1.

PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang Masalah Pemanfaatan komputer telah digunakan diberbagai bidang, lapisan

masyarakat, dan perusahaan untuk mengolah data penting. Dan agar perusahaan dapat mengolah data, maka perusahaan tersebut memerlukan orang-orang yang ahli dan handal menggunakan komputer dalam hal membuat aplikasi ataupun jaringan. Tetapi ada beberapa perusahaan memerlukan seseorang yang bisa membuat aplikasi pengolahan data. Salah satu perusahaan tersebut bernama Coin’s Hotel. Selama ini Coin’s Hotel belum mengolah data dan menghitung gaji dengan bantuan aplikasi komputer Penulis tertarik untuk membuat aplikasi penggajian untuk Coin’s Hotel dengan menggunakan Borland Delphi 7.0. Karena dengan membuat aplikasi penggajian Coin’s Hotel dapat menginput gaji yang harus dibayar dan menginput data karyawan dengan cepat. Aplikasi yang dibuat bersifat sederhana sehingga mudah digunakan dan dapat dijalankan dengan komputer berkecepatan rendah dan berkemampuan rendah.

1.2.

Ruang Lingkup Pembahasan Penulisan ilmiah ini membahas tentang pengolahan data penggajian, data

karyawan Coin’s Hotel serta laporan penggajian dan bahasa pemrograman yang digunakan Borland Delphi 7 .

1.3.

Tujuan Penulisan Adalah membuat aplikasi penggajian pada Coin’s Hotel menggunakan

Borland Delphi 7.0. Diharapkan aplikasi ini dapat membantu pengolahan data penggajian karyawan dan sekaligus sebagai media penyimpanan data karyawan dan data gaji.

1

Pengujian dilakukan oleh seorang programmer yang ahli Borland Delphi 7 seperti mengecek dan menjalankan aplikasi supaya tidak terjadi kesalahan. Pemilihan dengan menggunakan Borland Delphi 7 didasarkan pada perangkat lunak yang digunakan dapat membuat aplikasi berbasis database dengan mudah.5. Memory 2 GB. Hardisk 160 GB. Mouse. metode penelitian dan sistematika penulisan. Merancang aplikasi dengan menggunakan program Borland Delphi 7.  Prosedur Pembuatan Aplikasi Pembuatan aplikasi dilakukan dengan beberapa tahapan. penjelasan ERD.6 GHz. 4. Mengumpulkan data – data yang digunakan untuk database aplikasi. serta Ranger Pocket Hardisk 120 GB. 1.2 1. ruang lingkup pembahasan. Bab II penulis membahas tentang sejarah bahasa pemrograman pascal. 5.4. Mengumpulkan data – data dari internet dan buku tentang tata cara pembuatan aplikasi dengan Borland Delphi 7. 3. dan Borland Delphi 7. . Mengolah dan menganalisa data – data yang sudah dikumpulkan. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan ini dibagi dalam 4 bab. yaitu sebagai berikut : Bab I penulis menjabarkan latar belakang pembuatan aplikasi dan penulisan ilmiah. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan adalah Sistem Operasi Microsoft Windows 7. diantaranya: 1. tujuan penulisan. Metode Penelitian Dalam menyusun penulisan ilmiah ini. Borland Delphi. penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut:  Perangkat yang digunakan Penulisan ilmiah ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak. 2. Perangkat keras yang digunakan adalah satu (1) unit laptop pribadi lengkap dengan spesifikasin Processor Intel Pentium Dual-Core 1.

3 Bab III berisi ERD. Bab IV menjabarkan kesimpulan penulisan ilmiah ini dan saran-saran dari penulis. struktur program. . membahas aplikasi penggajian menggunakan Borland Delphi 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful