Diagnosa Risiko terjadinya penyakit pada siswa SDN 1

Tujuan Evaluasi Kriteria Umum Khusus Standar Intervensi Setelah Klien Verbal Klien dapat 1. Jelaskan dilakukan mengenal menjelaskan kepada pendidikan personal masalah: klien kesehatan,klien hygiene. a. Pengertian mengenai mampu Kriteria personal pengertian mengetahui Hasil: hygiene: personal dan setelah 1 x Personal hygiene hygiene, melakukan pertemuan berasal dari bahasa sanitasi perawatan (30 menit), yunani yang lingkugan . personal a.Pengertian berarti personal 2. Jelaskan hygiene. personal yang artinya kepada hygiene. perorangan klien b.Tujuan dan hygiene berarti mengenai personal sehat. Kebersihan jenis-jenis hygiene perorangan adalah personal c.Macamcara perawatan diri hygiene. macam seseorang untuk 3. Jelaskan personal memelihara kepada hygiene. kesehatannya. klien d.Cara Seseorang tidak mengenai perawatan dapat melakukan cara personal perawatan diri perawatan hygiene. sendiri personal. dipengaruhi kondisi fisik atau keadaan emosional klien. b. Tujuan perawatan personal hygiene: -Menghilangkan minyak yang menumpuk, keringat, sel-sel kulit yang mati dan bakteri. -Menghilangkan bau badan yang berlebihan. -Memelihara integritas permukaan kulit. -Menstimulasi

Perawatan kulit kepala dan rambut. c.Perawatan kuku kaki dan tangan.Perawatan kulit seruruh tubuh. Perawatan diri yang dilakukan pada waktu bangun dari tidur. Cara perawatan personal hygiene: 1. 5.Perawatan genetalia.Perawatan telinga. -Menciptakan keindahan. -Memberikan kesempatan pada perawatan untuk mengkaji kondisi kulit klien. -Meningkatkan percaya diri seseorang. -Meningkatkan derajat kesehatan sesorang.Perawatan tubuh secara keseluruhan. untuk melakukan .Macam-macam personal hygiene. 7. 3. d.Perawatan hidung. -Meningkatkan perasaan sembuh bagi klien. 4. 2. 8. Perawatan mata. 1. 6.sirkulasi/peredaran darah.

pentingnya sebagaimana pertolongan mestinya pertama pada kesehatan dan kecelakaan dilakukan secara 2. serta membersihkan mulut. Klien dapat kurikuler memberikan motivasi kepada 2. Melakukan teman-temannya pembinaan agar meningkatkan dorcil dan kesadaran akan percil pentingnya kesehatan Tidak adanya UKS Terbentuknya UKS UKS terbentuk dengan adanya Pembina dan berfungsi dengan optimal verbal . melakukan perawatan kulit dan kuku.fungsi UKS c. Klien dapat 1.tindakan. pendidikan jasmani yang jasmani yang dilaksanakan dilaksanakan secara secara kurikuler kurikuler b. Perawatan yang dilakukan setelah melakukan makan pagi dengan melakukan perawatan diri seperti mandi atau mencuci rambut. 1. Perawatan diri seperti mencuci muka dan tangan serta menjaga kebersihan mulut. fungsi UKS .Memberikan menjelaskan penyuluhan mengenai: mengenai: .pendidikan a. 2.