. sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud. A. 6) kesadaran hukum. 3) mata pencaharian. dan 5) usia harapan hidup. misalnya: 1) jumlah dan kepadatan penduduk. 2) tingkat pendidikan. 4) angka beban tanggungan. misalnya : 1) etos kerja dan pola pikir. baik yang bersifat fisik ataupun nonfisik. 5) pendapatan dan.CONTOH NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG 1) Pengertian Negara Maju Dan Berkembang Suatu negara dapat disebut negara berkembang atau negara maju didasarkan pada keberhasilan pembangunan oleh negara yang bersangkutan. 3) angka beban tanggungan. B. Adapun suatu negara digolongkan sebagai negara maju jika negara tersebut telah mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan. 2) tingkat pertumbuhan penduduk. Indikator kuantitatif (data yang dapat dihitung). Penggolongan suatu negara menjadi negara maju atau berkembang daspat diketahui berdasarkan indikator-indikator berikut. Suatu negara digolongkan sebagai negara berkembang jika negara tersebut belum dapat mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan atau belum dapat menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan. Indikator kualitatif (data yang hanya dapat dibandingkan). 4) tingkat kesehatan.

Berikut adalah Dua Contoh Negara Maju dan negara berkembang yang telah kami rangkumkan.570 jiwa. Luas negara ini mencapai 9.630 km² dengan jumlah penduduk sekitar 293. dengan Amerika Serikat sebagai salah satu contoh negara maju dan Singapura sebagai contoh negara yang sedang berkembang.66°BB. Dengan pendapatan perkapita mencapai 36. Berdasarkan perbandingan luas wilayah dengan jumlah penduduknya.hadap negara-negara yang sedang berkembang. terutama di kota-kota wilayah pantai Timur dan pantai Barat.826. . Amerika Serikat mampu memosisikan diri sebagai negara maju. maka rata-rata kepadatan penduduk Amerika Serikat hanya sekitar 32 jiwa/km².027. bahkan dapat dikatakan mendominasi.010 US dollar dan kestabilan mata uangnya.70°23’LU dan 112°BB . Di bidang perekonomian. A. tepatnya di antara 24°33’LU . Negara Maju (Amerika Serikat) Amerika Serikat merupakan negara benua yang terletak di kawasan Benua Amerika Utara. Amerika Serikat banyak memegang peran penting. Kepadatan penduduk ini pada umumnya berada di kawasan perkotaan. terutama ter.

Taiwan. India. Iklimnya bermacam-macam menurut keadaan geografisnya. Mitra dagang AS adalah:     Kanada Meksiko Negara Eropa Negara industri Asia. GEOGRAFI (Kondisi Alam Dan Iklim) Amerika Serikat ialah negara terbesar ke-3 di dunia. hangat di musim dingin) di Florida sampai tundra (dingin sepanjang tahun) di Alaska. gandum. Sekitar 3/4 of penduduk AS bekerja di industri jasa. batu bara dan endapan uranium. Sejumlah negara menggunakan dolar sebagai mata uangnya. dari tropis (panas dan kering di musim panas.A. Sejumlah bagian AS. Korea Selatan. B. Pegunungan Rocky di bagian barat Danau Ontario di Utara. Ekonomi AS ialah salah satu yang terpenting di dunia.jagung. Negara ini memiliki banyak sumber daya mineral. EKONOMI AS menjalankan sistem ekonomi kapitalis. AS memproduksi mobil. seperti Jepang. Pertanian membuat negara ini berada di antara produsen utama. dan defisit perdagangan yang rendah (berarti AS membeli lebih banyak barang dari negara lain daripada menjual). pesawat terbang dan benda elektronik. Keadaan geografisnya amat bermacam-macam. Bursa saham AS dipandang sebagai indikator ekonomi dunia. seperti emas. gula dan tembakau. memiliki iklim Mediterrania. seperti bagian California. Banyak negara telah menjadikan dolar AS sebagai tolok ukur mata uangnya. Pertumbuhan ekonomi negara ini kokoh di permukaannya. pengangguran dan inflasi rendah. . Sebagian besar negara ini memiliki musim panas yang hangat dan musim salju yang dingin.         Ada padang rumput di Pesisir Timur. Sungai Mississippi-Missouri. dan Republik Rakyat Cina. Danau Erie di Utara. artinya berharga atau tidaknya mata uang mereka ditentukan oleh dolar. di antara lainnya. Danau Michigan di Utara. Pegunungan Appalachian Great Plains di tengah negeri ini. minyak.

Berikut ini beberapa bentuk kemajuan Amerika Serikat : 1. berarti sejumlah orang Amerika cukup kaya. khususnya ke barat daya AS. 51% dari seluruh rumah tangga memiliki komputer dan 41% memiliki akses Internet pada 2000. Hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya.9% penduduknya memiliki rumah sendiri pada 2002.711.) Kemajuan Di bidang pertanian Sebagai negara kontinental. 67.421. lahan-lahan tersebut dikonsentrasikan dalam beberapa produk unggulan. Penduduk aslinya. Lebih lanjut. DIperkirakan dari hasil Sensus penduduk pada tahun 2012 jumlah penduduk amerika mencapai 305.Jarak struktur sosial Amerika Serikat besar. angka yang telah akses Internet di Amerika Serikat berkembang menjadi 75% pada 2004. Amerika Serikat mempunyai lahan yang masih sangat luas. Skotlandia. D. disebut penduduk asli Amerika atau Indian dan Eskimo amat sedikit. Sebagian besar dari mereka diturunkan dari budak Afrika yang dibawa ke Dunia Baru. Inggris. Banyak orang yang diturunkan dari Jerman. yang pernah meraih Hadiah Nobel tahun 1954.372 Jiwa. banyak orang Hispanik datang dari Meksiko dan bagian lain di Amerika Latin. Irlandia. Sedangkan pada Sensus Tahun 2000 menyatakan bahwa jumlah penduduk Amerika Sebanyak 281. Dalam pelaksanaannya.906 Jiwa. di samping itu Amerika Serikat juga ahli dalam bidang persenjataan mutakhir. Sepertiga penduduk AS ialah orang Asia-Amerika. Banyak juga orang Afrika-Amerika. Banyak dari mereka yang melintasi perbatasan secara ilegal. Pendapatan perkapita penduduk Amerika $37. C. Sebagian besar mendiami pesisir barat. DEMOGRAFI Sebagian besar penduduk di AS ialah keturunan imigran Eropa. Pada tahun-tahun terkini. Beberapa orang AS merasa gerah. Amerika Serikat bersama negara sahabatnya yaitu Rusia merupakan negara pionir dalam penyelidikan dan penjelajahan luar angkasa. dan juga karena banyaknya penggunaan bahasa Spanyol di AS (lihat Bahasa-bahasa di Amerika Serikat). Dalam bidang sastra modern. dan Italia. Walaupun sebenarnya masih ada juga rakyat yang hidup di bawah garis kemiskinan. seperti berikut ini. bahkan dapat dikatakan hampir 47% lahan di Amerika Serikat masih digunakan untuk lahan pertanian. BUDAYA Tingkat kebudayaan Amerika Serikat tergolong maju. Amerika Serikat memiliki Ernest Hemingway.000 setahun pada 2002. .

e) Tembaga. b) Kawasan lahan kapas yang disebut cotton belt dan merupakan penghasil kapas terbesar di dunia. biri-biri. merupakan bahan tambang mineral terbesar di Amerika Serikat.) Kemajuan di bidang perindustrian Perindustrian telah berkembang dan bahkan saat ini dapat dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian di Amerika Serikat. perkebunan tebu di muara Sungai Mississippi. 3. daerah pertambangannya tersebar di Ohio. c) Kawasan lahan jagung yang disebut corn belt. kuda. .) Kemajuan di bidang peternakan dan perikanan Peternakan sangat maju dan telah lama dikembangkan di Amerika Serikat. 4. banyak diusahakan di Arkansas. kulit. dan telur. dapat dibedakan atas gandum musim dingin (winter wheat) yang terletak di daerah Kansas dan gandum musim semi (spring wheat) yang terletak di Montana. Missouri. Amerika Serikat juga mengembangkan pertanian secara umum. Alabama Georgia.) Kemajuan di bidang pertambangan Bidang pertambangan merupakan salah satu kegiatan yang telah lama dikembangkan di Amerika Serikat. Selain pola pertanian per kawasan tersebut. dan South Dakota. dan Indiana. Minnesotta. Chicago. Texas. c) Bijih besi. dan Colorado. Pensylvania. Adapun perikanan diusahakan secara besar-besaran di wilayah Samudra Atlantik. Industri tembaga di Montana. banyak diusahakan di sepanjang Pegunungan Mesabi (Mesabi Range) di dekat Danau Superior. Lokasi penambangannya membentang dari Alabama hingga Pensylvania. Industri tekstil di Georgia dan Carolina. Iowa. a) Batubara. Dengan kemampuan sumber daya manusia dan peralatan modern yang dimilikinya. Sacramento. North Dakota. dan Montana. cadangan minyak bumi Amerika Serikat juga tergolong besar. terdapat di Nevada. a) b) c) d) Industri baja di Pittsburgh. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat banyak memiliki area padang rumput (praire) yang sangat luas. timah. dan Cleveland. terdapat di Texas. terletak di daerah Ohio. dan bouksit. seperti perkebunan tembakau di Tennesse dan Virginia. 2. Birmingham. dan unggas. susu.a) Kawasan lahan gandum yang disebut wheat belt. wol. Arizona. Industri kilang minyak di Texas dan Oklahoma. serta sayuran dan buah-buahan. Oklahoma. babi. dan Lousiana. Berikut ini beberapa bahan mineral utama di Amerika Serikat. dan California. Hasil ternak utama adalah daging. Berikut ini beberapa industri besar di Amerika Serikat. Adapun hewan ternak utama adalah sapi. b) Minyak bumi. Amerika Serikat mampu mengolah sendiri kekayaan alamnya. d) Emas.

kopi. obat-obatan. barang elektronika. bidang perdagangan mengalami perkembangan yang sangat pesat. bahan-bahan makanan dan minuman olahan. dan perlengkapan olah raga. antara lain berikut ini. a) Washington. Kota ini dikenal sebagai pusat pemotongan hewan ternak. keuangan. seperti minyak dan gas.e) Industri pesawat terbang. New Jersey. dan berbagai bahan baku industri lainnya. merupakan kota terbesar ke tiga. pusat pengecoran logam dan baja. c) Los Angeles. pusat industri kimia. gula.. dan peralatan militer di Seatle dan Los Angeles. komunikasi. Lalu lintas pelabuhan udaranya merupakan yang terpadat di Amerika Serikat. Hampir semua negara di dunia ini menjalin hubungan dagang dengan Amerika Serikat. Massachussets. di kota ini berdiri gedung pusat perdagangan dunia (World Trade Center Building/WTC) dan pusat pasar bursa dunia (The New York Stock Exchange/NYSE). alatalat kedokteran. pesawat terbang. merupakan kota terbesar kedua dan berperan sebagai kota pusat industri perakitan. karet. dan busana. dan South Carolina. mesin-mesin industri. b) New York. Kota ini juga terkenal karena kemajuannya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mengantarkan Philadelphia sebagai kota pusat industri kesehatan utama di Amerika Serikat. D. Di kota ini juga terdapat markas besar PBB. Amerika Serikat memiliki banyak kota terkenal. Amerika Serikat mengekspor mesin-mesin. merupakan pusat kendali pemerintahan Amerika Serikat sekaligus letak istana kepresidenan. d) Chicago. 5. mobil. kayu. Kota ini juga merupakan pusat industri pesawat terbang dan perlengkapan militer. g) Industri wol dan sutra di Pensylvania. dan obat-obatan. serta masih banyak lagi. f) Industri mesin pertanian di Waterivo. kosmetika. pengolahan makanan. bahan-bahan kimia. produsen alat-alat kedokteran. 6. sabun.C. . e) Philadelphia. perlengkapan perkeretaapian. Adapun impor Amerika Serikat terutama berasal dari negara-negara sedang berkembang berupa bahan-bahan baku industri. dan barang-barang cetakan.) Kota-Kota Utama di Amerika Serikat Sebagai negara maju yang sangat dominan di percaturan dunia. merupakan kota terbesar sebagai pusat perdagangan dunia. persenjataan. cat.) Kemajuan di bidang Pertambangan Sebagai negara yang menganut paham ekonomi kapitalis dan perdagangan bebas. otomotif. Beberapa kota terkenal tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful