P. 1
Pengertian Ekologi Dan Hubungan Dengan Ilmu Fisika

Pengertian Ekologi Dan Hubungan Dengan Ilmu Fisika

|Views: 177|Likes:
Published by anakfisika
hubungan bioligi dan fisika
hubungan bioligi dan fisika

More info:

Published by: anakfisika on May 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

pdf

text

original

Disusun Sebagai Tugas Biologi

Oleh: Hendro Novianto

Jurusan Fisika FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2010

~1~

..........................................4 2.................................1.......................3 BAB II PEMBAHASAN 2...........2 BAB I PENDAHULUAN 1.......................................................2.......DAFTAR ISI JUDUL...............1 DAFTAR ISI............................ Kesimpulan.........7 DAFTAR PUSTAKA.................5 BAB III PENUTUP 3.........................................................3. Faktor abiotik.................3 1..................1.....1.................................................................. Matahari dan perkembangan terhadap energi....... Matahari dan perkembangan terhadap sistem tata surya.........................................................................................2............................................................................ Pengertian ekologi........................................................4 2...................................... Peran ekologi terhadap ilmu fisika.........8 ~2~ .........

1. dan logos yang berarti ilmu. Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktunya. Ada jenis-jenis organisme yang hanya dapat hidup pada kisaran suhu tertentu. ~3~ . yaitu oikos yang artinya rumah atau tempat hidup. seperti : kimia.2 FAKTOR ABIOTIK Abiotik atau komponen tak hidup adalah komponen fisik dan kimia yang merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan. senyawa anorganik. atau lingkungan tempat hidup. dan klimatologi untuk pembahasannya. geologi. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Di gurun. yangterdiri dari dua kata. fisika. intensitas cahaya yang besar membuat peningkatan suhu sehingga hewan dan tumbuhan tertekan. Penerapan ekologi di bidang pertanian dan perkebunan di antaranya adalah penggunaan kontrol biologi untuk pengendalian populasi hama guna meningkatkan produktivitas. yaitu: Cahaya matahari. dan faktor yang mempengaruhi distribusi organisme. Air dapat menyerap cahaya sehingga pada lingkungan air. Suhu. Komponen abiotik dapat berupa bahan organik.1 PENGERTIAN EKOLOGI Ekologi berasal dari bahasa Yunani.Suhu berpengaruh terhadap ekosistem karena suhu merupakan syarat yang diperlukan organisme untuk hidup. Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang banyak memanfaatkan informasi dari berbagai ilmu pengetahuan lain. fotosintesis terjadi di sekitar permukaan yang terjangkau cahaya matahari.BAB I PENDAHULUAN 1. Intensitas dan kualitas cahaya mempengaruhi proses fotosintesis.

dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara. salah satu ilmu yang mempunyai keterkaitan hubungan yang erat adalah Fisika. salah satu bidang kajian ilmu fisika yang sangat dipengaruhi oleh cahaya matahari yaitu pembuatan energi listrik yang berasal dari matahari. Namun cahaya matahari sangat mempengaruhi dalam perkembangan ilmu fisika. 2.1 PERAN EKOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU FISIKA Ekologi mempunyai peran dan pengaruh yang sangat besar terhadap berbagaiperkembangan ilmu. karbondioksida. dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari. Solar Home System ~4~ . Gambar 1.BAB II PEMBAHASAN 2. alga.2MATAHARI ENERGI DAN PERKEMBANGAN TERHADAP proses biokimia Intensitas cahaya dalam bidang biologi sering dikaitkan dengan fotosintesis pada tanaman. Fisika merupakan salah satu ilmu alam yang mempelajari mengenai matahari yang berhubungan dengan Energi atau Kalor dan suhu yang berhunga dengan bidang ilmu yang sangat signifikan adalah Termodinamika. Fotosintesis adalah suatu proses pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhan.

komet.planet. dan meter Gambar 2. sistem tata surya sendiri adalah ilmu yang mempelajari dimana matahari sebagai pusat yang dikitari oleh planet . dimana matahari bersinar sepanjang waktu. gerhana bulan dan matahari ~5~ .3MATAHARI DAN PERKEMBANGAN SISTEM TATA SURYA Selain digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga surya matahari juga mempunyai peranan yang sangat penting yaitu terhadap sistem tata surya yang merupakan bidang kajian dari ilmu fisika inti. Dimana dalam perkembangan SHS ini merupakan salah satu awal dari pemanfaat secara langsung dari faktor lingkungan abiotik yang merupakan komponen dari ekologi yang terdapat dialam. 2.Pemanfaatan sel surya sebagai pembangkit listrik memiliki potensi yang sangat besar dikarenakan letak Indonesia yang berada didaerah tropis. maka sangatlah tepat jika cahaya matahari ini dimanfaatkan sebagai penyedia energi listrik yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atau dalam skala rumah tangga dikenal dengan Solar Home System (SHS). asteroid.

Sistem kalender dunia 4. Proses terjadinya gerhana matahari 3.Dengan mengetahui peredaran sistem matahari seorang fisikawan dapat menentukan berbagai macam hal yaitu diantaranya: 1. Gambar 3. Penemuan satelit dan perkembangan ilmu komunikasi. proses peredaran bumi berevolsi ~6~ . Proses terjadinya gerhana bulan 2. Letak astronomi suatu tempat 5.

tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan alam. Penerapan ekologi di bidang pertanian dan perkebunan di antaranya adalah penggunaan kontrol biologi untuk pengendalian populasi hama guna meningkatkan produktivitas. 2. Penggunaan model-model fisika dalam ekologi misalnya.BAB III PENUTUP 3. dan klimatologi untuk pembahasannya.1 KESIMPULAN 1. Salah satu pengaruh fungsi dari ekologi terhadap perkembangan ilmu fisika adalah matahari yang merupakan komponen abiotik dari suatu sistem ekologi. Matahari memberikan peranan dalam pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sangat berguna bagi ketersedian jumlah energi yang ada dimasa yang akan datang. seperti : kimia. geologi. Misalnya. 3. Perkembangan ekologi tak lepas dari perkembangan ilmu yang lain. Ekologi berkembang seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi. ~7~ . matahari juga mempunyai peranan dalam perkembangan sistem peredaran tata surya yang menghasilkan banyak manfaat bagi perkembangan ilmu fisika. Selain sebagai perkembangan PLTS. fisika. berkembangnya ilmu fisika sangat membantu perkembangan ekologi. Ekologi adalah cabang ilmu biologi yangbanyak memanfaatkan informasi dari berbagai ilmu pengetahuan lain.

DAFTAR PUSTAKA ~8~ .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->