P. 1
psikologi komunikasi

psikologi komunikasi

|Views: 26|Likes:
Published by M Gilang Syahdat

More info:

Published by: M Gilang Syahdat on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2013

pdf

text

original

Modul 2 Psikologi Komunikasi (3 SKS) Oleh Henni Gusfa.,SS.

,MSi

Ruang lingkup dan Ciri Psikologi komunikasi

Tujuan Instruksional : Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan agar mahasiswa dapat mengetahui pengertian hubungan psikologi dan proses komunikasi. Mahasiswa juga mengerti tentang ruang lingkup psikologi komunikasi dan ciri psikologi komunikasi dan peranan psikologi komunikasi

Arti penting adanya ilmu komunikasi bagi manusia karena adanya human relation dalam kehidupan, ini berati bahwa komunikasi merupakan aktivitas yang paling banyak dilakukan dalam kehidupan manusia. Peristiwa komunikasi ini

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Henni Gusfa, SS., M.Si.

PSIKOLOGI KOMUNIKASI

1

seperti komunikasi antar persona. M. intra persona. komunikasi masa. salah satunya adalah keahlian berkomunikasi. Psikologi bukan subdisiplin dari psikologi. ini dibuktikan oleh filosofis klasik Aristoteles yang mengatakan “the art of persuasion”. dimana komunikasi dilakukan tergantung seberapa besar niat individu dalam proses komunikasi. oleh karena itu mempelajari komunikasi dan psikologi adalah dua ilmu yang tak terpisahkan. masalah yang cukup pelik dalam komunikasi adalah bagaimana individu mendisplay pesan yang akan diberikan kepada orang lain. dengan adanya niat dan kesadaran maka komunikasi yang dilakukan menjadi efektif. kalau dilihat dari persentase mungkin 70% atau lebih adalah jumlah dimana waktu dan ruang yang kita gunakan adalah untuk berkomunikasi. Keberhasilan seseorang dalam mencari tujuan hidup dan menentukan arah hidupnya dapat dilihat dari skill yang dimilikinya.dapat dilihat dari konteks komunikasi. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 2 . karena itu faktor yang melibatkan kehadiran individu sebagai penerima pesan atau pemberi pesan merupakan kajian yang dilihat psikologi adalah kepribadian. Kehadiran individu sebagai diri pribadi ini dapat terlihat dalam beberapa prinsip komunikasi yang diantaranya komunikasi berlangsung dalam derajat kesengajaan. komunikasi bisnis dan sebagainya.. SS..Si. ini bukti yang sangat real dimana aplikasi komunikasi adalah untuk mendapatkan sebuah perubahan. Tujuan komunikasi adalah untuk memberikan kesamaan makna. dan ini menjadi landasan komunikasi. karena mempelajari manusia berarti mempelajari gejala PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. Komunikasi yang diilhami dari kajian psikologi yang membahas tentang manusia.

Penyampaian atau penerimaan signal atau pesan oleh organisme. sistem atau gelombang sonar. M. apakah factor dalam diri atau di luar diri manusia. faktor apa saja yang dapat mempengaruhi orang lain dalam berkomunikasi. Menurut kamus psikologi. 3. Kedua. Proses yang dilakukan satu sistem untuk mempengaruhi sistem yang lain melalui pengaturan signal-signal yang disampaikan. Pesan pasien kepada pemberi terapi dalam psikoterapi.. 2. antropologi. mulai dari makna yang pemyampaian energi.Si. biologi. Penyampaian perubahan energi dari satu tempat ke tempat yang lain seperti dalam sistem saraf atau penyampaian gelombang-gelombang suara. seperti sosiologi. karena itu ruang lingkup komunikasi akan terkait dengan pertama. Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi Rentangan makna defenisi komunikasi dalam psikologi cakupannya sangat luas. pengertian komunikasi yaitu : 1. Psikologi mencoba menganalisis seluruh komponen yang terlibat dalam proses komunikasi. Pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona yang lain menyebutkan sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain. apakah factor keinginan dari diri sendiri atau karena keinginan orang lain. 4. apa dampak yang dihasilkan dari komunikasi.perilakunya dan perilaku ini dapat juga dari lintas disiplin ilmu lainnya. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 3 . Dictionary of Behaviorall Science. SS. 5. komunikasi yang bertujuan untuk memberi PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa.

M. Peristiwa-peristiwa psikologi tergambar dalam kebiasaan yang digerakkan oleh otak dan sistem saraf. Kelly 1953. Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi Ciri pendekatan psikologi menonjolkan kekhasan psikologi komunikasi dari perspektif psikologi. Ketiga. Berdasarkan perspektif psikologi behaviorisme menjelaskan Communications is the process by which an induvidual transmits stimuli (usually verbal) to modify the behavior of other individuals (Rahmat dalam hovland.. Upaya kreatif ini terkait dengan cara pandang manusia melihat dunianya. Janis. Prediksi respons (prediction of responses). Penemuan terakhir menunjukkan dengan jelas adanya hubungan erat antara kegiatan otak. Bagaimana cara mendapatkan komunikasi yang efektif. menurut Fisher menyebut ada beberapa ciri pendekatan psikologi pada komunikasi diantaranya: 1. Proses yang mengantarai stimuli dan respons (internal mediation of stimuli) 3.perubahan pada orang lain atau diri sendiri atau keduanya. SS.Si. apakah menganggap manusia unik dan kompetensi tiap manusia tidak ada yang sama atau cara pandang yang menggeneralkan kompetensi dan sifat manusia. Adanya penerimaan stimuli secara indrawi (sensory reception of stimuli) 2. 4. strategi komunikasi yang cocok dalam mendapatkan tujuan yang diinginkan adalah upaya kreatif yang dilakukan manusia. perilaku dan pengalaman. Peneguhan respons (reinforcement of responses). PSIKOLOGI KOMUNIKASI 4 .12) PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa.

PSIKOLOGI KOMUNIKASI 5 . Kemampuan indra didukung oleh kemampuan jiwa inilah yang disebut sebagai proses yang mengantarai stimuli dan respons. data yang diperoleh oleh panca indra diolah di dalam jiwa manusia. inilah yang dihasilkan oleh pakar psikologi dalam konsep psikologi positif yang memberikan sebuah kebahagiaan atau berbagai penyakit jiwa diidap seseorang. Peneguhan adalah respon lingkungan atau orang lain terhadap organisme. Inilah yang menjadi ciri khas pendekatan psikologi komunikasi Ciri khas selanjutnya dimana komunikasi adalah peristiwa sosial. Epifani yang merupakan peristiwa dalam kehidupan seseorang yang menjadi titik balik dalam kehidupannya. A.4). E. seperti depresi. Peristiwa yang terjadi ketika manusia berinteraksi dengan manusia yang lain. kemampuan neurology yang dikembangkan secara optimal pada otak dapat diukur dari perilaku. Menganalisa peristiwa sosial secara psikologis membawa kita pada psikologi sosial. jadi intinya ciri pendekatan psikologi melibatkan organ indra untuk mengolah data.Si.1996. Adakalanya pengaruh yang dihasilkan positif tapi adakalanya juga negative. Ross mendefinisikan psikologi sosial sebagai ilmu “yang berusaha PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. Menurut psikologi – biologi the most of what we can measure now behaviorally is neurologically immaterial to the optimal development of the brain (Jensen. M. hal ini berpengaruh terhadap prediksi respon seseorang.. dalam hal ini respon berarti feed back yang didapatkan akan dapat memberi penguatan terhadap individu.komunikasi adlah proses dimana individu mentransfer stimuli untuk mendapatkan oerilaku orng lain. SS.

Yang kehadirannya boleh jadi sebenarnya. dan sebagainya. dan tindakan individu dipengaruhi oleh apa yang dianggapnya sebagai pikiran. M. Untuk hal ini Flick mengatakan bahwa in social psycology the dominant product of the cognitive turn has been social cognition. proyeksi. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 6 . Psikologi sosial dalam kajian komunikasi adalah mengacu pada hasil yang diperoleh individu dari pemikiran sosialnya. perasaan. 1973 menjelaskan psikologi sosial adalah usaha untuk memahami. attitude. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. maka terjadilah 1). SS. atau kemauan.peikiran sosial ini berkatian sekali dengan skema mental dalam memperoses informasi sosial. atau disiratkan). identifikasi. Arus utama psikologi sosial yang dimunculkan dalam pemikiran sosial memperbanyak kajian yang menelaah tentang individu dan cara individu dalam memproses informasi di lingkungan sosialnya. permainan peranan. perasaan. dan tindakan orang lain..memahami dan menguraikan keseragaman dalam perasaan. Kaufmann. and in research domains such the self concept. menjelaskan. Proses penyampaian dan penerimaan lambanglambang (komunikasi).Si. (juga tindakan) yang diakibatkan oleh interaksi sosial “. dan 3) mekanisme penyesuaian diri seperti sosialisasi. kepercayaan. dan meramalkan bagaimana pikiran. Proses belajar yang meliputi aspek kognitif dan afektif (aspek berpikir dan aspek merasa). streotypes m social cognition has demonstrated the relevance of certain mental scemate for the processing of social information. Bila individu-individu berinteraksi dan saling mempengaruhi. Paralel dengan kajian yang mencoba mengorientasikan kembali psikologi sosial bukan hanya dari permasalahan sosialnya saja tetapi dari isu sosial kontemporer. dibayangkan. 2). agresi.

Hal ini berarti bahwa komunikasi dan psikologi ada dalam ranah sosial: ada yang menekankan faktor-faktor psikologis dan ada yang menekankan faktorfaktor sosial.. dimana individu yang menggunakan dan menginterpretasikan makna adalah individu yang mempunyai interaksi sosial. Edward E. SS. tetapi dari bagaimana menginterpretasikan pesan-pesan dari lingkungan sosial yang diterimanya. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 7 . Manusia bukan dibentuk oleh lingkungan. M. Ross komunikasi adalah proses transaksional yang meliputi pemisahan.Menurut Raymond S. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. Kepribadian terbentuk sepanjang hayat masih di badan kita. begitu rupa sehingga membantu orang lain untuk mengeluarkan dari pengalamannya sendiri arti atau respon yang sama dengan yang dimaksud oleh sumber. Teori dan Aplikasi komunikasi menurut West dan Turner terkait dengan pemaknaan yang dihasilkan oleh individu. Peranan Psikologi Komunikasi Psikologi komunikasi mencakup psikologi dan psikologi sosial mempersoalkan sejauh mana perilaku. yaitu faktor-faktor yang timbul dari dalam diri individu (faktor personal). sosial cara manusia dalam melakukan sebuah hubungan antar manusia. dan pemilihan bersama lambang secara kognitif.Si. Relevan dengan ungkapkan West dan Turner bahwa komunikasi adalah sebuah proses interaksi sosial antara individu untuk menghasilkan makna denngan cara menggunakan dan menginterpretasikan simbol dalam lingkungannya. dan faktor-faktor berpengaruh yang datang dari luar diri individu (faktor environmental). Sampson mengatakan antara perspektif yang berpusat pada persona (person-centered perspective) dengan perspekt{f yang berpusat pada situasi (situation-centered perspective).

dan menetapkan hubungan kita dengan dunia di sekitar kita. Prasangka merupakan salah satu fenomena yang hanya bisa ditemui dalam kehidupan sosial. Hubungan kita dengan orang lain akan menentukan kualitas dan tujuan hidup kita. apakah ia memiliki tipe kepribadian berkecenderungan berprasangka atau tidak. Prasangka yang akan membuat kita terpuruk denga hubungan yang tidak harmonis. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 8 . belum tentu seseorang akan berprasangka karena masih tergantung pada tipe kepribadian yang dimiliki. SS. memberikan pengaruh pada sikap.. Seseorang tidak mungkin berprasangka bila tidak pernah berkomunikasi dengan individu lain. kita menyampaikan apa yang ada di pikiran kita. social dan konteks komunikasinya. hubungan baik serta tindakan kita. Akan tetapi prasangka tidak semata-mata dimunculkan oleh faktor sosial.Si. Sehingga kita dapat saling memahami. M. Faktor kepribadian turut berperan dalam menciptakan apakah seseorang mudah berprasangka atau tidak. Munculnya prasangka merupakan akibat dari adanya interaksi sosial antara berbagai individu di dalam masyarakat. dalam hal ini peranan psikologi sangat ditentukan dari diri. Bila orang lain tidak memahami gagasan kita maka komunikasi kita tidak efektif. agar sama dengan apa yang dipikirkan oleh orang yang menerima. Walaupun faktor sosial sangat menunjang untuk menciptakan prasangka. Persamaan makna seperti yang idealkan dalam komunikasi yang efektif menyebabkan kita harus meminimalisir prasangka. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. mengembangkan konsep diri. Peranan psikologi kjomunikasi adalah untuk menemukan diri kita atau hakekat diri kita sendiri.Dalam rentang pertumbuhan manusia maka komunikasi menjadi penting untuk pertumbuhan karakter manusia.

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. Tubbs dan Sylvia Moss (1974) diantara: pengertian. kesenangan. Komunikasi menghasilkan hubungan kita antar manusia hangat. Tujuan kita melakukan komunikasi salah satunya adalah mempengaruhi orang lain seperti yang kita inginkan. hubungan yang makin baik. Salah satu tekhnik komunikasi yang dapat mempengaruhi orang lain dikenal dengan komunikasi persuasif (membujuk).Tanda-tanda komunikasi efektif menurut Stewart L. dan tindakan. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 9 . SS. Kegagalan menerima isi pesan secara cermat disebut kegagalan komunikasi primer (primary breakdown in communication).Si. Pengertian merupakan penerimaan yang cermat atas isi stimuli seperti yang dimaksud oleh komunikator. Persuasi adalah “proses mempengaruhi pendapat. Ketika kita mencoba untuk memahami apa yang maksud orang memberikan pesan kita harus memikirkan dengan hati-hati dan berusahauntuk mempertimbangkan tujuan dan keinginan orang agar tindakan dan keputusan yang telah kita buat tidak salah.. sikap. M. dan tindakan orang dengan menggunakan manipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri. akrab dan menyenangkan. pengaruh pada sikap. Kesenangan merupakan tujuan untuk menyampaikan informasi dan membentuk pengertian.

Komunikasi ditujukan untuk menumbuhkan hubungan sosial yang baik. Proses yang harus dilalui dalam menghasilkan sebuah komunikasi yang efektif dalam wujud tindakan real ini. efektivitas komunikasi melihat tindakan adalah sebuah produksi atas apa yang dilakukan komunikate. SS. Kita memandang manusia itu tidak ada yang sama persis karena itu tindakan yang diambil atas dasar pemikiran dan motif yang tidak sama pada setiap individu. membentuk dan mengubah sikap atau menumbuhkan hubungan yang baik.Si. Kita ingin berhubungan dengan orang lain secara positif.. PSIKOLOGI KOMUNIKASI 10 . pengendalian dan kekuasaan (kontrol). hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan karena kita harus memperhatikan faktor komunikan. siapa yang kita dorong untuk bertindak. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Henni Gusfa. Manusia adalah makhluk sosial. Komunikasi tujuan akhirnya adalah mendorong orang untuk bertindak. Kebutuhan sosial adalah kebutuhan untuk menumbuhkan dan mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan orang lain dalam hal interaksi dan asosiasi (inclusion). kemudian tindakan adalah proses final dari seluruh proses komunikasi. M. pengertian dan pertimbangan seseorang untuk bertindak. terlebih dahulu kita menanamkan pengertian. Batasan kita mempengaruhi orang tidak pada hasil yang persis sama dengan apa kita pikirkan tapi pada bagaimana perubahan yang dihasilkan orang lain sesuai dengan cara orang lain berpikir dan bertindak. Meski tindakan yang telah diambil sesuai atau tidak dengan apa yang kita harapkan dari pemahaman. dan cinta serta kasih sayang (affection).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->