P. 1
MAKALAH-2.docx

MAKALAH-2.docx

|Views: 25|Likes:
Published by Sebut Saja Irwan

More info:

Published by: Sebut Saja Irwan on May 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

MAKALAH

APLIKASI PENGGUNAAN MATERIAL KOMPOSIT PADA PRODUK PAKAI MANUSIA

Disusun untuk tugas pada mata kuliah Pengetahuan Bahan dan Material

Dosen Pengampu: Doddy Hadiwijaya S.Ds., M.Ds.

OLEH: Difliyatul Isna Alvionita 41011041 / Desain Produk

TELKOM ART AND DESIGN SCHOOL BANDUNG 2012

Perkembangan dibidang teknologi dan sciences belakangan ini mendorong material komposit banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi desain produk. Secara global material komposit dikembangkan untuk menggantikan material logam yang banyak digunakan sebelum berkembangnya material komposit . Definisi Komposit Komposit didefinisikan sebagai dua macam atau lebih material yang digabungkan atau dikombinasikan dalam skala makroskopis ( dapat terlihat langsung oleh mata)sehingga menjadi material baru yang lebih berguna.komposit terdiri dari 2 bagian utama yaitu :

Matriks, berfungsi untuk perekat atau pengikat dan pelindung filler (pengisi) dari kerusakan eksternal. Matriks yang umum digunakan : carbon, glass, kevlar, dll

Filler (pengisi), berfungsi sebagai Penguat dari matriks. Filler yang umum digunakan : carbon, glass, aramid, kevlar

Klasifikasi Komposit - Berdasarkan Matriks yang digunakan  MMC : Metal Matriks Composite (menggunakan matriks logam) Bahan ini berkembang pada industry otomotif, bahan ini menggunakan suatu logam seperti alumunium sebagai matrik dan penguatnya dengan serat seperti silicon kabrida.  CMC : Ceramic Matriks Composite (menggunakan matriks ceramic) Bahan ini digunakan pada lingkungan bertemperatur tinggi, bahan ini menggunakan keramik sebagai matrik dan diperkuat dengan serat pendek, atau serabut-serabut (whiskers) dimana terbuat dari silicon karbida atau boron nitride.  PMC : Polymer Matriks Composite (menggunakan matriks polymer) Bahan ini merupakan bahan komposit yang sering digunakan disebut Polimer Berpenguatan Serat (FRP – Fibre Reinforced Polymers or Plastics) – bahan ini menggunakan suatu polimer berdasar resin sebagai matriknya dan suatu jenis serat seperti kaca, karbon dan aramid (Kevlar) sebagai penguatannya.

- Berdasarkan strukturnya :

Particulate Composite Materials (komposit partikel) merupakan jenis Komposit yang menggunakan partikel/butiran sebagai filler (pengisi). Partikel berupa logam atau non logam dapat digunakan sebagai filler.

Fibrous Composite Materials (komposit serat) terdiri dari dua komponen penyusun yaitu matriks dan serat.

Structural Composite Materials (komposit berlapis) terdiri dari sekurang-kurangnya dua material berbeda yang direkatkan bersama-sama. Proses pelapisan dilakukan dengan mengkombinasikan aspek terbaik dari masing-masing lapisan untuk memperoleh bahan yang berguna.

Kelebihan material komposit diantaranya adalah :
       

Komposit memiliki densitas yang rendah Tahan Karat dan korosi Tahan terhadap cuaca Lebih kuat dan lebih ringan Perbandingan kekuatan dan berat yang menguntungkan Lebih kuaat (stiff), ulet (tough) dan tidak getas Mudah diproses (dibentuk) Masa jenis rendah (Ringan)

Aplikasi komposit diberbagai bidang : 1. Komponen pesawat terbang Demikian pula halnya dengan pesawat terbang. Bahan komposit banyak menggantikan peran logam. Di sini diperlihatkan sayap pesawat Boeing A-320 yang seluruhnya terbuat dari material tekstil komposit. Bahannya sendiri tidak jauh-jauh berupa kain dari serat karbon yang diberi resin penguat. Juga sangat menarik adalah satu pesawat mini yang seluruh body-nya terbuat dari material tekstil komposit. Komposit digunakan untuk mereduksi berat dari pesawat untuk meningkatkan kecepatan dan daya tahan. Pertama kali digunakan tahun 1969 pada pesawat tempur jenis F-14 pada bagian horizontal stabilizer. Pada pesawat komersil, komposit mulai digunakan tahun 1980an pada pesawat airbus A310. Penggunaan bahan komposit pada bagian vertical stabilizer pada pesawat ini, lebih ringan hingga 400kg dibandingkan dengan bahan aluminum. Pada boing 777, 10% dari berat strukturnya berasal dari fiber-reinforced epoxy dan 50% dari aluminum alloy. Fiber-reinforced polymer juga digunakan pada baling-baling dari helikopter, yang jauh lebih ringan dari aluminum dan juga lebih mampu menahan getaran dari baling-baling.

2. Komponen pesawat luar angkasa Komposit untuk bagian pembangkit listrik tenaga surya pada pesawat luar angkasa terbuat dari panel lapis serat karbon-epoksi yang sangat ringan (ultra-low weight) dengan sifat kekakuan yang tinggi yang dibutuhkan untuk menahan tekanan akibat getaran selama peluncuran ke luar angkasa. Pada umumnya, fiber-reinforced polymer

digunakan untuk komponen-komponen kecil, seperti solar array, antena, optical platform. Carbon fiber-reinforced epoxy tube digunakan untuk membangun rangka struktur dari low earth orbit satelite. Struktur ini mendukung untuk optical bench, solar array panel, antenna reflector dan modul-modul lainnya.

3. Helmet Helm yang berbahan serat komposit ini telah mendapat aproval untuk digunakan pada lintasan balap. Visor helm yang terbuat dari serat komposit ini anti gores, anti retak, tahan benturan dan anti kabut. Bagian dagunya dapat diangkat untuk mengubah tampilan helm ini menjadi Half-Face.

4. Komponen mesin Di bidang otomatisasi dan permesinan kita juga bisa melihat banyak bagian-bagian mesin atau lengan pada robot yang biasanya menggunakan material logam namun kini digantikan dengan material teksil komposit. Bisa dibayangkan dari mulai bagian yang besar di mesin seperti batang dan poros yang membutuhkan kekuatan tinggi sampai yang kecil seperti baut, mur, dan sebagainya kini terbuat dari tekstil komposit.

5. Komponen kereta Produk berbasis komposit yang digunakan untuk komponen kereta api yaitu pada prototipe panel gerbong kereta api yang tahan api, dibuat dari pengembangan komposit geopolimer serat gelas polyester limbah fly ash. Dari bahan yang sama juga bisa dibuat komponen dashboard kereta diesel, panel interior, dan pintu kereta api. euntungan penggunaan komposit antara lain kekuatan dan kekakuannya tinggi, tahan korosi, lebih awet, dan mudah dibentuk.

6. Komponen kapal layar Glass fiber-reinforced polyester pada umumnya digunakan untuk bermacam tipe dari kapal. Carbon fiber-reinforced epoxy biasanya hanya digunakan untuk keperluan racing boat/balap.

7. Komponen kapal selam komposit akan menggantikan penggunaan paduan nikel, alumunium, perunggu yang selama ini digunakan sebagai bahan pada komponen – komponen vital kapal selam, misalanya pada katup selubung kapal selam. Paduan nikel, alumunium, perunggu digunakan pertama kali pada aplikasi kapal selam pada sekitar tahun 1960-an, setelah material paduan ini menunjukkan kekuatan, ketangguhan, dan ketahan terhadap impak (pembebanan secara tiba – tiba/benturan) yang lebih baik dibandingkan pada material logam yang sebelumnya digunakan sebagai standar bahan persenjataan. Kelebihan paling utama dari paduaan nikel – alumunium – perunggu ini adalah ketahan korosi yang lebih baik. Aplikasi material logam yang mengalami kontak secara langsung dengan air laut, Anda akan membutuhkan banyak tenaga dan biaya untuk melakukan

pengecekan terhadap korosi/karat. Terdapat kamapuan yang lebih baik dalam hal penghematan biaya perawatan dari material komposit karena material ini memiliki hubungan yang lebih baik dengan lingkungan air laut.

8. Infratruktur industry migas Sejak 1980an, komposit mulai dikenal di industri minyak dan gas setelah sebuah panel anti-api untuk heli-deck dibangun memakai komposit serat gelas (glass-fiber reinforced-plastics). Berikut beberapa

aplikasi material komposit di industri minyak dan gas: - Pipeline : Komposit untuk pipeline biasanya terbuat dari komposit serat gelas atau komposit hibrid untuk mengalirkan aqueous fluid dan gas alam - Rigid riser : Komposit serat gelas, serat karbon atau komposit hibrid digunakan untuk menggantikan baja dalam membangun riser. - Tension leg platforms : TLP, yang dipancangkan ke dasar laut, adalah bagian yang sensitif dari platform terhadap kedalaman laut. Tendon baja kurang diminati karena terlalu berat dan resonansi yang berkenaan dengan elastisitas tendon masih terjadi. Hal itu bisa diatasi menggunakan tendon serat karbon yang ringan namun kuat.

9. Komponen Sepeda

10. Komponen mobil Pada bidang otomotif, misalnya, dipamerkan setidaknya dua mobil balap F-1 dan motor balap

sungguhan dari dua anjungan yang berbeda. Sungguh menarik. Ternyata nyaris terbuat semua dari bagian material body-nya tekstil

komposit. Bahan kain tekstil yang digunakan terbuat dari kombinasi benang dari serat karbon lalu diberikan resin penguat. Ada body yang permukaannya agak tipis, nampaknya ia dibuat cukup dengan teknik pertenunan biasa atau perajutan multiaxial dan ada pula yang agak tebal. Kalau kita perhatikan nampaknya ia tergolong dalam spacer fabric yang bisa dibuat dengan teknik perajutan double needle atau pertenunan dan sandwich composites. Begitu juga kalau kita melihat berbagai mobil dan truk dari berbagai pabrikan akan terlihat bagaimana tekstil komposit kini benar-benar banyak menggantikan peran material logam. Kelebihan material tekstil komposit terutama kekuatannya yang lebih tinggi, ringan dan tidak berkarat.

11. Olahraga: Stick Golf, Raket tenis, alat fitness, Sepatu olahraga

F

12. Industri Pertahanan: Peluru

13. Konstruksi: Jembatan, Terowongan, Rumah Penguat dengan serat fiber sangat berpotensi untuk menggantikan beton dan baja pada jembatan, bangunan dan berbagai

infrastruktur lainnya.Hal ini dikarenakan material komposit ini lebih tahan terhadap korosi

,mempunyai daya tahan lebih lama dan rendah biaya perawatan.Begitupun pada bidang bangunan dan konstruksi kita melihat bagaimana sebuah kanal yang biasanya terbuat dari material logam kini digantikan dengan material tekstil komposit. Dinding yang biasanya terdiri dari sekumpulan pasir, batu dan semen atau jendela yang terbuat dari plastik kini digantikan dengan material tekstil komposit. Kelebihan tambahan dari material komposit ini yaitu sifat insulasi panasnya (heat insulating) yang lebih baik daripada bahan plastik, dan memiliki kontur yang juga menarik. Bisa dibayangkan kain dengan berbagai anyaman misalnya polos, keper, satin, dan sebagainya dilapisi resin penguat dengan berbagai variasi sentuhan warna yang bisa memberikan tekstur yang tidak bisa didapatkan dari bahan lainnya. Aplikasi tekstil pada bangunan yang kemudian dikenal dengan istilah tekstil beton ikut menambah khazanah wilayah aplikasi tekstil komposit.

14. Kesehatan: Kaki palsu Pemanfaatannya sebagai bahan komposit yang ramah lingkungan berpotensi menggantikan logam dan plastic, salah satunya komposit dari alam. Belakangan ini bahan rami yang telah diolah menjadi epoksi terbukti layak berdasarkan pengujian untuk digunakan sebagai tabung gas dan kaki palsu. Kaki palsu dari bahan rami, lebih lembut sehingga nyaman dipakai.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.ideaonline.co.id/iDEA/Peralatan-dan-bahan-bangunan/Artikel/Produkfinishing/Material-Kayu-untuk-Kamar-Mandi-Mungkinkah http://fariable.blogspot.com/2010/09/gabus-eps-sebagai-bahan-dinding.html http://www.kesimpulan.com/2009/09/material-komposit-serat-rami.html http://aeroblog.wordpress.com/category/material-pesawat/ http://catatankuliah.hendragalus.com/material-komposit/ http://id.wikipedia.org/wiki/Material_komposit http://areyouengineer.blogspot.com/2009/05/material-komposit-untuk-kapal-selam.html http://migas-indonesia.com/aplikasi-material-komposit-di-industri-migas/ http://thinktextiles.blogspot.com/2009/04/international-jec-composites-show-24-26.html

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->