Susunan PAPER Tugas Kelompok

Bab 1. Pendahuuluan Menjelaskan tentang apa manfaat jaringan pipa dalm kehidupan sehari­hari, berikan contoh2­nya dalam praktek, bagaimana cara menyelesaikan aliran dalam pipa , dll. Bab 2 Dasar teori Menjelaskan a. Apa mekanika fluida b. Klasifikasi fluida : newtonian , non newtonian c. Sifat fluida : density/rapat massa, kekentalan, spesifik grafity , tegangan geser, d. Klasifikasi aliran : laminer dan turbulen , reynold number e. Hukum yg berlaku : kontinuitas, bernoulli, momentum , macam2 kehilangan tenaga f. Penyelsaian jaringan pipa dengan hardy­cross Bab 3 Permasalahan a. Lokasi b. Ada berapa pengelompokan network/jaringan c. Paramaeter apa yg diketahui : luas Layanan air, jumlah air ......(dari tabel)..... liter/orang, diameter pipa, panjang pipa, kepadatan penduduk ( tentukan sendiri )

d. Perkiraan kebutuhan layanan air .

.

dll. Valve. untuk merepresentasikan pompa. Reservoir. WaterCAD. untuk merepresentasikan fasilitas tampungan tangki yang memiliki volume yang bervariasi. dsb. 3. untuk merepresentasikan pipa. Pump. bisa gunakan software lain misalnya waternet. untuk merepresentasikan katup pengatur aliran. untuk merepresentasikan sambungan pipa atau titik konsumsi air terjadi. GUI EPANET 2. dan selanjutnya diuraikan sebagai berikut : Pemodelan jaringan pipa menggunakan EPANET sudah dapat dilakukan dengan baik karena EPANET dirancang berdasarkan Graphical User Interface (GUI) dimana proses pemodelan dilakukan dengan pembangunan layout jaringan pipa dan pilihan simulasinya. 5. melakukan simulasi. Dalam membangun layout jaringan.0 Kegunaan utama dari EPANET adalah mensimulasikan perilaku hidraulika dari jaringan pipa yang dibangun berikut kondisi debit air yang akan dialirkan baik secara waktu tunggal (single . 2. Junction/node.e. untuk merepresentasikan sumber air seperti sungai. dan mengakses hasil simulasi dengan berbagai jenis format seperti tabel. diantaranya: 1. Metode/software apa yang akan digunakan untuk menyelesaian Misalnya penyelesaian dengan EPANET2. Tank. danau. 6. Pipe/Link . grafik. 4. Gambar 1. EPANET menggunakan beberapa objek.

BMP atau TIFF . ­ Mulailah membuat jaringan pipanya. mudah penggunaannya. baca koordinatnya) Tanda silang/crosshair harus di posisi pada titik yg akan dibaca koordinatnya . 5..... 2. Melacak penyebaran bahan nonreaktif. Silahkan klik disini untuk mengetahui lebih dalam tentang EPANET. ­­­­ klik OK c. Namun tidak terbatas pada itu saja... lakukan dengan cara yg sama . Atur besar gambar (Saran saya masukkan angka 1000??=harus ini) dengan cara isikan angka 1000 pada CAD commandline. Besarnya jaringan pipa yang dibangun adalah tak terhingga. namun powerfull dan tergolong cepat untuk hitungan jaringan pipa yang besar dibanding software yang sejenis. ke tempat titik belok. misalnya ­ ­ ­ ­ Diperoleh 2 (dua jaringan pipa) . min 6 jaringan) ­ Buatlah poligon jaringan pipanya dengan menu . Specify scale factor <1>: 1000 Buat garis­garis jaringan pipanya ( biasanya pipa mengikuti jalan raya .. Memodelkan peningkatan jumpah produk sampingan dari penggunaan desinfektan.. artinya user bebas membuat sebanyak-banyaknya jaringan pipa yang dibutuhkan. Pilih directory berisi gambar JPG. d.. Menentukan persentase air dari suatu sumber yang diterima tiap lokasi di suatu jaringan. 4. Insert raster Image .Y) titik­titik belokan garis tersebut Misalnya seperti berikut : (bawa cursor ..... Buka autoCAD b. Bab 4 Langkah Penyelesaian a.. misalnya trihalomethanes yang dapat meningkat sebagai fungsi waktu. untuk jaringan lainnya Kemudian catat koordinat (X. Memperkirakan waktu tinggal (water age) air di tiap lokasi di suatu jaringan.period) atau selama beberapa jam (extended period). EPANET merupakan software yang sangat user friendly. kemampuan tambahan yang melengkapi diantaranya sebagai berikut: 1. Memodelkan konsentrasi sisa klorin yang dibutuhkan pada jaringan pipa air minum.... sederhana.. 3. misalnya digunakan untuk studi pelacakan atau rekonstruksi terjadinya suatu kontaminasi. di kiri dan klik simbol. Bagi penulis secara pribadi...

. maka diperoleh debit Q = 0.2 x 491 x 120 = 11784 liter/hari = 11784 x 24/1000=285 m3/detik Bab 5 Kesimpulan / Saran Diperoleh hasil a. m3/hari b. Diameter pipa yang digunakan c.... Diperoleh X=65 dan Y = 30 . poligon tersebut ­ Diperoleh luas = 491 m2 Hitung kebutuhan air dan DEBIT masingmasing area yg harus dilayani dengan metode di atas misalnya kepadatan penduduk 200 orang/km2. Selanjutnya cari luas area tersebut dengan cara doble klik . Jumlah sambungan/bengkokan yang dibutuhkan .. dan 120 liter/hari/orang..........­ Diperoleh X=47 dan Y = 39 . Panjang masing­masing pipa di jaringan d.. PDAM harus menyediakan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.