PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SUKAJADI

KECAMATAN SADANANYA SURAT KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH Nomor : 36/ SD.VII/ 2010 TENTANG PERATURAN DAN TATA TERTIB PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SUKAJADII BAB I PERATURAN Pasal 1 KEANGGOTAAN 1. Yang dapat menjadi anggota perpustakaan SD Negeri 3 SUKAJADI adalah semua warga SD Negeri 3 SUKAJADI. 2. Yang dimaksud warga SD Negeri 3 SUKAJADI adalah siswa- siswi, kepala sekolah, guru-guru, dan pegawai yang berdinas di SD Negeri 3 SUKAJADI. 3. Keanggotaan perpustakaan diatur melalui proses administrasi dengan sistem kartu anggota. 4. Pihak luar SD Negeri 3 SUKAJADI tidak berhak menjadi anggota perpustakaan SD Negeri 3 SUKAJADI. Pasal 2 SYARAT KEANGGOTAAN 1. Mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan. 2. Setiap anggota baru membayar administrasi sebesar Rp 1.000,00 ( Seribu Rupiah ) dan pemilik kartu anggota. 3. Bersedia memenuhi peraturan perpustakaan. Pasal 3 PENDAFTARAN ULANG 1. Bagi anggota perpustakaan diwajibkan mendaftarkan ulang keanggotaannya setiap tahun. 2. Membayar administrasi / registrasi sebesar Rp 500,00 ( Lima Ratus Rupiah ). Pasal 4 PINDAH ALAMAT, SEKOLAH, DAN DINAS Bagi setiap angota perpustakaan yang pindah alamat, sekolah, dan dinas diwajibkan memberitahukan terlebih dahulu kepada petugas perpustakaan. BAB II PEMINDAHAN DAN PENGENDALIAN Pasal 5 PEMINJAMAN PUSTAKA 1. Setiap peminjam harus memperlihatkan kartu anggota perpustakaan SD Negeri 3 SUKAJADI yang baru atau terbaru. 2. Setiap peminjan tidak diperkenankan memakai kartu anggota lain. 3. Jenis-jenis pustaka yang dapat dipinjam : a. Semua pustaka yang tidak berkodekan R ( Referensi ) b. Koleksi referensi hanya dapat dipinjamkan / dibaca di ruang perpustakaan dan tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang ke rumah.

topi.dan karyawan selama 10 ( sepuluh ) hari. Pasal 7 PENGEMBALIAN PUSTAKA Setiap buku yang dipinjam harus sudah dikembalikan paling lambat sesuai dengan tanggal kembali. Selalu menjaga kebersihan baik di dalam maupun di luar perpustakaan. Pasal 8 PERPANJANGAN PINJAMAMAN PUSTAKA Perpanjangan pinjaman pustaka dapat dilakukan paling banyak dua kali dengan ketentuan : a. g. BAB IV TATA TERTIB MASUK PERPUSTAKAAN Pasal 10 TATA TERTIB Untuk menjaga ketertiban. . Untuk Kepala Sekolah. Hari Selasa untuk kelas II ( dua ) dan III ( tiga ) b. Tidak dibenarkan membawa makanan ke ruang perpustakaan. Untuk siswa/siswi sebanyak 2 ( dua ) buah buku c. Harus sopan dan berpakaian rapi. d. dan sejenisnya ) bisa disimpan di tempat titipan. keamanan dan ketenangan belajar. Pengunjung Perpustakaan yang akan meninggalkan ruang perpustakaan wajib memperlihatkan barang – barang yang dibawa keluar pada petugas. Jumlah Peminjam : a. f. e.1 4. Menjaga kelestarian pustaka. Untuk siswa/siswi selama 1 ( satu ) minggu. Hari Rabu untuk kelas IV ( empat ) dan V ( lima ) c. c. Tidak diperkenankan memakai atau membawa barang yang dapat dipergunakan untuk hal yang dilarang/tidak layak/dipakai ( jaket. guru. ketenangan belajar dan memudahkan pengawasan. b. sweater.sebagai berikut : a. Guru. Pasal 6 LAMA PEMINJAM 1. Bila mana pustaka tersebut tidak dipinjamkan kepada orang lain b. tas. setiap pemakai pustaka wajib menaati tata tertib dibawah ini . 2. Pelaksanaan perpanjangan peminjaman dilakukan ditempat pustaka tersebut dipinjam BAB III WAKTU PELAYANAN PEMBACA Pasal : 9 JAM BUKA PERPUSTAKAAN Perpustakaan dibuka setiap hari : a. Untuk Kepala Sekolah. keamanan. Mengisi daftar hadir yang telah di sediakan. Setiap peminjam diwajibkan memeriksa/memeriksakan keutuhan pustaka yang akan dipinjamnya kepada petugas perpustakaan. Hari Kamis untuk kelas VI ( enam ) dan anggota lainnya. dan karyawan sebanyak 3 ( tiga ) buah buku. map. b.

. Dicabut dari keanggotaan perpustakaan minimal dalam waktu 1 ( satu ) catur wulan. Wajib mengganti dengan pustaka yang sama dalam keadaan utuh b... Catatlah ciri – ciri pustaka yang diperlukan... anggota. subjek pengarang serta judul berdasarkan alphabet... mintalah keterangan pada pustakawan/ petugas.....000...... Siswa/anggota perpustakaan terajin akan diberikan ganjaran/piagam dari sekolah BAB VI KETENTUAN LAIN Pasal 16 Hal yang belum diatur dalam peraturan dan tata tertib ini akan diatur kemudian dalam peraturan khusus dan petunjuk pelaksanaanya. Setiap pengunjung pemaki perpustakaan yang akan mencari informasi pustaka..... NIP .00 ( seribu rupiah ) per buku untuk setiap keterlambatan.... 2....... Dapat mengganti kerugian seharga 2 x lipat dari harga pustaka yang rusak atau hilang Pasal : 13 SANKSI LAINNYA Setiap peminjam atau pemakai perpustakaan yang nyata – nyata telah merusak atau merobek atau mencuri koleksi peralatan dan perlengkapan perpustakaan lainnya akan dikenakan sanksi : a. terlebih dahulu mencari – cari ciri – ciri pustaka yang diperlukan pada kabinet katalog yang telah disusun berdasarkan nomor klasifikasi . Secara berkala dan berkesinambungan diadakan koleksi siswa. kemudian cari bukunya pada rak yang telah disusun berdasarkan klasifikasi. Bila ternyata pustaka tersebut tidak ada di rak....... Pasal : 14 KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN Keterlambatan setiap peminjam yang mengembalikan melampaui batas waktu yang ditentukan/ditetapkan dikenakan denda sebesar Rp 1..... 3... Pasal : 15 GANJARAN a.. b... .. BAB V SANKSI DAN GANJARAN Pasal : 12 KERUSAKAN DAN KEHILANGAN Kerusakan atau kehilangan pustaka karena kelalaian pemakai/peminjam akan dikenakan sanksi sebagai berikut : a. Atau sanksi lainnya yang dianggap sesuai dengan perbuatannya.. BAB VII PENUTUP Pasal : 17 Aturan dan tata terib ini berlaku mulai tanggal ditetapkan..... b. Ditetapkan di : SUKAJADI Pada Tanggal : 1 Juli 2010 Kepala Sekolah...Pasal 11 CARA MENGGUNAKAN KOLEKSI 1...

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful