16 Pebruari 2012 Alamat Industri Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN . COLUMBINDO PERDANA Jln. Ciungwanara 23-27 Pare-Pare 12 September 2011 sd.Contoh Laporan Kegiatan Praktek Kerja Industri \ ( PRAKERIN ) Nama Industri PT.

(0358) 321483 Faks.sch. Dr. Ciungwanara 23-27 Pare-Pare 12 September 2011 sd.002 disusun oleh: kelas : II Otomasi PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN NGANJUK DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA DAERAH UPTD SMK NEGERI 1 NGANJUK Jl.smkn1nganjuk.insert Logo Industri Karmila Puspa Sari Dewi NIS : 007/123.Soetomo 61C Telp.com SAMPUL (Kertas Tebal ) warna sesuai jurusan Laporan Kegiatan Praktek Kerja Industri \ ( PRAKERIN ) PT. 16 Pebruari 2012 Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN . COLUMBINDO PERDANA Jln. (0358)329358 Nganjuk Website: www.id • E-Mail: smknegeri1nganjuk@gmail.

. sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN). MM NIP. 27 Pebruari 2012 Pembimbing sekolah/industri RETNO HARJANTI LELY. Mengetahui/menyetujui Kepala SMK Negeri 1 Nganjuk Ketua Program Keahlian Otomasi Drs. 19640414 198903 1 015 (ii) INDRA BEKTI. NIP.002 disusun oleh: kelas : II Otomasi Telah disahkan dan disetujui : Pada tanggal . MM NIP. KATA PENGANTAR Dengan mengucap syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya. COLUMBINDO PERDANA .Karmila Puspa Sari Dewi NIS : 007/123. DANI HENDARTO. SP.. H. SPd. Penyusunan laporan praktek kerja industri ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2012/2013 dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa saya (penulis) telah melaksanakan dan menyelasaikan praktek kerja industri di PT.

selaku kepala SMK Negeri 1 Nganjuk 4. S. Ibu Lely SP.Nuryati. Ibu Retno Harjanti. Maksud dan Tujuan i ii iii iv 1 1 .HJ. ………………………… dst (iii) DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL LEMBAR PENGESAHAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I : Pendahuluan A.Laporan ini dapat terbuat dan di selesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing materi maupun teknis. selaku pembimbing dari sekolah 2. Latar Belakang B. Ibu Dra. selaku pembimbing dari instansi atau industri 3. Dan kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga selesai dengan baik. Pd. oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1.

Pelaksanaan Kegiatan B. Misi dan Visi Perusahaan D. Struktur Organisasi BAB III : Laporan Kegiatan A. Hasil Kegiatan BAB IV : Kesimpulan dan Saran Kesimpulan dan Saran BAB V : Penutup LAMPIRAN Foto kegiatan ( tampak tempat kerja/kantor . Tinjauan perusahaan B.BAB II : Gambaran Umum Perusahaan/ Instansi A. Sejarah Perusahaan C. Latar Belakang ( Hal yang mendasari adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu implementasi P S G ) ………………………… dst B. Maksud dan Tujuan . kegiatan prakerin ) Print out / Portofolio dokumen kerja 7 6 6 4 5 2 2 3 3 (iv) BAB I PENDAHULUAN A.

bentuk/jenis perusahaan. alat ukur dan media produksi yang baru di industri 4. ……. karena Prakerin sebagai salah satu Syarat untuk mengikuti UNAS. Struktur Organisasi dan Bandan Hukumnya ) A. ………. status kepimilikan. Jika perusahaan tempat prakerin tersebut merupakan perusahaan besar sertakan pula Tahun pendirian perusahaan . bidang pekerjaan. dst.( Menguraikan tujuan-tujuan apa saja yang ingin dicapai dengan adanya prakerin di perusahaan dan hubungannya dengan kompetensi yang dipelajari ) Maksud dan tujuan dari melaksanakan Prakerin adalah : 1. dst Selain itu Laporan ini sebagai bukti bahwa saya telah melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan Pratek Kerja Industri (PRAKERIN) tanpa membuat kesalahan besar . Sejak tahun 1950 keluarga ini telah menjadi importer produk Philips dengan nama “Rasie Elektronik” di medan dan “Palapa Elektronik” di Jakarta sebagai distributor untuk seluruh Indonesia. Mengimplementasikan pengetahuan di sekolah ke praktek langsung di industri 2. Sejak produk Jepang memasuki pasar Indonesia pada tahun 70-an keluarga pediri ini segera meraih peluang untuk menjadi penyalur produk- . situasi dan spesifikasi tempat industri 6. serta agar saya (penulis) dapat mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) . Mengenal situasi dan kompetisi di industri 3. produk/jasa. Mengenal pemasaran. 1 BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/ INSTANSI ( Mengemukakan tentang keberadaan tempat praktik meliputi nama perusahaan. dan sudah memiliki pengalaman panjang dalam bisnis elektronik. Mengenal dan menggunakan peralatan. Penjualan dan Pelayanan pada user / pelanggan 5. Membentuk etos kerja sesuai denga iklim. mesin. TINJAUAN PERUSAHAAN Columbia secara resmi berdiri pada tanggal 28 februari 1982 didirikan oleh sebuah keluarga yang sudah menekuni dunia bisnis sejak satu abad yang lalu.

SEJARAH PERUSAHAAN Pada tahun pertama beroperasi. Sasaran dasar yang paling di utamakan oleh PT. STRUKTUR ORGANISASI Adapun struktur organisasi PT. Columbindo Perdana yaitu menjamin mutu atau kualitas agar terdapat kepuasan pada Pelanggan atau Konsumen. Pemegang Saham. PELAKSANAAN KEGIATAN ( Dalam bab ini diuraikan kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri yang bersumber pada jurnal kegiatan yang di bahas secara rinci sesuai dengan kompetensi atau bidang pekerjaan . Columbindo Perdana di bangun dengan tujuan menjadi perusahaan RETAEL (Cash & Credit) nomor satu di Indonesia dalam hal mutu dan kemampuan memperoleh laba maupun pertumbuhan Industri yang terarah. Hayam Wuruk 111. …………………………………………… dst. VISI DAN MISI PERUSAHAAN PT. Mitsubishi dan Pioneer. C. Columbia melaksanakan aktivitasnya dari sebuah gedung kecil diatas tanah seluas 75 m2 yang beralamat di Jl. Dari gedung bersejarah inilah para pendiri menyusun dan merancang strategi-strategi pengembangan jangka pendek sampai dengan jangka panjang. Columbindo Perdana Cabang Tangerang dapat di lihat pada gambar di bawah ini : ………………………… dst BAB III LAPORAN KEGIATAN A. . Hitachi. ) Kegiatan yang saya lakukan selama 2 (dua) bulan di instansi atau di PT. Toshiba. Top Management dan ………………………… dst 2 D. ………………………… dst B.produk Jepang yang terkemuka seperti Sanyo. National. Supplear. Kreditor.

Collection Outdoor di setorkan ke kasir untuk di cocokan dengan uangnya. Dan setelah itu saya dapat lebih memahami tentang keuangan khususnya penjualan kas dan kredit. Merekap DPK untuk besok hari. Menyusun kartu A/R yang di bawa Collector hari ini sesuai DPK. Membuat kwitansi Indoor yang terlambat. antara lain : Persiapan dan merekap kwitansi Outdoor yang akan di bawa oleh Collector melalui DPK (Tambahan). ) Setelah 2 (dua) bulan saya mengikuti dan menyelesaikan Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. ………………………… dst 3 B.00 WIB.Columbindo Perdana Cabang Ciledug saya membantu di bagian ADM A/R mulai pukul 08. HASIL KEGIATAN ( Dalam bab ini diuraikan manfaat/nilai tambah menurut anda sehingga dapat mendukung kegiatan sekolah atau usaha sesuai dengan kompetensi atau bidang pekerjaan anda . Membuat Collection Report Outdoor sesuai dengan data yang bayar di DPK. di catat di buku Pending. Posting kartu A/R yang sudah ada nomor KM (Kas Masuk). Konfirmasi pertelpon atau surat konsumen yang menunggak. Mencari kartu A/R yang bayar Indoor sesuai wilayah masing-masing Collector dan tidak boleh Pending (Tunda). Mecocokan kwitansi yang di kembalikan oleh Collector dengan DPK. Membuat kwitansi Outdoor yang sudah jatuh tempo. Membuat laporan ADM harian. apabila ada salah sumber. . Menerima Kwitansi Outdoor yang kembali dari Collector. Posting Indoor dan Outdoor ke DPP.00 WIB sampai 16. COLUMBINDO PERDANA saya mendapat banyak ilmu baru dan kebetulan saya di tempatkan di bagian yang sesuai dengan keahlian saya yaitu di bagian Keuangan dan bertambah pula pengalaman saya di bidang Keuangan. Menyusun kwitansi yang janji bayar untuk di susun di file.

yang menggambarkan seluruh isi laporan.………………………… dst 5 BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. ) Dengan bertambahnya pengalaman dan ilmu saya selama mengikuti kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di PT. KESIMPULAN ( Kesimpulan berisi kalimat. COLUMBINDO PERDANA ………………………… dst B. Saran ( Harapan peserta terhadap perbaikan pelaksanaan prakerin untuk sekolah maupun untuk tempat prakerin ) .

Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang turut membantu saya dalam menyelesaikan tugas laporan ini. Karena saya masih dalam proses belajar saya mohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan yang saya buat di dalam ataupun diluar laporan ini. dan mudah-mudahan setelah laporan ini di perbaiki terus-menerus dapat di sahkan tanpa ada lagi kesalahan yang fatal. bila ada saran atau kritik untuk kemajuan saya Insya Allah akan saya terima dengan lapang dada.BAB V PENUTUP Alhamdulillah saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT karena Laporan Hasil Kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini telah selesai. ………………………… dst Nganjuk. …………… Karmila Puspa Sari Dewi NIS : 007/123. Dokumen kegiatan (portofolio) .002 kelas : II Otomasi 6 LAMPIRAN 1. karena nanti saat kelas 3 (tiga) saya tak perlu memikirkan laporan ini dan dapat fokus pada pelajaran dan praktek-praktek khusus kelas tiga. Foto kegiatan 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful