P. 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

|Views: 35|Likes:
Published by Lucya Pratama
contoh rancangan peleksanaan pembelajaran
contoh rancangan peleksanaan pembelajaran

More info:

Published by: Lucya Pratama on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)
Mata Pelajaran Kelas/ Semester Pertemuan Waktu : Perbaikan Chasis dan Pemindah Tenaga (PCPT) : XI / I :I :2X45 menit

I.

Keterampilan yang dilatihkan : 1. Membuka Pelajaran 2. Memberi Penguatan 3. Menutup Pelajaran Komponen Keterampilan yang dikontrakkan : 1) Menimbulkan motivasi 2) Memberikan penguatan verbal 3) Merangkum 4) Mengevaluasi A. Standar Kompetensi : Perakitan dan pemasangan system rem cakram dan komponen – komponennya. Kompetensi Dasar 1. Merakit dan memasang sistem rem cakram & komponenkomponennya Indikator a) Perakitan & pemasangan sistem rem & komponenkomponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya b) Semua prosedur dilaksanakan

Mengaitkan materi system rem dengan Kegiatan Siswa memperhatikan Komponen Keterampilan Menimbulkan motivasi . metode. dan peralatan yg ditentukan berdasarkan spesifikasi.dengan menggunakan metode & peralatan yg ditentukan berdasarkan spesifikasi & toleransi pabrik 2. II. Tujuan Pembelajaran : 1) Siswa mampu merakit dan memasang sistem rem cakram dan komponen-komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen ataupun sistem lainnya 2) Siswa mampu menggunakan semua prosedur. dan komponenkomponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen ataupun system lainnya. dan komponen-komponennya. dan toleransi pabrik 3) Siswa mampu menguji sistem rem cakram. IV. Menguji sistem rem cakram & komponenkomponennya a) Pengujian sistem rem & komponen-komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya. III. Materi Ajar : 1) Merakit dan memasang sistem rem. Langkah Pembelajaran : No Guru 1. dan komponen-komponennya 2) Menguji sistem rem.

blogspot. Memberi pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan. Metode Pembelajaran pemberian tugas : model pembelajaran kooperatif :metode diskusi. Model pembelajaran b.blogspot. Alat b. Sumber Pembelajaran Tips Merawat dan Mencegah Kerusakan Rem.com/2013/01/langkah-pembongkarankampas-rem-cakram. Alat dan Media Pembelajaran : a. dan VI.html http://blokkuiki. LCD : Slide Power Point VII.html Pembongkaran Kampas Rem Cakram Mobil. ceramah. dari .com/2012/04/tipsmerawat-dan-mencegah-kerusakan-rem. Diunduh pada tanggal 25 Febuari 2013. dari http://anistkr. Media : Laptop. Diunduh pada tanggal 25 Febuari 2013. Menjawab pertanyaan guru mengevaluasi bersama guru Merangkum Memberikan penguatan verbal V. dan menanyakan bagian mana yang kurang jelas.kehidupan sehari – hari 2. Memberi penjelasan dan pertanyaan tentang materi system rem Memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru 3. Merangkum materi yang Merangkum telah disampaikan bersama siswa 4. Model dan Metode Pembelajaran : a.

Teknik Penilaian b. Maret 2013 Pembimbing Guru . VIII. Kesan Sesudah Pengajaran : Kesan sesudah diskusi dengan Pengamat : Surakarta.otomotifnet. X.http://mobil. Penilaian : a.com/read/2012/04/12/329800/202/28/Lang kah_Waspada_Kerusakan_Rem_Cakram_ Toyota Astra Motor. New Step 1 Training Manual. 1995. Bentuk Penilaian : essay IX. Jenis Penilaian : tertulis : tes c.

B. hingga perlambatan kendaraan sampai pedal rem dilepas lagi.Proses adalah pedal dari saat keterkejutan terjadi pengemudi waktu pengereman menginjak rem. Rem berfungsi mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan melalui gesekan antara sepatu rem dengan tromol dengan mekanisme tertentu. maka rem harus : 1) Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin 2) Dapat melaksanakan pengereman sesuai kehendak sop Rem merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai peran yang sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan pengendara sepeda motor. Fungsi Rem Rem memiliki beberapa fungsi. Sistem kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan. Pengertian Pengereman Rem merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan berkendaraan. melalui caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. Jenis Rem Secara umum terdapat dua jenis rem saat ini yang masih dijadikan patokan standar pembuatan rem kendaraan yaitu rem cakram dan rem tromol. . antara lain : 1) Rem kaki : Untuk mengurangi kecepatan sampai menghentikan jalannya kendaraan 2) Rem tangan : Untuk memacetkan putaran roda ( misal pada saat parkir) dan berfungsi juga sebagai rem cadangan ( misal dalam perjalanan rem kaki tidak berfungsi ) C.Lampiran I: Materi Pelajaran A.

Ring atau kunci shock 12mm atau 14mm untuk buka baut pen caliper 4) Track untuk mendorong Piston Rem 5) Grease atau Pasta Caliper . mungkin juga karena pen kaliper macet yang menjadi penyebab rem bunyi sehingga di perlukan langkah untuk membongkar dan ganti kampas rem cakram mobil. Cara Pengganti kampas rem Cakram Pembongkaran atau servis rem cakram mobil diperlukan ketika kita mau mengganti kampas rem yang disebabkan mungkin rem bunyi karena wear limit kampas rem sudah bersentuhan dengan disc brake.D. Komponen Rem Cakram Komponen – komponen rem cakram sebagai berikut : 1) Master silinder. berfungsi untuk meneruskan pengereman dari pedal rem ke minyak rem dan mengatur jumlah minyak rem yang mengalir ke pipa sesuai tekanan pengereman 2) Kaliper sebagai rumah rem yaitu segabagai dudukan silinder rem dan pad rem 3) Silinder roda sebagai pendorong pad dengan adanya tekanan dari master silinder 4) Ring sil sebagai penahan minyak rem agar tidak bocor dan mengembalikan piston saat tekanan turun 5) Pad rem atau pegas rem sebagai penekan cakram agar terjadi gesekan 6) Pipa minyak rem 7) Bleender atau baut pembuang udara C. Untuk membongkar kampas rem mobil diperlukan beberapa peralatan atau tool: 1) Dongkrak untuk mengangkat roda depan 2) Kunci Roda 3) Kunci Pas. Hal ini terjadi ketika mobil melakukan pengereman karena permukaan kampas rem licin dan mengkilap yang menyebabkan rem bunyi.

kampas rem ada yang menggunakan wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas rem. saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di reservoir minyak rem. 6) Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka.lepaskan dari hub roda. 8) Setelah kampas rem di buka. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis.Berikut Langkah-langkah atau Cara bongkar rem cakram mobil untuk ganti kampas rem : 1) Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya. 2) Dongkrak mobil bagian depan. biar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas rem baru.sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah ini. mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda 4) Buka roda. hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di dorong ke belakan. 5) Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem. di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya 3) Lepas semua mur roda dengan kunci roda. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering. pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak merusak . Perhatikan posisi plat yang ada di belakang kampas rem. 9) Dorong piston kaliper ke belakang. seperti gambar di bawah ini 7) Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper.

taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian dalam.bisa di taruh sembarang entah bagian luar atau bagian dalam.seperti gambar di bawah ini. langkahnya kebalikan dari saat melepas pada point no 7 diatas. catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu dengan kampas rem. Jika kampas rem tidak terdapat indikator artinya indikator ketebalan kampas rem ini berupa plat yang di pasang di belakang kampas rem. Lampiran 2: Soal Jawablah pertanyaan ini sesuai dengan pemahaman anda! 1. Jelaskan tentang rem kaki! 3. Sebutkan kompenen – komponen system rem cakram dan fungsi masing – masing komponennya! 4. kemudian tekan pedal rem beberapa kali. sampai pedal rem terasa keras. yang artinya rem sudah bekerja dengan baik. 12) Pasang roda dan hidupkan mesin.spesial service tool lain untuk mendorong piston rem pada caliper. Video di bawah juga terdapat sst .jangan langsung jalankan mobil. 10) Pasang Brake pad yang baru. akan membuat piston mundur.cat yang ada di bawah reservoir minyak rem. Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda. Jelaskan tentang fungsi rem! 2. Jelaskan system kerja dari system rem cakram 5. Alat untuk mendorong piston rem tidak harus memakai track seperti gambar dibawah. 11) Turunkan caliper atau pasang kaliper dan terakhir adalah memasang baut pen caliper. kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan. Jelaskan langkah penggantian kampas rem cakram! . Tetapi juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda.

3. Langkah-langkah atau Cara bongkar rem cakram mobil untuk ganti kampas rem : . yaitu pada saat pedal rem ditekan.Kunci Jawaban: 1. dan rem pneumatic. gaya akan diteruskan fluida ke silinder roda. 5. Fungsi rem yaitu: a. Komponen – komponen rem cakram sebagai berikut : a. Pipa minyak rem g. Holding/ mengunci kendaraan 2. Cairan pendorong silinder roda. Menghentikan laju kendaraan c. Rem cakram biasanya menggunakan prinsip kerja hidrolik. Bleender atau baut pembuang udara 4.Rem cakram biasanya menggunakan prinsip kerja hidrolik. Memperlambat laju kendaraan b. dan piston meneruskan tekanan fluida ke pad. Master silinder. Ring sil sebagai penahan minyak rem agar tidak bocor dan mengembalikan piston saat tekanan turun e. Rem kaki merupakan rem yang mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan. berfungsi untuk meneruskan pengereman dari pedal rem ke minyak rem dan mengatur jumlah minyak rem yang mengalir ke pipa sesuai tekanan pengereman b. Silinder roda sebagai pendorong pad dengan adanya tekanan dari master silinder d. Pad rem atau pegas rem sebagai penekan cakram agar terjadi gesekan f. Rem kaki dikelompokan menjadi rem hidrolik. Kaliper sebagai rumah rem yaitu segabagai dudukan silinder rem dan pad rem c.

sehingga akan tampak gambar disc brake seperti di bawah ini. Siapkan kampas rem baru atau brake pads dan kendorkan semua mur roda yang mau di bongkar brake pad atau kampas rem nya. f. e. Gunakan kunci 12 atau 14 untuk buka pen caliper bagian bawah dan buka pegangan slang minyak rem karena terkadang ada tipe mobil susah buka caliper tanpa buka pegangan slang minyak rem. pen caliper harus dengan mudah bisa ditarik atau didorong. Buka roda. kampas rem ada yang menggunakan wear limit tertanam pada brake pads tetapi ada juga yang menggunakan plat di belakang kampas rem untuk indikator wear limit atau indikator ketebalan kampas rem. hal ini untuk menyesuaikan dengan ketebalan kampas rem baru. i. Setelah kampas rem di buka. Buka pen caliper bersihkan dengan kain dan beri pelumasan yang tipis. mobil ada yang menggunakan 4 atau 5 mur roda d. Perhatikan posisi plat yang ada di belakang kampas rem. di belakang roda yang mau di buka kampas rem nya c. b. biar tidak lupa pindahkan plat yang ada di kampas rem lama ke kampas rem baru.lepaskan dari hub roda. Tarik Caliper ke atas setelah baut pen caliper terbuka. h. Karena minyak rem akan naik ketika piston rem di . seperti gambar di bawah ini g. Lepas semua mur roda dengan kunci roda. saat mendorong piston jangan lupa perhatikan minyak rem yang ada di reservoir minyak rem.a. Dongkrak mobil bagian depan. Jika pen caliper terasa keras saat di tarik atau di dorong kemungkinan pelumasnya kering. Buka dengan tarik kampas rem keluar ke arah samping dan jangan lupa cek kondisi pelumasan pen caliper. Dorong piston kaliper ke belakang.

taruh kampas rem dengan indikator ketebalan ini di bagian dalam. kalau di dorong keras akan percuma karena piston rem akan melawan. Jika kampas rem tidak terdapat indikator artinya indikator ketebalan kampas rem ini berupa plat yang di pasang di belakang kampas rem. bertujuan agar tidak sampai tumpah supaya tidak merusak cat yang ada di bawah reservoir minyak rem. k. Alat untuk mendorong piston rem tidak harus memakai track seperti gambar dibawah. Pasang Brake pad yang baru. l. Pasang roda dan hidupkan mesin.seperti gambar di bawah ini. Turunkan caliper atau pasang kaliper dan terakhir adalah memasang baut pen caliper. j. kemudian tekan pedal rem beberapa kali.jangan langsung jalankan mobil.spesial service tool lain untuk mendorong piston rem pada caliper.dorong ke belakan. catatan jika brake pad menggunakan indikator jadi satu dengan kampas rem. Penilaian No Soal 1 2 2 10 Skore 10 .bisa di taruh sembarang entah bagian luar atau bagian dalam. Tetapi juga bisa menggunakan bekas kampas rem yang mau diganti untuk mendorong atau memundurkan piston rem dengan bantuan kunci roda. sampai pedal rem terasa keras. langkahnya kebalikan dari saat melepas pada point no 7 diatas. akan membuat piston mundur. Dorongan pelan sesuai arah panah pada kunci roda. yang artinya rem sudah bekerja dengan baik. Video di bawah juga terdapat sst .

3 4 5 N = skore 30 10 40 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->