P. 1
ASP Chapter 8 Basic Governmental Accounting

ASP Chapter 8 Basic Governmental Accounting

|Views: 5|Likes:
Published by leli191
GOVERMENTAL ACCOUNTING
GOVERMENTAL ACCOUNTING

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: leli191 on May 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/22/2013

$4.99

USD

pdf

text

original

CHAPTER 8

KONSEP DASAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Bab ini berfokus pada beberapa prinsip akuntansi yang mendasaridan konsep yang mendasari semua akuntansi pemerintahan dan keuangan pelaporan. Untuk memahami laporan keuangan pemerintah, pembaca perlu untuk memahami dasar konsep. Secara khusus, bab ini membahas bidang-bidang berikut:

-

Memahami perbedaan basis akuntansi Memahami apa focus pengukuran yang di gunakan oleh pemerintah Memahami dan menentukan sifat dari asset Menentukan dan memahami sifat dari kewajiban Menentukan dan memahami sifat aktiva / asset bersih (net assets)

Dalam membaca bab ini, perlu diingat bahwa pemerintah melaporkan berbagai jenis informasi keuangan dalam perbedaan jenis laporan keuangan khusus yang dibahas kemudian dalam buku ini. Misalnya, "dana" laporan keuangan pemerintah akan melaporkan saldo dana sementara yang " lebar Pemerintah " laporan keuangan akan melaporkan aktiva bersih. Keduanya mewakili perbedaan / selisih antara aktiva dan kewajiban yang disajikan pada setiap laporan keuangan. Poin penting dari bab ini adalah untuk mendapatkan gambaran dari beberapa konsep dan kemudian melihat bagaimana mereka mendapatkan diurutkan keluar ke berbagai jenis laporan keuangan di kemudian bab (chapters).

19

MEMAHAMI PERBEDAAN DASAR AKUNTANSI non akuntan cenderung berpikir, dapat mengerti, bahwa hanya ada satu cara untuk merekam transaksi organisasi. Jika pemerintah membeli sesuatu dan kemudian membayar tagihan, orang akan berharap bahwa semua pemerintahan universal akan mencatat bahwa transaksi atau peristiwa dengan cara yang sama, pada saat yang sama. Tidak demikian, faktanya, pemerintahan yang sama, dalam set yang sama atas laporan keuangan, dapat merekam bahwa pembelian sederhana dan pembayaran tagihan transaksi sebanyak tiga cara yang berbeda. Silahkan menahan menutup buku, dan baca terus tentang bagaimana ini bisa mungkin terjadi. Cara paling mudah untuk memahami konsep "dasar akuntansi" adalah untuk melihat dasar akuntansi dengan menentukan ketika sebuah transaksi tertentu akan dicatat dalam laporan keuangan. Untuk memahami konsep ini, tiga perbedaan basis akuntansi yang akan diperiksa : - dasar kas, akrual, dan dasar akrual dimodifikasi. Dasar keempat - dasar anggaran dapat juga digunakan oleh pemerintah tertentu ketika mereka mempersiapkan anggaran yang tidak di gunakan, yang berlaku prinsip akuntansi umum. Hanya akrual basis dan modifikas akrual basis benar-benar digunakan dalam mempersiapkan pemerintah laporan keuangan pemerintah yang sesuai dengan SAK bagi pemerintah. Prinsip akuntansi umum yang berlaku bagi pemerintah memang dibutuhkan, dalam kasus tertentu, informasi perbandingan tertentu anggaran-ke-aktual menyertai laporan keuangan, menggunakan dasar akuntansi apapun, ini digunakan untuk menyiapkan anggaran pemerintah (yaitu, dasar anggaran). Dasar kas akuntansi tidak dapat diterima untuk digunakan dalam laporan keuangan pemerintah disajikan sesuai dengan GAAP, tetapi belajar tentang dasar kas akuntansi pasti akan membantu dalam memahami basis akrual dan basis akrual dimodifikasi dan bahkan mungkin dasar anggaran.

20

Cash Basis of Accounting Seperti pernyataan sebelumnya, akuntansi kas basis tidak dapat diterima sebagai dasar akuntansi untuk mempersiapkan keuangan pemerintah laporan harus sesuai dengan GAAP. Jadi mengapa melihat kas basis terlebih dahulu? Karena itu adalah cara yang paling mudah untuk memahami dan akan membantu Anda untuk memahami dasar-dasar akuntansi lainnya. Dalam akuntansi kas basis, pendapatan dicatat ketika kas diterima. Beban diakui pada saat kas dibayarkan keluar. Misalnya, pembelian pemerintah perlengkapan kantor dari ingkungan kantor pasokan toko, Klip. Pasokan diperintahkan pada tanggal 1 Januari diterima pada tanggal 15 Januari dan dibayar pada 31 Januari. Dengan akuntansi kas basis, bukan pemasukan akuntansi dicatat sampai dengan 31 Januari, ketika kantor memasok benar-benar dibayar. Untuk contoh di sisi pendapatan, asumsikan sebuah kota real estate pajak untuk tahun pajak kota, yang dimulai tanggal 1 Juli dikenakan pada 10 Juni (tepat sebelum akhir tahun fiskal) dan jatuh tempo pada 15 Juli. Jika pembayar pajak membayar pajak nya tagihan pada tanggal 13 Juli, maka itu adalah tanggal penerimaan real estate pajak adalah dicatat dalam akuntansi kas basis. Jika pembayar pajak membayar nya atau pajak nya awal, katakanlah 20 Juni pada tahun fiskal sebelumnya, penerimaan pajak real estate akan dicatat pada tahun fiskal sebelumnya(yang yang berakhir pada tanggal 30 Juni, sepuluh hari setelah diterimanya pajak real estate) dengan akuntansi kas basis. Sekali lagi, dari perspektif akuntansi, pencatatan transaksi atas dasar tunai tidak bisa sederhana. Kapan transaksi dicatat? Transaksi dicatat pada saat kas diterima dan ketika kas dibayarkan. Jika dasar kas yang diterima untuk penyusunan laporan keuangan pemerintah sesuai dengan GAAP, buku ini akan berakhir di sini, karena itu akan menjadi semua yang Anda perlu tahu tentang akuntansi pemerintahan. Jika tidak, baca terus.

Accrual Basis of Accounting

Sebagaimana akan kita lihat di bab berikutnya, akrual basis adalah apa yang digunakan dalam penyusunan keuangan pemerintah secara luas pernyataan serta jenis laporan dana keuangan untuk apa yang disebut proprietary menyerupai kegiatan jenis usaha.Dengan demikian, pemahaman dasar akrual adalah penting untuk memahami sebuah pemerintah Laporan keuangan disusun sesuai dengan GAAP. Dengan akrual basis, transaksi dicatat ketika mereka terjadi, terlepas dari kapan kas sebenarnya diterima atau dibayar. Pendapatan diakui pada saat diterima atau ketika Pemerintah memiliki hak untuk menerima pendapatan. Biaya adalah dicatat pada saat terjadinya. Beberapa contoh akan membantu mengklarifikasi konsep.

21

Jadi. Sebuah beban tidak setara Catatan dari sebuah beban untuk tujuan akuntansi. tujuannya akan cocok dengan pendapatan pajak real estat dengan tahun yang terkait dengannya. untuk pembelian perlengkapan kantor. Itu adalah ketika ia memiliki kewajiban hukum (yaitu. Melanjutkan contoh sebelumnya untuk basis akrual untuk pendapatan.) bahwa ketika pasokan dibayar.funds. perbedaan adalah bahwa tidak ada kewajiban nyata pada tanggal 1 Januari di pihak pemerintah. dan sebagainya. tanggal bahwa persediaan yang diterima dan pemerintah berutang pemasok uang bagi mereka persediaan. karena itu adalah tahun untuk yang relates. laporan keuangan pemerintah akan mencerminkan pembayaran tunai (akan memiliki uang tunai kurang) dan pembayaran kewajiban (tidak akan lagi memiliki kewajiban kepada pemasok).Melanjutkan contoh dimulai pada akuntansi dasar kas diskusi. pemasok mungkin out-of-stock barang pesanan.Untuk para pembaca yang menduga bahwa transaksi tersebut terjadi pada tanggal 1. yang berarti bahwa mereka erat 22 . Perintah mungkin dibatalkan sebelum pengiriman. Ini bukan sebuah entri akuntansi untuk tujuan pencatatan beban. Dengan kata lain. kewajiban) untuk membayar pemasok. ketika pasokan diperintahkan. dengan dasar akrual. (Kemudian bab akan membahas "anggaran" masuk dimana pemerintah mungkin merekam sebuah "beban" pada tanggal memesan untuk mengikat dana anggaran yang pada akhirnya akan digunakan untuk membayar untuk persediaan. biaya (dan Kewajiban) dicatat pada tanggal 15 Januari. real estate pembayaran pajak yang diterima di muka-pada 20 Juni-akan tidak diakui sebagai pendapatan sampai dengan tahun fiskal yang dimulai pada Juli berikut 1. transaksi benar-benar terjadi ketika pemerintah menerima perlengkapan kantor.

Jika tagihan listrik pemerintah air pelanggan berdasarkan air yang sebenarnya digunakan (berasumsi bahwa semua pelanggan memiliki air meter). transaksi umumnya diakui pada saat terjadi (mirip dengan basis akrual). modifikasi dari akuntansi berbasis akrual yang digunakan oleh dana yang dianggap "dana pemerintah " (dana yang tidak dianggap eksklusif. Modifikasi dari akuntansi berbasis akrual tidak pernah digunakan dalam persiapan pemerintah di seluruh laporan keuangan. Modifikasi dari Akuntansi Berbasis Akrual (Modified Accrual Basis of Accounting) Sebagaimana akan kita lihat di bab berikutnya. Dalam membandingkan entitas akuntansi pemerintah kepada non-pemerintah pembaca harus tahu bahwa basis akrual adalah satu-satunya basis yang dapat diterima untuk perusahaan komersial dan organisasi bukan nirlaba dalam mempersiapkan laporan keuangan organisasiorganisasi sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Pendapatan diakui dari 11 Juni hingga 30 Juni untuk penjualan air yang terjadi selama periode pada tahun fiskal yang berakhir pada 30 Juni. Air penjualan yang terjadi dari 1 Juli sampai Juli 10 akan diakui sebagai pendapatan pada tahun fiskal yang dimulai pada 1 Juli. Itu pelanggan membayar tagihan pada tanggal 31 Juli.) 23 .Sejak menerapkan metode akrual untuk pendapatan pajak dibahas dalam bab tersendiri pada pendapatan nonexchange (Bab 6). pendapatan diakui oleh air pemerintah utilitas ketika pelanggan benar-benar menggunakan air. atau jenis-bisnis. Tagihan utilitas air pelanggan pada tanggal 15 Juli berdasarkan pembacaan 10 meter Juli. Ini akan mengalokasikan total bulanan pendapatan selama jumlah hari dalam tahun fiskal sebelumnya yang berakhir 30 Juni (20 hari) dan jumlah hari dalam fiskal berikutnya tahun (10 hari). mari kita melengkapi contoh ini dengan salah satu yang tidak berbasis-pajak . tapi waktu dari penerimaan kas akhir atau pengeluaran kas mungkin berdampak pada saat transaksi dicatat (mirip dengan akuntansi basis kas. Seorang pembaca meteran mengunjungi pelanggan pada tanggal 10 Juli dan membaca meter pelanggan untuk mengukur air yang digunakan oleh pelanggan dari 11 Juni (tanggal pada pembacaan terakhir meter) untuk 10 Juli. Tanggal tagihan dan tanggal bahwa pelanggan membayar tagihan yang tidak relevan dalam contoh ini untuk tujuan penentuan saat pendapatan diakui. Modifikasi dari akuntansi berbasis akrual dapat dianggap terletak di suatu tempat antara akuntansi basis kas dan basis akrual. Karena pembacaan meter tidak tersedia pada tanggal 30 Juni utilitas ini akan cenderung menggunakan metode sederhana prorating total tagihan bulan antara dua tahun fiskal. Ketika kapankah pemerintah utilitas air mengakui pendapatan dari penjualan air untuk pelanggan ini didasarkan pada pembacaan meter? Jawabannya adalah bahwa pendapatan dibagi selama dua tahun fiskal. Mari kita kembali menganggap satu tahun fiskal yang berakhir pada 30 Juni. dana yang menggunakan metode akrual seperti dijelaskan sebelumnya) pada laporan dana keuangan . Dengan kata lain.

Kembali ke contoh pajak real estat yang dibahas sebelumnya. Dalam menentukan apakah pendapatan adalah terukur. pendapatan harus diadakan secara terukur dan tersedia. Kriteria yang tersedia adalah sedikit lebih rumit. modifikasi dari akuntansi berbasis akrual akan menghasilkan jumlah yang sama pajak real estat diakui sebagai pendapatan karena dengan basis akrual akuntansi. Untuk pajak real estate. kriteria akan dipenuhi. Selama perkiraan yang wajar dari pendapatan dapat dibuat. didefinisikan dalam PSAK sebagai 60 hari setelah penutupan tahun fiskal. pemerintah tidak harus tahu persis jumlah pendapatan dalam rangka untuk itu untuk dikenakan akrual. Untuk menjadi rentan terhadap akrual. Pembayaran 20 Juni tidak akan diakui sampai tahun anggaran berikutnya dan pembayaran 13 Juli diakui dalam tahun fiskal yang dibayarkan. pendapatan diakui (yaitu. rentan terhadap kriteria akrual. Di bawah modifikasi dari akuntansi berbasis akrual. Kriteria ini menghasilkan rekaman pendapatan hanya dalam tahun fiskal yang diterima dalam waktu yang relatif singkat setelah penutupan tahun fiskal.Banyak perbedaan antara modifikasi dari akuntansi berbasis akrual dan basis akrual yang menjadi perhatian akuntansi yang waktu saat pendapatan diakui. Tersedia berarti bahwa pendapatan akan tertagih dalam periode berjalan akuntansi atau segera setelah itu untuk membayar kewajiban periode berjalan. didasarkan pada ketersediaan dana. 24 . tercatat dalam laporan keuangan sebagai pendapatan) ketika mereka rentan untuk akrual.

Mari kita asumsikan bahwa pembayaran 13 Juli tidak diterima sampai 13 September dari tahun fiskal berikutnya. pembayaran 13 September 20X1 tidak akan diakui sebagai pendapatan sampai tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 30 Juni 20x2. seperti prinsip akuntansi apa yang akan digunakan untuk menyiapkan anggarannya. terlepas dari fakta bahwa itu telah diterima lebih dari satu tahun setelah jatuh tempo. tidak diterima sampai tanggal 13 September 20X1. dimodifikasi untuk berbagai cara-cara khusus untuk jenis apa transaksi tertentu tersebut dicatat. yang akan menjadi akuntansi berbasis akrual yang telah dimodifikasi.tidak dianggap tersedia sejak itu diterima lebih dari 60 hari setelah akhir tahun fiskal 30 Juni 20X1. Kadang-kadang akuntansi berbasis kas. Karena anggaran dasar 25 . pemerintah dapat menggunakan akuntansi berbasis akrual yang telah dimodifikasi dan memodifikasi akuntansi untuk beberapa jenis transaksi dan mengadopsi dasar itu sebagai anggaran dasar akuntansi. Jadi. untuk tanggal 30 Juni. Dengan akuntansi berbasis akrual yang telah dimodifikasi. pendapatan itu akan diakui pada tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 30 Juni 20X1. Kadang-kadang pemerintah menggunakan prinsip akuntansi yang diterima secara umum guna mempersiapkan anggaran mereka untuk dana tersebut. pembayaran pajak yang berhubungan dengan tahun tersebut yang jatuh tempo pada tanggal 1 Juli 20X0. dalam hal ini anggaran dasar akuntansi akan sama dengan dasar akuntansi yang dibutuhkan bagi laporan dana keuangan untuk dana tersebut. Dengan akuntansi berbasis akrual. digunakan sebagai dasar anggaran. pemerintah memiliki kebebasan. Ketika anggaran dasar akuntansi untuk penyusunan anggaran tidak sama dengan dasar akuntansi GAAP untuk dana tersebut. Anggaran Dasar Akuntansi Dasar anggaran akuntansi mengacu pada prinsip akuntansi bahwa pemerintah menggunakan untuk mempersiapkan anggarannya untuk dana operasional utama. akhir tahun fiskal 20X1. serta beberapa dana lainnya yang disebut dana pendapatan khusus. Di lain waktu. Kadang-kadang akuntansi berbasis kas diadopsi sebagai dasar penganggaran. dana umum. pembayaran pajak 13 September 20X1 tidak terpengaruhi oleh kriteria metode akrual . umumnya diatur oleh hukum lokal yang mengatur proses anggaran pemerintah. Adalah fakta bahwa pajak real estate berkaitan dengan tahun fiskal kota yang berakhir pada tanggal 30 Juni 20X1. Menggunakan basis akuntansi berbasis akrual yang telah dimodifikasi.

26 . MEMAHAMI FOKUS PENGUKURAN APA YANG DIGUNAKAN OLEH PEMERINTAH Jika dasar akuntansi menjelaskan kapan transaksi dicatat. Ini dapat dilihat sebagai sedikit anomali(keanehan) karena prinsip akuntansi yang diterima secara umum membutuhkan informasi perbandingan anggaran-ke-sebenarnya untuk disajikan ketika prinsip-prinsip akuntansi digunakan untuk mempersiapkan anggaran tersebut dan angka yang sebenarnya tidak sesuai dengan GAAP. Informasi lebih lanjut tentang persyaratan untuk perbandingan itu dan pengungkapan terkait yang diperlukan akan dibahas kemudian dalam buku ini. fokus pengukuran sumber daya keuangan saat ini digunakan dalam laporan dana keuangan oleh dana yang disebut dana pemerintah. Yaitu adalah fokus pengukuran sumber daya ekonomi dan fokus pengukuran sumber daya keuangan saat ini. dan layanan hutang) sebagai dana yang berbeda dengan dana paten. Dengan kata lain. kita akan mendiskusikan tentang persyaratan dalam prinsip akuntansi yang diterima secara umum untuk menyajikan informasi perbandingan anggaran-ke-sebenarnya dalam anggaran dasar akuntansi sebagai informasi tambahan yang diperlukan untuk laporan keuangan. jika anggaran dasar mengadopsi dasar akuntansi GAAP. Jika anggaran dasar berbeda dengan GAAP. pendapatan khusus. Fokus pengukuran sumber daya ekonomi digunakan dalam penyusunan di seluruh laporan keuangan pemerintah dan dalam laporan dana keuangan oleh jenis aktifitas dana yang melakukan. tidak mungkin jika sebuah buku seperti ini dapat mendeskripsikan apa itu anggaran dasar bagi pemerintah pada umumnya. pikirkan tentang dana pemerintah (contohnya : dana umum. Ada dua fokus pengukuran berbeda yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan untuk pemerintah. Mengapa Anggaran Dasar Akuntansi itu penting? Di bab berikutnya. maka anggaran dasar sama dengan dasar GAAP. Jenis dana tersebut disebut dana paten. proyek modal. fokus pengukuran dapat dilihat untuk mendefinisikan transaksi apa yang dicatat. prinsip akuntansi yang digunakan untuk menyiapkan anggaran pemerintah akan bervariasi dari GAAP. Untuk mempermudah.adalah sesuatu yang ditetapkan oleh pemerintah secara khusus.

Berpikirlah seperti ini: Apakah seorang transaksi atau peristiwa mempengaruhi kondisi ekonomi suatu entitas? Jika tidak. yang pada dasarnya adalah dana dana yang tidak berpemilik. merekamnya. aset-aset yang akan berubah menjadi kas dan menghabiskan dan mereka kewajiban yang akan puas dengan sumber daya keuangan saat ini.) Laporan keuangan disusun dengan menggunakan sumber daya keuangan saat ini fokus pengukuran. (Untuk kesederhanaan. Fokus Pengukuran Sumber Daya Keuangan Sekarang Keuangan saat ini sumber daya fokus pengukuran hanya digunakan dalam keuangan dana oleh dana yang merupakan dana pemerintah. Hal ini mengakibatkan fokus pengukuran yang lebih luas berbagai transaksi direkam dari apakah keuangan saat ini pengukuran sumber daya fokus. mencerminkan perubahan dalam sumber daya keuangan yang tersedia dalam waktu dekat sebagai hasilnya transaksi dan peristiwa masa pajak yang dilaporkan. seperti namanya. sekelompok dana yang disebut dana fidusia sedang ditinggalkan keluar dari diskusi ini. Transaksi dan peristiwa yang meningkatkan posisi ekonomi dari suatu entitas dilaporkan sebagai pendapatan atau keuntungan. Karena sumber daya ekonomi fokus pengukuran mencerminkan transaksi terlepas dari apakah mereka mempengaruhi sumber daya keuangan saat ini. pemerintah secara luas laporan keuangan dan laporan dana keuangan untuk dana milik melaporkan jangka anjang aktiva dan kewajiban jangka panjang karena mereka siap menggunakan fokus pengukuran sumber daya ekonomi. Peningkatan sumber daya dihamburkan dilaporkan sebagai pendapatan atau sumber pembiayaan lain dan penurunan sumber daya dihamburkan adalah dilaporkan sebagai pengeluaran atau penggunaan pembiayaan lainnya. Akuntansi dana tersebut dibahas dalam bab-bab selanjutnya. kewajiban jangka panjang (mereka yang tidak memerlukan penggunaan sumber daya keuangan saat ini untuk membayar mereka) akan tidak dicatat pada neraca dana pemerintah. Di lain kata-kata. perasi pernyataan dan neraca dana pemerintah di laporan dana keuangan mencerminkan transaksi dan peristiwa yang terlibat saat ini sumber daya keuangan: misalnya. 27 . aset jangka panjang dan aset yang tidak akan berubah menjadi uang tunai untuk memenuhi kewajiban lancar tidak tercermin pada keseimbangan lembar dana pemerintah dalam laporan keuangan dana. Transaksi dan peristiwa yang mengurangi posisi ekonomi dari suatu entitas dilaporkan sebagai beban atau kerugian. terlepas dari apakah saat ini atau tidak lancar. sumber daya keuangan atau non keuangan dari suatu entitas yang terpengaruh. Sumber daya ekonomi pengukuran fokus dijelaskan di sini pada dasarnya adalah fokus pengukuran yang sama digunakan oleh komersial organisasi dan tidak-untuk-profit. Dengan demikian. baik aset jangka panjang (Seperti aset modal) dan kewajiban jangka panjang (seperti kewajiban untuk obligasi jangka panjang) disajikan pada laporan keuangan posisi di bawah fokus pengukuran sumber daya ekonomi.Fokus Pengukuran Sumber Daya Ekonomi Fokus pengukuran sumber daya ekonomi didasarkan pada apakah entitas secara ekonomi lebih baik atau lebih buruk sebagai akibat dari peristiwa dan transaksi yang terjadi selama periode fiskal yang dilaporkan. Pada saat yang sama. Karena sumber daya keuangan saat ini fokus pengukuran adalah pada sumber daya keuangan yang tersedia dalam waktu dekat.

Oleh karena itu. Dalam beberapa tahun berikutnya.000 dibagi dengan fiveyear taksiran umur kehidupan) dan pencatatan beban penyusutan dari $ 2. Setelah lima tahun.000 dalam tunai untuk komputer $ 10. Sekarang lihat transaksi ini di bawah saat ini sumber daya keuangan pengukuran fokus. Setiap tahun komputer akan disusutkan.Contoh Praktis Katakanlah bahwa pemerintah membeli baru komputer (aset modal) sebesar $10. Pada tanggal pembelian. komputer akan dibuang dan tidak dijual sebagai scrap.000 beban penyusutan. komputer akan dicatat sebagai aset pada laporan posisi keuangan (identik dengan neraca) di $ 10.000. pernyataan kegiatan mencerminkan beban setiap tahun sebesar $ 2. Ini memberi uang tunai dan diterima komputer sebagai balasannya.000 ($ 10. Pada tanggal 28 . mengurangi aset yang tercatat sebesar $ 2. Ini diperdagangkan $ 10.000. tidak ada perubahan ekonomi di organisasi. Berdasarkan pengukuran sumber daya ekonomi fokus.000 yang diperkirakan akan berlangsung lima tahun.000. ekonomi kondisi organisasi adalah lebih buruk karena komputer telah tahun lebih sedikit dari masa manfaat yang tersisa.Tidak ada efek pada laporan aktivitas (memikirkan ini sebagai laporan laba rugi) karena tidak ada perubahan dalam ekonomi kondisi organisasi.

000 uang tunai dan tidak menerima sumber daya keuangan saat ini dalam kembali. Bagian-bagian selanjutnya dari bab ini membahas sifat aset berbagai kewajiban. ke keuangan laporan dana berpemilik.000 untuk mencerminkan bahwa. pembaca akan memahami bahwa aset yang berbeda dan kewajiban dicatat pada pemerintah secara luas laporan keuangan dari pada laporan keuangan dana ketika ada pemerintah dana yang dilaporkan. Hal menyerah $ 10.000 dalam kas (arus sumber daya keuangan) dan diperdagangkan untuk komputer.000 lebih buruk daripada itu sebelum pembelian komputer. Para berkaitan pembahasan berikut untuk jumlah yang dicatat pada pemerintah secara luas keuangan pernyataan-yaitu. dalam hal saat ini sumber daya keuangan. secara umum. Karena tidak ada dampak lain pada sumber daya keuangan saat ini yang berkaitan dengan komputer ini. Dimana perbedaan dalam akuntansi ada antara laporan dan dana pemerintah keuangan pernyataan. dengan asumsi dasar akrual dan fokus sumber daya ekonomi pengukuran yang digunakan. dan jumlah aktiva bersih biasanya ditemukan di laporan keuangan pemerintah. Diskusi ini juga akan berhubungan. perbedaan itu akan dibahas di kemudian babbab yang menjelaskan akuntansi untuk berbagai jenis pemerintah dana. MENDEFINISIKAN DAN MEMAHAMI SIFAT ASET Mari kita mulai dengan melihat definisi GAAP aset. dana pemerintah adalah keuangan pernyataan tidak akan mencerminkan transaksi lain di tahun-tahun berikutnya yang berkaitan dengan komputer ini.000 kurang dalam keuangan saat ini sumber daya karena menyerah $ 10. itu baik untuk menggunakan kata-kata FASB yang untuk memberikan pemahaman dasar aset (dan kemudian) kewajiban. dana pemerintah memiliki $ 10.Pada tanggal pembelian. yang bukan merupakan saat ini sumber daya keuangan karena diperkirakan tidak akan berubah menjadi uang tunai untuk membayar tagihan ini dana tersebut. dana pemerintah adalah $ 10. Itu FASB memberikan definisi manfaat aktiva yang akan diperiksa di bawah ini. Jika bagian sebelumnya adalah dipahami. Pernyataan operasi (berpikir ini sebagai laporan laba rugi) dari dana pemerintah akan menunjukkan pengeluaran sebesar $ 10. Tidak ada setara langsung dari definisi di GaSb dunia jangan panik. 29 .

jika fiskal pemerintah akhir tahun adalah 30 Juni yang laporan aktiva bersih akan melaporkan aset perusahaan pada tanggal tersebut. benar-benar tidak memiliki apa pun sebagai akibat dari pembayaran di muka itu. Namun. Perhatikan juga bahwa aset yang diukur dalam laporan keuangan sebagai dari suatu titik waktu. Berpikir aset sebagai hal yang termasuk organisasi memiliki serta manfaat ekonomi masa depan yang berhak akan membantu pembaca memahami apa jenis item dianggap aset. jika pemerintah membayar dimuka kewajiban untuk premi asuransi untuk tahun berikut. Beberapa jenis aset sering ditemukan pada pemerintah laporan posisi keuangan • Kas • Setara kas • Investasi • Piutang pajak • Piutang • Hibah dan piutang lainnya • Persediaan • Modal aset 30 .Konsep Pernyataan FASB No 6. pada tanggal laporan bersih aset. yaitu. definisi FASB dimaksudkan untuk memberikan konteks yang lebih luas terhadap aset. "Dan selama ini Anda berpikir bahwa aset adalah hal yang Anda dimiliki! Faktanya adalah. "Unsur-unsur Keuangan Laporan "(FASBCS 6). Informasi lebih lanjut pada konsep ini akan disajikan dalam Bab 4. Sebagai contoh. bukan definisi sempit bahwa hanya menyiratkan kepemilikan. yang berarti aset yang dapat dikonversi yang paling mudah menjadi uang tunai dilaporkan pertama. pembayaran di muka akan memberikan manfaat ekonomi masa depan kepada pemerintah yang akan diasuransikan selama berikut tahun tanpa harus membayar premi asuransi di tahun itu. yang kadang-kadang disebut sebagai neraca. mendefinisikan aset dengan cara berikut: "Aset adalah kemungkinan manfaat ekonomis masa depan diperoleh atau dikendalikan oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksi masa lalu atau peristiwa. Untuk Misalnya. Aktiva juga disajikan dalam laporan aktiva bersih agar mereka likuiditas.

yang harus diungkapkan secara terpisah baris pada laporan aktiva bersih: • Kas yang dibatasi oleh beberapa instrumen hukum tetap. rekening terpisah untuk wire transfer.Kas Kas merupakan aset cukup jelas. deposito yang telah diterima tetapi belum dicairkan di bank yang juga termasuk dalam keseimbangan. yaitu. bukan jumlah dilaporkan pada laporan bank. Misalnya. 31 . jika pemerintah menyewa bagian dari kantor ruang ke organisasi lain dan memegang keamanan $ 1. cek yang telah ditulis dan dipotong dari saldo tapi yang belum dicairkan di bank.000 deposito yang dikumpulkan dari para penyewa. Ini merupakan saldo dalam pemerintah rekening bank. ini akan mencakup kas diselenggarakan dalam utang rekening cadangan wajib dipelihara oleh instrumen utang terkait. • "Cash" caption pada laporan aktiva bersih tidak boleh meliputi. Demikian pula. dan sebagainya sebagainya. Umumnya. bahwa setoran tunai keamanan tidak harus dimasukkan dalam saldo kas dari pemerintah atas laporan aktiva bersih. penggajian imprest rekening. Penyajian kas merupakan saldo buku rekening bank. (Satu Saldo kas dilaporkan pada keuangan pernyataan mewakili agregasi dari semua account tersebut. Saldo buku yang mirip apa orang tetap sebagai saldo dalam buku cek mereka sendiri. Kas yang dibatasi penggunaannya biasanya disajikan secara terpisah dalam laporan aktiva bersih untuk membuat jelas bagi pembaca bahwa tidak tersedia untuk membayar pemerintah saat ini tagihan • Kas yang diterima dan diselenggarakan sebagai uang jaminan yang akan dikembalikan kepada penyedia pada akhir kesepakatan.) Semua rekening kas kecil yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jumlah kas yang dilaporkan pada laporan posisi keuangan harus mencakup • Semua Bank permintaan menyumbang bahwa pemerintah. termasuk yang untuk pengeluaran umum.

Investasi Bab 9 membahas akuntansi untuk investasi pemerintah. Perubahan yang adil nilai investasi dari tahun ke tahun dilaporkan dalam laporan aktivitas pemerintah sebagai bagian dari investasi keseluruhan laba (atau rugi). Contoh ekuivalen kas mencakup tagihan treasury.Ekuivalen Kas Ekuivalen kas berjangka mengacu pada investasi yang begitu dekat untuk disadari sebagai kas yang merupakan dasar dari ekuivalen kas. itu tidak akan dianggap setara kas. "Pelaporan Arus Kas Dana Perwalian proprietary dan Nonexpendable dan Pemerintah Entitas Itu Gunakan Akuntansi Proprietary " (GASBS 9). harus matang dalam waktu tiga bulan dibeli oleh organisasi. Cukuplah untuk mengatakan bahwa sebagian besar investasi yang dilakukan (sebagian besar saham. Klasifikasi sebagai ekuivalen kas terjadi ketika investasi diperoleh oleh organisasi. investasi yang sangat likuid yang baik segera dikonversikan dalam jumlah yang telah diketahui kas dan begitu dekat jatuh tempo bahwa mereka menghadirkan risiko yang tidak signifikan dari perubahan nilai karena perubahan tingkat suku bunga. Hal ini ditafsirkan oleh GASBS 9 yang berarti bahwa untuk investasi yang harus dipertimbangkan uang tunai setara. investasi ini tidak akan dianggap ekuivalen dengan kas jika diselenggarakan oleh organisasi dan kemudian mencapai titik di mana ia hanya memiliki tiga bulan tersisa hingga jatuh tempo. dan instrumen hutang lainnya) dilaporkan dalam laporan aktiva bersih sebesar nilai wajarnya (nilai pasar wajar adalah istilah yang lama untuk apa yang sekarang disebut sebagai nilai wajar). Namun. pasar dana uang. 32 . jika pemerintah membeli catatan satu tahun treasury ketika pertama kali dikeluarkan (sehingga jatuh tempo dalam satu tahun). obligasi. dan kertas komersial. Selain itu. Persyaratan ini mendefinisikan ekuivalen kas jangka pendek. sehingga tidak banyak ruang akan dihabiskan di sini membahas investasi. Definisi dari apa yang dianggap ekuivalen kas berasal dari aturan untuk mempersiapkan laporan arus kas (yang akan dibahas dalam Bab 4 dan 6). Aturan ini digunakan untuk menentukan apa yang dapat dianggap sebagai ekuivalen kas yang telah diumumkan oleh Pernyataan GASB Nomor 9. Ini berarti bahwa satu tahun treasury note yang dibeli oleh pemerintah dua bulan sebelum jatuh tempo dapat dianggap sebagai ekuivalen kas. bukan untuk durasi asli sekuritas sebelum jatuh tempo. Perhatikan lagi bahwa jatuh tempo merujuk pada jangka waktu hingga jatuh tempo pada saat efek tersebut dibeli oleh pemerintah.

Kedua. aturan umumnya adalah bahwa pemerintah akan memperoleh penghasilan ketika menyediakan jasa dan memiliki hak untuk mengumpulkan pendapatan. pendapatan dari iuran akan dicatat pada akhir semester untuk uang sekolah yang terkait. pribadi atau perusahaan. salah satu adalah pajak umum yang lebih diterima oleh pemerintah. Dalam kasus perguruan tinggi pemerintah. hal itu mendukung layanan-layanan tertentu dengan imbalan uang. yang akan membutuhkan perhitungan yang lebih kompleks). baik itu pajak real estate. atau properti pribadi pajak-yang karena pemerintah pada tanggal pernyataannya merupakan aktiva bersih tetapi yang belum dibayar. Seperti contoh utilitas air pemerintah. tetapi belum dibayar. Jenis piutang tersebut terjadi dari adanya pertukaran transaksi-pemerintah tidak hanya mengumpulkan pajak atau hibah. Sebuah utilitas air. Laporan keuangan adalah :   Sebuah sekolah pemerintah bisa berutang biaya kuliah dari siswa yang sudah melewati tanggal jatuh tempo. beberapa informasi tentang pencatatan piutang pajak real estate. tidak semua piutang tersebut akhirnya dikumpulkan.Piutang Pajak Pajak adalah salah satu jenis transaksi "nonexchange" yang akan dijelaskan dalam Bab 6. pajak penjualan. Ada dua pertimbangan dasar yang non-akuntan yang harus memahami tentang piutang. yang dilaporkan dalam laporan aktiva bersih sebagai piutang. utilitas memperoleh pendapatan (dan mencatat piutang) pada saat jasa 33 . Untuk sekarang. Sebelumnya dalam bab ini. Piutang ini merupakan dana yang terhutang kepada pemerintah dari individu atau organisasi lain karena layanan yang diberikan atau barang dijual kepada entitas lain. Piutang Usaha Kategori penting lainnya piutang. piutang (dan pendapatan terkait) tidak harus dicatat sampai organisasi sebenarnya menghasilkan pendapatan dan hak untuk menerima uang dari entitas kepada siapa mereka menjual jasa. Pendapatan cocok untuk periode dimana biaya perguruan tinggi yang dikeluarkan untuk memperoleh penghasilan itu. penting untuk menyadari bahwa pajak yang terutang ke pemerintah. sering disebut sebagai piutang dagang. Dalam hal pengakuan pendapatan. Beberapa skenario umum mana jenis piutang dapat hadir pada pemerintah. pemerintah dapat menagih pelanggan untuk air yang telah diberikan kepada pelanggan dan tagihan adalah jatuh tempo tetapi belum dibayarkan. yang selama semester dimana kuliah berlangsung (menganggap bahwa akhir tahun fiskal tidak terjadi selama semester. disediakan. Pertama. pajak penghasilan. piutang usaha.

Perkiraan jumlah yang belum ditagih karena utilitas air juga akan dicatat sebagai piutang. Ini adalah dua contoh yang sangat sederhana yang dimaksudkan untuk menunjukkan konsep. terutama untuk komersial masalah pengakuan perusahaan. pendapatan (dan piutang) dapat sangat kompleks dan telah menjadi penyebab lebih dari satu akuntansi skandal dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah piutang dicatat pada tanggal laporan aktiva bersih untuk layanan air disediakan. Hal ini terutama berlaku dari jenis 34 . Beberapa dari layanan ini sudah akan telah benar-benar ditagih dan beberapa layanan ini mungkin belum ditagih karena menunggu pengukuran meter atau pemrosesan tagihan.disediakan untuk pelanggannya. Hal lain yang penting untuk memahami tentang akuntansi untuk jenis piutang adalah bahwa tidak semua piutang dapat dikumpulkan secara pasti. Dalam praktek.

Hal lain yang penting untuk memahami tentang akuntansi untuk jenis piutang adalah bahwa tidak semua piutang dapat tentu dikumpulkan. adalah : • • • Denda dan hukuman. atau dari swasta (yaitu. Hibah juga "nonexchange" transaksi yang lebih lengkap diuraikan dalam Bab 6.Akun ini mengurangi saldo piutang secara keseluruhan (dan biaya beban utang buruk) sehingga bersih dari saldo tagihan bruto dan penyisihan merupakan estimasi terbaik dari berapa banyak keseimbangan piutang benar-benar akan dikumpulkan. Hibah dan Piutang Lain-lain Pemerintah sering memiliki piutang lain melaporkan mereka laporan aktiva bersih yang mewakili uang yang terutang kepada mereka untuk alasan-alasan selain kategori pendapatan utama disebutkan sebelumnya. dimana siswa tidak akan membayar tagihan uang sekolah mereka). yang merupakan cara lain untuk mengatakan bahwa piutang tertentu harus dihapuskan. atau orang lain Penggantian biaya yang dibayar untuk pemerintah lain.Prinsip akuntansi yang berlaku umum mengharuskan perkiraan piutang yang tidak akan dikumpulkan dibuat dan bahwa "penyisihan penghapusan tagihan" dibentuk. Jika pemerintah tahu bahwa piutang tertentu tidak akan dikumpulkan. Sebagai contoh. Beberapa piutang umum lainnya. non-pemerintah) sumber. tapi akan menggunakantren historis dan penuaan piutang (yang mengkategorikan berapa lama piutang memiliki telah beredar) untuk memperkirakan jumlah ini. Perhatikan bahwa pemerintah tidak benar-benar tahu mana piutang tertentu (yaitu. yang sesuai dengan GAAP. meskipun pendapatan hibah piutang dan pengakuan pendapatan bisa lebih kompleks. pemerintah bersama-sama mungkin berbagi beban dengan yang lain pemerintah dan RUU yang pemerintah untuk saham yang dialokasikan dari biaya. seperti pelanggaran parkir dan lainnya kendaraan bermotor denda Penggantian biaya yang diharapkan akan diterima oleh pemerintah dari individu. bahwa khusus piutang harus dikurangi dari tagihan bruto keseimbangan. 35 . donor. Prinsip yang sama umumnya berlaku untuk jenis lain piutang. piutang tersebut oleh karena itu dilaporkan pada nilai realisasi bersih. Hibah mungkin dari pemerintah federal. tingkat pemerintahan yang berbeda (seperti negara memberikan hibah kepada kota). selain hibah. Hal ini terutama berlaku dari jenis bukan pajakyang berhubungan dengan piutang dimana pemerintah tidak memiliki kemampuan untuk menempatkan hak gadai atas properti sampai akhirnya mengumpulkan yang piutang.

Jika salah satu piutang dibahas dalam kategori "lainnya" adalah signifikan.bagaimanapun. jika tidak sebagian besar pemerintah. kereta api. terlihat sering. dan sebagainya. mungkin memiliki persediaan besar suku cadang untuk bus. mereka mungkin memerlukan menggunakan item baristerpisah untuk mereka pada laporan aktiva bersih. Para GASB juga memiliki beberapa pengungkapan persyaratan mengenai pemilahan piutang.Jumlah persediaan yang paling dilaporkan oleh pemerintah.Kolam Sebuah motor pemerintah dapat menjaga pasokan mobilumum digunakan dan bagian truk. dan terutama mereka dengan bisnis-jenis kegiatan. sering memiliki item yang mereka menjual. Pemerintah. mempertahankan persediaan. adalah tidak signifikan dalam kaitannya dengan laporan keuangan secara keseluruhan dan bagian ini tidak berusaha untuk melebih-lebihkan pentingnya ini item untuk laporan keuangan. Namun. Sebuah toko buku perguruan tinggi pemerintah akan memiliki inventarisasi buku yang yang dijualnya. Pemerintah lain entitas. hal ini berguna untuk memahami apa judul persediaan berarti karena meskipun tidak umumnya besar. karena definisi dari apa yang dianggap persediaan agak lebih luas di lingkungan pemerintah.seperti otoritas transit. PERSEDIAAN Persediaan paling sering berhubungan dengan manufaktur dan ritel operasi.Hal ini dapat terdiri dari berbagai biasa kantor dan bahan pembantu. Banyak.bagaimanapun. Dalam lingkungan pemerintah akuntansi keuangan pernyataan keterangan yang disebut "persediaan" sering terdiri dariberbagai bahan dan perlengkapan yang digunakan oleh pemerintah sendiri. bukan dengan pemerintah atau pemerintah entitas. Secara tradisional. persediaan dianggap barang dagangan atau barang yang sedang ditawarkan untuk dijual.yang berarti bahwa informasi tentang berbagai jenis piutang bahwa pemerintah telah mungkin perlu diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan jika informasi tersebut tidak Nampak dari muka laporan aktiva bersih. Sebuah organisasi kesehatan pemerintah mungkin memiliki persediaan obat-obatan dan perlengkapan medis lainnya yang dibebankan atau "dijual" kepada pasien saat mereka sedang digunakan. 36 .

ini lebih tua persediaan akan memiliki biaya yang lebih rendah yang ditugaskan kepada mereka. penting satu materi di akuntansi untuk persediaan ini disebut sebagai asumsialiran. Pertimbangan penting kedua untuk penilaian persediaan dalam laporan aktiva bersih adalah bahwa jumlah yang dilaporkan sebagai biaya persediaan pada pernyataan itu tidak boleh lebih dari jumlah persediaan yang bisa dijual.Akuntansi untuk persediaan dapat cukup rumit dan rincian berada di luar cakupan buku ini. Sementara LIFO metode memiliki keuntungan pajak yang jelas untuk organisasi komersial karena laba yang dilaporkan lebih rendah. Asumsi aliran menentukan item dari persediaan dianggap untuk dijual atau digunakan terlebih dahulu. Namun. Ungkapan umum digunakan yangpersediaan dilaporkan di "terendah antara biaya perolehan pasar" berarti hanya itu. biaya akan lebih tinggi). mengasumsikan bahwa item terakhir dibawa ke dalam persediaan (yaitu.Dengan asumsi bahwa ada inflasi konsisten pada tingkat tertentu.first-out (FIFO) asumsi aliran terdengar rumit. last-in. Jika item yang digunakan oleh pemerintah. 37 . penggunaannya oleh pemerintah kurang populer. dengan pasar jangka mengacu pada berapa banyak item yang bisa dijual untuk dan bukan apa yang akan biayapemerintah untuk menggantikan item persediaan. Alternatif asumsi aliran. dengan asumsi inflasi. first-out (LIFO).Yang pertama-in. ada tidak ada keuntungan yang diterima per se. laba bersih kepada pemerintah lebih rendah dari itu akan menggunakan asumsi aliran FIFO (atau jika digunakan. tetapi hanya berarti bahwa yang tertua item dari persediaan (yaitu. Persediaan dilaporkan dalam laporan aktiva bersih baik berdasarkan biaya perolehan atau nilai pasar.Ini adalah asumsi aliran yang paling umum digunakan oleh pemerintah. tetapi biaya yang lebih rendah akan dibebankan ketika item lebih tua diasumsikan digunakan pertama.yang dengan biaya yang lebih tinggi) adalah yang pertama dijual atau digunakan. yang pertama item "dalam") adalah item pertama yang akan dijual atau digunakan. Ini berarti bahwa ketika barang-barang yang dijual. karena pertimbangan pajak umumnya tidak penting. keuntungan direalisasikan oleh pemerintah akan lebih tinggi daripada ketika item terakhir dibawa kepersediaan dijual. karena mereka secara teoritis dibeli dengan biaya lebih rendah. ini berarti bahwa ketika barangbarang yang dijual. dasar pemahaman tentang akuntansi persediaan akan pergi jauh dalam pemahaman persediaan dilaporkan dalam laporan aktiva bersih pemerintahan. mana yang lebih rendah.

pemerintah kadang-kadang menggunakan rata biaya item dalam persediaan untuk mewakili biaya barang dijual. GASBS 34 menciptakan perubahan besar bagi pemerintah. Sedangkan perhitungan dapat tumbuh dalam kompleksitas. yang menggabungkan fitur dari metode FIFO dan LIFO. minimal masa manfaat dari tiga sampai lima tahun diperlukan sebelum item dicatat sebagai aset. Kebijakan kapitalisasi adalah biasanya didasarkan pada masa manfaat item. trotoar. konsep dasar tetap seperti yang dijelaskan di atas. Jumlah ambang bervariasi berdasarkan ukuran organisasi. Terutama ketika persediaan jumlah yang tidak signifikan. masingmasing. tercatat sebagai aset.Ini akan mencakup tanah.000 yang tidak biasa untuk sangat kecil dan sangat besar organisasi. membutuhkan bahwa aset infrastruktur (seperti jalan. perabot kantor. Apa aset tertentu bisa dicatat sebagai aset modal umumnya ditentukan oleh kebijakan kapitalisasi sebuah pemerintah. 38 . dll) juga dicatat sebagai bagian dari pemerintah aset modal.Kebijakan ini menentukan apa pembelian ini dicatat sebagai aktiva dan pembelian apa yang dicatat sebagai beban. Kebijakan kapitalisasi biasanya juga menetapkan ambang batas dolar minimal agar item untuk disimpan sebagai aset. kendaraan. seperti nilai dolar metode eceran LIFO.peralatan. Hal ini menghasilkan semacam metode hibrida. terowongan. Jika pembelian salah satu jenis aset memenuhi kebijakan kapitalisasi yang kriteria. Biasanya. ------------------------------------------------------------------------------------------------------- AKTIVA Kadang-kadang disebut sebagai aset tetap atau aset. dan peralatan.------------------------------------------------------------------------------------------------------Tip Ada beberapa metode persediaan banyak lain dengan mengintimidasi nama yang variasi pada dua konsep dasar. meskipun jumlah yang rendah sebagai $ 100 dan setinggi $ 50. dan aset lain yang serupa. Sebuah ambang batas $ 500 adalah cukup popular antara organisasi kecil.komputer. bangunan. jembatan. aset modal dari pemerintah mewakili longlived nya aset utama dalam menjalankan bisnis organisasi.

(Item ini juga akan dibahas dalam Bab 7 dari buku ini.Dua item lainnya harus dimasukkan dalam aset tetap. GAAP akan memerlukan pemerintah untuk merekam mesin fotokopi sebagai aset modal. karpet.renovasi bangunan sewa dan sewa dikapitalisasi. bersama dengan hutang sewa pembayaran. tetapi perbaikan aset sewaan agak dari dengan properti milik pemerintah sendiri. pada dasarnya. pemerintah "Membangun keluar" ruang dengan dinding bergerak untuk menciptakan kantor yang diinginkan ruang. ------------------------------------------------------------------------------------------------------Contoh Praktis Pemerintah menyewa sebuah mesin fotokopi yang memiliki masa manfaat 10 tahun. Akumulasi penyusutan merupakan penurunan nilai aset modal mereka digunakan dalam operasi pemerintah. Jangka waktu sewa adalah 10 tahun. ketika pemerintah masuk ke dalam suatu sewa untuk item. pabrik.yang. dikurangi dengan akumulasi penyusutan (dengan dua pengecualian. item tersebut dicatat sebagai aset modal organisasi. adalah pembelian item.) ------------------------------------------------------------------------------------------------------Properti.Ini prasarana akan dianggap bagian dari organisasi aktiva tetap meskipun organisasi tidak memiliki bangunan untuk perbaikan ini yang secara permanen terpasang. Sejak pemerintah menggunakan aset tersebut untuk hampir seluruh masa manfaat. dan sebagainya.yang menunjukkan perkiraan jumlah aset yang "Habis" dalam operasi organisasi sepanjang tahun. Beban penyusutan adalah jumlah tahunan dibebankan dalam pernyataan pemerintah kegiatan. ------------------------------------------------------------------------------------------------------Contoh Praktis Pemerintah Sebuah masuk ke dalam sewa 20-tahun untuk ruang kantor. meskipun organisasi tidak memiliki judul untuk aset tersebut. ------------------------------------------------------------------------------------------------------Kapitalisasi sewa (yang akan dibahas lebih rinci dalam Bab 9) adalah penciptaan akuntansi yang mengakui substansi dari beberapa transaksi sewa selama bentuk mereka. Sebelum bergerak ke ruang angkasa. yang akan dibahas bawah). Pengembangan gedung yang disewa adalah pembelian yang memenuhi kriteria sebagaimana diatur dalam organisasi. dan peralatan dicatat pada pernyataan aktiva bersih dengan biaya kepada pemerintah. Akumulasi penyusutan meringkas jumlah penyusutan 39 . di lain kata-kata. memasang area resepsionis.

$ 2.000 dibagi dengan lima hasil tahun di sebuah penyusutan biaya $ 400 per tahun. sisa nilai buku dari asset ($ 2.yang itu memperkirakan untuk memiliki kehidupan lima tahun berguna.000 dari rekening akumulasi penyusutan dari buku dan catatan keuntungan sebesar $ 100 pada disposisi aset tersebut. -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------Contoh Praktis Pemerintah membeli Sebuah PC seharga $ 2.000 600 200 Pada akhir Tahun 5.400 1. organisasi berharap dapat menjual PC untuk penyelamatan sebesar $ 200.200 biaya dikurangi akumulasi penyusutan $ 2. tidak lebih penyusutan akan diambil dan aset itu akan tetap berada pada buku sampai benar-benar dibuang.200 dikurangi Penyelamatan $ 200 nilai). $ 200. Tabel ini menggambarkan perhitungan untuk kehidupan aset ini. -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 40 .600 2. Jika aset tersebut dijual seharga $ 100.200dari aset rekening dan $ 2.200.tahunan Beban aset modal dan merupakan penurunan jumlah biaya mencatat aset tersebut pada organisasi laporan aktiva bersih. Year 1 2 3 4 5 Depreciation expense $400 400 400 400 400 Accumulated depreciation $400 800 1. organisasiakan menghilangkan $ 2.Pada akhir lima tahun.000 ($ 2. itu akan menghilangkan $ 2.000) sama dengan nilai sisa aset yang diestimasi.200 dari rekening aset dan $ 2.000 dari rekening akumulasi penyusutan dari buku dan catatan kerugian sebesar $ 100 pada disposisi aset.800 1. Jika organisasi dikelola untuk menjual aset sebesar $ 300.200 1. Jumlah mengalami depresiasi adalah $ 2.000 Remaining net book value $1.

seperti namanya. mereka dicatat sebagai asset. Pengecualian kedua untuk aset kapital depresiasi melibatkan infrastruktur aset. atau untuk mengadopsi sesuatu yang disebut dimodifikasi mendekati dan tidak mendepresiasi aset. Yang pertama melibatkan rekening khusus yang tidak mengalami penyusutan. Sebaliknya. jumlah akumulasi penyusutan yang dapat diterapkan untuk aset tertentu akan dihapus dari akumulasi penyusutan. Konstruksi barang dalam penyelesaian merupakan aset modal yang sedang dibangun oleh pemerintah selama periode waktu yang membentang lebih dari satu tahun fiskal. Akumulasi penyusutan rekening.akan menghilangkan $ 2. dan peralatan. yang berarti bahwa keseimbangan (yang merupakan kredit) offset dari jumlah bruto aktiva modal yang dicatat pada laporan aktiva bersih sebagai aset (debit). disebut pekerjaan konstruksi yang sedang dalam proses. akumulasi jumlah penyusutan meningkat untuk jumlah penyusutan beban tahunan. Setiap tahun ketika beban penyusutan dicatat. Sebelumnya disebutkan bahwa ada dua pengecualian untuk menghitung dan merekam penyusutan barang modal.seperti tanah dan pekerjaan konstruksi dalam proses.nilai dan kegunannya tetap bertahan meskipun hal ditambahkan ke tanah. Tanah tidak disusutkan karena tidak "habis" oleh pemerintah. melakukan penurunan nilai dan disusutkan. seperti membangun. Sebaliknya. Akumulasi penyusutan adalah rekening kontra aset tetap.200 dari rekening aset dan $ 2. yang berarti bahwa akun akumulasi penyusutan berkurang untuk jumlah ini. atau yang serupa. dan. pemerintah cenderung 41 . GASBS 34 memberikan pemerintah pilihan untuk depresiasi aset infrastruktur seperti yang mereka lakukan terhadap aset modal lain. Pendekatan dimodifikasi adalah upaya untuk mencerminkan gagasan bahwa aset infrastruktur tidak menurun dalam kegunaan atau nilai. adalah kumulatif jumlah depresiasi yang telah direkam pada aset yang termasuk dalam aset peralatan.000 dari rekening akumulasi penyusutan dari buku dan catatan kerugian sebesar $ 100 pada di posisi aset. ketika sebuah aset tidak dapat digunakan lagi atau dijual. Apa pun yang sedang dibangun tidak akan disusutkan sampai konstruksi selesai dan aktiva modal yang ditempatkan digunakan. Sebagai biaya yang dikeluarkan.

Pada Juni 30. "set yang berisi aturan tentang kapan dan bagaimana pemerintah harus mencatat gangguan modal aset. Jika organisasi dikeluarkan 6 nya - 42 . Organisasi akan mengalokasikan $ 1. nilai buku aset laporan aktiva bersih akan berlebih. Mari kita katakan bahwa pemerintah memiliki 30 Juni fiskal akhir tahun. Selama pemerintah membelanjakan uang (dan account untuk biaya-biaya ini sebagai biaya) untuk mempertahankan aset infrastruktur pada tingkat yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal lainnya. Pendekatan itu adalah salah satu topik aset modal tertentu yang dibahas dalam Bab 7. Konsep ini mencerminkan fakta bahwa kadang-kadang terjadi peristiwa atau keadaan yang berubah dengan cara yang secara negatif mempengaruhi nilai atau kegunaan dari aset modal bagi pemerintahan. Catatan bahwa ini organisasi ini akan menggunakan aset prabayar selama periode dari 1 Juli sampai Desember 31. tetapi masih memiliki enam bulan asuransi yang menjadi haknya. penyusutan tidak diperlukan pada aset-aset infrastruktur. Pada tanggal 30 Juni hal tersebut itu akan merekam pengurangan dari biaya asuransi dan merekam asuransi dibayar di muka biaya aset sebesar $ 500 ($ 1. Itu contoh yang paling umum dari biaya dibayar di muka adalah asuransi premium.memelihara aset menimbulkan tambahan perbaikan dan pemeliharaan biaya selama umur aset. sehingga hampir beberapa aset memiliki hidup yang tak terbatas.000) pada tanggal 1 Januari untuk tahun penuh kalender berikutnya. GaSb baru-baru ini mengeluarkan Pernyataan Nomor 42. bahkan dengan akumulasi penyusutan yang mungkin telah tercatat pada aset. istilah fancy accounting yang terkait dengan aset modal adalah penurunan nilai aset. yang relatif baru. Modal penurunan nilai aktiva merupakan daerah khusus yang berkaitan dengan aset modal yang dibahas dalam Bab 7. Jika aset terganggu. telah habis asuransi selama 6 bulan. dengan masa depan yang didefinisikan sebagai waktu masa lalu fiskal di akhir tahun. Biaya Dibayar di Muka Biaya dibayar dimuka adalah aset yang muncul karena sebuah organisasi telah membayar untuk layanan yang akan menerima di masa depan.000 premi asuransi lebih dari 12bulan periode tahun kalender. Ia membayar kewajiban umum premi asuransi (anggap $ 1.000 kali 6/12). "Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Penurunan Modal Aktiva dan untuk Penerimaan Asuransi.

Pertama. Mendefinisikan dan Memahami Sifat Kewajiban Konsep Pernyataan FASB No 6 memberikan definisi kewajiban: "Kewajiban adalah pengorbanan di masa depan. masih membutuhkan banyak penjelasan. pemerintah akan mencatat $ 1. akan mengurangi seluruh aset prabayar ke nol dan mencatat $ 500 yang sesuai sebagai Beban asuransi.laporan keuangan bulanan pada tanggal 31. kemungkinan manfaat ekonomi yang timbul dari kewajiban sekarang dari entitas tertentu untuk mentransfer aktiva atau menyediakan jasa kepada entitas lain di masa depan sebagai hasil dari transaksi masa lalu atau peristiwa "Sementara. Menjadi kewajiban masa kini berarti bahwa kewajiban sebenarnya sudah terjadi pada akhir tahun menjadi 43 .000 dari asuransi beban pada tahun fiskal ($ 500 diakui sebagai akibat dari pembayaran premi dan $ 500 diakui pada saat biaya dibayar dimuka aset habis). Sementara asuransi dibayar di muka adalah yang paling umum dan mudah dipahami ada beberapa contoh lain mengenai biaya dibayar dimuka . yang berarti untuk tujuan laporan keuangan. Pembayaran sewa fasilitas atau peralatan adalah contoh lain. Beberapa pertimbangan harus digunakan oleh pemerintah dalam menentukan apa yang harus dicatat sebagai biaya dibayar dimuka. Sebagai contoh. itu mungkin tidak sebanding dengan usaha administratif untuk menghitung dan merekam jenis biaya dibayar dimuka." Sementara ini tidak terlalu jauh dari GAAP perspektif. pada tanggal 31. biaya pendaftaran kendaraan bermotor biasanya dibayar setiap tahun di muka. terutama ketika pendaftaran berakhir sepanjang tahun. karena asuransi bekerja secara tahunan. definisi ini agak kurang membingungkan dari No Pernyataan Konsep FASB Definisi 6 dari aset. kewajiban diukur pada suatu titik waktu. organisasi belum membayar di muka uang asuransi. pada akhir pemerintah fiskal tahun. ada beberapa ide dalam Pernyataan Nomor 6 itu yaitu definisi yang akan membuat definisi sederhana lebih akurat. Dengan asumsi dalam ini contoh bahwa premi asuransi tetap sama setiap tahun. Jika pemerintah hanya memiliki beberapa kendaraan bermotor. Nonaccountants umumnya berpikir tentang kewajiban hanya "money that you owe.

memisahkan jumlah dilaporkan untuk masing-masing. dan kedua situasi ini melibatkan pengeluaran cek. Sebagian dari liabilitas yang semakin umum yang ditemukan direkam atas statemen aktiva bersih pemerintah adalah • Hutang dagang Dan Biaya yang diakui • Hutang • Pendapatan yang ditunda Hutang Dagang dan Biaya Yang Diakui Kadang-Kadang pemerintah melaporkan hutang dagang dan mengakui biaya dalam satu garis pada statemen aktiva bersih.000 untuk peralatan kantor bahwa itu dipesan atas nama walikota yang baru. Untuk tujuan yang menjelaskan apa yang dihadirkan kewajiban. dan suatu cek untuk $ 1. obligasi tidaklah sederhana yang harus dicukupi oleh pembayaran kas. Mulai dari 30Juni. Lain waktu. (Catat bahwa hutang dagang juga muncul ketika suatu organisasi membeli asset atau membuat biaya. itu sangatlah membantu untuk mendiskusikan hutang dagang dan biaya yang diakui bersama-sama. Ke dua. akhir tahun Fiskal organisasi adalah 30Juni. Ini adalah rekening/daftar untuk barang atau jasa yang telah yang diterima oleh organisasi sebelum akhir tahun fiskal nya.) Ada dua situasi lain yang mungkin juga memberi penyebab untuk merekam jumlah sebagai hutang dagang.000 telah dikeluarkan kepada persediaan peralatan kantor pada 7 Juli. Mari kita katakan 44 . maksudnya adalah hasil dari peristiwa atau transaksi yang lampau. Contoh Praktis Pemerintah menerima suatu faktur dalam jumlah $ 1.000 hutang dagang (perwakilan faktur yang tak dibayar) bersama dengan $ 1.yang diberitakan statemen aktiva bersih sebagai liabilitas. Peralatan kantor telah diterima pada 15Juni.000 biaya perlengkapan. liabilitas juga terdiri dari obligasi organisasi untuk melaksanakan atau memindahkan asset selain dari kas kepada pihak untuk yang mana organisasi diwajibkan. arsip pemerintah $ 1. Hutang dagang secara esensial menghadirkan rekening/daftar yang tak dibayar pemerintah.

meskipun menyadari bahwa ia tidak akan mempunyai rekening yang tersedia dalam akun bank nya untuk membersihkan cek itu sampai yang minggu kedua bulan Juli. Itu menyuratkan mereka. itu akan membawa saldo buku rekening ke nol dan akan menambahkan jumlah yang sama ke saldo hutang dagangnya. Dalam hal ini. Pemerintah memegang semua cek yang tertulis pada 29 Juni dan surat-surat pos pertamanya pada 12Juli. ini dapat dilakukan sebab untuk mengetahui bahwa semua dari cek yang tertulis akan memerlukan beberapa waktu untuk membersihkan bank itu. yang paling diotomatiskan ( dan manual) sistem akuntansi akan merekam suatu penurunan kas dan suatu penurunan hutang dagang. pada waktu pemerintah mengharapkan bahwa saldo yang nyata dalam bank account—saldo bank itu—akanl jadilah cukup untuk membersihhkan cek. pemerintah tidak akan melaporkan suatu saldo negatif untuk kas pada statemen aktiva bersihnya.000 pembelian peralatan kantor contoh menggunakan di atas. total jumlah cek berpegang kepada pemerintah sampai akhir tahun yang lampau akan ditambahkan kembali ke kas dan ke hutang dagang. situasi serupa yang kedua muncul ketika pemerintah menulis cek sebelum akhir tahunnya dan mengurangi saldo buku tentang kas nya di bawah nol. mari kita katakan bahwa pemerintah tidak menerima faktur untuk peralatan kantor sampai Juli 7. dalam hal ini pemerintah tidak secara phisik memegang cek itu. Melainkan. dalam contoh ini pemerintah tidak pernah membelanjakan kas maupun mengurangi hutang dagangnya pada 30Juni semua itu benar-benar dilakukan adalah menulis cek. Ketika cek adalah yang tertulis. secara efektif. Biaya yang diakui menghadirkan kewajiban untuk barang dan jasa yang diterima oleh suatu pemerintah di mana yang suatu faktur belum diterima atau keseluruhan faktur tidak berlaku terhadap akhir tahun fiskal dilaporkan. Mengira bahwa penyerahan phisik peralatan kantor masih terjadi pada atau sebelum Juni 30. ini mengklasifikasikan saldo buku yang negatif dari kas ke hutang dagang. organisasi akan merekam suatu biaya yang akan dibayar untuk 45 .bahwa suatu pemerintah dengan akhir tahun 30 Juni menulis cek untuk semua rekening/daftar yang terkemuka 29Juni. Bagaimanapun. Perbedaan antara kasus ini dan situasi yang pertama adalah bahwa. maka. Suatu contoh sederhana membuat ini jelas Contoh Praktis Yang mengacu pada yang $ 1.

Ada suatu transaksi yang luas yang mungkin memberi kenaikan ke wesel bayar. 46 . jika itu adalah organisasi praktek normal untuk mengambil keuntungan seperti diskon. sebagian adalah yang sangat umum. yang biasanya dikenal sebagai suatu catatan. Hutang dikenal dengan beberapa nama berbeda. pemerintah perlu mengakui biaya telepon untuk bagian itu Juli 15 RUU. suatu kewajiban direkam untuk yang diakui biaya dan. Ini jenis pinjaman pada umumnya yang direkam laporan keuangan sebagai wesel bayar. jika suatu RUU. pemerintah hampir selalu mempunyai suatu kewajiban untuk beberapa format hutang yang sudah mereka keluarkan. pada waktu yang sama. Yang pada dasarnya. Suatu konsep biaya yang akan dibayar serupa berlaku bagi biaya gaji di mana upah periode tidak bersamaan dengan ujung tahun fiskal.rekening telepon bulanan yang berakhir suatu periode yang bertemu pada dua ujung yang 15th dari tiap bulan. Biaya yang diakui juga muncul sebab jumlah faktur atau jasa periode memutar ujung tahun fiskal dari suatu organisasi.pembelian ini. atau mendewasakan. biaya peralatan kantor dibebankan. Sebagai contoh. Sebagai contoh. Hanya bagian gaji dua mingguan atau yang mingguan biaya (termasuk biaya keuntungan tambahan terkait) itu didapat dengan karyawan atas dan termasuk tanggal akhir tahun fiskal harus diakui seperti gaji (dan keuntungan tambahan) biaya melalui akhir akhir tahun fiskal pemerintah Hutang Sebagai tambahan terhadap hutang dagang dan kewajiban biaya yang akan dibayar yang diuraikan di atas.rekening telepon itu berlaku bagi tahun fiskal yang berakhir pada Juni 30.menjadi memperkirakan untuk mengirimkan atau biaya serupa di dalam menetapkan biaya yang akan dibayar. dan biasanya jatuh tempo lima tahun atau lebih sedikit.) sampai Juni 30. dan sebaliknya. pada umumnya didasarkan pada berapa lama hutang sebelum jatuh tempo. Juga mengingat-ingat bahwa sejumlah mungkin telah untuk. pemerintah boleh mempertimbangkan dg seksama potongan karena pembayaran prompt bahwa itu berniat untuk mengambil. suatu jangka pendek pinjaman biasanya dibuktikan oleh beberapa bentuk instrumen sah/tentang undang-undang. yang akan untuk periode Juni 16 ( hari pertama rekening periode RUU.

adalah dalam bentuk obligasi jangka panjang.Mencatat bahwa total diskonto atau premium diamortisasi (dikurangi) sepanjang umur obligasi. bagaimanapun. Cukuplah untuk mengatakan bahwa tidak dibayar Pokok obligasi akan dicatat sebagai kewajiban pada laporan aktiva bersih pemerintah. Sebuah catatan antisipasi obligasi dikeluarkan untuk menyediakan pembiayaan jangka pendek yang akan dilunasi dengan dana dari sebuah jangka panjang obligasi yang akan diterbitkan. wajah $ 1.000 ikatan nilai awalnya dijual seharga $ 1.020). Tipe lain dari catatan mengantisipasi pendapatan masa depan yang akan digunakan untuk membayar catatan.Beberapa jenis catatan yang unik untuk pemerintah. 47 . Sebagian besar utang yang dikeluarkan oleh pemerintah. kewajiban dicatat pada laporan keuangan akan mewakili jumlah wajah obligasi (juga disebut nilai nominalnya). Sementara beberapa pemerintah utang untuk mendanai masalah defisit operasi. Oleh karena itu catatan "antisipasi" obligasi yang akan diterbitkan di masa depan. Hal ini menyebabkan amortisasi baik penurunan beban bunga (dalam kasus diskon) atau peningkatan beban bunga (dalam kasus premium). lebih sering utang dikeluarkan untuk membiayai pembangunan atau pembelian yang signifikan fasilitas. Spesifik mekanik dari jenis transaksi berada di luar cakupan buku ini. Sejak obligasi dapat dijual baik di diskon (misalnya. Itu pendapatan masa depan mungkin dalam bentuk pajak atau mungkin yang lain ketik seperti hibah yang akan diterima dari yang lain tingkat pemerintah. catatan ini adalah catatan panggilan antisipasi obligasi dan pendapatan (atau pajak) antisipasi catatan. $ 1. Pemerintah sering dibatasi oleh negara dan / atau persyaratan lokal mengenai jumlah utang yang mereka dapat masalah dan tujuan yang utang dapat digunakan.turun sebesar diskon dan meningkat pada premi pada penjualan awal obligasi.000 wajah ikatan nilai hanya dapat awalnya akan dijual seharga $ 980) atau premi (misalnya.

terlepas dari ketika bunga sebenarnya dibayar. Penghasilan Tangguhan Kewajiban dibahas di halaman sebelumnya relatif mudah dimengerti. Dengan kata lain.Semua jenis utang yang dibuat oleh pemerintah akan menimbulkan beban bunga. 48 . Bunga yang terkait dengan periode ini harus diakui dalam September 30 laporan keuangan. 1 Januari pembayaran bunga tersebut termasuk bunga yang terkait dengan periode 1 Juli hingga September 30. 1 Januari pembayaran bunga adalah untuk bunga yang diperoleh oleh pemegang obligasi dari 1 Juli hingga Desember 31. seperti yang dijelaskan dalam contoh ini. dengan yang sesuai jumlah yang dicatat sebagai beban bunga. Ketika kas diterima oleh pemerintah sebelum nya baik setelah meraih pendapatan atau hak untuk menjaga pendapatan. yang berarti bahwa itu dibayar setelah telah diterima oleh pemegang obligasi. Idenya pencatatan penghasilan dilakukan pencocokan pencatatan pendapatan dengan periode di mana pendapatan diperoleh.) beban bunga diakui sebagai beban pada saat itu diterima oleh pemegang utang pemerintah. (Pembahasan akuntansi dana dalam Bab 3 akan menunjukkan beberapa perbedaan penting untuk bagaimana pokok dan bunga dicatat pemerintah dana. itu mencatat uang tunai bersama dengan akun kewajiban-jenis disebut penghasilan tangguhan. yang pada beberapa kasus juga cocok pendapatan untuk biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Namun. Beban bunga berikut konsep serupa untuk menimbulkan jenis-jenis pengeluaran. kewajiban untuk penghasilan tangguhan membutuhkan sebuah pemikiran yang lebih konseptual sedikit dimengerti. Contoh Praktis Sebuah entitas pemerintah dengan September 30 akhir tahun membuat bunga setengah tahunan pembayaran-pada tanggal 1 Januari dan 1 Juli setiap tahun-obligasi yang telah dijual. Bunga dibayarkan tunggakan. Dengan demikian. Ketika pembayaran yang sebenarnya dibuat pada tanggal 1 Januari kewajiban bunga dikurangi menjadi nol.dengan saldo pembayaran bunga dicatat sebagai bunga beban pada tahun yang pembayaran dilakukan. Menimbulkan hasil bunga dalam rekaman dari kewajiban bunga masih harus dibayar (jenis lain yang masih harus dibayar beban tanggung jawab sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya).

Jika uang tidak pernah dihabiskan untuk program hibah. Untuk pemerintah mencoba untuk menghitung angka ini. 49 . kredit) pada laporan aktiva bersih. Diinvestasikan dalam aset modal. Melihat itu dengan cara yang berbeda. yang muncul seperti kewajiban (yaitu. Untuk pandangan non-akuntan. uang muka dicatat sebagai ditangguhkan pendapatan. dan sisa dana hasil emisi dibatasi untuk tujuan aset modal. 1. Pada hari-hari yang tidak terlalu lama.hasil dari mencoba untuk mencerminkan premi obligasi. bagaimanapun. itu penggantian untuk biaya dari program.itu dapat menjadi mimpi buruk. Anda harus mengeluarkan uang yang akan berhak untuk penggantian pendapatan). yang untungnya berada di luar ruang lingkup buku ini. setelah dikurangi utang terkait. maka pemerintah akan memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana canggih kepada siapa mereka menerima mereka dari. Alih-pemerintah memiliki kewajiban untuk menghabiskan uang yang telah lanjut. hal ini tidak terlalu sulit untuk dimengerti. jumlah yang akan sama dengan pemerintah Total aset. Komplikasi. Jika pemerintah menerima uang tunai sebagai uang muka bawah hibah seperti ini. memahami judul apa yang mencoba untuk mewakili secara memadai. Ini jumlah merupakan selisih antara dua jumlah: aset modal pemerintah dikurangi dengan akumulasi penyusutan (ini adalah jumlah pertama) dan beredar keseimbangan dari setiap utang yang digunakan untuk membeli atau membangun aset modal mereka (ini adalah jumlah detik). Secara konseptual. diskonto dan beban emisi biaya (yang rumit dengan amortisasi dan dengan obligasi yang telah dikembalikan). Apa yang membuat konsep aktiva bersih sedikit lebih sulit dimengerti untuk laporan keuangan pemerintah adalah yang GASBS 34 mensyaratkan bahwa aktiva bersih dibagi menjadi tiga kategori. Hibah Banyak terstruktur sehingga pemerintah berhak pendapatan hibah hanya setelah menghabiskan uang untuk program hibah.Salah satu jenis yang lebih umum dari penghasilan tangguhan dicatat oleh pemerintah adalah untuk dana yang diterima di muka untuk hibah. Dalam terminologi mewah saat ini dari "nonexchange" transaksi (yang dibahas dalam Bab 6) ini berarti bahwa "semua persyaratan kelayakan" telah bertemu (yaitu. ini disebut "expendituredriven pendapatan "hibah karena tingkat pengeluaran melaju jumlah pendapatan yang akan direkam. MENDEFINISIKAN DAN MEMAHAMI SIFAT ASET BERSIH Aset bersih yang mudah dipahami dalam bahwa mereka mewakili perbedaan antara jumlah aset pemerintah dan kewajiban total. belum lagi hanya mencoba untuk menentukan aset modal adalah dibeli atau dibangun dengan menggunakan hutang. jika Anda menambahkan jaring pemerintah aset untuk kewajiban. Dengan kata lain. Perhatikan bahwa ini benar-benar berbagai jenis kewajiban dalam bahwa pemerintah tidak mengharapkan untuk menulis cek untuk melunasi kewajiban. hingga maksimal jumlah yang diijinkan oleh hibah. dengan asumsi bahwa mereka semua berlaku untuk pemerintah tertentu.

ataumelalui hukum dan peraturan pemerintah lainnya. Dengan kata lain. 3. Satu hal penting lain mengenai aset bersih yang terbatasi adalah bahwa mereka benarbenar tidak bisa dikenakan pada pemerintah dengan sendirinya.Menampilkan jenis aset pada jenis pembatasan ini adalah sebagai tanda aktiva bersih "terbatas" untuk seorang pembaca laporan keuangan bahwa aktiva bersih ini yang belum dapat bebas digunakan oleh pemerintah. 50 . pemberi. jika pemerintah memutuskan ingin mengumpulkan $ 100. yang berarti uang/dana ini pada dasarnya tidak dapat tersentuh. Aset bersih tidak terbatas. Itu tidak akan mengklasifikasikan sumber daya yang dibatasi. Berkali-kali dalam penerbitan hutang.Pemerintah secara sepihak bisa mengubah pikirannya dan memutuskan untuk tidak menjaga aset untuk proyek modal dan menggunakannya untuk hal lain-yang berarti bahwa tidak ada batasan nyata atas aset dalam contoh ini. atau kontributor. ini bukan merupakan pembatasan untuk melaporkan tujuan. pemerintah setuju untuk menempatkan jumlah tertentu (kadang-kadang sama dengan hutang satu tahun) dalam rekening khusus yang tidak dapat digunakan untuk tujuan lain kecuali membayar hutang jika terjadi kealpaan pada hutang.2. Aset bersih yang terbatasi.000 setiap tahun untuk tiga tahun selanjutnya sehingga pada tahun keempat hal itu dapat membentuk modal beberapa proyek. jumlah dari aktiva bersih yang mencerminkan aset bersih yang pemerintah punya yang memiliki beberapa rangkaian yang menyertainya. Setiap aset bersih yang tidak termasuk dalam dua kategori di atas disebut aset bersih tidak terbatasi. atau • Dibebankan oleh hukum melalui ketentuan konstitusional ataumemungkinkan undangundang. Sebuah contoh umum aset yang terbatasi bagi pemerintah adalah dana cadangan hutang. Rangkaian yang menyertainya itu juga dibatasi • Secara eksternal yang dikenakan oleh kreditur (seperti yang dikenakanbatasan hutang).

hasil keuangan "dikonversi" ke prinsip akuntansi yang digunakan dalam bab ini. pemerintah dapat menerbitkan hutang untuk memberikan dana ke pemerintah lain atau organisasi lainnya. kewajiban. beberapa kewajiban jangka panjang yang akan dibahas kemudian dalam buku ini untuk tempat pembuangan sampah.yang berarti bahwa kewajiban jangka panjang akan berdampak pada jumlah aset bersih yang negatif. yang dapat menyebabkan jumlah aset bersih yang tidak terbatasi menjadi negatif. jika pemerintah menyusutkan modal lebih cepat dari membayar hutang terkait. serta tidak dibatasi aktiva bersih bisa negatif. dibahas dalam bab berikutnya.Satu catatan akhir dalam membahas aset bersih adalah bahwa kategori-kategori ini mungkin memiliki jumlah negatif pada laporan keuangan.yang diinvestasikan dalam aset modal bersih dari utang terkait mungkin negatif. Dana pemerintah. Semuanya akan dibahas bersamaan dalam Bab 4. Meskipun itu langka bahwa aset bersih yang terbatasi akan menjadi negatif. Aset bersih tidak terikat mungkin negatif sebagai hasil dari akumulasi defisit yang ditanggung oleh pemerintah. Konsep-konsep akan dibutuhkan dalam memahami beberapa topik tertentu yang dibahas di bagian selanjutnya dari buku ini. tanpa aset yang sesuai. dan contoh aktiva bersih di atas berhubungan kepada pemerintah di seluruh laporan keuangan dan dana berpemilik. pemerintah memiliki hutang pada pernyataan aktiva bersih. RINGKASAN Tujuan dari bab ini adalah untuk memberikan pembaca beberapa konsep akuntansi yang diharapkan dapat ditemukan dalam membaca laporan keuangan pemerintah.menggunakan prinsipprinsip akuntansi yang berbeda dalam pernyataan dana keuangan yang mengakibatkan perlakuan akuntansi yang berbeda dari banyak item yang dibahas dalam bab ini.Akhirnya. Dalam kasus ini. 51 . Misalnya. Dalam kasus lain. dan kompensasi ketidakhadiran biasanya tidak saat ini didanai oleh pemerintah. penilaian & klaim. Ketika hasil dana keuangan pemerintah dikonversi dari laporan dana keuangan yang terpisah akan dimasukkan dalam laporan keuangan pemerintah secara luas. di mana model pelaporan keuangan seluruhnya dibahas.investasikan dalam aset modal bersih dari hutang yang terkait. Yang penting untuk menekankan kembali adalah bahwa semua aset.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->