Nama : Desy Novia NIM : 1001109

Alat-alat yang digunakan sebagai perpaduan dari medan listrik dan medan magnet pada muatan yang bergerak 1. Transformator Transformator (trafo) adalah alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC). Transformator terdiri dari 3 komponen pokok yaitu: kumparan pertama (primer) yang bertindak sebagai input, kumparan kedua (skunder) yang bertindak sebagai output, dan inti besi yang berfungsi untuk memperkuat medan magnet yang dihasilkan. Prinsip Kerja Prinsip kerja dari sebuah transformator adalah sebagai berikut. Ketika Kumparan primer dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik, perubahan arus listrik pada kumparan primer menimbulkan medan magnet yang berubah. Medan magnet yang berubah diperkuat oleh adanya inti besi dan dihantarkan inti besi ke kumparan sekunder, sehingga pada ujung-ujung kumparan sekunder akan timbul ggl induksi. Efek ini dinamakan induktansi timbal-balik (mutual inductance).

Pada skema transformator di samping, ketika arus listrik dari sumber tegangan yang mengalir pada kumparan primer berbalik arah (berubah polaritasnya) medan magnet yang dihasilkan akan berubah arah sehingga arus listrik yang dihasilkan pada kumparan sekunder akan berubah polaritasnya.

2. Generator dalam turbin kincir angin Ini adalah salah satu komponen terpenting dalam pembuatan sistem turbin angin. Generator ini dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik Prinsip Kerja Prinsip kerjanya dapat dipelajari dengan menggunakan teori medan elektromagnetik. Singkatnya, (mengacu pada salah satu cara kerja generator) poros

dan sumber arus searah seperti tampak pada gambar . 4. Prinsip Kerja Susunan dasar sebuah motor listrik arus searah terdiri dari medan magnet permanen. penghantar berbentuk gelung. Ketika poros generator mulai berputar maka akan terjadi perubahan fluks pada stator yang akhirnya karena terjadi perubahan fluks ini akan dihasilkan tegangan dan arus listrik tertentu. Komponen-komponennya terdiri dari kutub medan. hal tersebut sesuai dengan teori Maxwell tantang hubungan antara medan magnet dan medan listrik. Prinsip Kerja Karena SUTET berfungsi untuk mengalirkan listrik maka SUTET mengandung tegangan listrik serta kuat arus. Motor Listrik Arus Searah DC Motor listrik arus searah (DC) adalah jenis motor listrik yang menggunakan arus langsung yang tidak langsung/direct-unidirectional. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan ini disalurkan melalui kabel jaringan listrik untuk akhirnya digunakan oleh masyarakat. Setelah itu disekeliling poros terdapat stator yang bentuk fisisnya adalah kumparan-kumparan kawat yang membentuk loop. dan komutator. cincin belah atau(komutator). dinamo.pada generator dipasang dengan material ferromagnetik permanen. SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) SUTET atau Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi merupakan media pendistribusian listrik oleh PLN berupa kabel dengan tegangan listriknya dinaikkan hingga mencapai 500kV yang berfungsi untuk menyalurkan listrik dari pusat pembangkit listrik menuju pusat-pusat beban yang jaraknya sangat jauh. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan oleh generator ini berupa AC(alternating current) yang memiliki bentuk gelombang kurang lebih sinusoidal. Sesuai dengan teori Hans Cristian Oersted yang menyatakan bahwa “Di sekitar kawat berarus timbul medan megnetik” maka secara tidak langsung SUTET juga menghasilkan medan magnetik. Selain itu sesuai dengan teori Faraday yang menyatakan bahwa “Perubahan medan magnet dapat menimbulkan medan listrik berupa tegangan induksi ” maka SUTET juga menghasilkan medan magnetik. Perubahan medan magnet dan medan listrik tersebut terjadi secara serentak sehingga menghasilkan gelombang elektromagnetik. sikat. 3.

arus dalam gelung mengalir menurut arah OPQR. Dalam peralatan listrik gelung terdiri atas banyak lilitan untuk menimbulkan putaran motor menjadi lebih kuat. B. maka OP mengalami gaya F yang arahnya ke bawah dan QR mengalami gaya F yang arahnya ke atas sehingga menyebabkan gelung berputar. maka ion tersebut akan semakin dibelokan. Pertukaran persentuhan sikat dengan cincin belah(komutator) terjadi setiap kali bidang gelung berdiri tegak lurus atau setiap gelung berputar 180˚. Karena adanya komutator inilah dapat terjadi pertukaran arah arus secara otomatis sehingga gerak gelung tidak berhenti pada kedudukan tegak lurus terhadap medan.Pada keadaan seperti gambar diatas. Tahap ketiga : Pembelokan Ion-ion tersebut dibelokkan dengan menggunakan medan magnet. Ini juga berlaku untuk unsur-unsur yang biasanya membentuk ion-ion negatif (sebagai contoh. Sikat S1 sekarang bersentuhan dengan cincin C2 dan sikat S2 bersentuhan dengan cincin C1 (lihat gambar b). Tahap pertama : Ionisasi Atom di-ionisasi dengan mengambil satu atau lebih elektron dari atom tersebut supaya terbentuk ion positif. Araah putaran gelung tetap sama dengan arah putaran sebelumnya yaitu searah putaran jarum jam. Spektrometer massa ini selalu bekerja hanya dengan ion positif. Dengan cara ini energy listrik berubah menjadi energy kinetik. C. berlawanan dengan arah sebelumnya. Karena arah medan B ke kanan. Akibatnya OP mendapat gaya ke atas dan QR mendapat gaya ke bawah. sehingga mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih berat. klor) atau unsur-unsur yang tidak pernah membentuk ion (sebagai contoh. Pada saat melewati kedudukan tegak lurus B terjadi pertukaran persentuhan antara sikat dan cincin belah. 5. Spektrometer Massa Spektrometer massa digunakan untuk mencari perbandingan massa terhadap muatan dari ion yang muatannya diketahui dengan mengukur jari-jari orbit melingkarnya dalam medan magnetik seragam. argon). pembelokan yang terjadi tergantung pada massa ion tersebut. Besarnya pembelokannya juga tergantung pada . Tahap kedua : Percepatan Ion-ion tersebut dipercepat supaya semuanya mempunyai energi kinetik yang sama. Hal ini menyebabkan arah arus di dalam gelung berubah menjadi RQPO. Semakin ringan massanya. Prinsip Kerja Adapun urutan kinerja spektrometer massa adalah sebagai berikut: A.

j a r i k e l e n g k u n g a n l i n t a s a n p r o t o n . Setiap kali proton-proton lewat melintasi celah di antara keduabidang setengah lingkaran. pembelokan yang terjadi akan semakin besar. semakin besar muatan ion tersebut. D i p u s a t t e n g a h . Pe r c e p a t a n i n i m e n i n g k a t k a n k e l a j u a n p r o t o n .besar muatan positif ion tersebut. Proton-proton bergerak dalam dua bidang setengah lingkaran yang terpisaholeh suatu celah.t e n g a h c e l a h terdapat sumber ion S. Antara Kedua dee terdapat celah dan dihubungkan dengan tegangan listrik AC bolak balik dengan beda potensial V0Sin dengan Vo sekotar 104 volt.p r o t o n d a n j u g a j a r i . Kedua dee diberi medan magnet yang arahnya tegaklurus bidang dee. S e t e l a h beberapa . Siklotron Siklotron adalah mesin yang digunakan untuk mempercepat partikel untuk tenaga tinggi. semakin banyak elektron yang diambil pada tahap 1.p r o t o n . satu tegangan diberikan oleh proton proton yanga k a n m e m p e r c e p a t p r o r o n . 6. Lawrence menggunakan sebuah medan magnetik untuk menjaga a g a r i o n . Tahap keempat : Pendeteksian Sinar-sinar ion yang melintas dalam mesin tersebut dideteksi secara elektrik. Terdiri dari dua ruang semisilinder yang ditempatkan dalam medan magnet Prinsip Kerja Cyclotron terdiri dari dua buah tabung yang berbentuk setengah lingkaran (yang karena bentuknya menyerupai huruf D maka dinamakan dee). D. Dengan kata lain.i o n b e r m u a t a n 9 ( b i a s a n ya p r o t o n ) b e r g e r a k d a l a m lintasan melingkar.r o t o n .

Proton-proton kemudian dapat menubruk suatu sasaran yang ditempatkan did a l a m s i k l o t r o n a t a u m e n i n g g a l k a n s i k l o t r o n d e n g a n b a n t u a n ³ m a g n e t pembelok´ dan diarahkan ke suatu sasaran eksternal. bidang kanan haruslah negatif dan yang kiri positif. Tegangan yang diberikank e d u a b i d a n g s e t e n g a h l i n g k a r a n u n t u k m e n g h a s i l k a n p e r c e p a t a n h a r u s l a h tegangan bolak-balik.putaran. . Ketika protonproton sedang bergerak ke kanan melintasicelah. proton-proton memperoleh energi kinetik tinggi ( dalam orde10 atau 20 MeV per satuan muatan listrik ) dan tiba pada sisi terluar siklotron.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful