KONSEP DASAR IPA 3

HIDROSFER

NAMA KELOMPOK :
DINI VIDA FITRIA (111 644 015) FADILA TARWIYAH (111 644 044) DEVIANI EKA. C (111 644 098) HARIATI (111 644 254) MAYA INDAH S (111 644 256)

HIDROSFER
Kata hidrosfer berasal dari kata :
sphere

hidros

yang berarti air

yang berarti lapisan.

Jadi arti dari Hidrosfer adalah lapisan air yang ada dalam permukaan bumi.

Dari keseluruhan jumlah air itu 97.5% berada di laut.4 km3. Hal ini disebabkan air mengalami siklus yang disebut Daur Hidrologi (water cycle). sedangkan 0.002% berbentuk uap. 1. Air yang berada di permukaan bumi jumlahnya tetap dan hanya mengalami perubahan bentuk. dan hanya 0.748% berda di darat. SecAra sistematis dapat diperoleh perbandingan antara luas permukaan bumi yang ditutupi oleh air dengan luas permukaan bumi yang tidak ditutupi oleh air.Jumlah air di bumi diperkirakan sebanyak 1. .75% berbentuk es di kutub.

dan es ) Air di bawah permukaan bumi. sungai. mata air. air dibedakan menjadi : Air di permukaan bumi. ( Air sumur. rawa.Berdasarkan tempatnya. dan arteris ) Air di udara (atmosfer) ( uap air. dan awan ) . kabut. salju. ( laut.

.SIKLUS HIDROLOGI Siklus hidrologi adalah suatu proses peredaran atau daur ulang air yang berurutan secara terusmenerus Pemanasan sinar matahari menjadi pengaruh pada siklus hidrologi. Air di seluruh permukaan bumi akan menguap bila terkena sinar matahari. Pada ketinggian tertentu ketika temperatur semakin turun uap air akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi titik-titik air dan jatuh sebagai hujan.

Siklus air dibedakan menjadi 3 bentuk berdasarkan waktu dan jarak yang ditempuh oleh air dalam perubahan wujudnya : Siklus Pendek Siklus Panjang Siklus air Siklus Menengah .

 Siklus Pendek Siklus pendek merupakan suatu proses peredaran air dengan waktu yang relatif cepat. . Dan biasanya proses ini terjadi di laut.

 Siklus Menengah .

 Siklus Panjang .

Evapotra nspirasi Hujan (presipita si) Kondens asi Intersepsi .Evaporasi (penguap an) Infiltrasi Transpira si KOMPONEN SIKLUS HIDROLOGI Adveksi Surface run off Unsur – unsur utama (komponen) yang terjadi dalam proses siklus hidrologi.

Media Peresapan Air Tanah Air tanah berasal dari air hujan yang meresap melalui berbagai media peresapan.MACAM . yaitu sebagai berikut: a) Pori-pori tanah b) Retakan-retakan lapisan tanah akibat kekeringan c) Rongga-rongga yang dibuat binatang (cacing dan rayap) d) Rongga-rongga akibat robohnya tumbuh-tumbuhan yang erakar besar e) Rongga-rongga akibat pencairan berbagai kristal es yang membeku pada musim dingin f) penutupan vegetasi di permukaan bumi .MACAM PERAIRAN DARAT A. Air Tanah (Ground Water) Air tanah adalah massa air yang ada di bawah permukaan tanah.

baik fosil tumbuhan maupun fosil binatang d) Juvenil Water (Air Magma) Air ini berasal dari dalam bumi (magma) e) Pelliculkar Water (Air Pelikular) Air yang tersimpan dalam tanah karena tarikan molekulmolekul tanah. f) Phreatis Water (Air Freatis) Air tanah yang berada pada lapisan kulit bumi yang poreus (sarang) g) Artesian Water (Air Artesis) Air artesis ini dinamakan juga air tekanan (pressure water). Air tersebut berada di antara dua lapisan batuan yang kedap air sehingga dapat menyebabkan air tersebut dalam keadaan tertekan . b) Connate Water (Air Tanah Tubir) Air tanah ini berasal dari air yang terperangkap dalam ronggarongga batuan endapan Klasifikasi Air Tanah Berdasarkan jenisnya c) Fossil Water (Air Fosil) Air tanah ini berasal dari hasil pengendapan fosil-fosil.a) Meteoric Water (Vadose Water) Air tanah ini berasal dari air hujan. dan terdapat pada lapisan tanah yang tidak jenuh.

Tipe Sungai • sungai consequent longitudinal • sungai consequent lateral • sungai superimposed • sungai subsequent • sungai resequent • sungai antecedent • sungai obsequent • sungai insequent • sungai reverse • sungai compound • sungai composit • sungai anaclinal . danau. Sungai Sungai adalah air tawar yang mengalir dari sumbernya di daratan menuju dan bermuara di laut. atau sungai lain yang lebih besar. Aliran sungai merupakan aliran yang bersumber dari tiga jenis limpasan.B. yaitu: limpasan yang berasal dari anak-anak sungai dan limpasan dari air tanah.

Paralel Pola Aliran Sungai Rectangular Trellis Angulate Annular Radial centrifugal Dendritic Radial centripetal .

.

Daerah aliran sungai (DAS) merupakan daerah yang terbentuk dari kumpulan sungai dalam suatu sistem cekungan dengan aliran keluar atau muara tunggal. Thiessen. merupakan garis dalam peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai jumlah curah hujan yang sama selama satu periode tertentu. digunakan kalau bentuk DAS tidak memanjang dan sempit. dengan luas antara 1. .000– 5. Daerah Aliran Sungai (DAS) Isohyet.000 km2.000 km2. Isohyet digunakan jika luas DAS lebih besar dari 5. Atau areal tampungan air yang masuk ke dalam wilayah air sungai. Banyaknya hujan di DAS dapat dihitung dengan cara isohyet dan thiessen.

karena daerahnya yang datar daerah ini merupakan pusat aktivitas penduduk. di hulu sungai merupakan daerah yang berbukit-bukit. dan tanaman kelapa) . areal tanaman padi. atau hutan yang merupakan daerah penyangga dan banyak permukiman penduduk di sekitar aliran sungai di bagian hilir merupakan daerah yang landai. jagung. perkebunan. banyak digunakan untuk areal ladang sayuran.DAS dapat dibagi menjadi tiga daerah yaitu: daerah hulu sungai tengah sungai di bagian tengah sungai daerahnya relatif landai. dan banyak dimanfaatkan untuk permukiman dan areal pertanian (misalnya. dan merupakan pusatpusat permukiman penduduk hilir sungai . subur. seperti pertanian. perdagangan. biasa digunakan untuk jalur transportasi. perindustrian. berlereng curam.

 untuk lalu lintas atau transportasi air.  bagi kelangsungan suatu industri yang banyak memerlukan air. sungai mempunyai arti yang sangat penting.  dataran aluvial yang subur merupakan hasil pengendapan air sungai. intan. batu kali. misalnya dengan dibuat waduk. seperti pengamjikan pasir dan batu-batu.  sebagai mata pencarian penduduk. dan kerikil yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan.Peranan penting sungai bagi kehidupan manusia. pencarian bijih emas. dan perikanan. seperti industri bata dan genting.  kandungan mineral yang terdapat di dalam air sungai dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk meningkatkan kesuburannya karena unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan tanaman. .  kaya bahan-bahan bangunan seperti pasir. antara lain:  untuk pengairan. timah aluvial.  sumber pembangkit tenaga listrik dengan memanfaatkan air terjun sungai.

Danau  Kumpulan air dalam cekungan tertentu. yang biasanya berbentuk mangkuk disebut dengan danau. sungaisungai. .  Suplai air danau berasal dari curah hujan.  Danau bersifat permanen atau tetap berair sepanjang tahun. serta mata air dan air tanah.

danau dapat dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut. Danau Vulkanis Danau Tektonik Danau Dolina Danau Lembah Gletser Danau Terbendung/Dana u Buatan Danau karena Erosi Sungai .Menurut terjadinya.

danau dapat dibedakan atas berikut: Danau Air Tawar • Sumber air dari danau air tawar adalah air hujan. Danau air tawar banyak terbentuk di daerah-daerah bercurah hujan tinggi atau humid (basah). Umumnya danau air asin terdapat di daerah semiarid dan arid. dan tidak memiliki aliran keluaran. . Penguapan yang terjadi sangat kuat. Danau Air Asin • Danau ini bersifat temporer..Berdasarkan jenis airnya.

Kalimantan. . • Wilayah rawa yang luas banyak terdapat di Sumatra.Rawa • Daerah di sekitar sungai atau muara sungai yang cukup besar yang merupakan tanah lumpur dengan kadar air relatif tinggi. Sulawesi. dan Papua.

• Rawa jenis ini menampung air tawar yang berasal dari limpahan air sungai pada saat air laut pasang. . Keadaan ini terjadi karena tanahnya tertutup tanah gambut yang tebal. rawa dibedakan atas berikut Rawa yang Airnya Selalu Tergenang Rawa yang Airnya Tidak Selalu Tergenang • Tanah-tanah di daerah rawa ini tidak dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.Berdasarkan genangan airnya. pada saat air laut surut airnya akan mengering.

2. 3. . Rawa dapat dijadikan lahan persawahan dan perikanan.Rawa dapat dimanfaatkan sebagai berikut: 1. sebagai objek wisata seperti Rawa Pening. sebagai batas alam untuk menangkal masuknya intrusi air laut ke darat.

sekitar 71% merupakan bentang perairan laut. sedangkan wilayah daratnya hanya sekitar 29% saja. Begitu luasnya wilayah laut yang menutupi Bumi sehingga jika planet ini diambil fotonya dari angkasa.BENTANG PERAIRAN LAUT Permukaan planet Bumi yang luasnya mencapai 510 juta km2. . sebagian besar permukaannya tertutup warna biru.

Laut sedang Samudra Zona Litoral Zona Neritik Zona Batial Zona Abissal Zona Hadal Berdasarkan Kedalamannya . Laut Tepi.Penggolongan Laut Berdasarkan Proses Terjadinya • Laut Transgresi • Laut Ingresi • • • • • • • • • Berdasarkan Letaknya Laut Pedalaman.

Manfaat Laut Susunan Kimiawi dan Salinitas Air laut Suhu atau Temperatur Air Laut Pasang Surut Keadaan Fisik Air Laut Warna Air Laut Gelomban g Laut Arus Laut .

17 tahun 1985. baik di laut ataupun di bawah dasar laut. disebut laut pedalaman. Kewenangan negara di wilayah ZEE adalah dalam memanfaatkan sumber daya alam. sedangkan laut yang terletak pada sebelah dalam garis dasar. yaitu Batas Teritorial • batas yang ditarik dari sebuah garis. Wilayah merupakan sebuah dangkalan (laut dangkal) dengan kedalaman tidak lebih dari 150 meter. Batas Landas Kontinen (Continental Shelf) Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) • dasar lautan jika dilihat dari benua atau kontinen. DAN ZONA EKONOMI EKSKLUSIF (ZEE) Pengukuran batas wilayah suatu negara dapat dilakukan dengan tiga macam cara. Ditetapkan melalui UU no. . 5 tahun 1983 dan UU no. LANDAS KONTINEN. dengan jarak 12 mil ke arah lautan bebas. • batas dengan jarak 200 mil dari garis dasar ke arah laut bebas.BATAS TERITORIAL.

TERIMA KASIH .

ktanya jika di lempari garam hujan itu dapat berhenti. . pola sungai manakah yang paling banyak terdapat di indonesia? • Nyoman 050: bagaimanakah proses bergeraknya air laut? .• Intan 252: menurut kelompok anda danau bisa lenyap atau hilang. Jelaskan alasannya knp bisa seperti itu? • Lala 251: 8 pola sungai. jika dapat jelaskan faktornya? • Faisal 268 : trdapat hujan di jakarta.

dan apa dampak yang di timbulkan dari laut mati tsb? .• Zul 010: jelaskan proses terbentuknya sumber mata air dan mengapa hanya di daerah pegunungan saja? • sri 218 : hujan batu pernah terjadi at • ira 018 : mengapa air laut mati mempunyai kadungan garam yang cukup tinggi di bandingkan dengan air laut pada umumnya.