatur undang-undang mengenai promosi dan perlindungan investasi (Ley de Promoción y Protección de Inversiones ).

lingkungan investasi yang menarik. serta Brazil (9%). dan Jepang (5%). Spanyol (14%). Amerika Serikat (14%). Departemen Promosi Investasi Uruguay telah menerima sejumlah besar permintaan oleh investor asing dari 260 perusahaan yang tertarik untuk menetap di Uruguay. dan energi (4%). infrastruktur (5%). sector industri (39%). jasa (31%). 12 . agrobisnis (8%). terutama pada bidang pariwisata. Pada tahun 2011. Sektor-sektor yang mendapat banyak permohonan investasi antara lain. terutama pada bidang otomotif dan suku cadang. Beberapa negara yang mengajukan permohonan investasi antara lain Argentina (16%).

3 Investment Grade Pada awal April 2012. lembaga pemeringkat hutang. menaikkan peringkat negara Uruguay menjadi Investment Grade (IG). Peringkat Investment Grade menunjukkan adanya kepercayaan dan stabilitas yang dihasilkan oleh kerangka kelembagaan negara serta oleh kebijakan ekonomi yang mencerminkan kondisi perekonomian yang konduktif pada ekonomi makro Uruguay. 2) memberikan jaminan bagi investor bahwa Uruguay tidak akan mengalami kesulitan dalam mengakses pendanaan dalam lingkungan investasi yang beresiko. Standard & Poor. Adanya peringkat ini merupakan jaminan bagi investor dalam menginvestasikan dana mereka di Uruguay. 13 . Efek-efek yang dihasilkan oleh adanya peringkat Investment Grade di Uruguay antara lain: 1) memperluas area calon investor untuk berinvestasi di Uruguay baik dalam investasi keuangan (surat utang negara dan saham perusahaan) maupun investasi produktif lainnya.5.

gula. Sebuah batas waktu untuk bea cukai barang adalah tetap. ikut berperan serta dalam menciptakan zona perdagangan bebas.3) memberikan jaminan bagi investor dalam berinvestasi untuk jangka panjang. Uruguay. 5. yang merupakan salah satu negara anggota MERCOSUR. Importir harus membayar selisih antara jumlah tagihan dan harga minimum. Produk yang tidak berlaku tarif dasar adalah barang peralatan. sereal. Uruguay menerapkan sistem bea cukai harmonis yang berdasarkan pada sistem World Customs Organization.637. Lisensi diperlukan untuk impor produk seperti peralatan medis. Semua importir tetap harus terdaftar dengan Bank Sentral dan menyatakan semua impor mereka dengan mengisi sebuah deklarasi impor. bahan kimia. IT. mobil dan sektor gula.4 Kebijakan Impor Uruguay memiliki kebijakan impor liberal dan tidak ada sistem kuota. 5. Tarif eksternal umum (CET) tidak berlaku bagi semua produk.000 jiwa (sensus tahun 2010) : 44 jam per minggu : 60 tahun : kontrak kerja diatur oleh pemerintah. jasa. tarif eksternal umum dan zona sirkulasi bebas untuk barang. daging dan tepung. Sertifikat importir berlaku selama 180 hari. Uruguay menerapkan beberapa harga minimum untuk impor tekstil dan pakaian. dan orang.5 Tenaga Kerja Total populasi usia bekerja Standard waktu bekerja Usia pensiun Kontrak kerja : 1. Di Uruguay hanya 75% produk yang mendapat manfaat dari tarif tunggal. telekomunikasi. sapi. namun fleksibel sesuai dengan kebijaksanaan masing- 14 .

KEUNTUNGAN BERBISNIS DI URUGUAY 1) Stabilitas yang terjamin bagi investor. dan entertainmen.6 Segmentasi Pasar Meskipun profil konsumen memiliki perubahan selama dekade terakhir.masing perusahaan Upah minimum (per bulan) : 3000 peso (USD 125) 5. furniture. Kriteria utama konsumen dalam pemilihan produk adalah keamanan. atau produk pembersih. Namun demikian. Masyarakat Uruguay tetap konservatif saat membuat keputusan pembelian yang penting. Mereka menerima 15 . Tingginya minat masyarakat kelas ini membuat pusat pariwisata di Uruguay merupakan hal yang mewah. yaitu produk makanan. 6. masyarakat tidak ragu untuk mengambil resiko dalam hal pembelian makanan. Masyarakat kelas atas dan menengah atas menghabiskan sebagian besar uang mereka dalam bentuk furniture. Profil konsumen dan daya beli penduduk perkotaan sangat berbeda dari penduduk pedesaan. produk kesehatan. sedangkan masyarakat pedesaan yang kurang menuntut dan lebih tertarik pada produk-produk tradisional. efisiensi. dan kebijaksanaan. seperti pembelian barang utilitas. Orang perkotaan memiliki perilaku konsumen yang agak Barat. mobil atau peralatan rumah tangga. pendidikan. Masyarakat kelas bawah lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar mereka. baik dalam hal ekonomi dan keamanan 2) Tidak adanya persyaratan khusus untuk investor asing dan lokal Investor asing dapat beroperasi secara bebas di Uruguay. aksesoris. Hal ini dikarenakan oleh adanya kesenjangan dalam pendapatan.

Bentuk lain dari struktur perusahaan dapat diadopsi. dan asosiasi dari berbagai jenis. 7) Kebebasan dalam proporsi tenaga kerja lokal dan asing Hukum Uruguay memungkinkan investor lokal dan asing untuk menyewa tenaga kerja asing. dengan hanya pembatasan beberapa minor di daerah tertentu (mengenai proporsi pekerja asing disewa). 8) Adanya kebijakan Free Trade Agreement di kawasan perdagangan negara- 16 . Tidak ada kontrol harga administrasi.perlakuan yang sama dengan investor lokal. Perusahaan lokal bisa milik asing 100%. Transaksi dapat dilakukan dalam mata uang apapun. seperti joint venture. 6) Kebebasan harga dan longgarnya kontrol pertukaran mata uang Ekonomi Uruguay tidak memiliki batasan pertukaran. yaitu bea masuk dan pajak lainnya tidak dipungut di banyak kasus. 5) Perlakuan pajak yang menguntungkan atas impor peralatan modal ( capital equipments) Impor peralatan modal memiliki rezim pajak yang menguntungkan. terlepas dari saat investasi awal dilakukan. apakah mereka memilih untuk membentuk sebuah perusahaan lokal atau untuk sekadar bertindak tanpa secara resmi mengukuhkan diri mereka. Hal ini dapat dilakukan setiap saat. 3) Tidak adanya pembatasan pada jumlah modal asing yang dapat berpartisipasi dalam investasi Investor dapat berpartisipasi dalam saham sebuah perusahaan lokal dengan perbandingan berapapun. 4) Biaya masuk gratis dan repatriasi modal dan dividen Kebebasan repatriasi modal dan keuntungan pengiriman uang ke luar negeri dijamin. dan dapat dipertukarkan secara bebas lokal.

17 . Perusahaan Uruguay yang memiliki aset dan pendapatan off-shore dibebaskan dari pajak.negara Amerika Selatan yang tergabung dalam MERCOSUR 9) Pajak yang rendah bagi investasi off-shore Uruguay adalah satu-satunya negara di Amerika Selatan yang menetapkan juridiksi pajak rendah bagi investasi off-shore.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.