S TA I N B ATUS A NG K A R

PSIKOLOGI SOSIAL Tentang Bahasa Non-Verbal

Oleh: Desma Yunita Gita Atika Lusia Prima Putri Hayatul Murni Nico Triadi :10 103 041 :10 103 059 :10 103 068 :10 103 060 :10 103 078

Muhammad Ridho :137 048

Dosen: Drs. Masril, M.Pd, kons

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) BATUSANGKAR 2011

1

Jadi sikap yang ditampilkan komunikator itu aka merusak proses komunikasi. dianggap remeh. Sehingga proses komunikasi tidak berjalan dengan baik dan lancar.24 2 . namun memasukkna didalamnya pesan-pesan yang disampaikan lewat sarana vokal yang tidak terlibatkan bahasa. Komunikasi Non Verbal Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal. B.BAHASA NON-VERBAL A. peranan bahasa non verbal dalam memahamai sikap dan prasangka. manfaat mempelajari bahasa non verbal. emosi dasar manusia. barangkali komunikan aakan mersasa tidak dihargai. Ada beberapa ahli yang mendefenisikan bahasa non verbal diantaranya: pertama. Masing-masing harus mampu menangkap pesan-pesan non verbal yang dimunculkan melaui reaksi-reaksi tingkah laku. bentuk-bentuk bahsan non verbal. hal. Padang:Universitas Padang. Ikomunikasi Antar Pribadi. Misalnya seorang komunikator sewaktu menyampaikan pesan komunikannya. menurut Umar Suwito komunikasi non verbal adalah pesanpesan yang dinyatakan lewat sarana yang bukan linguistik. dan sebagainya. ketawa dan berbagai suara lainnya. 1 Syofyan Suri. ia berdiri dan tangannya bertolah pinggang. Pembahasan 1. 2000. desak nafas. Pendahuluan Komunikasi non verbal sangat penting artinya dalam keberhasilan komunikasi antar pribadi. tetapi juga kata-kata tertulis. karena dalam berlangsungnya komunikasi banyak sekali pesan-pesan non verbal yang dimunculkan baik oleh komunikator maupun komunikan.1 Dalam makalah ini dibahas mengenai pengertian bahasa non verbal. Defenisi ini tidak hanya memasukkan dalam kategori komunikasi non verbal baasabahasa isyarat.

komunikan. gerak tubuh. Dan ketiga. 2000. karena dalam berlangsungnya komunikasi banyak sekali pesan-pesan non verbal yang dimunculkan baik oleh komunikator reaksi maupun laku. menurut Boove dan Thill komunikasi non verbal adalah kumpulan isyarat. sikap dan sebagainya. ia berdiri dan tangannya bertolah pinggang. Komunikasi non verbal sangat penting artinya dalam keberhasilan komunikasi antar pribadi. dan sebagainya.2 Menurut hickson fungsi pesan non verbal. tetapi wajah kita tampak masan dan muram. menurut ahli antropologi mengungkapkan bahwa sebelum katakata ditemuka. barangkali komunikan aakan mersasa tidak dihargai. Misalnya Masing-masing seorang harus mampu sewaktu menangkap pesan-pesan non verbal yang dimunculkan melaui reaksitingkah komunikator menyampaikan pesan komunikannya. Misalnya sewaktu kita mengatakan senang pada seseorang. komunikasi terjadi melalui gerakan badan atau bahasa tubuh (body language). Sehingga proses komunikasi tidak berjalan dengan baik dan lancar. b.Kedua. 2 Ibid. Contohnya membelalakkan mata. intonasi suara. Fungsi repetisi Yaitu pesan non verbal yang memperkuat pesan verbal. dianggap remeh. Fungsi kontradiksi Yaitu pesan non verbal yang mengaktifkan pesan verbal.hlm 1 Menurut Abizar (1988) dalam buku Syofyan Suri. atau mengepalkan tangan sebagai isyarat untuk menyatakan kemarahan atau mengangguk untuk menyatakan persetujuan. Melalui gerakan tangan misalnya dapat memperkuat apa yang dikatakan. Komunikasi Antar Pribadi. Jadi sikap yang ditampilkan komunikator itu aka merusak proses komunikasi. sebagaimana dikutip dalam Abizar (1988) yaitu:3 a.hlm 25 3 3 . Padang:Universitas Padang. yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi tanpa kata-kata.

c. Fungsi regulasi Yaitu melalui pandangan. Gerakangerakan tuuh sering kali digunakan untuk memberi tekanan pada pesan verbal. 2) Kontak mata Kontak mata merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Misalnya kita mengungkapkan betapa jengkelnya seseorang lalu kita membanting pintu dengan kuat. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan 4 http://id. e. diakses 21 Oktober 2011 4 . f. d. karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.com/social-sciences/communication-media- studies/2149788-peranan-mendengarkan-dalam-komunikasi/#ixzzldw6iDUs. Misalnya wajah yang beseri-seri mengungkapkan rasa kebahagiaan dan kesenangan terhadap seseorang. posisi tubuh. intonasi suara. Fungsi komplementer Yaitu melengkapi pesan verbal. Yang termasuk komunikasi non verbal :4 1) Ekspresi wajah Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi. Fungsi substitusi Yaitu menggantikan lambang-lambang verbal. sentuhansentuhan dapat mengontrol komunikasi verbal. Fungsi aksentuasi Yaitu menegaskan atau menggaris bawahi pesa verbal. Misalnya tanpa menggunakan kata sepatah katapun kita menolak permintaan orang lain dengan cara menggelengkan kepala.shvoong.

1980) menyatakan bahwa ekspresi wajah secara universal menyampaikan keadaan emosi yang serupa. 4) Postur tubuh dan gaya berjalan. Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress. berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. menarik nafas panjang. tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. 6) Gerak isyarat Gerakan isyarat adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . duduk. Ahli psikologi yang 5 Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya . 2. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh.bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas. 5) Sound (Suara) Rintihan. dukungan emosional. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi. konsep diri. 3) Sentuhan Sentuhan adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Apa yang diekspresikan oleh seseorang merupakan cerminan dari emosi dasar manusia. Emosi Dasar Manusia Berdasarkan pada teori evolusinya Charles Darwin (Izard. dan tingkat kesehatannya. Ekspresi emosi itu ditunjukkan oleh wajah maupun gerakan tubuh. kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan. Dapat diartikan bahwa perasaan-perasaan atau emosi manusia ditemukan padasemua bangsa di dunia. Cara seseorang berjalan.

1993). Tentang emosi jijik dan ekspresi jijik. Foto ekspresi orang-orang Dani ini diperlihatkan Ekman pada orang-orang Amerika. mereka tidak mau menjadi pusat tatapan langsung. emosi didefinisikan sebagai setiap kegiatan atau pergolakan pikiran.5 Dalam hidup ini setiap manusia memiliki emosi dasar yang menjadi watak manusia yang ada dalam dirinya. 5 Fuad Nashori. Prawitasari menemukan bahwa emosi malu selalu muncul dalam kehidupan orang Indonesia. yang merupakan perwujudan emosi jijik. mereka membuat gerakan bibir tertentu. d) gembira. psikologi Sosial Islam. hlm. c) takut. e) sedih. Dalam berbagai penelitiannya yang dilakukan di Indonesia. b) muak atau jijik. Pada akhir tahun 1980. ekman juga juga mengadakan penelitian di Sumatra Barat. emosi dasar yang dimiliki manusia bersifat universal dan terdiri atas emosi-emosi yaitu: a) marah. dan. Orang mengekspresikan rasa malu antara lain dengan menghindarkan diri dari kontak mata secara langsung dengan orang lain atau dengan menutup mulutnya. Ternyata orang-orang Amerika dapat mengenali ekspresi jijik yang dilihatkan orang Dani. Disimpulkan oleh Ekman bahwa ekspresi jijik. 6 . Menurut para ahli psikologi. Prawitasari(1993)mengungkapkan bahwa emosi dasar manusia. 6. Menurut Ekman (Prawitasari. nafsu.berpandangan bahwa manusia mempunyai emosi yang bersifat unipersal adalah Paul Ekman. Disamping emosi dasar versi Ekman. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang Sumatra Barat dapat mengenali ekspresi jijik. Bandung:Refika Aditama.2008. perasaan. Jika orang menjadi malu. Ekman pernah meneliti ekspresi wajah orang-orang suku bangsa Dani di Papua pada awal tahun 1970. Ketika orang-orang Dani tersebut diminta untuk mengekspresikan wajah saat melihat babi yang telah membusuk. e) terkejut atau heran. bersifat universal. setiap keadaan mental yang meluap-luap. Apa sesungguhnya makna kata “emosi” tersebut? Ada beberapa ahli berpendapat tentang emosi yaitu: a.

b. Emosi memberikan bumbu kepada kehidupan. Psikologi Umum.e) Rasa kenikmatan. suatu keadaan biologis dan psikologis. hidup ini kering dan gersang. tanpa emosi.f) Rasa malu. tetapi juga bisa menjadi modal untuk meraih kebahagian dan keberhasilan hidup. Bandung:Pustaka Setia. 3. hlm. Menurut Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelegence mengatakan bahwa emosi merujuk pada suatu perasaan dan serangkaian pikiran-pikiran khasnya. dan serangkaian kecendrungan untuk bertindak. Bentuk-bentuk Bahasa Non-verbal Bentuk-bentuk bahasa non-verbal terdiri dari tujuh macam yaitu:7 6 Alex Sobur. Para peneliti masih terus memperdebatkan tentang mana yang termasuk emosi-emosi dasar yang menjadi watak manusia.g) Rasa cinta. seperti disinggung dalam definisi Crow & Crow.c) Rasa dendam. Menurut Crow & Crow (1962) mengartikan emosi sebagai suatu keadaan yang bergejolak pada diri individu yang berfungsi sebagai inner adjustment (penyesuaian dari dalam) terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan individu. namun para ahli telah mengelompokkan yang termasuk emosi dasar manusia diantaranya adalah:a) rasa amarah.6 Dari definisi tersebut. 399- 400 7 .b) Rasa kesedihan. Meskipun belum semuanya sepakat. dan situasi di sekitar kita. jelas bahwa emosi tidak terlalu jelek. Semua itu bergantung pada emosi mana yang kita pilih dalam reaksi kita terhadap orang lain. Menurut William James.d) Rasa takut. Emosi-emosi ini dapat merupakan kecendrungan yang membuat kita frustasi. c. kejadian-kejadian. emosi adalah kecendrungan untuk memiliki perasaan yang khas bila berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya. d. 2003.

komunikasi Ilmu yang mempelajari dengan tentang Haptik. b. grafikgrafik. diakses. Dengan gerakan tubuh. melakukan kontak mata.wikipedia. sentuhan Sebagai dalam contoh: non-verbal disebut bersalaman. seperti. Komunikasi gerakan tubuh Kinesik atau gerakan tubuh merupakan bentuk komunikasi non-verbal. Dengan menggunakan gambar-gambar yang relevan. ekspresi wajah. pengguaan komunikasi visual ini akan lebih cepat dalam pemprosesan informasi kepada para pendengar. Contoh: jarak.org/wiki/Komunikasi_nonverbal. Ketika seseorang menyebutkan bahwa jaraknya sangat jauh. dan penggunaan warna yang tepat serta bentuk yang unik akan membantu mendapat perhatian pendengar. d. temperatur dan warna. Komunikasi sentuhan Komunikasi sentuhan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang menyampaikan suatu maksud atau tujuan tertentu dari orang yang menyentuhnya. 22 november 2011 8 . mengelus-ngelus. Seperti menggunakan kepala bearti setuju.a. Komunikasi lingkungan Lingkungan dapat memiliki pesan tertentu bagi orang yang melihat atau merasakannya. atau simbol-simbol. ruang. dan lain-lain. isyarat dan sikap tubuh. ruangan ini sangat 7 http://id. c. Komunikasi visual Komukasi visual merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan berupa gambar-gambar. seseorang dapat mengetahui informasi yang disampaikan tanpa harus mengucapkan suatu kata. Gerakan tubuh ini digunakan untuk menggantikan suatu kata yang diucapkan. lambang-lambang. pukulan. Dibanding dengan hanya mengucapkan kata-kata saja.

4. tapi peran bahasa melampaui kata-kata. seseorang akan memahami bahwa farfum tersebut termasuk farfum bulgari apabila ia hanya menciumnya sekali. Misalnya aroma farfum bulgari. Peran Bahasa Non Verbal Dalam Memahami Sikap Dan Prasangka Bahasa adalah bagian integral dari setiap hubungan.kotor. manis. dan lain-lain. Berarti seseorang tersebut menyatakan demikian karena atas dasar penglihatan dan perasaan kepada lingkungan tersebut. Hal ini merupakan bentuk komunikasi yang menyampaikan pesan pada orang yang melihatnya. dimana penyampaiannya melalui citrasa dari suatu makanan atau minuman. Komunikasi citrasa Komunikasi citrasa merupakan salah satu bentuk komunikasi. lezat dan lain-lain. Sebagian besar komunikasi interpersonal yang merupakan bagian dari bahasa adalah hubungan yang ditularkan 9 . f. kotor dan lain-lain). Komunikasi penampilan Seseorang yang memakai pakaian yang rapi atau dapat dikatakan penampilan yang menarik. lingkungannya panas. g. Seseorang tidak akan mengatakan bahwa suatu makanan atau minuman memiliki rasa enak. sehingga menampilkan kepribadianya. Tetapi orang akan melihat dan menerima pesan berupa tanggapan yang negatif apabila penampilannya buruk (pakaian tidak rapi. e. Komunikasi penciuman Komunikasi penciuman merupakan salah satu bentuk komunikasi dimana penyampaian suatu pesan atau informasi melalui aroma yang dapat dihirup oleh indra penciuman. Sehingga dapat dikatakan bahwa citrasa dari makanan atau minuman menyampaikan suatu maksud atau makna.

dalam hal ini kemampuan berempati terhadap seseorang. Jika kita dapat memahami 10 . kelompok kecil. Seluruh tubuh—baik secara verbal maupun nonverbal—bekerja bersama-sama untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kita. Ia berlalu begitu saja. pidato di muka umum. kita juga memerlukan bahasa non verbal.melalui bahasa tubuh kita. kita dapat mengungkapkan banyak pikiran dan perasaan. atau kombinasi dari keduanya. Bahasa tubuh adalah salah satu bentuk yang relatif universal komunikasi non verbal dan cara yang paling karakteristik dimana kita secara tidak sadar mengungkapkan emosi kita. Semua bagian dari sistem pesan biasanya bekerja bersama-sama untuk mengkomunikasikan makna tertentu. antarpribadi. isyarat tubuh. biasanya terjadi dalam "paket". Dalam segala bentuk komunikasi. bila kegelisahan menyertai ekspresi nyaman dan santai—kita memperhatikannya. dan kejujuran orang yang bersangkutan. Manfaat Mempelajari Bahasa Non-Verbal Dengan Profesi Bimbingan Konseling Dalam berkomunikasi dengan seseorang tidak cukup hanya dengan bahasa verbal saja. Kita tidak mengungkapkan rasa marah sambil tersenyum. bila gerak-gerik gugup menyertai pandangan yang tajam. kita kurang memperhatikan sifat paket dari komunikasi. Perilaku komunikasi ini melibatkan pesan verbal. atau media masa. tanpa kata-kata menjadi kata. Selalu saja kita mulai mempertanyakan ketulusan. Mampu mengenterpretasikan pentingnya bahasa tubuh yaitu aset berharga untuk memilikinya karena memberikan kemampuan untuk berhubungan lebih mudah dengan orang lain. Kita tidak mengutarakan rasa takut dengan kata-kata sementara seluruh tubuh kita bersikap santai. Tetapi bila ada ketidakwajaran---bila jabatan tangan yang lemah menyertai salam verbal. perilaku verbal dan nonverbal saling memperkuat dan mendukung. 5. Biasanya.

Bandung:Remaja Rosdakarya. Hal. e. hlm 287-289. Aksentuasi. seraya berkata ”Hebat. i. Misalnya anda ’memuji’ prestasi teman dengan mencibirkan bibir. yaitu menegaskan pesan verbal atau menggarisbawahinya. rasa percaya diri serta kemampuan menentukan pilihan seseorang akan tumbuh. Komplemen. Knapp (dalam Jalaluddin. b. 8 Mark L. verbal:8 a. j. 11 . Repetisi. menekankan atau melengkapi perilaku verbal Perilaku nonverbal dapat menggantikan perilaku verbal Perilaku nonverbal meregulasi perilaku verbal. c. saya menggelengkan kepala.2005. Misalnya. menolak pesan verbal atau memberi makna yang lain terhadap pesan verbal. Substitusi. kau memang hebat. kita menunjukkan persetujuan dengan mengangguk-anggukkan kepala. 1994. h. Psikologi Komunikasi. Misalnya tanpa sepatah katapun kita berkata. 287). Misalnya setelah mengatakan penolakan saya. g.keinginan seseorang secara empati. Kedua kemampuan inilah yang membuat seeorang dapat menunjukkan bakat-bakat dan kemampuannya kepada orang lain.” d. menyebut lima fungsi pesan nonverbal yang dihubungkan dengan pesan Perilaku nonverbal dapat mengulangi perilaku verbal Memperteguh. yaitu melengkapi dan memperkaya makna pesan nonverbal. Kontradiksi. yaitu mengulang kembali gagasan yang sudah disajikan secara verbal. air muka anda menunjukkan tingkat penderitaan yang tidak terungkap dengan kata-kata. Misalnya. yaitu menggantikan lambang-lambang verbal. anda mengungkapkan betapa jengkelnya anda denganemukul meja f. Perilaku nonverbal dapat membantah bahasa verbal Jalaluddin Rahmat.

dengan membaca bahasa tubuh klien. karena dalam berlangsungnya komunikasi banyak sekali pesan-pesan non verbal yang dimunculkan baik oleh komunikator reaksi maupun laku. akan timbul sikap empati. Komunikasi non verbal sangat penting artinya dalam keberhasilan komunikasi antar pribadi. Komunikasi lingkungan 12 . ia berdiri dan tangannya bertolah pinggang. memahami klien dan memperoleh informasi yang sesuai dan lengkap tentang prasaan. Komunikasi sentuhan c. Sehingga proses komunikasi tidak berjalan dengan baik dan lancar. Jadi sikap yang ditampilkan komunikator itu aka merusak proses komunikasi. memahami dan menghargai klien atau peka terhadap klien. C. Bentuk-bentuk bahasa non-verbal terdiri dari tujuh macam yaitu: a. kebutuhan. Komunikasi gerakan tubuh d. barangkali komunikan aakan mersasa tidak dihargai. prilaku atau bahasa non-verbal amat diperlukan untuk konselor dalam memahami atau memperjelas makna bahasa klien yang diucapkan seorang klien . komunikan. dianggap remeh. Komunikasi visual b. Kesimpulan Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal. dan sebagainya. Misalnya Masing-masing seorang harus mampu sewaktu menangkap pesan-pesan non verbal yang dimunculkan melaui reaksitingkah komunikator menyampaikan pesan komunikannya. Disini lah manfaat konselor mempelajari bahasa non-verbal tersebut. Penutup 1.jadi. dan harapannya.

Sebagian besar komunikasi interpersonal yang merupakan bagian dari bahasa adalah hubungan yang ditularkan melalui bahasa tubuh kita. Bahasa tubuh adalah salah satu bentuk yang relatif universal komunikasi non verbal dan cara yang paling karakteristik dimana kita secara tidak sadar mengungkapkan emosi kita. kebutuhan. Komunikasi penampilan g. dengan membaca bahasa tubuh klien. Mampu mengenterpretasikan pentingnya bahasa tubuh yaitu aset berharga untuk memilikinya karena memberikan kemampuan untuk berhubungan lebih mudah dengan orang lain. memahami klien dan memperoleh informasi yang sesuai dan lengkap tentang prasaan. 2. Prilaku atau bahasa non-verbal amat diperlukan untuk konselor dalam memahami atau memperjelas makna bahasa klien yang diucapkan seorang klien . Dan ditambah atau di padukan lagi dengan referensi-referensi yang lain. dan harapannya. Komunikasi penciuman f. DAFTAR PUSTAKA 13 . Komunikasi citrasa Bahasa adalah bagian integral dari setiap hubungan. Disini lah manfaat konselor mempelajari bahasa non-verbal tersebut. Saran Penulis mengharapkan semoga dengan adanya makalah ini dapat dipergunakan oleh pembaca umunya dan konselor serta calon konselor khususnya. kita dapat mengungkapkan banyak pikiran dan perasaan. akan timbul sikap empati. tanpa kata-kata menjadi kata. memahami dan menghargai klien atau peka terhadap klien. tapi peran bahasa melampaui kata-kata.e.

Bandung: Pustaka Setia. http://id. Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung: Refika Aditama. Rahmat Jalaluddin. diakses 21 Oktober 2011 http://id.kompasiana. diakses. http://edukasi. Psikologi Umum. Psikologi Komunikasi. Syofyan.shvoong. Nashori.com/social-sciences/communication-media-studies/2149788peranan-mendengarkan-dalam-komunikasi/#ixzzldw6iDUs. 22 November 2011 14 .wikipedia.com/2011/28/10/emosi. Komunikasi Antar Pribadi.Sobur. Padang: Universitas Padang. 2000. 2008.org/wiki/Komunikasi_nonverbal. Suri. Fuad. 2005. Psikologi Sosial Islam. 2003. Alex.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful