P. 1
They Are My Hidden Beauty

They Are My Hidden Beauty

|Views: 3|Likes:

More info:

Published by: Riska Febriyeni Siregar on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2014

pdf

text

original

They Are My Hidden Beauty

Disebut aurat. . karena tercela bila terlihat (ditampakkan).AURAT  Menurut pengertian bahasa (literal). yakni aurat manusia dan semua yang bisa menyebabkan rasa malu. aurat kekurangan dan sesuatu yang mendatangkan celaan. yang bermakna qabiih (tercela). Diantara bentuk pecahan katanya adalah ‘awara`.

Apa aja sih yang Hidden (Aurat) itu? .

Kenapa sih kita harus berhijab (menutup aurat)??? .

selalu menjaga kesucian. .Manfaat Berhijab  Menjaga kehormatan. ghirah(rasa cemburu).  Membersihkan hati pemakainya dan kaum laki-laki.  Hijab melahirkan akhlak mulia dalam diri pemakainya seperti: rasa malu. Hijab adalah benteng syar’i untuk menjaga kehormatan wanita dan menjauhkan mereka dari hal-hal yang akan menimbulkan fitnah.

 Menutup segala pintu setan yang selalu mengajak manusia kepada perbuatan keji dan mungkar. .  Menghindarkan wanita dari budaya tabarruj.  Hijab adalah benteng terkokoh dari perbuatan zina dan kehidupan yang serba bebas. Hijab adalah tanda kesucian dan kehormatan bagi seorang wanita.

 Menjaga rasa malu yang merupakan ciri khas seorang wanita.  Menjaga ghirah ( rasa cemburu)  Wanita adalah aurat dan hijab adalah penutupnya. .

Katakanlah kepada isteri-isterimu.’ [Qs. anakanak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. . Sebagaimana Firman Allah : Artinya : ‘Hai nabi. Karena itu mereka tidak diganggu. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. al-Ahzab : 59].

artinya: “Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman. Janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka. dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka…” (QS: An-Nur.Hendaklah mereka menahan pandangan dan kemaluan mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan khimar(kerudung) ke dada-dada mereka. Dan dalam surat An-Nur : 31. 31)” . kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.

yaitu : 1. Dalam keadaaan darurat dan terpaksa . Muka dan telapak tangan b.Batas-Batas Aurat Wanita Dari tersebut terdapat 2 pengecualian. Pengecualian pertama yaitu : “ kecuali yang biasa tampak darinya “ banyak pendapat ahli tafsir : a.

seseorang wanita tidak dibenarkan menampakkan badannya kec muka dan ini (sambil beliau pegang hasta tangannya.” pernah aku berhias lalu pergi ke tempat kemenakanku. dan bersabda : “ Hai Asma! Jika telah tiba masa haidnya.a berkata. lalu Rasulullah tidak menyukai itu. serta mengecualikan telapak tangannya) .Dalil yang mendukung :  Saat ketika Asma (saudari Aisyah) datang berkunjung dg pakaian yang tipis. dan bersabda : “Jika telah tiba masa haidnya. Rasulullah memalingkan mukanya. seseorang wanita tidak dibenarkan menampakkan badannya kec ini dan ini ( sambil beliau menunjukkan muka dan telapak tangan)  Aisyah r.

datang ayat (lanjutan) yang berbunyi : “ dan hendaklah mereka menutupkan khimar(kerudung) ke dada-dada mereka…” . misalnya kecelakaan dan terluka dibagian yang tidak boleh terlihat. maksud dari pengecualian tersebut adalah : kaum wanita yang diizinkan menampakkan sesuatu yang terpaksa tampak sebatas keperluannya. niat mereka harus lurus dan tidak semata-mata ingin mempertontonkan kecantikan.  semua ahli tafsir sepakat . dengan syarat.  Dengan adanya perkecualian ini . nah untuk pengobatan boleh . bukan untuk memikat perhatian lelaki bukan muhrim. Untuk keadaan darurat dan terpaksa.

2. yaitu : “dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka…” Maksud dari pengecualian tsb adalah Muhrim. Wanita islam . pelayan laki2 yg tidak ada keinginan c. hamba sahaya yg dimiliki b. anak2 yg belum mengerti aurat wanita d. diantaranya : a. Putra saudara perempuan i. Ayah k. Putra e. Saudara kandung g. Putra suami f. Ayah suami l. Putra saudara h. Suami j. Pengecualian kedua .

Any Question? .

Persyaratan pakaian wanita menurut ajaran islam  Rasulullah bersabda:  “ termasuk golongan ahli neraka. tetapi sebenarnya telanjang” . wanita yang berpakaian.

Longgar dan Tebal Sehingga tidak menampakkan bentuk tubuh dan menyembunyikan warna kulit yang ditutupinya 3. Jilbab tidak menyerupai punuk unta . Persyaratannya : 1. Tidak mencolok dan menarik perhatian (bertabarruj) 4. Tidak menyerupai pakaian laki-laki 5. Menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan 2. Tidak menyerupai pakaian wanita-wanita non-muslim 6.

Faktor penyebab wanita memakai pakaian yang tidak menutupi seluruh tubuhnya      Lemahnya iman dan tidak takut kepada Allah Buruknya Pendidikan Sarana Informasi Taqlid (Peniruan) Pergaulan atau lingkungan yang tidak baik .

 Wanita shalihah tak pernah tergiur dengan gemerlapnya perhiasan dunia. Mengapa? Karena mereka sendiri adalah sebaik-baik perhiasan dunia itu…  .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->