FORMULIR ADOPSI

Yth Calon adopter, Terimakasih atas kesediaan anda untuk menyelamatkan satu nyawa dan memberikannya kehidupan yang lebih baik AFJ mengharapkan yang terbaik untuk Anda dan calon anggota keluarga baru anda. Adopsi: Apakah Anda yakin Anda benar-benar mengerti apakah adopsi hewan itu? Jika Anda belum mengerti tentang adopsi hewan dan apa saja persyaratannya, penjelasan berikut ini mungkin akan membantu Anda memahaminya. Jika Anda mencari definisi adopsi hewan melalui internet, mungkin ada beberapa definisi adopsi hewan dalam bahasa Inggris yang akan Anda temukan. Akan tetapi mungkin Anda akan kesulitan untuk mencari definisi adopsi hewan dalam bahasa Indonesia. Inilah definisi adopsi hewan yang tepat menurut AFJ: Adopsi adalah sebuah proses untuk mengambil alih perawatan dan tanggung jawab dalam memelihara seekor hewan yang ditelantarkan, dibuang, tidak lagi diinginkan, dan tidak bisa dirawat lagi oleh pemilik sebelumnya atau hewan yang telah diselamatkan oleh AFJ. Adopsi bukanlah tentang menemukan hewan untuk kesenangan Anda sendiri, tetapi juga tentang belajar bagaimana bertanggungjawab serta menyayangi hewan yang paling memerlukan kasih sayang bukannya membeli hewan untuk Anda pelihara. Jika Anda tertarik untuk mengadopsi salah satu hewan AFJ, berikut adalah persyaratan-persyaratan yang harus Anda penuhi. Memang persyaratan yang kami ajukan cukup intensif, tetapi kami sangat peduli terhadap hewan yang kami rawat dan demi memastikan nantinya hewan yang Anda adopsi akan menjadi sahabat terbaik Anda dan Anda pun mampu menjadi keluarga terbaik bagi dia. Dalam proses pengadopsian, Anda diminta meluangkan sedikit waktu untuk mengisi formulir di bawah ini. Formulir Adopsi diharapkan dapat membantu kami dalam proses seleksi terhadap calon adopter untuk memastikan masa depan dan kehidupan yang lebih baik bagi satwa yang akan diadopsikan. Semua informasi yang anda berikan kami jamin kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan adopsi. Adopsi hanya valid bagi pengisi form dan tidak bisa mengajukan adopsi untuk pihak lain. Pastikan kelengkapan isi formulir sebelum anda kirimkan ke : animalfriendsjogja@gmail.com subyek: Formulir Adopsi Pada saat akan mengambil satwa yang diinginkan, harap membawa formulir tercetak yang sudah ditanda tangan (asli) sebagai salah satu syarat adopsi. Untuk segala kehendak baik dan waktu yang anda sediakan untuk mengisi formulir ini kami ucapkan banyak terimakasih. Hormat kami, Animal Friends Jogja

Kirimkan ke animalfriendsjogja@gmail. Apabila anda melewati proses wawancara dan home visit. 3.animalfriendsjogja.org untuk memastikan hewan mana yang hendak Anda adopsi.com dengan subyek: adopsi atau antarkan langsung kepada kami. Anda dapat menjemput hewan yang anda adopsi. 5. 4. 5. 2. 6. dan kami akan memprosesnya bersama. Usia Usia Usia Usia Usia Usia Status Status Status Status Status Status Tipe rumah Rumah/ Apartemen/ Kos/ Sewa/ lainnya: Ukuran rumah dimana satwa akan ditempatkan [beri tanda silang X] <200 m2 [ ] 200 – 400 m2 [ ] 400 – 1000m2 [ ] >1000 m2 [ ] . Mengenai calon adopter: Nama lengkap calon adopter: Usia : Alamat : Pekerjaan Alamat e-mail Nomor telepon Nomor HP : : : : Siapa saja yg tinggal di rumah anda? 1. 3. 6. apabila hewan yang ingin anda adopsi berupa hibah titipan.FORMULIR ADOPSI PROSEDUR ADOPSI 1. Apabila semua persyaratan sudah Anda penuhi . kami akan mengadakan home visit dan sedikit wawancara. Jika aplikasi anda disetujui. anda akan diajak untuk mengunjungi hewan ybs. Cek album foto Facebook Page Animal Friends Jogja [AFJ] & www. 2. 4. Isilah dengan lengkap form adopsi yang dapat diperoleh melalui website atau format cetak dari kami. maka form yang telah anda isi dengan lengkap akan dikirimkan juga kepada pemberi hibah. Atau.

............................................................................................................................. Sudahkah Anda mendiskusikan rencana untuk mengadopsi satwa dengan semua anggota keluarga Anda (termasuk asisten rumah tangga.............. jika ada)? Apakah ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap satwa? Alasan mengapa Anda mau mengadopsi satwa: Alasan lain: Berapa lama satwa ditinggalkan sendiri di dalam rumah dan dimana satwa saat sendirian di rumah? Siapa yang akan bertanggung jawab untuk merawat satwa? Mengenai satwa yang ingin Anda adopsi: Jenis satwa yang akan Anda adopsi [coret salah satu]: anjing / kucing Usia satwa yang ingin Anda adopsi? Karakter apa yang Anda harapkan dari satwa yang Anda adopsi? (tolong diisi) Mandiri [ ] Manja [ ] Tenang [ ] Suka main [ ] Ramah dengan anak kecil [ ] Ramah dengan satwa lain (anjing/ kucing/ lainnya:.) Lainnya: _________________________________________________________________ .FORMULIR ADOPSI Apakah Anda memiliki ruang terbuka di rumah Anda? [beri tanda silang X] Kebun depan [ ] Kebun belakang [ ] Taman dalam [ ] Teras [ ] Balkon [ ] Lainnya: ..

Dimana satwa akan tidur waktu malam? Makanan apa yang rencananya akan Anda berikan untuk satwa yang Anda adopsi? Lainnya [suplemen.FORMULIR ADOPSI Untuk anjing. Satwa apa saja yang anda pelihara. berapa jumlahnya. ukuran anjing yang Anda ingin adopsi? Small (< 10kg) Medium (10-15 kg) Large (15. bulu apa yang Anda harapkan dari anjing yang akan Anda adopsi? Nama satwa tertentu yang ingin Anda adopsi dari daftar adopsi AFJ: Mengenai pemeliharaan satwa yang akan Anda adopsi: Apakah Anda pernah memelihara anjing/ kucing sebelumnya? Ceritakan alasan mengapa anjing/kucing tersebut tidak lagi bersama Anda saat ini sampai sekarang. dominasi pada satwa lain atau bermasalah dengan anggota keluarga Anda yang lain? . berapa usianya.25 kg) Untuk anjing. buang air sembarangan. dsb]: Untuk anjing. apakah mereka sudah disteril? Apakah Anda berencana memberi vaksin untuk anjing/kucing yang akan Anda adopsi? Jelaskan mengenai jenis dan ketentuan pemberian vaksin yang Anda ketahui. snack. merusak furniture. berapa sering Anda akan membawa anjing yang akan Anda adopsi untuk jalan-jalan/ excercise? Apa yang akan Anda lakukan jika satwa yang Anda adopsi memiliki masalah perilaku seperti berisik. dan di bagian rumah mana anda pelihara? (Jika ada) Jika Anda memelihara anjing/ kucing.

. grooming. apakah Anda akan tetap dapat merawat satwa yang diadopsi? Perlu diingat bahwa keputusan memelihara satwa adalah komitmen seumur hidup. Anda harus mempertimbangkan kemungkinan perubahan gaya hidup yang dapat mengancam kesejahteraan satwa yang anda adopsi seperti: pernikahan. adanya anak kecil dan orang yang sudah tua. relokasi kantor. training.FORMULIR ADOPSI Apa yang akan Anda lakukan jika satwa yang Anda adopsi sakit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit? Apa yang akan Anda lakukan terhadap satwa yang Anda adopsi jika Anda harus pindah kota? Apakah Anda bersedia untuk memberi satwa yang Anda adopsi waktu adaptasi selama setidaknya satu bulan? Apakah Anda sudah mengetahui bahwa jika Anda mengadopsi anak anjing/ anak kucing yang belum disteril Anda harus membawa satwa yang Anda adopsi kembali ke AFJ untuk disteril? Anjing dan kucing dapat hidup sampai 15 tahun. sudahkah Anda mempertimbangkan kalau anak Anda tumbuh dewasa dan bosan dengan satwa yang diadopsi? Apakah Anda sudah mempertimbangkan jika Anda/Isteri Anda atau salah satu anggota keluarga mengandung. apakah Anda bersedia berkomitmen sampai akhir usia satwa yang Anda adopsi? Apakah Anda bersedia mengadopsi satwa senior (diatas 6 tahun)? Apakah Anda sudah mempertimbangkan biaya pemeliharaan satwa pertahunnya (termasuk biaya makan. biaya dokter hewan)? Jika Anda memutuskan untuk mengadopsi satwa untuk anak Anda. Kami sangat mengharapkan Anda telah memperhitungkan bahwa calon anggota keluarga yang akan Anda adopsi membutuhkan kebersamaan dan perlindungan Anda selama kurang lebih 15 tahun. kehamilan. Sebelum Anda yakin untuk mengadopsi.

Betina: Rp. 6. AFJ akan melakukan survey dan wawancara kepada pemohon.000 Ket: Biaya penggantian di atas akan bermanfaat sebagai subsidi silang untuk sterilisasi sebagai usaha kontrol populasi satwa & daily care bagi hewan yang masih berada dalam perawatan kami . PENGGANTIAN BIAYA STERILISASI & VAKSINASI AWAL: disertakan pada sterilisasi massal yang diadakan AFJ. Rp.100. Adopter harus bertanggung jawab atas kesehatan anjing/kucing yang sudah diadopsi dengan pemberian vaksin.000. jika ada pertanyaan/keberatan/usul dan lain-lain mengenai penggantian biaya tersebut di atas.50. AFJ berhak menolak pemohon yang dianggap tidak memenuhi syarat 3. 150.150.000 (diatas 20 kg) Kucing: Rp. obat cacing dan pemeriksaan kesehatan secara berkala seperti yang dianjurkan dokter hewan 5. Adopter diharapkan agar dapat melaporkan perkembangan kehidupan anjing/kucingnya dalam tiga bulan pertama (minimal) setelah diadopsi.com . 7.000 (dibawah 20 kg).000 Apabila satwa yg diadopsi belum steril.250. dengan mensteril sendiri atau Kucing: Jantan: Rp. anjing/kucing wajib disteril bila sudah tiba waktunya dengan diikutkan pada steril massal dan membayar biaya yang akan ditentukan.500. 600. Anjing: − − Jantan: Rp. paling tidak sebulan sekali dengan email ke animalfriendsjogja@gmail. Rp.000 [di atas 20 kg] Pemohon menyetujui kesepakatan sterilisasi bagi satwa yang belum disteril saat diadopsi. 2. silakan menghubungi kami.FORMULIR ADOPSI SYARAT DAN KETENTUAN BAGI PEMOHON 1. Pemohon diharuskan mengisi dan melengkapi formulir adopsi dengan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya 4.300.000 (di bawah 20 kg). Satwa belum steril wajib membayar biaya DP steril: • • Anjing: Rp. Adopter diberikan masa percobaan selama 3 minggu untuk beradaptasi dengan calon keluarga baru dan apabila terjadi ketidakcocokan harap melaporkan kepada AFJ untuk dapat dicarikan jalan keluarnya. Rp.000 (di bawah 20 kg].000 (di atas 20 kg) Betina: Rp 400.

11.FORMULIR ADOPSI 8. Saya juga telah memberikan data seakurat mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Adopter diwajibkan untuk memberitahu AFJ untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama.pihak AFJ berhak mengambil kembali satwa tersebut. Adopter menemui kesulitan dengan anjing/kucing nya. baik masalah kesehatan dan lain-lain. berhak meminta kompensasi biaya bila satwa tersebut perlu perawatan dan berhak mempublikasikan penemuan ini kepada umum sebagai bentuk tuntutan pertanggungjawaban bagi pengadopsi. Mengembalikan satwa yang sudah diadopsi. 9. AFJ berhak mempublikasikan penemuan ini kepada umum sebagai bentuk tuntutan pertanggungjawaban ( ) (AFJ) . Adopter akan mengizinkan AFJ utk memfoto satwa tersebut & mempublikasikan foto-foto terkait. melanggar kesepakatan yang sudah disetujui atau mengabaikan tanggungjawab perawatan satwa karena alasan-alasan kepentingan pribadi tanpa mempertimbangkan kesejahteraan & masa depan satwa ybs tidak dapat dibenarkan dan bagi pengadopsi. menderita luka serius akibat perbuatan manusia atau sengaja dijadikan indukan/pejantan. Dengan ini saya menyatakan permohonan saya untuk mengadopsi satwa tersebut di atas dan menyetujui semua syarat dan ketentuan yang berlaku. sakit parah yang tidak ditindaklanjuti. Tanggal : Tanggal dapat dianggap sebagai kekejaman terhadap satwa. 10. Bila pada saat peninjauan pihak AFJ menemukan satwa dalam keadaan yang tidak sepatutnya-seperti tidak terawat. Pihak AFJ berhak untuk mengunjungi satwa yang telah diadopsi secara berkala untuk memantau perkembangan hidupnya. Bila setelah diadopsi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful