P. 1
Sistem Saraf Vertebrae

Sistem Saraf Vertebrae

|Views: 64|Likes:
Published by Cipta Ade Prasetyo

More info:

Published by: Cipta Ade Prasetyo on May 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

Sistem saraf tulang vertebrae

Saraf Tepi

Sistem saraf tepi adalah sistem saraf yang berada pada sistem ujung saraf. Sistem saraf tepi langsung berhubungan dengan reseptor saraf. Sistem saraf tepi biasa disebut juga system saraf perifer. Kerja system saraf tepi ada dua macam, ada yang bekerja dalam sistem sadar, dan ada pula diluar kesadaran (otonom). Sistem saraf tepi berada diluar system saraf pusat, dan tidak dilindungi oleh rangka khusus, sehingga mudah mengalami kerusakan, seperti racun, luka akibat benturan dan lain-lain. Tetapi kerusakan sistem saraf tepi biasanya mudah mengalami regenerasi dan tidak terlalu berefek negatif, berdasarkan tipenya dibedakan menjadi dua, yaitu:

Saraf sensorik / aferen: berfungsi menghantarkan informasi dari reseptor sensorik menuju sistem saraf pusat (nilai akhir stimulus).

Saraf motorik / eferen: berfungsi menghantarkan informasi dari sistem saraf pusat menuju otot / kelenjar (dari sinilah terjadi gerak respon)

Dilihat dari letaknya, sistem saraf tepi bisa dibedakan menjadi dua bagian, yaitu:
 

Saraf kranial (sistem saraf yang berada dikepala, terdiri dari 12 pasang saraf) Saraf spinalis / Sumsum Tulang belajang (terdiri dari 31 pasang saraf, yang dilindungi oleh ruas-ruas tulang belakang).

Sedangkan, dilihat dari cara kerjanya, sistem saraf tepi dibedakan menjadi:

 Vertebra Sakralis (ruas tulang kelangkang) Yang berjumlah 5 buah dan membentuk os sakrum (tulang kelangkang). Saraf Spinalis Saraf spinalis terletak pada ruas-ruas tulang belakang.  Saraf simpatis (bekerja untuk merangsang / memacu organ-organ tubuh) Saraf parasimpatis (bekerja menstabilkan aktivitas organ-organ tubuh). 5 pasang dari segmen sacralis dan 1 pasang dari segmen koxigeus. dari 31 pasang saraf spinalis yang terdiri 7 Sam pasang Dari segmen servikal.  Vertebra Lumbalis (ruas tulang pinggang) yang berjumlah 5 buah dan membentuk daerah lumbal atau pinggang.  Vertebra Servikalis (ruas tulang leher) yang berjumlah 7 buah dan membentuk daerah tengkuk. 5 pasang dari segmen lumbalis.  Vertebra koksigeus (ruas tulang tungging) Yang berjumlah 4 buah dan membentuk tulang koksigeus (tulang tungging).  Vertebra Torakalis (ruas tulang punggung) yang berjumlah 12 buah Dan membentuk bagian belakang torax atau dada. . 12 pasang dari segmen thorakal.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->