P. 1
Berbagai Macam Profil Wirausaha

Berbagai Macam Profil Wirausaha

|Views: 524|Likes:
Published by Moh Jauhari Aslam

More info:

Published by: Moh Jauhari Aslam on May 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2014

pdf

text

original

Berbagai macam profil wirausaha

Wirausaha adalah Orang / kelompok yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru Beberapa macam profil wirausaha:

1. Woman entrepreneur. Wirausahawan Perempuan. Banyak wanita yang terjun dalam bidang bisnis dengan alasan mau menekuni bidang seperti ingin memperlihatkan kemampuan kinerjanya, membantu ekonomi rumah tangga, frustasi terhadap pekerjaannya. 2. Minority Entrepreneur. Wirausahawan minoritas. Kaum minoritas terutama di negara kita Indonesia kurang memiliki kesempatan kerja di bidang pemerintahan. Mereka berusaha menekuni kegiatan bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Para perantau dari daerah tertentu yang menjadi kelompok minoritas pada suatu daerah, mereka juga giat mengembangkan bisnis. 3. Immigrant Entrepreneurs. Wirausahawan imigran Kaum pendatang yang memasuki suatu daerah biasanya sulit memperoleh pekerjaanformal. Mereka lebih leluasa mencari pekerjaan yang bersifat non formal yang dimulai dari berdagang kecil-kecilan sampai berkembang menjadi perdagangan tingkat menengah. 4. Part Time Entrepreneurs. Wirausahawan paruh waktu Memulai bisnis dalam mengisi waktu lowong atau part time merupakan pintu gerbang untuk berkembang menjadi usaha besar. Bekerja part time tidak mengorbankanpekerjaan di bidang lain misalnya seseorang pegawai mencoba mengembangkan hobinya untuk berdagang atau mengembangkan suatu hobi yang menarik. Apabila bisnis ini lebih maju, pegawai itu berhenti dari pegawai dan beralih profesi kebisnis yang disenangi yang merupakan hobinya.

KUADRAN "S" (SELF EMPLOYED / PROFESIONAL /SMALL BUSINESS) Anda bekerja untuk DIRI ANDA SENDIRI. COPRENEURS adalah pasangan kewirausahaan yang bekerja sama sebagai co-pemilik bisnis mereka.5. KUADRAN "B" (BUSINESS OWNER / PEMILIK BISNIS) Anda bisa mendapatkan penghasilan dari SISTEM. Suatu bisnis yang melbatkan dua atau lebih angggota keluarga yang mengendalikankeuangan perusahaan. tetapi anda harus BEKERJA SEMAKIN KERAS (menghabiskan lebih banyak waktu). Bisnis Keluarga. 6. . tetapi penghasilan tak terbatas. 7. 2. Kedua perusahaan ini maju dan membuka beberapa cabang lain yang mungkin jenis usaha berbeda atau lokasinya berbeda. misalnya ibu-ibu pandai membuat kue atau aneka masakan. Juga usaha catering yang dimulai dari rumah tangga yang hobi memasak. dimana anda telah terikat untuk bekerja dengan waktu tertentu dan dengan penghasilan yang tertentu juga. Jadi anda tidak terikat waktu. sehingga UANG bekerja untuk ANDA. Family Owned Business. dimana anda tidak terikat secara waktu dan penghasilan. Wirausahawan di Rumah Banyak ibu-ibu yang memulai kegiatan bisnis rumah tangga. pembagian pekerjaan didasarkan atas keahlian masing-masing orang sekaligus pertanggungjawaban produk/ divisi. untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar. Usaha ini dikembangkan dan dikelola oleh anak-anaknya. setelah maju dibuka cabang baru yang dikelola oleh ibu. Usaha tersebut makin lama makin maju. Sebuah keluarga membuka berbagai jenis dan cabang usaha. 4. Mungkin usaha keluarga yang telah dirintis oleh bapaknya. 3. KUADARAN "E" (EMPLOYEE / KARYAWAN) Anda bekerja untuk ORANG LAIN. ////////////////////////////////////// Skema Cash Flow Qudrant oleh Rober T Kiyosaki 1. Home Based Entrepreneur. KUADRAN "I" (INVESTOR / PENANAM MODAL) Anda mendapatkan penghasilan dengan menanam modal. mengirim kue-kue ke toko di sekitar tempat tinggalnya. kemudian usaha tersebut berkembang melayani pesanan untuk pesta. dimana dalam sistem ini ORANG LAIN bekerja untuk ANDA.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->