P. 1
Pengertian Tanah Longsor Dan Penyebabnya

Pengertian Tanah Longsor Dan Penyebabnya

|Views: 1,899|Likes:
Published by Anyelir Kasih

More info:

Published by: Anyelir Kasih on May 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/02/2014

pdf

text

original

Pengertian Tanah Longsor Dan Penyebabnya - Tanah Longsor merupakan peristiwa terjadinya pergerakan tanah, seperti jatuhnya bebatuan

atau gumpalan besar tanah, yang terlepas dari bagian utama gunung atau bukit. Tanah longsor umumnya terjadi dikawasan pegunungan. Tanah longsor mempunyai beberapa jenis longsoran diantaranya : longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan. Dibawah ini akan Admin berikan penjelasan pada masing-masing jenis longsoran :

Longsoran Translasi
Longsoran ini terjadi karena bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai.

Longsoran Rotasi
Longsoran rotasi muncul akibat bergeraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung.

Pergerakan Blok
Pergerakan blog terjadi karena perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsoran jenis ini disebut juga longsoran translasi blok batu.

Runtuhan Batu
Runtuhan Batu terjadi saat sejumlah besar batuan atau material lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas. Biasanya longsoran ini terjadi pada lereng yang terjal sampaimenggantung, terutama daerah pantai. Runtuhan batu-batu besar dapat menyebabkan kerusakan parah.

Rayapan Tanah
Longsor jenis ini bergerak lambat serta jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Longsoran ini hampir tidak dapat dikenali. Setelah beberapa lama terjadi longsoran jenis rayapan, posisi tiang-tiang, pohon-pohon, dan rumah akan iring

misalnya karena banyak dibangun perumahan atas lereng gunung. Secepat mungkin menutup retakan tanah dan dipadatkan agar air tidak masuk ke dalam tanah melalui retakan tersebut. Tidak melakukan penerbangan pohon secara liar. Cara Pencagahan Tanah Longsor     Membuat Terasering.ke bawah. dan jenis materialnya. Aliran bahan rombakan Longsoran jenis ini terjadi ketika massa tanah bergerak didorong oleh air dan terjadi di sepanjang lembah yang mencapai ratusan meter jauhnya. sehingga menimbulkan setidakseimbangan lereng/ Berat berlebihan yang harus ditanggung lereng. Tidak membuka lahan peswahan dan membuat kolam di lereng bagian atas dekat dengan pemukiman. Kecepatannya bergantung pada kemiringan lereng-volume air. Penebangan pohon secara liar dan penambangan barang tambang secara berlebihan. . Penyebab Terjadinya Tanah Longsor Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tanah longsor. Gempa Bumi yang menyebabkan tekanan sehingga mengakibatkan longsornya lereng-lereng yang lemah. Hujan lebat yang memperlemah kekuatan lereng bebatuan. yang menciptakan lereng-lereng curam. yaitu sebagai berikut :      Erosi yang disebabkan oleh sungai-sungai atau gelombanglaut.

sehingga RUTR tidak ditaati yang akhirnya . Kondisi geologi : batuan lapuk. yang yang misalnya tanah dan faktor manusia: alam berapi. dan getaran lalu lintas kendaraan. Biasanya tidak berikut terjadi setelah Sistem Budidaya pertanian yang Pemotongan Penimbunan Kegagalan tebing pada tanah struktur Penggundulan kolam tidak ikan memperhatikan diatas irigasi yang Tutup stragrafi Iklim Keadaan lahan yang : topografi mengurangi dan curah : tahan sebagai faktor alam Faktor gunung hujan lereng geser. bergerak ke bawah atau keluar lereng. lereng. Proses terjadinyatanah longsor dapat diterangkan sebagai berikut: air yang meresap ke dalam tanah akanmenambah bobot tanah. Getaran yang diakibatkan oleh gempa bumi. Faktor penyebab terjadinya gerakan pada lereng juga tergantung pada kondisi batuan dan tanah penyusun lereng. akumulasi massa air. beban serta berat jenis tanah batuan. hutan. pelarutan dan tekanan hidrostatika. air. gempa bumi. aman. vegetasi penutup dan penggunaan lahan pada lereng tersebut. Keadaan air : kondisi drainase yang tersumbat. Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut kemiringan lereng. curam. tinggi. baik.tanah. maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerakmengikuti lereng dan keluar Faktor-faktor yang menyebabkan lereng.58 Pendidikan lingkungan hidup 0 comments Definisi tanah longsor. Pengembangan wilayah yang tidak di imbangi dengan kesadaran masyarakat. lereng. namun secara garis besar dapat dibedakan a) • • • • • • b) • • • • • • • • Ciri-ciri • Munculnya merugikan Sistem tanah retakan-retakan di drainase longsor lereng yang sejajar daerah yaitu dengan arah lereng yang sebagai tebing. Gaya penahan umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. Terimakasih Untuk : Pengertian Tanah Longsor Dan Penyebabnya | Blog Penerang http://www. penyebab dan cara penanggulangannya Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan. strukutur sesar dan kekar.html#ixzz2SZo1pt00 Definisi tanah longsor. kemiringan lapisan. sendiri. struktur geologi. Tidak membangun rumah dibawah tebing dan tepi sungai yang rawan erosi. curah hujan. tanah. erosi dalam. kritis.  Tidak menggali tanah dibawah lereng terjal. sisipan lapisan batu lempung. Faktor penambangan urugan dinding batu di di lereg daerah penahan yang manusia terjal. ledakan. penyebab dan cara penanggulangannya 22.blogpenerang. : hujan. Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperansebagai bidang gelincir.com/2013/04/pengertian-tanah-longsor-danpenyebabnya. getaran mesin. bahan rombakan. longsor Pada prinsipnya tanah longsor terjadi bila gaya pendorong pada lereng lebih besar dari gaya penahan. atau material campuran tersebut.

Menurut Arsyad (1989: 31) longsor terjadi sebagai akibat meluncurnya suatu volume tanah di atas suatu lapisan agak kedap air yang jenuh air. tanah. ekonomi. Pengertian Tanah Longsor Filed under: GEOGRAFI — Tinggalkan Komentar 30 Desember 2012 Longsor merupakan suatu bentuk erosi dimana pemindahan tanahnya terjadi pada suatu saat dan melibatkan volume besar tanah. meliputi kondisi sosial. Rehabilitasi pohon Yang harus dilakukan dalam tahap tangga darurat adalah penyelamatan dan pertolongan korban secepatnya supaya korban Upaya pemulihan korban dan prasarananya. hilang. pemukiman. 2008). Sedangkan menurut Suprapto Dibyosaputro (1992: 27) Longsorlahan adalah salah satu tipe gerakan massa batuan dan tanah menuruni lereng akibat gaya gravitasi bumi. Rekontruksi Penguatan bangunan-bangunan infrastruktur di daerah rawan longsor tidak menjadi pertimbangan utama untuk mitigasi kerusakan yang disebabkan oleh tanah longsor. tebing. yang di di sesudah bawah terjadi rawan erosi. beban serta berat jenis tanah atau batuan (PVMBG. dibuka. Beberapa ahli mendefinisikan tanah longsor (landslide) sebagai suatu pergerakan massa batuan. miring. Selain itu dikaji juga perkembangan tanah longsor dan teknik pengendaliannay supaya tanah longsor tidak berkembang dan penentuan relokasi korban 3. Jadi. bencana Darurat bertambah. Jika Munculnya Tebing musim Pintu Runtuhnya Pohon/tiang Halaman/dalam hujan biasanya mata rapuh air dan bagian listrik air dan tergenang. yang membangun menjadi Segera menutu retakan tanah dan dipadatkan agar air tidak masuk ke dalam tanah dan melalui retakan tersebut. secara mulai airnya sulit jumlah yang tiba-tiba langsung tiba-tiba. jendela tanah menjelang baru kerikil bencana yang dalam banyak itu. Lapisan yang terdiri dari tanah liat atau mengandung kadar liat akan bertindak sebagai peluncur. air. tidak 2. karena kerentanan untuk bangunan-bangunan yang dibangun pada jalur tanah longsor hampir 100%. 2006:294). Sedangkan gaya pendorong dipengaruhi oleh besarnya sudut lereng. Tanah longsor terjadi apabila gaya pendorong pada lereng lebih besar dari pada gaya penahan. lereng. tegak. atau bahan rombakan material penyusun lereng yang bergerak ke bawah atau ke luar lereng karena pengaruh gravitasi. berjatuhan. besar. Gaya penahan pada umumnya dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah. ambles. penanggulangan rumah Jangan membuka lahan persawahan dan membuat kolam Buatlah terasering Jangan Jangan Jangan yang mendirikan Jangan ( sengkedan memotong rumah menebang membangun dilakukan selama Tangga rumah dan di ) pada lereng tebing tepi di lereng bagian atas di terjal jalan sungai bila dekat pemukiman. tanah longsor bila tanah longsor sulit dikendalikan.• • • • • • • Cara • • • • • • • Hal-hal 1. Longsor terjadi akibat meluncurnya suatu volume tanah di atas suatu lapisan agak kedap air yang jenuh air (Munir. dan sarana transportasi. dari beberapa definisi .

longsoran rotasi. yang terjadi apabila gaya pendorong pada lereng lebih besar dari pada gaya penahan. 2. atau rumah miring ke bawah.di atas dapat disimpulkan bahwa tanah longsor/longsoran ( landslide) adalah pergerakan suatu material penyusun lereng berupa massa batuan. pergerakan blok. Di beberapa tempatbisa sampai ribuan meter seperti di daerah aliran sungai disekitar gunungapi. Runtuhan Batu Runtuhan batu terjadi ketika sejumlah besar batuan atau material lain bergerak ke bawah dengan cara jatuh bebas. volume dan tekanan air. Proses tersebut melalui tiga tahapan. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. 5. Longsoran Rotasi Longsoran rotasi adalah bergerak-nya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung. yaitu pelepasan. Rayapan Tanah Rayapan Tanah adalah jenis tanah longsor yang bergeraklambat. Aliran Bahan Rombakan Jenis tanah longsor ini terjadi ketika massa tanah bergerakdidorong oleh air. Longsoran ini disebutjuga longsoran translasi blok batu. Jenis longsoran translasi dan rotasipaling banyak terjadi di Indonesia. pengangkutan atau pergerakan. rayapan tanah. Longsoran Translasi Longsoran translasi adalah ber-geraknya massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai. pohon. atau bahan rombakan material (yang merupakan percampuran tanah dan batuan) menuruni lereng. Gerakannya terjadi di sepanjang lembah danmampu mencapai ratusan meter jauhnya. Sedangkan longsoran yang paling banyak memakan korban jiwa manusia adalah aliran bahan rombakan. tanah. dan aliran bahan rombakan. Pergerakan Blok Pergerakan blok adalah perpindahan batuan yang bergerakpada bidang gelincir berbentuk rata. Kecepatan aliran tergantung padakemiringan lereng. dan pengendapan. 6. . Batu-batu besar yang jatuh dapat menyebabkan kerusakan yang parah. Aliran tanah ini dapat menelan korban cukup banya. dan jenis materialnya. 4. yakni : longsoran translasi.Umumnya terjadi pada lereng yang terjal hingga menggantung terutama di daerah pantai.runtuhan batu. Jenis-jenis Tanah Longsor Ada 6 jenis tanah longsor. Setelah waktuyang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon. Jenistanah longsor ini hampir tidak dapat dikenali. 3. 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->