Skip to Main

ForumJual Beli
Search

Search in:All SiteForumJual BeliGroupeeSearch Tips

                  

Forum Jual Beli Groupee KaskusRadio Sign in
Not a Member?

Hot categories Lounge Berita & Politik Computer Jokes Movies Supranatural Sports Games Otomotif Music Regional


FORUMThe LoungeMembuat Sumur Resapan

All categories

Post Reply
Thread Tools Short Url increase text #1

Rumblebot
Kaskuser

Banyak orang menyambut dengan gembira. Sebagian besar orang menuduh penyebab utama banjir adalah hutan yang gundul. Alih fungsi lahan dari lahan terbuka menjadi lahan terbangun yang tidak diimbangi upaya antisipasi merupakan salah satuy faktor terjadinya banjir. tapi tidak selalu hutan yang gundul menjadi satu-satunya penyebab banjir. jalan dan lain-lain ditampung dan disalurkan ke dalam sumur. Sehingga saat turun hujan. Selain bermanfaat untuk mengurangi limpasan permukaan pada saat turun hujan. para petani gembira karena sawah dan ladang mereka kebali dilimpahi air yang artinya mereka bisa mulai mengolah lahan. Tapi ada juga yang merasa was-was. Sumur Resapan merupakan salah satu teknik konservasi air yang dibuat mirip sumur gali dan berfungsi mempercepat peresapan air hujan ke dalam tanah. saluran mampet oleh sampah. Hujan yang jatuh di atas permukaan kedap air seperti bangunan rumah. akibatnya terjadilan genangan air. Ojek payung gembira kaena bakal banyak order. dalam jangka panjang Sumur Resapan juga bermanfaat untuk meningkatkan kandungan air tanah sehingga kita tidak kesulitan air bersih saat kemarau tiba. Cara Pembuatan Spoilerfor Sketsa: .UserID: 1564016 Join: 04-04-2010 Post: 255   Membuat Sumur Resapan 18-01-2013 11:31 Musim hujan telah tiba. Salah satu alternatif dalam mengatasi banjir terutama di wilayah pemukiman atau padat bangunan adalah dengan membuat Sumur Resapan. Itu memang benar. Manakala intensitas hujan tinggi dan berlangsung cukup lama. diperparah lagi dengan kesadaran masyarakat yang belum sepenuhnya sadar dalam urusan buang membuang sampah. Di daerah perkotaan banjir juga ditunjang oleh kondisi drainase kota yang buruk. banjirlah yang terjadi. kantor. karena rumah mereka yang lokasinya di daerah langganan banjir.

Ijuk 15 kg . Bahan-bahan yang diperlukan untuk 1 unit Sumur Resapan .1.Bata merah 1300 buah .4 m3 .Batu belah 2.

Tanah digali seperti membuat sumur gali dengan diameter 1 m dan kedalaman 4 meter.Semen 6 zak .Grafel sesuai panjang saluran yang akan dibuat .Pasir 1. Spoilerfor Gali1: ..Pipa paralon ukuran 4“ 1 lente .Split 0. Tahapan pekerjaan .35 m3 .2 m3 .Papan untuk mencetak beton tutup sumur 2.

dinding sumur ditembok dengan bentuk bujursangkar berukuran 1x1m .Pada kedalaman 1 m dari permukaan tanah. Spoilerfor Gali2: ..Buat saluran/parit dengan lebar 20-30 cm sepanjang cucuran air dari atap bangunan.

Lubang sumur diisi dengan batu belah. ijuk dan batu split. Spoilerfor Isi batu belah: ..

Spoilerfor Grafel: .Saluran/parit dibuat dari grafel beton dan ditembok pada bagian atasnya supaya lebih kuat dan terlihat rapi..

Spoilerfor Jadi: . .Cetak tutup sumur dan tutup bak penampung dalam bentuk plat beton sesuai ukuran permukaan sumur dan permukaan bak penampung.Buat saluran pembuang dengan pipa paralon pada bagian atas sumur resapan untuk berjaga-jaga apabila sumur terisi penuh .Buat bak penampung/bak kontrol dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm.Dibuat saluran dengan pipa paralon dari saluran grafel ke bak penampung dan dari bak penampung ke dalam sumur ..

Semoga bermanfaat. air yang ditampung pada talang bisa langsung dialirkan ke bak penampung dengan menggunakan pipa paralon. Demikian sekilas manfaat dan cara pembuatan sumur resapan sebagai salah satu alternatif mengatasi banjir yang secara rutin setiap tahun mengunjungi kita di musim hujan. Di copas dari : sumber Spoilerfor Tambahan: Multi Quote Quote KaskusAd – Create an KasAD/Buat Iklan KasAD #2 .Selain menggunakan saluran grafel. untuk bangunan-bangunan bertalang. Manfaatnya akan lebih terasa manakala dibuat dalam jumlah banyak misalkan di komplek perukamahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful