P. 1
Aplikasi Medan Elektromagnetik Pada Mesin Listrik

Aplikasi Medan Elektromagnetik Pada Mesin Listrik

|Views: 381|Likes:
Published by Khayrunnisa BM
NNNNNMMMM
NNNNNMMMM

More info:

Published by: Khayrunnisa BM on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2015

pdf

text

original

A.

APLIKASI MEDAN ELEKTROMAGNETIK PADA MESIN LISTRIK

1.

GENERATOR

Suatu sistem yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan prinsip kerja berdasarkan peristiwa induksi (hukum Faraday). Besarnya GGL induksi yang timbul di dalam kumparan adalah:

 = -N ddt dengan  = o cos t ; d/dt = o sin t ; sehingga:  = maks sin t  = N o = N  A B

maks

2.

TRANSFORMATOR

Alat untuk mengubah tegangan listrik bolak-balik. Prinsip kerjanya bedasarkan pemindahan daya/energi listrik dari kumparan primer ke kumparan sekunder dengan cara induksi.
Trafo umum V2/N2 = V1/N1 Trafo: • Step up : V2 > V1 • Step down: V1 > V2

Transforrnator ideal: Pin = Pout atau V1I1 = V2I2 V1/V2 = I2/I1 Transfomator tak ideal:

1

Pin  Pout ; Pout =  Pin  = Pout/Pin x 100%  = efisiensi transformato

3. Dinamo Dinamo dibedakan menjadi dua yaitu, dinamo arus searah (DC) dan dinamo arus bolak-balik (AC). Prinsip kerja dinamo sama dengan generator yaitu memutar kumparan di dalam medan magnet atau memutar magnet di dalam kumparan. Bagian dinamo yang berputar disebut rotor. Bagian dinamo yang tidak bergerak disebut stator.

Perbedaan antara dinamo DC dengan dinamo AC terletak pada cincin yang digunakan. Pada dinamo arus searah menggunakan satu cincin yang dibelah menjadi dua yang disebut cincin belah (komutator). Cincin ini memungkinkan arus listrik yang dihasilkan pada rangkaian luar dinamo berupa arus searah walaupun di dalam dinamo sendiri menghasilkan arus bolak-balik. Adapun, pada dinamo arus bolak-balik menggunakan cincin ganda (dua cincin). Alat pembangkit listrik arus bolak balik yang paling sederhana adalah dinamo sepeda. Tenaga yang digunakan untuk memutar rotor adalah roda sepeda. Jika roda berputar, kumparan atau magnet ikut Makin cepat gerakan roda sepeda, makin cepat magnet atau kumparan berputar. Makin besar pula GGL induksi dan arus listrik yang dihasilkan. Jika dihubungkan dengan lampu, nyala lampu makin terang. GGL induksi pada dinamo dapat diperbesar dengan cara putaran roda dipercepat,

2

Sebagaimana kita ketahui bahwa : kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolakmenolak dan kutub-kutub tidak senama. Perubahan ini dilakukan dengan mengubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektro magnet. 3 . jumlah lilitan diperbanyak. tarik-menarik. akan mendapatkan gaya pada arah yang berlawanan. Motor Listrik Pada motor listrik tenaga listrik diubah menjadi tenaga mekanik. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar. Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor secara umum sama: ü Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gaya ü Jika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop. dan menggunakan inti besi lunak di dalam kumparan. dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap. Torsi: T = KΦIa Dimana: E =gaya elektromagnetik yang dikembangkan pada terminal dinamo (volt) Φ = flux medan yang berbanding lurus dengan arus medan N = kecepatan dalam RPM (putaran per menit) T = torsi electromagnetik Ia = arus dinamo K = konstanta persamaan ü Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaranyang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan. 4.menggunakan magnet yang kuat (besar). ü Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan. yaitu pada sudut kanan medan magnet. maka kedua sisi loop.

i=arus yang mengalir di kawat l.yang menimbulkan efek kulit (skin effect). medan putar di stator inilah yang menggerakkan rotor. B = fluks medan magnet. _ Konduktor saluran transmisi berupa pilinan konduktor sehingga panjang sesungguhnya konduktor lebih besar dari panjang lateral konduktor system arus bolak-balik terdapat arus reaktif.Prinsip dasar kerja motor listrik adalah F = il x B (F=gaya. x operator cross vektor). Karenanya pada arus bolak -balik penampang konduktor tidak sepenuhnya dimanfaatkan. Untuk tegangan-tegangan yang agak tinggi makapada jarak 30 km. 4 .Resistansi arus bola-balik sebuah konduktor adalah juga sedikit lebih tinggi dari resistansi arus searah karena pada arus bolak-balik padat arus tidak terbagi dengan merata pada penampang konduktor. p=jumlah pole). hal itu sudah akan mengakibatkanpenurunan daya yang besar. Padat arus lebih besar terdapat pada tepi konduktordibanding dengan bagian tengahnya. EFEK KULIT PADA JARINGAN TRANSMISI Pada saluran transmisi kita memperhatikan dua hal berikut : _ Arus yang mengalir adalah arus bolak-balik. rotor berusaha mengejar stator. yang menyebabkan terjadinya pemanasan dalam sebuahkabel. yaitu kecenderungan arus mengalir di pinngiran penampang konduktor. f=frekwensi. Hal demikian dikenal dengan nama efek kulit (skin effect). Pada systemarus searah tidak terdapt arus reaktif sehingga hal ini tidak membatasi jarak transmisi dengan kabel. Pembebanan lebih jauh akan mengakibatkan pula penigkatan yang berati dari rugi-rugi elektrik pada tegangan tinggi. B. Pada motor AC 3-fasa superposisi medan magnet masing-masing fasa menyebabkan terjadi medan putar sebsar n=120f/p (n=putaran rpm. l= panjang kawat. perbedaan putaran medan putar di stator dan putaran rotor ini dinamakan slip.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu penelitian dan kajian yang berkelanjutan untuk memberikan informasi yang jelas dan objektif kepada masyarakat. hasil pengukuran riel dilapangan. Persoalannya tidak sederhana walaupun badan-badan dunia terkait seperti IRPA. perbandingan hasil perhitungan serta analisa contoh hasil pengukuran lapangan. Pendahuluan Pembangunan jaringan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) di Indonesia maupun di dunia tetap saja menjadi hal yang kontroversial. Di balik keandalan dan keberadaan SUTT 150 KV.C. besar ambang batas medan listrik yang diperbolehkan berdasarkan standart internasional (WHO). kini telah membawa persoalan baru di masyarakat. PENGARUH MEDAN ELEKTROMAGNETIK JARINGAN TEGANGAN TINGGI PADA MANUSIA 1. Terutama mengenai dampak medan listrik dan medan magnetnya. Tetapi sampai saat ini kenyataannya menunjukan bahwa masyarakat banyak masih mempertanyakan. persoalan yang diprediksi bahwa dampak medan listrik dan medan magnet yang ditimbulkan oleh SUTT 150 KV akan berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Didalam makalah ini akan disampaikan permasalahan definisi dari medan listrik. WHO. WHO. VDE telah member batasan dan menyatakan bahwa dampak medan elektromagnetik dibawah jaringan SUTT 150 KV dinyatakan aman. Bagi pemerintah Indonesia juga dipertegas dengan standarisasi SPLN 112-1994 mengenai ambang batas induksi medan listrik dan medan magnet. makhluk hidup serta lingkungannya. bahwa medan listrik dan medan magnet dibawah jaringan dan disekitar SUTT 150 KV di Lubuk Alung – Pauh Limo masih di bawah ambang batas yang telah ditetapkan oleh badan-badan dunia terkait seperti IRPA. Dengan uraian ini diharapkan masarakat lebih banyak 5 .

Teori Medan listrik adalah suatu medan yang disebabkan oleh adanya muatan listrik yang representasi dalam dalam kehidupan sehari-hari berupa medan yang disebabkan oleh suatu benda yang bertegangan.mengenal dan mengetahui apa yang disebut medan listrik. 2. V = operator del (vektor differensial) E = kuat medan listrik D = kerapatan flux listrik ρ = kerapatan muatan yang menyebabkan timbulnya D dan E B = kerapatan fluks magnetik Implementasi dari persamaan diatas dapat dilihat dari suatu konduktor transmisi yang bertegangan sebesar V dan arus yang mengalir sebesar I seperti gambar 1. Hal ini dengan jelas diterangkan dalam persamaan Maxwell I yang diturunkan dari hukum Gauss untuk medan listrik dan medan magnetik. Dari gambar tersebut terlihat bahwa: 6 .

Bila teori ini diterapkan pada medan listrik dan medan magnetik yang ditimbulkan oleh suatu transmisi tegangan tinggi terlihat bahwa.Medan listrik E berawal dari suatu muatan (+) dan berakhir dimuatan ( –) atau berawal dari benda yang bertegangan (+) dan berakhir pada benda bermuatan (–) atau tegangan nol seperti permukaan tanah (bidang ekipotensial).Gambar 1 : Medan listrik E dan medan magnetik H Gambar 2 : Besar dan arah medan listrik dibawah transmisi SUTT dengan. Dari kedua pernyataan diatas tersebut terlihat bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara medan listrik dan medan magnetik. . besar dan 7 . sedangkan medan magnetik H besar dan arah tidak dipengaruhi oleh benda disekitarnya.Medan magnetik H yang disebabkan oleh arus I selaku membuat lintasan tertutup tanpa peduli media apa yang dilalui. Perbedaan tersebut adalah bahwa besar dan arah medan listrik E sangat dipengaruhi oleh benda-benda disekitarnya lebih-lebih yang bersifat konduktor. (a) kondisi lapangan luas dan (b) ada pohon dan rumah .

dan lain-lain). Untuk lebih jelas dapat dilihat gambar 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya Lorentz dapat timbul dengan syarat sebagai berikut : . maka dilakukan pengukuran medan listrik dan medan magnet dialam terbuka dibawah jaringan SUTT 150 KV di daerah Lubuk Alung – Pauh Limo. pohon.Ada kawat pengahantar yang dialiri arus . inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet "permanen"). Jadi gaya lorentz adalah gaya yang dialami kawat berarus listrik di dalam medan magnet. Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu.Penghantar berada di dalam medan magnet Medan magnet. Gaya Lorentz Telah kita bahas bahwa apabila kawat dialiri arus listrik maka akan menimbulkan medan magnet disekitarnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik. Cara Pengukuran Medan Elektromagnetic Untuk membandingkan hasil perhitungan teoritis dengan pengukuran medan dilapangan. 8 . Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut. 2.arah medan listrik dipengaruhi oleh benda disekitarnya (misalnya. adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. rumah. kebun. Sedang untuk medan magnetik H tidaklah demikian halnya. dalam ilmu Fisika.

Pengukuran ini dilakukan pada daerah mendatar horizontal dari sisi pasha tengah (dianggap titik 0 meter) dengan patokan jarak masing-masing 2 meter. Pengukuran dilakukan siang hari. tinggi pengukuran dipilih 1. Hasil Data Pengukuran Dibawah ini data-data pengukuran medan magnet dan medan listrik dari masing-masing tower didaerah Lubuk Alung – Pauh Limo (Deni Wahyudi dkk. Daerah perumahan dan kebun 9 . Hasil pengukuran dari dua daerah yang berbeda.4 m. dengan memakai alat ukur standar VTD/VLF Meter type HI-3604. 2010). 4 meter kesamping phasa. Tabel 1. yang mana ketinggian tersebut dianggap rata-rata tinggi orang Indonesia atau bendabenda yang mungkin terpajang didaerah sekitarnya.Daerah yang dipilih adalah daerah yang andongannya terrendah dan juga dibawahnya terdapat pemukiman penduduk. dan daerahnya tidak banyak rintangan medan. 4.

tampak bahwa medan listrik dititik setinggi 1 m diatas tanah yang dikelilingi oleh pohon atau rumah mempunyai E = 1. Sawah datar tanpa tanaman padi Dari data hasil pengukuran seperti yang terlihat pada tabel 1.Tabel 2.800 kV/m jauh lebih kecil 10 .

Gambar 3. 11 . Penelitian dan Dampak Radiasi Tegangan Tinggi 1.150 kV/m. Sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh WHO dan IRPA (International Radiation Protection Association). Hal ini menjelaskan bahwa medan listrik disekitar rumah atau pohon bahkan didalam rumah selalu lebih kecil dibandingkan dengan daerah yang bebas tanpa rumah dan pohon.dibandingkan dengan medan listrik dititik 1 m diatas tanah tanpa adanya rumah atau pohon E=2. Wertherimer dan Leper (1979)  Pandangan masyarakat dunia pada saat itu tentang hubungan kanker otak pada anak dengan paparan medan elektromagnetik. Situasi pengukuran dilakuakan di titik 0 Bahwa dalam penelitian ini pajanan medan listrik dan medan magnet dibawah jaringan SUTT 150 KVdi beberapa daerah di Lubuk Alung – Pauh Limo masih di bawah ambang batas aman.

12 .8 kali lebih besar dibandingkan dengan penduduk yang tidak bertempat tinggal di bawah SUTET 500 kV.Kes  Besar risiko electrical sensitivity pada penduduk yang bertempat tinggal di bawah SUTET 500 kV adalah 5. Dr. bahkan sebagian besar bersifat kontradiktif. John Swanson  Anak-anak yang tinggal kurang dari 200 meter dari jalur tegangan tinggi.  Dilaporkan. studi Kanada 1999. studi Inggris 1999-2000 dan studi Selandia Baru menemukan hasil yang tidak mendukung Wertheimer 2. Dr. meta analisisnya merupakan penelitian yang mendukung hasil Wertheimer. M.  Ditemukan lima kali lipat lebih besar kasus leukimia pada bayi yang dilahirkan di daerah sekitar SUTET atau sebesar 400 dalam setahun dari 1 persen jumlah penduduk yang tinggal di daerah tersebut. dr. Gerald Draper dan Dr. 1993. studi Feyching dan Ahlboum. Disimpulkan bahwa peningkatan resiko leukemia tidak diakibatkan oleh medan listrik atau medan magnet yang ditimbulkan oleh SUTET 3. Sebagai replikasi dan eskpansi penelitian Wertheimer di berbagai negara. sedangkan studi National Cancer Institute tahun 1997 di Amerika Serikat. Namun hasil yang didapat justru beragam. Anies. saat dilahirkan memiliki resiko menderitaleukimia sebesar 70 persen dari pada yang tinggal dari jarak 600 meter atau lebih.

pening. Corrie Wawolumaya Hasilnya tidak ditemukan hubungan antara kanker leukemia dan SUTET 5.Disimpulkan bahwa medan elektromagnetik yang berasal dari SUTET 500 kV berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada penduduk. WHO (World Health Organization) Ambang batas kekuatan medan listrik dan medan magnet yang tidak membahayakan tubuh manusia sebesar 5 kV/m untuk medan listrik dan 0. KELEMAHAN HASIL-HASIL PENELITIAN  Hingga saat ini. maka itu hanya terjadi pada sebagian kecil kelompok 6. Walaupun demikian medan tegangan listrik belum bisa dibuktikan benar-benar aman. belum ada kesepakatan dari para ahli kesehatan dunia mengenai efek SUTET terhadap kesehatan. yaitu sekumpulan gejala sakit kepala. dan keletihan menahun. Selain itu disepakati juga bahwa jika ada bahaya kesehatan terhadap manusia.1 m Tesla untuk medan magnet. John Moulder Moulder menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan sebab akibat antara medan tegangan listrik dan kesehatan manusia (termasuk kanker). 13 . tidak ada yang bersifat eksperimental atau percobaan. 4.  Karena penelitian yang dilakukan di seluruh dunia.

susah tidur. gangguan penglihatan  Hal tesebut merupakan gangguan psikosomatik yang bersifat subyektif. Tapi ketika matanya diperiksa ternyata tidak ada kelainan. nyeri otot. sesak nafas.  Medan listrik dan medan magnet dengan frekuensi ekstrim rendah ini juga tidak mungkin menimbulkan efek panas seperti yang dapat terjadi pada efek medan elektromagnet gelombang mikro. Misalnya keluhan sakit perut yang hebat sebenarnya karena masalah keuangan. masalah 14 . dan frekuensi yang lebih tinggi seperti pada telepon seluler. frekuensi radio. termasuk faktor sosial. ada keluhan penglihatannya terganggu dan berkunang-kunang. yang dilakukan selama ini biasanya hanya mempelajari fakta yang berupa gejala.  Gangguan psikis ini lazim disebut dengan elektromagnetik hipersensitiviti.  Anggapan orang yang mengatakan bahwa medan listrik danmedan magnet SUTET dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia seperti :Pusing. berdebar-debar. Yaitu ada keluhan tetapi tidak terbukti dalam pemeriksaan fisik dan penunjang. gangguan penyakit yang dialami masyarakat kemudian dikaji hubungannya dengan SUTET  medan listrik dan medan magnet yang berasal dari jaringan listrik digolongkan sebagai frekuensi ekstrim rendah sehingga kemampuan memindahkan energi sangat kecil dan tidak mampu mempengaruhi ikatan kimia pembentuk sel-sel tubuh manusia yang mempunyai kuat medan listrik sekitar 10 juta Volt/m. sebenarnya merupakan gangguan stres yang berlebihan yang dihubungkan dengan banyak faktor yang mempengaruhi. Contohnya.k gatal-gatal pada kulit.

manusia) akan menghasilkan medan yang relatif lebih kecil dibandingkan tanpa gangguan. hewan. 4. D. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF RONTGEN PADA MAKHLUK HIDUP 15 . media tanah yang tidak datar serta tingkat akurasi dari alat ukur.keluarga dan lain-lain lalu diperberat dengan rasa takut terhadap SUTET Kesimpulan Dari teori dan hasil pengukuran dapat disimpulkan bahwa: 1. 2. adanya reduksi medan seperti rumah. Medan listrik disekitar dan didalam rumah sangat kecil yang berorde puluhan volt/m. 3. Hasil pengukuran medan listrik dan medan magnet dilapangan menunjukan bahwa nilai data yang terukur jauh dibawah hasil data perhitungan. Dari semua hasil pengukuran . besar medan listrik dibawah transmisi 150 kV jauh dibawah standart WHO dan IRPA yaitu 5 kV/m. hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti parameter pada perhitungan adalah parameter yang ideal. Karena objek pengganggu medan listrik tersebut umumnya bersifat konduktor (pohon. Besar dan arah medan listrik dapat berubah bila terdapat objek lain yang mengganggu medan listrik tersebut. rumah. pepohonan.

I path human brain untuk pertama kali diterbitkan pada tahun 1978 pemakaian pada penderita mulai sekitar 16 .sinar rontgen di temukan oleh Wilhelm Conrad Rontgen pada tahun 1895. Publikasi mengenai M. Sistem recording dilakukan dengan cara: -komputer memori -dipindahkan ke film khusus -vidio recorder -cinema film -atau conventional film chager..R. Di samping itu energi lain yang bukan sinar X turut memperkuat barisan radiologi seperti nucler energy misalnya. di samping pemakaian alat konvensional juga digunakan alat canggih seperti DSA (DIGITAL SUBSTRACTION ANGIOGRAPHY) teknik arterial puncture adalah sama yaitu percutaneous arterial catheterization menurut Seldinger.((MAGNETIC RESONANCE IMAGING) ini benar-benar baru. pada masa ini mulai dipakai istilah Radiologi. baik yang bersifat intervensional maupun yang bukan. diketahuilah bahwa sinar tersebut tergolong ke dalam spektrum elektro magnetis. Sebagai contoh kaliber dari arteri dapat di ukur dan angka dapat langsung dibaca. Berbagai teknik pemeriksaan pasien ditemukan. Pada waktu itu pemakaian sinar X di bidang kedokteran masih sangat sederhana baik di bidang diagnostik maupun di bidang terapi. Masa sekarang adalah masa canggih. CT scan dan MRI. Dengan cara ini dapat dipilih momen opname yang diinginkan suatu region of interest dapat di gambarkan dan di amati lebih teliti. Baru setelah pengetahuan mengenai radiofisika semakin maju. Dilakukan tahapan acquisition dan processing dan nanti di ikuti dengan display. sekitar pertengahan abad ini teknologi radiologi makin dikembangkan dan dipermodern. Alat semuanya dijalankan secara computerized. Pada masa itu untuk disiplin ilmu ini digunakan istilah Rontgenologi. Sinar tersebut dinamakan sinar X karena waktu itu jenis sinar tersebut belum diketahui. sebagian dengan menggunakan bahan kontraks.

Menyelidiki struktur hablur dan jarak pemisah antara atom-atom dalam suatu bahan hablur. Merusak materi genetik. Dan lain sebagainya.WIFI DLL) PADA MANUSIA 17 . Menimbulkan efek/cacat pada bayi yang belum dilahirkan ketika sang ibu melakukan rontgen dalam keadaan hamil. Dampak positif sinar rontgen: Mendeteksi kerusakan yang terjadi di dalam tubuh. Mengurangi pembelahan sel. Dengan MRI dapat dilakukan berbagai pemeriksaan dengan ketelitian yang melebihi pemeriksaan yang lain. Memusnahkan sel-sel kanker /sebagai alat radioterapi Meliat kelainan yang terjadi di dalam tubuh. Di beberapa radiologi. mulai digunakan istilah Radiology/medical imaging. PENGARUH GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK(HP.tahun 1980. Dampak negatif sinar rontgen: Sinar rontgen bisa membunuh sel-sel hidup yang ada pada tubuh manusia Pemakaian dalam jangka waktu lama dan terus menerus dapat mengakibatkan mutasi pada sel yang memicu kanker. Dapat menerobos melalui berbagai benda yang tak tembus oleh cahaya biasa.) sebagian alat dioperasikan dengan bantuan komputer dan dilengkapi dengan berbagai tambahan yang lain seperti recorder. Memotret bagian-bagian dalam tubuh yang kemudian dijadikan sebagai alat diagnosa untuk dasar pengobatan. Menghancurkan tumor ganas atau pertumbuhannya. cinema film dan lain-lain. E. Menganalisis dan mendiagnosis suatu penyakit.

Padahal di sekitar kita baik di rumah. rangkaian listrik 18 . namun tidak sedikit pula bantahan-bantahan oleh beberapa pihak yang menyangkal sebaliknya. sinar-x dan sinar gamma merupakan contoh-contoh gelombang elektromagnetik. Spektrum gelombang elektromagnetik yang kita ketahui mencakup rentang frekuensi yang lebar. sinar radar. Anggapan ini dibenarkan oleh para ahli bidang telekomunikasi. Beberapa contoh adalah perambatan panas. Radiasi pada dasanya adalah suatu cara perambatan energi dari sumber energi ke lingkungannya tanpa membutuhkan panas. cahaya tak terlihat. Banyak kalangan mengklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat-alat listrik dapat mengganggu kesehatan pengguna dan orang-orang yang berdiri di sekitarnya. sinar-x dan sinar gamma merupakan contoh-contoh gelombang elektromagnetik. ternyata banyak sekali radiasi. cahaya tak terlihat. sinar radar. Dalam ruang hampa. gelombang ini semuanya merambat dengan kecepatan yang sama. cahaya. 1.Radiasi pada dasanya adalah suatu cara perambatan energi dari sumber energi ke lingkungannya tanpa membutuhkan medium. matahari. lampu. bintang. Tingkat paparan gelombang elektromagnetik dari berbagai frekuensi berubah secara signifikan sejalan dengan perkembangan teknologi yang menimbulkan kekhawatiran bahwa paparan dari gelombang elektromagnetik ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan fisik manusia. sesuatu yang membahayakan. Sumber elektromagnetik ada dimana-mana. sinyal televisi. dan gelombang radio. PENDAHULUAN Istilah radiasi sering dianggap menyeramkan. dan tornado merupakan sumber alamiah dari gelombang elektromagnetik. Ada juga sumber elektromagnetik buatan seperti ledakan nuklir.Gelombang radio. mengganggu kesehatan bahkan keselamatan. sinyal televisi. 3 x 108 m/s. di kantor. Gelombang radio. maupun di tempat-tempat umum.

Termasuk telepon seluler (ponsel) maupun microwave oven. Electrical sensitivity adalah fisiologis dengan tanda dan gejala neurologis maupun kepekaan. Tubuh manusia akan tersinari oleh berbagai frekuensi gelombang magnetic yang kompleks. Anggapan ini dibenarkan oleh para ahli bidang telekomunikasi. Banyak kalangan mengklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh alat-alatlistrik dapat mengganggu kesehatan pengguna dan orang-orang yang berdiri di sekitarnya. dapat dirumuskan permasalahannya sebagai berikut: Bagaimanakah pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia? Karya Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia. Berdasarkan hal di atas akan dijelaskan secara garis besar gelombang elektromagnetik serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.dengan tube vakum atau transistor. 19 . ternyata sangat potensial menimbulkan berbagai keluhan tersebut. di kantor maupun industri. laser antena radio dan banyak lagi. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas. Ada kemungkinan gangguan tersebut gangguan adalah electrical sensitivity. peralatan elektronik di rumah. berupa berbagai gejala dan keluhan. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh radiasi elektromagnetik yang berasal dari jaringan listrik tegangan tinggi atau ekstra tinggi. namun tidak sedikit pula bantahanbantahan oleh beberapa pihak yang menyangkal sebaliknya. diode microwave.Tingkat paparan gelombang elektromagnetik dari berbagai frekuensi berubah secara signifikan sejalan dengan perkembangan teknologi yang menimbulkan kekhawatiran bahwa paparan dari gelombang elektromagnetik ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan fisik manusia.

Spektrum gelombang elektromagnetik dibagi menjadi beberapa daerah. Pada spektrum gelombang dengan frekuensi 60 atau 50 Hz terdapat medan elektromagnetik yang dibangkitkan oleh saluran daya listrik dan beberapa peralatan besar maupun lecil. HASIL DAN PEMBAHASAN Ada dua jenis radiasi.1 Aplikasi Gelombang Elektromagnetik serta Dampak terhadap Kesehatan Manusia. Belum ditemukan bukti bahwa rendah pemaparan dari terhadap gelombang akan elektromagnetik frekuensi saluran transmisi menyebabkan beberapa penyakit. walaupun telah dilakukan beberapa penelitian. seperti sinar gamma atau sinar-x.2. 20 . disebut juga radiasi ionisasi karena mereka mengionisasi molekul pada jalur yang dilalui. Jenis pertama adalah partikel alpha dan beta yang berasal dari material radioaktif. Pemaparan gelombang yang tidak terkendali dari radiasi ionisasi dalam jumlah besar diketahui sebagai penyebab penyakit dan bahkan kematian pada manusia. Gelombang elektromagnetik energi sangat tinggi. Oleh karena itu peralatan komunikasi yang atau membocorkan gelombang elektromagnetik RF. Ditengah-tengah terdapat frekuensi radio (RF) gelombang elektromagnetik yang membawa apa saja dari radio AM dan FM dan siaran televisi. dan gelombang elektromagnetik atau photon adalah jenis yang kedua. Pada ujung atas terdapat radiasi nuklir yang terdiri dari sinar gamma dan sianr-x. Efek biologis gelombang elektromagnetik RF non-ionisasi tidak diketahui dengan baik pada saat ini. 2. band radio dan lainnya. Disini radiasi yang menjadi pokok bahasan hanya pada gelombang elektromagnetik.

seperti adanya benda lain disekitar sumber radiasi 5. polarisasi medan elektromagnetik 3. dimanapun Anda melakukan panggilan. Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi dan banyak kontroversi dari berbagai kalangan tentang keamanan dalam menggunakan ponsel. Beberapa cara mentransmisikan adalah melalui saluran transmisi.Manusia telah menemukan peralatan yang menghasilkan energi elektromagnetik untuk komunikasi. otot dan jaringan lainnya dengan kadar air tinggi. sensor dan deteksi. dengan mengirimkannya melalui udara. Ponsel merupakan alat komunikasi dua arah dengan menggunakan gelombang radio yang juga dikenal dengan radio frequency (RF). yang akan menuju ke tingkat kemudahan-kemudahan dalam berkomunikasi. Secara garis besar. frekuensi dan panjang gelombang medan elektromagnetik 2. Kemajuan teknologi komunikasi akan diikuti oleh tingkat kehidupan yang lebih baik. sebuah sistem harus menstransmisikan energi tersebut dalam cara yang diinginkan. Apapun tujuannya. radiasi total yang diserap oleh tubuh manusia adalah tergantung pada beberapa hal: 1. suara akan ditulis dalam sebuah kode tertentu ke dalam gelombang radio dan selanjutnya diteruskan melalui antena ponsel menuju ke base station terdekat dimana anda melakukan panggilan. radiasi akan lebih banyak diserap pada media dengan konstan dielektri tinggi seperti otak. dengan diciptakannya telepon seluler (ponsel). jarak antara badan dan sumber radiasi elektromagnetik dalam hal ini handphone 4. serta keperluan lain. 21 . Hal ini sangat tergantung pada kadar air didalam tubuh. sifat-sifat elektrik tubuh. keadaan paparan radiasi. atau dengan cara microwave titik ke titik.

tumor. Kerapatan daya puncak dari antena pada telepon seluler ini memdekati 4.0 W. Inggris. perubahan pada jaringan mata. Efek psikologis Merupakan efek kejiwaan yang ditimbulkan oleh radiasi tersebut misalnya timbulnya stress dan ketaknyamanan karena penyinaran radiasi berulangulang. Efek yang ditimbulkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik dari telepon seluler dibagi menjadi dua yaitu : 1. Tingkat daya dari antena ini aman untuk kesehatan kepala (Fischetti. Efek fisiologis Efek fisiologis merupakan efek yang ditimbulkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik tersebut yang mengakibatkan gangguan pada organorgan tubuh manusia berupa. gangguan pada reproduksi. Karena telepon seluler atau unit PCS harus berhubungan dengan substasiun yang diletakkan beberapa kilometer jauhnya. kangker otak dan pendengaran. 2. 2. Pita frekuensi 800 sampai dengan 3000 MHz telah dijatahkan untuk peralatan komunikasi ini (Kobb. pancaran dari peralatan ini harus cukup kuat untuk memastikan sinyalnya bagus.Menurut The National Radiological Protection Board (NPRB) UK. hilang ingatan.1 sampai dengan 1. Substasiun yang menerima sinyal paling jernih dari telepon seluler memberikan pesan ke jaringan telepon local jarak jauh. PCS menyediakan komunikasi suara dan data didesain untuk menjangkau daerah yang luas. termasuk retina dan lensa mata.48 mW/cm2 (IEEE C 22 . kepala pening.2 Radiasi Elektromagnetik Dari Telepon Seluler Telepon seluler (ponsel) mentransmisikan dan menerima sinyal dari dan ke substasiun yang ditempatkan di tengah kota. 1993).1993).8 W/m2 atau 0. Peralatan ini memancarkan daya sekitar 0. Jaringan Personal Communication Services (PCS) mirip dengan system telepon seluler.

5 cm dari tubuh celana. 6. 6. 5. Kirim SMS saja ketimbang menelepon bila memungkinkan. Kanker Tumor otak Alzheimer Parkinson Fatigue (terlalu capai) Sakit kepala Cara Pencegahan Pengaruh Radiasi Ponsel 1. Jangan simpan ponsel di bawah bantal 23 . 3. jantung dan kantung Usahakan menjauhkan ponsel setidaknya 1 inci/2. Jangan simpan ponsel di kantong baju atau celana Bila memungkinkan.1-1991). Gunakan headset atau headphone nirkabel (wireless) dengan emitor bluetooth berdaya rendah. Berikut beberapa penyakit dan kelainan yang berpotensi timbul karena radiasi HP: 1. Semakin lemah sinyal. 4. Mengirim SMS juga menjauhkan radiasi dari kepala Anda. 7.95. bila ponsel melekat seharian di tubuh Anda. gunakan ponsel dalam kondisi sinyal terkuat. 4. letakkan dengan layar menghadap ke dalam. 2. 2. 3. Radiasi SMS lebih rendah ketimbang berbicara. Anda. semakin banyak frekuensi radio yang digunakan agar bisa terhubung. Jangan terlalu sering meletakan hp dekat ginjal. 5. Bila tak digunakan sebaiknya taruh di tas atau dompet.

Gunakan casing (tutup) antiradiasi Penelitian mengenai pengaruh gelombang mikro terhadap tubuh manusia menyatakan bahwa untuk daya sampai dengan 10 mW/cm2 masih termasuk dalam nilai ambang batas aman (Wardhana. Gunakan hp yang radiasinya dibawah level kelayakan 13. 9. paling tidak sudah dibuktikan oleh salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna ponsel terbanyak dunia. Namun kita juga tidak bisa mengabaikan atas permasalahan ini. Kurangi menelpon menggunakan HP dalam gedung. Otak janin dan bayi paling rentan terhadap radiasi.2000) Para ahli mengungkapkan radiasi yang ditimbulkan ponsel tidak seratus persen bisa menyebabkan gangguan kesehatan terhadap manusia. Dengan menetapkan aturan ambang batas toleransi radiasi ponsel. 10. Jauhkan ponsel dari bayi dan jauh dari perut jika Anda tengah hamil. Kurangi atau jauhkan pemakaian untuk anak-anak. tentunya peraturan ini menimbulkan banyak perdebatan di kalangan produsen dengan pemerintah setempat. 11. mengingat masih banyak orang yang masih setia menggunakan piranti wireless ini untuk memudahkan aktifitasnya dan tidak terjadi suatu hal apapun bahkan boleh dibilang masih aman-aman saja. 24 . 12. Bacalah petunjuk pengguna untuk mengetahui rincian lebih lanjut dan tindakan pencegahan dari bahaya radiasi.8. Peraturan tersebut bisa dibilang sangat ketat apalagi mengenai efek samping dari radiasi ponsel.

Pengukuran kadar radiasi sebuah ponsel umumnya disebut dengan Specific Absorption Rate (SAR). 25 . WHO. Sesungguhnya setiap ponsel memiliki spesifikasi ukuran banyaknya energi gelombang mikro yang dapat menembus ke dalam bagian tubuh seseorang tergantung pada seberapa dekat ponsel dengan kepala.0W/kg (watts per kilogram). Batas SAR yang ditetapkan oleh ICNIRP adalah 2. Para peneliti the Kraeftens Bekaempelse mewawancarai 427 warga Denmark yang menderita kanker otak dan 822 orang yang tidak menderita tumor kepala tentang penggunaan ponsel. Hasil studi jelas menunjukkan penggunaan ponsel sama sekali tidak meningkatkan risiko kanker otak. Seiring semakin populernya telepon genggam ini banyak orang sudah mulai mempertanyakan sebenarnya seberapa besar pengaruh radiasi ponsel kepada kesehatan manusia? Banyak pengguna ponsel yang mungkin tidak tahu bahwa ponsel yang mereka gunakan dapat mengirimkan gelombang elektromagnetik ke dalam tubuh mereka.6W/kg. Pengukur energi radio frekuensi atau RF yang diserap oleh jaringan tubuh pengguna ponsel bisa dinyatakan sebagai units of watts perkilogram (W/kg). Paling tidak kurang lebih sebanyak 60 persen dari radiasi gelombang mikro yang diserap dan menembus daerah sekitar kepala. Hal ini menunjukkan bahwa industri seluler ditanah air semakin maju.Paling tidak kedepan dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 220 juta jiwa dan baru 25 juta pelanggan saja yang sudah menggunakan telepon seluler (ponsel). dampak gelombang elektromagnetik tegangan tinggi atau ponsel tidak berbahaya asal pancarannya kecil (UKDWNet Club). Sementara The Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) juga telah menetapkan sebuah standart baru yang digunakan oleh negara Amerika dan negara lain termasuk Indonesia adalah dengan menggunakan batas 1. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

untuk 150 kV adalah 5.5 m dan untuk 500 kV adalah 9.5 m.2 m. kekuatan medan listrik 26 . untuk 275 kV adalah 7.1 m Tesla untuk medan magnet. Jarak aman ini diukur berdasarkan tingginya tegangan listrik.6918-2002 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum SUTT dan SUTET dan SNI 04.5 m. 975 K/47/MPE/1999 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi No. untuk 275 kV adalah 13 m dan 500 kV adalah 17 m.P/47/M. Peraturan tersebut menunjukkan jarak atau ruang yang aman dari pengaruh medan listrik dan medan magnet. Untuk transmisi SUTT dan SUTET aturan jarak aman vertical (C) adalah untuk tegangan 70 kV adalah 4.5 m.P/47/MPE/1992 Tentang Ruang Bebas SUTT dan SUTET Untuk Penyaluran Tenaga Listrik dan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. Dari hasil pengukuran yang dilakukan PLN sampai saat ini. Selain itu. untuk 150 kV adalah 10 m. Untuk jaringan tegangan menengah dan rendah (JTM/JTR) di daerah tersebut dapat digunakan rumus sederhana. Artinya jika tegangan di kawat jaringan sebesar 20 kV maka jarak amanya adalah 20 cm atau 0. Menurut WHO (World Health Organization) ambang batas kekuatan medan listrik dan medan magnet yang tidak membahayakan tubuh manusia sebesar 5 kV/m untuk medan listrik dan 0.6950-2003 tentang Nilai Ambang Batas Medan Listrik dan Medan Magnet SUTT dan SUTET. PLN sendiri telah membuat pagar pembatas untuk menjaga ruang bebas dan jarak aman serta secara periodik melakukan pengukuran kuat medan listrik dengan menggunakan alatElektromagnetic Field Meter.01. pembangunan SUTET 500 kV juga sudah mempunyai Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu SNI 04. Jadi masyarakat mengetahui daerah yang aman untuk beraktivitas. Sedangkan jarak aman horizontal dari as/sumbu menara (D) adalah untuk tegangan 70 Kv adalah 7 m. yaitu 1 kV = 1 cm. 01.PE/1992 Tentang Ruang Bebas SUTT dan SUTET Untuk Penyaluran Tenaga Listrik.

Penyuluhan ini biasanya diberikan PLN pada saat awal pengoperasian SUTT dan SUTET. kemungkinan satu gejala penyakit terkait dengan banyak faktor. Selain pengukuran berkala. atau percobaan. termasuk kanker dan tumor pada anak dan orang dewasa. nyeri otot. berdebar-debar. sesak nafas. PLN juga memberikan penyuluhan tentang aturan jarak aman kepada masyarakat. Sangat sulit membuktikan hubungan sebab akibat antara efek SUTET dengan kesehatan manusia karena manusia tidak bisa dijadikan objek penelitian yang bersifat percobaan (eksperimental). perilaku atau zat berbahaya lainnya dalam lingkungan. tidak ada yang bersifat eksperimental. Contohnya penyakit kanker darah. susah tidur. seperti pusing. Dapat dihubungkan dengan faktor genetik. Hingga saat ini belum ada kesepakatan dari para ahli kesehatan dunia mengenai efek SUTET terhadap kesehatan. Yang dilakukan selama ini biasanya hanya mempelajari fakta yang berupa gejala. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama ini. Memiliki persepsi yang benar dan rasa aman tinggal di sekitarnya.dan magnet di berbagai daerah SUTT dan SUTET di Indonesia masih dibawah ambang batas tersebut. Jadi. Penyuluhan ini bertujuan memberikan pengertian yang benar tentang pengaruh medan listrik dan medan magnet sehingga masyarakat yang bermikim di sekitar sarana transmisi ini. Karena penelitian yang dilakukan di seluruh dunia. Tetapi penyuluhan ini dapat juga diberikan pada kesempatan lain jika masyarakat membutuhkanya. gatal-gatal pada kulit. juga bisa melanggar HAM. gizi. Di samping bertentangan dengan kaidah dasar moral dan etika kedokteran. gangguan penyakit yang dialami masyarakat kemudian dikaji hubungannya dengan SUTET. gangguan 27 . gangguan kesehatan yang sering dikeluhkan masyarakat.

seperti jalur Saguling. Sementara medan listriknya hanya mencapai 3 kV/m. berkorelasi dengan rendahnya tingkat penghasilan sebagaimana yang ditemukan pada masyarakat umum lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tentang medan magnet dan medan listrik yang ada di daerah pemukiman jalur SUTET. Untuk medan Magnet. sebenarnya merupakan gangguan stres yang berlebihan yang dihubungkan dengan banyak faktor yang mempengaruhi. Adanya sinyalemen yang beredar selama ini. termasuk faktor sosial.1 mT (medan magnet) dan 5 kV/m (medan listrik). Begitu juga penelitian komprehensif lain yang dilakukan di jalur Muara Tawar-Cibatu dengan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik serta menggunakan riset laboratorium. Bandung Selatan-Ungaran dan Cirata.009 mT. INIRC dan WHO 1990 yaitu sebesar 0. Adanya gangguan mental emosional (tidak puas dan tertekan) berkorelasi dengan meningkatnya penghasilan. Penemuan baru yang diwacanakan sebagai. 3 wilayah tersebut paling tinggi hanya mencapai 0.penglihatan dan lain-lain.). merupakan gangguan psikosomatik yang bersifat subyektif. ”Trias Anies” menyimpulkan bahwa pajanan medan elektromagnetik yang berasal dari SUTET 500 K beresiko menimbulkan gangguan kesehatan 28 . bahwa SUTET dapat menyebabkan kanker dan tumor (terutama pada anak) sampai saat ini belum dapat dibuktikan secara benar (berdasarkan hasil riset). ditemukan angka yang sangat jauh dari Nilai Ambang Batas yang ditentukan IRPA. elektrokardiogram dan elektroensefalogram.Cibatu II. radiology. Gangguan psikis yang sangat populer dewasa ini berhubungan dengan SUTET disebut dengan elektromagnetik hipersensitiviti.Cibinong. Sementara adanya infeksi dan anemia.

3. Lebih jauh menurut Anies (2006). Berbagai keluhan atau gejala fisik yang dialami oleh seseorang. pada hakikatnya tidak dalam kondisi sehat atau mengalami gangguan kesehatan. yaitu sekumpulan gejala hipersensitivitas yang dikenal dengan electrical sensitivity. dan keletihan menahun (chronic fatigue syndrome). Karena itu. gangguan kesehatan bukan hanya berupa penyakit.pada penduduk. bahkan merasa cemas. merupakan bentuk gangguan kesehatan. Bahkan berbagai fenomena yang menyebabkan seseorang merasa tidak aman dan kurang nyaman. 29 . SIMPULAN Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik suatu simpulan bahwa pengaruh radiasi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan manusia masih banyak menimbulkan perdebatan dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Radiasi elektromagnetik merupakan faktor lingkungan fisik yang perlu dicermati. pening (dizziness). yaitu berupa keluhan sakit kepala (headache).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->