P. 1
Makalah Kdm Seni

Makalah Kdm Seni

|Views: 63|Likes:
Published by amelia_evoria
KDM
KDM

More info:

Categories:Types, Research
Published by: amelia_evoria on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/19/2013

pdf

text

original

MAKALAH

PERSONAL HYGIENE PERAWATAN KUKU DAN MEMANDIKAN PASIEN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah KDM

Oleh : Lulu Phastyawidi NIM. 11DP277053

PRODI D III KEPERAWATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS
Jl. K.H Ahmad Dahlan No. 20 Telp. (0265) 773052 2013

akan tetapi atas bantuan dan dukungan semua pihak makalah ini dapat terselesaikan.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah dengan mengambil pembahasan “Personal Hygiene Perawatan Kuku dan Memandikan Pasien”. Oleh karena itu. kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. oleh karena itu penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini sehingga penulis dapat menyelesaikannya dengan baik. Dalam pembentukan makalah ini tentu banyak hambatan-hambatan yang penulis temukan. Februari 2013 Penulis i . hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan penulis. Ciamis. Penulis menyadari bahawa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.

.............................................................................................. E.......................... B....... DAFTAR PUSTAKA 12 12 ii .................DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR ...................................................................... Pengertian Personal Hygiene ... C................... D............................................ A............................................................... A................................................................................... Konsep Personal Hygiene ........................................... DAFTAR ISI .............................. Perawatan Kuku ............................ Memandikan Pasien.... BAB I PENDAHULUAN .......................................................................... 3 3 3 4 4 6 BAB III PENUTUP .................................................................................................................................................................... Tujuan ....................... A........ i ii 1 1 2 BAB II PEMBAHASAN .............................. Macam-Macam Personal Hygiene. Kesimpulan ..................................................................................... B........................................................................................................... Latar Belakang........

Hal-hal yang sangat berpengaruh itu di antaranya kebudayaan . kegiatan seksual. Kebutuhan dasar manusia dibagi menjadi kebutuhan fisik. keluarga. dengan memantau dan mengikuti perkembangan kemampuan pasien dalam melaksanakan aktifitas kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama pasien imobilisasi. eliminasi. Kebutuhan dasar manusia merupakan fokus dalam asuhan keperawatan. Melihat hal itu personal hygiene diartikan sebagai hygiene perseorangan yang mencakup semua aktivitas yang bertujuan untuk mencapai kebersihan tubuh. maka kemungkinan ada satu atau beberapa kebutuhan dasar pasien yang akan terganggu. Bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan. Hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele. padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatan secara umum. istirahat. persepsi seseorang terhadap kesehatan. Kebersihan itu sendiri dangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan.BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari kebersihan merupakan hal yang sangat pentinu dan harus diperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang. pendidikan. sosial. oleh karena itu perawat harus memiliki kemampuan dan pengetahuan cara pemenuhan kebutuhan dasar manusia. meliputi membasuh. serta tingkat perkembangan. Kebutuhan fisik harus dipenuhi lebih dahulu karena merupakan kebutuhan yang terbesar meliputi nutrisi. biasanya masalah kebersihan kurang diperhatikan. oksigen. mandi. Jika seseorang sakit. Personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. psikologis dan sosial. kurang perawatan diri adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya. 1 .

Tujuan Makalah ini dibuat untuk mengetahui bagaimana tata cara perawatan kaki dan kuku dan memandikan pasien. kuku. padahal jika hal tersebut kurang diperhatikan dapat mempengaruhi kesehatan secara umum terutama pasien imobilisasi. 2 .merawat rambut. B. gigi. biasanya masalah kesehatan kurang diperhatikan. Jika seseorang sakit. gusi dan membersihkan daerah genital. Hal ini terjadi karena mengganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele.

pendidikan. serta tingkat perkembangan. persepsi seseorang terhadap kesehatan. Personal Hygiene berasal dari bahasa Yunani yaitu personal yang artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. biasanya masalah kebersihan kurang diperhatikan. Hal-hal yang sangat berpengaruh itu di antaranya kebudayaan . Pengertian Personal Hygiene Personal Hygiene adalah suatu tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Kebersihan itu sendiri dangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan. dan cara yang benar dalam melakukan perawatan diri. 3 .BAB II PEMBAHASAN A. Hal ini terjadi karena kita menganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele. keluarga. Kebersihan seseoang adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseoran untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Konsep Personal Hygiene Dalam kehidupan sehari-hari kebersihan merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan karena kebersihan akan mempengaruhi kesehatan dan psikis seseorang. B. sosial. padahal jika hal tersebut dibiarkan terus dapat mempengaruhi kesehatan secara umum. Ukuran kebersihan atau penampilan seseorang dalam pemenuhan kebutuhan Personal Hygiene berbeda pada setiap orang sakit karena terjadi gangguan pemenuhan kebutuhan. Jika seseorang sakit. Perawat dapat memberikan informasi-informasi tentang personal hygiene yang lebih baik terkait dengan waktu atau frekuensi aktifitas.

2. bau kaki dan cidera pada jaringan lunak. Macam . Menjaga kebersihan tangan dan jari b. Menjaga kebersihan kuku merupakan aspek penting dalam mempertahankan perawatan diri karena kuman dapat masuk ke dalam tubuh melalui kuku. mencegah musuknya mikroorganisme ke dalam kuku yang panjang. Tujuan a. Menambah kenyamanan klien yang terganggu karena kuku yang panjang 3. Menunjukkan kerapian c.C. Perawatan Kuku 1. Prosedur a. 3. Yang bermanfaat mencegah infeksi. 5. 2. Indikasi Pada klien yang tidak bias melakukannya sendiri 4. Pengertian Memotong kuku adalah mengurangi panjang kuku tangan dan kuku kaki dengan menggunakan alat pemotong kuku agar kotoran tidak masuk ke dalam tubuh melalui kuku sehingga kuku tetap dalam keadaan sehat dan bersih. 4. Alat dan bahan 1) Baskom 2) Mangkok piala ginjal 3) Waslap 4 . rasa nyaman pada pasien. Memandikan Oral hygiene (membersihkan mulut) Mencuci rambut Perawatan kuku Perineal hyigiene (membersihkan kelamin) Dalam makalah ini akan dibahas mengenai personal hygiene perawatan kuku dan memandikan pasien D.Macam Personal Hygiene 1.

periksa suhu tindakan 2) Isi baskom denga air hangat.4) Handuk mandi dan handuk muka 5) Pemotong kuku 6) Stik jingga 7) Papan penghalus 8) Lation badan 9) Karpet alas mandi 10) Sarung tangan b. periksa suhu ari. anggat kaki klien dna keringkan 12) Bersihkan dan potong kuku kaki klien 5 . sapa  Memperkenalkan diri kepada klien  Menunjukkan maksut dan tujuan  Menetapkan waktu  Manfaat. Tata cara dan prosedur 1) Lakukan komunikasi  Salam. dan etakkan baskom di atas mandi dan bantu klien meletakkan kali kedalam baskom 3) Intruksikan klien untuk memasukkan jari kedalam air hangat 4) Rendam kaki surang lebih 20 menit 5) Bersihkan denga lembut bagian bawah kuku jari tangan denga stik jingga saat jari-jari dicelupkan 6) Keringkan tangan dan jari-jari klien 7) Potong kuku klien dengan cara lurus memanjang denan bentuk rata 8) Letakkan kutikula ke belakang secara lembut 9) Gunakan waslap dan sarung tangan 10) Gosok daerah kalus pada kali 11) Berihkan secara lembut bagian bawah kuku denga stik jingga .

kemudian posisikan klien tidur kembali E. sabun. b. e. d. 5. Mencuci tangan 6 . Tujuan a. Merangsang peredaran darah.tawarkan pasien untuk BAB (buang air besar) atau BAK (buang air kecil) terlebih dahulu .13) Gunakan lotion pada kaki dan tangan klien. 2. Memandikan Pasien 1. dan atau larutan antiseptik. Memotivasi pasien dalam memenuhi kebutuhan perawatan dan kebersihan dirinya. Membersihkan tubuh dari kotoran dan menghilangkan bau badan. Kontra indikasi a. 4. Berikan perhatian khusus pada pasien pasca operasi. 4) Ember tertutup / tempat pakaian kotor 5) Handschoen disposible    Menjaga privasi pasien Bantal dan guling yang tidak dibutuhkan letakan dikursi. c. Persiapan pasien 1) Menjelaskan maksud dan tujuan tindakan 2) Menjelaskan prosedur tindakan 3) Sebelum melakukan tindakan memandikan . Indikasi Pada klien yang tidak dapat mandi secara mandiri. Memelihara integritas kulit dan mencegah infeksi kulit. Memberikan kesegaran fisik dan psikis serta rasa nyaman. 3. syaraf dan merelaksasikan otot. Pengertian Tindakan keperawatan adalah suatu tindakan membersihkan seluruh bagian tubuh pasien dengan posisi berbaring di tempat tidur dengan menggunakan air bersih. Penderita luka bakar b. Prosedur Kerja a.

telinga. 2) Pakaian yang kotor dimasukkan ke dalam ember yang bertutup/tempat pakaian kotor. · · Menawarkan penggunaan sabun untuk daerah wajah. Membersihkan wajah. Mengangkat handuk pindahkan ke bawah lengan Membersihkan daerah ekstremitas lengan :  Lengan sebelah kiri diangkat. Persiapan alat 1) Satu waskom mandi berisi air hangat 2/3 bagian dengan suhu kurang lebih 42 – 43 derajat celcius 2) Handuk mandi bersih satu / dua buah 3) Waslap bersih dua buah 4) Sabun mandi dalam tempatnya 5) Pakaian bersih satu stel 6) Talk dan / kamper spiritus c. b. 3) Membersihkan wajah : · · Handuk dibentangkan di atas bantal di bawah kepala pasien. kemudian bentangkan handuk secara memanjang sehingga seluruh lengan dapat diletakkan di atas handuk. 7 . Dengan waslap lembab membersihkan mata mulai dari sudut mata dekat hidung ke arah keluar sampai bersih. Cara Kerja 1) Pakaian bagian atas dibuka dan bagian tubuh yang terbuka ditutup dengan selimut atau kain penutup. · Dengan waslap lembab tanpa sabun membersihkan wajah pasien. leher dengan menggunakan waslap lembab yang diberi sabun dan dibilas sampai bersih. Melakukan pengkajian.  Berdiri di sebelah kanan pasien atau sesuai kebuthan. · · · Mengeringkan dengan handuk.

8 . Membersihkan lengan yang lebih dekat dengan perawat sama dengan membersihkan lengan sebelumnya. Selimut mandi atau kain penutup diturunkan dan dilipat sampai daerah os. Membersihkan daerah dada. ketiak dan perut : Kedua lengan diangkat ke atas dan diletakkan di samping kepala pasien. ketiak dan perut Menutup tubuh pasien bagian depan dengan selimut atau kain penutup yang bersih. Membersihkan daerah dada. Memberi bedak / talk tipis pada daerah dada. Membersihkan dengan waslap bersabun mulai dari tengkuk. Membersihkan dengan waslap lembab sampai bersih. punggung sampai bokong dengan cara memutar. Membentangkan handuk di sisi bawah pasien sampai ke bokong. Membersihkan dengan waslap lembab sampai bersih. Membasahi lengan pasien dengan was lap sabun dari arah proximal ke distal dengan satu arah. pubis. ketiak dan perut dengan waslap bersabun dengan cara memutar. Handuk dibentangkan pada bagian sisi pasien. Mengeringkan dengan handuk sampai kering. bahu.    Mengeringkan lengan dengan handuk sampai kering. kemudian dibilas dengan waslap basah sampai bersih.  Membersihkan daerah punggung : Pasien dimiringkan ke kiri atau kanan sesuai kebutuhan pasien. Mulai dari lengan yang lebih jauh dari perawat. Mengeringkan dengan handuk sampai kering.

- Menggosok sambil message dengan zalf / kamper spiritus sampai kering kemudian diberi bedak tipis. Mengeringkan dengan handuk sampai kering. Selimut atau kain penutup diangkat dan dilipat kemudian diletakkan pada kursi. 4) Membersihkan daerah extremitas bawah: · Menanggalkan pakaian bagian bawah kemudian memasukkan ke dalam ember bertutup / tempat pakaian kotor. · Lutut ditekuk kemudian membersihkan dengan waslap bersabun mulai dari arah proximal ke distal satu arah. 9 . Membersihkan extremitas bawah sebelah kanan sama dengan membersihkan extremitas sebelah kiri pasien. Pasien dimiringkan ke kanan. handuk dibentangkan di bawah punggung kemudian punggung kiri dibersihkan seperti punggung kanan.    Posisi pasien kembali ditelentangkan.Membentangkan handuk di bawah bokong pasien. · Membersihkan daerah lipatan paha dengan waslap bersabun. Washlap dicuci bersih. Mengganti air dengan air bersih dan hangat. · · · Membersihkan dengan waslap lembab sampai bersih. · Mengeringkan dengan handuk sampai kering. · Membentangkan handuk sepanjang extremitas bawah sebelah kiri. Mengenakan pakaian bagian atas. extremitas kanan ditutup dengan selimut atau kain penutup. Mengangkat bokong. · · Melepaskan pakaian bagian bawah. lalu membersihkan dengan waslap lembab sampai bersih. 5) Membersihkan daerah lipatan paha dan genitalia: · · Menutup daerah genitalia dengan kain penutup atau selimut.

Mengenakan pakaian bagian bawah. Perawat mencuci tangan. Membersihkan dengan waslap lembab sampai bersih. Merapikan pasien dan kalau perlu memasang selimut kembali. 10 . lalu kepala kemaluannya dan kulit penutup kepala kemaluannya dibersihkan dengan hati-hati. Membuka lipatan bokong dan membersihkan anus dengan waslap bersabun.        Membersihkan dengan waslap lembab sampai bersih. Pada pria yang tidak disunat. Mengeringkan dengan handuk sampai kering Daerah lipatan paha diberi bedak / talk tipis. Membuat catatan keperawatan yang mencakup: Tindakan dan hasil respon pasien. Tingkat mobilisasi. Membersihkan daerah anus: Memiringkan pasien ke sisi sebelah kiri. Posisi pasien kembali terlentang. Mengeringkan dengan handuk sampai kering.   Pada wanita mulai dari depan ke dalam.· Membersihkan daerah genitalia dengan waslap bersabun. Pakaian dan alat tenun kotor serta peralatan mandi yang dipakai dibereskan. tariklah kulit kepala zakarnya ke belakang. Membuka bibir kemaluannya dengan hati-hati dan dibersihkan. Membuka pintu dan jendela serta gordyn dan atau sampiran. Kondisi kesehatan pasien Tanda-tanda vital sebelum dan sesudah memandikan. Merapikan tempat tidur dan mengganti sarung bantal pasien bila diperlukan.

Jika kondisi memungkinkan. handschoen ataupun masker. Dalam melakukan tindakan. 11 . libatkan pasien untuk melakukan tindakan b.6. Hal yang perlu diperhatikan a.perawat harus memperhatikan keamanan dirinya sendiri dengan memakai schort.

merawat rambut. kurang perawatan diri adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu melakukan perawatan kebersihan untuk dirinya. padahal jika hal tersebut kurang diperhatikan dapat mempengaruhi kesehatan secara umum terutama pasien imobilisasi. gusi dan membersihkan daerah genital.BAB III PENUTUP A. mandi. biasanya masalah kesehatan kurang diperhatikan. dengan memantau dan mengikuti perkembangan kemampuan pasien dalam melaksanakan aktifitas kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama pasien imobilisasi. oleh karena itu perawat harus memiliki kemampuan dan pengetahuan cara pemenuhan kebutuhan dasar manusia. gigi. Hal ini terjadi karena mengganggap masalah kebersihan adalah masalah sepele. Bagi pasien yang mengalami gangguan kesehatan. meliputi membasuh. maka kemungkinan ada satu atau beberapa kebutuhan dasar pasien yang akan terganggu. Personal hygiene adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis. Jika seseorang sakit. psikologis dan sosial. Kesimpulan Kebutuhan dasar manusia merupakan fokus dalam asuhan keperawatan. oksigen. kuku. eliminasi. istirahat. Kebutuhan dasar manusia dibagi menjadi kebutuhan fisik. Melihat hal itu personal hygiene diartikan sebagai hygiene perseorangan yang mencakup semua aktivitas yang bertujuan untuk mencapai kebersihan tubuh. kegiatan seksual. Kebutuhan fisik harus dipenuhi lebih dahulu karena merupakan kebutuhan yang terbesar meliputi nutrisi. 12 .

html 13 .DAFTAR PUSTAKA http://yaulie.blogspot.com/2011/12/personal-hygiene_04.blogspot.blogspot.html http://nyonyomamansuardana.com/2011/05/personal-hygiene.com/2012/02/buat-temen-yang-lagi-nyaritugas.html http://yunias19ocean.blogspot.com/2011/10/makalah-kdm-tentang-personal-hygiene.html http://hannydarliany.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->