P. 1
tugas 1

tugas 1

|Views: 354|Likes:

More info:

Published by: Septiana Nurul Imamah on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2014

pdf

text

original

Apa sih yang dikerjakan Pustakawan itu?

Assalamu’alaiku. Wr. Wb Salam pustakawan. Hai teman-teman pustakawan maupun calon pustakawan (mahasiswa/mahasiswi ilmu perpustakaan). Kali ini aku mau sharing sedikit nih tentang pendapatku mengenai “apa saja sih yang dilakukan atau dikerjakan pustakawan itu?”. Bagi kalian yang saat ini kuliah di bidang perpustakaan pasti akan ditanya, “apa itu pustakawan dan apa yang dilakukan olehnya?”. Karena mungkin sebagian masyarakat masih beranggapan kalau pustakawan itu seorang penjaga buku di perpustakaan, yang cupu, kuper, dan berkaca mata tebal. Apalagi akhir-akhir ini juga beredar berita yang menghebohkan dunia pustakawan. Berita tersebut mengenai gubernur Jakarta (Bapak Joko Widodo) yang memindahkan seorang walikota menjadi kepala perpustakaan karena kinerjanya yang buruk. Yah ... tentu aja dengan beredarnya pemberitaan tersebut mungkin akan mengecewakan  banyak pustakawan di Indonesia termasuk aku sebagai calon pustakawan masa depan. Mengapa kecewa? Jujur aku nggak setuju dengan sikap pak Jokowi yang semena-mena memindahkan walikota menjadi kepala perpustakaan. Apa segitu mudahnya untuk menjadi seorang pustakawan? Dan apakah semua orang bisa menjadi pustakawan? Ditambah pemberitaan seperti ini nih yang secara otomatis akan berpengaruh pada masyarakat Indonesia. Kenapa begitu? masyarakat pasti akan beranggapan kalau menjadi pustakawan itu bisa dilakukan sama siapapun nggak mandang latar belakang pendidikannya. Nah loh ... nambah jelek kan image pustakawan di mata masyarakat. Padahal kan pustakawan itu udah diakui sama pemerintah sebagai profesi. Terus kalau mau jadi pustakawan di perpustakaan itu harus lulusan dari bidang ilmu perpustakaan. Pustakawan itu punya skill (keahlian) makanya diakui sebagai profesi sama pemerintah dan nggak sembarangan orang bisa jadi pustakawan.

Kembali pada pokok pembahasan awal tadi,“apa saja sih yang dikerjakan pustakawan?”. Yang dilakukan pustakawan itu sangat banyak, nggak seperti pandangan masyarakat kalau pustakawan itu kerjanya cuma jagain buku di perpustakaan. Itu pustakawan atau satpam ya, kok kerjanya jagain buku?. Nah buat bedain pustakawan sama satpam bisa disimak langsung yuk berikut ini. Berikut ini pendapatku mengenai hal-hal apa aja yang dilakukan sama pustakawan, antara lain : 1. Pengadaan Pengadaan adalah kegiatan yang dilakukan pustakawan untuk memperoleh bahan perpustakaan dengan melalui beberapa cara yaitu pembelian, hadiah, berlangganan, fotocopy, maupun hibah. Nggak cuma itu, pustakawan juga harus jelih dalam memilah dan memilih bahan perpustakaan agar sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna. 2. Pengolahan buku Pengolahan buku merupakan kegiatan pemrosesan bahan perpustakaan dari bahan perpustakaan itu datang sampai bahan perpustakaan tersebut siap untuk digunakan oleh pengguna. Pengolahan meliputi : a. Inventarisasi Inventarisasi adalah kegiatan pustakawan mencatat segala informasi dari bukubuku baru pada buku induk, hal-hal yang perlu dicatat antara lain : nomor urut, tanggal penerimaan buku, judul buku, pengarang, jumlah judul dan jumlah eksemplar, nomor inventaris, dan keterangan buku. Kemudian setelah dicatat buku tersebut diberi cap kepemilikan dan inventaris. b. Klasifikasi Klasifikasi adalah kegiatan pustakawan untuk menentukan subyek dari masingmasing buku. Ya istilah gampangnya kegiatan tersebut adalah kegiatan mengelompokkan buku seperti buku tentang teknologi, sosial, satra, dll. Ya biar lebih mudah nemuin nantinya. Biasanya para pustakawan di Indonesia berpedoman pada DDC (Dewey Decimal Classification) atau sering disebut dengan Klasifikasi Persepuluh Dewey untuk mengklasifikasi buku. c. Katalogisasi Katalogisasi adalah kegiatan pustakawan menentukan nomor panggil buku (nomor untuk buku yang sesuai dengan subyeknya) dan membuat kartu katalog pada perpustakaan yang masih manual atau katalog Online pada perpustakaan

berbasis teknologi. Katalogisasi ini dapat membantu pengguna dalam menemukan koleksi lebih cepat. d. Pemberian kelengkapan Kegiatan pustakawan dalam memberikan kelengkapan ini meliputi memberikan pelabelan, penempelan kantong buku, pemberian kartu buku, dan slip tanggal kembali. 3. Sirkulasi Sirkulasi merupakan kegiatan berputarnya koleksi perpustakaan. Yang dilakukan pustakawan pada kegiatan ini bukan memutar buku-buku di perpustakaan tetapi melayani pengguna yang akan meminjam maupun mengembalikan koleksi, itu pun untuk perpustakaan yang masih manual. Kalau yang udah berbasis TI, pustakawan hanya tinggal ngontrol jalannya sirkulasi di perpustakaan. Nggak cuma itu, pustakawan juga harus mendata dan membuat laporan untuk

dipertanggungjawabkan. 4. Referensi Referensi merupakan pelayanan sumber rujukan seperti kamus, ensiklopedia, dan jurnal. Pustakawan disini bertugas membantu pengguna apabila pengguna mengalami kesulitan dalam menemukan koleksi sumber rujukan atau koleksi lain, serta membantu pengguna yang mengalami kesulitan dalam menggunakan koleksi sumber rujukan. 5. Pemeliharaan koleksi Kegiatan pemeliharaan koleksi merupakan kegiatan perawatan koleksi agar koleksi tidak rusak maupun sobek. Tugas pustakawan disini adalah harus menjaga dan merawat koleksi-koleksi agar tidak mudah rusak. Seperti mengatur suhu ruangan biar nggak terlalu lembab atau telalu kering, membersihkan buku dari debu secara berkala, melakukan penyampulan, membasmi serangga-serangga yang akan merusak koleksi, dll. Okeee,,, itu tadi sedikit coretan dariku, maaf kalau ada salah penulisan atau yang lainnya. Semoga coretanku ini bermanfaat bagi semua orang dan semoga semua orang yang membaca coretanku ini nggak akan memandang sebelah mata lagi profesi pustakawan. Sampai ketemu lagi di coretan-coretanku yang lain ya .... teman . Wassalamu’alaikum. Wr. Wb

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->