P. 1
Anatomi Hernia

Anatomi Hernia

|Views: 9|Likes:
Published by dimdimdimaaar

More info:

Published by: dimdimdimaaar on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/01/2014

pdf

text

original

Anatomi Dinding Perut

Dinding Perut Berfungsi untuk menyokong dan melindungi struktur intraperitoneal dan retroperitoneal serta berfungsi dalam pernapasan. . dalam proses serta sewaktu buang air besar dengan meningkatkan tekanan intra abdomen. proses berkemih.

krista pubikum. lig. Xyphoideus dan batas bawah arkus kostarum Bagian bawah dari medial ke lateral dibatasi oleh simfisis pubis.inguinal. dan krista iliaka Bagian belakang dibatasi oleh tulang belakang .• • • Bagian atas: Proc.

Dinding perut secara anterolateral dibagi menjadi 4 kuadran oleh garis vertikal melalui garis tengah dimulai dari Proc. . dan garis horizontal yang melalui umbilikus.xyphoideus. dan berakhir di simpisis pubis. umbilikus.

) Otot di bagian depan tengah terdiri atas sepasang otot rektus abdominis dengan fasianya yang dipisahkan oleh linea alba pada garis tengah. Dinding otot perut terdiri dari: 1. Oblikus internus abdominis 3. Transversus abdominis 4. lemak subkutan dan fasia superfisial (fasia Scarpa*). yaitu dari luar ke dalam yang terdiri dari kutis dan subkutis. Otot eksternus abdominis 2. Lapis praperitoneum serta peritoneum (fasia transversalis. dan peritoneum.Dinding perut terdiri atas beberapa lapis. . lemak praperitoneal.

.

cabang aa.interkostales VI s/d XII dan arteri epigastrika superior . dan arteri epigastrika inferior.Perdarahan dinding perut berasal dari beberapa arah .Dari kaudalarteri iliaka sirkumfleksa superfisialis.Dari kraniodorsal. arteri pudenda eksterna. .

.Persarafan dinding perut disarafi secara segmental oleh nervus torakalis VI s/d XII dan nervus lumbalis I.

.

.Bagian intra peritoneal terdapat organ: A. dan usus penyerapan (ileum) 2-4 m. Berentang dari sphincter pylorus ke katup ileocaecal. Usus halus Panjangnya kira-kira 2-8 m dengan diameter 2. usus kosong (jejunum) 1-2 m.5 cm. Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum) panjangnya 25 cm.

. dimulai dari bulbo duodenale dan berakhir di ligamentum Treitz. Usus dua belas jari (Duodenum) Usus dua belas jari atau duodenum adalah bagian dari usus halus yang terletak setelah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong (jejunum).1. Bagian usus dua belas jari merupakan bagian terpendek dari usus halus.

Pada usus dua belas jari terdapat dua muara saluran yaitu dari pankreas dan kantung empedu. .Usus dua belas jari merupakan organ retroperitoneal. pH usus dua belas jari yang normal berkisar pada derajat sembilan. yang tidak terbungkus seluruhnya oleh selaput peritoneum.

Usus kosong dan usus penyerapan digantungkan dalam tubuh dengan mesenterium. Pada manusia dewasa. .2). panjang seluruh usus halus antara 2-8 meter. 1-2 meter adalah bagian usus kosong. di antara usus dua belas jari (duodenum) dan usus penyerapan (ileum). Usus Kosong (jejunum) Usus kosong atau jejunum adalah bagian kedua dari usus halus.

Ileum memiliki pH antara 7 dan 8 (netral atau sedikit basa) dan berfungsi menyerap vitamin B12 dan garam-garam empedu. Usus Penyerapan (illeum) Usus penyerapan atau ileum adalah bagian terakhir dari usus halus. . dan dilanjutkan oleh usus buntu. Pada sistem pencernaan manusia.3). ini memiliki panjang sekitar 2-4 m dan terletak setelah duodenum dan jejunum.

.

Colon terbagi menjadi colon ascending. 2001). . Usus besar Dimulai dari katup ileocecal ke anus dan rata-rata panjangnya 1. dan rectum. colon. colon transversal.(Brunner & Suddarth. Sphincter internal dan eksternal pada anus berfungsi untuk mengontrol pembukaan anus. colon descending.B. Bagian akhir dari usus besar adalah rectum dan anus.Usus besar terbagi kedalam cecum.5 m dan lebarnya 5-6 cm. dan bagian sigmoid. Vermiform appendix berada pada bagian distal dari cecum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->