Nama Kelompok 1. EDO HERMAWAN (10) 2. TEGUH SATRIO 3. SHANDI SONNA (32) 4.

WILDAN BAGASKORO(43) KELAS XI-A3

PENDAHULUAN
Perjuangan bangsa Indonesia selama bertahun – tahun akhirnya mencapai kemerdekaaan. Sejak proklamasi tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia sudah menjadi negara yang merdeka, dimana telah terlepas dari belenggu penjajahan. Kemerdekaan yang telah diraih melalui perjuangan yang berat, tentunya harus dipertahankan. Perjuangan yang dilakukan meliputi perjuangan secara fisik dan secara diplomasi.

Rakyat Indonesia menggunakan senjata rampasan dari . Ketika negara kita memproklamasikan kemerdekaan. Rakyat Indonesia bangkit melawan tentara Sekutu dan NICA. Perjuangan secara Fisik A. ada pihak-pihak yang tidak mengakui kedaulatan pemerintahan Republik Indonesia. tentara Jepang masih ada di Indonesia. Tentara Sekutu membantu NICA yang ingin membatalkan kemerdekaan Indonesia.1. Perjuangan Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia Pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Pada tanggal 29 September 1945 tentara Sekutu dan pasukan NICA tiba di Indonesia dan mendarat di Pelabuhan Tanjung Priok. Rakyat Indonesia tidak ingin lagi menjadi bangsa yang terjajah. Akan tetapi.

.

Perlawanan rakyat Surabaya mencerminkan tekad perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Apabila ultimatum tersebut tidak dilaksanakan.00. Dalam pertempuran yang berlangsung sampai awal Desember itu gugur beribu-ribu pejuang Indonesia. dan udara Tanggal 10 November 1945 pukul 06. laut maupun udara. Hari Pahlawan untuk memperingati jasa para pahlawan. Pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. . tentara Sekutu menggempur Surabaya dari darat.Sekutu memerintahkan rakyat Surabaya menyerahkan senjatanya. Dengan pekik Allahu Akbar.00 WIB. Bung Tomo membakar semangat rakyat. Di bawah pimpinan Gubernur Suryo dan Sutomo (Bung Tomo) rakyat Surabaya tidak mau menyerahkan sejengkal tanah pun kepada tentara Sekutu. Penyerahan paling lambat tanggal 9 November 1945 pukul 18. laut. Kota Surabaya akan diserang dari darat.

Peristiwa ini memakan banyak korban dari kedua belah pihak. Pertempuran Lima Hari di Semarang Pertempuran ini terjadi pada tanggal 15 Oktober 1945. Karyadi menjadi salah satu korban sehingga namanya diabadikan menjadi nama salah satu Rumah sakit di kota Semarang sampai sekarang.b. . Untuk memperingati peristiwa tersebut maka pemerintah membangun sebuah tugu yang diberi nama Tugu Muda. Dr. Kurang lebih 2000 pasukan Jepang berhadapan dengan TKR dan para pemuda.

Pasukan Inggris akhirnya terdesak mundur ke Ambarawa. Kemudian Kolonel Sudirman terjun langsung dalam pertempuran tersebut dan pada tanggal 15 Desember 1945. Pertempuran Ambarawa Pertempuran ini diawali dengan kedatangan tentara Inggris di bawah pimpinan Brigjen Bethel di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945 untuk membebaskan tentara Sekutu. Sampai sekarang setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai hari Infantri . karena Sekutu diboncengi oleh NICA dan membebaskan para tawanan Belanda secara sepihak maka terjadilah perlawanan dari TKR dan para pemuda. Karena jasanya maka pada tanggal 18 Desember 1945 Kolonel Sudirman diangkat menjadi Panglima Besar TKR dan berpangkat Jendral. Setelah itu menuju Magelang.c. Dalam peristiwa tersebut Letkol Isdiman gugur sebagai kusuma bangsa.

Pertempuran Medan Area Pada tanggal 9 Oktober 1945 pasukan Sekutu yang diboncengi Belanda dan NICA di bawah pimpinan Brigjen T. sehingga hal ini menjalar ke seluruh kota Medan.d. Hal ini menjadi awal perjuangan bersenjata yang dikenal dengan Pertempuran Medan Area. . Kelly mendarat di Medan.D.E. Pada tanggal 13 Oktober 1945 para pemuda yang tergabung dalam TKR terlibat bentrok dengan pasukan Belanda.

Pemerintah RI di Jakarta memerintahkan supaya TRI mengosongkan Bandung. Untuk mengenang peristiwa tersebut Ismail Marzuki mengabadikannya dalam sebuah lagu yaitu Hallo-Hallo Bandung. tetapi pimpinan TRI di Yogyakarta mengintruksikan supaya Bandung tidak dikosongkan. . Bandung Lautan Api Kota Bandung dimasuki pasukan Inggris pada bulan Oktober 1945. Akhirnya dengan berat hati TRI mengosongkan kota Bandung.e. Perintah ultimatum tersebut diulang tanggal 23 Maret 1946. Pada tanggal 21 November 1945 Sekutu mengultimatum agar kota Bandung dikosongkan. Sebelum keluar Bandung pada tanggal 23 Maret 1946 para pejuang RI menyerang markas Sekutu dan membumihanguskan Bandung bagian selatan. Hal ini tidak diindahkan oleh TRI dan rakyat.

dekat Cirebon. Perjuangan secara Diplomasi a. Perundingan tersebut dipimpin oleh Lord Killearn. Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Sutan Syahrir sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Perundingan Linggarjati Perundingan Linggarjati dilakukan pada tangga 10 November 1946 di Linggarjati. Dalam perundingan ini. Berikut ini beberapa keputusan Perundingan Linggarjati : . Scermerhorn.2.

Madura. dengan nama Republik Indonesia Serikat. Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia meliputi Jawa. Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya. . 3. Republik Indonesia dan Belanda akan bekerja sama membentuk Negara Indonesia Serikat. yang salah satu negara bagiannya adalah Republik Indonesia.1. 2. dan Sumatra.

Perundingan Renville dilaksanakan di atas Geladak Kapal Renville milik Amerika Serikat pada tanggal 17 Januari 1948. 5. Hasil perundingan tersebut adalah: wilayah Indonesia diakui berdasarkan garis demarkasi (garis van Mook). Sedangkan Belanda diwakili oleh Abdul Kadir Widjojoatmodjo. dan pasukan RI yang berada di daerah kantong harus ditarik ke daerah RI. pemerintah Indonesia diwakili oleh Perdana Menteri Amir Syarifuddin. RI merupakan bagian dari RIS. Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia sampai Republik Indonesia Serikat terbentuk.b. Dalam perundingan tersebut. Perundingan Renville 1. 4. . 2. 3. kedudukan RIS dan Belanda sejajar dalam Uni Indonesia-Belanda.

menghentikan perang gerilya. Dalam perundingan Roem-Royen.c. masing-masing pihak mengajukan statement. sedangkan delegasi Belanda dipimpin oleh van Royen. dan 3. Perundingan Roem – Royen Perjanjian Roem-Royen diadakan tanggal 14 April 1949 di Hotel Des Indes. 2. Sebagai wakil dari PBB adalah Merle Cochran (Amerika Serikat). Jakarta. delegasi Republik Indonesia dipimpin oleh Mr. Delegasi Indonesia menyatakan kesediaan pemerintah Republik Indonesia untuk: 1. Moh. Roem. ikut serta dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag untuk mempercepat pengakuan kedaulatan kepada Negara Indonesia Serikat dengan tanpa syarat. bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan keamanan. .

tidak akan mendirikan atau mengakui negara-negara yang ada di daerah yang dikuasai oleh RI sebelum 19 Desember 1948 menyetujui adanya Republik Indonesia sebagai bagian dari RIS. Pernyataan dari delegasi Belanda. 3. dan berusaha agar KMB segera diadakan sesudah RI kembali ke Yogyakarta. Kesepakatan antara lain: Pemerintah RI dan Belanda sepakat untuk menghentikan tembakmenembak dan bekerja sama untuk menciptakan keamanan. . yaitu: menyetujui kembalinya pemerintah RI ke Yogyakarta. 2. Dari dua usulan tersebut akhirnya diperoleh kesepakatan yang ditandatangani tanggal 7 Mei 1949. 3. 4.1. dan kedua belah pihak sepakat untuk menyelenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag. menjamin penghentian gerakan militer dan pembebasan semua tahanan politik. Pemerintah Belanda akan segera mengembalikan pemerintah Indonesia ke Yogyakarta. 2. Belanda 1. 5.

Moh. BFO dipimpin Sultan Hamid II dari Pontianak. Belanda tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949. Berikut ini para delegasi yang hadir dalam KMB : 1. Moh.Dr. Hatta. Belanda diwakili Mr. Dalam KMB tersebut dihadiri delegasi Indonesia. 4. Prof. 3.. 2. . Konferensi Meja Bundar (KMB) Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan tindak lanjut dari Perundingan Roem-Royen. UNCI diwakili oleh Chritchley. Mr. Mr. Kegiatan KMB dilaksanakan di Den Haag. dan perwakilan UNCI. KMB merupakan langkah nyata dalam diplomasi untuk mencari penyelesaian sengketa Indonesia – Belanda.d. Indonesia terdiri dari Drs. Roem. Belanda. van Maarseveen. BFO. Soepomo.

Antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia Belanda yang dikepalai Raja Belanda. 2. akhirnya KMB menghasilkan beberapa keputusan berikut: 1. sedang Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL) . Belanda mengakui RIS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. 3. 6. Kapal-kapal perang Belanda akan ditarik dari Indonesia dengan catatan beberapa korvet akan diserahkan kepada RIS.Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang. Pengakuan kedaulatan dilakukan selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 1949. Masalah Irian Barat akan diadakan perundingan lagi dalam waktu 1 tahun setelah pengakuan kedaulatan RIS. 4. Tentara Kerajaan Belanda selekas mungkin ditarik mundur. 5.

Berikut ini dampak dan pengaruh KMB bagi rakyat Indonesia. .  Bentuk negara serikat tidak sesuai dengan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.  Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.  Konflik dengan Belanda dapat diakhiri dan pembangunan segera dapat dimulai.  Irian Barat belum bisa diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat.

Yang terdiri atas Negara proklamasi Indonesia. Pada mas ini berlaku UUDS 1950. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. . Negara Indonesia Timur.a) b) Kurun Waktu (1945 – 1949) Dalam kurun waktu ini daya upaya Bangsa Indonesia masih ditujukan bagi Mempertahankan Negara Proklamasi Indonesia dari segala bentuk rongrongan baik yang berasal dari pihak Belanda melalui Nica maupun dari dalam negeri. sehingga UUD 1945 tidak berhasil dijalankan sebagaimana mestinya. Dengan Ir. Hatta sebagai wakil presiden. Sumatera Timur dll. Moh. Kurun Waktu ( 1950 – 1959) Berdasarkan persetujuan konferensi meja bundar. bahwa agar kedaulatannya diakui Belanda maka Indonesia harus dalam bentuk RIS.

c) Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2. yang berisi: 1. Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden. Pada tanggal 5 Juli 1959. Pembubaran Konstituante. 3. Presiden Republik Indonesia Ir. Kembali ke UUD 1945 Pembentukan MPRS yang terdiri dari anggota DPR ditambah tusan daerah/ golongan. . Serta pembentukan DPAS.

Namun Pemberontakan ini dapat ditumpas pada tanggal 1 Oktober 1965. sehingga dikenang sebagi hari “Kesaktian Pancasila”.Setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 keadaan tata negara Indonsia sudah mulai membaik. pada tanggal 30 September 1965 yang bditandai dengan pembunuhan terhadap Para jendral AD. Puncak dari kegiatan ntesebut adala peristiwa G-30-S/PKI. . namun keadaan demikian dimanfaatkan oleh komunis dalam menanamkan pengaruhnya dalam NKRI. Buah dari perbuatan pihak komunis tersebut adalah munculnya ideologi Manipol Usdek serta konsep nasakom.

Dillihat dari prosesnya merupakan suatu reaksi dan koreksi terhadap praktek-praktek penyelewengan yang terjadi pada masa Orde Lama. sehingga memunculkan Orde Reformasi. Namun dalam perjalannya seperti masa-masa sebelumnya juga terjadi penyelewengan oleh beberapa oknum. Orde Baru diharapkan mampu untuk memiliki sikap ndan tekat mental yang baik dan mendalam dalam mengabdi kepada masyarakat. .Orde Baru merupakan tatanan seluruh kehidupan rakyat. bangsa dan negara Ri yang diletakkan pada kemurnian pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945. Orde Baru dimulai dengan keluarnya Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret ) pada tanggal 11 Maret 1966 oleh Presiden Soekarno yang memberikan kekuasaan penuh kepada Panglima Angkatan Darat Letjen Soeharto untuk memulihkan keamanan dengan jalan menindak pengacau keamanan yang dilakukan oleh PKI beserta ormasormasnya.

. Agar tercapai tujuan negara sebagaimana yang termaktub dalam UUD 1945.Reformasi dapat diartikan kembali melakukan usaha-usaha dalam menyusun suatu sistem agar dapat kembali kepada cita-cita awal. yaitu Pancasila dan UUD 1945 serta menjalankannya secara murni dan konsekuen.

Perjanjian Linggarjati. KMB. Namun. Dalam rangka mempertahankan kemerdekaan banyak terjadi pertempuran fisik. pertempuran Ambarawa. pertempuran Medan Area di Medan. perjanjian itu selalu dilanggar oleh Belanda.Dari makalah di atas dapat kita simpulkan bahwa bangsa Indonesia bertekad untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berjuang mengusir bangsa asing yang ingin kembali menjajah Indonesia. Pertempuran 10 November di Surabaya. Kemerdekaan yang telah dipertahankan hendaknya kita manfaatkan dengan hal-hal positif yang membawa dampak baik bagi bangsa kita dan seluruh warga Negara Indonesia . Selanjutnya. seperti pertempuran Lima Hari di Semarang. komisi PBB untuk Indonesia atau UNCI ( United Nations Comission for Indonesia) mempertemukan kembali Belanda dengan Indonesia di meja perundingan. Selajutnya perjuangan diplomasi. peristiwa Bandung Lautan Api. Proklamasi kemerdekaan bukanlah akhir bukanlah akhir dari perjuangan bangsa Indonesia masih harus melakukan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Indonesia telah beberapa kali mengadakan perundingan dengan belanda. Perundingan yang ditempuh antara lain perundingan Roem-Royen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful