DESKRIPSI PEKERJAAN STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

100000 SENAT FAKULTAS 1. Definisi Senat merupakan badan normatif dan perwakilan di Fakultas yang menjalankan fungsi membangun dan menjaga penegakan nilai-nilai dan etika akademik. Senat Fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di Fakultas.

2. Uraian Tugas a. Merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan Fakultas; b. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik, kecakapan,dan kepribadian sivitas akademika; c. Merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik; d. Merumuskan norma, etika, dan tolok ukur penyelenggaraan Fakultas; e. Menilai pertanggungjawaban dan pelaksanaan kebijakan yang telah dijalankan oleh Dekan; f. Memberikan pertimbangan dan persetujuan rencana anggaran pendapatan dan belanja Fakultas yang diajukan oleh Dekan; g. Memilih dan memberikan pertimbangan atas Dosen yang diusulkan menjadi Dekan h. Memberikan pertimbangan untuk Dosen yang diusulkan menjadi Pembantu Dekan, Ketua/Sekretaris Jurusan, dan Ketua Program Studi. i. Menegakkan norma yang berlaku bagi sivitas akademika; j. Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas program kerja selama periode jabatan dan program kerja tahunan Dekan. k. Menetapkan penjabaran pelaksanaan prinsip manajemen berbasis kinerja dan tata kelola Fakultas yang baik. l. Merumuskan peraturan pelaksanaan integritas akademik, kebebasan akademik, dan otonomi keilmuan di Fakultas. m. Menetapkan Kode Etik Dosen.

1 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

n. Membentuk komisi-komisi yang beranggotakan anggota Senat dan apabila dianggap perlu dapat ditambah dengan anggota lain. o. Mengesahkan Rencana Bisnis dan Anggaran Fakultas. p. Mengesahkan Rencana Strategis Fakultas.

200000 DEKAN 1. Definisi Dekan adalah unsur pimpinan di fakultas yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor, yang mempunyai tugas memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pembinaan sivitas akademika dan pelaksanaan urusan tata usaha Fakultas.

2. Uraian Tugas a. Menyelenggarakan pengembangan fakultas sesuai dengan misi dan visi yang disampaikan dan dipertanggung jawabkan di depan Senat Fakultas. b. Membina dan mengembangkan penelitian baik secara individual maupun kelompok di bidang penelitian murni, terapan murni, terapan dan pesanan institusi lain. c. Melaksanakan kebijakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada PIP. d. Membina dan mengembangkan tenaga edukatif dan administratif. e. Menjalin hubungan kerja sama yang harmonis diantara sivitas akademika. f. Menyusun arah dan pedoman pelaksanaan pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. g. Memberikan laporan bulanan, tengah tahunan dan tahunan kepada Rektor. h. Mengelola, menghimpun dana masyarakat dan untuk pendidikan,

mengadministrasikan,

menganggarkan

mempertanggungjawabkan

kepada stakeholder secara terbuka dan transparan.

210000 PEMBANTU DEKAN I 1. Definisi Pembantu Dekan I adalah unsur pimpinan fakultas yang mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian

2 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

kepada masyarakat. Apabila dekan berhalangan, Pembantu Dekan I bertindak mewakili Dekan sebagai pelaksana harian. 2. Uraian Tugas a. Melakukan koordinasi dan pengawasan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan pendidikan dan pengajaran. b. Melakukan koordinasi dan pengawasan kegiatan pembinaan dan

pengembangan tenaga pengajar dan tenaga peneliti. c. Melakukan koordinasi dan pengawasan kegiatan persiapan program studi baru berbagai tingkat maupun bidang. d. Melakukan koordinasi dan pengawasan kegiatan penyusunan program bagi usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa. e. Melakukan koordinasi dan pengawasan kegiatan perencanaan dan

pelaksanaan kerjasama pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. f. Melakukan koordinasi dan pengawasan kegiatan pengelolaan data yang menyangkut bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di bidang masing-masing. g. Memberikan laporan secara periodik kepada atasan langsung/senat di bidang akademik.

220000 PEMBANTU DEKAN II 1. Definisi Pembantu Dekan II adalah unsur pimpinan Fakultas yang mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum, keuangan dan personalia. 2. Uraian Tugas a. Melaksanakan koordinasi dan pengawasan tugas di bidang ketatausahaan (keuangan, kepegawaian, dan kerumahtanggaan). b. Melaksanakan koordinasi dan pengawasan tugas di bidang hubungan masyarakat. c. Merencanakan pembinaan dan pengembangan tenaga administratif. d. Melaksanakan pengkoordinasian tugas di bagian umum, yaitu penerimaan aset hibah.

3 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

tambah uang unit kerja. Melakukan koordinasi dan pengawasan pengelolaan data yang menyangkut bidang pendidikan yang bersifat kokurikuler. persatuan bangsa dan kerukunan agama. e. 240000 KETUA GUGUS JAMINAN MUTU (GJM) 1. Melakukan koordinasi dan pengawasan usaha kesejahteraan mahasiswa serta bimbingan dan penyuluhan bagi mahasiswa. Melakukan koordinasi dan pengawasan pembinaan mahasiswa dalam pengembangan sikap dan orientasi serta kegiatan mahasiswa.e. f. d. Definisi Pembantu Dekan III adalah unsur pimpinan Fakultas yang mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan yang bersifat kokurikuler dan ekstrakurikuler pembinaan hubungan alumni. Definisi Ketua Gugus Jaminan Mutu (GJM) adalah unsur independen di Fakultas Ekonomi yang tidak bertanggung jawab langsung kepada Dekan. uang muka. biaya langsung non-pegawai dan pegawai serta layanan pertanggung jawaban belanja PNBP. Melaksanakan pengkoordinasian pada seluruh prosedur uang persediaan unit kerja. Melakukan koordinasi dan pengawasan penciptaan iklim pendidikan yang baik dalam kampus dan pelaksanaan program pembinaan pemeliharaan kesatuan. Memberikan laporan secara periodik kepada atasan langsung/senat di bidang kemahasiswaan dan alumni. Uraian Tugas a. f. 2. c. b. g. ganti uang unit kerja. 230000 PEMBANTU DEKAN III 1. 4 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Melakukan koordinasi dan pengawasan kerjasama dengan semua unsur pelaksana di lingkungan Universitas Brawijaya dalam setiap usaha di bidang kemahasiswaan dan alumni. Melakukan koordinasi dan pengawasan upaya ke arah pengembangan daya penalaran mahasiswa. Memberikan laporan secara periodik kepada atasan langsung/senat di bidang ketatausahaan.

Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. h. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. atau seni tertentu. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. i. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundangundangan yang berlaku. Ketua Jurusan Manajemen bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran.2. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. e. 3. j. f. atau seni tertentu. b. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Memberikan laporan bulanankepada atasan langsung. teknologi atau seni tertentu. Uraian Tugas Menjamin mutu Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Mengatur dan melaksanakan ujian. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. l. c. 2. Uraian Tugas a. Batas Kewenangan Melaksanakan koordinasi dengan seluruh jajaran Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. g. k. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu. Definisi Ketua Jurusan Manajemen adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Manajemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. 5 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 250000 KETUA JURUSAN MANAJEMEN 1. teknologi. teknologi. d.

Definisi Sekretaris Jurusan Manajemen adalah unsur pelaksana fakultas dalam bidang studi Manajemen yang mempunyai tugas membantu Ketua Jurusan Manajemen dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. Menyusun jadwal penggunaan laboratorium/studio untuk pendidikan dan penelitian. Membantu pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran. 253000 KPS S2 MANAJEMEN 1. d. atau seni tertentu. 2. Mengatur dan melaksanakan ujian. e. 6 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Ketua Program Studi (KPS) S2 Manajemen bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. atau seni tertentu. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Definisi Ketua Program Studi (KPS) S2 Manajemen adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Manajemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Manajemen. teknologi. b. Melaksanakan pengumuman hasil ujian. b. f.251000 SEKRETARIS JURUSAN MANAJEMEN 1. e. g. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. 2. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Mengirimkan laporan hasil-hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. c. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Uraian Tugas a. d. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Menyusun dan mengusulkan daftar nama tenaga pengajar dan jadwal perkuliahan setiap semester kepada Ketua Jurusan Manajemen. teknologi. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Uraian Tugas a. c.

teknologi atau seni tertentu. i. g. l. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. atau seni tertentu. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. teknologi atau seni tertentu. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. j. b. k. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. teknologi. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. d. j. Ketua Program Studi (KPS) S3 Manajemen bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. atau seni tertentu. teknologi. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Mengatur dan melaksanakan ujian. teknologi atau seni tertentu. h. c. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. i. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. e. Uraian Tugas a. 7 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Definisi Ketua Program Studi (KPS) S3 Manajemen adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Manajemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Manajemen.h. 2. f. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. 254000 KPS S3 ILMU MANAJEMEN 1. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran.

Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. atau seni tertentu. i. MANAJEMEN 1. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. Definisi 8 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . teknologi atau seni tertentu. Definisi Ketua Program Internasional Manajemen adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Manajemen yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Manajemen. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi.k. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. l. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Ketua Program Internasional Manajemen bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Uraian Tugas a. Mengatur dan melaksanakan ujian. teknologi. h. b. d. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. e. f. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. 256000 KEPALA LAB. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. 2. teknologi. j. atau seni tertentu. l. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 255000 KETUA PROGRAM INTERNASIONAL MANAJEMEN 1. k. c. g. teknologi atau seni tertentu.

e. Melayani kegiatan-kegiatan praktikum bagi staf pengajar dan mahasiswa baik untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat. b. 3. jawab atas pemeliharaan dan pengembangan sarana 257000 KETUA UNIT JAMINAN MUTU (UJM) 1. Menyusun program pengembangan sarana laboratorium/studio sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan ilmu. 2. Bertanggung laboratorium. Batas Kewenangan Melaksanakan koordinasi dengan Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Definisi Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang studi Ekonomi Pembangunan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan.Kepala Laboratorium Manajemen adalah unsur penunjang jurusan yang mempunyai tugas melakukan kegiatan dalam cabang ilmu. f. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Uraian Tugas a. penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 260000 KETUA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN 1. 2. teknologi atau seni tertentu. c. d. Menyusun buku petunjuk praktikum untuk mahasiswa. Uraian Tugas Menjamin mutu Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Definisi Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) adalah unsur independen di Jurusan Manajemen yang tidak bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Manajemen. teknologi atau seni tertentu sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok jurusan sesuai dengan ketentuan bidang yang bersangkutan. Mempersiapkan sarana penunjang laboratorium/studio untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran. 9 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .

g. c. 2. d. f. Menyusun dan mengusulkan daftar nama tenaga pengajar dan jadwal perkuliahan setiap semester kepada Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan. c. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. Definisi Sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah unsur pelaksana fakultas dalam bidang studi tertentu yang mempunyai tugas membantu Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Uraian Tugas a. teknologi atau seni tertentu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu. Mengatur dan melaksanakan ujian. teknologi. i. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. atau seni tertentu. Uraian Tugas a. j. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu.penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. b. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 10 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . e. b. teknologi. Memberikan laporan bulanankepada atasan langsung. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. k. 2. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. h. Membantu pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran. 261000 SEKRETARIS JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN 1. atau seni tertentu. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. l. Melaksanakan pengumuman hasil ujian.

Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran.d. Menyusun jadwal penggunaan laboratorium/studio untuk pendidikan dan penelitian. i. atau seni tertentu. c. j. Bersama dengan pengelola pascasarjana dan ketua jurusan menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. 263000 KPS S2 EKONOMI PEMBANGUNAN 1. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. teknologi. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan penelitian dan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. 2. Uraian Tugas a. b. g. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Mengirimkan laporan hasil-hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. atau seni tertentu. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mengatur dan melaksanakan ujian. teknologi. k. Definisi Ketua Program Studi (KPS) S2 Ekonomi Pembangunan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Ekonomi Pembangunan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. e. teknologi atau seni tertentu. f. Ketua Program Studi (KPS) S2 Ekonomi Pembangunan bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Bersama dengan pengelola pascasarjana dan ketua jurusan menentukan plotting dosen. 11 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . teknologi atau seni tertentu. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. d. e. h.

b. atau seni tertentu. Uraian Tugas a. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. 2. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Ketua Program Studi (KPS) S3 Ekonomi Pembangunan bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. f. Definisi 12 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c. 265000 KETUA PROGRAM INTERNASIONAL EKONOMI PEMBANGUNAN 1. atau seni tertentu. 264000 KPS S3 EKONOMI PEMBANGUNAN 1. l. g. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. j. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.l. Definisi Ketua Program Studi (KPS) S3 Ekonomi Pembangunan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Ekonomi Pembangunan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. d. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. teknologi. e. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. teknologi. k. h. i. teknologi atau seni tertentu. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. teknologi atau seni tertentu. Mengatur dan melaksanakan ujian.

Definisi Kepala Laboratorium Ekonomi adalah unsur penunjang jurusan yang mempunyai tugas melakukan kegiatan dalam cabang ilmu. k. e. Ketua Program Internasional Ekonomi Pembangunan bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. 266000 KEPALA LAB.Ketua Program Internasional Ekonomi Pembangunan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Ekonomi Pembangunan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan. l. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. atau seni tertentu. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. 13 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . b. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. g. j. h. d. i. teknologi. teknologi atau seni tertentu. teknologi. Mengatur dan melaksanakan ujian. Uraian Tugas a. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. c. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. f. atau seni tertentu. teknologi atau seni tertentu. teknologi atau seni tertentu sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok jurusan sesuai dengan ketentuan bidang yang bersangkutan. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. 2. EKONOMI 1.

268000 DIREKTUR A3 1. Definisi Direktur A3 adalah entitas yang mendukung pengembangan jurusan dalam meningkatkan efisiensi eksternal. e. peningkatan penghargaan lulusan oleh masyarakat dan percepatan pemanfaatan karya inovatif jurusan. f. 2. Mempersiapkan sarana penunjang laboratorium/studio untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran. d. Melayani kegiatan-kegiatan praktikum bagi staf pengajar dan mahasiswa baik untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat. b. 2. Uraian Tugas 14 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c. Menyusun program pengembangan sarana laboratorium/studio sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan ilmu. yakni memfasilitasi program peningkatan efisiensi pemanfaatan lulusan oleh masyarakat ( graduate employabillity). Uraian Tugas a.2. Uraian Tugas Menjamin mutu Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Bertanggung laboratorium. jawab atas pemeliharaan dan pengembangan sarana 267000 KETUA UNIT JAMINAN MUTU (UJM) 1. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Menyusun buku petunjuk praktikum untuk mahasiswa. teknologi atau seni tertentu. 3. Batas Kewenangan Melaksanakan koordinasi dengan Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Definisi Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) adalah unsur independen di Jurusan Ekonomi Pembangunan yang tidak bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan.

buku-buku baru di BEJ. asistensi dan hibah penelitian. teknologi. Melaksanakan koordinasi pelatihan-pelatihan jurnal dan metodologi penelitian. b.1. g. Melakukan pengawasan pelaksanaan program-program PHK A3 yang meliputi fasilitas fisik (laboratorium) serta dokumen (laporan pelaksanaan kegiatan. d. i. h. teknologi atau seni tertentu. 2. 2. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. j. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. f. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Definisi Ketua Jurusan Akuntansi adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang studi Akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan. teknologi. 270000 KETUA JURUSAN AKUNTANSI 1. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. 3. Uraian Tugas a. lomba karya inovatif. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. e. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. k. atau seni tertentu. 15 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. atau seni tertentu. Ketua Jurusan Akuntansi bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. pembukuan dan pelaporan keuangan). SPJ. Menerapkan best practice dalam pengelolaan perbaikan fasilitas ruang kelas. Mengatur dan melaksanakan ujian.

teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. d. atau seni tertentu. Menyusun dan mengusulkan daftar nama tenaga pengajar dan jadwal perkuliahan setiap semester kepada Ketua Jurusan Akuntansi. Menyusun jadwal penggunaan laboratorium/studio untuk pendidikan dan penelitian. d. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Definisi Ketua Program Studi (KPS) S2 Akuntansi adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Akuntansi. Membantu pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran. 271000 SEKRETARIS JURUSAN AKUNTANSI 1. teknologi. Uraian Tugas a. c. b. Mengatur dan melaksanakan ujian. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu.l. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. 273000 KPS S2 AKUNTANSI 1. b. 2. Uraian Tugas a. e. c. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Definisi Sekretaris Jurusan Akuntansi adalah unsur pelaksana fakultas dalam bidang studi tertentu yang mempunyai tugas membantu Ketua Jurusan Akuntansi dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ketua Program Studi (KPS) S2 Akuntansi bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Mengirimkan laporan hasil-hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Melaksanakan pengumuman hasil ujian. 16 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .

g. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. h. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. 17 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c. f. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. d. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. Definisi Ketua Program Studi (KPS) S3 Akuntansi adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Akuntansi. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. h. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. f. teknologi.e. teknologi. j. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. b. atau seni tertentu. atau seni tertentu. l. teknologi atau seni tertentu. 2. teknologi atau seni tertentu. k. e. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. atau seni tertentu. Uraian Tugas a. teknologi. 274000 KPS S3 AKUNTANSI 1. Ketua Program Studi (KPS) S3 Akuntansi bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. i. g. teknologi atau seni tertentu. Mengatur dan melaksanakan ujian.

teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. teknologi atau seni tertentu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. atau seni tertentu.i. h. teknologi. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. teknologi atau seni tertentu. e. i. d. j. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. l. 275000 KETUA PROGRAM INTERNASIONAL AKUNTANSI 1. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Mengatur dan melaksanakan ujian. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Uraian Tugas a. teknologi. 18 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. j. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. c. b. f. g. Ketua Program Internasional Akuntansi bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. atau seni tertentu. Definisi Ketua Program Internasional Akuntansi adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Akuntansi. k.

Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengembangan sarana laboratorium. d. Ketua Program PPAk bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Uraian Tugas a. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Definisi Kepala Laboratorium Akuntansi.k. e. teknologi atau seni tertentu. 2. 276000 KEPALA LAB. b. c. 277000 KETUA PROGRAM PPAk 1. Uraian Tugas 19 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . teknologi atau seni tertentu sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok jurusan sesuai dengan ketentuan bidang yang bersangkutan. Investasi dan Pasar Modal adalah unsur penunjang jurusan yang mempunyai tugas melakukan kegiatan dalam cabang ilmu. AKUNTANSI. Melayani kegiatan-kegiatan praktikum bagi staf pengajar dan mahasiswa baik untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat. l. Menyusun program pengembangan sarana laboratorium/studio sesuai dengan kebutuhan dan pengembangan ilmu. Menyusun buku petunjuk praktikum untuk mahasiswa. INVESTASI DAN PASAR MODAL 1. f. Mempersiapkan sarana penunjang laboratorium/studio untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Definisi Ketua Program PPAk adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Akuntansi.

teknologi. 2. i. atau seni tertentu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. teknologi atau seni tertentu. Merencanakan dan mengatur kegiatan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menyusun program pembinaan dan pengembangan staf pengajar dan tenaga teknisi. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. Menyusun program pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengabdian pada masyarakat pada satu cabang ilmu. h. b. k. atau seni tertentu. teknologi atau seni tertentu. Menentukan dosen pembimbing bagi penelitian mahasiswa. b. f. Uraian Tugas a. Melaksanakan evaluasi dan pengembangan kurikulum. Melayani kegiatan-kegiatan untuk kegiatan pendidikan dan pengajaran maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat. l. 278000 KEPALA KLINIK AKUNTANSI 1.a. Mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi tepat guna. g. teknologi atau seni tertentu. Menyusun program penelitian untuk pengembangan sebagian atau satu cabang ilmu. teknologi. Mengatur dan melaksanakan ujian. e. Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran. Definisi Kepala Klinik Akuntansi adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang program studi Akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Akuntansi. c. d. j. 20 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Kepala Klinik Akuntansi bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran.

2. Definisi Ketua Unit Jaminan Mutu (UJM) adalah unsur independen di Jurusan Akuntansi yang tidak bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Akuntansi. b) Pembahasan rencana kerja dengan Kasubbag. 280000 KEPALA BAGIAN TATA USAHA 1. 3. Mempelajari dan menginformasikan peraturan perundang-undangan di bidang Ketatausahaan. Akademik dan Kemahasiswaan. terkait. 21 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Pembuatan rencana kerja bagian dan fakultas. Uraian Tugas Menjamin mutu Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. b) Menghimpun peraturan dan perundangan. Batas Kewenangan Melaksanakan koordinasi dengan Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. ditaati dan dimengerti. berkaitan dengan data yang ada. Kepala Bagian Tata Usaha bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan tata usaha Fakultas. d) Evaluasi pelaksanaan.c. Definisi Kepala Bagian Tata Usaha adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang tata usaha yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan. a) Koordinasi dengan Kasubbag. 279000 KETUA UNIT JAMINAN MUTU (UJM) 1. c) Membuat rencana kerja dengan persetujuan atasan langsung. 3. a) Koordinasi dengan Kasubbag. 2. d) Agar peraturan dan perundangan tersebut bisa dilaksanakan. Uraian Tugas 1. c) Mempelajari dan menginformasikan ke bagian yang terkait. Akademik dan Kemahasiswaan. e) Rencana tersebut dibuat sebagai pedoman kerja bagian dan fakultas. 2. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. a) Koordinasi dengan Kasubbag. Pengelolaan data Ketatausahaan.

b) Koornasi dengan Kasubbag. a) Koordinasi dengan Kasubbag. b) Inventarisasi kebutuhan kerumahtanggaan. 8. c) Menindaklanjuti hasil pembahasan data. d) Dibuat sebagai pedoman pelaksanaan pengelolaan barang. Umum dan Perlengkapan. 6.b) Inventarisasi dan pembahasan data yang terkait dengan bagian. Umum. Umum. c) Pengarahan pelaksanaan pengelolaan barang. 22 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c) Pengaturan jadual rapat. a) Koordinasi dengan Kasubbag Keuangan & Kepegawaian. a) Koordinasi dengan Kasubbag Keuangan & Kepegawaian. a) Mengkoordinasi dengan Kasubbag. d) Pengelolaan ini dilaksanakan untuk pemecahan masalah dengan bagian yang terkait. b) Menghimpun inventarisasi data kepegawaian. c) Pengarahan pengelolaan data kepegawaian dengan persetujuan PD II. Umum. 9. e) Sebagai pedoman pelaksanaan administrasi kerumahtanggaan. Membuat rencana Urusan Kerumahtanggaan. b) Menghimpun data inventarisasi kondisi barang. a) Koordinasi dengan Kasubbag. 7. Merencanakan urusan pengelolaan keuangan. 4. d) Pengarahan pelaksanaan. b) Menyusun konsep pelaksanaan dengan Kasubbag. Membuat rencana urusan barang perlengkapan. Melaksanakan/mengatur waktu/tempat rapat pimpinan dan upacara resmi di lingkungan fakultas. d) Rencana tersebut dibuat sebagai pedoman pelaksanaan pengelolaan persuratan. 5. d) Agar pertemuan bisa berjalan lancar. c) Persetujuan dengan atasan langsung. d) Dibuat sebagai pedoman pengelolaan kepegawaian. Melaksanakan kegiatan pengelolaan kepegawaian. c) Evaluasi pelaksanaannya. a) Mengkoordinasikan dengan pimpinan. Merencanakan pengelolaan urusan persuratan dan kearsipan fakultas.

Membuat perencanaan pelaksanaan Administrasi Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni. 14. 11. Melaksanakan koordinasi penerimaan aset hibah kepada fungsi logistik. c) Pengarahan pelaksanaan administrasi. biaya langsung non-pegawai dan pegawai serta layanan pertanggung jawaban belanja PNBP. Membuat rencana pelaksanaan Administrasi Pengabdian Kepada Masyarakat. e) Pemantauan dilaksanakan agar pelaksanaan kegiatan administrasi lancar.Akademik. b) Menyusun kebijakan administrasi dengan peretujuan pimpinan. Melaksanakan pengkoordinasian pada seluruh prosedur ganti uang unit kerja.b) Pengarahan pengelolaan keuangan dengan persetujuan PD II c) Evaluasi pelaksanaan keuangan. a) Koordinasi pelaksanaan tugas dengan Kasubbag. d) Dibuat sebagai acuan pengelolaan keuangan. Pengesahan berkas kenaikan pangkat tenaga Edukatif dan Administratif. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan administrasi dilingkungan fakultas. a) Untuk kelancaran kenaikan pangkat tenaga Edukatif dan Administratif. secara rutin. b) Pertemuan dengan Kasubbag. uang muka. 15. tambah uang unit kerja. 3. d) Membuat rencana tindak lanjut dari pembahasan administrasi dengan seijin pimpinan. a) Koordinasi dengan Kasubbag. e) Dibuat sesuai arahan pelaksanaan administrasi. b) Menyusun kebijakan administrasi dengan persetujuan pimpinan. 12. Penelitian dan 23 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c) Pengarahan pelaksanaan administrasi d) Evaluasi pelaksanaan. c) Pembahasan permasalahan. Kemahasiswaan dan Alumni. 13. a) Koordinasi dengan Kasubbag. Batas Kewenangan Pendidikan. 10. e) Dibuat sesuai dengan acuan pelaksanaan administrasi kemahasiswaan. d) Evaluasi pelaksanaan .

000. 3. 6. serta staf administrasi di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Mengesahkan/legalisir fotocopy Surat Keterangan Lulus. 281000 KASUBBAG AKADEMIK 1. Melegalisir Ijasah.1. 2. Sebagai atasan langsung PUMK. 5. permintaan cuti para Kasubbag. Bertindak sebagai sekretaris pada setiap rapat pimpinan atau semua rapat yang diadakan oleh pimpinan. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang akademik dan membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. 8. 7. Bagian dan mempersiapkan. 2. mengesahkan kuitansi pengeluaran dana yang telah disetujui oleh PD II. Menandatangani surat keterangan mahasiswa masih aktif kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Kasubbag Akademik bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik Fakultas. Definisi Kasubbag Akademik adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bagian Tata Usaha. Menilai DP-3 para Kasubbag. 2. 24 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .. Menyusun rencana dan program kerja Sub. 9. 4. 500. Uraian Tugas 1. Mengkoordinir setiap rekruitmen tenaga administratif. penyusunan rencana dan program kerja Bagian. Menyetujui atau tidak pengeluaran dana anggaran sebatas Rp.ke bawah. di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya serta sebagai atasan Pejabat Penilai DP-3 staf administrasi di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. tenaga asisten/dosen tidak tetap bekerja sama dengan PD II dan Kajur/Kaprog. Mengusulkan atau tidak.

praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. 2. 9. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. 8. 10. Mengkoordinasi mahasiswa. Bertanggung jawab penggunaan ruang kuliah dan peralatannya. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. Kartu Hasil Studi. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. Batas Kewenangan 1. Kutipan Daftar Nilai. Mengesahkan permintaan dana untuk operasional Sub. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ujian Akhir Studi. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan fakultas. memberikan penilaian DP-3. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan fakultas. 4. 5. 15. dan Transkrip Akademik Mahasiswa. penelitian. Mengkoordinasikan tugas-tugas kepala urusan.3. Bertanggung jawab proses Administrasi KRS. Transkrip dan Nilai Ujian. 12. praktikum. 6. 25 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik . sarana akademik dan menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. 3. incentive dan cuti pegawai. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum. 13. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. Bagian Akademik. 14. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan. 7. pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. 16. 11. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. Mengumpulkan dokumen-dokumen. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. Melakukan administrasi perkuliahan. KHS. 3. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan.

4. Menentukan/menunjuk penugasan Staf Administrasi Akademik untuk kedinasan. 5. Menentukan lembur, incentive, cuti staf administrasi Sub. Bagian Akademik. 6. Membina, Menilai DP-3 dan memberi peringatan staf administrasi Sub. Bagian Akademik. 7. Memberi paraf surat-surat/dokumen yang diproses pada Sub. Bagian Akademik.

281100 KAUR RECORDING & PERKULIAHAN/ JADWAL 1. Definisi Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Akademik. Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan recording dan perkuliahan Fakultas. 2. Uraian Tugas 1. Melayani mahasiswa pada waktu pengisian Kartu Rencana Studi setiap awal semester : a) Mempersiapkan daftar kode matakuliah. b) Mengaktifkan komputer yang akan digunakan. c) Mengatur pengisian KRS sesuai jadwal yang ditentukan. d) Membantu mahasiswa yang kesulitan memprogram KRS. e) Menata KRS yang telah diproses sesuai jurusan/program studi. f) Merekap jumlah pengisian KRS. g) Menyampaikan blanko KRS yang telah diproses pada Kepala Sub. Bagian Akademik. 2. Memasukkan data KRS bagi para mahasiswa yang bermasalah. 3. Memberikan informasi jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pada urusan perkuliahan/ujian semester : a) Mencetak peserta riel masing-masing kuliah, sesuai jurusan/program studi. b) Menyampaikan print-out peserta riel pada Urusan Perkuliahan. 4. Membuat laporan mahasiswa yang aktif mengikuti perkuliahan setiap semester berdasarkan KRS yang diprogramkan pada Kasubbag Akademik.
26 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

5. Memasukkan nilai ujian komprehensive, pendadaran , judul skripsi dan tanggal lulus dari urusan jurusan/program studi : a) Memasukkan semua nilai pada program komputer. b) Memasukkan data judul skripsi/PKN dan tanggal lulusnya sesuai laporan Urusan Evaluasi. c) Mencetak hasil pemasukan nilai untuk diverifikasi pada Kepala Sub. Bagian akademik. 6. Memasukkan nilai ujian akhir semester, baik semester reguler ataupun semester pendek. 7. Mengarsipkan dengan baik setiap nilai akhir semester, sesuai dengan jurusan/program studi : a) Mengkopi setiap nilai yang ada sebanyak 2 lembar (1 untuk arsip staf jurusan/program studi, 1 untuk diumumkan). b) Membuat daftar masing-masing-nilai untuk jurusan/program studi. c) Membendel nilai yang telah lengkap setiap akhir semester sesuai jurusan/program studi . 8. Mengkopi data setiap akhir semester pada CD sebanyak 3 buah (1 untuk jurusan, 1 untuk PD I dan 1 untuk back-up). 9. Melakukan pembatalan matakuliah yang ditempuh mahasiswa, sesuai kalender akademik atau kelebihan sks atas ijin Ketua Jurusan/Program Studi dari Kasubbag Akademik : a) Memproses pada komputer untuk pembatalan matakuliah. b) Menyimpan dengan baik bukti pembatalan matakuliah. c) Memusnahkan bukti pembatalan matakuliah setelah pencetakan KHS. 10. Memperbaiki biodata mahasiswa yang belum lengkap. 11. Mencetak KRS bagi mahasiswa yang kehilangan KRS pada waktu ujian akhir semester atas perintah Kasubbag. Akademik : a) Menyiapkan kontinus form 1 ply dan pita komputer. b) Mencetak KRS bagi mahasiswa yang kehilangan atas perintah Kasubbag. Akademik. c) Menyampaikan cetakan KRS tersebut pada Kasubbag. Akademik. 12. Mencetak presensi kuliah, UTS, UAS untuk semester reguler dan semester pendek dibantu Staf Akademik.

27 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

13. Mencetak KHS setiap akhir semester (reguler atau pendek), dan transkrip akademik mahasiswa beserta Staf Akademik : a) Menyiapkan formulir yang diperlukan untuk cetak transkrip akademik. b) Mencetak transkrip akademik atas perintah Kasubbag Akademik disesuaikan jurusan/program studinya. c) Menyampaikan cetakan transkrip pada Kasubbag. Akademik. 14. Menyusun laporan jumlah sks yang ditempuh mahasiswa dan IPK yang diperoleh setiap akhir semester dalam suatu table untuk masing-masing jurusan/program studi. 15. Menyusun kebutuhan perlengkapan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan memberikan laporan bulanan pada atasan langsung. 16. Membuat surat undangan Tim Evaluator Penelitian/PPM dan dosen yang mengajukan penelitian/PPM. 17. Mengajukan dana penelitian dan PPM Keuangan. 18. Membuat surat perjanjian Penelitian/PPM dan mengirim ke LPM untuk pengesahan. 19. Membuat surat keterangan penelitian/PPM untuk dosen peneliti/PPM. 20. Mengkoordinasi penerimaan dan proses penelitian/PPM. 21. Membuat berita acara penelitian/PPM masing-masing penelitian/PPM. 22. Mengkoordinasi tugas staf administrasi dan pencatatan hasil penelitian/ PPM masing-masing jurusan. 23. Membuat rekapitulasi laporan Penelitian/PPM untuk setiap dosen/jurusan. 24. Membantu menyusun draf jadwal perkuliahan dari Jurusan/Program Studi disesuaikan Buku Pedoman Fakultas dan dikonsultasikan dengan sesuai proposal ke Sub. Bagian

Jurusan/Program Studi (termasuk bila ada semester pendek), serta diketahui Kepala Sub. Bagian Akademik : a) Menghimpun konsep matakuliah dan nama-nama Dosen dari jurusan dan diarsip. b) Menyusun jadwal kuliah disesuaikan permintaan jurusan untuk disahkan jurusan/program studi pada program komputer ataupun manual. c) Membuat draf surat pengantar jadwal perkuliahan kepada Pembantu Dekan I.
28 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

29 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 28. d) Menyampaikan langsung pada mahasiswa di ruang kuliah bila ada pembatalan kuliah. Mengkoordinasi pemakaian/permintaan sarana dan prasarana perkuliahan seperti ruang kuliah. 29. Mempersiapkan map presensi perkuliahan sebanyak dosen yang mengasuh matakuliah tersebut. 26. Membuat laporan kehadiran dosen setiap minggu. b) Menggandakan daftar hadir dosen dan memasukkan dalam map presensi. c) Memasukkan presensi mahasiswa sesuai dosen pengasuhnya. e) Pengecekan atas pengiriman jadwal kuliah apa sudah diterima dosen. c) Melepas pengumuman perubahan kuliah yang telah lewat waktu dan dibersihkan. d) Memeriksa dan memberi tanda untuk presensi mahasiswa yang tidak aktif. b) Memasukkan ke komputer kehadiran dosen. OHP. Wereless dibantu staf pelayanan kelas. melalui program komputer yang tersedia atau bila ada gangguan program dilakukan secara manual : a) Membuat rekap kehadiran/ketidak hadiran dosen setiap jam perkuliahan bila lampu padam. seperti perubahan jadwal perkuliahan pada mahasiswa dan melaporkan pada atasan langsung : a) Menulis pengumuman perubahan perkuliahan dari dosen. spidol. 27. b) Menempelkan pengumuman perubahan perkuliahan pada tempat yang disediakan. Mengumumkan jadwal kuliah yang telah ditetapkan oleh Pembantu Dekan I. e) Mencetak presensi yang telah habis dan memasukkan dalam map. 25. bulan dan akhir semester pada Ketua Jurusan/Program Studi dan Pembantu Dekan I. dibantu staf pelayanan kelas: a) Menyiapkan map presensi sesuai lokasi ruang kuliah. sesuai petunjuk pemakaian. Memelihara peralatan perkuliahan yang dimiliki dan melaporkan bila terjadi kerusakan pada atasan langsung. Mengkoordinasi pengumuman-pengumuman. ATK. 30.d) Pengiriman jadwal kuliah satu minggu sebelum masa perkuliahan dimulai.

32. Menyusun draf jadwal ujian akhir semester. c) Menyampaikan jadwal UAS pada semua tenaga pengajar dan bagian yang terkait. Akademik : a) Membuat draf UAS satu bulan sebelum perkuliahan berakhir. triwulan atau semester. dosen dan asisten dosen untuk setiap matakuliah hingga akhir semester (jangan sampai kehabisan formulir absen). Mengajukan permohonan kebutuhan perlengkapan . Bagian Pendidikan untuk keperluan sehari-hari. b) Mengajukan permintaan ATK setelah disetujui/diketahui Kasubbag Akademik. jangan sampai kehabisan stock. 31. perkuliahan dan ujian semester dan disetujui Kasubbag. c) Menerima ATK dari Bagian Perlengkapan dan diperiksa kebenaran-nya. disesuaikan dengan kalender akademik atas dasar jadwal kuliah sebelumnya. dikonsultasikan pada Kasubbag. ATK untuk keperluan Sub. 34. Mengumumkan jadwal ujian akhir semester dan memberitahukan pada seluruh dosen. e) Mencetak kehadiran dosen pada komputer setiap minggu. d) Mengalokasikan keperluan ATK pada unit yang menggunakan sesuai rencana. 33.c) Memindahkan jadwal kuliah dosen pada program komputer bila terjadi pindah jam kuliah. 35. Memeriksa. bulanan. sesuai kalender akademik Universitas (termasuk bila ada semester pendek). Mengarsipkan dengan baik presensi perkuliahan. e) Memantau ATK. Kelengkapan presensi mahasiswa. d) Menambahkan jadwal kuliah dosen pada program komputer bila ada tambahan kuliah. dilampiri data dukung : a) Membuat data dukung permintaan ATK untuk UTS. Mengatur dan mengkoordinasi petugas pelayanan kelas yang melayani perkuliahan mulai pagi hingga malam hari. melayani dosen yang memerlukan presensi perkuliahan untuk bahan penilaian ujian akhir 30 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . b) Menyampaikan draf UAS pada Pembantu Dekan I untuk disahkan. UAS. 36. Akademik.

presensi sesuai . 43.semester dan membuat daftar laporan secara periodik kehadiran dosen honorarium/laporan ke jurusan : a) Menyiapkan ordner sesuai dengan jenis arsip yang akan disimpan. c) Menyampaikan pada pelaksana masing-masing jurusan/program studi di bawah Kasubbag. Memasukkan semua nilai pada program komputer dari jurusan/program studi. Kertas Garis DF. Melakukan fotocopi semua nilai ujian akhir semester. 37. 3. 2. Akademik. Membuat surat pemberitahuan pada instansi terkait dalam penugasan dosen luar biasa yang ditandatangani Pembantu Dekan I. b) Membuat laporan penggunaan ATK (spidol. Membuat laporan dosen yang sering pindah kuliah. Membantu pengetikan jadwal SATGAS ujian akhir semester dari Koordinasi Satgas. c) Membendel arsip-arsip jurusan/program studi. 38. d) Membuat laporan dosen yang belum mengajar pada minggu I s/d II e) Membuat laporan kehadiran dosen pada bulan ketiga dan bulan terakhir untuk honorarium. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung : a) Membuat laporan kehadiran dosen. 42. 31 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya untuk soal-soal ujian. dll). mencetak presensi. Melaksanakan fotocopy untuk keperluan administrasi pendidikan. 41. diketahui dan melaporkan Kepala Sub. Melayani KRS bagi mahasiswa baru untuk matakuliah paket setiap awal semester ganjil : a) Menyiapkan formulir isian KRS paket bagi mahasiswa baru. 4. Menyimpan nilai asli dari masing-masing jurusan/program studi. b) Membagi pada para mahasiswa baru dengan tanda bukti. asisten dosen dari data komputer. ujian akhir semester. 3. 39. KHS dan Transkrip. Bagian Akademik. Batas Kewenangan 1. Mempersiapkan blanko-blanko yang diperlukan untuk pengumumanpengumuman yang berkaitan dengan perkuliahan. CD. 40. Melayani proses pengisian KRS. b) Menata arsip secara tertib berdasarkan jenis arsip (dapat dibendel). c) Membuat laporan aktifitas staf pelayanan kelas setiap bulan.

Bertanggung jawab atas semua perlengkapan sesuai bidang tugasnya (OHP. Mengumumkan perubahan jadwal kuliah setelah disetujui Kajur/Kaprog atau Pembantu Dekan I. 6. 2. 281110 STAF RECORDING 1. 8. a) Mempersiapkan daftar kode matakuliah.5. Definisi Staf Recording & Perkuliahan/ Jadwal adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal. Komputer dan lain-lain). Staf Recording & Perkuliahan/ Jadwal bertugas membantu Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan recording dan perkuliahan Fakultas. Menyusun dan mengumumkan jadwal kuliah/ujian semester yang ditentukan jurusan/program studi. d) Menata KRS yang telah diproses sesuai jurusan/program studi. Bagian Akademik. 2. Membukukan dana BPP dari dana Penelitian/PPM. Memback-up nilai dalam bentuk CD per semester. e) Menyampaikan blanko KRS yang telah diproses pada Kepala Sub. Membantu memasukkan data KRS bagi para mahasiswa yang bermasalah. Uraian Tugas 1. b) Mengatur pengisian KRS sesuai jadwal yang ditentukan. Menentukan jadwal petugas pelayanan kelas dan kebersihan kelas. LCG. c) Membantu mahasiswa yang kesulitan memprogram KRS. 12. Melayani pengajuan dana Penelitian/PPM dari setiap dosen ke Bagian Keuangan. Mengambil dana penelitian/PPM di Universitas. 7. 9. Wereless. 32 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Melayani mahasiswa pada waktu pengisian Kartu Rencana Studi setiap awal semester sesuai jadwal yang ditentukan Kepala Urusan Recording. 10. 11.

UTS. sesuai kalender akademik atau kelebihan sks atas ijin Ketua Jurusan/Program Studi dari Kasubbag Akademik : 1. 4. Memusnahkan bukti pembatalan matakuliah yang berasal dari mahasiswa setelah KHS dicetak. dan transkrip akademik mahasiswa beserta Staf Administrasi Akademik : 33 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Menyimpan bukti pembatalan yang berasal dari mahasiswa. sedang yang disetujui Jurusan/Program Studi diserahkan ke Staf Administrasi Akademik. Sub. 5. c) Melaksanakan tugas fotocopy dari Kepala Urusan Recording. Mencetak jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pada Urusan Perkuliahan/Ujin Semester. Mencetak presensi kuliah. disetujui 2 bendel (1 bendel untuk arsip. b) Memasukkan data judul skripsi/PKN dan tanggal lulusnya sesuai laporan Urusan Evaluasi. 10. UAS untuk semester reguler dan semester pendek dibantu Staf Administrasi Akademik. Mencetak KHS setiap akhir semester (reguler atau pendek). Melakukan pembatalan matakuliah yang ditempuh mahasiswa. Judul skripsi dan tanggal lulus dari urusan jurusan/program studi (semester reguler atau pendek): a) Memasukkan nilai-nilai pada program komputer. Akademik. Mencetak KRS bagi mahasiswa yang kehilangan KRS pada waktu ujian akhir semester atas perintah Kasubbag. Akademik /Kaur Program Ekstensi diumumkan). 1 bendel untuk jurusan/program studi 2. c) Mencetak hasil pemasukan nilai untuk diverifikasi oleh Staf Adm. 6. 9.3. 7. Memperbaiki biodata mahasiswa yang belum lengkap. 3. Membatalkan matakuliah yang diminta mahasiswa. a) Membuat daftar matakuliah sesuai dengan jurusan/program studi. Memasukkan nilai ujian semester. Menata arsip nilai-nilai sesuai dengan jurusan/program studi. ujian akhir studi. b) Membendel nilai berdasarkan jurusan/program studi. 8. d) Menyampaikan hasil fotocopy nilai pada Staf Adm. Bagian Akademik.

Menyiapkan dan melayani permintaan kertas CD. Kertas Garis untuk keperluan Quis. IPK setiap semester. Mencatat kehadiran Dosen. Melayani pengajuan Penelitian/PPM dari setiap dosen berdasarkan tugas yang diberikan Kepala Urusan. Membantu proses pelayanan penelitian. untuk masing-masing dosen sesuai dengan lokasi kuliah.a) Menyampaikan cetakan transkrip pada Kepala Urusan Recording Akademik untuk di paraf. 3. Definisi Staf Perkuliahan adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal. 7. 2. Menyiapkan map. 5. Staf Perkuliahan bertugas membantu Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan recording dan perkuliahan Fakultas. 34 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Uraian Tugas 1. 2. Asisten Dosen. Menyiapkan dan melayani permintaan spidol. Memasukkan presensi kehadiran Dosen. Menyiapkan dan memasang OHP dan Wereless dalam setiap ruang kuliah. UTS ataupun UAS oleh Dosen. 3. 11. Melayani proses pengisian KRS. Membantu membuat laporan dalam bentuk table yang memuat jumlah sks. Tugas. Memasukkan nilai pada program komputer. Menulis perubahan kuliah. Batas Kewenangan 1. 281120 STAF PERKULIAHAN 1. 6. PPM bagi dosen. Mahasiswa sesuai dengan matakuliah yang diasuh. penghapus untuk kuliah. menempelkan semua perubahan pada papan pengumuman dan membersihkan kembali setelah lewat waktunya. Asisten Dosen dan Mahasiswa pada program komputer atau secara manual untuk laporan bulanan dan dilaporkan pada Urusan Perkuliahan/Ujian dan membuat rekap kehadirannya. 4. Akademik melalui Staf Akademik dengan di expedisi. 2. 3. 12. b) Menyampaikan konsep transkrip pada Kasubbag.

281130 STAF RUANG BACA 1. Bertanggung jawab perlengkapan ruang kuliah dan melapor bila ada kerusakan atau lainnya. Staf Ruang Baca bertugas membantu Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di ruang baca Fakultas. 8. 2. Melaksanakan administrasi perpustakaan. Mic rusak. 3. asisten dosen atau lainnya yang memerlukan ruang dan harus dicatat. 3. 5. 9. b) Penataan buku ke rak sesuai kelompok/jenis buku 2. Wereless. 6. Batas Kewenangan 1. Melaporkan pada Urusan Perkuliahan bila peralatan seperti OHP. Bertanggung jawab terhadap peralatan kerja yang digunakan dan menyimpan dengan baik semua file dosen. asisten dan mahasiswa. Mengumumkan penemuan barang-barang yang tertinggal di kelas. Uraian Tugas 1. Batas Kewenangan 35 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Pelayanan kepada dosen dan karyawan. Penerimaan skripsi dan laporan PKN dari Sub. Pemberian kode dan nomor buku pustaka. Mencarikan ruang kelas kosong. 10. Membuat laporan perkembangan koleksi buku pustaka. 7. lampu neon putus. 3. Penerimaan koleksi buku pustaka. Bertanggung jawab atas keamanan dan perawatan koleksi buku pustaka. 11. 4. 9. Pelayanan kepada mahasiswa. Melaporkan pada Urusan Perkuliahan bila ada peminjaman ruang dan mencatat dalam buku peminjaman kelas. Definisi Staf Ruang Baca adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal. 2. Pendataan dan penataan buku-buku di ruang baca : a) Pemisahan jenis buku berdasarkan bidang studi. lewat komputer bila ada dosen. Bag Akademik/Jurusan/ Program.8.

281200 KAUR JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN 1. Definisi Kaur Jurusan Ekonomi Pembangunan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Akademik. 2. Membuat laporan perkembangan koleksi buku pustaka. 4. Staf BPSI bertugas membantu Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. Memelihara perangkat keras dan lunak yang ada di seluruh Fakultas. mengamankan dan merawat database akademik serta database yang terkait. 6. 281140 STAF BPSI 1. Mengatur. 4. 6. Mengatur. 8. Melaksanakan pendataan dan penataan buku-buku di rung baca. 5. dosen dan karyawan untuk mencari buku referensi. 7. Merancang. 3. Melaksanakan administrasi perpustakaan. mengembangkan. Kaur Jurusan 36 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Melaksanakan pemberian kode dan nomor buku pustaka. Uraian Tugas 1. Merencanakan. Melayani mahasiswa. men-setup sistem teknologi informasi Fakultas baik perangkat keras dan perangkat lunaknya. Menerima skripsi dan laporan PKN dan menandatangani tanda terima. Menerima buku pustaka yang masuk dan menandatangani tanda terima. 2. Merawat dan menjaga keamanan koleksi buku pustaka. 3. mengontrol dan memelihara sistem internet yang ada di jaringan Fakultas beserta sistem dan prosedurnya. 5. mengembangkan dan memelihara sistem administrasi akademik yang terintegrasi di Fakultas agar selalu up-to-date . Definisi Staf BPSI adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal. 2. Menyusun rencana strategis pengembangan sistem informasi Fakultas.1.

dan sarana akademik. 16. pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik 281210 STAF 1. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. Staf bertugas membantu melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik di Jurusan Ekonomi Pembangunan. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. 9. 8. praktikum. 2. Mengumpulkan dokumen-dokumen. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan jurusan. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan. 37 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Uraian Tugas 1. Membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. 14. Melakukan administrasi perkuliahan. penelitian.Ekonomi Pembangunan bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik di Jurusan Ekonomi Pembangunan. pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. 11. 2. 15. Membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. 13. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan jurusan. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. Definisi Staf adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Ekonomi Pembangunan. 10. Mengkoordinasi mahasiswa. Uraian Tugas 7. 12.

pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. penelitian. pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Uraian Tugas Pembantu Umum Pantauan KRT bertugas membantu seluruh kegiatan staf secara umum di Jurusan Ekonomi Pembangunan. 7. dan sarana akademik. 2.2. 9. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. 6. 5. Mengumpulkan dokumen-dokumen di bidang pendidikan. praktikum. Membantu pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik mahasiswa. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan jurusan. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum. 8. Membantu pelaksanaan administrasi perkuliahan. Definisi Pembantu Umum Pantauan KRT adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Ekonomi Pembangunan Pembantu Umum Pantauan KRT bertugas membantu Kaur Jurusan Ekonomi Pembangunan melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. 3. Membantu pelaksanaan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan jurusan. 281220 PEMBANTU UMUM PANTAUAN KRT 1. 281300 KAUR JURUSAN MANAJEMEN 1. 4. 10. Definisi Kaur Jurusan Manajemen adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung 38 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .

Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. Staf bertugas membantu melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik di Jurusan Manajemen. Membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. 9. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik 281310 STAF 1. Definisi Staf adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Manajemen. Mengumpulkan dokumen-dokumen. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan jurusan. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Uraian Tugas 1. 10. 39 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 6. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. 4. 2. Uraian Tugas 1. 2. Melakukan administrasi perkuliahan. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan jurusan. praktikum. 7. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. 5. Membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. Mengkoordinasi mahasiswa.kepada Kasubbag Akademik. dan sarana akademik. penelitian. 3. 2. pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. Kaur Jurusan Manajemen bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik di Jurusan Manajemen. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan. 8.

5. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. 281400 KAUR JURUSAN AKUNTANSI 1. 2. Membantu pelaksanaan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan jurusan. 10. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. Membantu pelaksanaan administrasi perkuliahan. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. 8. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum. 4. 9. Uraian Tugas Pembantu Umum Pantauan KRT bertugas membantu seluruh kegiatan staf secara umum di Jurusan Manajemen. Pembantu Umum Pantauan KRT bertugas membantu Kaur Jurusan Manajemen melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. 7. Mengumpulkan dokumen-dokumen di bidang pendidikan. Definisi Pembantu Umum Pantauan KRT adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Manajemen. Definisi Kaur Jurusan Akuntansi adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung 40 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .2. Membantu pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik mahasiswa. dan sarana akademik. pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. 6. praktikum. 3. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan jurusan. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. penelitian. 281320 PEMBANTU UMUM PANTAUAN KRT 1. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan.

pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan.kepada Kasubbag Akademik. 10. 4. dan sarana akademik. pengabdian kepada masyarakat dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. 7. 2. 2. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan. Membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Melakukan administrasi perkuliahan. 2. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. 5. Kaur Jurusan Akuntansi bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik di Jurusan Akuntansi. praktikum. penelitian. Uraian Tugas 1. Mengumpulkan dokumen-dokumen. 9. Definisi Staf adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Akuntansi. 3. 8. Staf bertugas membantu melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik di Jurusan Akuntansi. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan jurusan. pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik 281410 STAF 1. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan jurusan. 41 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 6. Membantu Jurusan/Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. Membantu pimpinan dalam pembuatan draf aturan dibidang pendidikan. Mengkoordinasi mahasiswa. Uraian Tugas 1.

281420 PEMBANTU UMUM PANTAUAN KRT 1. 42 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . ujian tengah semester dan ujian akhir semester yang telah ditentukan oleh Ketua Jurusan/Program Studi. Definisi Staf PPAB adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Akuntansi. Membantu pelaksanaan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan jurusan. Membantu ketua jurusan/program studi dalam hal evaluasi studi mahasiswa setiap akhir tahun/akhir studi. Memberikan pelayanan administrasi akademik kepada mahasiswa (KRS. Transkrip. 9. 5. Membantu pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik mahasiswa. praktikum. Menghimpun dan mengklasifikasi data pencapaian target kurikulum? 7. Uraian Tugas Pembantu Umum Pantauan KRT bertugas membantu seluruh kegiatan staf secara umum di Jurusan Akuntansi. Membantu ketua jurusan/program studi dalam proses administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menggunakan DPP. Staf BPSI bertugas membantu Kaur Jurusan Akuntansi melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. 281430 STAF PPAB 1. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. KHS. 2. 4. 6. 8.2. Pembantu Umum Pantauan KRT bertugas membantu Kaur Jurusan Akuntansi melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. surat pengantar penelitian). 3. Membantu proses administrasi pelaksanaan perkuliahan. Definisi Pembantu Umum Pantauan KRT adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Akuntansi.

5.2. Melakukan pelaksanaan SPJ. Melaksanakan distribusi modul laboratorium 3. 281440 STAF PPAk 1. Definisi Staf Pojok BEJ adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Akuntansi. Mengkoordinasi honorarium Asisten Dosen Jurusan Akuntansi 281500 KAUR PROGRAM PASCASARJANA 43 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 2. Uraian Tugas 1. 281450 STAF POJOK BEJ 1. 4. Staf PPAk bertugas membantu Kaur Jurusan Akuntansi melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. Melaksanakan piket malam dan Sabtu/ Minggu. Bertugas dalam penerimaan dan pelepasan mahasiswa. Bertugas sebagai Panitia Pelatihan Pasar Modal 4. 6. Melaksanakan administrasi PPAk. 3. Melakukan plotting dosen. Melaksanakan distribusi peminjaman buku pojok BEJ 2. Mengatur pelaksanaan peminjaman buku. Melaksanakan administrasi PPAB. Definisi Staf PPAk adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Jurusan Akuntansi. 2. 3. Melakukan pelaksanaan SPJ. 2. Uraian Tugas 1. Staf Pojok BEJ bertugas membantu Kaur Jurusan Akuntansi melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan perkuliahan Fakultas. 2. Mengadakan pelatihan dan kerjasama dalam bidang : a) Penyusunan dan implementasi sistem. Uraian Tugas 1.

Mengumpulkan dokumen-dokumen. 10. 13. vakasi. uang lelah. Melakukan pengolahan keuangan. pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. perjalanan dinas. Uraian Tugas 1. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi. Definisi Kaur Program Pascasarjana adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal. 12. pembelian/pengadaan barang/jasa). mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. Melakukan pembayaran (gaji. penyimpanan. Mem-verifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya yang akan di SPJ kan. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Program Studi. honorarium. 7. uang lembur. 6. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang keuangan. 5. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung di bidang keuangan pascasarjana. pekerjaan borongan. 4. Menyusun rencana dan program kerja 2. dan Transkrip Akademik Mahasiswa. Menyusun rencana dan program kerja. 9. 2. Mengumpulkan dokumen-dokumen. mengolah dan menganalisa data di bidang keuangan. Mengkoordinasi mahasiswa.1. 44 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik . Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. 8. Mempertanggungjawabkan tugas pengelolaan dan pengawasan keuangan pascasarjana kepada atasan langsung. Kutipan Daftar Nilai. 3. pengeluaran. Kartu Hasil Studi. tunjangan. Kaur Program Pascasarjana bertugas membantu Kaur Recording & Perkuliahan/ Jadwal melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas perkuliahan Fakultas. mulai dari penerimaan. 11.

14. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. 15. Melakukan administrasi perkuliahan, praktikum, pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan, sarana akademik dan

menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. 16. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan pascasarjana. 17. Membantu Ketua Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. 18. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan. 19. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. 20. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung.

281510 STAF 1. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Program Pascasarjana. Staf bertugas membantu Kaur Program Pascasarjana membantu pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di ruang baca Fakultas. 2. Uraian Tugas 1. Menyusun rencana dan program kerja 2. Mengumpulkan dokumen-dokumen, mengolah dan menganalisa data di bidang keuangan. 3. Melakukan pengolahan keuangan, mulai dari penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. 4. Melakukan pembayaran (gaji, tunjangan, honorarium, uang lembur, uang lelah, vakasi, perjalanan dinas, pekerjaan borongan, pembelian/pengadaan barang/jasa). 5. Mem-verifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya yang akan di SPJ kan. 6. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang keuangan. 7. Mempertanggungjawabkan tugas pengelolaan dan pengawasan keuangan pascasarjana kepada atasan langsung.
45 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

8. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung di bidang keuangan pascasarjana. 9. Menyusun rencana dan program kerja. 10. Mengumpulkan dokumen-dokumen, mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. 11. Mengkoordinasi mahasiswa. 12. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi, Kutipan Daftar Nilai, dan Transkrip Akademik Mahasiswa. 13. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan, praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Program Studi. 14. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. 15. Melakukan administrasi perkuliahan, praktikum, pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan, sarana akademik dan pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik

menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. 16. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan pascasarjana. 17. Membantu Ketua Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. 18. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan. 19. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. 20. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung.

282000 KASUBBAG ADMINISTRASI UMUM & PERLENGKAPAN 1. Definisi Kasubbag Administrasi Umum & Perlengkapan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang Akademik yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bagian Tata Usaha. Kasubbag Akademik bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan akademik Fakultas. 2. Uraian Tugas
46 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

1. Melaksanakan pengelolaan surat menyurat yang meliputi : a) Pemeliharaan. b) Pemilihan berdasarkan tingkat urgensinya. c) Pencatatan pada kartu kendali. d) Pencatatan pada lembar pengantar. e) Pengiriman ke unit pengolah. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Melakukan penggandaan, penjilidan dan pengiriman. Melakukan pengarsipan dan pendokumentasian berkas. Menyusun statistik surat masuk dan keluar. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Menyusun program kerja secara periodik. Melakukan surat menyurat, pengetikan dan pengiriman sesuai tujuan. Menghimpun dan menyebarluaskan peraturan terkait dengan fakultas. Memelihara kebersihan, keindahan dan keamanan kantor, lingkungan

kantor, halaman gedung fasilitas umum dan pertamanan. 10. Pengaturan pemanfaatan kendaraan dinas fakultas. 11. Melakukan urusan administrasi hubungan masyarakat dan kerja sama. 12. Melakukan penerimaan tamu pimpinan, akomodasi dan transportasi. 13. Mengurus penyelenggaraan rapat dinas, upacara resmi dan pertemuan resmi lainnya. 14. Menyusun rencana pengadaan perlengkapan untuk keperluan dinas. 15. Melakukan penyimpanan dan pendistribusian barang ke unit kerja terkait. 16. Melakukan inventarisasi dan usul penghapusan barang perlengkapan tidak laik. 17. Menyimpan dan memelihara salinan warkat yang berhubungan dengan fakultas. 18. Menyusun laporan pelaksanaan tugas bagian untuk persiapan pimpinan. 19. Melakukan pengesahan permintaan peralatan. 3. Batas Kewenangan 1. Menilai DP-3 staf administrasi umum dan perlengkapan. 2. Merekomendasi permintaan cuti staf admninistrasi umum & perlengkapan sesuai aturan. 3. Menentukan incentive staf administrasi umum dan perlengkapan. 4. Memparaf surat surat terkait dengan ketata usahaan.
47 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

2. Bertanggung jawab pada kelancaran Administrasi pimpinan Fakultas 2. baik surat masuk maupun surat keluar 5. Mengesahkan permintaan dana rutin untuk kebutuhan operasional. 6. kerja kebersihan pertamanan dan pemeliharaan lingkungan. Definisi Kaur Kesekretariatan Dekanat adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Administrasi Umum & Perlengkapan. 282100 KAUR KESEKRETARIATAN DEKANAT 1. Uraian Tugas 48 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 7. Mengesahkan pengajuan dana untuk foto copy dinas. Menugaskan foto copy. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Kesekretariatan Dekanat. Menangani sirkulasi surat. 2. Uraian Tugas 1. Mempertanggungjawabkan tugas dan kerjanya kepada pimpinan dan atasanya 282110 STAF 1.5. 9. Menangani surat-surat dan pengadministrasianya. Staf bertugas membantu Kaur Kesekretariatan Dekanat dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di kesekretariatan dekanat Fakultas. Menugaskan sopir sesuai dengan tugas masing masing. 8. Menangani pengarsipan dan surat-surat dan dokumen penting lainya 6. baik surat keluar maupun surat masuk 4. Mengesahkan permintaan biaya pemeliharaan dan BBM bulanan. Kaur Kesekretariatan Dekanat bertugas membantu Kasubag Administrasi Umum & Perlengkapan melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas administrasi umum dan perlengkapan Fakultas. Menangani administrasi ke tata usahaan di Pimpinan Fakultas 3.

d) Menerima telepon. Mendata kebutuhan dekan . Memasukkan surat sesuai dengan masalah terkait. Menjalankan fungsi operator telepon. Kaur Administrasi Umum bertugas membantu Kasubag Administrasi Umum & Perlengkapan melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas administrasi umum dan perlengkapan Fakultas. Melakukan koordinasi dengan Subbag lain yang terkait. Melakukan penggandaan surat yang terkait dengan unit lain. 5. 11. Mencatat kegiatan rutin dekan agar tugas pimpinan lancar. 14. 2. mengajukan ke bagian terkait. Menyimpan data. Melakukan koordinasi penuh dengan Subbag umum & perlengkapan. c) Mengetik surat. Menyelengarakan pembinaan ketatausahaan khususnya pekerjaan surat menyurat yaitu : a) Pembuatan surat. 49 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Membantu pelaksanaan administrasi Pimpinan. b) Penerimaan surat. bahan rapat rutin pimpinan sesuai permasalahan. materi. Menerima telepon dan sampaikan ybs untuk kelancaran tugas. 18. Membantu pelaksanaan protokoler sesuai dengan kebutuhan . 13. 16. Uraian Tugas 1. Melayani kebutuhan rutin fakultas untuk rapat. Mengatur jadwal tamu/ rapat pimpinan dan pengaturan ruang sidang. Definisi Kaur Administrasi Umum adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Administrasi Umum & Perlengkapan. Melakukan pengelolaan surat masuk/keluar Pimpinan. 6. 8. undangan yang lain. 2. 282200 KAUR ADMINISTRASI UMUM 1. 17. Melakukan disposisi surat sesuai dengan masalahnya. 15.1. 12. 4. 10. 3. Menginformasikan instruksi pimpinan sesuai bidangnya. 7. 9. Mendistribusikan sesuai dengan disposisi. Mengelola surat masuk dekan.

Menyelenggarakan hal hal yang bersifat rahasia dari kegiatan Fakultas. Menyelenggarakan rapat rapat. 5. Membantu lancarnya pelaksanaan kegiatan ekstra (Kegiatan Dharma Wanita. 3. 282210 STAF 1. menyebarluaskan perundangan yang berhubungan dengan kegiatan fakultas. Menyusun dan melaksanakan pedoman pemberian nomor/kode surat surat dinas/dokumen. 9. Melaksanakan administrasi kearsipan fakultas sesuai ketentuan/kodifikasi. 6. 10. Menyiapkan bahan bahan rapat pimpinan yang berasal dari bagian lain. konsumsi rapat dan penunjang lain terkait. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Administrasi Umum. 2.e) Mengirim telegrap. Mempertanggung jawabkan konsumsi pengeluaran rapat. Melaksanakan pelayanan teknis/administrasi. menghimpun . kegiatan lain) 12. Menyelenggarakan pengaturan penerimaan tamu / kunjungan dari pihak luar. Menyelenggarakan tata hubungan baik internal /eksternal a) Internal yaitu membina tata hubungan kantor yang harmonis. g) Penyimpanan warkat/file. 7. 4. 11. 8. Tugas Tambahan : Secara khusus membantu lancarnya pelaksanaan tugas Dekan untuk operasional sehari-hari. Staf bertugas membantu Kaur Administrasi Umum dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di hal administrasi umum Fakultas. 2. Uraian Tugas 50 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . f) Pengiriman surat atau pendistribusian surat surat. b) Eksternal yaitu membina hubungan atau komunikasi dengan pihak luar.

8. 2. Mencatat kegiatan rutin fakultas sesuai bidangnya. 2. Mengalokasikan surat sesuai disposisi. Umum bila berhalangan hadir. Bertanggung jawab terhadap pemeliharaan perlengkapan. b) Menggantikan Kepala Urusan lain pada Subbag. dan inventarisasi asset 2. baik kegiatan rutin maupun crash program 8. 4. Mengelola surat keluar / masuk sesuai dengan penomoran agenda. Menginformasikan intruksi pimpinan secara rutin. Mencatat semua kebutuhan. Meninjau dan mengevaluasi perencanaan kerja 9. Melaporkan pada atasan langsung agar lancar pelaksanaan tugas. 3. 7. Mempertanggungjawabkan tugas dan kerjanya kepada pimpinan dan atasanya 10. Membuat laporan inventarisir asset 6. Mengkoordinasi inventarisir asset 3. Kaur Sarana dan Inventarisasi Aset bertugas membantu Kasubag Administrasi Umum & Perlengkapan melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas pengelolaan sarana dan inventarisasi aset Fakultas. Mengkoordinasikan seluruh kegiatan unit maintenance. Mengajukan permintaan pengajuan asset 5. Tugas Tambahan : a) Membantu setiap kegiatan lain yang terkait dengan lembaga. 51 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 6. Penanggung jawab seluruh aktivitas kegiatan unit maintenance 7. asset bergerak. Definisi Kaur Sarana dan Inventarisasi Aset adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Administrasi Umum & Perlengkapan. kegiatan administrasi umum. Menyiapkan bahan rapat pimpinan sesuai kebutuhan. 282300 KAUR SARANA & INVENTARISASI ASET 1. 5.1. Otorisasi setiap asset barang masuk dan keluar 4. Uraian Tugas 1. Menyampaikan langsung surat terkait pada yang bersangkutan.

ke Urusan Inventaris dengan menyerahkan catatan daftar barang. Melakukan seleksi. Menerima. mengecek. 6. Menyiapkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa yang dibutuhkan semua unit kerja. Melaksanakan pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh semua unit kerja 8. 9. mempertanggung jawabkan semua pekerjaannya kepada atasan langsung atau pimpinan.c) Melaksanakan tugas tugas pekerjaan lain yang diberikan atasan langsung atau pimpinan. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang sarana dan inventarisasi aset yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Sarana dan Inventarisasi Aset. kebenaran barang yang datang dari rekanan. 5. Memberitahukan. 282310 STAF 1. 2. Menghimpun kebutuhan semua unit kerja sebagai dasar perencanaan pengadaan. melaporkan. 7. 10. 4. Uraian Tugas 1. 13. Mengajukan permintaan dana untuk keperluan semua unit kerja. Membantu menyusun perencanaan pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh semua unit kerja. Koordinasi dengan unit kerja/keuangan untuk penyesuaian rencana kebutuhan. 12. 52 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 3. Staf bertugas membantu Kaur Sarana dan Inventarisasi Aset dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di hal pengelolaan sarana dan inventarisasi aset Fakultas. Menyerahkan semua barang-barang/jasa yang diadakan. Membuat laporan bulanan dan tahunan kepada atasan langsung. pembanding untuk pengadaan barang. Mencatat/membuat laporan semua barang-barang yang telah diadakan sebelum masuk ke gudang. Tugas Tambahan : a) Membantu setiap kegiatan lain yang terkait dengan lembaga. 2. 11.

9. 53 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Merawat dan membersihkan kendaraan dinas Dekan. c) Melaksanakan tugas tugas pekerjaan lain yang diberikan atasan langsung atau pimpinan. 14. Membantu tugas insidental seijin Dekan. Inventarisasi kendaraan dinas Dekan dalam pemeliharaan. 6. Melaporkan segala kerusakan kendaraan kepada koordinator. Tugas Tambahan : a) Koordinator pengemudi. Mengemudikan kendaraan untuk kepentingan dinas rutin. Mengemudikan kendaraan dinas Para Pembantu Dekan. Inventarisasi kendaraan dinas Para Pembantu Dekan dalam pemeliharaan. 15. 17. 18.12/LK/2002. Mentaati pada surat edaran No 0010/J10. 5.b) Menggantikan Kepala Urusan lain pada Subbag. Koordinasi tugas dengan atasan langsung. 4. 282320 STAF DRIVER 1. 11. Mengemudikan kendaraan dinas Dekan. 2. Mengantar pulang karyawan. Staf Driver bertugas membantu Kaur Sarana dan Inventarisasi Aset dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di hal pengelolaan sarana dan inventarisasi aset khususnya kendaraan dinas Fakultas.1. Menyiapkan kendaraan dinas Dekan setiap saat diperlukan. Definisi Staf Driver adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang pengelolaan kendaraan dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Sarana dan Inventarisasi Aset. Merawat dan membersihkan kendaraan dinas Para Pembantu Dekan. 12. Mengemudikan kendaraan lain atas perintah atasan langsung. Koordinasi tugas dengan atasan langsung. b) Merawat kendaraan Toyota Kijang N 9455 EC. 3. Mengemudikan kendaraan lain atas perintah atasan langsung. Umum bila berhalangan hadir. 7. 8. Uraian Tugas 1. 16. Merawat kendaraan yang menjadi tanggung jawabnya. 2. 10. 13.

Menyusun rencana dan program kerja urusan pemeliharaan gedung/ rumah tangga.KRT) adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Administrasi Umum & Perlengkapan. kerapihan. Definisi 54 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . KRT) 1. Membantu tugas insidental seijin Para Pembantu Dekan. pertamanan dan sarana lingkungan. 282410 STAF 1. Membagi tugas. memelihara kebersihan. c) Kebersihan fasilitas umum (kamar mandi. Mengatur. Kaur Lingkungan/Prasarana (dh. keindahan kenyamanan ruang kantor. melaksanakan urusan Security. Tugas Tambahan : merawat kendaraan Toyota Hard Top N 1948 EC.19. Definisi Kaur Lingkungan/Prasarana (dh. 2. Mengemudikan kendaraan lain atas perintah atasan Langsung. Mengawasi pekerjaan perusahaan jasa yang bertanggung jawab atas kebersihan (sebagai Supervisi Perusahaan Jasa Cleaning Service) antara lain: a) Kebersihan . 282400 KAUR LINGKUNGAN/ PRASARANA (dh. b) Kebersihan ruang kerja.KRT) bertugas membantu Kasubag Administrasi Umum & Perlengkapan melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas pengelolaan lingkungan/prasarana Fakultas. Koordinasi tugas dengan atasan langsung. dan lain-lain). 4. 2. 3. Menyiapkan kendaraan dinas Para Pembantu Dekan setiap saat diperlukan. Menjaga. Uraian Tugas 1. 23. halaman kantor. 20. 22. mengkoordinasikan. memberi arahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan dalam urusan pemeliharaan gedung/rumahtangga. toilet. 21. pertamanan dan sarana lingkungan. keindahan taman. 5. dan fasilitas lain.

Membagi tugas. Bertanggung jawab penuh atas keamanan sesuai unit kerja masing -masing. Membantu menyusun rencana dan program kerja urusan gedung/ rumah tangga. 4. Melakukan pengamatan tempat rawan kecurian. 2. 2.KRT) dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di hal pengelolaan lingkungan atau prasarana Fakultas. pertamanan dan sarana lingkungan. b) Kebersihan ruang kerja. 55 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Bertanggung jawab penuh atas keamanan lingkungan fakultas. toilet. memberi arahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan dalam urusan pemeliharaan gedung/rumahtangga. halaman kantor. pertamanan dan sarana lingkungan. Staf keamanan bertugas membantu Kaur Lingkungan/Prasarana (dh. melaksanakan urusan security. Mengawasi pekerjaan perusahaan jasa yang bertanggung jawab atas kebersihan (sebagai Supervisi Perusahaan Jasa Cleaning Service) antara lain: a) Kebersihan . 5.KRT) dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan kebutuhan di hal pengelolaan keamanan Fakultas. Mengatur. Staf bertugas membantu Kaur Lingkungan/Prasarana (dh. 2. keindahan kenyamanan ruang kantor. mengkoordinasikan. Uraian Tugas 1. 3. kerapihan. 2. memelihara kebersihan. 3. Uraian Tugas 1. keindahan taman. dll). dan fasilitas lain. pemeliharaan 282420 STAF KEAMANAN 1.KRT).Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang pengelolaan lingkungan/prasarana yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Lingkungan/Prasarana (dh. c) Kebersihan fasilitas umum (kamar mandi. Definisi Staf Keamanan adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang pengelolaan keamanan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Lingkungan/Prasarana (dh.KRT). Menjaga.

langkah. 4. 9. Melaksanakan tugas sesuai dengan jadwal / ketentuan / peraturan yang berlaku. Memeriksa. sarana lingkungan. 8.4. 6. Menyediakan peralatan pendukung seminar. suara yang mencurigakan. Menyediakan kebutuhan barang-barang kerumahtanggaan. 7. mencatat. penerangan dari semua ruang gedung Fakultas Ekonomi. Definisi Kaur Energi dan Telekomunikasi adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang administrasi umum dan perlengkapan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Administrasi Umum & Perlengkapan. dan atau pertemuan rutin. 2. 3. Memberikan pelayanan teknis di bidang rumah tangga. 5. 2. 8. 10. Melakukan pencatatan segala kegiatan yang dilakukan selesai jam kerja. 9. Menginventarisir peralatan peralatan yang dimiliki fakultas untuk keamanan penggunaannya. dan memintakan biaya listrik. telepon. Menulis agenda laporan kegiatan harian agar kegiatan bisa dipantau. Membuat laporan dari pelaksanaan pemeliharaan secara tertulis. Berkoordinasi dengan atasan langsung agar keamanan bisa terjamin. Melakukan koordinasi dengan atasan langsung. Kaur Energi dan Telekomunikasi bertugas membantu Kasubag Administrasi Umum & Perlengkapan melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas pengelolaan energi dan telekomunikasi Fakultas. 56 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . listrik. air dan sarana penunjang terkait. 6. Melakukan pantauan atas gerak. mengontrol kebersihan seluruh gedung fakultas. Uraian Tugas 1. sidang pertemuan rutin. Mengatur. 5. 282500 KAUR ENERGI & TELEKOMUNIKASI 1. Membuat laporan periodik pada atasan langsung dalam pelaksanaan tugas. Mengontrol pemakaian air. rapat. Mengatur penggunaan ruangan fakultas untuk penggunaan seminar. kebersihan kantor. 7.

Melaksanakan pengecekan penghentian aset. Mengatur penggunaan ruangan fakultas untuk penggunaan seminar. 6. 282510 STAF 1. listrik. Menyediakan kebutuhan barang-barang kerumahtanggaan. 2. Uraian Tugas 1. Staf bertugas membantu Kaur Energi & Telekomunikasi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan pengelolaan energi dan telekomunikasi Fakultas. kebersihan kantor. 2. rapat. Menyelesaikan kerumahtanggaan. penerangan dari semua ruang gedung Fakultas Ekonomi. 4. telepon. mencatat. 9. mengontrol kebersihan seluruh gedung fakultas. 3. Memberikan pelayanan teknis di bidang rumah tangga. Mengontrol pemakaian air. dan atau pertemuan rutin. Menyelesaikan kerumahtanggaan. Menyediakan peralatan pendukung seminar. sidang pertemuan rutin. 8. Mengatur. 5.10. pertanggung jawaban dari pengeluaran rutin 11. dan memintakan biaya listrik. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang pengelolaan keamanan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Energi & Telekomunikasi. air dan sarana penunjang terkait. 10. sarana lingkungan. 7. Membuat laporan dari pelaksanaan pemeliharaan secara tertulis. pertanggung jawaban dari pengeluaran rutin 283000 KASUBBAG KEUANGAN & KEPEGAWAIAN 57 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Menginventarisir peralatan peralatan yang dimiliki fakultas untuk keamanan penggunaannya. Memeriksa.

pengeluaran. Menyusun dan memberikan laporan secara periodik kepada KTU 10. 283100 KAUR KEPEGAWAIAN 1. Melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan anggaran. 9. Memberi paraf pada surat-surat/dokumen tentang keuangan dan kepegawaian yang akan ditandatangani atau yang akan dilegalisir oleh atasan langsung. 7. Mempersiapkan usul pemberian penghargaan pegawai. ganti uang unit kerja. 2. Melakukan verifikasi dalam hal uang persediaan unit kerja. tambah uang unit kerja. Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan keuangan dan kepegawaian Fakultas. 8. mulai dari penerimaan. 3. 5. 2. Mengesahkan/menyetujui permintaan uang/dana. uang muka. 6. Mengelola dan mengkoordinasi administrasi kepegawaian. Uraian Tugas 1. Batas Kewenangan : 1. 4. mengolah dan menganalisa data dibidang keuangan dan kepegawaian. dll. 3. penyimpanan. pembukuan dan pertanggungjawaban. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang keuangan dan kepegawaian. Menandatangani blanko permohonan kredit pegawai ke Bank/KPRI. Menyusun rencana dan program kerja sub. sebagai orang yang diberi kuasa untuk pemotongan gaji. Definisi Kaur Kepegawaian adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang kepegawaian yang berada di bawah dan bertanggung jawab 58 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Mengelola dan mengkoordinasi keuangan.1. Definisi Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang keuangan dan kepegawaian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bagian Tata Usaha. 2. Mengumpulkan dokumen-dokumen. 3. dan biaya langsung non-pegawai. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat dibidang keuangan dan kepegawaian.bagian.

Memproses pengusulan MPP/Pensiun Pegawai. Agar kenaikan jabatan/pangkat turun tepat waktu.langsung kepada Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian. b) Memproses KUM bagi tenaga Dosen : 1) Mengelompokkan KUM Pendidikan. e) Menyampaikan kepada Tim Penilai Angka Kredit. Tugas Jabatan Fungsional/ Model-C/Menduduki Jabatan/Melaksanakan Struktural : a) Melihat dari daftar perubahan kenaikan pangkat atau jabatan. 9. Memproses pengusulan pembuatan KARPEG. Memproses pangusulan kenaikan gaji berkala (KGB). Kaur Kepegawaian bertugas membantu Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas kepegawaian Fakultas. 7. 6. 2. f) Memproses berkas/bahan yang dilegalisir KTU. Dll. c) Hasilnya dikomputerisasi. g) Mengirimkan ke Personalia Kantor Pusat. 4) Mengelompokkan KUM Penunjang. Memproses pemberian cuti pegawai. 2) Mengelompokkan KUM Penelitian. 2. Memproses usul formasi pegawai. Setiap akhir tahun DUK dikirim ke Personalia Kantor Pusat. Memproses Laporan Tahunan DUK Tenaga Edukatif/Administrasi. 3) Mengelompokkan KUM Pengabdian Kepada Masyarakat. Memproses usulan mutasi kenaikan Jabatan/Pangkat Tenaga Edukatif dan Administrasi : a) Menginformasikan tenaga Edukatif/Administrasi yang sudah waktunya naik Jabatan/Pangkat. c) Menghitung besarnya KUM masing-masing kelompok. d) Memproses pengetikan. Uraian Tugas 1. 4. 8. 5. Memproses pemberian penghargaan bagi pegawai. b) Mengurutkan pangkat yang paling tinggi. Membantu pembuat Daftar Gaji tentang perubahan status PNS pada daftar gaji : 59 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 3.

60 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . d) Untuk mempermudah pencarian data-data. Untuk mengetahui sejauhmana usulan ini diproses. Bagian Akademik mengenai usulan pengangkatan dan pembuatan surat tugas mengajar bagi Dosen dan Asisten : a) Koordinasi data mengajar dengan Sub. b) Mengkonsultasikan dengan atasan langsung. Membuat usulan surat keterangan tugas belajar. Memproses data Statistik Kepegawaian : a) Mencatat data Dosen pergolongan. b) Apabila ada perbaikan segera diperbaiki. Bagian Akademik. b) Dosen Luar Biasa. 12. c) Setelah diperbaiki diproses kembali. b) Memproses surat ke Rektorat. c) Mengirimkan ke Pembuat Daftar Gaji untuk diproses ke KPN. 11. c) Mengarsipkan suratnya. Membantu Kasubbag dalam rangka koordinasi dengan Bagian Kepegawaian Kantor Pusat : a) Menanyakan usulan kenaikan Jabatan/Pangkat yang sudah diproses atau belum. 13. c) Mencatat data tenaga Administrasi PNS dan PTT. Mengadakan koordinasi dengan Sub. c) Proses Komputerasisasi. a) Mencari data-data yang tugas belajar. c) Asisten Dosen. 10. 14. d) Mengirim kepada yang bersangkutan. Memproses pembuatan Surat Tugas Mengajar : a) Dosen Tetap. Untuk memproses perubahan gaji baru.a) Dari SK Pangkat/Jabatan yang turun. b) Mengarsipkan SK. Untuk memperlancar proses pembuatan surat tugas yang ada di fakultas. d) Koordinasi dengan pembuatan surat tugas. b) Mencatat Dosen Luar Biasa pergolongan. Untuk mempermudah pencarian data-data.

Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang kepegawaian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Kepegawaian. tidak masuk/ijin/sakit/cuti. 283110 STAF 1. b) Kerjasama antar Staf. Uraian Tugas 1. 2. d) Mengirim ke Personalia Kantor Pusat. arsip KP dan FE. Staf bertugas membantu Kaur Kepegawaian dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan pengelolaan kepegawaian Fakultas. III dan IV merupakan usulan dari Fakultas diproses ke Kantor Pusat (ditandatangani Kabiro Administrasi Umum & Keuangan) dari kantor Pusat mendapat tembusan KPN yang bersangkutan. 2. 3. Mengajukan permohonan kebutuhan perlengkapan. c) Sesuai pengarahan Kasubbag. b) Memproses ke Tim Penilai Angka Kredit.15. Membantu memproses usulan mutasi kenaikan Jabatan/Pangkat bagi tenaga Edukatif : a) Menghitung KUM masing-masing kelompok. ATK dan biaya fotocopy untuk penggandaan berkas-berkas/dokumen-dokumenadminis-trasi kepegawaian. Batas Kewenangan Melaksanakan wewenang di bidang kepegawaian sebatas yang diberikan atasan langsung apabila Kasubbag. c) Memproses bahan-bahan untuk dilegalisir di KTU. Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh atasan langsung : a) Kerjasama antar Kaur. b) Untuk Gol. e) Agar kenaikan pangkat turun tepat waktu. Membantu memproses usulan KGB bagi tenaga Edukatif : a) Inventarisasi data mengenai SK kenaikan pangkat/KGB yang lalu per dua tahun sekali. 16. 61 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .

b) Proses pengetikan. e) Agar SK pensiun turun tepat waktu. b) Proses kelengkapan administrasi yang bersangkutan. 3. c) Untuk menambah jumlah penerimaan gaji per bulan dan KP-4 ini dapat dipergunakan untuk pembuatan ASKES keringanan SPP serta keperluan yang lain. 5. d) Profesor dapat diperpanjang 70 tahun dengan syarat-syarat. TASPEN. anak) yang masih menjadi tanggungannya. e) Pengarsipan. 6. Membantu dalam membuat laporan tahunan tentang DUK/DP-3/ Model-C/Menduduki Jabatan/Melaksanakan Tugas bagi tenaga Edukatif : a) Koordinasi dengan Kaur. f) Untuk memenuhi hak pegawai dan memberikan pelayanan kesra pegawai. 7. ASKES. b) Memproses usulan. 62 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . d) Menerima dan mendistribusikan. IV pensiun usia 65 tahun. c) Gol. III usia prnsiun 56 tahun. Membantu Proses Surat Tugas Mengajar : a) Dosen Tetap. Membantu memproses usulan KARPEG. untuk persiapan usulan masa pensiun.c) Untuk kelancaran kenaikan pangkat. c) Asisten Dosen. c) Mengirimkan usulan. Isteri. 4. d) Pengiriman ke Personalia Kantor Pusat Unibraw. a) Inventaris PNS berhak mendapatkan tunjangan keluarga (Suami. KARSU bagi tenaga Edukatif : a) Mendata. e) Mengarsipkan copy data pada file masing-masing pegawai. KARIS. c) Penandatanganan pejabat penilai. b) Dosen Luar Biasa. Memproses KP-4 (Model-C) tenaga Edukatif. Membantu memproses MPP/Pensiun Tenaga Edukatif : a) Inventarisasi usia PNS. KARIN. b) Gol.

e) Agar kenaikan pengkat turun tepat waktu. b) Memproses kenaikan pangkat tenaga administrasi sesuai dengan tmt masing-masing. TASPEN. Membantu memproses usulan kenaikan Jabatan/Pangkat bagi Administrasi : a) Memproses bahan-bahan untuk dilegalisisr di KTU. Membantu proses usulan KARPEG. Membantu membuat laporan tahunan tentang DUK/DP-3/Modeltenaga C/Menduduki Jabatan/Melaksanakan Tugas bagi tenaga Administrasi : a) Koordinasi dengan Kaur. Memfotocopy berkas-berkas yang diperlukan untuk pengusulan kenaikan Jabatan/Pangkat tenaga Edukatif/Administrasi. KARIS. Memproses usulan KGB tenaga Administrasi : a) Inventarisasi data mengenai SK Kenaikan Pangkat/KGB yang lalu per dua tahun sekali. 11. 9. bila ada usulan tersebut yang perlu direvisi. II dapat diproses langsung (ditandatangani oleh Dekan). d) Pengiriman ke Personalia Kantor Pusat. c) Untuk Gol. b) Untuk pegawai Gol. KARIN. Mengambil SK kenaikan Jabatan/Pangkat tenaga Edukatif/Administrasi ke Personalia Kantor Pusat. 12.] e) Pengarsipan. 15. b) Proses pengetikan. 10. d) Pengusulan ke Personalia kantor Pusat Unibraw. Mengambil usulan kenaikan Jabatan/Pangkat tenaga Edukatif ke Personalia Kantor Pusat. I. Mengirimkan berkas-berkas usulan kenaikan Jabatan/Pangkat tenaga Edukatif/Administrasi ke Personalia Kantor Pusat. Umum & Keuangan Unibraw) dari Kantor Pusat mendapat tembusan KPN yang bersangkutan. ASKES. c) Informasi bagi yang bersangkutan tentang kelengkapan administrasi. III dan IV merupakan usulan dari Fakultas kemudian diproses ke Kantor Pusat (ditandatangani oleh Kabiro Adm. 13. arsip Kantor Pusat dan Fakultas.8. KARSU bagi tenaga Administrasi : 63 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 14. c) Penandatanganan pejabat penilai.

Membantu memproses pemberian beasiswa bagi putra/putri pegawai administrasi. 19. f) Untuk memenuhi hak pegawai dan memberikan pelayanan kesra pegawai. 20. d) Agar kehadiran pegawai tertib. 16. c) Untuk menambah jumlah penerimaan gaji perbulan dan KP-4 ini dapat dipergunakan untuk pembuatan ASKES keringanan SPP serta keperluan yang lain. c) Mengumpulkan/mengarsip kartu yang telah digunakan. a) Menulis nama dan nomor pegawai pada kartu. 21. Anak). Menyiapkan kartu kehadiran pegawai. d) Agar SK pensiun turun tepat waktu. Membantu memproses pemberian cuti bagi pegawai administrasi. b) Usia 55 tahun masa persiapan pensiun (MPP). Isteri. Memproses usulan pensiun tenaga Administrasi : a) Inventaris usia PNS untuk persiapan usulan masa pensiun. 22. Membantu memproses pemberian penghargaan bagi pegawai adminis-trasi. 17.a) Mendata. c) Mempersiapkan surat perjanjian kontrak kerja. d) Penandatanganan kontrak kerja. c) Usia 56 tahun Pensiun. Mempersiapkan kontrak kerja tenaga PTT : a) Mendata PTT yang akan dikontrak. b) Kontrak kerja maximum 1 tahun. d) Menerima dan mendistribusikan. b) Proses kelengkapan administrasi dengan yang bersangkutan. 64 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . e) Mengarsip. Memproses KP-4 (Model-C) tenaga Administrasi : a) Inventaris PNS yang berhak mendapatkan tunjangan keluarga (Suami. yang masih menjadi tangggungannya. c) Mengirimkan usulan. 18. e) Mengarsipkan copy data pada file masing-masing pegawai. b) Mengatur kartu dekat dengan mesin kartu (Time Record). b) Memperoses usulan.

Menghubungi/mengingatkan kepada Tim Angka Kredit untuk pelaksanaan sidang angka kredit. Membantu memproses formasi pegawai bagi tenaga administrasi. 25. Definisi Kaur Keuangan adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian. Kasubbag. Membantu memproses perekrutan tenaga PTT. b) Sesuai pengarahan Kasubbag. b) Mengeluarkan dana kemahasiswaan sesuai Acc. 29.23. Menerima dropping dana dari Universitas : a) Mencatat tanggal dan jumlah penerimaan. c) Membuka menutup serta mengamankan kunci brankas. 65 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya sesuai . c) Mengeluarkan dana Penelitian/Pengabdian Kepada Masyarakat Acc Kasubbag. Kaur Keuangan bertugas membantu Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas keuangan Fakultas. disamping sudah memberikan undangan kepada ybs. Memproses surat-surat dinas yang diperlukan. Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh atasan langsung : a) Koordinasi dengan Kaur. 26. 3. Uraian Tugas 1. 28. kemudian melimpahkan kepada pengirim surat. Memintakan paraf/tanda tangan ke Pimpinan surat-surat/berkas-berkas. 24. Kasubbag. Mengeluarkan/membayarkan dana sesuai dengan persetujuan Kasubbag. 2. untuk segera melengkapi persyaratannya. Batas Kewenangan Melaksanakan kewenangan sebatas yang diberikan oleh Kaur. b) Menyimpan dalam Brankas. : a) Mengeluarkan permintaan dana dari Bagian Pengadaan/Perlengkapan/ Kerumahtanggaan/barang-barang lain sesuai Acc. Menghubungi via telepon kepada tenaga Edukatif/Administrasi yang akan pensiun. 2. apabila Kaur tidak masuk/ijin/sakit/cuti. 283200 KAUR KEUANGAN 1. 27.

6. Merekap potongan-potongan honorarium seluruh Dosen/Karyawa termasuk potongan pajak. 66 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c) Honorarium kepanitiaan-kepanitiaan. 9. c) Menyiapkan dana sesuai kuitansi yang telah di Acc. 5. 4. Membuat daftar-daftar honorarium/uang lelah/lembur. g) Uang lelah/uang lembur/uang kesejahteraan. Melaporkan saldo dana setiap akhir bulan. d) Memasukkan dalam amplop. dan lain-lain : a) Daftar yang telah dibuatkan dimintakan Acc. b) Honorarium rutin/incentive bagi dosen/karyawan. d) Potongan-potongan lain yang bersifat insidentil 7. c) Menghitung uang honorarium dari Bank. b) Menandatangani Surat Permintaan Pembayaran (SPP). d) Menyimpan sebelum dibagikan. Kasubbag. c) Potongan KORPRI/Dharma Wanita/Kematian. b) Potongan dari KPRI. Membantu Kaur dalam melakukan persiapan pembayaran honorarium : a) Melakukan pemotongan honorarium b) Melakukan pencatatan pada amplop honorarium. Menyimpan saldo dana dalam brankas. e) Honorarium pemeriksa ujian/pembimbing akademik. f) Honorarium pembimbing dan penguji skripsi. Kasubbag. a) Potongan dari Bank. 10. d) Honorarium mengajar. Menulis amplop honorarium: a) Menyiapkan amplop honorarium. Menyiapkan dan melayani pembayaran : a) Honorarium bagi Dosen/tenaga administrasi.3. dll. 8. b) Membuat kuitansi atas daftar-daftar honorarium-honorarium tersebut. b) Menulis nilai uang pada amplop honorarium. Pembukuan (masing-masing sub-unit) : a) Membuat Surat Permintaan Pembayaran (SPP). c) Memasukkan uang dalam amplop. e) Melayani pembayaran honorarium.

3. Membantu Atasan Langsung dalam membuat Rencana Anggaran setiap tahun Anggaran : a) Membantu mencari data jumlah mahasiswa untuk perencanaan penerimaan fakultas selama 1 (satu) tahun anggaran. h) Membuat SPTB. 3. e) Mengajukan SPP beserta dokumen pendukung kepada Kasubbag Keuangan.c) Membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTM) apabila PPTK melaksanakan kegiatan. l) Menandatangani laporan pertanggung jawaban bulanan sub unit. 283210 KASIR & STAF KEUANGAN 1. m) Mencatat di Buku Kas Umum Pengeluaran. Mengeluarkan uang sesuai persetujuan Kasubbag. j) Menyerahkan SPTB dan dokumen pertanggung jawaban ke bagian verifikasi SPJ. i) Mengumpulkan dokumen pertanggung jawaban apabila PPTK melaksanakan kegiatan. f) Mencatat SPP di Register SPP. d) Menyediakan SPTM kepada pelaksana lain selain PPTK. Kasir dan Staf Keuangan bertugas membantu Kaur Keuangan dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan pengelolaan keuangan Fakultas. 2. 67 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . n) Mengumpulkan dan menyimpan dokumen-dokumen di bidang keuangan. Definisi Kasir dan Staf Keuangan adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Keuangan. Batas Kewenangan 1. Menyimpang uang dalam brankas. g) Menerima dokumen pertanggung jawaban dari pelaksana lain selain PPTK. Uraian Tugas 1. Membawa kunci brankas serta membuka dan menutup brankas. k) Membuat laporan pertanggung jawaban bulanan sub unit. 2.

5. Membuat pengajuan Anggaran setiap bulan : a) Memperoses surat pengajuan. Membuat laporan pertanggungjawaban (SPJ) : a) Memproses kuitansi beserta data dukungnya. 3. d) Mengumpulkan lainnya). Melakukan pembukuan administrasi : a) Mencatat penerimaan dan pengeluaran uang. 2.Ph. III & IV dipungut pajak P. b) Merekap kuitansi. e) Membantu mengalokasikan anggaran sesuai dengan jenis-jenis kegiatan. Ps. 6. Ps. Melakukan pungutan pajak atas Dana : a) Honorarium-honorarium yang diberikan kepada Gol. d) Membantu mengalokasikan anggaran sesuai dengan Mata Anggaran Penggunaan (MAP). b) Menerima dropping dana dari Universitas.Ph. c) Membantu menghitung jumlah kebutuhan yang harus dibayarkan untuk perencanaan belanja fakultas. c) Menyimpan arsip kuitansi/dokumen/berkas-berkas pendukung dalam Ordner.b) Membantu menginventarisir kebutuhan induk berbagai jenis kegiatan yang akan dilakukan fakultas.Ph.000 rupiah dipungut PPN 10% P. 4. b) Pengiriman surat pengajuan. c) Membayarkan pajak. c) Menyerahkan kepada kasir untuk disimpan. Ps. e) Mengirimkan kepada Bendahara Kantor Pusat. b) Mencatat penerimaan dan penyetoran pajak. Melakukan pengelolaan Dana : a) Membuat alokasi dana sesuai perencanaan (per MAP). 23 = 6 %.22 = 1½ % c) Untuk sewa gedung/ruang/taman/kendaraan dipungut P. 68 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya surat pertanggungjawaban (kuitansi/berkas-berkas . d) Membendel SPJ. 21 = 15 % b) Untuk pembelian pengadaan barang/jasa seharga > 500.

b) Mencatat saldo setiap bulan. 69 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 13. Memberikan pelayanan kepada Dosen/Karyawan yang akan mengambil gaji/honorarium/uang lelah/hr. Keuangan. Mengajukan permohonan kebutuhan biaya fotocopy untuk penggandaan berkas-berkas administrasi keuangan. Menyimpan dan mencatat dana-dana Non-SPP yang langsung dibayarkan pada Subbag. 9. 8. dll. 21. mencatat dan menghitung pungutan pajak yang akan dibayarkan ke Bank. 20. Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh Atasan Langsung : a) Koordinasi dengan Kaur. 10. Mengeluarkan. lembur.7. Memberikan pelayanan kepada Mahasiswa yang meminta tanda pelunasan SPP atau tanda pelunasan pembayaran lain-lain. Menandatangani/memberi tanda pengesahan pada kuitansi sebagai surat pertanggungjawaban keuangan (SPJ) : a) Kuitansi masing-masing rangkap 5 lembar. Memberikan pelayanan kepada Mahasiswa yang akan membayar Transkrip/Legalisir Ijazah/Wisuda/KKN/Ujian. Melakukan pencatatan dalam Buku Harian dana : a) Pencatatan dilakukan setiap hari sesuai tanggal penerimaan dan pengeluaran uang. mencatat dan menyimpan pungutan pajak dari Kasir yang belum dibayarkan ke Bank. c) Sesuai pengarahan Kasubbag. Memproses pemberian kesejahteraan bagi pegawai berupa : pembelian kado yang melangsungkan pernikahan atau kelahiran putra I. Menerima. 19. 17. Membantu proses penulisan amplop-amplop honorarium. 12. 14. Membantu pelaksanaan administrasi pembayaran SPP mahasiswa. 15. b) Daftar-daftar penerimaan Hr/Uang lelah/dll masing-masing rangkap 5 c) Meminta pengesahan Atasan Langsung. 11. 16. Membantu proses penghitungan dan memasukkan uang dalam amplop. 18. b) Kerjasama antar staf. Mengarsip secara teratur kuitansi-kuitansi pembayaran dan Non-SPP yang dibayarkan melalui Bank. dll.

d) Agar proses SPJ dapat berjalan dengan lancar. 24. Membantu Kaur melaksanakan administrasi SPP mahasiswa : a) Membantu pelaksanaan pembayaran SPP mahasiswa pada saat herregestrasi mahasiswa tiap semester. dll. 70 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c) Sesuai pengarahan Kasubbag. e) Memberi tanda lunas pembayaran SPP mahasiswa. SE. c) Membantu menyimpan/mengarsip dokumen. b) Kerjasama antar staf. d) Melakukan pencatatan SPP mahasiswa tiap semester. c) Menulis nama masing-masing mahasiswa dalam Buku Bantu. Membantu mengambil/menyetor uang di Bank dan Kantor Pusat : a) Cek dari Kantor Pusat diuangkan di Bank. Membantu memberikan pelayanan kepada mahasiswa yang akan membayar Legalisir Ijazah/Transkrip/Wisuda/Ujian.).22. 29. MM. b) Mengambil uang dari Kantor Pusat berupa uang tunai. b) Penyetempelan kuitansi. 23. b) Membantu proses pelayanan/pendistribusian. g) Agar tertib administrasi pembayaran SPP mahasiswa tercatat. 25. b) Membuat Buku Bantu Pembayaran SPP per angkatan. d) Agar penerimaan dana fakultas berjalan lancar. Melaksanakan pekerjaan yang diberikan oleh atasan langsung : a) Koordinasi dengan Kaur. Memproses pemberian bantuan musibah bagi pegawai. f) Membantu proses penundaan pembayaran SPP mahasiswa. Membantu dalam proses SPJ : a) Pengetikan kuitansi pada mesin ketik manual.. 28. c) Setoran uang Non-SPP ke Bank. c) Pemberian nomor kuitansi. Membantu pemrosesan pengajuan uang santunan kematian KORPRI : a) Mengajukan uang santunan kematian dengan pengantar surat dari petugas wakil fakultas (Bapak Kastolani. 26. 27. Membantu Kaur melaksanakan administrasi Dana Rutin : a) Membantu proses pengetikan.

f) Menyimpan dalam Brankas. 35. Membuat daftar-daftar honorarium/uang lelah/lembur. : a) Mengeluarkan permintaan dana dari Bagian Pengadaan/Perlengkapan/ Kerumahtanggaan/barang-barang lain sesuai Acc. f) Honorarium pembimbing dan penguji skripsi. 33. g) Uang lelah/uang lembur/uang kesejahteraan. 34. b) Mengeluarkan dana kemahasiswaan sesuai Acc. Menyiapkan dan melayani pembayaran : a) Honorarium bagi Dosen/tenaga administrasi. c) Sesuai pengarahan Kasubbag. c) Menyiapkan dana sesuai kuitansi yang telah di Acc. Kasubbag. e) Honorarium pemeriksa ujian/pembimbing akademik. b) Kerjassama antar staf.30. 31. Kasubbag. Kasubbag. Membantu Kaur dalam melakukan persiapan pembayaran honorarium : a) Melakukan pemotongan honorarium b) Melakukan pencatatan pada amplop honorarium. c) Mengeluarkan dana Penelitian/Pengabdian Kepada Masyarakat sesuai Acc Kasubbag. Kasubbag. d) Menerima dropping dana dari Universitas : e) Mencatat tanggal dan jumlah penerimaan. Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh atasan langsung : a) Koordinasi dengan Kaur. Melakukan keuangan : penggandaan/fotocopy surat-surat/berkas dan dokumen a) Untuk keperluan SPJ. Mengeluarkan/membayarkan dana sesuai dengan persetujuan Kasubbag. b) Membuat kuitansi atas daftar-daftar honorarium-honorarium tersebut. c) Menghitung uang honorarium dari Bank. dll. d) Honorarium mengajar. c) Honorarium kepanitiaan-kepanitiaan. 71 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 32. b) Honorarium rutin/incentive bagi dosen/karyawan. g) Membuka menutup serta mengamankan kunci brankas. b) Untuk keperluan pengarsipan. dll : a) Daftar yang telah dibuatkan dimintakan Acc.

72 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . f) Menyerahkan kepada PUMK/Kasir. b) Membantu PUMK membuat surat permohonan Dana ke Rektorat : c) Pengetikan surat permohonan. e) Mengambil Cek/uang cash di Rektorat. b) Proses penulisan amplop. III dan IV : a) Menyiapkan amplop honorarium. 40. c) Potongan KORPRI/Dharma Wanita/Kematian. Pengarsipan kuitansi SPJ ke dalam ordner sendiri-sendiri : 43. c) Proses pengarsipan. b) Menulis nilai uang pada amplop honorarium c) Memasukkan uang dalam amplop. Menulis pembukuan dalam Buku Tabelaris berupa BKU : 41. a) Menyimpan saldo dana dalam brankas. II. Merekap potongan-potongan honorarium seluruh Dosen/Karyawan termasuk potongan pajak. 38. Membantu PUMK memproses SPJ : a) Proses pengetikan pada Komputer. b) Proses pembuatan laporan. Membantu Kasir membuat daftar honorarium : a) Proses pengetikan daftar. 36. Melaporkan saldo dana setiap akhir bulan. d) Agar proses SPJ dapat berjalan dengan baik dan lancar. e) Melayani pembayaran honorarium. a) Potongan dari Bank. Menulis amplop honorarium Gol.d) Memasukkan dalam amplop. apabila ada informasi sudah dapat diambil. 39. g) Agar permohonan Dana turun tepat waktu. b) Potongan dari KPRI. d) Menyimpan sebelum dibagikan. I. Menulis pembukuan Pajak DIKS : 42. c) Proses pendistribusian. d) Potongan-potongan lain yang bersifat insidentil 37. d) Pengiriman ke Rektorat.

73 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .d) Agar proses pembayaran honorarium berjalan lancar. Mengambil uang tunai dari Kantor Pusat.Menandatangani tanda pelunasan SPP mahasiswa dan tanda pelunasan pembayaran lain-lain bagi mahasiswa. 2. 52. Membantu Kasir mengambil uang dari Bank atau dari Kantor Pusat. 49. Menerima Dana dari bendahara Kantor Pusat. Membawa kunci brankas serta membuka dan menutup brankas. Menandatangani SPP. Menyimpang uang dalam brankas. Definisi Kaur Akuntansi adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang akuntansi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian. 46. 4. c) Sesuai pengarahan Kasubbag. 11. Membuat SPTN UP/GU. Membantu Kasir melakukan revisi SPJ atau revisi anggaran. 48. 45. 5. 47. Batas Kewenangan 1. Menguangkan cek dana di Bank. 7. Membuat SPP. 50. 10. Kaur Akuntansi bertugas membantu Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas akuntansi Fakultas. Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh Atasan Langsung a) Koordinasi dengan Kaur. 3. Membuat register SPP. 44. 6. memberi dan mengurutkan nomor SPP. b) Kerjasama antar staf. Mengambil cek dari Kantor Pusat. Mengeluarkan uang sesuai persetujuan Kasubbag.Memungut pajak-pajak dan menyetorkan ke Bank. Mengambil uang tunai dana dari Kantor Pusat. 283300 KAUR AKUNTANSI 1. 8. Menandatangani tanda lunas SPP pada blanko yang telah disiapkan. Membantu Kasir menyusun anggaran tahunan. 9. Membuat pertanggung jawaban/SPJ belanja. 3. 51.

Melakukan pembukuan atas seluruh transaksi keuangan. Definisi Kaur Pembuat Daftar Gaji (PDG) adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang penggajian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian. 2. Staf Verifikasi SPJ dan Pembukuan bertugas membantu Kaur Akuntansi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan pengelolaan pembukuan atau akuntansi Fakultas. Melakukan verifikasi SPJ : a) Kelengkapan SPJ. Uraian Tugas 1. maka staf verifikasi akan memproses lebih lanjut ke Kaur Akuntansi. neraca. yaitu penjurnalan 3. 283310 STAF VERIFIKASI SPJ DAN PEMBUKUAN 1. Menyusun laporan keuangan. terdiri dari laporan realisasi anggaran. Melakukan pencatatan transaksi. dan catatan atas laporan keuangan. 3. arus kas. 283400 KAUR PEMBUAT DAFTAR GAJI (PDG) 1. c) Apabila SPJ telah sesuai dengan prosedur. Melakukan pengecekan antara bukti-bukti atau dokumen transaksi dengan pencatatan transaksi keuangan. Menyusun konsolidasi laporan keuangan. Uraian Tugas : 74 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Uraian Tugas 1. 2. d) Mengembalikan dokumen ke sub unit jika SPJ tidak sesuai dengan prosedur. Kaur Pembuat Daftar Gaji (PDG) bertugas membantu Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas penggajian di Fakultas.2. 2. b) Melakukan pengecekan bukti transaksi dengan catatannya. Definisi Staf Verifikasi SPJ dan Pembukuan adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Akuntansi. 2.

b) Membuat daftar pengajuan SPMU di Puskom. d) Mengkoordinir pelaksanaan pelayanan pembayaran gaji setiap bulan. e) Mengontrol pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan. Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan : a) Membagi tugas kepada staf b) Kegiatan administrasi keuangan Dana DIKS diserahkan kepada PUMK c) Kegiatan administrasi keuangan Dana DIK diserahkan kepada PDG. Membantu pembuatan laporan SP Pajak Tahunan bagi Pegawai Gol. menyimpan dan membayarkan diserahkan kepada kasir. 4. d) Kegiatan menerima. c) Sebagai bahan untuk masa yang akan datang dan sebagai bahan/bukti penerimaan. c) Mengkoordinir pelayanan persiapan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembayaran/pendistribusian gaji dan dana rutin lainnya. dan lain-lain : a) Membuat daftar. Mengambil Cek gaji dari bendaharawan Gaji Kantor Pusat dan menguangkan di BNI. 6. 2. Membuat pengajuan kekurangan gaji (rapel/mutasi/gaji terusan/uang duka/taspen. e) Agar dana dapat diterima tepat waktunya dan pegawai dalam bekerja lebih tenang. d) Mengarsip dalam file 5. 75 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . III dan IV.1. b) Mengajukan ke KPKN melalui Kantor Pusat beserta data-data pendukung. f) Bertanggung jawab kepada atasan langsung. agar pelaksanaan administrasi keuangan dapat berjalan lancar dan tertib. Membuat pengajuan anggaran rutin/gaji hingga mendistribusikan : a) Menginventarisir data baru. c) Mendistribusikan kepada yang bersangkutan. 3. Membuat laporan SPJ gaji/dana rutin lainnya : a) Daftar penerima yang sudah selesai dikirim 2 rangkap ke KPKN melalui Kantor Pusat b) Untuk arsip 1 berkas dalam file tersendiri.

a) Menghitung gaji pegawai untuk satu tahun. d) Agar supaya SPT bisa cepat di laporkan. Membuat rincian daftar gaji untuk keperluan sekolah dan kredit : a) Memindahkan data pada daftar gaji ke lembar tersendiri. b) Untuk memenuhi permintaan Instansi lain. g) Agar pembayaran SPP mahasiswa dapat berjalan dengan tertib dan lancar. 7. b) Mengkonfirmasikan kebenaran data. Bagian Akademik : a) Meneliti data-data Dosen. f) Membuat laporan tentang pembayaran SPP mahasiswa ke Kantor Pusat setiap semester. b) Membuat daftar nama mahasiswa per angkatan. Melakukan administrasi pembayaran SPP mahasiswa : a) Bekerja sama dengan Kasubbag Akademik dalam pelaksanaan kegiatan Her-Regestrasi mahasiswa tiap semester. 9. Membantu menyusun daftar Hr. b) Merekap tiap akhir bulan. 11. c) Mengkonsep/membuat SK Dekan tentang Dosen Luar Biasa. Melakukan administrasi pembayaran Non-SPP mahasiswa: Transkrip/ Ijazah/ Ujian Comprehensive & Pendadaran/Wisuda. e) Memberikan tanda lunas SPP mahasiswa sebelum yang bersangkutan Ujian Comprehensive/Pendadaran. sebab SPP mahasiswa merupakan penerimaan dana fakultas yang dipergunakan sebagai biaya operasional kegiatan fakultas. c) Melaporkan d) Agar pelaksanaan pembayaran Non-SPP mahasiswa lebih tertib dan teratur. c) Mencatat pembayaran SPP mehasiswa tiap semester. Dosen Luar Biasa dengan Sub. d) Memproses pengajuan penundaan pembayaran SPP mahasiswa. dan lain-lain : a) Mencatat penerimaan Non-SPP. c) Mengirim ke Kantor Pelayanan Pajak. 8. b) Mengisikan untuk lembar SPT. Mengajukan lembur tahunan ke KPKN : 76 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . d) Mengajukan ke KPKN melalui Kantor Pusat. 10.

b) Kerjasama antar staf. 13. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang penggajian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Pembuat Daftar Gaji (PDG). Melakukan pengelolaan Dana Kesejahteraan Pegawai : a) Menerima pengajuan dana bagi yang membutuhkan b) Memproses. 2. c) Membagi/mendistribusikan apabila sudah turun. c) Mendistribusikan. Uraian Tugas : 77 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh atasan langsung : a) Kerjasama antar Kaur. c) Agar surat penting tidak mudah hilang dan aman serta mudah dalam pencarian apabila diperlukan. Batas Kewenangan : 1. 2.a) Membuat surat pengantar beserta lampiran. b) Mengajukan ke KPKN melalui Kantor Pusat. 14. 3. 15. 12. tidak masuk/ijin/sakit/cuti. ATK untuk keperluan administrasi keuangan. Membantu menyimpan dokumen dan surat di Bidang Keuangan : a) Dokumen dibendel di Ordner atau Map. b) Dimasukan Almari. Memaraf surat permohonan penundaan/keringanan pembayaran SPP mahasiswa. Staf bertugas membantu Kaur Pembuat Daftar Gaji (PDG) dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan pengelolaan penggajian Fakultas. 283410 STAF 1. d) Membuat laporan tiap bulan. c) Sesuai pengarahan Kasubbag. Mengajukan permohonan kebutuhan perlengkapan. Mendatangani rincian daftar gaji pegawai. Melaksanakan/kewenangan di bidang keuangan sebatas yang diberikan oleh atasan langsung apabila Kasubbag.

d) Mengkoordinir pelaksanaan pelayanan pembayaran gaji setiap bulan. b) Mengajukan ke KPKN melalui Kantor Pusat beserta data-data pendukung. Membuat laporan SPJ gaji/dana rutin lainnya : a) Daftar penerima yang sudah selesai dikirim 2 rangkap ke KPKN melalui Kantor Pusat b) Untuk arsip 1 berkas dalam file tersendiri. c) Sebagai bahan untuk masa yang akan datang dan sebagai bahan/bukti penerimaan. Membuat pengajuan kekurangan gaji (rapel/mutasi/gaji terusan/uang duka/taspen. d) Mengarsip dalam file 5. 2. Membantu melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan : a) Membagi tugas kepada staf b) Kegiatan administrasi keuangan Dana DIKS diserahkan kepada PUMK c) Kegiatan administrasi keuangan Dana DIK diserahkan kepada PDG. menyimpan dan membayarkan diserahkan kepada kasir. e) Agar dana dapat diterima tepat waktunya dan pegawai dalam bekerja lebih tenang. Membuat pengajuan anggaran rutin/gaji hingga mendistribusikan : a) Menginventarisir data baru. dan lain-lain : a) Membuat daftar. d) Kegiatan menerima. agar pelaksanaan administrasi keuangan dapat berjalan lancar dan tertib. 3. e) Mengontrol pelaksanaan kegiatan administrasi keuangan. Mengambil Cek gaji dari bendaharawan Gaji Kantor Pusat dan menguangkan di BNI. 78 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . f) Bertanggung jawab kepada atasan langsung. 4.1. b) Membuat daftar pengajuan SPMU di Puskom. c) Mengkoordinir pelayanan persiapan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembayaran/pendistribusian gaji dan dana rutin lainnya. c) Mendistribusikan kepada yang bersangkutan.

Membuat rincian daftar gaji untuk keperluan sekolah dan kredit : a) Memindahkan data pada daftar gaji ke lembar tersendiri. a) Menghitung gaji pegawai untuk satu tahun. e) Memberikan tanda lunas SPP mahasiswa sebelum yang bersangkutan Ujian Comprehensive/Pendadaran. 10. d) Agar supaya SPT bisa cepat di laporkan. b) Mengisikan untuk lembar SPT. sebab SPP mahasiswa merupakan penerimaan dana fakultas yang dipergunakan sebagai biaya operasional kegiatan fakultas. c) Melaporkan d) Agar pelaksanaan pembayaran Non-SPP mahasiswa lebih tertib dan teratur. g) Agar pembayaran SPP mahasiswa dapat berjalan dengan tertib dan lancar. b) Mengkonfirmasikan kebenaran data. 9. Dosen Luar Biasa dengan Sub. 8. dll. Bagian Akademik : a) Meneliti data-data Dosen. a) Mencatat penerimaan Non-SPP. Membantu menyusun daftar Hr. b) Untuk memenuhi permintaan Instansi lain. b) Membuat daftar nama mahasiswa per angkatan. 79 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . c) Mencatat pembayaran SPP mehasiswa tiap semester. d) Memproses pengajuan penundaan pembayaran SPP mahasiswa. Membantu pembuatan laporan SP Pajak Tahunan bagi Pegawai Gol. b) Merekap tiap akhir bulan. III dan IV. 7. Melakukan administrasi pembayaran Non-SPP mahasiswa: Transkrip/ Ijazah/ Ujian Comprehensive & Pendadaran/Wisuda. Melakukan administrasi pembayaran SPP mahasiswa : a) Bekerja sama dengan Kasubbag Akademik dalam pelaksanaan kegiatan Her-Regestrasi mahasiswa tiap semester.6. c) Mengkonsep/membuat SK Dekan tentang Dosen Luar Biasa. c) Mengirim ke Kantor Pelayanan Pajak. f) Membuat laporan tentang pembayaran SPP mahasiswa ke Kantor Pusat setiap semester.

Memaraf mahasiswa. Mengajukan lembur tahunan ke KPKN : a) Membuat surat pengantar beserta lampiran.d) Mengajukan ke KPKN melalui Kantor Pusat. Mendatangani rincian daftar gaji pegawai. Membantu menyimpan dokumen dan surat di Bidang Keuangan : a) Dokumen dibendel di Ordner atau Map. c) Agar surat penting tidak mudah hilang dan aman serta mudah dalam pencarian apabila diperlukan. 12. Definisi Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Internasional adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam kemahasiswaan. Mengajukan permohonan kebutuhan perlengkapan. 13. ATK untuk keperluan administrasi keuangan. b) Dimasukan Almari. 3. d) Membuat laporan tiap bulan. dan internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bagian surat permohonan penundaan/keringanan pembayaran SPP 80 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . b) Kerjasama antar staf. 14. c) Mendistribusikan. alumni. 284000 KASUBBAG KEMAHASISWAAN ALUMNI & INTERNASIONAL 1. c) Sesuai pengarahan Kasubbag. c) Membagi/mendistribusikan apabila sudah turun. Melaksanakan/kewenangan di bidang keuangan sebatas yang diberikan oleh atasan langsung apabila Kaur tidak masuk/ijin/sakit/cuti. 11. 2. Melakukan pengelolaan Dana Kesejahteraan Pegawai : a) Menerima pengajuan dana bagi yang membutuhkan b) Memproses. Melaksanakan pekerjaan/kegiatan yang diberikan oleh atasan langsung : a) Kerjasama antar Kaur. 15. Batas Kewenangan : 1. b) Mengajukan ke KPKN melalui Kantor Pusat.

9. 3. 2. Seni dan Olah raga. 6. Pembinaan karier. 8. Bhakti sosial. 5. Melakukan penyajian informasi di bidang kemahasiswaan. Informasi Kerja : Menjalin kerjasama dengan perusahaan/instansi yang membutuhkan tenaga kerja (membantu rekruitmen tenaga kerja di FE Unibraw). Data Mahasiswa Berprestasi. Mahasiswa Berprestasi. Kemahsiwaan & Alumni : Evaluasi Tugas Staf Adm. Menginformasikan bursa kerja bagi alumni yang belum bekerja. 4. 7. Data IKA. LKIP. Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Internasional bertugas melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan kemahasiswaan Fakultas. sesuai arahan Pembantu Dekan III: Penalaran : LKTI. Koordinasi dengan Sub Bagian lainnya. Data Penerima Beasiswa. mengolah dan menganalisis data dibidang kemahasiswaan dan alumni : Buku Induk Mahasiswa Baru. koordinasi dengan IKA Unibraw. Koordinasi dengan atasan langsung. Di Subbag Kemahasiswan & Alumni. Uraian Tugas : 1. Membantu pembinaan kesejahteraan mahasiswa : Pengurusan usulan permohonan Beasiswa. Melakukan penyajian informasi di bidang alumni. 2. Membantu pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler. Mengumpulkan. 81 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Koordinasi dengan atasan langsung. Pendataan Lowongan Kerja : bulanan dan tahunan. Informasi Kerja bagi mahasiswa akhir studi. Bertanggung jawab atas pengawasan dan pembinaan pegawai di Subbag. dll.Tata Usaha. Menyusun Rencana Kerja Sub Bagian. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan di bidang kemahasiswaan : Koordinasi dengan Sub Bagian Kepegawaian.

6. informasi kerja. Batas Kewenangan : 1. 10. Melaksanakan pembinaan Staf Administrasi Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. 8. Menghitung incentive Staf Administrasi Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. 2. 11. SPJ penerima beasiswa. Definisi Kaur Kemahasiswaan dan Alumni adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang kemahasiswaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Internasional. Mengevaluasi Program Kerja Sub Bagian. Menugaskan fotocopy surat-surat masuk. Kemahasiswaan & Alumni. 7. Membuat Buku Induk Mahasiswa Baru. Merekomendasi permohonan cuti Staf Administrasi Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. Uraian Tugas : 1. 3. Menugaskan dan menentukan lembur Staf Administrasi Sub Bag. 284100 KAUR KEMAHASISWAAN & ALUMNI 1. Mengecek dan memberi paraf daftar usulan permohonan beasiswa. b) Mengecek kebenaran isi biodata dan kelengkapan pasphoto. 11. Menilai DP3 Staf Administrasi Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. 10. 9. Menyusun Laporan Pelaksanaan Kerja Sub Bagian. Melaksanakan dan mengesahkan penyajian informasi dibidang alumni. Kaur Kemahasiswaan dan Alumni bertugas membantu Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Internasional melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas kemahasiswaan di Fakultas. 4. 82 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .Memberi ijin cuti kepada staf di Subbag Kemahasiswaan & Alumni. 2. Melaksanakan dan mengesahkan penyajian informasi di bidang kemahasiswaan. Memberi paraf surat-surat keluar di bidang kemahasiswaan dan alumni. Melaksanakan dan mengesahkan penyajian data KKU/Magang. 5. a) Membagikan formulir biodata kepada mahasiswa baru. dan surat-surat lainnya di bidang kemahasiswaan dan alumni.

Bertanggung jawab atas pengawasan dan pembinaan staf pegawai di Bagian Kemahasiswaan. 8. f) Inventarisasi data penerima beasiswa. 2. 7. d) Menyerahkan print out data kepada Subbag. b) Penyajian data lulusan secara periodik : bulanan dan tahunan. d) Bhakti Sosial dan pengabdian kepada masyarakat. Seminar. Memproses pengajuan beasiswa : a) Mengumumkan dan menginformasikan ke lembaga kemahasiswaan tentang pemberian beasiswa. b) Mendaftar calon penerima beasiswa. Membantu proses kegiatan kemahasiswaan : a) Penalaran : LKIP. d) Memproses tanda tangan SPJ penerimaan beasiswa. 9. 6. e) Menyimpan Buku Induk Mahasiswa dan melayani peminjaman Buku Induk bila diperlukan. c) Membuat laporan lulusan dan data statistik lulusan. Workshop.q. Umum dan Perlengkapan untuk di cover. Membantu Kasubbag dalam penyajian data dan statistik kemahasiswaan.c) Entry data dan print out data. 10. Hubungan dengan Alumni : 83 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Adm. Studi Banding dan kegiatan lainnya. LKTI. KTU). 5. Mendistribusikan Buku Pedoman dan mempertanggung jawabkan kepada pimpinan (c. Membantu pelaksanaan kegiatan Probinmaba atas persetujuan atasan. b) Mahasiswa berprestasi. 4. e) Membuat laporan penerimaan beasiswa. koordinasi dengan Jurusan & Program Studi. c) Seni dan Olah Raga. c) Mengirim daftar calon penerima beasiswa ke Rektorat dan ke Instansi/ Perusahaan yang mengeluarkan beasiswa. Memproses Surat Keterangan dan Surat Pengantar bagi mahasiswa yang membutuhkan. Inventarisasi data lulusan : a) Inventarisasi data lulusan per jurusan dan program. 3.

Bertanggung jawab dalam pengawasan dan pembinaan staf administrasi yang ada di Urusan Alumni. 12. b) Membagikan Kartu Anggota IKA kepada para alumni. Masmedia dan Internet c) Entry data alumni yang sudah masuk ke database d) Menyusun Buku Alumni Tahunan : 1) Penyusunan data alumni sesuai dengan data yang sudah masuk dan kelengkapan pasphoto. Surat. 4) Pengiriman Buku Alumni kepada para Alumnus 11. Inventarisasi lowongan pekerjaan dan bursa tenaga kerja 14. 2) Entry data lowongan pekerjaan ke internet 3) Membantu menjalin hubungan dengan instansi/perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja : 1. Membantu dalam Pembinaan Karier : a) Pendataan alumni yang belum bekerja. 13. b) Memberi informasi pelatihan yang dilaksanakan IKA Unibraw kepada para alumni untuk persiapan kerja. 16. Bursa Kerja : a) Informasi lowongan pekerjaan : 1) Mengumumkan lowongan pekerjaan di tempat pengumuman. Membantu pelayanan pendaftaran anggota IKA Unibraw. 3.a) Penelusuran data alumni : b) Menyebarluaskan formulir isian Curiculum Vitae melalui : Pendataan langsung. 2) Print out data alumni. Mengirim informasi tenaga kerja ke instansi/perusahaan melalui surat dan internet. 2. koordinasi dengan IKA atas pertujuan atasan : a) Melayani pendaftaran anggota IKA dan mengirim berkas pendaftaran ke IKA Unibraw. Penyajian laporan data alumni dan data statistik. Membantu pendaftaran Wisuda dan Acara Melepas Alumni. 15. Membantu instansi/perusahaan merekrut tenaga kerja di Fakultas. 84 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 3) Cetak Buku Alumni atas perintah atasan.

2. b) Memproses SK dan ST yang telah disetujui oleh pembuat SK/ST.Melaksanakan pengawasan dan pembinaan Staf Administrasi di Urusan Kemahasiswaan. Membantu Kaur Sub Bagian Kemahasiswaan melaksanakan administrasi Kemahasiswaan : a) Memproses Surat Masuk dan Surat Keluar b) Mengarsip Surat Keluar dan Surat Masuk 2. Melaksanakan pengawasan dan pembinaan Staf Administrasi di Urusan Alumni. Mendistribusikan Buku Pedoman dan mempertanggung jawabkan kepada pimpinan (c. 4. Membuat dan memperbanyak blanko-blanko Permohonan Surat Keterangan dan Surat Pengantar : 85 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . KTU). 5. Membantu mengusulkan pembuatan Surat Keputusan dan Surat Tugas : a) Membuat draft SK dan ST yang akan diusulkan kepada pembuat SK/ST. Mengkonsep dan mengecek kebenaran konsep surat-surat keluar di bidang alumni. Definisi Staf adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang kemahasiswaan dan alumni yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kaur Kemahasiswaan dan Alumni. Uraian Tugas 1. 9. 3.q. Memproses surat permohonan beasiswa. Mengkonsep dan mengecek kebenaran konsep surat-surat keluar di bidang kemahasiswaan. Membuat laporan peserta wisuda. Melaksanakan penyajian dan menyimpan data dana statistik kemahasiswaan. 3. 7. 2. 6. 10. Menghimpun dan menyimpan data-data alumni. Staf bertugas membantu Kaur Kemahasiswaan dan Alumni dalam pelaksanaan seluruh kegiatan yang terkait dengan pengelolaan kemahasiswaan dan alumni di Fakultas. 284110 STAF 1. 8. Melaksanakan penyajian dan menyimpan data dan statistik alumni.Batas Kewenangan : 1.

b) Mengecek kebenaran isi biodata dan pasphoto. 3. 4. Melayani kebutuhan sarana dan prasarana (ATK) di Subbag Kemahasiswaan dan Alumni. Batas Kewenangan : 1. 284200 KAUR INTERNASIONAL 1. c) Entry data ke database dan print out data. c) Blanko permohonan Surat Keterangan Untuk Tunjangan Anak. d) Penyimpanan persediaan ATK. Perusahaan dan Perguruan Tinggi lain. d) Blanko permohonan Surat Pengantar untuk mencari Buku Referensi ke Perpustakaan. Membuat dan memperbanyak blanko-blanko Permohonan Surat Keterangan dan Surat Pengantar. Mengarsip surat-surat keluar dan masuk di bidang kemahasiswaan. Kemahasiswaan & Alumni : a) Inventarisasi kebutuhan ATK. c) Pengiriman surat dan arsip. Adm. b) Pengajuan kebutuhan ATK atas persetujuan atasan. 6. b) Penomoran dan cap stempel fakultas di Subbag. Instansi. Kebutuhan sarana dan prasarana (ATK) di Subbag. 5. Umum dan Perlengkapan.a) Blanko permohonan Surat Keterangan Masih Aktif Kuliah. 2. e) Blanko permohonan Surat Keterangan lainnya. Definisi Kaur Internasional adalah unsur karyawan di tingkat operasional Fakultas dalam bidang internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung 86 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Membantu penyediaan formulir biodata mahasiswa baru untuk membuat Buku Induk : a) Pembuatan dan penggandaan formulir biodata. Memproses permohonan surat-surat keterangan dan surat-surat pengantar : a) Komputerisasi dan Penandatanganan surat kepada yang berwenang. b) Blanko permohonan Surat Keterangan Pernah Kuliah. c) Pendistribusian ATK di bagian Kemahasiswaan & Alumni yang membutuhkan.

Melayani pendaftaran mahasiswa baru dari luar negeri. Meningkatkan dan memperluas kerjasama dengan institusi yang berminat meningkatkan pendidikan di tingkat pascasarjana. 5. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Memberikan laporan bulanan kepada dekan 87 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 2. 8. Memproses dokumen kerjasama berupa MOU (Memorandum Of Understanding) maupun MOA (Memorandum Of Agreement). 4. 5. Mencatat dan menginformasikan agenda dekanat.kepada Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Internasional. Kaur Internasional bertugas membantu Kasubbag Kemahasiswaan Alumni dan Internasional melaksanakan seluruh kegiatan yang terkait dengan aktivitas internasional di Fakultas. Menyiapkan data dukung rapat dekanat. 6. 2. 7. 290000 KETUA PENGELOLA PROGRAM PASCASARJANA 1. Ketua Pengelola Program Pascasarjana bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. Definisi Ketua Pengelola Program Pascasarjana adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program pascasarjana yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan pascasarjana kepada dekan. 4. 3. Menyediakan data-data guna pengambilan keputusan bagi dekanat. Uraian Tugas 1. 2. Memproses administrasi mahasiswa dan dosen studi ke luar negeri. Membina hubungan kerjasama dengan universitas dalam rangka meningkatkan kapasitas program pascasarjana. Melakukan koordinasi akademik dengan jurusan. Uraian Tugas 1. Mencatat dan mendokumentasikan notulen/hasil rapat dekanat. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 2. Membuat konsep surat dari dekanat. 3.

Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. Kutipan Daftar Nilai. Uraian Tugas 1. 4. 2. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan pascasarjana. Mengkoordinasi mahasiswa. Melakukan administrasi perkuliahan. sarana akademik dan pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. 5. Menyusun rencana dan program kerja. Membantu Ketua Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. praktikum. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. 8. Definisi Wakil Ketua I (Akademik) adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program pascasarjana yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Program Pascasarjana. dan Transkrip Akademik Mahasiswa. 3. 11. 88 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. Mengumpulkan dokumen-dokumen. 2. Wakil Ketua I (Akademik) bertugas melaksanakan semua kegiatan akademik di Program Pascasarjana.291000 WAKIL KETUA I (AKADEMIK) 1. 7. 9. 6. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Program Studi. 12. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi. Kartu Hasil Studi. 10.

pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. 7. Melakukan administrasi perkuliahan. Staf Administrasi Akademik bertugas melaksanakan semua kegiatan akademik di Program Pascasarjana. 2. 8. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan pascasarjana. 9. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. 3. 6. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Program Studi. 89 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. sarana akademik dan pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. praktikum. Mengumpulkan dokumen-dokumen. 5. dan Transkrip Akademik Mahasiswa. 11. 12. Kartu Hasil Studi. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. Membantu Ketua Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. 2. 10. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi. Mengkoordinasi mahasiswa. 4.291100 STAF ADMINISTRASI AKADEMIK 1. Menyusun rencana dan program kerja. Kutipan Daftar Nilai. Definisi Staf Administrasi Akademik adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program pascasarjana yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Wakil Ketua I (Akademik). Uraian Tugas 1.

2.292000 WAKIL KETUA I (KEUANGAN) 1. vakasi. Definisi Wakil Ketua I (Keuangan) adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program pascasarjana yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Program Pascasarjana. 5. pekerjaan borongan. 3. pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. perjalanan dinas. uang lembur. uang lelah. penyimpanan. Melakukan pembayaran (gaji. Mengumpulkan dokumen-dokumen. Definisi Staf Administrasi Keuangan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program pascasarjana yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Wakil Ketua I (Keuangan). pembelian/pengadaan barang/jasa). 4. mengolah dan menganalisa data di bidang keuangan. Staf Administrasi Keuangan bertugas melaksanakan semua kegiatan keuangan di Program Pascasarjana. 8. 292100 STAF ADMINISTRASI KEUANGAN 1. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang keuangan. Mempertanggungjawabkan tugas pengelolaan dan pengawasan keuangan pascasarjana kepada atasan langsung. Mem-verifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya yang akan di SPJ kan. Menyusun rencana dan program kerja 2. tunjangan. pengeluaran. Melakukan pengolahan keuangan. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung di bidang keuangan pascasarjana. mulai dari penerimaan. honorarium. Uraian Tugas 90 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 2. 6. Wakil Ketua I (Keuangan) bertugas melaksanakan semua kegiatan keuangan di Program Pascasarjana. Uraian Tugas 1. 7.

Menyusun rencana dan program kerja 2. tunjangan. pembelian/pengadaan barang/jasa). 6. Mengumpulkan dokumen-dokumen. Definisi Ketua Pengelola Program Internasional adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Dekan. 5. penyimpanan. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung di bidang keuangan pascasarjana. Melakukan pengolahan keuangan. 8. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang keuangan. vakasi. 7. 4. Melakukan koordinasi akademik dengan jurusan. perjalanan dinas. uang lelah. Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan internasional kepada dekan. Meningkatkan dan memperluas kerjasama dengan institusi yang berminat meningkatkan pendidikan di tingkat internasional. Melakukan pembayaran (gaji. pengeluaran. 3. uang lembur. 3. Mempertanggungjawabkan tugas pengelolaan dan pengawasan keuangan pascasarjana kepada atasan langsung. pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu. 2. Mem-verifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya yang akan di SPJ kan.1. Membina hubungan kerjasama dengan universitas dalam rangka meningkatkan kapasitas program internasional. Ketua Pengelola Program Internasional bertugas melaksanakan kebijakan pendidikan dan pengajaran. mulai dari penerimaan. 4. mengolah dan menganalisa data di bidang keuangan. 210000 KETUA PENGELOLA PROGRAM INTERNASIONAL 1. 2. teknologi atau seni tertentu sesuai dengan program pendidikan yang ada dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 5. Memberikan laporan bulanan kepada dekan 91 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . pekerjaan borongan. honorarium. Uraian Tugas 1.

12. Kutipan Daftar Nilai. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. Melakukan administrasi perkuliahan. Membantu Ketua Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. Uraian Tugas 1. 7. dan Transkrip Akademik Mahasiswa. 92 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . 9. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. Mengumpulkan dokumen-dokumen. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung. 4. Kartu Hasil Studi. 5.210100 WAKIL KETUA I (AKADEMIK) 1. Menyusun rencana dan program kerja. 2. 6. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Program Studi. Mengkoordinasi mahasiswa. 11. Definisi Wakil Ketua I (Akademik) adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Pengelola Program Internasional. sarana akademik dan pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. Wakil Ketua I (Akademik) bertugas melaksanakan semua kegiatan akademik di Program Internasional. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan internasionall. 2. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi. 10. praktikum. 8. 3. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan.

Membantu Ketua Program Studi dalam proses evaluasi mengajar dosen setiap akhir semester. Mengkoordinasikan pembuatan Ijazah dan mengadministrasikan untuk wisuda. praktikum dan pelaksanaan ujian yang telah ditentukan oleh Ketua Program Studi. 5. Mengkoordinasi pelayanan dan pengadministrasian Kartu Rencana Studi. sarana akademik dan pelaksanaan pendaftaran ulang/registrasi akademik menyusun/menyediakan daftar hadir perkuliahan/praktikum/ujian. 10. 11. Staf Administrasi Akademik bertugas melaksanakan semua kegiatan akademik di Program Internasional. Uraian Tugas 1. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik. praktikum. Melakukan administrasi perkuliahan. Mengumpulkan dokumen-dokumen. 12. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang pendidikan. 9. Definisi Staf Administrasi Akademik adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Wakil Ketua I (Akademik). 93 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Kartu Hasil Studi. 3. Membantu/melakukan penyusunan jadwal perkuliahan. Melakukan urusan kegiatan pertemuan ilmiah/guest lecture di lingkungan internasional. 6. pelaksanaan ujian dengan mengatur penggunaan ruangan.210110 STAF ADMINISTRASI AKADEMIK 1. dan Transkrip Akademik Mahasiswa. 2. Mengkoordinasi mahasiswa. 8. Kutipan Daftar Nilai. Menyusun rencana dan program kerja. mengolah dan menganalisis data di bidang pendidikan dan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk evaluasi studi mahasiswa. 2. 7. 4. Menyusun/memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung.

Uraian Tugas 1. Mengumpulkan dokumen-dokumen. uang lembur. Definisi Staf Administrasi Keuangan adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Wakil Ketua I (Keuangan). penyimpanan. Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung di bidang keuangan internasional. tunjangan. mulai dari penerimaan. pembelian/pengadaan barang/jasa). Menyusun rencana dan program kerja 2. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang keuangan. Staf Administrasi Keuangan bertugas melaksanakan semua kegiatan keuangan di Program Internasional. 8. 3. 5. 2. vakasi. Melakukan pengolahan keuangan. Definisi Wakil Ketua I (Keuangan) adalah unsur pimpinan di tingkat operasional Fakultas dalam program internasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Pengelola Program Internasional. Melakukan pembayaran (gaji. Wakil Ketua I (Keuangan) bertugas melaksanakan semua kegiatan keuangan di Program Internasional. 7. 210210 STAF ADMINISTRASI KEUANGAN 1. mengolah dan menganalisa data di bidang keuangan. honorarium. 2. pengeluaran. 4. pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. pekerjaan borongan.210200 WAKIL KETUA I (KEUANGAN) 1. uang lelah. Mempertanggungjawabkan tugas pengelolaan dan pengawasan keuangan internasional kepada atasan langsung. perjalanan dinas. Mem-verifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya yang akan di SPJ kan. 6. Uraian Tugas 94 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya .

Melakukan penyimpanan dokumen dan surat di bidang keuangan. penyimpanan. mulai dari penerimaan. 3. honorarium. vakasi. 8. pengeluaran. pekerjaan borongan. mengolah dan menganalisa data di bidang keuangan. 6.1. tunjangan. 95 Deskripsi Pekerjaan Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya . Memberikan laporan bulanan kepada atasan langsung di bidang keuangan internasional. perjalanan dinas. pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. 7. Menyusun rencana dan program kerja 2. Melakukan pengolahan keuangan. uang lembur. 5. Mengumpulkan dokumen-dokumen. pembelian/pengadaan barang/jasa). uang lelah. Mempertanggungjawabkan tugas pengelolaan dan pengawasan keuangan internasional kepada atasan langsung. 4. Mem-verifikasi kebenaran/keabsahan kuitansi-kuitansi dan kelengkapannya yang akan di SPJ kan. Melakukan pembayaran (gaji.