MEMBERSIHKAN PENIS BAYI laki-laki yang sudah disunat lebih mudah dibersihkan penisnya karena kulupnya sudah

terbuka. CARA YANG DIANJURKAN 1. Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat untuk membersihkan penis dan daerah sekitarnya. Untuk yang belum disunat, saat dimandikan, perlahan-lahan tarik kulupnya sampai kepala penis menyembul. Setelah itu, kotoran yang menempel dibersihkan dengan waslap yang telah dibasuh air hangat. 2. Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat untuk membersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya. 3. Sekarang bersihkan bagian anus dengan cara mengangkat kedua kaki si Buyung. Juga bersihkan lipatan-lipatan di sekitar anus. Setelah bersih, angkat alasnya. 4. Bersihkan sekali lagi daerah yang akan ditutup popok. Biarkan si Buyung beberapa saat tanpa popok. Untuk menghindari air seni yang ke mana-mana bila ia pipis lagi, tempelkan tisu yang tebal di penisnya. 5. Bersihkan lagi bila ia pipis kembali. Selanjutnya, keringkan dengan waslap yang lembut. “Jika bakteri yang berpindah ke vagina terus menumpuk, lama-kelamaan bisa menyebabkan infeksi. Dan bila infeksi dibiarkan, terjadilah keputihan,” kata Endang. Parahnya lagi, bila kemudian infeksi itu menjalar ke mana-mana. “Pertama, ke saluran kencing luar, kemudian masuk ke kandung kencing, selanjutnya ke saluran kencing dalam, lama-lama sampai juga ke ginjal.”

Alat yang harus dipersiapkan 4.jawab 3. Metode : Ceramah dan Memperagakan Langsung 2. Tujuan Intruksi Umum Setelah di berikan penyuluhan selama 10 menit diharapkan sasaran memahami cara perawatan penis post chordektomy dan uretroplasty II. sasaran memperhatikan. Menyebutkan kembali alat alat yang harus dipersiapkan 4. Tujuan Intriksi Khusus Pada akhir pembelajaran di harapkan sasaran dapat 1. Menyebutkan kembali pengertian perawatan penis 2. Langkah. sasaran menyimak dan memperhatikan ? Penyaji memberikan kesempatan kepada sasaran untuk mengajukan pertanyaan sesuai materi ? Penyaji menjawab pertanyaan c. Kegiatan inti 5 menit ? Penyaji menyampaikan materi dengan memperagakan langsung. Materi Pendidikan 1. Kegiatan : Tanya . Cara perawatan penis yang benar IV. Tujuan perawatan penis 3. Faktor-faktor yang dapat membantu perawatan penis 5.Perawatan Hypospadia Posted on 11 Maret 2011 oleh Rini SATUAN ACARA PENYULUHAN Masalah : Sistem Perkemihan Pokok Bahasan : Perawatan Penis di Rumah Sub Pokok Bahasan : Perawatan Penis Post Chordektomy dan Uretroplasty Sasaran : Pasien dan keluarga Waktu : 10 Menit I. Menyebutkan kembali faktor-faktor yang dapat membantu perawatan penis 5. sasaran mendengarkan ? Penyuluh menjelaskan pokok bahasan yang akan disampaikan. Pengertian perawatan penis 2. Pembukaan (2 menit ) ? Penyuluh materi memberi salam.langkah kegiatan a. Kegiatan Pembelajaran 1. sasaran menjawab salam ? Penyuluh memperkenalkan diri. b. Menyebutkan kembali tujuan perawatan penis 3. Penutup ( 3 menit ) ? Penyaji melakukan evaluasi tentang materi yang telah di sampaikan . Menyebutkan kembali cara perawatan penis yang benar III.

Apabila minum obat antibiotic harus tuntas dan habis. Salep 5. B. NaCl 0. Membersihkan penis dari kuman setelah buang air 2. Memberikan rasa nyaman 4. sayuran yang hijau. Air bersih yang sudah dimasak dengan matang 3. 5. Contohnya : buah-buahan. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C. Menjelaskan tujuan perawatan penis c. Alat-Alat Yang Harus Dipersiapkan 1. Meminum obat sesuai aturan yang ditetapkan. Tujuan 1. Mempercepat proses penyembuhan 3. sasaran menjawab salam. Menjelaskan apa pengertian perawatan penis b. 3. Pengertian Perawatan penis adalah suatu tindakan yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan dan merawat penis. . Menjelaskan alat yang harus dipersiapkan d. Prosedur : Post Test 2. sasaran memperhatikan dan memahami materi ? Penyaji memberi salam penutup. 2. Mencegah infeksi yang dapat menghambat penyembuhan penis setelah operasi dan selang kateter telah dibuka yaitu dengan cara menjaga kebersihan penis setelah buang air. Sedini mungkin sampai luka pada penis benar benar bersih sehingga tidak terjadi infeksi pada penis yang sudah di operasi.9% dalam tempat bersih/air yang sudah mendidih benar bisa dipakai untuk mengganti NaCl 0. Media dan Sumber Media : Leaflet Sumber : VI. Mencegah terjadinya pencemaran oleh cairan dan kuman yang berasal dari dari daerah sekitarnya. Kassa bersih 2. Butir Soal : 5 Soal a.? Penyaji menyampaikan kesimpulan materi. Evaluasi 1. Mencegah terjadinya infeksi C. Faktor-Faktor Yang Dapat Membantu Perawatan Pada Penis Setelah Dilakukan Tindakan Operasi Chordectomy dan Uretroplasty 1. Menjelaskan faktor-faktor yang dapat membantu perawatan penis e. untuk mencegah terjadinya infeksi yang tidak diinginkan. Menjelaskan cara perawatan penis yang benar PERAWATAN PENIS DIRUMAH A. V. Tempat sampah D.9% 4.

gunakan sabun 2. Perhatikan penis apakah ada tanda-tanda infeksi seperti keluarnya nanah 3. Lakukan perawatan penis setelah setiap buang air. Cuci tangan setelah melakukan tindakan. Bersihkan penis setelah buang air dengan NaCl atau dengan air matang. Lalu keringkan dengan kasa bersih. . Oleskan salep disekitar jahitan.Kemudian oleskan salep yang diresepkan dari rumah sakit. 4. Cuci tangan dengan air yang mengalir. Cara Perawatan Penis Dirumah 1. 5.E.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.