BAB 25

PENDAHULUAN KEMOTERAPEUTIK
Cara Mempelajari Antimikroba

Prinsip-Prinsip Umum Terapi Definisi
Konsep Penting yang Harus Dipahami

Klasifikasi Antimikroba

CARA MEMPELAJARI AIITIMIKROBA
Mahasiswa sering mengalami kesulitan dengan antibiotik, bukan karena konsep yang sulit, tetapi karena banyaknyajumlah obat dalam golongan ini. Mencoba mengingat organisme-organisme yang sensitif terhadap setiap obat juga dapat menjadi hal yang sangat memberatkan. Cobalah pendekatan ini. Pertama, pastikan Anda memahami prinsip umum terapi dan beberapa definisi. Kita akan membahas hal tersebut dalam bab ini.

176

Bab 25 / Pendahuluan Kemoterapeutik

.177 .

Kedua, perhatikan golongan-golongan antibiotik dan mekanisme kerja untuk setiap golongan. Perhatikan setiap gambaran yang umum dimiliki
semua obat dalam golongan tersebut. Ketiga, pelajari efek merugikan tertentu atau gambaran khusus pemberian obat-obat dalam golongan tersebut. Apakah ada obat-obat yang menyebabkan

efek samping y angfat al? Keempat, pelajari kategori luas spektrum bakteri dan apakah ada obat dalam golongan tersebu{ yang merupakan obat pilihan unt:k penanganan

organisme tertentu. Sebagai contoh, apakah obat-obat tersebut ampuh melawan semua bakteri gram positif, tetapi tidak dapat membunuh bakteri gram negatif apa prur? Dalam hal ini, penting meninjau kembali secara cepat bakteri yang paling sering ditemukan. DapatkahAnda menyebutkan bakteri mana yang gram positif dan mana yang gram negatifl Pengetahuan kuat mengenai hal ini akan sangat membantu bila Anda ingin mencoba mempelajari antibiotik. Ingat bahwa sensitivitas bakteri terhadap antibiotik berubah dari waktu ke waktu dan pada lokasi berbeda. Hal ini kelihatannya seperti daftar panjang yang harus dipglajari, tetapi sebenarnya sangat mudah ditangani. Jangan berhenti mencoba mengingat obat-obat pilihan kedua untuk pengobatan organisme tertentu atau obAt mana yang harus digunakan bila terdapat alergi, dan sebagainya. Informasi ini dapat
ditambabkan belakangan setelah mempelajari pengetahuan dasar seperti yang
akan Anda lakukan saat ini.

PRINSIP.PRINSIP UMUM TERAPI
Unhrk menjadi antibiotik yang berguna, suatu senyawa harus menghambat pertumbuhan bakteri tanpa membahayakan inang manusia.

Pemyataan tersebut sebenarnya tidak perlu dijelaskan lagi, tetapi merupakan dasar untuk memahami sebagian besar mekanisme kerja obat-obat ini. Senyawa antibiotik harus memengaruhi beberapa aspek pada bakteri yang tidak rida di dalam sel-sel mamalia. Kita akan kembali membahasnya nanti.

O-bat harus menembus

jaringan tubuh unhrk mencapai bakteri.

.178.

Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik

Hal ini juga seharusnya sudah jelas. Sekali lagi, ini merupakan dasar untuk mengetahui apakah obat diabsorpsi secdra oral dan apakah obat akan menembus sawar darah-otak. Sebagai contoh, jika pasien menderita infeksi
gastrointestinal (GI), Anda harus memberikan obat oral yang tidak diabsorpsi oleh sahuan GI. Jadi, bakteri dit4ngani dan pasien hanya mengalami sedikit efek samping. Demikian pula, obat-obat yang digunakan untuk mengobati meningitis adalah obat-obat yang menembus sawar darah otak. Obat yang sangat efektif melaw an H aem op hilus influenz a e idakbermanfaat bagi pasien jika tidak dapat mencapai organisme tersebut.

DEFINISI
Spektrum-seperti sempit, luas, dan diperluas-adalah istilah yang
digunakan untuk menyampaikan gagasan mengenai rentang bakteri yang dilawan oleh suatu obat secara efektif.

Obat-obat yang disebut memiliki spekfum sempit adalah obat.obat yang hanya efektifmelawan satu kelas bakteri. Obat-obat disebut berspektrum luas jika efektif melawan suatu rentang bakteri. Jika senyawa berspektrum sempit dimodifikasi secara kimia (seperti menambahkan suatu rantai samping baru), dan senyawa baru yang terbentuk efektif melawan lebih banyak bakteri daripada senyawa induknya, obat baru ini dikatakan memiliki spektrum yang diperluas. Hal ini cukup mudah dipahami.

Bakteriostatik versus bakterisida-pastikan Anda mengetahui
perbedaannya.

Buku ajar sering memberikanbanyakpenekananpada apakah obat akan menghentikan pertumbuhan dan replikasi suatu bakteri (statik) ataubenarbenar membunuh bakteri tersebut (-sida). Jika obat bersifat bakleriostatik, sistem imun pasien harus menyelesaikan tugas membersihkan tubuh dari penyerang; namun, istilah-istilah ini bersifat relatifdan tidak selalu akurat. Beberapa obat dapat membunuh satu jenis mikroorganisme berbahaya (-sida)

Bab 25 / Pendahuluan Kemoterapeutik

-179.

dan hanya menghentikan pertumbuhan mikroorganisme yang lain (-statik). Jadi, untuk permulaan jangan memfokuskan diri terlalu lama pada hal ini.

KONSEP PENTINGYANG HARUS DIPAHAMI
Resistensi bakteri terhadap suatu antibiotik dapat terjadi melalui mutasi, adaptasi, atau transfer gen.

Selwuhbidang resistensi bakteri telah mendapat banyak perhatian akhirakhir ini dan secara tepat pula. Banyak bakteri menjadi resisten terhadap obatobat yang tersedia. Mahasiswa perlu memahami beberapa ide mengenai mekanisme resistensi bakteri. Bakteri men galami mutasi spontan dengan fr ekuensi sekitar I dalam I 0' 6 sel. Mutasi dapat menyebabkan bakteri resisten terhadap suatu antibiotik, atau mungkin juga tidak. Adaptasi dapat terjadi melalui beberapa cara. Bakteri dapat mengubah ambilan obat dengan melakukan perubahan selubung lipopolis akarida. S elain itu bakteri dapat memperbaiki sistem transpor sehingga mengeluarkan obat

dari sel. Bakteri dapat meningkatkan metabolisme melalui jalur yang
memintas efek antibiotik.

Transfer gen terjadi melalui plasmid dan transposon. Plasmid adalah unsur-unsur genetik ekstrakromosomal (potongan asam ribonukleat [RNA] atau asam deoksiribonukleat [DNA] yang bukan bagian lcomosom). Plasmidplasmid ini dapat mengode enzim-enzim yang menginaktifkan antimikroba. Plasmid dipindahkan dari bakteri ke bakteri melalui konjugasi dan transduksi. Transposon adalah segmen-segmen materi genetik yang mengandung urutan penyisipan. Transposon-tranposon ini bergabung ke dalam susunan genetik bakteri dan dapat juga mengode enzim-enzim yang menginaktifkan antimikroba. Efek merugikan dapat berupa alergi, toksik, idiosinkrasi, atau efek yang berkaitan dengan perubahan flora tubuh normal.

.180.

Bagian 5 / Senyawa-Senyawa I(emoterapeutik

Efek merugikan antibiotik dikelompokkan menjadi beberapa kategori umum. Tiga kategori pertama (alergi, toksik, dan idiosinkrasi) berl4ku untuk semua obat. Kategori terakhir (perubahan flora tubuh normal) disebabkan oleh antibiotik tertentu. Pengingat: Reaksi idiosinkrasi adalah reaksi-reaksi yang tidak terkait dengan respons imun atau sifat obat yang diketahui. Contoh-contoh reaksi

idiosinkrasi mencakup hemolisis yang terjadi pada pasien-pasien yang kekurangan glukosa- 6-fosfat dehidro genas e (G- 6-PD) setelah pemberian sulfonamid, dan neuropati perifer yang terjadi setelah pemberian isoniazid pada pasien yang secara genetis bersifat asetilator lambat. Susunan kata "perubahan flora tubuh normal" biasanya menunjukkan perubahan yang terjadi dalam saluran GI. Normalnya, usus merupakan tuan rumah bagi bakteri baik yang membantu pencernaan makanan yang kita makan. Jika diberikan secara oral, senyawa antimikroba dapat membunuhbakteri-bakteri baik ini. Bakteri"bakteri lain yang resisten terhadap antimi.kroba
tersebut dapat tumbuh berlebih dan membentuk populasi kembali pada saluran cerra. Infeksi sekunder ini kadang-kadang disebut superinfeksi. Contoh yang paling sering teladi adalah pertumbuhan berlebih Clostridium dfficile. Mikroba inimenghasilkan suatu toksin yang menyebabkan gangguan yang disebut kolitis pseudomembranosa. BilaAnda baca dalam buku ajar, kemungkinanAnda akanmelihat ulasan tentang insidensi kolitis setelah mengonsumsi antibiotik tertentu.

Kombinasi senyawa-senyawa antimikroba memanfaatkan mekanisme keg'a unhrk menghasilkan efek sinergistik.

Bidang kombinasi obat merupakan bidang yang sangat memerlukan pemahaman mekanisme ke{a antimikroba. Alda dapat mengombinasikan senyawa-senyawa yang memiliki tempat keq'a berbeda.

CONTOH: Kombinasikan suatu inhibitor sintesis protein (merupakan
bakteriostatik, yaitu menghentikan perhrmbuhan sel) dengan obat yang memenganrhi sintesis dinding sel (yang mengharuskan sel membelah agar obat ini dapat beke{a). Apakah kombinasi ini rasional?

Uji sensitivitas dan kultur sangat berguna dalampernilihan senyawa antimikroba terbaik yang akan digunakan. Apakah kombinasi ini rasional? JAWABAN: Kombinasi ini berguna. Cara terbaik untuk menentukan senyawa antimilcoba yang sesuai untuk seorang pasien adalah dengan membuat kultur dan mengidentifikasi organisme. yaitu konsentrasi terendah obat yang menghambat pertumbuhan organisme. Dari pemeriksaan laboratoriurr! KHM dapat ditentukan. Inhibitor sintesis protein akan menghentikan perhrmbuhan sel dan mencegah pembelahan sel sehingga obat kedua tidak akan memiliki efek (kecuali efek samping yang mungkinterjadi). JAI|/ABAN: Kombinasi ini tidakrasional. Uji sensitivitas dan kultur akan menentukan konsentrasi hambat minimum (KHM) unhrk bakteri. Sekarang mari kita lihat obat-obat spesifft. Obat yang menimbulkan sensitivitas paling tinggi pada organisme mempunyai KHM terendah. laboratorium dapat melakukan uji sensitivitas organisme terhadap serangkaian antimilsoba. tetapi memerlukan waktu beberapa hari bergantung pada laju perhrmbuhan organisme. Dua obat. Apakah kombinasi ini rasional? JAWABAN : Kombinasi ini sangat berguna. tetapi pada dua tempat berbeda dalam jalur metabolik.181. trimetoprim dan sulfametoksazol. Dalam hal ini. menghambat sintesis asam folat pada tahaptahap yang berbeda dalam jalur sintesis. . CONTOH: Kombinasi inhibitor sintesis dinding sel dan suatu obat yang bekerja intraselular.Bab 25 / Pendahuluan Kemoterapeutik . CONTOH: Dua obat yang menghambat pembenhrkan s4atu produk metabolik penting. Selanjutnya. kedua obat tersebut saling membantu. Kombinasi ini menjelaskan liombinasi penisilin dan aminoglikosida. Penisilin mengubah dinding sel dan meningkatkan penetrasi aminoglikosida.

Juga.. namun tidak membunuh inang.:. Perhatikan juga. Hal ini antara lain karena bakteri mempruryai dinding sel.. sedangkan sel mamalia tidak. Oleh karena itu.* sfrePtogramin ' I = oksazolidinon tetasiklin sulfonamida dan trimetoprim Antagoni*Fotat Kuinolon dan Obat-Obat Lain kuinolon antiseptik saluran urin Perhatikan bagaimana penggolongan obat-obat ini dalam buku aj ar Anda.. p-Laktam aztreonam sefalosporin rmrpenem penisilin Polipeptida basitasin vankomysin Inhibitor Sintesis Protein aminoglikosida kloramfenikol klindamysin malcolida (eritromysin) ketolida . Jangan biarkan hal tersebut membingungkanAnda. Beberapa buku memfokuskan pada stnrktur dan yang lain pada mekanisme. . ada dua golongan besar obat: inhibitor sintesis dinding sel dan inhibitor sintesis protein. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik KLASIFIKASI ANTIMIKROBA GOLONGAN-GOLONGAN OBATANTIMIKROBA Inhibitor Sintesis Dinding Sel . bakteri mempunyai unit ribosomal yang berbeda dengan sel mamalia. menargetkan obat pada sintesis protein atau dinding sel akan membunuh bakteri.182.

r BAB 26 INHIBITOR SINTESIS DINDING SEL Gambaran Umum p-Laktam Penisilin Sefalosporin Karbapenem Monobaktam (Aztreonam) Inhibitor Sintesis Dinding Yankomysin Basitrasin Fosfomysin Sel Lain Daptomysin 183 .

tetapi pada ka go ering disebut ebutmemiliki cincin B-laktam (Gbr. dan akhirnya.+ at. Anda mungkin sudahmendugahal ini darijudulbab. dan aztreonam beke{a dengan menghambat sintesis dinding sel bakteri. imipenem. inimemang merupakan titik kunci.. bakteri berbentuk aneh. Penisilin dan sefalosporin secara struktural mirip dengan bagian terminal untai peptidoglikan dan dapat berkompetisi untuk dan berikatan dengan enzim yang mengatalisis transpeptidase danpenautan silang. vankomysin. dan cincin p-laktam inilah yang menyebabkan obat-obat ini menjadi antimikroba yang efektif. Tahap akhir sintesis dinding sel bakteri adalah penautan silang untaiuntai peptidoglikan yang berdekatan melalui proses yang disebut tanspeptidasi. Jika Anda dapat mengingat ini. Anda akan mudah mengikuti pembahasan obat-obat ini. . Sekarang.1). Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik GAMBARAN UMUM Penisilin. Gangguan pa dz enzim-enzim ini menyebabkan pembentukan dinding sel yang memiliki stnrktur lemah. sefalosporin. . mari kita bagi inhibitor sintesis dinding se1 menjadi dua go- strukhr kimia: p-laktam dan polipeptida. kematian. namun.184. Enzimenzim ini disebutprotein pengikatpenisllinQtenisilin-bincling protein. Beberapa bakteri menginaktifkan antibiotik p-laktam dengan suatu enzim yang membuka cincin pJaham. 26.PBP).

seperti asam klavulanat atau sulbaktam. Obat yang paling sering digunakan adalah asam klavulanat dan sulbaktam.1 Di sini kita dapat melihat cincin laktam dan pembukaan cincin oleh penisilinase. 2. Cara resistensi obat yang paling sering terjadi adalah transfer plasmid kode genetik untuk enzim p-laktamase. Berikan inhibitor p-laktamase. Lihat! Hal ini benar-benar tidak terlalu srilit.Bab 26 / Inhibitor Sintesis Dinding Sel . . Penisilinase Gambar 26. Terdapat p-laktamase spesifi k urtuk penisilin-disebut penisilinase--{an p Jaktamase spesifik untuk sefalosporin-disebut sefalosporinase. Inaktivasi obat-obat ini oleh p-laktamase dapat ditangani dengan dua pendekatan: 1. Anda tahu banyak tentang penisilin dan sefalosporin dan kita bahkan belum membuat daftar obat-obat tersebut. yang dapat membuka cincin p-laktam (Gbr. 26. Hal ini menyebabkan inaktivasi antibiotik. pada waktu yang sama. Anda juga dapat tazobaktam untuk tujuan ini.1). bukan? Inaktivasi obat-obat ini oleh pJaktamase merupakan masalah utama dan telah banyak menjadi fokus riset. Satu cara untuk meningkatkan efektivitas antibiotik pJaktam adalah memberikan inhibitor p-ldlctamase secara bersamaan. Sekarang. Beberapa bakteri mengandung suatu enzim yang disebut B-laktamase. Buat modifftasi kimia pada stuktur obat sehingga obat menjadi lebih resisten terhadap itraktivasi. Pendekatan lain adalah memodifikasi struktur senyawa secara kimia ultuk membuat cincin p-laktam lebih sulit dibuka oleh enzim. 185. Ini cukup mudah dimengerti.

relatif tidak efektif melawan organisme gram ' r positif piperasilin Jtikarsilin Pertama-tama.AMOKSISILN 'TAMPISILIN azlosilin karbenisilin ' medosilin . Spektrumluas(ugabeberapaaktivitas terhadap gram-negatif). JENIS Alami PENISILIN SPEKTRUM Spektmrn sempit (gram-positif). yang . .)PENISILING :)PENISILINV t-\berzatinpen G sensitif penisilinase Resisten penisilinase MEISILIN ') kloksasilin r)dikloksasilin 9 Spektrum sempit (gram-positif).. 186. Kelompok pertama mengandung penisilin G dan V. perhatikan bahwa penisilin mudah diidentifikasi berdasarkan akhiran "-silin". Kelompok yang terjadi secara alami adalah yang dihasilkan oleh kapang. Kecuali metisilin dan nafsilin. Kelompok kedua mengandung tiga oksasilin. sensitifpenisilinase Spektrum yang diperluas' Aktifmelawan Pseudomonas. Kelompok lain adalah modifikasi kimia dari penisilin asal ini untuk mencoba memperbaiki spektrum bakteri dan memperbaiki resistensi terhadap penisilinase (BJaktamase). Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik PENISILIN Sebagi4n besar buku membagi senyawa penisilin menjadi tiga atau empat kelompok. Kelompok ketiga berawalan "am-" karena memiliki gugus amino. disintesis agar bersifat resisten penisilinase r nafsilin loksasilin Aminopenisilin .

demam. namun. hilang kesadatan. sesak napas/rasa tercekik. Sebagian besar obat ini hanya menembus sawar darah-otak jika ada peradangan di tempat tersebut. terdapat pengecualian. lain termasuk dalam kelompok terakhir. mengr. Reaksi hipersensitivitas segera terhadap penisilin tampak dimediasi oleh antibodi imunoglobulin E (IgE) terhadap determinanminor. Reaksi segera merupakan reaksi paling berat. Efek merugikan golongan penisilin yang paling penting adalah reaksi hipersensitivitas.r Bab 26 i Inhibitor Sintesis Dinding Sel . edema. dan lambat. parestesia (mati rasa dan kesemutan). Penisilin diekskresi melalui sekresi tubulus yang dapat diblok oleh probenesid. Absorpsi oral penisilin buruk. Sebagian besar penisilin diekskresi melalui sekresi tubulus aktif. Anda dapat mempelajari obat-obat yang aktif secara oral. Jika ada waktu dan tenaga. ini benar-benar tidak terlalu sulit. dan urtikaria menyeluruh (ftrve). Efek ini dapat fatal. Sekali lagi. Probenesid dapat diberikanbersama dengan penisilin. Pemblokan sekresi tubulus merupakan cara yang relatif sederhana untuk memperpanjang kerja obat ini. Usahakan mempelajari obat-obat ini berdasarkan kelompok dan ingat garis besar-umum mengenai spektrum danAnda akan dapat mengikuti materi ini denganbaik. dan kematian. dipercepat. Reaksi tersebut dapat menyebabkan hipotensi. gatal (pnrritus). Reaksi segera terjadi dalam 20 menit setelah pemberian parenteral dan terdiri atas ketakutan. pelajari jirga obat-obat yang dapat digunakan untuk pengobatanmeningitis.187. . Reaksi-reaksi tersebut dibagi menjadi tiga jenis: segera. syok. ' Reaksi dipercepat muncul l-72 jam setelatr pemberian obat dari terutama berupa utikaria (live). Jika Anda mempunyai sedikit waktu lagi. Semua penisilin dapat menimbulkanreaksi alergi. dan memblok sekresi tubulus.

teruthmamelawanPseudomonas aeruginosa. . sensitif terhadap pJaktamase Aktivitas terhadap organisme gram negatifmeningkat. distribusi. Percaya atau tidak. daftar tersebut merupakan sebagian besar dari infor-' masi yang harus Anda ketahui. Tambahkan beberapa fakta mengenai absorpsi. Tidak mungkin mempelajari semua nama obat [tetapi hampir semua berawalan sef "cef' atau "ceph"l. stabilitas meningkat SEFAMANDOL SEFOKSITIN Generasi ktiga SEFOTAKSIM Spektrum lebih luas dan lebih resisten terhadap p-laktamase SEFTAZIDIM SEFTRTAKSON Generasikeempat sefepim sefrirom Aktivitasterhadapgram-positifdangramnelatif. yaitu obat-obat yang lebih sering digunakan saja. SEFALEKSIN Generasi kedua SEFAKIOR Generasi Spektrum sempit sama denganpenisilin spektrum luas.jadifokus pada perbedaan aritargenerasi dan coba pelajari tiga nama untuk setiap generasi..188. dan eliminasi dan Anda akan memiliki pengetahuan luar biasa. Saya sudah membuat daftar obat dalam tiap generasi. Reaksi ini terutama berupa ruam kulit. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Reaksi larnbat lebih sering terjadi pada penggrmaan penisilin semisintefik dan muncul 72 jam sampai beberapa minggu setelah pemberian obat. SEFALOSPORIN Obat-obat ini digolongkan menjadi beberapa generasi. JENIS SEFALOSPORIN SPEKTRI]M pertama SEFAZOLIN.termasukterhadap organisme gram negatif yang memiliki pola resisten pada banyak obat.

di dalam . saya sebutkan di sinihanya KARBAPENEM Golongan antibiotik pJaktam ini terdiri atas imipenem. Sefalosporin generasi ketiga digunakan secara luas untuk pengobatan dan profilaksis infeksi pada pasien-pasien rawat inap. Beberapa obat ini dapat diberikan per oral (seperti sefaleksin dan sefaklor). 3. Obat-obat ini relatifnontoksik. obat ini termasuk golongan lain (karbasefem). Anda dapat mempelajari obat-obat ini jika Anda ingin mencoba. Beberapa sefalosporin mempunyai efek antivitamin K (perdarahan). Pada umumnya. 1. Semua diberikan secara intravena.189. yaitu lorakarbef. karenamemiliki nama yang sangatberbeda. meskipun secara teknis. Imipenem adalah suah. sefalosporin generasi ketiga (dan beberapa generasi kedua) menembus sistern saraf pusat (SSP) dan dapat digunakan untuk mengobati meningitis.r antibiotik. Suatu obat yang berhubungan dengan sefalosporin. yang menyebabkan akumulasi asetaldehid. Berikut inibeberapa fakta yang penting dipelajari. Dapat terjadi penisilin. Obat-obat generasi keempat dirancang untuk ditargetkan pada organisme yang resisten terhadap banyak obat. Obat ini dihidrolisis oleh dipeptidase' ginjal pada brush border lumen epitel tubulus proksimal (yaitu. beberapa alergi silang dengan senyawa-senyawa 2. Beberapa sefalosporin dapat menyebabkan reaksi mirip-disulfuam karena memblok oksidasi alkohol. IMIPENEM ditambah dengan SILASTAIIN adalah antibiotik plaktam spektumluas.Bab 26 / Inhibitor Sintesis Dinding Sel . ertrapenem. Anda harus mempelajari nama obat ini bersama sefalosporin lain. dan meropenem.

Obat ini mempruryai spektrum yang luar biasa. INHIBITOR SINTESIS DINDING SEL LAIN Beberapa obat yang teralhir ini adalah inhibitor-inhibitor sintesis dinding sel. dua senyawa ini selalu diberikan bersamaan. menyimpan fail informasi ini dalam bank memori Anda merupakan ide yang baik. MONOBAKTAM (AZTREONAM) Isnlah monobaHam menwrjukkan stmkhu kimia golongan pJaktam baru. adalah glikopeptida yang menghambat sintesis dinding sel dengan mencegah polimerisasi peptidoglikan linear. termasuk organisme gram positif. Obat ini diabsorpsi sangat buruk bila diberikan secara oral. Satu-satunya yang saat ini tersedia adalah aztreonam. Jadi. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik ginjal) menjadi metabolit i'ang agak toksik dan tidak aktif sebagai suatu antimikroba. teikoplanin. AZTREONAM adalah obat yang efektif terhadap bakteri gram negatif aerob. Ps eudomonas. tetapi tidak efektifmelawan Aztreonam adalah contoh obat berspektrum sempit dan sangat resisten terhadap kerja p-laktamase. . Silastatin menghambat dipeptidase ginjal. VANKOMYSN hanya efektif terhadap organisme gram positif..190. Meropenem lebih stabil terhadap peptidase ginjal dan tidak perlu diberikan bersama dengan silastatin. Oleh karena itu. terutama dibandingkan dengan BJaktam lain. VANKOMYSIN Vankomysin dan turunan terbarunya. tetapi bukan senyawa pJaktam.

doglikan (yaitu. berkurangnya pendengaran.Bab 26 / Inhibitor Sintesis Dinding Sel . Keadaan ini cukup serius sehingga harus dihafal. Obat ini digunakan secara topikal. Daptomysin berikatan dengan membran bakteri dan menyebabkan depolarisasi bakteri. obat ini tidak benar-benar inhibitor sintesis dinding sel. FOSFOMYSIN Fosfomysin menghambat salah satu dari tahap pertama sintesis pepti. Oleh karena itu. basitrasin hanya digunakan secara topikal. DAPTOMYSIN Daptomysin adalah suatu antibiotik lipopeptida dengan spektrum aktivitas menyerupai vankomysin. BASITRASIN Basitrasin adalah suatu campuran polipeptida yang menghambat sintesis dinding sel. Kehilangan potensial membran menyebabkan kematian bakteri. Karena mempunyai efek nefrotoksisitas serius. Vankomysin dapat menyebabkan ototoksisitas terkait dosis yapg menimbulkan tinitus (berdenging).191 . . Basitrasin berikatan dengan pembawa lipid yang mengangkut prekursor dinding sel ke dinding sel yang sedang tumbuh. Obat ini digunakan untuk pengobatan infeksi saluran urin yang tidak disertai komplikasi. tuli terhadap nada tinggi. Jadi. tetapi mempunyai fungsi yang menyerupai inhibitor. dinding sel) dengan menghambat enzim enolpiruvil transferase. dan kemungkinan hrli. obat ini dapat digolongkan sebagai inhibitor sintesis dinding sel.

agak berbeda dalam sel sel mamalia. Hal ini menerangkan selektivitas golongan obat ini terhadap bakteri. termasuk ribosom.B.AB 27 INHIBITOR SINTESIS PROTEIN Gambaran Umum Aminoglikosida Tetrasiklin Makrolida Streptogramin dan Oksazolidinon Kloramfenikol Klindamysin GAMBARAN UMUM balteri dibandingkan dalam Komponen sintesis protein. Beberapa buku ajar dan pengajar 192 .

JikaAnda telah mengetahuinya. obat-obat ini perlu mendapatkan jalan masuk ke dalam sel. namun. . . Aminoglikosida (bakterisida) Tehasiklin Makrolida (misalnya. hal tersebut bukan yang paling penting. simpan fakta ini untuk masa mendatang. AMINOGLIKOSIDA GENTAMISIN TOBRAMISYN amikasin kanamysin neomysrn netilmisin streptomysin .193. Di sini. Obat-obat ini rnemerlukan pengikatan pada protein intraselular (subunit ribosomal). Rute rrtama resistensi bakteri adalah memblok gerakan obat ke dalam sel. tetapi jangan terlalu khawatir mengenai mengingat nama golongan. lebih penting bila kita mengetahui masing-masing nama obat. eritromysin) Ketolida Streptogramin Oksazolidinon Kloramfenikol Klindamysin Nama-nama golongan ini terkait strrkfurkimia senyawa-senyawa dalam sctiap golongan. . . Jika Anda harus berjuang keras untuk memahami antimikroba pada sudut pandang ini.llab 27 / Inhibitor Sintesis Protein . . Oleh krrena itu. Golongan inhibitor sintesis protein meliputi: . . rnengusahakan agar mahasiswa mengetahui subunit ribosomal mana yang herikatan dengan golongan obat ini. cobalah untuk tidak melupakan hal lcrsebut. .

perusahaan-perusahaan obat tela melempariAnda dengan suatu bola'melengkung di sini. Obatobat ini merupakan senyawa-senyawa yang sangat polar dan relatif tidak larut dalam lemak. Penisilin menyebabkan kelainan dinding sel yang memungkinkan aminoglikosida mendapatkan jalan masuk ke dalam bakteri. Hal tersebut berarti konsentrasi toksik hanya sedikit lebih tinggi daripada konsentrasi terapeutik. Beberapa bakteri menggunakan sistem transpor bergantung oksigen untuk membawa arninoglikosida ke dalam sel. Jadi. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeu Perhatikan bahwa nama semua obat ini berakhiran "-mysin" atau " misin". Batas keamanan obat-obat ini kecil. klaritromysin. namun. Bakteri anaerob (metabolismenya tidak didasarkan pada oksigen) tidak mempunyai sistem ini. Pastikan bahwa Anda dapat mengenali suatu nama tertentu masuk dalam golongan mana. bakteri anaerob biasanya resisten terhadap obat-obat ini. dan sebagainya) j berakftiran '1mysin". nefrotoksisitas.. coba bandingkan sebentar flaftar nama obat di sini dengan yang akan dibahas selanjutnya dalam bab ini. . Aminoglikosida tidak mudah menembus sebagian besar sel tanpa bantuan dari penisilin atau suatu sistem transpor. kecuali amikasin. dan ototoksisitas. bakteri ini biasanya resisten terhadap aminoglikosida. Aminoglikosida mempunyai toksisitas neuromuskular. Ingat kembali sinergisme antara penisilin dan aminoglikosida yang te- lah diterangkan dalam Pendahuluan Kemoterapi (lihat Bab 25).194. Aminoglikosida adalah antimikroba spektrum luas. namun. Sebagian besar aminoglikosida harus diberikan secara parenteral. karena klindamysin dan semua makrolida (eritromysin. Oleh karena itu.

Tetrasiklin berguna untuk pengobatan infeksi organisme fakultatif gram negatif dan gram positif serta bakteri anaerob. Serupa dengan aminoglikosida. dan berkurangnya pendengaran frekuensi tinggi. tetrasiklin berakumulasi dalam sitoplasma melalui sistem transpor yang bergantung energi. Sel-Sel tubulus proksimal kemudian mati. Selain itu. Ototoksisitas dapat terjadi baik pada koklear (pendengaran) maupun pada vestibular. Toksisitas koklear disebabkan oleh destruksi selektifsel-sel rambut luar dalam organ Corti. vertigo atau cara berjalan tidak stabil. Keadaan ini menyebabkan kelemahan dan depresi pernapasan. 195. Nefrotoksisitas akut bersifat reversibel. Tetrasiklin adalah antibiotik spektrum luas. Sistem transpor ini tidak ada dalarn sel-sel mamalia. Gejala-gejala mencakup tinitus (berdenging). Neurotoksisitas disebabkan oleh blokade pelepasan asetilkolin prasinaps pada taut neuromuskular. te4'adi beberapa blokade pascasinaps. Nefrotoksisitas disebabkan oleh ambilan cepat obat oleh sel-sel tubulus proksimal. TETRASIKLIN klortetasiklin demoklosiklin doksisiklin minosiklin oksitehasiklin Nama obat-obat ini mudah dikenali karena semua berakhiran'1siklin". . Resistensi terhadap tetrasiklin terjadi bila bakteri mengalami mutasi melalui suatu cara yang membuat bakteri tersebut tidak dapat mengakumulasi obat. TETRASIKLIN .Bab 27 / Inhibitor Sintetis Protein . tuli.

dan prieumonia mikoplasma. Efek samping utama tetasiklin disebabkan oleh penggabungan senyawa- senyawa ini ke dalam gigi dan tulang. . makanan mengganggu absorpsi senyawa tetrasiklin. Tetrasiklin membentuk kelat yang tidak dapat larut dengan kalsium. Oleh karena itu.. Makanan mengganggu absorpsi tetrasiklin. kolera. magnesium. penyakit Lyme (spiroket). dan logam-logam lain.196. Untuk alasan ini. Kecuali terhadap doksisiklin dan minosiklin. tetasiklin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak atau wanita hamil. Obat-obat ini menyebabkan gigi berubah wama dan dapat memperlambat pertumbuhan tulang. tidak dianjurkan menggunakan antasida ketika mengonsumsi tetrasiklin. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Tetrasiklin juga telah digunakan unnrk mengobati penyakit riketsia (demam berbintik Rocky Mountain). penyakit akibat klamidia. terutamayang disebabkan oleh riketsia dan spiroket. Perhatikan bahwa tetrasiklin berguna untuk pengobatan beberapa penyakit aneh. Terjadi peningkatan insidensi reaksi terbakar matahari abnormal pada orang yang minum tetasiklin. MAKROLIDA ERITROMYSIN azihomysin klaritromysin diritromysin troleandomysin .

Nama-nama ini mudah dikenali karena semua berakhiran "-omysin". Jika Anda tidak dapat ingat dan seseorang menanyakan obat pilihan unn*mengobati riketsia atau penyakit legiormaire. dan My c op I asm a.197 . dan perhrsis. tetapi o Anda telah menebaknya. Bandingkan dan bedakan tetrasiklin dan eritromysin. Lebih baik lagi. Telitromysin juga mempunyai aktivitas melawan patogen respirasi intraselular. benar? Terdapat golongan antibiotik yang relatif baru. yang berasal dari makrolida. Bakteri yang telah mengalami resistensi terhadap makrolida sering masih sensitif terhadap ketolida. Perhatikan bahwa banyak penyakit ini masuk dalam kategori infeksi aneh. Gangguan GI sering teq'adi. Satu kalimat yang kadang-kadang digunakan untuk membantu menghapal nama organisme yang ditangani dengan eritromysin sebagai obat pilihan adalah Legionnaires Camp on My B rder (L egion el I a. Ketolida pertama adalah telitromysin. Makrolida mempunyai beberapa efek samping serius-tidak ada efek yang perlu ditulis dalam kotak tersendiri. penyakit legionnaire. pelajari beberapa kegunaan aneh ini. Salah satu adalah streptogramin. Lihat buku ajar atau catatan kuliah Anda dan beri perhatian khusus terhadap penyakit-penyakit yang perlu Anda ketahui. Perhatikan bahwa nama obat ini berakhiran "-mysin". golongan obat ini mudah dibedakan dengan aminoglikosida yang berakhiran "-mysin". Eritromysin dan turunan-tumnannya biasanya diabsorpsi dengan baik bila diberikan secara oral. Obat pertama dalam golongan ini adalah kombinasi . infeksi klamidia. STREPTOGRAMIN DAN OKSAZOLIDINON Terdapat sepasang golongan baru inhibitor sintesis protein. dan sebagian besar berakhiran '1tromysin". Oleh karena itu. Eritromysin dan turunan-turunannya sangat berguna untuk pengobatan pasien-pasien yang menderita infeksi Mycoplasma. ketolida. B o rd ete I I a). C ampy I o b act er. difteri. pneumonia. tebak tetrasiklin atau eritromysin.Bab 27 / Inhibitor Sintetis Protein . Buku-buku memberikan deskripsi berbeda-beda mengenai eritromysin sebagai obat pilihan untuk beberapa penyakit ini.

198. Anemia aplastik idiosinlcrasi ( I dalam 40 000 kasus) dapat terj adi yang biasany a fat al. . kecuali Pseudomonas aeruginosa. Golongan lain adalah oksazolidinon-secara membanggakan diwakili oleh linezolid. Depresi sumsum tulang terkait dosis dapat terjadi dan anemia reversibel terkait dosis pemah dilaporkan. Obat-obat ini menghambat sintesis protein dengan mengganggu translasi. Kloramfenikol disediakan urtuk infeksi yang mengancam nyawa karena obat ini merniliki efek merugikan yang serius dan mengancam nyawa. Aktivitas dominan linezolid adalah melawan organisme gram positifaerob dan disetujui unhrk infeksi yang resisten terhadap vankomysin. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik dalfopristin dan kuinupristin.. KLORAMFENIKOL Kloramfenikol adalah antibiotik spektum luas. KLORAMFENIKOL menyebabkan depresi sumsurri tulang dan anemia aplastik yang biasany a fatal. Kedua senyawa ini selalu diberikanbersamaan karena bekerja secara sinergistik untuk menghambat fungsi ribosom. . Obat ini juga merupakan inhibitor monoamin oksidase (MAO). Pengurangan aktivitas MAO menyebabkan peningkatan konsentrasi norepinefrin dan dapat menaikkan tekanan darah. efektifmelawan sebagian besar bakteri aerob dan anaerob.

dan kolaps vasomotor. I Klindamysin telah dimasukkan dalam daftar obat pilihan untuk infeksi GI anaerob. Linkomysin jarang digunakan. muntah. Bayi-bayi mengalami penurunan kenvrmpuan mengkonjugasi kloramfenikol. sianosis.Bab 27 / Inhibitor Sintesis Protein . Klotamfenikol diabsorpsi secara oral. 199. Penggunaan klindamysin menyebabkan kolitis pseudomemb'ranosa karena Clostridium dificile resisten terhadap Hindamysin. menembus cairan serebrospinal (CSS). sindro-m bayi abu-abu. hipotermia. respirasi berkurang. KLORAMFENIKOL dapat menyebabkan yangseingfatal. yang menyebabkan kadar tinggi dalam darah. Obat ini mempunyai aktivitas melawan bakteri anaerob. Perhatikan bahwa obat-obat ini berakhiran "-mysin". . Bayi-bayi mengalami distensi abdomen. jadi fokuskan mengingat klindamysin. Aktivitas antibakteri klindainysin serupa dengan eritromysin. tetapi tidak terkait dengan aminoglikosida atau makrolida. ' Klindamysin menernbus sebagian besar j aringan. termasuk tulang. dan diinaktifkan dalam hati melalui konjugasi. KLINDA]\/IYSIN Obat-obat ini (klindamysin dan linkomysin) kadang-kadang disebut linkosamida didasarkan pada stuktur kimianya.

Sulfonamida dan trimetoprim menghambat sintesis folat di dua tempat berbeda. asam folat merupakan suatu vitamin.BAB 28 ANTAGONIS FOLAT IVlekanisme Kerja Gambaran-Gambaran Khusus MEKAIUSME KERJA Untuk memahami mekanisme ke{a golongan obat ini. pertama-tama kita perlu meninjau sintesis asam folat (Gbr. dan glutamat.1). Bakteri tidak dapat mengabsorpsi asam folat. Untuk manusia. tetapiharus membuat asam folat dari PABA (asamparaaminobenzoat). Hal tersebut menyebabkan jalur metabolik ini menjadi suatu target yang baik dan selektif untuk senyawa-senyawa antimilaoba. 200 . pteridin. 28. Kita tidak dapat menyintesis asam folat.

201 . Terdapat contoh lain inhibitor folat reduktase yang akan kita bahas nanti (pirimetamin dan metoteksat). untuk tinjauan. Skuktur sulfonamida mirip dengan PABA.N + CH dihidropteroat t-) reduktase Gugus pterin Dihidrofolat tru Gainbar 28. Sulfonamida memblok penggabungan PABA ke dalam asam dihidropteroat. Kedua obat ini jarang digunakan sendiri. tetapi trimetoprim mernpunyai afinitas lebih rendah rmtuk enzim manusia. TRIMETOPRIM kotimoksazol sulfasetamida SULFAMETOKSAZOL sulfadiazin sulfapiridin sulfasalazin sulfrsoksazol . KombinaSi sulfonamida dan timetoprim bersifat sinergistik. . Enzim ini terdapat di dalam manusia.Bab 28/Antagonis Folat . Trimetoprim mencegah reduksi dihidrofolat menjadi tetrahidrofolat dengan menghambat enzim dihidrofolat reduktase.1 (:::::::::::- Fl{ (dihidrofola0 (-1 (etrahidiofola$ reduktase Gambar ini memperlihatkan sintesis asam folat. H. Sulfariretoksazol adalah senyawa sulfonamida yang digunakan dalam kombinasi dengan trimetoprim karena keduanya mempunyai waktu paruh yang cocok.

disebut kotrimoksazol. Terdapat sulfonamida lai4 silakan lihat dalambuku ajarAnda.GAMBARAN KHUSUS Kombinasi sulfametoksazol dan trimetoprim. di antara keadaan lain. . Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Antagonis-antagonis folat ini merupakan senyawa-senyawa berspektrum luas yang efektif melawan organisme grampositif dan gmm negatif. kemungkinan merupakan obat yang pdling sering digunakan dalam golongan ini. GAMBARAN.202. Perhatikan bahwa sulfasalazin juga digunakan untuk mengobati penyakit radang usus (lihat Bab 42).. Kotrimoksazol digunakan untuk mengobati infeksi saluran urin dan pneumonitis Pneumocystis carinii.

BAB 29 KUINOLON DAN ANTISEPTIK SALURAN URIN Obat-Obat dalam Golongan ini Kuinolon Metenamin OBAT. banyak buku memasukkan obat-obat ini secara bersamaan dalam satu golongan. 203 . Oleh karena itu.OBAT DALAM GOLONGAN INI Kuinolon adalah suatu golongan antimikroba yang relatif baru yang semula digunakan terutama untuk mengobati pasien dengan infeksi saluran kemih.

Obat-obat ini menghambat asam deoksiribonukleat (DNA) girase sehingga menghambat sintesis DNA. Ini merupakan satusatunya golongan antibakteri yang menghambat replikasi DNA. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik KUINOLON SIPROFLOKSASIN trovafloksasin enoksasin levofloksasin norfloksasin ofloksasin sparfloksasin gatifloksasin gemifloksasin lomefloksasin moksifloksasin KUINOLON Untuk saat ini.. nama-nama obat dalam golongan ini mudah dikenali. DNA girase adalah enzim pada bakteri yang menyebabkan terbukanya dan terbentuknya superheliks pada DNA. Obat-obat tersebut dimasukkan dalam kategori terpisah karena mempunyai stnrktur berbeda dan mekanisme keg'a berbeda. Pendekatan ini lebih lazim digunakan untuk obat-obatan antivirus dan antikanker. .204. Obat-obat baru yang akan muncul dalam beberapa tahun mendatang diharapkan juga mudah dikenali.

Kuinolon digunakan untuk mengobati infeksi GI. Obat-obat ini dianggap senyawa-senyawa antimilsoba spektrum luas. Kuinolon mengharnbat sintesis DNA melalui ke{a spesifik pada DNA girase. Beberapa efektif melawan Pseudomonas aeruginosa dan aktif secara oral. dan prostatitis. Senyawasenyawa yang lebih baru dalam golongan ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. yang mencakup infek5i saluran napas bagian bawah. pernapasan. metenamin merupakan obat bakterisida. obat ini dihidrolisis menjadi amonia dan formaldehida. dan urogenital yang sering terjadi yang disebabkan oleh berbagai orgapisme gram negatif. Metenamin adalah conto}nprodrug yang menarik. Formaldehida bersifat letal pada bakteri. Oleh karena itu.205. METENAMIN Jika saat ini Anda sudah cukup terbebani dengan materi ini.r Bab 29 / Kuinolon dan Antiseptik Saluran Urin . infeksi tulang ddn sendi. Asam nalidiksat adalah obat yang pertama kali tersedia dan merupakan antiseptik saluran urin yang efektif (obat ini mensterilkan urrn). lewatkan obat ini. Pada pH asam. .

Faktor-faktor inang berperan penting pada penentuan prognosis infeksiinfeksi oleh fungi karena banyak fungi bersifat oportunistik. Senyawa- senyawa antifungi pada dasarnya membantu sistem imun inang dalam melawanfrrngi. dan rambut. yang pembelahan selnya dapat menjadi target untuk antimikroba. 2tt . lcuku.BAB 31 OBAILOBAT ANTIFUNGI Penggolongan Antifungi Poliena Antifungi Azol Kaspofungin Terbinafin dan Griseofulvin PENGGOLONGAN Banyak infeksi fungi terjadi pada jaringan yang memiliki sedikit vaskularisasi atau pada struktur-struktur avaskular seperti lapisan permukaan kulit. Fungi tumbuh lambat sehingga lebih sulit dibunuh daripada bakteri.

Klasifikasi dapat dilakukan dengan beberapa cara. pikirkan masalah inang versus organisme penyerang. rambut. Infeksi sistemik mencakup penyakit-penyakit seperti koksidioidomikosis atau blastomikosis yang menyebar. Selanjutnya. Salah satu cara yang paling jelas untuk mengklasifikasikan obat-obat ini adalah berdasarkan aktivitas melawan infeksi flurgi sistemik atau infeksi fungi permukaan. Cara yang lebih baik meng golongkan antifungi adalah b erdasarkan mekanisme kerja. bila obat-obat baru dikembangkan. Obat harus menyerang organisme penyerang (asing) saja dan tidak menyerang sel-sel inang (manusia). Sama dengan antimikroba. Infeksi mikosis permukaan mencakup infeksiinfeksi oleh dermatofit pada kulit.t )11 o Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Pada umumnya. kelarutan obat-obat ini buruk sehingga distribusi ke tempat keq'a sering menjadi masalah. AZOL Imidazol (2N) POLIENA AMFOTERISINB nistatin LAIN-LAIN kaspofungin flusitosin griseofulvin terbinafin tolnaftat topikal 'butokonazol klotimazol ekonazol oksikonazol sulkonazol topikal dan sistemik KETOKONAZOL mikonazol Triazol (3N) sistemik FLUKONAZOL ITRAKONAZOL VORIKONAZOL terkonazol . Pikirkanmasalah-masalah ini saatAnda mempelajari obat-obat antifirngi. dan kuku. Anda mempunyai tempat untuk menyimpan informasi tersebut di dalam ingatanAnda.

yaitu sterol utama pada membran fi:ngi. Bukankah tampak sangat mirip dengan suatu lipid? AMFOTERISIN B paling sering digunakan untuk mengobati infeksi oleh fungi dan ragi yang menyebar dan serius.3l. Begitu obat terikat dengan ergosterol.1. . OOHHO OHOHOOH Gambar 31. terutama pada pasien yang mengalami gangguan imun.1 Struktur amfoterisin B. ingat bahwa nistatin juga merupakan senyawa poliena dan mempunyai mekanisme kerja yang sama. Kedua obat ini bekeq'a dengan cara berinteraksi dengan ergosterol. Amfoterisin B adalah senyawa antifungi yang harus Anda ketahui lebih baik daripada yang lain. namun.rngsi membran dan elektolit dapat keluar dari sel. ANTIFUNGI POLIENA Antifungi poliena (AMFOTERISIN B dan nistatin) bekerja dengan mengikat ergosterol. Meskipun tidak penting untuk mengingat struktur setiap senyawa dalam golongan ini.213. afinitas ergosterol unhrk amfoterisin lebih besar daripada kolesterol. namun. lihatlah sebentar struktw amfoterisin B dalam Gbr. Sel-sel mamalia juga mengandung sterol (terutama kolesterol). yaitu sterol utama pada membran fungi.Bab 31 / Obat-Obat Antifungi . te4'adi gangguan fi.

ftiazol cenderung mempunyai efek samping lebih sedikit. ANTIFUNGIAZOL ini diberi nama azol karena adanya struktur cincin bagian dari setiap obat ini (Gbr. distribusi obat lebih baik. AMFOTERISIN B tidak diabsorpsi dari salwan gastointestinal (GI) sehingga harus diberikan secara intavena atau topikal. dan interaksi obat lebih . Obat-obat ini menghambat sintesis ergosterol fungi dengan menghambat 14-cr. P erhatikan bahwa semua nama obat berakhiran"-azo7".2). Demam. Hal tersebut menyebabkan senyawasenyawa ini mudah dikenali.2'l-4 . menggigil. dan takipnea sering teq'adi setelah dosis awal pemberian amfoterisin B.t. nefrotoksisitas dapat menurun. Nefrotoksisitas bergantung pada dosis dan durasi terapi. 31. Dibandingkan dengan imidazol. Senyawa-senyawa azoT yang merupakan Senyawa-senyawa antifungi azol adalah senyalva-senyawa fungistatik spektrum luas yang bekef a dengan menghambat sintesis ergo sterol. Penggwraannya terbatas pada pengobatan topikal un. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Nistatin terlalu toksik unhrk digunakan secara sistemik.. Toksisitas AMFOTERISIN B yang paling serius dan paling sering terjadi adalah nefrotoksisitas. tiga niho gen pada cincin.-demetilase. Azol dibagi menjadi dua kelompok: imidazol yang memiliki dua nitrogen pada cincin azol dan triazol yang memiliki.tk Candida albicans. Dengan mempedahankan hidrasi pasien tetap baik.

. sedangkan triazol aktif secara sistemik. dan kuku. TERSINAF'IN DAII GRISE OFI. Kaspofungin diindikasikanuntukpengobatankandidiasis dnn s5pelgilosis yiing cenderung menyebar dengan cepat dan berbahaya.Bab 31 / Obat-Obat Antifungi . Akan tetapi.215.2 Sebelah kiri adalah imidazol yang memiliki dua nitrogen pada cincin azol dan sebelah kanan adalah tiazol yang memiliki tiga nitrogen pada cincin azol.3)-o-glukara yang tidak terdapat dalam dinding sel mamalia.]LVIN Obat-obat ini sangat menarik dari sudut pandang pemberian obat. Ja- ringan target adalah jaringan-jaringan yang tidak memiliki banyak vaskularisasi: rambut. kulit. sedikit. . Perhatikan juga bahwa imidazol terutama (meskipun tidak eksklusif) aktif secara topikal. obat-obat ini diberikan secara oral dan tidak dipakai secara topikal. beta-(1. KASPOF'UNGIN Kaspofungin adalah senyarva.antifrrngi intavena yang termasuk dalam golongan antifungi baru yang disebut ekinokandin. Kasfofrrngin secara nonkompetitif menghambat sintesis utarna komporrm diading sel fungi. R_C_N /> \zt"t R-C-N /N\ \zt't I Cincin azol memiliki 2 nikogen Cincin azol memiliki 3 nitrogen F flukonazol Gambar 31.

Terbinafur efektif tungi kuku dan kulit. Infeksi dermatofrt hanya dapat disembuhkan bila rambut. a . kuku. yang babkan akumulasi skualena di dalam sel-sel firngi. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeu Terbinafin dan tolnaftat menghambat skualena epoksidase. Itu sebabnya mengapa pengobatan harus diteruskan uutuk jangka tu yang lama. Griseofulvin secara spesifik berikatan dengan keratin pada sel-sel kursor keratin sehingga sel-sel tersebut resisten terhadap infeksiinfeksi fungus. kulit yang terinfeksi diganti oleh keratin baru yang mengandung gri vin..216.

Sebagian besar obat anticacing mempunyai target pada satu dari tiga area ini.BAB 32 OBAT-OBAT ANTELMINTIK Penggolongan Obat-Obat yang Digunakan Melawan Sestoda dan Trematoda Obat-Obat yang Digunakan Melawan Nematoda Obat-Obat yang Digunakan Melawan Filaria PENGGOLONGAN Obat-obat ini efektif melawan cacing (helmin). Siklus hidup cacing sangat bergantung pada koordinasi neuromuskular. produksi energi. dan integritas mikrotubular. cacing dapat berada di dalam lumen usus atau mengalami siklus hidup yang kom- pleks dan melibatkan pergerakan di selumh tubuh. Bentuk infektif dapat herupa cacing dewasa dan cacing imatur. Pada manusia. 217 .

Oleh karena. Jika Anda ingat kembal| fluke bergerak di seluruh tubuh. pengobatan dapat dibatasi pada usus halus. Itu sebabnya mengapa obat ini. berikut ini adalah tinjauan singkat mengenai cacing. Helmin (cacing) digolongkan menjadi tiga golongan: sestoda (cacing pipih)..218. pengobatan perlu mencapai sirkulasi sistemik untuk meny erarg fluke.. terdapatfluke darah danflukehati. dan seba gatnya.rngsi membran cacing dan meningkatkan pemreabittas membran. Pertama-tama. Oleh karena itu.. dapat bekerja pada trematoda (fluke) yang menyebabkan skistosomiasis. Lawa berkembang menjadi dewasa di dalam usus halus. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Cara paling mudah menggolongkan obat-obat ini adalah dengan mempertimbangkan penggolongan yang tepat untuk cacing. HELMIN Sestoda (cacing pipih dan cacing pita) Tremato da (fl u ke fsk'rstos omiasis I ) OBAT PILIHAN PRAZIKUANTEL PRAZIKUANTEL ALBENDAZOLatau MEBENDAZOL PIRANTEL dietilkarbamazin Nematoda Cacing gelang (Cacing cambuk. Cacing ini pipih dan bersegmen. Trematoda adalahfluke. Cacing tambang) Filariasis Ivermeklin OBAT:OBAT YANG DIGTINAKAN MELAWAN SESTODA DAN ' NEMATODA o PRAZIKUANTEL adalah bat pilihan ttnnilr. Cacing jarurn. itu.sebagian besar infeksi hematoda (fluke) dan banyak infeksi sestoda. dan trematoda (luke). Kepalanya memiliki pengisap. Obat ini diabsorpsi setelah pemberian oral.. Sestoda adalah cacing pita. Jika Anda perhatikan tabel cacing dan obat pilihan unhrk tiap infeksi cacing berikut. Mekanisme ke{a prazikuantel tidak diketahui. nematoda (cacing gelang). Anda akan melihat beberapa pola. . Obat ini dipostulatkan mengubah f.

PIRANTEL menyebabkan cacing mengalami paralisis. cacing janu4 dan cacing tambang.Bab 32 i Obat-Obat Antelmintik .219. MEBENDAZOL. OBAT. Kelompok ini meliputi cacing cambuk.OBAT YANG DIGTINAKAN MEI. yang mengganggu motilitas dan replikasi. Golongan khusus nematoda yang dapat dibahas secara terpisah: filaria. Kecuali filaria. Sebagian besar pasien yang terinfeksi nematoda dapat diobati dengan menggunakan mebendazol atau pirantel. OBAT. Obat-obat ini berikatan dengan p-tubulin dan menghambat polimerisasi tubulin.OBAT YANG DIGIJNAKAI\ MELAWAN FILARIA Filariasis diobati (utthrk sebagian besar) dengan dietilkarbamazin atau ivermektin. dan sangat sedikit diabsorpsi dari salwan gastrointestinal (GI). nematoda adalah cacing gelang karena memanjang dan silindris (bundar). Obat-obat ini dapat diberikan secara oral. Secara keseluruhan. ALBENDAZOL dan MEBENDAZOL menghambat polimerisasi tubulin dalam cacing. Nematoda terdiri atas kumpulan cacing yang lebih beragam. atau PIRANTEL. Pasien-pasien filariasis diobati dengan dua obat lain.AWAN NEMATODA Pengobatan infeksi nematoda (cacing gelang) terdiri atas (untuk sebagian besar) ALBENDAZOL. .

220. tetapi mempunyai manfaat pada pengobatan onkosersiasis. Obat ini tampaknya memblok transmisi yang dimediasi asam y-aminobutirat (GABA) dalam organisme penyerang tanpa efek apa pun pada inang. Dietilkarbamazin tidak diperda$angkan di Amerika Serikat. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik Filaria adalah cacing seperti benang yang ditemukan dalam darah dan jaringan. .. Cacing ini ditularkan melalui gigitan lalat atau nyamuk. cacing bergerak melalui sistem limfatik. Dietilkarbamazin adaTah ob at pilihan untuk hlariasis limfatik. Ivermektin menyebabkan otot cacing mengalami paralisis dan merupakan obat pilihan untuk onkosersiasis (filariasis kutan). Ivermektin lebih dikenal di dunia kedokteranhewan. Pada awal infeksi. Obat ini tampaknya mengubah permukaan filaria sedemikian rupa sehingga lebih rentan terhadap fagositosis oleh sistem rmun rnang.

terdapat masalah apakah obat dapat nrengenali dan membedakan organisme penyerang dengan inang. Vaksinasi digunakan untuk usaha mencegah dan mengonhol penyebaran penyakit. Masalah pada kemoterapi mirip dengan masalah yang telah dibahas untuk senyawa-senyawa antimikroba dan antifungi. Untuk 227 .BAB 33 OBAILOBAT ANTIVIRUS Penggolongan Obat-ObatAnti-HIV Obat-Obat yang Digunakan untuk Pengobatan Influenza Antivirus Lain PENGGOLONGAN Tiga pendekatan dasar dilakukan untuk mengontrol penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus. Pendekatan terakhir. stimulasi mekanisme resistensi alami inang <ligunakan untuk mempersingkat durasi penyakit. Setiap kali kita mencoba nrembunuh organisme penyerang (asing). Kemoterapi (fokus farmakologi) digwrakan runtuk mengobati gejala-gejala penyakit virus dan usaha mengelinrinasi virus dari tubuh.

dan nonnukleosida menghambat pembentukan DNA virus dari RNA oleh RT. Ini berarti virus tersebut mempunyai enzim spesifik yang disebut transkriptase ballk(reverse transcriptase.OBAT ANTI-HIV INHIBITOR TRANSKRIPTASE BALIK Nukleosida Nonnukleosida Nukleotida INHIBITOR INHIBITOR PROTEASE amprenavir FTJSI enfuvirtida abakavir amprenavir di&aoqF delavirdin lamivudiil efavnerz indinavir tenofovir nelfinavir ritonavir adefovir sakuinavir atazanavir stavudin zidovudin nevirapin zalsitabin emtrisitabin lopinavir fosamprenavir Sebagai pengingat. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik memahami senyawa-senyawa antivirus. kita perlu meninjau siklus hidup vinrs dan memperkirakan sisi yang dapat diganggu atau diblok oleh obat: 1.HfV).222. . 5. 3. Enzim ini merupakan target utama obat-obat yang berefftasi melawan HIV.Nl).AlDs). Perakitan partikel virus. Pelekatan dan penetrasi virus ke sel inang. Sintesis komponen virus di dalam sel inang. Pelepasan virus rurtuk menyebar dan menyerang sel-sel lain. OBAT. merupakan suatu rehovirus asam ribonukleat (RNA). Pelepasan selubung genorn virus di dalam sel inang.. virus imunodefisiensi manusia (human immnunodeficiency virus. Sebagian besar obat yang saat ini tersedia memblok protein virus spesifik yang terlibat dalam sintesis komponen virus di dalam sel inang. nukleotida. Inhibitor RT nukleosida. 7 4. yaitu virus yang menyebabkan sindrom defisiensi imrur dapatan (acquired immune deficiency syndrome.

Analog nukleosida berhubungan dengan timidin dan adenosin. namun senyawa-senyawa ini merupakan senyawa yang telah terfosforilasi. Inhibitor protease mengganggu pemrosesan protein virus sehingga mencegah pembentukan partikel virus baru. tetapi tidak dengan meniru kerl'a nukleosida alami. Setelah tiga kali mengalami fosforilasi. Akan tetapi. senyawa ini bergabung dengan DNA virus pada saat transkripsi balik RNA virus.beberapa kelompok. Inhibitor nonnukleosida juga menghentikan enzim RT. yaitu didasarkan pada kemiripan sbr:ktur obat-obat tersebut dengan nukleosida. Obat-obat ini mempunyai sejumlah e?ek samping. Inhibitsr RT dibagi menjadi. Mutasi enzim RT sangat cepat. Enfuvirtida harus diberikan melalui injeksi./nukleotida. Enfuvirtida memblok fusi partikel virus dengan sel target. Bila berikatan di tempat protein HIV. Terapi . enfuvirtida memerangkap partikel virus dan membentuk struktur yang mencegah fusi parlikel virus dengan sel-sehingga disebut inhibitor fusi.- Enfiwirtida adalah suatu analog protein HIV yang memediasi fusi dengan membran sel. tipel yang terdiri atas dua inhibitor RT dan satu inhibitor protease saat ini merupakan pengobatan paling efektif untuk HIV.223 .Bab 33 / Obat-Obat Antivirus . Penggunaan sekurang-kurangnya dua inhibitor RT secara bersamaan memperlambat munculnya virus yang resisten. Inhibitor RT nukleotida bekefa dengan cara yang sama. yang meliputi perubahan deposisi lemak dan kelainan metabolik. teq' adi penghentian dini pemanj angan DNA. karena tidak benar-benar sama dengan nukleosida alami. Enzim protease HfV terlibat pada pematangan partikel virus yang baru terbentuk.

Obat-obat baru yang efektif mengobati influenza saat ini mulai tersedia. disebut inhibitor neuraminidase. dan mengobati infeksi Jika mulai diberikan dalam 48 jam onset penyakit. INHIBITOR NEURAMINIDASE AMANTADIN rimantadin oseltamivir zanamivir AMANTADIN digunakan unhrk mencegah influenza tipe A. Penggunaan amantadin dibatasi oleh timbulnya resistensi yang cepat dan oleh efek merugikan obat. .c774c Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik OBAGOBAT YANG DIGTINAKAN IINTUK PENGOBATAN INFLUENZA Cara utama perlindungan terhadap influenza selalu dengan vaksinasi. Golongan yang lebih baru. amantadin mempersingkat durasi gejala sekitar separuhnya. Inhibitor neuraminidase berikatan dan memblok tempat aktif tersebut. Inhibitor newaminidaselnemblok pelepasan virus influenza dari selsel yang terinfeksi. bekeq'a dengan menghambat suatu enzim yang terletak pada permukaan virus yang merusak ikatan antara virus dan protein pada permukaan sel sehingga memungkinkan pelepasan partikel virus yang terbentuk. Penggunaan senyawa-senyawa ini dilaporkan mempersingkat durasi penyakit simtomatik jika obat mulai diberikan dalam 30 jam onset gejala. Tempat aklif enzim neuraminidase adalah tempat yang sangat terjaga baik pada influenza tipe A maupun tipe B.

intavena. Sama dengan inhibitor RT nukleosida anti-HfV. Sejurnlah obat "siklovir" lain juga digunakan untuk mengobati infeksi Herpes. Obat ini diberikan sebagai suatu injeksi pada awal musim RSV pada anak-anak berisiko tinggi untuk memberikan kekebalan pasif. Palivizumab merupakan antibodi terhadap suatu glitoprotein pada permukaan virus. Agar efektif. dan oral untuk pengobatpenderita infeksi herpes. ANTIVIRUS LAIN ANTIVIRUS LAIN HERPES ASIKIOVIR famsiklovir gansiklovir vidarabin (ara-A) RSV RIBAVIRIN Palivizumab sidofovir valasiklovir valgansiklovir ASIKIOVIR digunakan untuk mengobati penderita infeksi herpes. Asiklovir tifosfat menghambat DNApolimerase virus herpes. an RIBAVIRIN digunakan untuk pengobatan virus sinsitial respirasi (RSV) pada bayi dan anak kecil. Paliviztttnab adalah antibodi monoklonal yang dihumanisasi. Obat ini digwrakan dalam benhrk aerosol untuk pengobatan RSV pada anak kecil. tetapi kemungkinan sebagai antimetabolit.225.Bab 33 / Obat-ObatAntivirus . asiklovir harus mengalami tiga kali fosforilasi untuk menjadi suatu derivat aktif. asiklovirharus diaktifkan melalui tiga kali fosforilasi. Mekanisme kerja ribavirin tidak diketahui. Ribavirin dapat diberi I abel obat pilihan. . Asiklovir digunakan secara topikal.

BAB 34 OBATLOBAT ANTIPROTOZOA Penggolongan Metronidazol Senyawa-Senyawa Antimalaria Pertimb angan Terapeutik GambaranKhusus PENGGOLONGAN Untuk menyederhanakan diskusi. Beberapa penyakit akibat protozoa yang lebih sering terjadi dimasukkan dalam tabel berikut. 226 . obat-obat antimalaria dimasukkan dalam bagian terpisah pada akhir bab ini.

Penjelasan ini bersama dengan penjelasan yang lebih detail akan diuraikan secara panjang. OBAT-OBAT AIITIPROT OZO A METRONIDAZOL dehidroemetin kuinakrin natium stiboglukonat surarnrn eflomitin emetin atovakuon iodokuinol melarsoprol nifurtimoks pentamidin meglumin antimonat benzrridazol nitazoksanida METRONIDAZOL ( METRONIDAZOL efektif untuk pengobatan trikomoniasis vaginal. metonidazolmerupakan salah satuyang paling penting untuk diketahui. ) .Bab 34 / Obat4bat Antiprotozoa . dan semua benhrk amebiasis.227 . giardiasis. PENYAKIT Amebiasis (diare) PROTOZOA histolytica coli Trichomonas vaginalis Giardia lamblia Leishmania Trypanosoma brucei Trypanosoma cruzi Entamoeba Balantidium Disentribalantidial Trikomoniasis (infeksi genital) Giardiasis (diare) Leismaniasis (tigajenis) PenyakittidurAfrika Penyakit Chagas (Amerika Selatan) Di antara obat-obat yang digunakan untuk pengobatan penyakit-penyakit ini. Di antara penyakit dalam daftar. yang paling sering terjadi di Amerika Serikat adalah trikomoniasis dan giardiasis. Anda perlu mengetahui adanya obat-obat lain dan di mana menemukan informasi mengenai pengobatan untuk penyakitpenyakit ini. kedua penyakit ini diobati dengan metonidazol.

P. hanya ditemu dalam organisme anaerob. ovale yangdapat menetap hati. Metronidazol menembus dinding sel bakteri protozoa. muntah. vivax dan P. dapat lebih dari 50 spesies plasmodia. P lasmodium ovale. . Enzim pengaktif. pasien yang terinfeksi spesies ini dapat kambuh. tetapi P.1 Perhatikan bahw ahanja P. Untuk memahami obat-obat malaria dan alasan di balik pengobatalpasienmalaria. Metronidazol tereduksi menghambat repl asam deoksiribonukleat (DNA) dengan menyebabkan pemutusan DNA menghambat perbaikan DNA. S E NYAWA- S E NYAWA ANT IMAL ARIA Malaria disebabkan oleh protozoa sel tunggal. Plasmodium vivax dai P I a s m o d iu m ov a P ovale Bentuk le rneruprkm seksual+ dua spesies yang dapat Fase eritrositik menetap di dalam hati. Obat ini sangat efektif p pengobatan trikomoniasis. muntah. Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemo Metronidazol adalah salah satu obat paling efektif melawan anaerob dan beberapa spesies protozoa. falciparum adalah bentuk malaria paling serius dan letal. Oleh karena itu. vivax memiliki prevalensi paling tinggi. tetapi tidak dapat masuk sel-sel mamalia. penting mengetahui siklus hidup organisme malaria (Gbr. Efek samping yangpaling sering terjadi adalahmual. dan Plasmodiumfalciparam. nitroreduktase.. kemerahar! atau sakit kepala setela{ minum alkohol. Efek mirip-disulfuarn meliputi keram abdomen. yaitu plasmodium. Obat harus diakti begitu memasuki sel. dan di Obat ini dapat membuat urin berwarna gelap atau merah-coklat menyebabkan rasa logam dalam mulut. Metronidazol dapat menyebabkan reaksi mirip-disulfiram bila diminum dengan alkohol. vivax Gambar 34. Plasmo dium vivax.1 Sebagai pengingat. Nyamuk Hati dan aliran darah \ P. siklus hidup protozoa penyebab malaria ditampilkan di sirii. 34.228. tetapi hanya empat yang menginfe manusia: Plasmo dium malariae.

Anda harus mencoba memahami mengapa organisme sensitif. nuansa pengobatan organisme-organisme resisten ti- dak akan dibahas di sini. Untuk penggunaan parenteral. eliminasi bentuk aseksual ini akan menghilangkan gejala-gejala.Bab 34 / Obat-Obat Antiprotozoa r 11O r PERTIMBANGAN TERAPEUTIK Gejala-gejala dianggap disebabkan oleh bentuk eritrositik parasit. Pertama-tama. klorokuin merupakan obat pilihan oral. pelajari mengenai organisme resisten. primakuin sering digunakan untuk profiiaksis atau pencegahan kambuh . Dalampelajaranpenyakit infeksius selanjubrya. komponen aktif herba Cina. namun. merupakan pilihan alternatif. kecuali yang resisten terhadap klorokuin. Timbulnya organisme yang resisten klorokuin menjadi perhatian kesehatan utama. Oleh karena itu. Ini seharusnya mudah diingat. Karena efektifrtas melawan fase dalamhati. OBATANTI-MALARIA KLOROKUIN PRIMAKUIN hidroksiklorokuin meflokuin pirimetamin KUININ doksisiklin Unh:k mengobati semua galur. GAMBARAN KHUSUS PRIMAKUIN efektif melawan bentuk-bentuk dalam hati (eksoeri- tositik) dan membunuh gametosit. kuinidin dan kuinin adalah obat-obat pilihan. Obat-obatan yang melakukan ini disebut senyawa-senyawa supresif atau skizontisida. Artemeter.

. Y masuk ke daerah endemik malaria yang sensitif dandiare). Anda mungkin mempelajari bahwa beberapa orang mengalami defisiensi enzim ini dan harus menghindari pemakaian obat-obat tertentu. obat tersebut dapat menyebabkan toksisitas pada kulit.230. Obat terkonsentrasi dalam stukhrr-skuktur yang mengandung melanin. dan mata. . munta\ dan diare standar). tidak terlalu toksik./ucose- 6-phosphate dehydrogenasq G6PD). Bagian 5 / Senyawa-Senyawa Kemoterapeutik' PRIMAKTIIN dapat menyebabkan anemia hemolitik pada pasien yang mengalami defrsiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (g. (Catatan: Keadaan ini berbeda dari mual. Sinkonisme terdiri atas berkeringat. dalampengobatan dosis tinggi atau durasi lama. namun. Primakuin adalah salah satu obat yang harus dihindari.lurrcoog yangl I klorokuin. N. Mekanisme kerja kuinin tidak diketahui. dan nama sinkona yang diberikan untuk menggambarkan toksisitas kuinin-sinkonisme-menunjukkan asal senyawa ini. telinga berdenging. s bagi para p. gangguan pendengara4 penglih belum mengerti artinya. Kuinin berasal dari kulit kayu pohon sinkona. Apakah Anda ingat enzim G6PD? Dalam biokimia. i Klorokuin. darah. hal ini dapat menyebabkan deposit di kornea dan kebutaan. Ini merupakan informasi yang penting (walaupun agak spesifik). dalam dosis rendah.