LAPORAN KASUS

TRAUMA TUMPUL

1. 2. 3. 4.

Hadwer Wicaksono Pandjaitan Rhabi’atul Adhawiyah Siti Aisah Ula Faza Nayli R

Apa itu traumatologi ?
TRAUMA : KEKERASAN

LOGOS

: ILMU
ilmu yang mempelajari semua aspek yang berkaitan dengan kekerasan terhadap jaringan tubuh manusia yang masih hidup, juga mempelajari tentang luka dan cedera serta hubungannya dengan berbagai kekerasan

Apa itu luka ? luka adalah suatu keadaan ketidaksinambungan jaringan tubuh akibat kekerasan .

FISIKA c.Apa yang menyebabkan trauma ? a. SENJATA API . KIMIA d. MEKANIK Benda tajam Benda tumpul b.

Apa itu benda tumpul ? Konsistensi keras / kenyal Tidak bermata tajam Permukaan halus / kasar Benda tumpul .

Apa akibat dari trauma tumpul ? .

LUKA MEMAR suatu perdarahan dalam jaringan bawah kulit akibat pecahnya kapiler dan vena kerusakan jaringan tanpa disertai discontinuitas permukaan kulit .1.

.

Memucat / hilang ..Bisa dimana saja .Pada bagian terendah .Warna tetap .Reaksi jaringan (+) .Bila ditekan .Positif .Mikroskopik .Reaksi jaringan (-) .Negatif .Lokasi Memar Lebam Mayat .Pembengkakan .

LUKA LECET Luka lecet atau abrasi adalah luka yang disebabkan oleh rusaknya atau lepasnya lapisan luar dari kulit .2.

dan permukaan tertutup krusta Cokelat kemerahan .Bentuk. batas tidak teratur Tepi tidak rata Luka lecet << perdarahan.

Sembarang tempat 3. Terdapat sisa sisa-sisa 2. Pada daerah yang ada penonjolan tulang .Perbedaan luka lecet ante motem dan post mortem ANTE MORTEM 1. Tanda intravital (+) 4. Kekuningan 2. Coklat kemerahan POST MORTEM 1. Tanda intravital (-) 4. Epidermis terpisah epitel sempurna dari dermis 3.

3. LUKA ROBEK luka yang disebabkan karena persentuhan dengan benda tumpul dengan kekuatan yang mampu merobek seluruh lapisan kulit dan jaringan di bawahnya .

garis batas luka tidak teratur dan tepi luka tidak rata ditautkan tidak dapat rapat Di sekitar garis batas luka di temukan memar Tebing luka tidak rata serta terdapat jembatan jaringan Lokasi pada daerah yang langsung berbatasan dengan tulang .

.

4. FRAKTUR .

ASPEK MEDIKOLEGAL .

Kekerasan/benda yang menyebabkan Jenis Luka Kualifikasi luka DOKTER WAJIB TAHU .

Penganiayaan ringan (luka derajat pertama) Penganiayaan (luka derajat kedua) JENIS TINDAK PIDANA Penganiayaan berat (KUHP 90) Penganiayaan yang menyebabkan kematian .

KESIMPULAN .

Sifat luka garis batas luka teratur tetapi tepinya tidak rata. Telah diperiksa pasien atas nama Abdul Rasit. Ukuran dengan panjang satu koma enam sentimeter. 43 tahun  Ditemukan tanda-tanda kekerasan berupa luka terbuka pada wajah dengan lokasi di bawah alis mata kanan. terdiri atas jaringan kulit dan jaringan ikat. lebar nol koma enam sentimeter dan dalamnya nol koma dua sentimeter. terdapat tiga buah sudut dengan sudut runcing. dengan titik tengah empat koma tiga sentimeter sebelah kanan garis tengah tubuh dan satu sentimeter di atas garis mendatar yang melewati kedua matanya. Bentuk berupa luka terbuka. terdapat jembatan jaringan . tebing luka tidak rata. tidak teratur dan jika ditautkan tidak rapat.

 Tidak ditemukan patah tulang  Pemeriksaan lainnya tidak ditemukan kelainan  Sebab luka adalah penganiayaan dengan benda tumpul  Klasifikasi luka termasuk luka ringan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful