LEMBAR PENGESAHAN

Laporan lengkap praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia dengan judul “Otot dan Persendian” yang disusun oleh: Nama NIM Kelas Kelompok : Nurul Nisa Muhammad : 101404038 :A : II (dua)

telah dikonsultasikan dan diperiksa dengan seksama oleh Asisten dan Koordinator Asisten maka dinyatakan diterima. Makassar, Koordinator Asisten Asisten Mei 2013

Muh. Riswan Ramli, S.Pd

Irmawati NIM. 091404028

Mengetahui Dosen Penaggungjawab

Dr.A.Mushawwir Taiyeb,M.Kes NIP. 1961 1212 1986 01 2 002

BAB I PENDAHULUAN A. ada yang langsing. Otot manusia memberikan konstribusi yang tinggi dalam bentuk tubuh manusia. ternyata pada tubuh kita terdapat tiga jenis otot yang dimana memiliki letak dan fungsi yang berbeda-beda pula. melindungi dan memberi bentuk pada tubuh kita. Jika kita mengkaji lebih jauh lagi. yang dimana berfungsi untuk membungkus tulangtulang pada manusia. pada anggota badan yang memungkinkan menghasilkan suatu gerakan. Bayangkan saja bagaimana tubuh kita apabila tidak dilapisi sistem otot. Kesemuanya itu dipengaruhi oleh otot mereka masing-masing. Bentuk tubuh setiap manusia pun juga berbeda antar sesamanya. Manusia memiliki bentuk tubuh beragam akan tetapi tidak beragam pula bagian ototnya. maka diperlukan sendi dalam membantu pergerakan rangka manusia. misalanya pada otot jantung yang dimana lebih dikenali lagi terdapat dibagian jantung manusia. dan begitu pula pada otot lurik yang terdapat pada bagian tulang kita. dapat diketahui bahwa di sana terdapat dua tulang yang saling berhubungan. Mengingat fungsi otot sebagai alat gerak aktif dan fungsi rangka sebagai alat gerak pasif. Latar Belakang Manusia dan makhluk hidup lainnya memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Hal ini disebabkan karena fungsi utama otot adalah untuk menyokong. dan ada yang gemuk. Bentuk tubuh manusia yang bagus ditentukan pula oleh otot manusia itu sendiri. Jika diperhatikan. Tak lepas dari rangka manusia itu sendiri yang memberi bantuk dan ukuran tubuh yang merupakan tempat melekatnya otot. ada yang kurus. pasti kita hanya berupa tengkorak berjalan saja. .

maka praktikum mengenai otot dan sendi ini sangat perlu untuk dilakukan. B. Manfaat Praktikum Agar mahasiswa dapat mengetahui secara langsung mengenai jenisjenis otot dan sendi dan dapat membandingkan antara teori yang telah diperoleh selama kuliah dengan hasil yang diperoleh saat melakukan praktikum . Tujuan Praktikum Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis otot persendian tubuh manusia C. agar mahasiswa dapat mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan otot dan sendi.Berdasarkan uraian diatas.

d. 2012). musculus lumbricalis. Hampir 700 otot membangun sistem otot. atau otot yang kerjanya dibawah kemauan sadar . Nama origo dan insertionya. contohnya: Musculus gluteus maximus. contohnya: Musculus rectus abdominis. contohnya: Musculus sternohyoudeus. Otot rangka disebut juga otot skelet (skeletal muscle tissue).BAB II TINJAUAN PUSTAKA Sistem otot pada tubuh berperan menjaga kestabilan posisi tubuh. Strukturnya. Bentuknya. musculus depressor mandibulae. Letak atau posisi dari otot. contoh: Musculus rhomboideus. Kerja dari otot. pembagian nama pada otot sangat beraneka ragam sekali karena setiap ahli mempunyai dasar hukum untuk memberi nama otot. menghasilkan gerakan. contoh: Musculus biceps brachii. e. g. Ukuran atau besar kecilya otot. musculus triceps femoris. Arah serabut otot. musculus obliquus externus. b. contohnya: Musculus intercostalis externa. dan menghasilkan panas tubuh. sekarang sukar untuk mencari homologi otot. musculus coracobrachialis. musculus gracillis minor. Pembahasan sistem otot terfokus pada otot-otot rangka yang bekerja dibawah perintah sadar (diinvervasi oleh sistem saraf tepi atau sistem saraf kraniospinal). Menurut Halifah dan Adnan (2006). otot diberi nama atas dasar : a. Pada dasarnya. contohnya: Aductor longus. Beberapa otot rangka memiliki fungsi utama untuk menstabilkan posisi tulang-tulang sehingga otot-otot rangka yang lain dapat melakukan sebuah gerakan yang lebih efektif (Faisal. f. musculus trapezius. c. misalnya otot bisep brakii yang tersusun atas jaringan otot rangka dan jaringan ikat. Karena itu. otot lurik (striated muscle tissue).

Menurut Zulkarnaim (2008). Garis Z. Pita A (Anisotropik) adalah pita gelap yang bersifat bias ganda dalam cahaya terpolarisasi. Otot rangka terdiri atas berkas-berkas sel silindrik sangat panjang samapi 4 cm dan setiap sel atau serabut mengandung banyak inti. Penyambung padat yang disebut epimisium. dibawah membran sel. Setiap serabut otot dikelilingi oleh suatu lapisan jaringan penyambung longgar (Adnan.(voluntary muscle tissue). serabut otot yang dipotong secara longitudinal memperlihatkan garis-garis terang dan gelap berselang-seling yaitu : 1. Diantara dua garis Z (Zwischenscheibe).100 πm. tendon otot yang melekat pada tulang yang tidak dapat bergerak disebut origo (Gambar 1). Dari epimisium terbentuk septum tipis jaringan penyambung yang berjalan ke dalam dan mengelilingi berkas-berkas serabut di dalam suatu otot. Ditengah keeping A tampak suatu keping terang relaksasi. Pita I (Isotropik) adalah pita terang yang tidak mengubah cahaya terpolarisasi. 3. Massa serabur otot rangka tersusun dalam berkas-berkas teratur yang dikelilingi oleh suatu sarung eksternal jaringan. Berkas serabut yang dibungkus oleh perimisium disebut fasikulus. Diameter serabut otot rangka berkisar 10. 2009). Inti yang banyak disebabkan oleh fusi mioblas ( muscle stem cell) yang berinti tunggal. Panjang sarkomer berkisar 2-3 πm. 5. terdapat unit kontraktil terkecil serabut otot yang disebut sarkomer. sedangkan tendon otot yang melekat pada tulang yang dapat bergerak disebut insersi (Gambar 1). Inti terletak pada bagian perifer. Septum tersebut dinamakan perimisium. garis gelap yang membagi pita I. Pada umumnya. 4. Analogi tipis yang disebut keeping H (Heller) yang hanya Nampak jelas bila otot sedang dalam . 2.

insersi pada umumnya ditarik kearah origo. bagian engsel yang melekat pada kosen pintu adalah origo. Bagian gemuk pada otot yang terletak diantara tendon disebut badan otot (bagian yang bergulung pada engsel pada analogi yang telah dipaparkan sebelumnya). 2012). . sementara bagian engsel yang melekat pada daun pintu adalah insersi. Aksi dari sebuah otot adalah gerakan yang terjadi ketika otot berkontraksi. khusus pada alat gerak.yang dapat digunakan yaitu sebuah engsel pada pintu. maka pintu akan tertutup (Faisal. Pada contoh ini. Pada ibu jari. origo barada pada bagian proksimal sedangkan insersi berada pada bagian distal. Pada analogi engsel pintu.

pintu tidak akan dapat di buka dan di tutup. dan 3) mengatur diameter saluran seperti mengatur besar kecilnya diameter pembuluh darah. yaitu penghubung dua tulang agar bisah di gerakkan. mengatur besar kecilnya cabang pembuluh nafas (Wulangi. diantaranya yang menyangkut anggota tubuh. 2013) . Adapun mengenai sendi. 2) mendorong keluar zat yang tersimpan di dalam kantung.Gambar 1. darah yang bergerak di dalam pembuluh darah. Fungsi tak sadar otot meliputi 1) mendorong menggerakkan zat yang terdapat di dalam bermacammacam saluran seperti makanan yang bergerak sepanjang saluran pencernaan makanan. diafragma untuk menggerakkan makanan dan menghasilkan suara. 1993). dan sperma yang bergerak di dalam saluran mani. Fungsi sadar otot meliputi 1) mempertahankan sikap tubuh. yaitu fungsi sadar dan tidak sadar. dan 2) melaksanakan berbagai macam pergerakan. Origo dan insersi pada otot rangka (Tortora dan B. sel telur yang bergerak di dalam saluran telur. Derrickson). Berikut ini adalah macam-macam sendi yang didasarkan pada kemampuannya bergerak (Anonim. Fungsi yang dilakukan otot ada 2 macam. Dengan adanya sendi sambungan dua tulang bisa di gerakan. Tanpa engsel. Sendi seperti engsel pintu yang menjadi penghubung antara rangka pintu dan daun pintu. seperti empedu yang keluar dari kantung empedu air kemih yang keluar dari kantung air kemih. Begitu pula fungsi sendi bagi tulang. tinja yang keluar dari kantung poros usus (rektum). untuk pergerakan jari-jari. untuk memegang.

.

3.50 WITA : Laboratorium Biologi Lantai III Timur FMIPA UNM . Waktu dan Tempat Hari/tanggal Waktu Tempat B.d 14.BAB III METODE PRAKTIKUM A. Menyediakan alat dan bahan yang diperlukan. 2.10 s. Prosedur Kerja 1. : Selasa/30 April 2013 : Pukul 13. Memberikan keterangan pada gambar tersebut. Alat tulis menulis Bahan: 1. Alat dan Bahan Alat: 1. Menyalin gambar otot dan sendi yang ada pada buku dan laptop. Gambar otot dan sendi C.

M. Orbicularis Oculi 4. M. Masseter 5. M. Occipitafrontalis . Risuris 10. M. Cocrugator Supercili 2. M. M. M. Depressor Angulis Oris 9. Buccinator 6. Orbicularis Oris 11. M.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. M. Levator Labii Superioris 12. Metalio 7. M. M. Hasil Gambar Keterangan: 1. M. Depressor Lebii 8. Nasalis 3.

sternocleidomastoid Keterangan 1. M. M. serong luar perut 12. Eksternal intercostalis k. seminispinalis kapitis 2. bulat besar 17. serong dalam perut 13.Gambar Gambar Keterangan a. M. Interior intercostalis l. M. M. M. splenius kervisis 4. Linea Alba e. Tendon Gambar . gergaji belakang bawah 10. M. M. M. Internal oblique i. bulat kecil 18. M. Transpersus abdominis h. levator scapula 5. Bulat besar dan kecil 8. M. deltoid 19. M. Pectoralis Major d. Aponeurosis g. punggung lebar 16. supraspinatus 6. M. M. M. M. Rectus abdominis j. M. Sluteus Maximus 14. gergaji depan 9. tromboidal major 7. trafesius Keterangan 1. Trafesius b. Deltoid c. elector spina 11. External oblique f. Origo 2. ot. M. M. M. fasia thoracolumbar 15. splenius kapitis 3. Pectoralis minor m.

Persendian Gambar Sendi Engsel Gambar Sendi Peluru Gambar sendi pelana Gambar sendi putar .

Fungsi sadar otot meliputi : 1) mempertahankan sikap tubuh. Menurut Adnan (2009). Otot polos atau otot tidak sadar/tidak bergaris melintang kontraksinya tidak dapat diatur oleh kemauan kita. Pembahasan Praktikum mengenai sistem rangka ini dilakukan untuk mengetahui bagian-bagian system otot dan sendi yang ada pada manusia. Otot skelet atau otot rangka/otot sadar/otot bergaris melintang. Menurut Wulangi (1993). 2. . Otot jantung. yaitu : a. merupakan otot bergaris melintang tetapi tidak dibawah kemauan kita. jadi kontraksinya dapat diatur oleh kemauan kita.B. bersifat voluntary. Khusus pada praktikum ini. secara umum kita mengenal 3 macam otot yaitu : 1. 3. Fungsi yang dilakukan otot ada 2 macam. praktikan hanya menghapal bagianbagian dari system otot pada asisten masing-masing.

sel telur yang bergerak di dalam saluran telur. Contoh sendi engsel adalah pada bagian lutut kaki dan siku tangan. adalah sendi yang dapat digerakan ke dua arah yaitu ke samping dan ke depan. 2) mendorong keluar zat yang tersimpan di dalam kantung. seperti empedu yang keluar dari kantung empedu air kemih yang keluar dari kantung air kemih. Fungsi tak sadar otot meliputi : 1) mendorong menggerakkan zat yang terdapat di dalam bermacammacam saluran seperti makanan yang bergerak sepanjang saluran pencernaan makanan. b. anggota diafragma tubuh. Sendi Pelana. Menutut Dian (2013) beberapa macam sendi yang ada pada manusia normal adalah sebagai berikut: 1. diantaranya yang menyangkut memegang. untuk untuk pergerakan jari-jari. . tinja yang keluar dari kantung poros usus (rektum). mengatur besar kecilnya cabang pembuluh.2) melaksanakan berbagai macam pergerakan. Contoh sendi pelana adalah sendi yang menghubungkan tulang pangkal ibu jari dan tulang pertama pergelangan tangan. 2. dan sperma yang bergerak di dalam saluran mani. adalah sendi yang hanya dapat digerakkan ke satu arah seperti engsel pintu yang hanya bisa di buka dan ditutup. makanan untuk dan menggerakkan menghasilkan suara. Sendi engsel. 3) mengatur diameter saluran seperti mengatur besar kecilnya diameter pembuluh darah. darah yang bergerak di dalam pembuluh darah.

Sendi ini dapat di putar ke segala arah. sendi yang mengubungkan tulang lengan atas dengan tulang gelang bahu. . adalah sendi yang hanya memungkinkan sedikit gerakan. Contoh sendi peluru adalah sendi yang menghubungkan tulang paha dengan tulang panggul. Sendi Geser. 4. 5. Sendi Putar. adalah tulang yang salah satu tulangnya dapat berputar mengelilingi tulang yang lain yang bertindak sebagai porosnya. Contoh sendi geser adalah sendi yang terdapat pada delapan tulang pergelangan tangan. adalah sendi yang merupakan pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkok.3. Contoh sendi putar adalah sendi yang menjadi penghubung antara tulang leher pertama dengan tulang leher ke dua. Sendi Peluru.

4) letak atau posisi dari otot. B. Karena itu. Praktikan: sebaiknya praktikan lebih bekerja sama antar sesama praktikan agar tujuan praktikum dapat tercapai. 2) ukuran atau besar kecilya otot. 5) arah serabut otot. . Praktikum dan Penuntun: sebaiknya ketika praktikum berlangsung asisten dan praktikan lebih saling berkoordinasi agar praktikan tidak sembarangan mengisi laporan sementaranya. dan juga penuntun yang dibagikan kepada praktikan memiliki gambar yang lebih berwarna agar para praktikan dapat mengetahui penunjukan gambar dengan baik. sekarang sukar untuk mencari homologi otot. dan 6) strukturnya. dan sendi geser. Saran 1. Kesimpulan Berdasarkan literatur yang telah dikumpulkan terlihat bahwa pembagian nama pada otot rangka pada manusia berdasarkan atas: 1) nama origo dan insertionya. sendi peluru. Sedangkan pada bagian sendi terdiri dari sendi engsel. 3) bentuknya. 2.BAB V PENUTUP A. sendi pelana. sendi putar.

twelfth edition. http://dhitaprianthara. . Diakses tanggal 05 Mei 2013. 2008. Faisal. Wulangi. Dian. Prinsip-Prinsip Fisiologi Hewan.blogspot. Kartolo S. Gerard. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM Tortora. Struktur Hewan. 2009. Struktur Hewan. J. & Derrickson Bryan. 2009. Principles of Anatomy and Physiology. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM. USA: United States of America. Jakarta: Depdikbud Dirjen Kependidikan Proyek Pembinaan. 2013.com/ Diakses pada tanggal 05 mei 2013. 2013. Zulkarnaim. http://wikipedia. Anonim. Macam-macam Sendi.org/wiki/sendi. Buku Ajar Struktur Hewan. 2012.DAFTAR PUSTAKA Adnan. 1993. Makassar: Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful