P. 1
Pengertian Presentasi

Pengertian Presentasi

|Views: 207|Likes:
Published by Abiz Na Imoet

More info:

Published by: Abiz Na Imoet on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2015

pdf

text

original

Pengertian Presentasi Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin.

Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanyadibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar),atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantahpendapat tertentu). Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi.Juga, ada banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yangingin pandai berbicara di hadapan umum. Para pembicara terkenal di Indonesia antaralain James Gwee, KH Abdullah Gymnastiar, Tung Desem Waringin, Andrie Wongso,Gede Prama, dan masih banyak lagi. Keahlian berbicara di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun yang ingin maju. Banyak presiden, manajer, wiraniaga, dan pengajar yang menjadisukses dan terkenal lewat keahlian berpresentasi.

6 Langkah Mencapai Presentasi Yang Efektif dengan PowerPoint
Presentasi dengan aplikasi PowerPoint sudah jadi bagian penting dalam kehidupan sebagian pebisnis atau mahasiswa. Berikut tips & trick presentasi efektif dengan PowerPoint agar audiens Anda tertarik menyimak sampai acara berakhir. 1. Pakai Kalimat Sederhana Aplikasi PowerPoint bukanlah aplikasi pengolah kata layaknya Microsoft Word. Untukitu, pakai kalimat yang jelas dan seperlunya saja. Jangan pula menjejalkan terlalubanyak informasi dalam satu slide PowerPoint karena audiens mungkin akan kebingungan. 2. Gambar Bermakna Ribuan Kata Pakai gambar atau ilustrasi yang benar-benar menarik di PowerPoint untuk menjelaskanpresentasi Anda sehingga audiens mau menyimak dan mudah memahaminya. Namunjangan sampai pula resolusi gambar Anda pecah sehingga tampak menganggu. 3. Kuasai Topik Presentasi Secara Detail Seringkali presentasi PowerPoint didesain secara cukup kompleks dalam banyak slide.Jangan sampai Anda gagap menjelaskan detail sekecil apapun dalam presentasi.Persiapkan diri dengan baik untuk membuat presentasi PowerPoint yang berkesan danditerima audiens. 4. Berceritalah Saat Presentasi Jangan hanya membacakan poin presentasi Anda secara monoton. Berceritalah!Ilustrasikan konten di PowerPoint Anda, misalnya dengan pengalaman hidup sehari-harisehingga audiens dapat mencerna maksudnya dengan baik.

Jangan pula terlalu banyak menggunakan animasi atau efek-efekkhusus karena selain bisa membosankan. • • Usahakan datang lebih awal dr waktu yang ditentukan. terutama untuk para pemula atau yang belum mempunyai pengalaman presentasi. Antara lain. Bedakan antara materi yang akan dipresentasikan dengan proposal yang akan diberikan. Pastikan pula seluruh audiens dapat melihat konten dengan baik.5. Materi presentasi. peralatan seperti laptop atau infocus dan mempersiapkan mental. Pada saat presentasi. Hal ini yang membuat kami untuk melakukan training kepada teman-teman di MIDAS untuk bisa melakukan presentasi dengan baik dan benar. yaitu: 1. bahan yang akan dibagikan (jika ada). Pastikankontras warna benar-benar tepat sehingga tidak menyakiti mata mereka yangmelihatnya. Konten Dalam Presentasi Sangat Penting Pastikan konten yang Anda masukkan dalam presentasiPowerPoint Anda memangberguna bagi audiens. 6. hal ini bahkan bisa mengakibatkan presentasiAnda dianggap tidak serius. . TEKNIK PRESENTASI YANG BAIK DAN BENAR Presentasi mungkin bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. baik gambar maupun tulisannya. Jika semua kondisinya baik dan aman maka bisa membuat kita akan lebih percaya diri. Hargai Audiens Anda Buat desain PowerPoint yang terlihat jelas. Melakukan persiapan. 2. 3. jangan terlambat!. Gunakan waktu seefisien mungkin. Ada beberapa tips untuk mengetahui bagaimana cara presentasi yang baik dan benar. karena pada saat presentasi kita menjelaskan point-point nya saja dan tidak perlu secara keseluruhan untuk dibahas karena akan menghabiskan waktu dan membuat audience merasa bosan. bahan presentasi. meskipunmereka berada di jajaran paling belakang.

tapi hindari kesan menggurui. catat pertanyaan dan jawablah dengan lugas. jangan kebesaran dan juga jangan kekecilan.jadi bersikaplah dengan mengundang simpati dan rasa kagum para audiens karena pengetahuan kita. Munculkan beberapa joke untuk mencairkan suasana yang kaku atau membosankan tapi jangan berlebihan. sehingga kita bisa lebih akrab dengan menyebut namanya dan tahu jabatannya. • Sebisa mungkin untuk tidak membicarakan hal yang tidak penting dan yang audiens tidak mau dengar • • • • Berbicaralah dengan lugas dan sopan Atur intonasi suara kita. Pada saat tanya jawab. seperti CEO atau salah satu pimpinan dari yang hadir. • Bagi pandangan ke kita ke semua audiens dan perbanyak komposisi pandangan kita kepada orang yang paling berpengaruh atau pengambil keputusan. karena tujuan dari presentasi adalah untuk membuat para audiens mengerti dan memahami serta tertarik dari isi presentasi yang ditawarkan. Anggap saja audiens tidak mengerti mengenai materi yang akan disampaikan. karena akan mengganggu konsentrasi peserta. Jangan banyak bergerak.• • Gunakan pakaian yang sopan tentunya Kenali audiens atau peserta yang hadir. Untuk itu fahami betul isinya dan lakukan persiapan yang matang. Selamat mencoba! . 4. Keberhasilan dari sebuah presentasi adalah kita mengerti betul tentang isi yang akan dipresentasikan sehingga pada saat menjelaskan tidak terbata-bata atau kebingungan sendiri. 5.

2. Grapik dan Diagram Mempergunakan gambar seperti grafik dan diagram akan membantu anda untuk lebih menjelaskan tentang topik yang sedang anda presentasikan. Cukup anda tulis judul atau garis besarnya saja. Seperti kita ketahui bahwa dengan sebuah presentasi yang baik. 4. Background yang sederhana Perhatikan background yang anda pergunakan pada setiap slide yang anda buat. Mudah dibaca Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca. 3. jangan sampai Audience kesulitan membaca karena huruf yang anda pergunakan terlalu kecil. Entah itu di instansi pemerintahan. Jangan sampai kalimat yang ada tulis jadi tidak bisa terbaca dengan jelas. Tetap fokus Tulislah hal-hal pokok atau penting saja yang ada hubungan dengan topik yang sedang anda presentasikan. maka proyek proposal. Nyambung . 1. Jangan menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat dalam satu slide presentasi. usulan atau pendapat Anda. universitas ataupun di sekolah-sekolah. karena anda memakai background yang terlalu kontras. Selain itu dengan mempergunakan grafik atau diagram. akan sedikit menyegarkan suasana dan mengundang perhatian para audience 5. berikut ini adalah beberapa tips membuat presentasi Powerpoint yang baik dan benar sehingga presentasi anda nantinya bakal disukai dan diberi applaus oleh audience.MEMBUAT PRESENTASI POWER POINT YANG BAIK Tak bisa dipungkiri lagi bahwa presentasi dengan mempergunakan Powerpoint telah menjadi standar dan banyak di pakai dimana-mana. jelas dan mudah dibaca pada setiap judul slide anda. Judul yang jelas pada setiap Slide Pergunakanlah huruf tebal. Selain itu pergunakan huruf yang cukup besar. mempunyai kesempatan besar untuk disetujui. 6. Nah. jadi pergunakan huruf standar misal Arial atau Times New Roman.

telepon atau website anda di akhir presentasi anda. . 7. 9. anda bisa mengubah pandangan tersebut. Kalau topik yang anda bahas memang panjang. Kebanyakan audience beranggapan bahwa sebuah presentasi Powerpoint selalu kering dan membosankankan. Berbicara yang jelas Saat presentasi sedang berlangsung berbicara dengan jelas. Future Follow Up Hal penting lainnya. Beri kesempatan untuk bertanya Kalau bisa.Penting diperhatikan. Sehingga audience bisa memahami presentasi yang anda sampaikan. Jangan terlalu banyak slide Jangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak untuk satu topik yang anda bahas. 8. adalah beri kesempatan kepada audience untuk bertanya di lain waktu mengenai topik presentasi yang anda sampaikan. luangkan waktu untuk memberikan kesempatan kepada audience untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dimengerti dari presentasi yang anda sampaikan. no. setiap slide yang anda buat satu sama lain saling berhubungan. dengan kreativitas anda dan pembicaraan yang baik. 10. penjelasan secara lisan tentu lebih baik. Jadi jangan segan-segan untuk mencantumkan e-mail. Ini semua bisa menjadi nilai plus bagi anda. Buatlah Slide seefisien mungkin. Sehingga mereka bisa bertanya kapanpun juga.

Saat presentasi sedang berlangsung berbicara dengan jelas. pertanyaan spontan ke arah penonton. Berbicara yang jelas. Dengan terus melihat ke arah penonton. Semalam atau beberapa hari menjelang hari presentasi. Jangan melupakan hal ini. Sehingga audiencebisa memahami presentasi yang anda sampaikan. Kuasai peralatan presentasi Anda.Presentasi saat ini telah menjadi bagian penting di kehidupan kita. video. 5. Sebaiknya (sangat dianjurkan) Anda tidak terus menerus melihat kearah slide. 2. Kemungkinan ini dipengaruhi jam terbang. sebaiknya Anda seminim mungkin melihat kertas karena hal tersebut dapat membuat orang lain berpikir kalau Anda tidak terlalu menguasai materi. Kontak mata. Berlatihlah sebelum Anda melakukan presentasi. anda bisa mengubah pandangan tersebut. Lakukan hal tersebut agar peserta tidak bosan. Jangan membaca apa adanya bahan yang disorot . laptop. Hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih percaya diri di depan panggung nantinya. Bahkan kadang presentasi merupakan penentu masa depan kita. Kebanyakan audience beranggapan bahwa sebuah presentasi Powerpoint selalu kering dan membosankankan. Baik sebagai pelajar yang mempresentasikan suatu pelajaran. 6. 3. diharapkan Anda seperti berbicara dua arah. Meski kadang beberapa orang mengeluh terhadap kemampuannya melakukan presentasi. Contohnya presentasi Skripsi. Selain itu. Jangan mengulang kata-kata yang sama 8. ada baiknya Anda berlatih di depan teman-teman Anda atau berlatih di depan cermin. atau pekerja yang mempresentasikan hasil pekerjaannya. Kuasai proyektor. Kuasai isi materi Anda. Cara tersebut dapat menaikan rasa percaya diri Anda dan juga dapat menghilangkan rasa canggung berbicara di depan banyak orang. Pada saat presentasi. Kalau Anda terlihat canggung menggunakan peralatan Anda sendiri berarti Anda harus bersiap mendapat pandangan pertama yang buruk dari peserta presentasi. dengan kreativitas anda dan pembicaraan yang baik. atau pointer yang akan Anda gunakan. 4. Tapi tentunya ada tips dan cara-cara yang memudahkan untuk melakukan presentasi dengan baik. selingi slide Anda dengan musik. Berikut ini cara-cara melakukan presentasi yang baik : 1. Salah satu cara menyiasati hal tersebut dengan cara menguasai betul materi Anda. mouse. Selingi dengan lelucon. atau animasi. Jangan membuat gerakan-gerakan yang tidak perlu 7.

Akan sedikit menyegarkan suasana dan mengundang perhatian para audience . pergunakan huruf yang cukup besar. Berenergi dan penuh semangat Membuat Materi Presentasi yang Baik Tak bisa dipungkiri lagi bahwa presentasi dengan mempergunakan Powerpoint telah menjadi standar dan banyak di pakai dimana-mana. Bernafas secara teratur 15. Variasi intonasi untuk penekanan 14. karena Anda memakai background yang terlalu kontras. universitas ataupun di sekolah-sekolah. tetapi juga ditunjang dengan tampilan bahan presentasi yang baik dan menarik. Jangan berbicara untuk diri sendiri 13. Pergunakanlah huruf tebal. Presentasi yang baik tentunya tidak hanya ditunjang dengan teknik presentasi yang baik. Judul yang jelas pada setiap Slide. Jangan tidak memandang hadirin. Background yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa tips membuat presentasi Powerpoint yang baik dan benar sehingga presentasi Anda nantinya bakal disukai dan diberi applaus oleh audience : 1. Mudah dibaca. 4. 2. jangan sampai Audiencekesulitan membaca karena huruf yang Anda pergunakan terlalu kecil. Jangan berbicara seperti “tape” diputar ulang 10. 3. jelas dan mudah dibaca pada setiap judul slide Anda. Jangan sampai kalimat yang Anda tulis jadi tidak bisa terbaca dengan jelas. menunduk saja atau “menerawang” 11. Perhatikan background yang Anda pergunakan pada setiap slide yang Anda buat.9. Grafik dan Diagram. Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca. Entah itu di instansi pemerintahan. Selain itu. Volume suara dapat didengar 12. Selain itu dengan mempergunakan grafik atau diagram. jadi pergunakan huruf standar misal Arial atau Times New Roman. Mempergunakan gambar seperti grafik dan diagram akan membantu Anda untuk lebih menjelaskan tentang topik yang sedang Anda presentasikan.

Buatlah Slide seefisien mungkin. Tulislah hal-hal pokok atau penting saja yang ada hubungan dengan topik yang sedang Anda presentasikan. Tetap fokus. Jangan menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat dalam satu slide presentasi. Jangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak untuk satu topik yang Anda bahas. namun juga dengan tampilan bahan presentasi yang baik. Presentasi yang baik tentunya tidak hanya ditunjang dengan persiapan diri dan teknik presentasi yang baik. Kalau topik yang Anda bahas memang panjang.5. 6. penjelasan secara lisan tentu lebih baik. Dengan adanya beberapa teknik presentasi yang baik tersebut. Nyambung. 7. diharapkan dapat membantu Anda dalam menyiapkan bahan presentasi Anda dengan baik dan maksimal maupun mempersiapkan diri Anda dalam menyampaikan materi presentasi Anda. . Penting diperhatikan. Cukup Anda tulis judul atau garis besarnya saja. Jangan terlalu banyak slide . setiap slide yang Anda buat satu sama lain saling berhubungan. menarik dan tidak membosankan audience pula.

com/index.gunadarma.DAFTAR PUSTAKA http://wartawarga.html http://www.php?view=article&id=136:membuat-presentasi-powerpointyang-baik-&option=com_content&Itemid=58 .id/2010/12/presentasi-yang-baik-dan-benar/ http://islam-download.net/cara-mudah-cepat/cara-presentasi-yang-baik.tasikisme.ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->